[RUMOUR] Anticipating for EXO Comeback !

Seluruh dunia seperti di slow motion. Bisa dibilang kayak gitu. EXO debut bulan April lalu dan sekarang udah kurang lebih 135 hari mengguncang bumi tapi rasanya kok udah kayak grup yang bertahun-tahun? Paling nggak buat gue. Ini kayaknya selama hampir empat tahun ngikutin Super Junior, jumlah video Super Junior yang dikoleksi selama empat tahun kalah banyak sama EXO yang belom juga genap setaon. Hardisk meledak ini lama-lama. Tapi, wajar, pantes, grup keren pantes mendapatkan paling tidak service yang memuaskan dari gue. Karena jarang-jarang, bahkan nggak pernah sebelumnya gue mendedikasikan hidup gue sampe sebegini lebaynya cuma buat duabelas onggok daging penjaga pohon kehidupan yang entah sekarang gimana kabarnya itu karena udah nggak dibahas lagi. (Siapa yang peduli Ron. Cuma lo dan kepribadian lo. Yaudah sih gapapa)
*
*
Ada banyak sekali cerita sejak EXO debut April lalu--err nggak sejak teaser Kai pertama kali keluar bahkan. Makanya kalo misalnya ada yang bikin hashtag bulanan #4monthsWithEXO gue agak-agak kurang berminat buat sekedar melirik hashtag itu apalagi ikut-ikutan. Soalnya ya sejak teaser Kai pertama kali keluar bulan Desember 2011 gue udah heboh duluan sih. Jadinya kalo "with EXO"-nya terhitung dari tanggal debut kok gue kayaknya agak-agak nggak setuju ya :p Tapi yasudahlah. Gak perlu juga dipermasalahkan. Oke, kembali ke kalimat awal: ada banyak sekali cerita sejak teaser Kai keluar Desember lalu. Mulai dari mempengaruhi orang-orang untuk ikutan membahas EXO sampai disetiap kali nge-tweet yang dibahas EXO mulu, mulai dari mengira-ngira siapakah member lainnya yang akan diperkenalkan oleh SM lewat teaser yang waktu itu nggak ketahuan jumlahnya berapa, berlanjut ke coba-coba mencari nama fandom buat EXO setelah melihat teaser Tao (dan munculah itu istilah EXOTIC dari gue--dan beberapa orang lainnya--yang kemudian digunakan sampai sekarang walaupun belom official), mulai menebak-nebak nama member dengan perkiraan semua member akan diberi nama dengan tiga huruf (dan tebakan gue cuma meleset dikit dari Lai ke Lay) dan menebak sebenarnya ada berapa orang sih yang akan masuk ke grup ini? Mana Jino mana?! Wah... panjang sekali perjalanan sejak tanggal 23 Desember itu dan jujur aja itu adalah pertama kalinya gue ngikutin grup dari sejak mereka belom debut. Yah walaupun gue agak miss di bagian M1 dan M2 waktu itu karena waktu itu gue belom terjerumus terlalu jauh ke dunia ini.

Di beberapa hal gue seneng karena selain Super Junior dan SNSD gue punya satu lagi hal yang bisa dibahas kalo misalnya ketemu sama orang yang suka Kpop. Walaupun mungkin agak susah pada awalnya karena belom ada yang ngeh kayaknya sama EXO dan setiap kali ketemu sama orang yang suka Kpop dan tanya, "Tau EXO gak?" pasti jawabannya "Males nungguin teasernya. Kebanyakan..." Aigoo... Padahal setelah itu mereka juga suka HAHAHAHAHAHA sial.

Kalau dibilang EXO adalah sebuah mega-project dari Lee Soo-Man, gue setuju banget. Bisa dilihat dari bagaimana Lee Soo-Man mengkonsep identitas setiap membernya. Bukan cuma sekedar bahwa mereka dikonsep sebagai alien yang datang dari exoplanet dan terjebak di dunia fana bernama bumi ataupun anak-anak penjaga pohon kehidupan yang punya kekuatan dan logo masing-masing, bukan cuma itu tapi EXO dan membernya secara keseluruhan. Sebenarnya sih nggak cuma EXO doang, semua grup di SM pasti sudah dikonsep akan menjadi seperti apa kedepannya. Dan bagian yang gue suka adalah bahwa Lee Soo-Man benar-benar memerhatian kepribadian setiap member di grup bentukannya dan kepribadian itulah yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah konsep image yang pada akhirnya melekat pada member-member grup bentukannya.

Ambil contoh Chanyeol yang kita mungkin nggak tahu siapa dia dulunya dan tiba-tiba dia muncul dengan muka nyengir setiap saat dan kemudian dijuluki Happy Virus. Suho yang karena sudah terlalu lama di training dan dianggap sebagai orang yang paling bisa meng-handle segala emosi yang ada di dalam dirinya kemudian menjadi leader karena dirasa bisa mengayomi member lain. Dari situlah kemudian Suho diberi julukan "father of the group". Kyungsoo, karena dia bisa masak dan masakannya enak (dan gue yakin sebenarnya yang lain juga pasti ada yang bisa masak tapi ya karena Lee Soo-Man sendiri sudah punya konsep ke masing-masing member jadi gue pikir nggak mungkin ada peran ganda) dia dijuluki "mother of the group". Walaupun sebenarnya gue yakin, Kyungsoo nggak selamanya akan nyaman dengan julukan itu :p Senyaman-nyamannya dia di depan kamera, dalem hati pasti bete juga. Since he is a boy dan yah... begitulah you know what I mean. Baekhyun--siapa sih yang bakalan nyangka kalo anak yang satu ini sebenarnya adalah duri-nista di grup kalau misalnya video-video predebut-nya nggak tersebar luas di internet? Jujur aja gue waktu pertama kali liat dia di MV What Is Love, dalem kepala mikir, "Gila gue ngefans nih sama yang ini, suaranya keren banget, dia pasti cool gitu ya..." HAHAH TERNYATA DOR! DAR! What kind of cool? Insane mungkin iya. Tapi kemudian sesuatu menggelitik pikiran gue lagi, "Sekali lagi Lee Soo-Man berhasil membuat kepribadian asli orang itu menjadi sebuah image yang nempel di kepala orang-orang." Sekarang siapa coba yang ngeliat Baekhyun dan masih mikir dia cool? Jangan tertipu sama penampilan di beberapa foto. Foto bisa menipu tapi video tidak bisa. HAHAHAHAHA Cuma ya, itulah yang kemudian menjadi ciri khas masing-masing member yang otentik. Walaupun gue masih yakin di balik kegilaan itu Baekhyun menyimpan kesedihan yang mendalam (gue curiga dia sebenarnya itu adalah anak yang bener-bener pengen banget punya kakak yang umurnya nggak beda jauh sama dia--since kakak cowoknya katanya beda umurnya terlalu jauh--jadi kalo misalnya lagi sama Kris, Suho, Lay dia kesannya kayak manja banget. Bener deh, liat aja fancam atau foto-foto mereka HAHAHAHA. Jadi Baekhyun itu punya brother-complex ceritanya. Dalam otak gue)

Berangkat dari keyakinan bahwa Lee Soo-Man memang membentuk image anak-anak ini dari kepribadian asli mereka, muncul pertanyaan yang besar sekarang. "Apakah Kai dan Kris aslinya memang sejalang itu?" Kalau dilihat dari beberapa kejadian off-cam, Kai nggak nampak seperti orang yang hobinya setengah telanjang. Dia keliatan seperti remaja kebanyakan yang nggak bisa bangun pagi. Biasa aja gitu nggak ada image aneh yang muncul di kepala kalo liat dia lagi di airport atau pas fancam London misalnya. Aneh juga sih kalo kejalangan itu harus ditunjukkan setiap saat memang. Lalu kenapa Kai harus punya image seperti itu? Pertanyaan yang kayaknya hanya bisa dijawab oleh Lee Soo-Man.

Meskipun demikian, gue agak nggak setuju dengan beberapa hal kayak misalnya Lay yang (katanya) hemofilia. Bukannya nggak care sama orang sakit. Bukan... Tapi hal yang ini kalo baca di beberapa fansite dan fanaccount kesannya jadi kayak di besar-besarkan. Gue nggak menyalahkan orang-orang yang care itu, nggak menyalahkan mereka yang kepo juga sama penyakitnya Lay. Cuma nggak etis aja menurut gue kalau kemudian (dan kayaknya memang) SM menjadikan cerita sedih Lay ini menjadi sebuah cara untuk mencari perhatian. Ya sebenernya sih sah-sah aja ya karena pembentukkan image dari perusahaan ke artisnya bisa dengan cara apa saja. Tapi ya gue nggak suka aja kalo kemudian SM menjadikan cerita sedih Lay ini menjadi sebuah modal untuk bikin heboh. Kesannya kayak dieksploitasi banget. Sama hal-nya dengan Chanyeol dan efek operasi lasik-nya yang katanya membuat dia tidak akan bisa tahan dengan cahaya blitz atau cahaya-cahaya berlebihan. Pertanyaan gue: sudah ada berapa banyak photoshoot yang mereka lakukan sejak pre-debut sampai saat ini? Itung juga blitz dari kamera fansite. Ada berapa banyak lampu yang watt-nya sampe seribu lebih yang digunakan saat syuting MV?

Nggak masalah orang punya sakit, setiap manusia pasti sakit kan? Tapi yang masalah adalah kalo misalnya itu dibesar-besarkan dan jadi bahan promosi terselubung cuma buat menarik perhatian fans doang. Nggak suka. Jujur aja sih. Nggak suka juga sama adegan Donghae yang ziarah ke makam ayahnya kemudian dijadikan acara TV. Itu mengurangi rasa simpati gue atas kehilangannya. Lo boleh bilang gue jahat karena ngomong gini, tapi gue juga bisa bilang lo jahat kalo seneng ngeliat orang nangis di makam trus di syuting dan dijadiin acara TV. Gue kuliah soal TV dan cukup yakin di setiap acara variety show/reality show di TV hampir nggak ada yang kebetulan. Means, semuanya sudah direncanakan melalui sebuah skrip yang kemudian ketika lo nonton dan lo merasa tersentuh maka skrip itu berhasil :p

Tapi yah... nggak bisa bohong juga kalo EXO selama kurang lebih 9 bulan ini sudah bisa dibilang banyak mempengaruhi hidup gue sih terutama. ECIYE LEBAY. Nggak tapi serius. Gue jadi punya banyak temen, jadi punya banyak kenalan, jadi bisa tau selera pasar, jadi bisa silaturahmi via giveaway-giveaway, jadi semacem punya keluarga baru. Kalo bukan karena EXO juga, mungkin nggak ada itu yang namanya heboh-heboh nonton Super Show 4 Indonesia HAHAHAHAHA karena awalnya ragu-ragu nonton itu tapi karena ada EXO M jadi yakin nonton. Tapi yang paling berasa sih sebenernya punya banyak kenalan baru dan temen baru walaupun cuma sebatas twitter :) Ada yang pernah ngomong gini (walaupun nggak langsung ngomong sama gue--dan inipun gue tahunya karena gue kepo) "Wah dia kayak Voldemort dong, temen twitter doang yang banyak tapi di kenyataan temennya gak ada..." Aigoo... lumayan nusuk. Tapi yang pengen gue bilang, "Mungkin gue gak punya temen banyak di kenyataan, tapi nggak masalah. Ngapain punya temen banyak di dunia nyata kalo semuanya pake topeng? Mending punya temen di twitter aja. Walaupun dunia maya, tapi paling nggak mereka lebih baik dari yang nyata-nyata." #DOR #DAR #DER Dan gue bersyukur orang yang ngomong gitu nggak akan pernah baca blog ini since mereka nggak suka Kpop sama sekali. HAHAHAHAHA

Dan sejak goodbye stage mereka bulan Juni kemaren, EXO K lebih banyak fokus ke kegiatan-kegiatan off-air di Korea walaupun EXO M masih tetep dengan syuting dan beberapa photoshoot di Cina. Tapi kabar baiknya adalah bahwa 9 SEPTEMBER 2012 NANTI EXO AKAN COMEBACK!!! WOHOOOOOOO~~~~ 

Yes, walaupun sebenarnya tracklist FULL ALBUM sudah keluar sejak beberapa hari yang lalu tapi gue baru liat sekarang dan WOW 12 LAGU MEN! AHAHAHAHA PUASSSSS.... Dan kalau misalnya 9 September 2012 itu beneran tanggal comeback-nya berarti di SMTOWN INA nanti mereka akan performance lagu comeback mereka dengan full album ini dong? IYA DONG PLEASE BANGET DONG IYA. Maksa...

Well, oke jadi tracklist untuk full album-nya adalah sebagai berikut:

EXO K & EXO M FULL ALBUM - MYSTIC (신비가) TRACKLIST
  1. MYSTIC
  2. I AM LOST (나는 잃었)
  3. BEAUTIFUL (아름다운)
  4. MY LADY (마님)
  5. BABY DON'T CRY (아기가 울지 말아요)
  6. ALIAS (SUHO SOLO)/PERSPECTIVE (LAY SOLO)
  7. DON'T LEAVE ME (날 떠나 지마)
  8. BOUNDARIES (경계)
  9. TIME CONTROL
  10. LET OUT THE BEAST
  11. SWITCH (스위치 D.O & Sehun feat LUHAN & KRIS)/(CHEN & XIUMIN feat BAEKHYUN & CHANYEOL)
  12. NO FEELINGS (아무런 감정도)
Jadi main title-nya adalah MYSTIC. Dalam bayangan gue lagunya akan sangat futuristik. Futuristik itu yang kayak gimana? Hmm... kayaknya sih bakalan kayak-kayak History tapi lebih dangdut dan akan ada bagian-bagian yang pake autotunes dan lumayan banyak. Tapi nggak menghilangkan instrumen orkestra-nya dan lagunya akan tetep kritik sosial juga. Tapi setelah menulis kalimat itu gue mikir lagi, kalo dari judulnya sih bakalan ada nuansa-nuansa MAMA juga. Jadi kemungkinan akan tetep berkonsep seperti gregorian chant juga. KOK JADI LABIL GINI. GAK APA APA DONG NEBAK DUA KEMUNGKINAN. Dan kalo diliat dari judul, konsep MV-nya mungkin akan lebih mengeksplor cerita EXO-nya sendiri dengan kekuatan-kekuatan mistis itu dan juga akan lebih banyak efek visual yang akan digunakan. Kebayang sih mereka pake jubah trus maenin tongkat sihir. Lo pikir Harry Potter. Biarin aja sih. Yaudah terserah lo Ron.

Lagu kedua yang agak-agak bikin geli. Masih inget sama teori Butiran Debu kan? Dimana Baekhyun tanpa Chanyeol seperti orang yang "Tersesat dan tak tahu arah jalan pulang?" Nah itu track kedua judulnya "I AM LOST" gatau kenapa gue mikir akan sangat keren sekali kalo lagu itu dinyanyiin sama Baekhyun secara solo trus penuh perasaan dan menjiwai sekali since dia adalah "The-One-With-Lost-Kid-Face". Kkk~ Tau-taunya lagu itu nggak mellow tapi malah heboh dangdut. Yah batal bahagia guenya. HAHAHAHA

Beberapa lagu udah muncul di teaser sih kayak Beautiful, My Lady, Let Out The Beast, Time Control, sama Baby Don't Cry. Gue udah pernah denger versi aslinya Let Out The Beast jadi nggak terlalu penasaran sama lagunya tapi penasaran bagaimana Baekhyun dan Kyungsoo akan menyanyikan lagu itu karena lagunya totally highbeat dan jauh berbeda sama History. Dan ngomong-ngomong ringtone hape gue masih Let Out The Beast dari teaser Kai-Xiumin. Nggak nyanya. Yaudah. Kalo misalnya yang lain gue pengen banget dengerin My Lady sama Baby Don't Cry. Walaupun dua lagu ini udah muncul previewnya satu menitan di teaser dan bahkan Baby Don't Cry sudah pernah dinyanyikan juga di showcase, tapi tetep aja gue pengen dengerin versi full-nya. Siang tadi gue tidur di rumah nenek gue sambil pake headset dengerin lagu itu seharian sampe kebawa mimpi. Mimpi nangis sama Bayi.

El-Dorado nggak ada di tracklist. Beberapa malam yang lalu lagu aslinya sempat heboh juga di TL twitter gue karena ternyata lagu itu dibeli SM dari pihak ketiga. Tapi kemudian kalo nggak ada di tracklist begini... apakah artinya lagu itu bermasalah dengan hak cipta sehingga nggak jadi dimasukin ke album? Bisa jadi. Cuma positifnya adalah bahwa kita bisa mendengarkan banyak sekali track baru! :) TERLEBIH LAGI ADA SUHO SOLO!!!!!! HAHAHAHAHAHA ASTAGA AKHIRNYA!!! Nggak kebayang sih nggak kebayang tapi pasti akan sekeren Into Your World.

Don't Leave Me kenapa harus pake judul itu ketika gue lagi seneng sama Don't Leave nya T-ARA deh. Kan jadi bingung nantinya. Siapa peduli Ron. Dan ada lagu yang dinyanyiin featuring member EXO M. Kris pastinya akan ngerap kalo Luhan mungkin lebih ke bagian vocal-nya. Dan menurut sumber di tumblr juga tadi, Switch ini akan dinyanyikan oleh D.O dan Sehun. Berarti D.O sama Luhan akan megang vocal dan Sehun dan Kris akan ngerap. Benar? Kita tunggu. KKKK~

Untuk EXO M, tracklist yang berbeda cuma bagian SOLO-nya. Yang SOLO adalah LAY! AIGOOOO~~~ (kenapa jadi inget lagu C-Clown... Ijen nan solo~ solo~ maybe I'm solo~ solo~) DOR! Kenapa semua idola jadi pada nyanyi solo gini sih. Tapi judulnya beda nih, kalo Suho judulnya ALIAS, solo-nya LAY judulnya Perspective. Hmmm... Sebenernya berhubungan juga sih. ALIAS kan berarti 'nama lain' yang nggak tau kenapa menurut gue bisa juga berarti 'seseorang yang dilihat sudut pandang lain'. Maksudnya, nama asli gue kan Yusron dan alias gue Ronzzy Kevin. Ketika gue menjalani hidup gue sebagai Yusron itu artinya gue menjalani hidup gue di dunia nyata dengan sudut pandang seorang Yusron dan ketika gue menjadi alias gue yaitu Ronzzy Kevin maka akan menjalani kehidupan di dunia lainnya dan sudut pandang gue juga akan berubah. Sudut pandang = perspective. Jadi alias dan perspective masih bisa nyambung sih judulnya. Padahal sebenarnya sih nggak. Tapi yaudah disambungin aja biar kesannya gue pinter gitu. Kesan doang. Menurut gue loh ya. Kali-kali aja konsep lagunya memang ternyata lagu bersambung antara K dan M.

Track SWITCH di EXO M akan dinyanyikan oleh Chen dan Xiumin :D Dan featuringnya dongggggg BAEKYEOL! Hahaha Butiran Debu akhirnya bersatu setelah di track 2 sudah Lost. Seru seru seru! Tapi yang bingung, Xiumin akan nyanyi-kah? Atau cuma teriak? Kalo di K kan dua rapper dua main vocal. Nah di M kenapa jadi 3 main vocal dan 1 rapper? Hmmm... Padahal kemaren sempat bahas Xiumin sih, kenapa dia sebagai vocal hanya dapat sedikit bagian nyanyi, nah sekarang karena dia sama Chen duet begini gue mikirnya sih bakalan nyanyi (dan sebaiknya memang nyanyi) oke semoga. Nggak ada masalah juga sih sebenarnya dengan 3 vocal dan 1 rapper. AAAAAK LAYAK DITUNGGU KAK XIU!

Teasernya katanya akan keluar dalam minggu minggu ini. Dalam satu atau dua minggu kedepan. Dan membicarakan soal teaser, karena ini EXO yang sejak awal terkenal dengan teaser yang banyak, maka gue menebak kalo teasernya juga akan individual, video, dan akan mulai dirilis kalo nggak minggu ini ya minggu depan #DOR #PLETAK #AIGOOOWHATISTHAT HAHAHA Gue meramalkan tanggalnya sih kalo gak 23-24 ya 30-31 Agustus ini sudah ada teaser. MV akan dirilis tanggal 11 September. Ya kurang lebih kayak gitulah.

Sempat kepikiran sih SM bakalan mengulang cara yang sama seperti debut. Akan ada 3 MV berbeda sebelum akhirnya MV yang jadi main-title dirilis. WAH BAHAGIA BANGET DONG. Tapi kalo melihat waktu yang tersisa.... hmmm... yasudah pasrah dengan 1 MV. Padahal gue ngarep banget ada MV Baby Don't Cry atay My Lady selain MV Mystic itu.

Gue akan sangat kecewa kalo tiba-tiba SM hanya mengeluarkan teaser foto bukan video. Serius. Jadi kesan mega-project nya jadi jatoh disitu. Kalo MEGA ya berarti harus BEDA. Suju udah comeback dengan hanya foto, gak terima kalo EXO juga cuma foto. Jadi harusnya video juga. SIP. 12 Video akan menyusul kita di bulan ini sampe bulan depan. MARI DITUNGGU!!!
 Pesan terakhir: ada gula ada semut. Selamat lebaran! :)
Tracklist credit: exolatics repost on tumblr.



Share:

52 komentar

  1. Om Yusron eh ga deh, om ron..
    ini tracklist beneran udah fix??

    wktu ngebahas SJ elo nyelipin EXO mulu,, muji2 EXO mulu,, nah giliran bahas EXO lo nyinggung SJ sih, tapi ga ada pujian itu mereka.. kasian SJ, pyur ELF marah kalo lo gini XD XD

    om, kayaknya gue bakal beli full album EXO K + M,, nendang nih album kayaknya,,, SJ mesti redup dulu.. mana leadernya mau wamil,, ckckck..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masi rumor sih katanya. Lets pray dan hope aja deh soalnya kayaknya ini bagus bagus lagunya :) Terutama yang baru sih.

      Hapus
  2. Lagunya belom keluar ya? Full nya maksudnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom laaaaaahhhhhhhhh aigooooo kan udah dijelasin rilisnya kapan :)

      Hapus
  3. kak tau gak kak gw paling ga sabar sama albumnyaaa. gasabar denger xiumin nyanyi lebih banyaaakkk!!! makin gila exo gw gara-gara lo kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama gue juga penasaran :D Keep support EXO yaa!

      Hapus
  4. iya bang, setujuuu! kita sdh menunggu terlalu lama (baca : 2 bulan) hahahaha

    BalasHapus
  5. yaaaaaaaa asssssssssssssiiiiiiiiikkkkk :D g sabar nunggu kambek mereka dan SMTOWN INA tentunyaaaaa hihihihihi
    Baby baby dont cry adaaaa

    BalasHapus
  6. ya ampun Kak Ronzzy... heboh banget sama EXO... daebak deh kak Ronzzy :)

    BalasHapus
  7. Kak Suho/ kak Ron
    hahaha minal aidin wal faidzin sebelumnya hoho
    ak setju nih soal kemunculan 12 bocah nista ini, gimana hebohnya itu loh.
    tapi jujur aja awalnya aku ngga terlalu ngikutin perkembangan EXO ini.. tapi ngga tau nih awalnya gimana aku buka laptop n iseng2 buka yutub smtown kepo aja deh aku donlot mv exo, udh lama mv di save d drive, belum pernah aku liat, daann ngga berlebihan mungkin yaa kalo aku mulai ngikutin EXO dan jadi kecanduan si nista itu awalnya gara2 aku baca postingan yang katanya ABG labil yang ngebahas MV MAMA. penasaran, abis baca itu aku langsung buka MV nya..
    kesan pertama, WOW!
    kesan kedua, GILAAAA!!
    kesan ketiga, SUMPAH AJIIBB INI MANUSIA KEREN BANGEEETTT..!!!!

    oke oke, aku lebay haha
    tapi sekarang aku udah punya bias sendiri dan ngga ketinggalan soal EXO ini hahaha..

    hoohh bahagia yaa liat tracklistnya itu, pertamakali ada yg upload soal itu katanya cua rumor, tapi kalo udah di fix in di kaoskakibau gini sih aku yakin kalo itu not just rumor haha
    feeling bakalan suka banget sama SWITCH.. soalnya yaa bias aku bakalan nongol disitu..!! haha KRIS! haha

    gak sabar akuu nunggunya, oga aja modem ngga ngadat selama aku kepo in comeback ini
    hehe

    okke kak suho maap komennya panjang lebar gini haha jadi numpang curhat juga nih

    haha selamat makan ketupat!! :P
    babay
    #terbangsamaKris

    BalasHapus
  8. Daebak.. thanks beritanya Oom^^

    BalasHapus
  9. gembel.gegra baca postingan lo gue jadi mrinding nih.alamst nightmare nih gue gegara penasaran stengah mampus.
    tanggung jawab lu om!!
    tanggungjawab!!

    BalasHapus
  10. sukaaaakk banget sama pembahasan exo ini kak ron! top deh (y)

    BalasHapus
  11. gw ga setuju sama line "Wah dia kayak Voldemort dong, temen twitter doang yang banyak tapi di kenyataan temennya gak ada..." . karena exo lo punya temen real kok di dunia nyata dari twitter. karena EXO ada gathering kecil kecilan dari temen2 twitter walau baru official 2 kali gathering, The Point is i said that EXO can be something to proves that u still has "Friend" in literally means. See you on the our next small Gathering bro ...

    BalasHapus
  12. pagi pagi baca ini masyaallah ngakak..gue yakin hari ini gue cerah(?)..
    aduh kak gimana ini sayanya jadi naksir kak yusron bukannya exo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Yusron sedang tidak bisa menjawab telepon anda silahkan tinggalkan pesan."

      Hapus
  13. hi kak, wah liat n baca ni blog langsung tertarik, pa lagi bahasnya artis SM ma EXO yang emang BB favorit gw.. ni bahasnya lucu kritis n kreatif bakal gak bosen kalo bacanya dari awal-akir.
    btw kakak suka baekhyun ya di EXO-K?? cz itu ada tulisannya baekhyun kkk 'sumpah gak penting bgt ak nanyanya kkk'

    BalasHapus
  14. Kalo ramalan teaser keluar bener-bener tgl 23-24 / 30-31 Agustus, wah bener-bener deh...bang ron ini titisan julia peres.eh salah ya. titisan mama lauren ding..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh gak titisan Lee Sooman aja? gak boleh ya? Oh yaudah.

      Hapus
    2. boleh sih..tapi kok meleset itu ramalannya.ramal ulang lah om..bertapa dulu sama kak suho di bawah pohon kehidupan XD

      Hapus
  15. SUMPAH !!! Nih beneran kan kak ??? Klo beneran, berarti ... atmosfer EXO IS BACK !!!! #LIKETHISVERYMUCH! ga nyangka klo mereka comeback setelah penantian gw yg udah berkepanjangan ... miss very much with all ma lovely bro. ... *brasaexopunyagwsemua* -_-" thanks very much yo with your info ... ga salah gw milih blog kakak bwt dibaca secara keseluruhan ... DAEBAK DEH !!!! JJANG !!! HWAITING OPPA BWT NULIS LAGI !!! ditunggu tulisan selanjutnya ... once again, gomawo very much ... ^_^ #kayaknyanihtulisantoooverdeh ... -_-"
    Contact me with twitter, @Hasna_Ifa98

    BalasHapus
  16. Aigoo~ om Ron... kalo ga buka blog ini saya ga bakalan tw (setidaknya belum tw) tracklish FULL ALBUM EXO... makasih bgt dah buat ke-kepo-an saya ama blog-mu ini... hahaha

    bener-bener ga sabar nih nunggu'in kombek EXO kali ini dan semoga ga mengecewakan... :)
    oia, saya paling menunggu2 gimana EXO-K BaekYeol nyampur(?) ama EXO-M XiuChen... sekali lagi. semoga ga mengecewakan.

    Dan harapan terakhir saya sih ga jauh2 dari harapan om Ron... moga2 yg keluar teaser video bukan teaser foto... Amiiin...

    Okelah. Ini bener2 komenan saya yg terakhir, Selamat Lebaran om Ron, moga dpt THR yg banyak... XD

    BalasHapus
  17. iya nih. Gue juga agak miss di M1 sama M2. Itupun gue nggak sengaja taunya. Pas PV Genie release, langsung terpana sama muka chanyeol yang unyu-unyu berkarisma. Jadilah gue cari itu tentang si chanyeol dan nemu soal M1 dan M2.-.

    BalasHapus
  18. like ur post about EXO
    keep posted again :)

    BalasHapus
  19. gue cuma takut aja abis EXO *yah bisa dibilang* sukses debut, fansclub nya gila-gilaan, fansite bertebaran, antis juga banyak dari 'the worst biggest fanclub' ituhtuh *ehmaapkeceplosan*, trus biasa deh si Kim Young Min langsung jalanin otak bisnisnya, bikin MV dengan budget semuraahhh mungkin, cuma modal close-up muka! takuutttnyaaa! *secara kalo gue jadi bos besar SM gue bakal ngelakuin hal yang sama. buat apa MV mahal kalo yang nonton puluhan juta orang, album bisa kejual ratusan ribu kopi dalam hitungan minggu? bodo amat orang mau memaki-maki di youtube atau fesbuk kek, toh gue juga ga baca! trainee gue banyak cuy, pegawai gue butuh makan, dan JELAS pegawai gue kerja lebih capek. artis gue udah bisa kaya tanpa gue jor-joran ngeluarin duit buat mereka. mending uangnya gue alihin buat pos-pos yang laen* <= KALO GUE sih bakal mikir gitu! #ayo bashing gue, tapi ini bisnis cuy! SM Family mah cuma nama! yang NGEBIKIN nama itu dan NGEJALANIN mereka ada 'ORANG-ORANG' BESAR yang bernama BISNIS, it means PROFIT IS AN ULTIMATE GOAL!!

    pada awalnya gue juga PERCAYA kalo EXO itu mega-project! SM ga pernah seniat dan SELOYAL ini untuk ngedebutin group! diperlakukan special? BANGET! PANTES fandom kakak-kakaknya marah (walaupun dulu pas idol mereka debut, SM belum sekaya sekarang)! buat yang bilang "mereka kan rookie, kakak-kakaknya udah pada jadi leader hallyu wave gitu. gantianlah! mereka kaya bayi baru lahir yang harus dapet perhatian lebih!". Okelah, Korea emang lagi napsu untuk 'nampilin muka-muka unyu' buat jadi penerus 'penjajahan K-Pop'. artinya saingan rookie di tahun ini juge membludak, even agensi sebesar SM pun dibuat ketar-ketir! tapi tetep aja feeling ga bisa diboongin! dan gue ga menampik EXO memang diperlakukan spesial, terlepas dari status mereka sebagai 'bayi-nya' SM! SPECIAL = MEGA! PERCAYA BANGET gue! tapi TAKUTNYA siih, kata MEGA ini cuma bertahan di awal debut! orang udah berhasil 'dipancing' sama EXO dengan segala keunikan (dan kelebay-an) identitas mereka sebagai avatar. setelah itu, yaa BOOOOMMM, they being another money-machine of something called SM Entertainment! nothing special!

    gue tadinya ga kepikiran sama sekali mau komen begini, eh tapi tiba-tiba muncul aja gitu di otak.

    coba liat nanti deh, mudah-mudahan aja pikiran liar gue salah!

    #Luhan bilang di interview Ceci kalo mereka akan comeback pas autumn! dan autumn di China dan Korea itu sekitar Sept - Okt. Jadi, mari menunggu~~

    BalasHapus
  20. menyedihkan. kenapa gue baru nemu postingan ini? T-T
    tapi gak apa-apa deh. soalnya meskipun telat, tapi enggak akan mengurangi kecintaan gue sama EXO. xP

    yang paling gue tunggu dari comeback itu pastinya MV baru dan penasaran sama konsep apa lagi nih yang SM pake kali ini. Mudah-mudahan sih entar MVnya enggak menganut sistem 'penghematan'. Tapi pengennya MV se-kaya MAMA gitu lah. *uhukuhuk*

    SUHO SOLO... SUHO SOLO....
    DE MI TUHAN GUE NUNGGUIN BANGET. Secara Suho kan bias gue yah dan dengan si kasih solo begini jadi poin plus plus banget lah dari gue dan buat gue untuk semakin menunggu dan gak sabar sama comebacknya EXO.

    baca komen nya Kak Fitri, gue ngeh lho dan dalam pikiran gue "Oh iya tau, mereka ya. iya sih mereka. tau banget qo," ahaha~
    tapi so far, apalah arti seorang artis tanpa antis. SECARA GAK LANGSUNG, ANTIS LAH YANG JUSTRU DONGKRAK SEORANG IDOLA.
    dengan di maki-maki, introspeksi, semakin baik. DOR! ahahaa~

    okesip dah, enggak usah panjang-panjang komen nampaknya. yang jelas gue menunggu banget comeback EXO ini. secara kangen banget gitu. jangan lupa, EXO WAJIB TAMPIL BER-12 SEPANGGUNG. GAK PAKE NAWAR. *siapa lo*

    eh iya, Kak Ron, aku baca karakter member EXO. barang kali kalo mau tau, maen aja ke blog aku. xD

    Ja~

    BalasHapus
  21. woooww.. bacanya sampe ngiler.. *ewh*
    akan aku tunggu comeback mu abang-abang keren!! uwooo!! ^^

    BalasHapus
  22. ahh sial.. kenapa ga ada track yang judulnya ABDUCTION (sebagai nama fandom mereka???!!!) *jangan abaikan*

    BalasHapus
  23. akhirnya abang suho solo juga ya kak suho ^^ ini membuktikan kalo dia pantes jadi lead vocal EXO K kekekeke

    DAN ITU PLIS BUTIRAN DEBU COUPLE DUET!! DEMINYA GAKUAT GUE NUNGGUINNYA OM!!

    ditunggu review review mv nya nanti ya om :D:D:D:D

    BalasHapus
  24. wow...Daebak!!
    ehm kalo flashback lagi...gue gembor2 EXO pas penasaran cari2 info EXO di gugel ._. yg keluar pertama blog ini,waktu itu masih awal2 teaser Kai muncul..dan gue ikutin terus update EXO dari awal bgt di blog ini :'* /d0h modus/ ._. jadi bisa dibilang gue ngikutin EXO dari awal sebelum debut \(´▽`)/ /bangga bgt bum/ iyalah B)
    D0H GAK SABAR WOY...EXO K & EXO M FULL ALBUM - MYSTIC \(´▽`)/ akhirnya :') BEBI DON KERAAAAAYYYYY... ~(‾_‾~)(~‾_‾)~
    gak tau kenafa...gue gak sabar denger lagu SWITCH (스위치 D.O & Sehun feat LUHAN & KRIS)/(CHEN & XIUMIN feat BAEKHYUN & CHANYEOL) ._. gue pinginnya sih Sehun sama Xiumin nyanyi...jangan ngerap --" /lo siapa bum ngatur2/ gue kucingnya Heechul ._. /duh bentar lagu gue di bash nih gara2 Acc gue ke hack kemarin/ (?) -_- yuk abaikan...
    terus juga ada yang BEDA...ALIAS (SUHO SOLO)/PERSPECTIVE (LAY SOLO)(┒'⌣'┎) ISTIMEWA~ /digebuk/
    kalo gue prediksi sih lagu MYSTIC ini macam Lucifer ._. /iyagaksih/ akan banyak simbol illuminati (?) /abaikan/
    eh bener juga kata lo om Ron...EXO kan MEGA PROJECT SM! nah ini keluar FULL ALBUM pasti akan WOW kan ya? kalo sampe yang keluar cuma Teaser Foto sama aja kayak ehm Kakak2 Cowok yang 13/15 orang itu ._.
    kalo EXO bener MEGA project..pasti gak bakal kalah dong sama ehm~ Kakak2 cewek SEXY yang 9 orang itu .-.
    minimal 2 Teaser MV wkwkwk ._.
    udah bingung gue mau komen apaan =_= nyewa jasa ngetik mahal u,u kalo gue yang ngetik kelamaan ._. /oiya lo kucing/ --"




    @_Heebum_ /jangan bash gue peliiiss --" itu acc bukan gue yg ngetweet/ ε(╯__╰")з

    BalasHapus
  25. EEh serius nih kk suho beneran nih tracklistnya kaya gini *_*?? Asiiik seneng banget XD.. apalagi bias saya masing2 dari K sama M (Lay sm Suho) dapet bagian nyanyi solo horee horee.. Tapi sedih sih dede Taoku tersayang ga dapet part spesial di album ini T.T, mudah2an dia dapet banyak part rap di lagu2 hip hopnya hiks. Yah saya berdoa bareng deh sama segenap fans exo semoga teaser, MV dan albumnya cepet keluar amiin.

    Terus penasaran deh sama title track-nya "Mystic". Bakal dance kayak history, se-majestic mama, atau segalau baby don't cry? Bener deh kayanya bakal nerusin cerita EXO di mv mama kmrn dan fokus kekuatan mereka. Mystic itu kan bisa jadi kata sifat sama kata benda, sempet kepikiran itu maksudnya mysticnya kekuatan mereka atau mereka karena punya kekuatan jadi disebut Mystic *_*? Intinya anticipating banget lah ini albumnya. Plis-plis banget MV sama teasernya harus keren minimal kayak Mama kemaren, kalo ga keren... ga jadi mega project lagi dong :D.... Dan semoga baby don't cry atau my lady dibuat MVnya juga.. #banyak permintaan

    @Fitri
    Iya nih sy juga merasakan kekhawatiran yg sama :(. Sekarang aja pas baru debut promosinya gembar-gembor, kualitas video sama lagunya dimantep-mantepin, tapi nanti semakin lama semakin terkenal SMnya jadi makin males2an. Semoga ga kayak gt deh >.<. Semoga member2 EXO (khususnya Leader Kris dan Suho) bisa memperjuangan grup mereka if that ever happened.. Dan kita sebagai EXO fans juga bisa kuat melindungi mereka kayak ELF hehe.

    BalasHapus
  26. 9 SEPTEMBER? yah sekarang udah tanggal 28 n blom ada teaser satupun. tapi dari tgl 29 agustus - 9 september kan ada 12 hari. masi bisalah kita berdoa sama2 semoga mulai besok ada satu persatu teaser yg nongol :3

    bdw, ditunggu review EXO selanjutnya kak^^

    BalasHapus
  27. 9 September? yah masih ada 12 hari menuju 9 september, masih ada waktu buat kita doa bareng2 biar beneran ada teaser individu sebelum comeback :3

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum kak suho.
    Udah lama gak mampir, ternyata nemu postingan exo dan langsung baca.

    EXO comeback? Akhirnya..
    Tracklistnya daebak bgt, ada kak suho solo *yaallah kapan ada kai solo?*

    Aheem lirisnya september loh yaa, bisa nih giveaway september album baru exo. Wkwk :D

    BalasHapus
  29. teori butiran debu itu sangat menggelitik ^^

    BalasHapus
  30. annyeong kakak aku nyasar ke blog ini dan pas baca artikel disini
    bawaan nya ngakak terus pertahankan yah kak selalu seperti itu bahasanya jadi gk jenuh kalau baca , Keren . #akujugasukakayagitubahasanya <<< gk ada yg nanya -_-
    gk sabar ini nunggu album nya , pengen cepet2 meledak terus aku tangkap deh suho sama sehun nya :* #eh

    BalasHapus
  31. misi sesepuh exo...
    gw masih newbie nih di dunia pe-EXO-an, lagi mau pelajari EXO haha

    ikut seneng nih exo comeback :D
    tapi kalo masalah dibawain di SMTown JKT, ada kemungkinan dibawain tapi kecil
    soalnya tau sendiri kan suju nge-rilis SPY tanggal 7 Agustus (MV 13 Agustus) tapi ga dibawain di SMTown Seoul
    tapi semoga aja dibawain dah, udah mulai bosen dengerin 6 lagu itu2 terus ._.v

    BalasHapus
  32. Balasan
    1. yow mboh!! jarene tanggal 9 Sept. tapi sampe saiki gak metu2..
      Paling Om Sooman sek repot ngurusi anak'e seng arep WAMIL

      Hapus
  33. kakak.. lama gak komen... tapi kak.. kenapa feeling gw, exo bakal comeback dengan album ver.jepang... =_= abis denger2 mereka mau keluarin single jepang... *elus dada baekhyun
    menurut logika gw ya kak.. sampe sekarang tak tercium tanda2 exo bakal comeback., *frustasi
    trus mereka pan mau manggung di tainan, taiwan tanggal 8 september.. abis itu langsung konser smtown ina 22 sept *kepadetan kak jadwalnya.. kapan tuh anak promosinyaaa... *abaikan =_="


    setuju kak sama lo, semenjak ada exo gw kayak anak2 smp yang gila kpop. (padahal umur gw udah 21 tahun kak , ketuaan gak sih gw untuk suka kayak gitu2 an??? *bodo amat). sebelumnya emang udah suka sama kpop *lirik SHINee tapi gak seaddicted ini!!!

    dan berkat exo juga.. gw jadi admin di salah satu akun twitter exo fanbase.. yang followernya *alhamdu udah agak sedikit banyak...(?)


    dan gw banyak juga dapet temen yang gila exo nya melebihi gw... tapi gw seneng.. karena exo juga, gw untuk pertama kalinya kopdar sama exotic2 lainnya. padahal sebelumnya gw paling males di ajakin kopdar...

    ya.. semoga aja mereka comeback secepatnya.. tapi jangan sampe comeback nya asal-asalan... kayak kejar setoran, sayang bangeeet fan exo udah banyak menjamur di luar sana..

    sekian... maaf kalo kurang panjang komennya...
    kak... folbek twitter gw dong... gw kan tukang kepo-in tweetan lo... @idamiawmiaw -chuuuuu






    BalasHapus
  34. i just wanna say WE ARE ONE!!!!!

    BalasHapus
  35. baekhyun.... pikiran kita sama, awalnya nyangka dia cool suaranya keren, ehhhh ternyata dan ternyata... koplaknya ketauan, sang pencipta "light dance" hahaha

    BalasHapus
  36. 09/09/2012 =====> MANA EXO OM SOOMAN??!!!

    Sekarang uda tanggal 09 Sept, dan EXO blm comeback jg!!! Oh Luhaaaan!!! bahkan teaser pun jg kgak ada!! padahal waktu denger kabar klo EXO bakal comeback hari ini, gw udah seneng banget. kangen sama suara Melodiusnya DiO, tampang centilnya Bacon, dan atraksi seksinya Barongsai. Om Soomaaaaannn~~~ kau sdh membuatku bnr2 Galau T_T
    apa tgl 09 sept di Bumi gak sama dg di planet EXO yah??

    BalasHapus
  37. Om Rooon!! ╮(^▽^)╭

    Postinganya keren abbiss !! Apalagi pantun penutupnya!! ≧^◡^≦
    Setelah baca postingan ini aku jadi tambah EXOTIC OM!! #onFire

    tpi apa lagu2nya udh bisa di download skarang?

    BalasHapus
  38. Aah sedih bgt beritany hoax doang trnyata ih ya udh ditungguinpoadahal hiks.gajadi deh smtown ina ganti lagu itu abang2 alien

    BalasHapus
  39. sron yusron eh kak ron -_-
    mana ini eksoh gajadi kambek aku sedih di kamar cuma menggalau kerjanya, uts pun aku tak belajar krn kegalauanku menunggu mas naga dan mas panda kembali lagi setelah mereka berkelana entah kemana tak pulang pulang tiga kali puasa tiga kali lebaran :'(
    sm php mulu cih <3
    tapi gatau lagi sih, apa mereka dikonsep kek suju ya? kambeknya sekali setahun kek mengaku dosa ke gereja .-. jangan deh kelamaan ntar aku kena malarindu</3

    @viaknst

    BalasHapus
  40. SJ ga butuh MV mahal untuk narik perhatian ELF =__=
    emang ELF lain (yang labil) pada marah dan ngamuk2 terus jadi anti EXO , tapi ga demikian sama gue ... ^^
    SJ ya SJ ,, EXO ya EXO ..
    gpp lah EXO lebiih waawww dari SJ .. bukan masalah juga buat ELF sebenarnya .. itu mah yang pada labil ajh yang ngamuk2 gaje =__=
    jadi bua yang diatas *nunjuk2 koment diatas yang secara ga langsung nyinggung ELF* , ga semua ELF kaya gitu ^^
    yang begitu maah yaa yang LABIL mba ._.
    gue ajh ELF tapi ga sirik sama EXO ._. *ialaah ga ada hubungannya sama gue* XD

    BalasHapus
  41. bohong kak! SM bohong! SM pendusta!
    Sekarang udah tanggal 5 Desember tapi EXO masih belom comeback!
    *saya yang telat bacanya sih*
    muhehaheheheahe

    BalasHapus
  42. itu d exo cpa ajja yg udh prnah Oplas? ksih tw dunk!

    BalasHapus
  43. kaaaaakkkk salam kenal yaaa... hahahaha ngakak sampe ngilu cuman gara-gara baca kaoskakibau.com :) :) jangan ngejekin D.O banyak-banyak yaaa kak.. aku suka banget sama d.o.hehehe gomawo oppa ;)

    BalasHapus
  44. ya allah......ngebacanya aja udah jejeritan gmana kalo lagunya keluar, aku penasaran ma suara lay,aku jadi bayangin nih lagu rada2 akustik gmana gtu#sotoyamat

    BalasHapus