Fresh From The Oven: C-Clown!

Pernah merasakan terpaan band-band melayu Indonesia yang sangat intens beberapa tahun yang lalu? Yes. Disaat musik Indonesia udah bangkit pas jaman-jaman ST12 masih belom bubar, ada banyak sekali kemudian band-band yang mengusung musik melayu juga ikut tumbuh kayak jamur di musim hujan. Walaupun sekarang entahlah mereka kemana gue juga nggak tahu. Tapi bersyukur juga sih, paling nggak musik pop Indonesia nggak krisis identitas. Menurut gue kalo emang lo mau jadi band dangdut, kenapa gak dangdut aja sekalian sih kayak Ridho Rhoma? Kenapa harus setengah pop setengah dangdut? Justru itu lebih annoying. Since I love dangdut dan gue merasa pop-melayu itu agak mengganggu.

Kenapa pembukaannya begini? Hehe karena sama hal-nya dengan kejadian di Indonesia beberapa waktu lalu, sekarang juga di Korea lagi banyak banget jamur-jamur musim hujan yang menjelma menjadi boygrup dan girlgrup. Nah sekarang kenapa postingannya bukan SMTOWN? Hmm... Sebut saja karena gue akan memulai untuk mencoba memerhatikan rookie dan juga grup dari manajemen lain. Hehehe sekalian ini gue kemaren berencana buat magang di sebuah majalah dan gue dikasi tugas buat bikin artikel tentang idol yang belom ke-ekspose akhirnya gue bikin aja C-Clown (walaupun kemudian malah disuruh bikin profile Suju. Kurang terekspose apa lagi coba Suju? Dan gue belom kerjain. ASTAGA LUPA!)

Mungkin banyak juga yang bertanya, kenapa harus C-Clown? Kenapa gak BAP aja yang udah beneran keren atau BTOB yang kemaren ke Indonesia? Kenapa harus C-Clown?

Jawabannya: Gak tahu. Gue juga nggak tahu kenapa pilihan gue kemaren jatuh ke C-Clown. Tapi kalo kalian memahami konsep Tuhan Maha Tahu dan Tuhan Akan Menunjukkan Jalan Terbaik, nah menurut gue inilah jalan terbaik. Kkk~

Nah, C-Clown ini sebenarnya apa sih? Badut yang jualan vitamin C atau apa? Hmmm... Kalau misalnya kalian liat teaser foto mereka mungkin yang akan kebayang adalah "Ah sama aja paling sama boygrup kebanyakan... Gaya-gaya nya maen kotor kayak di Warrior-nya BAP kemaren." Gue juga mikir gitu pada awalnya. FYI aja gue termasuk orang yang setia (atau bisa dibilang males buat berpindah ke lain hati--sama aja monyong) sama satu entertainment. Ketika gue udah suka SM, maka gue akan mencari tahu banyak tentang SM. Walaupun kemarin sempat heboh NU'EST juga (DAN GUE BARU LIAT PERFORM MEREKA DI INKIGAYO DAN ITU KEREN YA ALLAH REN CANTIK--LUPA DIRI) tapi jiwa raga gue tetep buat SM. Tapi ada yang pernah bilang kalo misalnya berkutat di SM doang jadi nggak berkembang. Nggak memperhatikan bibit bibit yang baru tumbuh. Nah akhirnya gue coba kulik-kulik deh ini si badut-badut C-Clown. Dan pas gue dengerin lagu mereka, lumayan bagus dan kalo dibilang sama kayak yang lain, iya, tapi ada beda. Sedikit.
*
*

C-Clown ini adalah boygrup dari Yedang Entertainment. Gue awalnya suka salah malah bacanya jadi Yadong Entertainment. Kebayang gak sih lo kalo ada perusahaan namanya Yadong Entertainment trus artisnya mau kayak gimana? Yang kebayang di otak gue adalah Jonghyun sama Taemin yang semalem beradegan ciuman dan disaksikan oleh Yoogeun BAHAHAHAH. Poor Yoogeun. Yedang Entertainment ini bukan perusahaan yang baru muncul kemaren. Di tahun 60-70an, perusahaan ini termasuk perusahaan sukses di Korea. Bisnisnya di industri entertainment ini lumayan banyak mulai dari distributor CD & DVD K-Pop (sebaca gue di situs resminya dia pernah jadi distributor Rania sama Jay Park), trus juga ternyata perusahaan ini adalah co-produser dari drama "Winter Sonata", promotor konser di Korea (kayak Rain) dan dia juga yang punya perusahaan TV Kabel ETN. 

Keputusan YE (Yedang Ent.) untuk mengorbitksn C-Clown dibawah nama mereka jelas dengan tujuan komersil. Ya iyalah... Kayak yang gue bilang tadi. Jamur di musim ujan. Ladang subur. Nggak  mau kalah dengan 3 perusahaan besar lainnya, mereka juga punya konsep sendiri melalui C-Clown ini.

C-Clown adalah singkatan dari Crown Clown gais. Mungkin ini filosofinya dari cerita The King and The Clown. King kan biasanya pake Crown tuh. Lalu Clown-nya dari mana? Gak pernah nonton sih gue maapin. Mungkin... Tapi kalo dari informasi yang gue dapetin sih nih ya, Crown Clown ini berarti adalah bahwa mereka sekarang mungkin baru debut dan hanya berkasta badut. Tapi nanti, dikemudian hari, mereka siap untuk menyandang mahkota raja dan meraih kesuksesan diblantika  musik K-Pop ini. Gitu loh...

Debut mereka juga baru kemaren kok, tanggal 19 kemaren di Mnet! Countdown juga. Gue sih belom liat live performance mereka kayak gimana ya, soalnya emang update-nya kalo music show gitu cuma yang prioritas aja (SM maksudnya--sama NU'EST--semalem T-ARA juga sih... labil) Cuma mereka juga debut melalui showcase nih. Tangal 18 Juli 2012 kemaren mereka menggelar showcase di satu hari yang sama di 3 tempat yang berbeda dan 3 waktu yang berbeda pula.  Masing-masing showcase mereka yang pertama digelar di Eulji Hanbit Street jam 12 siang waktu Korea, trus di Myeongdong jam 7 malem waktu Korea dan yang terakhir di Hongdae jam 11 malem waktu Korea.

Untuk ukuran rookie yang baru debut, lumayan banyak nih lagu yang mereka masukin di mini-album pertama mereka. Berbeda dengan NU'EST kemaren yang pas Face cuma ada 2 lagu tapi disini mereka ada 4 lagu (padahal gak banyak juga sih Ron. yaudah sih lo bawel banget): I’m Not Alone, SOLO, 안에서 (In The Car), dan 우연이야 (Destiny) dan dua lainnya adalah instrumental. Yang dijadiin hits promo adalah SOLO. Mungkin keinget sama lagunya SJ-M ya? Iya gue juga gitu kok. Gue aja sempat mikir kenapa sih nggak mau nyari aja gitu judul yang lain? Kenapa harus SOLO? Kenapa nggak MATARAM atau SURABAYA? Abaikan please. Dan pas gue nonton MV-nya, hmmm... bedalah konsepnya dari SM :p MV-nya kebanyakan outdoor dengan konsep mereka sebagai anak-anak gaul jalanan yang suka nge-geng maen skateboard. Hahaha... Tapi lagunya bagus loh! MV-nya juga walaupun terkesan biasa aja, lumayan kreatif. Dan hey! Settingnya ada yang sama kayak Hurricane Venus-nya BoA :p

SOLO ini lagunya bukan tipe lagu yang ceria karena kayaknya menceritakan tentang kesendirian (atau entahlah yang jelas ada aura kehampaan kayak disedot Dementor gitu). Lagunya pas banget buat OST drama menurut gue karena kedengerannya kayak lagu-lagunya A&T di OST BBF gitu :p Tapi sebenarnya tipe-tipe lagu begini adalah yang like-able loh. Beneran beneran bukan bermaksud meracuni. Tapi lagunya emang lumayan bagus.
*


*
Move on ke member! Sama kayak EXO, ini C-Clown juga punya 6 member dan karena ini boygrup, jadi semuanya cowok (hadoh penting banget). Kemaren gue sempat ngetweet juga soal salah satu member-nya yang kelahiran 1997 :O Gila gak tuh ya... Kenapa gak sekolah yang bener dulu aja siiihhh... but anyway terserah mereka. BEBAS!
*
*
Ini leadernya. Namanya Yu Barom tapi nama dangdutnya ROME. Dia dulu adalah artis YouTube walaupun gue nggak kenal tapi kayaknya dia memang terkenal banget. Rome besar di Sydney, Australia waktu masih jadi artis YouTube dan kemungkinan juga dia di casting di sana. Kenapa namanya ROME? Menurut dia sih, dia pengen memberikan kesan kayak raja-raja romawi gitu. Biar sejalan gitu kan sama konsep C-Clown-nya. ROME lahir 6 September 1990. Dan seperti kebanyakan leader dia bergolongan darah A juga. Perlu gue kasi tahu tinggi dia berapa? Tapi gue kalo nyebutin tinggi orang gue agak gak enak sama Kak Suho (dan sama diri gue sendiri) tapi karena gue hanyalah seonggok batu, baiklah gak apa-apa tinggi ROME biasa aja kok cuma 174 cm dan berat 60 kilogram kalo dia lagi gak bawa ransel berisi batu granit dari gunung. Anyway dulu dia punya nama panggung bboybyu di YouTube yang setahu gue isinya adalah video-video dance ala bboy gitu. Nah kalo lo emang berniat pengen ngefans sama dia bisa banget lo follow @RoME_Cclown. Gue udah bilang belom kalau ROME ini LEADER-nya? (UDAH RON PIKUN) Selain LEADER dia juga RAPPER.
*
*
RAY adalah member yang paling gampang dikenalin kalo di MV. Dia yang rambutnya kayak jamur dan berdiri dengan begonya di depan sebuah ledakan tanpa terluka sedikitpun. Menurut gue sih dia yang jadi visual di grup ini karena maknae-nya nggak menjual sama sekali mukanya. Maafin gue ya Maru, tapi beneran mukanya masih terlalu polos buat dimacem-macemin apalagi dijual ke pasaran. Hahahaha... RAY ini nama aslinya Kim Hyun Il dan dia seumuran KAI juga, lahir di 19 April 1994. Katanya nama RAY itu muncul karena dia suka banget sama film yang menceritakan hidup seorang RAY CHARLES yang pernah dia tonton di 2004. RAY beruntung punya suara bagus dan muka menjual karena itu artinya dia nggak akan sekedar nampang doang. Dia termasuk vocal di grup ini gais. Silahkan mensyen @soccer4065 kalo berniat ngefans. KALO BERNIAT. Kalo gak cuekin aja sms ini dan cari idola lain. *SMS APA?*
*
*
Pertama kali ngeliat Kangjun dalam otak gue, "Dia cocok banget nih jadi pemain drama!" Mukanya kayak mas-mas di drama banget sih ya... Sangat terlihat dewasa di gambar ini dan juga di MV. Padahal dia lahirnya cuma beda dua hari sama RAY. Yes, dia kelahiran 1994 juga tepatnya 21 April. Di C-Clown cuma Kangjun yang menggunakan nama aslinya dan nggak pake nama dangdut. Nah, serunya lagi, dua mas-mas yang bisa jadi visual ini adalah vocal juga di C-Clown (RAY sama Kangjun maksudnya) jadi bisa lumayan sering ngeliat dia tampil. Someday, kalo misalnya C-Clown lagi rehat bisalah si Kangjun diajak main drama ya.... :) Gue belom follow (dan gak ada niat follow sih) tapi kalo mau boleh difollow di @kangjun_CclowN.
*
*
Ini dia maknae-nya, namanya MARU dan dia adalah rapper di grup ini. Mukanya polos banget kan kayak anak kebanyakan maen layangan di lapangan terbang yang kalo ada layangan putus dia langsung heboh ngejer-ngejer. MARU lahir 1997 di 25 September. Nama aslinya Lee Jae Jun. Nama MARU berarti to be at the top yang artinya dia sangat ingin berada di atas. Di atap. Di puncak pohon. Di atas bukit. Di puncak gunung. Ngapain? Nggak tau. Ngerap kali. Atau jadi kuncen bisa aja. Tapi lebih lanjut lagi nama MARU itu digunakan supaya dia bisa menjadi wakil Korea di puncak industri musik. Gitu... Yang suka sama berondong (1997 LOH ASTAGA) silahkan bisa godain dia tapi jangan diajakin jalan kata nenek itu berbahaya. @Maru_Cclown.
*
*
Kemaren ada satu temen twitter yang mensyen sebelah-sebelahin Luhan sama Siwoo yang terlihat mirip padahal mereka gak mirip sama sekali :p Luhan is forever ZYGOT HYONG lah pokoknya yaa... Dan ini Siwoo, nama dangdut dari Kim Taemin. TAEMIN? Wah banyak juga orang namanya Taemin. Siwoo katanya berarti "hujan yang dinanti-nanti". Hmmm.. baru tahu kalo Siwoo ini ternyata pawang hujan juga... OKE! Katanya sih dia pengen banget bisa jadi bagian dari "hujan" yang dinantikan oleh banyak orang di industri musk ini. Gitu... Nah, Siwoo ini juga vokal nih. Jadi bisa lah dia menghujani kita dengan performa nyanyi-nya suatu saat nanti yaaa... Siwoo lahir 5 Mei 1993. deket-deket sama Baekhyun ulang tahunnya (trus kenapa. Nggak ada. Suka suka dong). Boleh digodain @Siwoo_CclowN .
*
*
Pas pertama ngeliatnya "Kok mirip-mirip member BEAST sih? Siapa itu yang mirip rangga? Hyunseung?" Hahahaha Ternyata memang bener. Apanya? Nggak... Gue memang orang yang suka bilang si A mirip sama si B dan semua orang mungkin akan punya pandangan yang berbeda. Maklumin aja karena mata gue memang suke kece mece bleketepe gitu kalo ngeliat orang. Selalu out of the box. Dan kenapa ini gue bilang mirip member BEAST? Ternyata dia katanya adalah mantan trainee CUBE Entertainment yang dulu sempat mau debut bareng BTOB (since pas pertama kali gue ngeliat BTOB gue sangat merasakan aura BEAST jadi yah begitulah...) Lalu siapa sih laki-laku berambut pirang dan minta di gampar mukanya ini? Namanya adalah T.K. Taman Kanak-kanak? Tukang Kompor? Tali Kutang? Nonono... T.K adalah nama dangdut dari Lee MinWoo. Singkatannya bukanlah Tali Kutang tapi Top Kid. Yang lucu dari Minwoo kenapa dia akhirnya menggunakan nama T.K adalah bahwa dia mengakui kalo nama Minwoo udah banyak dipake seniornya yaitu Shinhwa dan juga ZE:A jadi dia nggak mau sama. Gitu katanya. Hahahaha... Makanya, nama tuh Sukirman, Satiyem, Supriadi gitu kek jadi nggak akan ada  yang sama di Korea mah... terserah lo Ron. Nah katanya dulu dia nggak jadi debut sama BTOB karena masalah kesehatan menjelang debut. Eh malah sekarang keluar dari Cube. Beruntung keluar masih ada yang mau mungut dia. Langsung debut pula kan... T.K. Lahir di 20 Desember 1995. Masih kecil juga ternyata ih. Mukanya udah nyebelin. #HLOH

Akhirul Kalam. Selamat puasa! Semoga setan setan jahanam EXO tidak mengganggu lagi hari ini. Dan kalo misalnya ada yang nemu artikel ini di majalah berarti punya gue dimuat. Bahahahah *PEDE* *SIAPA ELO* *NAMA GUE RON* *TRUS*
*TELEPORT*

*



Reference:

allkpop.com (http://www.allkpop.com/2012/07/c-clown-releases-mv-for-solo)
koreaboo.com (http://www.koreaboo.com/index.html/_/debuts/c-clown-releases-new-image-teaser-showcase-ti-r16386)
yedang.co.kr
kpopconcerts.com (http://kpopconcerts.com/kpop-news/what-is-the-meaning-behing-c-clowns-unique-stage-names/)

Share:

41 komentar

  1. hmm..setuju ka ron, maknae.nya agak kurang keceh...*mudah-mudahannexttimelebihkece
    oya, itu setting MV.nya juga ada yg sama kayak dbsk-wrong number, di parkiran basement gitu XD

    BalasHapus
  2. wwkwk yadong ent.

    BalasHapus
  3. Mukanya Wong Jhowo ya..^^

    EXO kapan punya twitter ya?? ini BoyB aja udah punya -..- masa EXO cuman punya FB?? FBnya pun cuman punya Suho -..- pfftt...

    Itu yang umurnya 15 taun. KAYAK SODARA GUA. YANG KEMARIN KEJEBUR DI KOLAM PAK ROHANI. Suer.

    @Ami_Xiahtic

    BalasHapus
  4. gk fokus baca om, fokus liatin gambar2 diblok om yg ada segi enam item putih ,gmbar burung,batu,sinar, kuda, kalajengking, segitiga, garis2 dll .______." kepikirnya ke EXO mulu dah, wks XD

    BalasHapus
  5. itu yg nu'est face emang cuma 2 lagu karena itu cuman single, single rata2 segitu kak :o sedangkan action itu mini album makanya minimal 4

    BalasHapus
  6. Entah kenapa kalo gue liat mukanya kang jun kayak gimana gitu yaaa, seolah2 dia ngomong "apa lu liat2?!" hahaha

    BalasHapus
  7. eh kirain review MV, taunya review member
    oKAI.. ini lagunya emang likeable sih Kak...tapi kok brasa denger ost power ranger dan sejenisnya yak hehe

    trus itu maknaenya jagung amat.. baru masuk SMA dong.. hadew.. mana dekil kayak anak kbanyakan nguber layangan gitu.

    udah deh mau diapain jg saya emang SM Biased, susah kalo mau lirik2 yg lain...

    mana nama dangdutnya aneh semua... TK, g sekalian RA raudlatul Atfal..
    eh kak satu lagi..napa lo bawa nama DOsen gw Kak.... SUKIRMAN aka PAK RT...

    @deankeya

    BalasHapus
  8. Hloh mampir fb ron kok nemu postingan C Clown, kirain apaaan eh ternyata BB baru toh, itu yang di kata mirip luhan sumpah jauh mamen, sama2 ganteng tapi gantengan luhan, iyalah bias gitu #plakplakplak

    beneran si magnaenya itu tampangnya udah kayak anak2 nguber layangan gitu, haduuu hahahaha

    mana namanya maru lagi, klo di jawa kan maru itu nama panggilan sesama istri, misal nih si A punya istri B sama C, lah B sama C ini klo manggil maru gitu (penting? gak! abaikan!)

    @pure_luhan

    BalasHapus
  9. oya 1 lagi, ternyata ane gak bisa demen ama Nu'est, wakakak~
    gatau kenapa? #gakpenting #abaikan
    selera orang beda2 ye, heheh

    KEEP WRITING DAH!!!!

    BalasHapus
  10. Maru : Maknae terjelek yang pernah gue temui ==
    Gak usah pasang tampang songong gitu bisa gak sih? #gaknyante

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja, tuan cho. Maru kalo udh dimandiin & lagi senyum manis bgt kok. rada2 mirip Tegoshi Yuya *kalo lagi senyum yaa, inget* (artis Jepang. Dia itu salah satu anggota boyband jepun*lupanamanya*, dia juga pemain drama.) (~^_^~)

      Hapus
  11. Kok kayaknya itu latar MV mereka sama kayak MV MBLAQ Monalisa. di Parkiran2 gitu. Bedanya MBLAQ lampunya terang benderang, sedangkan C-Clown ini lampunya udah 5 watt gitu.

    BalasHapus
  12. kirain c clown itu apaan ternyata oh ternyata... boyband juga toh...

    BalasHapus
  13. Anjir yang 1997 line lebih muda dari aku!! Beda 9 bulan sih, aku 14 January 1997, sama kayak KAI lho kk #emngnanya?

    Yuhuuu dipanggil noona sama Maru wks. Si Maru kok mukanya rada songong-polos gmn ya HAHA? == dan OMG demi apa beratnya Maru cuma 56 kg? Kurus sekali untuk ukuran orng yg tingginya 175 ><

    Ini semuanya muda muda bgt, beberapa masih sekolah mungkin. Tapi yasud lah, sepertinya bakal suka sama boyband ini XD

    BalasHapus
  14. Om om, kayaknya gue ngefans deh ama lo, kepoan mulu sama semua tulisan2 lo... wktu lo ngtwit ttg Badut vitamin C ini di twit, gue lgsung donlot videonya di youtube...
    Om, abis ini review Beautiful Nightnya Beast napa?? pan keren juga om...

    BalasHapus
  15. biasanya kan magnae taroh di bawah om ..
    pertama buka,ngira tuh TK yg magnae..
    itu Maru beneran gag ngejual mukanya #plak plak plak

    #fai

    BalasHapus
  16. Diliat dari pict magnae nya langsung kepikiran, "kai ternyata ada yg lebih dark dari lo" <- abaikan

    BalasHapus
  17. gue pertama baca bukan ''YEDANG ENTERTAINMENT'' tapi ''SUMEDANG ENTERTAINMENT'' jauh bgt kan!!!! hahahahaha

    BalasHapus
  18. Sorry, g baca review nya full, tp liat foto2 c-clow, kaya ada yang muka Indonesia gt!

    BalasHapus
  19. Kak Suhooo.... si TK Tali Kutang jangan digampar doooong.... dia salah satu happy virus lhooo (ngakunya sie).... C-Clown ganteng2 (selera saya, kecuali maru n siwoo).... tapi lebih gara2 rambut sie maru n siwoo keliatan 'kurang'... pict predebut mereka kottminam lhooo... ganteng, cute n pure (taemin permisi lewat deeeh).... heheheeee.... thanks buat review nya... sukses buat saya hampir keselek roti bacanya saking ngakak >_<

    BalasHapus
  20. Hwwaaaaa!!! Aku langsung ngfans sma lagu ini pas pertama kali denger lagunya. Karna penasaran, aku cari2 fotonya. Gwwaaaahhhhhh!!!! Langsung ngefans sma boyband satu ini!!! C-Clown, kmu adalah boyband korea pertama yang aku fans-in! Bner tuh kata maydeezone. cowokny ganteng2, pure n cuute. Di band ini, aku paling suka Maru & Barom. Pas pertama kali liat tampangnya maru, aku juga mikir kayak kalian..(maru : Agak kurang kece, trus... truss... akh, susa dijelasin pakai kata-kata!!). Tapi, setelah negara api menyerang (eh, lho, kok..??),eh, kamsudnya setelah liat foto2ny maru yg lain, aku jadi sukaa.. Cute bgt tw, apalagi pas senyum....
    Utk member yg laen, aku agak gk suka sama Kang Jun. Gtw knp... Ngomong2, T.K zodiaknya sagittarius kn? High five!!!
    Inti dari komen ak yg ini : AKU NGE-FANS B.G.T. SMA C-CLOWN!! DARI SEMUA MEMBER YANG ADA, AKU PALING SUKA MARUU!! (ada satu faktor yg bikin ak tambah suka ama maknae ini, umur ak gk trlalu jauh sma Maru! Kyaaaaaa!!)
    Udah,ah. Mangap yah, panjang bgt. abis ak mw cerita ke temen2, pada gtw C-Clown. Maklumlah, masi bayi merah. Ywd, aku lampiaskan semuanya pada blog ini. Makasii kak ron!! Salam bau!!

    BalasHapus
  21. satu kata bwt ni artikel = ngakak! XD
    ni BB mang yahud walo Big bang, Teen Top, etc jg *disorakin XD
    nice artikel..B)
    Ray ma Rome suswanto (?) kecenya...kekeke
    maknae liner (T.K ma Maru) mang songong bgt mukax..Maru kyk org jepang.. ._.
    anyway, thx 4 the article..lanjutkan! B)

    BalasHapus
  22. hahaaaaaa gak tau kenapa juga pngen lihat c clown gak EXO scra bias gue#lupakan gak ada yang tanya,,,,,


    apa lagi lagu baru nya yang far away bgus loo sumpah,,,,gue kira si maru maknae ni dari pilipina,vietnam atau indonesia kekeke,,,,tapi suara si maknae ngejual,!!!!!!ada nilai plus nya huaaaaa

    BalasHapus
  23. Visitor baru :D
    Sependapat! Kang Jun muka nya drama banget. klo dia maen drama, kemungkinan sih lumayan banyak yg kesemsem sama dia, secara karisma dia punya XD

    BalasHapus
  24. gua pernah nyari di kamus bahasa korea nih ya, maru itu artinya lantai._. entah gua pengen ngakak apa nggak tp gua langsung kebayang maru di injek2 (?)

    BalasHapus
  25. qu ngPen deh ma BB nih.. pertama lihat si aKang Jun langsung nyeplos "ini orang muka nya boros! ada Jiyeon T-ara nya,, ada L Infinite nya,, ada Won Ho Cross gene nya."
    ckckck. ngakak baca nih posting'an.. matur nuwun!!

    BalasHapus
  26. Bahasanya ga enak, kaya yg ngerendahin c-clown ><

    BalasHapus
  27. Emangx maru mukax indo bgt y? Maru kulitx gelap jdi d bilang mcam orang indo gitu? Emangx maru seburuk itu y? Kyaknya pandangan negatif kalian tetang mau atau cclown salah, maru keliatan lebih gelap karena itu yg d pasang foto coverx mereka, orang keliatanx seperti d penjara masa mau senyum sih? Kan aneh, artis yg seputih apapun juga klo tema coverx gitu yah kulitx makin gelap lah... Emangx klo kalian bisa seperti maru?? Muda, bisa ngerap, masuk sebuah BB, dan masuk d agensi YE?? Emangx bisa seperti itu?? Klo nggak bisa jgn d coment yg negatif dong! Ngerendahin orang aja!
    ...
    ...
    ...
    Oh iya thank ya kak ron, udah berbagi postinganx,, tapi jangan terlalu negatif yah, nanti yg soalx niBB bukan dari negara kita ^^

    BalasHapus
  28. aku ngefans sama maru,juga siwoo ma ray,aku langsung suka ama c-clown begitu liat profilnya,mereka keren apalagi siwoo ama maru kyaaaa......

    BalasHapus
  29. kak,aku boleh gak follow twitter kakak?
    kak maru itu keren loh.aku suka ama maru juga siwoo&ray.intinya aku langsung suka ama c-clown.mereka keren apalagi maru ama siwoo kyaaaaa...............kak review dong mv DMTN yang E.R,kalo gak yang safety zone aja.please ya kak please

    BalasHapus
  30. #yempil ikut komen yaa..
    ahaahaa.. SUkaaaa sama isi artikel (?) nyaaaa... bikin ngakak ..
    kalo diatas Yg komen bilang kangjun muka drama, menurut gw kangjun itu bebi romeoo BANGET.. dan maru mirip om uya kuya..kkkkkk

    BalasHapus
  31. Gara-gara blog ini saya jadi anti sama EXO dan EXOTIC !
    Anda salah jika bilang yang jelek-jelek tentang Maru karena kebanyakan fans c-clown itu biasnya adalah Maru
    Kalo tak percaya silakan lakukan survei
    So, jangan pernah anda remehkan Maru...
    Jangan merasa paling wow karena anda seorang EXOTIC, sehingga anda bebas berpendapat negatif tentang boyband lain.
    Saya yakin suatu saat nanti c-clown akan lebih hebat dari pada EXO yang hanya numpang tenar dari sunbaenya -,-
    Saya dulu seorang EXOTIC tapi menjadi anti EXO setelah tahu sikap EXOTIC yang seperti itu, dan hati saya yang berkata bahwa EXO itu cuma numpang tenar dari sunbaenya...
    Terimakasih
    dan NO BASH !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Disa.

      First of all, its your choice to be antifans of EXO or even their fans.

      Second of all, semua yang saya tulis tentang Maru diatas adalah apa yang saya rasakan pertama kali ketika melihat Maru dan tolong lihat tanggal postingan ini dan SILAHKAN CEK POSTINGAN C-CLOWN YANG LAIN DI BLOG INI UNTUK MEMASTIKAN. Aduh saya jadi pake huruf besar kan padahal saya sebenarnya nggak maksud.

      Oh saya nggak pernah merasa WOW menjadi fans EXO karena mau nge-WOW in apa? Idola saya aja sampe sekarang nggak comeback. DAN APA?! NUMPANG TENAR DARI SUNBAE-NYA? Kita mengenal istilah strategi marketing. Numpang tenar itu kesannya kok kayak kampungan gitu loh.

      Kalo dulu kamu EXO fans dan sekarang anti EXO, ya itu pilihan kamu.

      Terima kasih dan, wait, kamu bilang NO BASH tapi kamu nge-BASH EXO di komentar kamu. Gimana sih saya pusing.

      Eh makasi loh tapi udah komen. Kamu terlihat lebih baik ketika kamu jujur.

      Semangat selalu~!

      Hapus
  32. Ini yg post ga enak banget bahasanya
    Berasa ngerendahin cclown banget
    Well
    Cuma becanda tapi it's not funny at all
    Bahasanya coba yang enak ini diliat orang orang
    Lebih baik ga usah post beginian niatnya cuma mau ngejelekin cclown ne :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. HALO :D :D :D

      NGERENDAHIN C-CLOWN BAGIAN MANANYA? :) Sebelum komen, mungkin perlu di telaah setiap kalimatnya dulu. Saya banyak memuji loh di atas. Dan saya memang bukan pelawak dan tidak mencoba untuk be funny ^^

      Saya menulis dengan bahasa saya sendiri dan suka suka saya mem-post pikiran saya di blog ini, even mungkin menurut kamu itu menjelekkan C-Clown, yang jelas, saya fans mereka dan saya gak perlu pembuktian sih.

      Regards~~

      Hapus
  33. Menurut saya Maru biasa aja -__-
    Semangat kak!

    BalasHapus
  34. Uljjima Kak Suho, fightonggg...

    *istri Luhan

    BalasHapus
  35. Sumpah ya! Kalo gue bukan stalker elo kak, gue ga bakal tau yang namanya C-Clown dan gue justru lebih addict ke C-Clown daripada EXO #loh
    DAN C-CLOWN INI JUSTRU LEBIH SERING DIOMONGIN DI SEKOLAH GUE DARIPADA SUJU wkakaka xD
    Duh temen gue yg bukan kpopers aja, addicted banget sama C-Clown =3
    Dan sempet juga gue nyoba2 liatin BAP, tapi gue ga begitu tertarik -_-

    BalasHapus
  36. Asli mukanya Kang Jun difoto itu kayak orang yang ga iklas dipenjara kaya ngomong "ape lo liat2?!?" Dan si Maru itu kayak bocah melas terpaksa disindenin ..
    But postingan ini keren ^^

    Salam, CrownS ^^

    Ron ahjusshi fighting!

    BalasHapus
  37. jujur, saya tidak sependapat dengan disa anindi. masalah exo yang numpang tenar sunbaenya. coba anda pikir, jika exo cuma numpang tenar kenapa mereka bisa menggelar showcase di thailand dengan sukses tanpa bantuan dari sunbaenya? jika ini masalah exo m yang konser bareng suju itu dikarenakan henry & zhoumi memang tidak bisa datangkan? sebelum exo m dikonfirmasi memang 2 member suju m ada masalah dengan visa makanya mereka tidak ikut konser suju. pihak sm menggantinya dengan exo m. dan masalah exotic, jangan samakan setiap exotic. banyak kok yang gak suka ngebsah bb lain. jujur, saya exotic tapi juga fans c clown. dan sya cukup tersinggung dengan perkataan anda yang bilang exo cuma numpang tenar. ingat, mereka di training bertahun-tahun sama seperti c clown jadi tidak seharusnya anda berkata seperti itu. ini pendapat saya. terimakasih

    BalasHapus
  38. suka sama ulasanya.banyolan disela-sela infonya lucu.tp tanpa mengurangi inti infonya.thanx.semangat buat nuliS info kpop lain.

    BalasHapus