Super Junior ACHA: Review Saya

Lumayan lama juga sejak terakhir kali posting soal Super Junior, kayaknya malem ini bakalan ngebahas soal Super Junior lagi, secara ini kan promosi Album kelima mereka belum kelar dan bahkan untuk versi C nya baru mulai, jadi kalo dibahas lagi kayaknya wajar lah ya :D Buat yang kemaren nggak sempat baca postingan tentang Super Junior yang sebelumnya, tenang aja, ini gue kas lagi link nya kalau emang males nyari: 
  1. Super Junior 5Jib Mr. Simple Teaser Image and Review 
  2. Super Junior 5Jib Mr. Simple Music Video Teaser
  3. Super Junior 5Jib Mr. Simple: Album Terakhir?
  4. Super Junior 5Jib Mr. Simple: Illuminati, Pemuja Setan, Yahudi, Freemason?
Tinggal klik dan baca deh supaya mungkin  nyambung sama apa yang nanti bakalan dibahas berikutnya. Hehehe... You can freely take out any pictures on it without credit. Tapi kalo emang masih ngaku manusia, haruslah ngasi credit yah. Tapi gak juga gak maksa kok. Yang penting pesan dari postingannya sampai ke kalian. #sokbijak

Nah nggak lama ini, MV baru dari rangkaian promo 5Jib Super Junior keluar. Judulnya sih agak-agak nggak ngenakin yah, soalnya mirip sama nama artis Indonesia yang dulu gue agak anti banget walaupun sekarang entah kenapa dia makin cantik aja: ACHA (nggak pake SEPTRIASA please...) YAK! Itu dia. Jadi Acha ini adalah album repackaged dari 5Jib Super Junior yang awalnya berjudul Mr. Simple itu loh! Nggak jauh beda sama lagu Mr. Simple, ACHA juga menawarkan sesuatu yang berbeda dari Super Junior. Apa itu? Coba deh simak dulu ini MV nya biar nggak penasaran.





Nah gimana? Menurut kalian apa yang berbeda dari MV ini dibandingkan dengan MV-MV sebelumnya? Apa yang menarik dan apa yang tidak menarik?

Kalau misalnya gue ditanya, gue akan berani bilang kalau MV ini adalah MV yang paling standar yang pernah gue liat dibandingkan dengan MV MV Super Junior sebelumnya. See? Hanya menang di bagian dance yang kayaknya kalau Suju gak usah lah ya di ragukan lagi itu kemampuan dance nya. Yang lain? Biasa aja menurut gue. Mr. Simple jauh lebih bagus dari MV ini. Oke mungkin Mr. Simple karena memang opening MV buat album kelima, tapi coba bandingkan dengan MV repackaged yang lain: Marry You? It's You? No Other? JAUH! Sumpah deh... Marry You nggak cuma dance, ada cerita yang dijual disitu termasuk mungkin kalau menurut gue karena ada model ceweknya jadi lebih oke aja keliatannya. Jelas, masa ngajak nikah tapi ceweknya nggak ada kan lucu. It's You memang nggak ada ceweknya, tapi sekali lagi disitu ada ceritanya. Ada alur yang bikin kita yang nonton jadi nggak bosen dan It's You juga one long take yang nggak di cut-cut untuk versi drama nya. Itu menurut gue keren banget. Dan nilai plus buat Marry You dan It's You adalah mereka ber 13. Kalo lo merasa lebay, abaikan statement yang sebelumnya. Trus No Other, wah jujur aja, ini adalah MV yang paling menarik dari semua MV nya Super Junior. Sekali lagi MV ini ada ceritanya walaupun cewek-ceweknya nggak keliatan. MV ini walaupun mungkin kayak FTV tapi entah kenapa gue sangat bisa menikmati setiap pergerakan kamera dan juga alur ceritanya.

Tiga MV repackaged album SuJu yang terakhir semuanya pake alur dan ada ceritanya. Tapi ACHA cuma modal dance doang dan menurut gue semuanya biasa. Nggak ada efek yang begitu WOW yang bikin kagum-kagum. Nggak ada shot yang bikin WOW yang kira-kira bakalan bisa bikin ini MV nempel di otak. Sama kayak Mr. Simple. Nggak satupun dari adegan Mr. Simple yang bener-bener bisa bikin inget. Beda banget sama teaser versi 2 nya yang kontroversial. Menurut gue justru kalau misalnya teaser versi 2 dibikin jadi konsep MV, itu bakalan lebih oke lagi. Lebih seru. Lebih jalang. Lebih bisa diingat daripada cuma sekedar dance doang. Seriusan.

Oke gue nggak suka kalau misalnya ada yang mikir komentar gini langsung judge gue adalah antis. Gue hanya komentar dan bukan menjelekkan. Acha memang jauh dari harapan gue yang sebelumnya mikir kalau misalnya track di Versi A nggak ada yang asik (tapi belakangan gue suka sama Mr. Simple, Walkin', sama My Love My Kiss My Heart) track andalan di versi C haruslah lebih menarik dari ini. Tapi Acha gagal menurut gue. 

Nah! Tapi Oops! jauh lebih oke dibandingkan Acha. Oops! yang featuring f(x) ini punya kekuatan sendiri yang gue rasa sangat bisa menang dibandingkan Acha. Terlepas dari gue sangat menyukai f(x), tapi memang track Oops! ini jauh lebih menarik dan lebih mudah diingat karena liriknya yang lucu dan kocak. Gue kecewa aja, kenapa sih bukan Oops! aja yang jadi track andalan buat promosi versi C? Kenapa harus Acha? Padahal nih kalau misalnya Oops yang jadi track andalan, pasti bakalan lebih oke dan itu artinya di album kelima ini pertama kalinya Super Junior promosi dengan hits andalan featuring sama artis lain. Bukankah itu akan lebih diingat sama orang? Biasanya kan yang pertama-pertama itu lebih diingat.

Gue suka banget track Oops! ini. Paduan suara imut dari f(x) dan rap menarik dari SJ nyatu banget. Apalagi kan Shindong sama Leeteuk udah biasa tuh nyanyi rap di SJ Trot yang murni kocaknya dapet banget. Nah Oops! ini ada banget tuh nuansa-nuansa lamanya Suju di Trot dan di Happy. Gue sangat rekomen track yang satu ini deh karena gue rasa inilah Super Junior yang lebih real dan lebih menarik untuk disimak. Bahkan kalaupun SM mau menghabiskan sedikit aja uang lebih untuk membuat MV Oops! pasti bakalan lebih oke lagi. Sayangnya rule nya nggak bisa gitu yah. Kalo diliat dari sebelum-sebelumnya sih, satu album biasanya cuma ada 2 MV doang. Entahlah. Semoga aja SM mau bikin MV ketiga buat 5Jib.

Trus Acha, balik lagi ke MV yuk. Selain sekarang bagian dance nya kepalai oleh Sungmin, Donghae dan Eunhyuk, MV ini terasa sangat sepi tanpa Siwon dan Heechul. Seriously, Siwon nggak muncul di part dance MV No Other karena waktu itu dia lagi syuting Athena ya kalo nggak salah? Dan sekarang Siwon  juga nggak muncul di part dance Acha karena Poseidon. Gue sih sangat menyesali yah hahaha secara kan dia katanya sangat mengutamakan Super Junior dibanding yang lain. Tapi kalo kayak gini caranya sih... Mending dia jadi aktor aja deh jangan penyanyi. Part nya juga cuma dikit dan gitu-gitu aja di setiap lagu. #oops! Hahaha... becanda becanda. Coba itu yang baru aja angkat batu dan nyalain obor buat bakar gue di taruh dulu obornya... Yak makasi.

Mungkin bisa dibilang benar juga pendapat para ELF hardcore yang mikir, "Kenapa SM terkesan menganaktirikan SUJU dan mendewakan SNSD dengan pembuatan MV yang sangat biasa ini?" Soalnya ya kenyataannya memang gitu. Di MV Acha ini yang bikin gue kecewa adalah pas bagian Heechul nyanyi, kenapa harus Sungmin yang me-lipsync nya? Maksud gue kan jadinya nggak real gitu loh! Heechul gak muncul di part dance tapi suaranya ada dan suaranya di lipsync sama Sungmin. Kesannya kan nggak real aja. Coba pas di No Other, Kyuhyun sama Siwon nggak ada di part dance dan ketika part mereka dinyanyikan, mereka muncul dengan gambar lain. Gue rasa pengemasan seperti itu lebih masuk akal dibandingkan dengan part dance harus dipaksakan muncul tanpa orangnya, dan suaranya ada tapi di lipsync kan oleh member lain. Gak asik ih... Padahal beberapa part udah bener tuh Heechul muncul di close up buat nyanyiin part dia, cuma di beberapa part dance malah Sungmin yang nyanyiin part Heechul. Jadi aneh kan jatohnya. (Perhatiin part Heechul di bagian awal-awal banget yang dinyanyiin Sungmin)

Balik lagi ke masalah anak tiri anak kandung, anyway, walaupun bisa dibilang benar anggapan seperti itu, tapi gue nggak setuju. Menurut gue, SNSD kan sedang berada di puncak popularitas. Nggak usah ngeles deh yang nggak suka, coba itu yang udah manyun dan pengen ngelempar bom atom dibatalin dulu niatnya dan terima kenyataan aja. Nah karena mereka sedang di puncak popularitas, bukankah wajar kalau SM kemudian menaikkan popularitas mereka dengan membuat sebuah konsep MV baru yang berbeda dengan sebelumnya dan mungkin saja dengan budget gila-gilaan? Kemudian kalo dibandingkan dengan SJ yang Acha kok malah kesannya kayak SJ dikasi yang biasaaaaaa banget sih?

Nah... Itu dia ternyata jawabannya. Semua komentar yang gue tulis di atas soal ACHA kemudian terjawab dengan sendirinya: MR. SIMPLE. Yak! Super Junior sudah melewati semua tahap puncak popularitas dengan segala macam MV yang keren-keren dan inilah masa tenang mereka, MV biasa dan konsepnya SIMPLE. Yah, walaupun banyak yang nggak terima, tapi memang konsep SIMPLE memang sangat terlihat di dua MV terakhir mereka ini. Tapi tetep lah ya, gue juga mikir ACHA sangat biasa sekali dan kesannya murahan. Tapi lagi-lagi SIMPLE. Yah,  mereka sudah tua juga di dunia keartisan dan kalau mau labil kayak SHINee juga bakalan jadi lucu.

Kenapa gue jadi labil? Gak tahu...

Anyway, nggak banyak fakta menarik di MV ACHA karena nggak banyak shot juga. Paling cuma dance. Gue nggak share screen caps yah. Bikin sendiri aja... Wahahaha... Tapi ada beberapa nih yang gue temukan:
  1. Kayak ada tulisan TV di kerah baju yang dipake Heechul menit 00:09 sebelah kiri layar (kanan Heechul). Di tangan kirinya, Heechul make cincin rusa tanduk kayak patronus nya Harry di jari manis kirinya menit ke 00:10, jari tengahnya ada cincin lain yang kayaknya kontroversial juga tuh buat para Freemason maniak. Di tangan kanannya juga ada cincin yang kayaknya nyatu di jari telunjuk, tengah sampe manis. Heechul juga make kacamata, sama kayak di Mr. Simple juga dia make kacamata. Kayaknya sih emang ini dia males nunjukkin matanya yah. Lagi sembab mungkin soalnya nangis MV terakhir. #oops!
  2. Detik ke 00:23 awalnya kirain itu dua-duanya Shindong. Tapi pas diperhatiin yang satu Sungmin yang satu Shindong.
  3. Background dance MV ini simbol Matahari yang lagi-lagi bakalan erat kaitannya dengan Pemujaan Setan :p Tapi kalo diperhatiin itu ada 9 garis sebagai cahaya mataharinya kalo misalnya di gambar anak-anak. 9 itu SNSD tapi sekarang 9 itu member SJ yang kesisa. Miris yah. Tapi nih kalo gue gak salah hitung, masing-masing garis itu ada 80 lampu yang artinya 9 garis ada 720 lampu. Plus 27 lampu di bagian lingkaran berarti ada 747 lampu. 7+4=11+7=18. 1+8=9. Wahhh hahahaha 9 member yang kesisa! pas banget. #oops!
  4. Detik ke 00:32 agak mengingatkan lo sama MV Perfection gak sih? Tapi dibalik badan 8 orang yang lagi dance itu ada 16 garis-garis.  
  5. Yesung ngeluarin api dari tangannya di detik 00:38. Kayaknya dia mau berubah profesi jadi pesulap atau semacam itu setelah nanti SJ hiatus #oops!
  6. Ada segitiga terpancung di kaca matanya Siwon di 00:38 segera setelah Yesung ngeluarin api. You know lah what is that segitiga mean... :p
  7. Di leher baju Yesung detik 00:44 ada 7 pin (atau semacam itu yang bentuknya kayak bunga mawar kalo diliat dari atas) Trus ada 60 peniti di tiga baris teratas bagian depan jaket Yesung di detik 00:45. Bagian lehernya sama dua baris ke bawah gak kehitung. Ada yang bisa hitungin? :p 
  8. Kyuhyun pake kalung Mustika Ular punya Nagin di detik 00:46. Dan percaya atau nggak, ada 13 batu hitam yang mengelilingi kalung mustika ular itu. Wah sesuatu banget :p
  9. Di MV ini ada banyak sekali cincin yah! Coba deh liat:
    • Ryeowook pake dua cincin di masing-masing jari telunjuknya. Cincinnya masih lah satu tema sama yang di Mr. Simple. Tapi di menit ke 01:52, di jari telunjuk tangan kanannya cuma ada satu cincin. Udah ganti baju juga sih, jadi konsep cincinnya mungkin dibedain.
    • Tangan kanan Leeteuk make 3 Cincin (telunjuk, tengah, manis) di menit 01:22, keliatannya sih gitu, tapi di menit 01:23, tangan kanannya ternyata cuma make 2 cincin aja (telunjuk sama manis). Tangan kirinya make dua cincin di jari manis. Tapi ternyata (labil banget faktanya ini yah) dia emang pake dua cincin cuma satu yang di jari tengah bagian bawahnya nggak ada, cuma ada bagian depan yang segede kepala alien itu.
    • Sungmin make 3 cincin juga di menit 01:25 di jari tengah sama dua di telunjuk, terus di menit 01:31 ada 1 cincin di jari manis tangan kanan. 
    • Siwon nyolong cincin Tessy yang akik hitam superbesar. Ada di menit ke 01:51. Di menit 02:39 di jari tengah tangan kiri juga ada satu.
    • Shindong juga punya satu cincin di telunjuk tangan kanan menit 02:15, dan di menit 02:18 Eunhyuk punya dua juga masing-masing di telunjuk.
  10. Anehnya, di setiap scene close up, Yesung nggak keliatan make cincin sama sekali. Wah...
  11. Ada EunHae moment sama KyuMin moment loh! Coba tebak di bagian mana?
Nah segitu aja yang bisa gue temukan. Ahahahaha banyakan gak penting yah! :p Tapi itu kalo mau dihitung jumlah cincinnya juga boleh kok! Kalo ada yang bisa hitung jumlah peniti di baju Yesung dan tahu jumlahnya berapa juga boleh kasi tau gue di komen biar gue koreksi yah! Wahahaha XD

MV Acha ini belakangan muncul 2 versi dance nya. Coba deh cek SMTOWN di YouTube.

Trus yang belom apa? TEASER FOTO! Iya iya iya... Ini teaser foto versi C nih gue share dan ini kopas dari berbagai sumber yah. Bukan punya gue fotonya:











Yak! WonHae bersama di posisi terakhir :p Putih-putih nih backgroundnya dan bajunya juga normal nggak kayak di versi B. Lah? Versi B juga gue nggak share yah waktu itu? Yaudah deh sekalian disini aja deh yah yang versi B nya...







Versi B masih agak gimana gitu yah. Kalo versi C lebih elegan. Awalnya itu teasernya Heechul gue pikir Hangeng loh! Dari jauh mirip sih yah. Anyway SNSD juga baru aja ngeluarin Teaser Video buat MV The Boys dan teaser image juga. Hmmm... perlu gue bahas dipostingan berikutnya gak ya? Gak tau banyak sih soal SNSD. #NGAKUSOWONTAPIABALABAL #SOWONGAJELAS

Oke udah cukup kepanjangan kayaknya postingan ini. Besok kita lanjut lagi yah! Semoga SuJu menang GDA tahun ini. Walaupun buat gue award nggak penting banget sih. Yang penting itu eksistensi mereka di mata fans dan dunia. #EAAAAAA #OOPS!

Have a blast October!


@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com

Share:

7 komentar

  1. haha ka ronzzykevin itu siwon yang mv no other ngga ikut soalnya operasi radang kelenjar ludah hehe. iya kalo a-cha syuting -_-"

    tapi itu dari zaman sorry sorry mv suju emang gitu2 aja, beda sama SNSD -__- :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya pas No Other Siwon lagi operasi, Kyuhyun baru kecelakaan. Lengkap sudah... kkk~

      Beda sama SNSD karena mungkin konsep SNSD sama SJ juga beda ya. Tapi sejak Run Devil Run, SNSD juga studio dance kok -_-

      Hapus
  2. "Detik ke 00:23 awalnya kirain itu dua-duanya Shindong. Tapi pas diperhatiin yang satu Sungmin yang satu Shindong."

    kayanya pas detik ke 00:23 itu dua-duanya sungmin deh..

    BalasHapus
  3. kayanya dua duanya sungmin. Shindong yang mana emng ??
    Yang lempar kartu apa lagi ngadep belakang ??

    BalasHapus
  4. Astagfirullah..lagi..lagi dapet berita beginian..hehehehe

    BalasHapus
  5. liat yesung udah kek jang geun suk deh *menurut gue sih ya

    BalasHapus
  6. heuh...blogger asal2an kaya gini nih, apa2 suju dikaitin sama setan
    EXO kali yg tepat

    BalasHapus