A Trip To Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol

Super Junior Super Show 4 World Tour--Indonesia sudah tinggal menghitung hari. Sudah pada mempersiapkan apa aja? Honestly, gue pribadi nggak ada persiapan kado atau hadiah buat mereka. Yang pertama karena mereka bisa beli sendiri dengan uang yang membanjir itu, dan yang kedua karena gue nggak ada uang. Tapi kalaupun gue harus memberi mereka kado atau semacamnya, mungkin gue akan memberikan 1 eksemplar novel gue buat Donghae dan Siwon. Nggak mau masing-masing biar mereka bacanya sama-sama. Kita liat, apakah mereka benar-benar membaca atau tidak, karena katanya kan mereka menghargai pemberian fans. Nah, lo baca deh tuh novel bahasa Indonesia. Kalo dibuang awas aja... *walaupun kemungkinan kado itu akan dilirik adalah 1 banding seluruh dunia yang di slow-motion* *sigh*
...

Persiapan yang paling penting sebenarnya mental dan kesehatan jasmani rohani. Pertama, kalau misalnya tanggal 28 dan 29 April nanti yang udah punya tiket malah sakit, tentu saja akan mengurangi kebahagiaan menonton atau bahkan menghilangkan kesempatan menonton sama sekali. Kedua, kalau sekarang aja mental udah sakit gimana pas ngeliat SUJU nanti? Tambah sakit jiwa kayaknya. Yang ketiga, saya lupa mau ngomong apa tadi jadi yang ketiga ini biarkanlah mengambang.

Berhubung ini pertama kalinya gue nonton konser K-Pop, jadi gue nggak mau dong keliatan bego. Terutama masalah jalan menuju venue. Konser ini akan diadakan di Mata Elang International Stadium--Ancol. Gue sama sekali nggak tahu bahkan jalan ke Ancol. Karena menurut gue mencuri start untuk tahu jalan dan lokasi MEIS adalah sebuah keputusan yang nggak buruk-buruk amat, akhirnya Sabtu, 14 April 2012 kemarin, gue memberanikan diri ngaso-ngaso ke Ancol. Kalo ABG-ABG pada rame segeng, gue malah pergi sendirian. Kayak orang nggak punya temen :(

Karena gue bukan orang yang tahu detail jalan kota Jakarta, akhirnya gue meminta petunjuk pada Dewa Jalan Raya: Michael Enrico (@mien_mien). Dengan petunjuk beliau juga gue bisa menemukan arah ke MEIS dan  kembali ke Depok dengan selamat :) Oke, kurang lebih perjalanan gue seperti ini...


Karena gue tinggal di Depok, pertama-tama gue naik KRL tujuan Stasiun Kota. Awalnya gue mau beli yang kelas ekonomi aja biar murah, tapi ternyata kelas ekonominya lama, akhirnya gue beli yang Commuter Line (AC) harganya Rp 6500,- sementara ekonomi cuma duaribuan kalo gak salah inget. Perjalanan dari stasiun UI ke stasiun Kota kurang lebih 45 menit sampai 60 menit.

Sesampainya di stasiun kota sekitar delapan lebih dikit, perjalanan harus dilanjutkan ke Ancol. Nah dari stasiun Kota ini bisa dua alternatif: Naik Busway atau naik Angkot. Walaupun katanya naik angkot nggak perlu transit sana transit sini, tapi gue agak males karena angkot kadang-kadang ngetem-nya LAMA BANGET. Akhirnya gue memutuskan untuk naik Busway aja. Halte busway stasiun Kota nggak begitu jauh dari stasiunnya. Cuma.... dari halte busway stasiun kota ini nggak bisa langsung ke Ancol, tapi harus transit dulu di halte busway Harmoni.

8:30 gue sampai di halte Harmoni. Sebenarnya gue tipe orang yang males nanya-nanya sama petugas (apapun bentuknya, satpam, ataupun karyawan dll) karena seringkali mereka akan menjawab dengan sengak. Tapi pagi itu gue berpikir positif aja orang-orang akan membantu manusia bermuka-ingin-dikasihani kayak gue. Dan gue tanya sama petugas TransJakartanya...

"Mas, kalo yang ke Ancol nanti naik busway-nya lewat mana ya?"

Mas-mas itu agak gemuk, mukanya agak serem, ngomongnya kayak lagi ngejer cewek idaman, nada bicaranya minta di setrum Chen. Sambil ngunyah sarapan paginya (yang dimakannya sambil berdiri, entah roti atau batu) dia jawab, "Oh yang ke Ancol belum dateng! Baru jam 9 datengnya! Kalo mau antri berdiri disitu aja! Kalau nggak yaudah duduk dulu aja!" (itu pake tanda seru biar menggambarkan betapa nada tinggi yang digunakan mas-mas itu annoying sampe mati).

Gue mencoba untuk bertanya lebih lanjut supaya jelas, karena nantinya perjalanan ini akan gue inform ke temen gue yang berencana akan menggunakan jalur yang sama. Walaupun sebenarnya gue males karena nada bicara yang nggak enak itu, tapi yaaah... menguatkan hati iman dan raga... gue ngomong lagi.

"Oh jadi kalau busway ke Ancol datengnya selalu jam 9 ya? Setiap hari?"

"Pokoknya tunggu aja!"

"Iya mas saya tunggu, tapi yang saya tanya apakah setiap hari bus yang ke Ancol selalu dateng jam 9?"

"Ya saya nggak tau juga!" SEBENARNYA ORANG INI KERJA DIMANA SIH?! "Yang jelas tunggu aja! Datengnya nggak nentu! Kadang jam 9! Kadang jam 11! Kadang jam 12!"

"Setiap hari kayak gitu? Emang nggak nentu ya?"

"Ya makanya itu mas itu tergantung dari sananya! Kalo dari sana cepet ya sampe sini juga cepet!"

Entah apakah ini gue yang TOLOL bertanya sama orang yang salah atau emang ORANG YANG KATANYA KERJA DI TRANSJAKARTA ini nggak tahu sama sekali jadwal kedatangan busnya sendiri? Atau memang TransJakarta nggak punya jadwal yang pasti untuk bus mereka? Serius? Dear God...

Oke, atas saran dari beliau gue menunggu sambil sarapan. Karena itu hari Sabtu, ternyata ada banyak juga orang yang ke Ancol. Paling nggak gue bisa ngintilin salah satu dari mereka ketimbang harus nanya sama petugas yang aneh itu. Ketika beberapa orang mulai berjalan mengantri, gue ikut mengantri, sampai akhirnya bus dateng dan gue naik.

Perjalanan dari halte Harmoni ke halte Ancol nggak seberapa lama. Cuma setengah jam. Dan ketika turun di halte busway Ancol, jembatannya akan membawa lo langsung ke loket pembelian tiket.

Perlu diperhatikan, ini adalah jalur pejalan kaki. Jalur mobil beda lagi. Tapi kalau harga tiketnya mungkin per-orang akan sama: Rp 15.000,-. 

Gue sempat memerhatikan sekeliling loket dan halte busway itu, membayangkan ada 5000 orang yang datang mengantri dan memenuhi tempat itu lalu ricuh... Fiuh~~~ 

Nah, turun dari halte busway Ancol nggak langsung menemukan MEIS. Lokasi MEIS ini ada di sebeluh timur dari kompleks Ancolnya. Cara ke sana ada 3:
  1. Kendaraan pribadi,
  2. Bus Wara Wiri (gratis)
  3. Mobil mini yang mirip kayak di lapangan golf (Rp 15.000 per orang)
 

Karena hari itu gue lagi miskin budget, dan karena gue juga pengen tahu jalur umum aja, gue memilih untuk naik Bus Wara Wiri.


Waktu gue dateng kemaren, shelter bus-nya masih berlapis logo Walls seperti ini dan ada peta menggantung di sana. Untungnya waktu gue sampe disitu gue langsung dapet bus. Nah, sekarang bagian pentingnya!

MEIS ada di TIMUR kompleks Ancol. Menurut informasi yang gue dapatkan dari orang-orang sekitar, untuk ke MEIS kita harus naik bus 2 kali. Yang pertama naik bus ARAH BARAT lalu turun di halte transit (tempat naik Gondola) dan dari situ naik bus ARAH TIMUR dan kalian akan turun langsung di LOBBY UTARA ANCOL BEACH CITY (ABC). Cuma karena waktu itu gue salah naik bus, gue diturunkan di sebuah halte yang dilewati oleh bus ARAH TIMUR juga.


Nggak perlu taku salah bus, karena setiap bus ada tulisannya. Asal nggak naik bus yang nggak ada tulisan ARAH BARAT/ARAH TIMUR nya aja, pasti akan sampai ke tempat tujuan. Nah tadi kan gue bilang gue sempat salah naik bus akhirnya atas saran dari seorang sopir (yang juga sengak demi TUHAN) gue diturunkan di halte ini:

Dari halte ini kemudian gue naik bus yang ARAH TIMUR. Kebetulan bus itu kosong dan cuma ada gue dan pak supir. Gue sempat tanya-tanya sama pak supirnya tentang MEIS.

"Pak, kalau saya naik ini dan mau ke MEIS saya langsung turun di MEIS nya atau saya harus jalan beberapa meter lagi?"

"Langsung di MEIS kok mas. Emang ada acara apa?"

"Oh nggak, saya cuma pengen survey lokasi konser..."

"SUJU ya?"

Jleb moment banget bapak-bapaknya tahu SUJU. Hahaha gue rasa semua orang di Ancol udah kenal nih sama kehebohan dunia akhirat gara-gara Twins Plaza kemaren.

"Sok tahu ih bapak... Tapi iya sih... Masih akhir bulan ini pak, saya cuma pengen liat lokasi aja biar nggak kesasar..."

Sopir yang kali ini baiknya demi Tuhan :) Bahkan ketika turun gue langsung dikasi tau sama dia kalau MEIS ada di lantai 3 ABC ini.

Nah, kurang lebih penampakan ABC dari samping (jalur masuk ke parkiran basement) kayak gini:

Kalau ada yang bertanya siapa laki-laki itu, nanti akan gue ceritakan. Tapi kurang lebih, lorong yang ada di belakang pak Satpam yang baik hati itu akan membawa kita ke parkiran basement, yang juga PINTU MASUK LOBBY UTARA dari Ancol Beach City. FYI aja, kemaren hampir seluruh bagian gedung sedang dilakukan renovasi karena kan pada dasarnya ABC ini semacem mall gitu. Cuma MEIS nya nggak ada masalah. Kalau MEIS udah siap pakai, cuma ya ABC-nya aja yang belom lengkap semua. Karena beberapa lift juga sedang di bangun lalu beberapa bagian gedung masih ada yang berlapis semen biasa belom dikeramik dan sebagainya. Nah, setelah turun dari bis, beginilah bagian depan (LOBBY UTARA) dari ABC:


Bagian dalam ABC sudah ada tempat makan yang buka kok. Solaria misalnya. Kalau ada yang tanya WC dan Mushola juga ada. Kalau mushola ada di sebelah kanan pintu kaca itu. Di ujung lorong yang sama dengan mushola ada toilet juga. Karena baru, jadi toiletnya masih bersih banget...

Oke. Gue memutuskan untuk mencari jalan ke MEIS (karena waktu itu gue pikir bisa nyelinap). Di luar ada lift tapi ternyata lift-nya mati. Di bagian dalem (ke sebelah kiri pintu lobby utara) ada dua eskalator yang membawa ke lantai 2 tapi dua-duanya sedang di tutup karena ada pekerjaan di lantai atas. Gue mencoba untuk mencari jalan lain yang ada di luar, tangga hitam lumayan luas yang membawa kita ke lantai 2 tapi semua pintu di ujung tangga itu juga ketutup.

GAMBAR 1

GAMBAR 2
Karena putus asa, akhirnya gue memutuskan untuk bertanya ke satpam yang lagi duduk di bawah pohon (yang fotonya ada di atas tadi kkk). Untungnya pak Satpam itu baik banget dan mau di ajak ngobrol santai dan membolehkan gue untuk berkeliling dan mengambil gambar sekitar lokasi. Banyak informasi yang gue dapatkan dari pak satpamnya. Seperti misalnya kira-kira nanti tiket akan dibagikan dimana, masuk ke MEIS jam berapa, kemudian artisnya akan masuk dari pintu sebelah mana, lalu bagaimana pengamanan nanti dan beberapa hal lain yang out of record tapi kalau fix gue akan kasi tau :p

Nah, kalau gue bisa merangkum obrolan dengan pak Satpam kemarin, point-point nya sebagai berikut:
  1. Seperti pengalaman-pengalaman konser sebelumnya, kemungkinan besar pengambilan tiket dan masuk ke Venue akan dilakukan persis di depan eskalator di GAMBAR 1. Kalau nggak salah inget, kata pak satpamnya waktu itu Roxette dan Sum41 juga lewat situ. Tapi (gue lupa konser yang mana) karena 1 eskalator rusak, jadi yang dipakai cuma 1.
  2. Katanya, setiap kali konser, security-nya dibawa sendiri sama promotor. Jadi bisa jadi akan sangat banyak sekali. Nah setiap tangga menuju lantai 3 biasanya akan dijaga ketat oleh security. Mungkin maksud pak Satpamnya menjelaskan ini supaya gue nggak macem-macem dan patuh sama peraturan dan promotor kali ya... Katanya juga, security yang dibawa promotor itulah yang berhak menindak tegas mereka-mereka yang melanggar aturan, sementara security dari ABC sendiri hanya mengawasi dan melaporkan.
  3. Biasanya gate akan dibuka 2 jam sebelum show dimulai.
  4. Satpamnya juga sempat komplain karena tidak adanya koordinasi dari atas (MEIS & Promotor) jauh-jauh hari tentang bagaimana mekanisme pelaksanaan konser di hari H. Hehe... mungkin ini semacem kebetean pribadi dari satpamnya karena nggak suka kalo dikasi pekerjaan tiba-tiba kali ya... Padahal kalau misalnya udah tahu kan gue bisa dapet info lebih banyak :p Itu artinya, kita hanya akan bisa tahu pada hari H, bagaimana promotor mengatur kita. Dan artinya lagi, kita harus siap-siap mau diatur dan mau ikut aturan :)
  5. Artis biasanya akan datang lebih cepat dari penonton (jelas), dan nantinya akan masuk melalui pintu khusus.
  6. Karena dalam waktu dekat ini Mata Elang akan mengadakan sebuah promosi untuk stadium mereka, dan setelah itu akan ada Dream Theater sebelum SUJU, nantinya panggung akan di set H-2. 
  7. Akan ada banyak sekali tiket yang dijual oleh "orang dalem". Entahlah gue agak nggak percaya dengan yang satu ini yah.
  8. Penonton yang udah masuk, boleh keluar tapi harus di stempel dulu. Kemaren-kemaren promotor melakukan hal tersebut di konser sebelumnya.
Nah, setelah mengelilingi MEIS dari depan sampe belakang, gue kemudian menemukan beberapa jalan alternatif lain dan mengambil beberapa kesimpulan sendiri (yang nggak gue sarankan untuk dipercaya sih).

Karena ada banyak sekali jalan naik ke lantai atas, gue berpikir promotor akan membagi-bagi lagi penonton sesuai dengan kelas tiketnya. Karena kalau semua orang yang mau nonton (10 ribuan) lewat eskalator yang ada di GAMBAR 1, gue bisa melihat kondisi Twins Plaza lagi disitu... Jadi, gue berkesimpulan GAMBAR 2 juga akan digunakan sebagai jalan masuk, dan ditambah dengan eskalator ini:

GAMBAR 3
Memang, bagian ini belom selesai dibangun, tapi gue rasa akan selesai dengan cepat deh. Semoga aja ya... Nah karena di bagian depan eskalator yang ini ada semacem atap-nya juga kayak gini:


Gue jadi semakin (sok) yakin kalo bisa jadi ini juga jalan masuk ke MEIS-nya untuk penonton. Karena pernah baca tweet promotor yang bilang akan membuat lokasi antrian tidak panas dll dll. Yaaaah walaupun atap segitu mungkin nggak akan cukup menampung semua antrian, tapi think positive aja kalau ini memang untuk itu walaupun sebenarnya ini sotoy.

Kalau masalah parkiran, di basement lumayan luas, ada juga lapangan di yang bisa digunakan buat parkir. Nah, sekarang masalahnya adalah bagaimana caranya menghindari macet dari pintu masuk ke MEIS. Yang ini gue nggak ngerti lagi deh, soalnya pasti akan ada banyak mobil pada hari itu kaaan... Gue sih saranin pada bawa motor atau sedia satu motor paling nggak jadi ada yang available buat misalnya beli makan minum dsb.

Karena biasanya SS ada booth-booth jual merchant, lokasi booth bisa disekeliling ABC karena tempatnya lumayan lapang kok :) Yang jelas prepare alat anti panas aja....

Oke, gue share beberapa tips untuk menghadapi hari-H nanti: Ditiru boleh, tapi kalo nyesel jangan salahin gue. Hahahaha
  1. Datang ke venue lebih cepat akan lebih baik. Ketika salah satu dari kalian ada yang mikir, "Ah, belom ada yang dateng jam segini, santai aja..." sebaiknya diganti dengan, "Duh kalo misalnya gue gak cepet-cepet, bakalan dapet antrian cepet gak ya?" Kondisikan diri se-pesimis mungkin karena segala kemungkinan kejadian itu pasti ada.
  2. Jangan pake baju ribet, perhiasan berlebihan, dan segala sesuatu yang melekat di tubuh yang membuat gerakan kalian jadi lambat. Pastikan pake sepatu supaya nggak ada insiden sendal putus. Penting banget nih... Kalo misalnya merasa sepatu kalian nggak cukup tinggi untuk bisa melihat ke stage, yaudah, pakein insoles aja. Bikin dari gabus TV yang tebel-tebel itu. 
  3. Bawa air minum sebanyak yang kalian bisa tapi nggak merepotkan. Paling enak sih kalo misalnya bawa mobil ya sedia satu galon gitu, trus bawa pompa air sendiri. Jadi nggak akan rempi dempi beli minum sana sini yang harganya pasti selangit kalau udah di sana dan kalian nggak akan ada pilihan selain membelinya.
  4. Bawa payung, topi, lotion anti nyamuk buat yang nginep dan lotion anti-kebakar-matahari alias sunblock. Ancol siang bolong panas loh yah, jam 10 aja udah panas banget apalagi jam 12 teng. Beuh... Jangan sampai sebelum masuk venue malah dehidrasi duluan.
  5. Bawa kabel panjang buat sharing listrik sama yang lain, mengingat lokasi colokan sepertinya terbatas sekali, jadi biar adil semuanya harus berbagi satu sama lain :) Kalau bisa sih bawa batere cadangan buat yang punya. Karena beberapa dari kita suka banget live report kan :p
  6. Walaupun sepertinya memang harus menjaga manner, tapi gue yakin pasti banyak diantara kalian yang pengen fight banget buat dapet tempat strategis. Mari berdoa bersama, lari lebih cepat. Datang lebih cepat tentunya....
  7. Tertib & Aman supaya lancar :) Percayakan pada promotor karena mereka tahu yang terbaik. 
Hope you guys enjoy the show nantinya! 

Semoga infonya bermanfaat (walaupun meragukan...)

Cheers~
 
PS: Karena bintang tamu SS adalah EXO M, gue berencana untuk ikut meramaikan fanchant dan sebagainya. Tapi sampai saat ini belom ada fanbase yang membalas tweet gue apakah mereka punya project ini atau nggak. Apakah mereka takut akan dibantai massal? Hmmm... Oke fix, kalo gak ada yang teriak, gue sendiri yang teriak. Tapi kalo ada info soal ini, please kindly tweet me ok? Thanks!

@ronzzykevin

Share:

50 komentar

  1. denger denger ada recana black ocean atau apalah gitu pas exo tampil nanti. tapi semoga aja gak jadi..

    karena gua gak nonton sushow, gua minta tolong ama lu, plis, kalo emang nanti beneran para die hard elf pada diem dan matiin lightstick nya pas exo tampil. tolong lu wakilin gua teriak ya. teriak yang manggilin nama mereka satu satu gitu.. haha.. gua doain lu selamat deh abis teriak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ABSOLUTELY! Entah kenapa gue malah lebih pengen berteriak sekenceng mungkin buat EXO daripada SJ nya sendiri.... serius :p

      Gue sih gak masalah yah apakah nanti gue keluar dengan selamat atau tidak. Kalau misalnya gue tidak selamat, ya ketauan aja mana yang busuk mana yang nggak.... #eh

      Hapus
    2. Sama, rencana sih gue mau teriak nama LUHAN keras2 . Misalnya benar bakal benar matiin lightstik * sangat menyayangkan sikap ELF's*
      g usah diskriminatif-an toh EXO juga keluarga SM , kalo mereka benar matiin lightstik kan yang jelek nama ELF Indonesia juga , kan g mau kalo dibilang ELF g bersahabat ,toh Eunhyuk kan juga yang training dance mereka . pikirkan bagaimana perasaan Eunhyuk kalau anak didiknya tidak diterima ELF

      Hapus
  2. FYI.... Gue sendiri adalah salah satu yang sengaja pengen ikutan nonton gara-gara GUEST STARnya loh... Kalau bukan EXO gue juga ga mau -____- tapi plis ya buat ELF jangan begitu juga dong sama EXO. Jangan sampe ada insiden aneh-aneh waktu EXO-M muncul. Tenang aja bang ! Temen-temen gue yang nonton tujuannya juga sama kayak gue ! Mereka mau nonton EXO-nya !! Kita teriakkan fanchant EXO bersama !!! (•̀_•́)ง

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gue lebih ke kayak Jackpot gitu loh :D Nonton SJ pas lagi suka EXO dan pas EXO jadi guest star nya :)

      Tenang aja... nanti gue akan melakukan project sendiri untuk teriakin EXO :D Infoin temen2 lo yang nonton dong biar kita bareng bikin project buat EXO nya :) mention gue di twitter aja yaaa XD

      Hapus
    2. mau bikin project EXO? nitip donk!!!! boleh ga?? aku mau promote lagu buatan temenku yg di california, dia sampe bela"in bikinin lagu buat EXO M - Kris..
      bisa nitip di sini ga?? aku buta banget ma fansclub EXO yg belum jelas kehadirannya *gatau aku yang ketinggalan banget* =='

      Hapus
    3. Ardelia Hwang ssi (?)
      Senang berkenalan dengan anda. Hahahaha...
      Iya emang nggak ada project resmi karena masalah ini pun masih simpang siur karena banyak elf yang anti sama project tentang EXO. Tapi wow, sampe bikin lagu itu loh, daebak banget.... Fanclub mungkin gak berani berbuat banyak karena emang bukan konser EXO. Tapi beberapa dari kami memang akan melakukan self-project sesuka suka hati aja... :) please if you dont mind, mention me on twitter (@ronzzykevin) kalau mau tanya lebih lanjut yah. Biar enak ngomongnya :)

      Hapus
  3. ga akan ada black ocean kok,walau ada yang matiin ga semua ELF bakal kayak gitu. mereka tau kalo black ocean bisa bawa dampak buruk,pertama super juniornya bisa kecewa sendiri kenapa fans mereka ga dukung adiknya,kedua bisa2 indonesia diblack list sama SM buat konser mendatang nah loh? ketiga,sctv udah bilang kalo EXO cuma kolaborasi aja di sushow nah abis itu mereka bakal perform diluar MEIS,barengan sama HITZ katanya ..jadi ada panggung dan acara sendiri jadi buat exotic yang mau bikin project dll bisa bebas tnp musti takut ELF bakal marah. ok,semoga bisa memperjelas kalian semua btw makasih infonya,berguna sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Great kalau banyak juga ELF yang berpikir demikian... :)

      Hapus
  4. gue udah baca tuh tweet2 elf yang ngebash exo. hhhh sebagai exotic gue sakit hati -_-
    tapi menurut gue mending jangan bikin project buat exo deh soalnya kan ini konser nya suju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti yang suka sama EXO sakit hati, sama aja sih pada dasarnya fandom akan marah kalo ada yang nge-bash idola mereka :) Jadi saling menghargai aja :)

      Tapi saya nggak setuju pendapat kamu yang "jangan bikin project buat EXO soalnya ini konser suju", karena menurut saya, kesempatan EXO dateng ke Indonesia nggak sebesar SUJU. Karena ini kunjungan pertama mereka, ya kita harus sambut dengan baik. Balik lagi ke saling menghargai aja sih... xD

      Thanks :)

      Hapus
  5. ak ELF ^^ pas nanti nonton SJ ga akan black ocean ko. mungkin klo cm teriak, ikut nyanyi, ga matiin LS msh wajar ketika nonton EXO.
    cuma klo udah project besar, mending jangan deh :)

    BalasHapus
  6. kalau jalan pulangnya gimana tuh? ngikutin arah berangkat tadi atau gimana?

    BalasHapus
  7. hai om~ inget gue gak u,u @dongghae861015 itu *apasih..* gue exotic juga loh *walopun gak sefanatik sama SJ* tapi kalo misalnya ada ELF yg black ocean ke EXO...yakin deh tuh ELF ''BUKAN'' ELF yang baik,mereka gak menghargai keluarga baru di SM Family *ceilah bahasa gueh*
    ntr klo EXO tampil gue bantuin fanchant juga om...btw om di sektor mana? :O
    oiyah~ dari yg udah dijelasin diatas...gue udah siapin nih om~ mulai makan,ngumpetin camera di "..." *ya tau sendiri lah~ u,u* lotion dan teman2.ny (?)
    udah ah coment.ny(?) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku di festival juga section C. Ayo teriak! hahahaha

      Hapus
    2. jiah jauh om...aku di JunVIP L day 3 -,- gpp deh...tetep bantu teriak :D yeay~ we are one!!

      @dongghae861015

      Hapus
  8. wah, om/ustat bacon, salamin buat Luhan^^ karungin kalo bisa! ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya yg dtg exo-m ya? jadi ada luhan ga ada bacon.
      ah padahal pgn bgt denger high notenya baekhyun...

      bwt author, thx ya udah sharing.
      bwt elf ababil, plis deh jgn kekanak2an, g usah pake black ocean deh, lagian fansya exo dsini juga banyak.

      Hapus
    2. iya, Luhan. ustad bacon itu panggilannya si om choi~^^

      Hapus
  9. moga bisa nonton..aku mau deh bantuin teriak2 buat Exo walopun sukanya sama Kai..hihihi

    BalasHapus
  10. heeeeeeeei...infonya sgt ngebantu bgt nih yg pada dadakan cari rute ke MEIS.
    berarti kamu tipe orang selalu prepared yah sblm hari H *sama gw jg sih* cuma gw ga ada waktu buat cek lokasi sebelum acara :P
    bdw,thaaaaaanks yah ^_^

    BalasHapus
  11. wow, turun di kota naik di halte busway kota? jauh bener muternya... o_0

    saran saya buat yang lain, yg naik krl turunnya di stasiun kampung bandan
    -klo dr bogor/depok naik yg ke jatinegara atau yg ke kota trus naik commuter kota-kampung bandan yg tiap 10 menit sekali)
    -dr bekasi nyambung lewat jatinegara
    -dr serpong nyambung di tanah abang di jalur 2
    -dr tangerang nyambung di duri

    stasiun kampung bandan ada pintu masuk ke parkiran wtc mangdu(tanya satpam stasiunnya klo ga ketemu pintunya)
    tanya aja A&W/alfamart sebelah mana sama petugas wtc nya
    dari pintu keluar A&W/Alfamart situ keliatan ada halte busway di depan wtc nya
    tinggal naik, paling 5 menit soalnya dr situ lgsg ancol di halte berikutnya

    btw thanks blog nya, soalnya lokasi MEIS di dalem ancol ga tau ^^

    BalasHapus
  12. Gw jg dari depok, belum sempet survey MEISnya dan ga tau kesananya. Tgl 27 pula. Terima kasih atas infonya ngebantu banget.

    BalasHapus
  13. wah info bagus nih,, wlopun gg ikut nonton konser, lmayan nih info wat tmen yg mo nonton.. good job bang..
    lam kenal :)

    BalasHapus
  14. aku juga mau ikutan teriak fanchant EXO kok! ini udh di rencanain dari pas tau EXO M bakal ikut ke Indo juga! ^o^ soalnya aku gak setuju sama elf labil yang pingin bikin black ocean. kalo SMEnt marah, ntar kan kita gak dpt Super Show lagi :( kasian baru debut udh dpt black ocean.. padahal luhan mukanya innocent gitu, walaupun masih innocent suami saya (re:KAI) btw... aku anonymous lho~ *nyanyi intro mama*

    BalasHapus
  15. izin share di twitter ya.utk para penggemar NKOTBSB, yg bsk bakal manggung..trims..: )

    BalasHapus
  16. makasih buat infonyaaaaa.. gue berencana buat nonton konser Big Bang tgl 13 Oktober nanti dan jujur gue sama sekali gak tau lokasi MEIS en cara kesana nya gimana (ke ancol aja baru sekali :p) setelah melihat blog lu en membaca pengalaman lu, gue jadi tau sebagian besar perjalanan kesitu deh.. Seenggaknya ga bikin gue gelap banget buat kesitu.. Makasih yaaaa :D

    BalasHapus
  17. iiiih ~ makasih infonya yah ..
    aku besok mw nnton MBLAQ yg disana jga nih, tp buta arah *maklum bukan warga jekarda*
    doain semoga penonton2 pendatang gag pada nyasar ya :DD

    BalasHapus
  18. Haii....thank sharing infonya :), bagi2 jga dunk pengalaman realnya pas nonton SS4 kmren? Secara buta MEIS geto...coz mau nonton juga di MEIS october ntar, bagi2 trik 'n tips nya biar dapet spot yng bagu buat liat idolanye..hehehe:)

    BalasHapus
  19. infonya oke banget secara nanti mo ntn konser bigbang oktober dan perginya juga sendiri dari bekasi plus berdoa sepenuh hati semoga gw bertemu dengan supir atau satpam yg baik hati dan gak sengak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama....buat alive tour besok !!!! gw juga dri bekasi..-___________-
      kalo pulang mungkin masih bisa bareng temen. yang di khawatirkan, adalah perginya... takut macet dan sebagai2nya. bekasi banyak rintangannya soalnya. aaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkk... gw juga gak tau meis itu dimananya ancol. sendirian pulak....
      btw, tx sharingnya.

      Hapus
  20. makasih banyak ya, sama seperti renaijang84 aku juga mau nonton bigbang. mudah2an semua berjalan lancar, amin

    BalasHapus
  21. infonya donk , kalo pulangnya ga bwa kendaraan sendiri gmn ya? banyak taksi ga di sekitar meis ? ato bus wara wiri nya msi ada untuk kluar dari ancol? makasi :D

    BalasHapus
  22. Googling jalan ke meis & ketemu blog ini. Tiba2 pengen sujud sukur.
    Gue mau ntn fanmeet Kim Jae Joong dan gatau cara kesana.
    Sumpah thanks berat!!!

    BalasHapus
  23. thank you banget yah...
    aku pikir mEIS itu dimana,, JJ Fanmeet disitu soalnya :D
    ternyata lumayan jauh & butuh ongkos lumayan jg yah buat kesana :(

    BalasHapus
  24. makaih bgt ya infonyaaa.. secara aku dateng dari Surabaya, jadi kurang tau MEIS n daerah Jakarta gituu..
    mw ntn konser 2PM nih awal Desember..
    Once again,thanks bgt infonya ^^

    BalasHapus
  25. Thanx Bos, infonya bagus banget, sesuai sama kondisi gue, tinggal di depok, bsk mau nonton konser GN'R di MEIS, dan gw seumur idup blm pernah ke sana. Baca artikel ente, ane jadi dapet pencerahan.
    NB: Konser GN'R harusnya hari ini, 15 Des 2012 di hall D senayan, tapi diundur besok, 16 Des 2012 di MEIS.

    BalasHapus
  26. aq lg cr info ttg meis, eh nemu blog mu,busyet,orang jakarta tu g ramah bgt y.knp begitu sih y.g bangeet cara ngomongnya.thanks bgt lo info nya,sgt berguna buat kita2 yg g tau jalan and tiket masuk meis

    BalasHapus
  27. dibukmark dulu buat siap2 konser GG september 14..makasih infonya

    BalasHapus
  28. :O saya sedang cari info hotel/penginapan sekitar MEIS T_T kalo liat di map yang paling deket cm Mercure, itupun kayaknya agak jauh ya? Pengen nonton GGTour September nanti.. tau gak rekomendasi hotel deket MEIS? Thanks bangett!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo hotel aku gatau yah. Maaf banget soalnya pas SS4 aku nginep justru di MEIS-nya. Seinget aku di daerah mangga 2 ada deh hotel murah-murah gitu dan deket sama ancol tapi tetep takes time buat ke ancolnya. Menurut aku gapapa nginep di situ tapi ke venue as soon as possible kalau mau dapet tempat enak :) MEIS udah lengkap banget kok fasilitasnya. Gak usah khawatir. Even kalo mau nginep di MEIS kalo niat gamasalah. Soalnya ada tempat mandi dll dll.

      Hapus
    2. nginep di meis tidur dimananya kaka? barang barangNya aman ga tuh?

      Hapus
  29. hello!!!
    thanks for sharing !!!
    just curious, kamu kan ntn SUJU nahh
    nonton SNSD juga kahhh?????
    karena saya mgk korban peta buta berikutnya utk dtg ke MEIS
    :PP
    thanks a lott!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello!!!
      aku juga mau nntn GG tour nih tp kayaknya bakalan peta buta juga nih buat dtg ke MEISnya-_-
      oh iya kalo ngak ada kendaraan pulang, disana banyak taksi ngak sih? thanks:)

      Hapus
    2. Taksi banyak kalo misalnya malem. Cuma taksi liar gitu. Jadi aku nggak rekomendasikan yaaa... Takut soalnya. Mending cari taksi yang emang terpercaya. Tapi mereka nggak akan bisa masuk ancol, jadi sebisa mungkin keluar dulu dari ancol dan cari taksi-nya pas udah di jalan raya gitu (diluar ancol). Nah untuk keluar ini kayaknya sih yang bakalan ribet kalo malem :")

      Hapus
  30. Saya dr jawa tengah..klo stasiun kereta yg dket MEIS tu apa?
    Stasiun gambir ato pasar senen?
    Soalnya stasiun kota gk ada klo dr semarang

    BalasHapus
  31. wah bakalan peta buta nih ke MEIS...saya dari padang,tapi bakalan nginep dan berangkat dari depok..

    ada yang mau berangkat bareng gak??

    BalasHapus
  32. denger2 katanya akan ada konser exo di meis pada bulan ini, bener ga???

    BalasHapus
  33. Nanya dong yg pernah ke meis atau yg hapal dengan ancol jarak MEIS ke Hotel Mercure itu berapa menit dan bisa menggunakan kendaraan apa aja selain jalan kaki?

    BalasHapus