Semester 7: SMTOWN LIVE WORLD TOUR III in JAKARTA [PART 4--END]

*
Kondisi jiwa raga sudah nggak jelas deh menjelang konser. Semua rasa bete, rasa capek, rasa panas, laper, haus, pengen tidur, pengen ngulet di atas kasur semua bercampur dengan sebuah rasa deg-degan dan euforia yang bener-bener sulit buat diungkapin dengan kata-kata. Perasaannya kalau mau diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih sederhana itu kayak pas kita lagi deg-degan waktu hari pertama ujian nasional, atau pas kita lagi deg-degan waktu pengumuman kelulusan. Semacem kayak gitu. Bedanya, kalo misalnya kita deg-degan nungguin hasil ujian nasional, pilihannya selalu ada 2 kan ya: Berhasil dan Gagal. Nah kalo yang ini bener-bener pilihannya cuma Berhasil dan kemudian bahagia gitu. Yang jelas detik-detik menjelang jam empat sore itu adalah detik-detik yang paling mendebarkan banget. Rasanya tuh kayak di dalem udah ditungguin sama Yoona trus udah siap berhambur ke pelukannya gitu.

Alhamdulillah, gak sampe jam empat teng, ternyata panitia membuka pintu venue untuk masuk dan semua langsung heboh. Karena gue ada di barisan depan, jadi otomatis gue yang pertama kali masuk dan melewati proses pemeriksaan. Nyesel banget sumpah nggak bawa kamera baru gue yang hari Kamis gue beli karena pemeriksaannya sama sekali nggak menyeluruh banget. Cuma diliat permukaannya doang. DEM! Tau gitu gue bawa masuk kan itu kamera trus bisa fancaming dengan lebih bagus. Waktu pemeriksaan tiket dan scanning barcode, gue sempet kesel karena tiket gue nggak bisa di scan sama sekali. Ya lo gimana gak kesel, orang udah pada berebut pengen masuk tapi ketika lo udah di depan mata Takdir lo buat masuk lo malah kehalang sama tiket menyebalkan itu. Saking betenya karena nggak bisa kebaca gue sampe yang teriakin mas-masnya.

"Aduh mas cepetan dong jangan lama-lama apa gunanya nih sama antri semaleman kalo disini saya akhirnya malah ketahen juga dan orang yang lain udah masuk duluan!"

Trus akhirnya si mas-mas itu nyuruh gue buat scanning barcode di komputer sebelahnya dan bisa. DANG! Seinget gue komputer yang gak bisa itu langsung di off-in. Daripada semakin menimbulkan masalah kan lebih baik begitu.

Dan disanalah gue merasa kayak orang gila. Ketika gue pertama kalinya masuk ke area stadion utama GBK dan disana ada stage Allahu Akbar banget kerennya punya SMTOWN gitu kan, gue berlari-larian kayak adegan film India. Bedanya kalo di film India lari-lariannya pake selendang, gue pake ransel. Posisi ranselnya di depan pula. Yaudah. Gue berusaha lari buru-buru ke spot yang emang gue pengen tempatin dari awal dan ya tanpa perlu khawatir nggak kedapetan sih sebenernya. Gue akhirnya berdiri di samping panggung tengah yang ada hidroliknya itu. Di depan gue ada beberapa security yang jaga disitu dan ada box untuk confetti juga disana (yang artinya siap siap aja akan meledak dan bising).

Itu baru jam 4 sore dan show akan dimulai jam setengah tujuh malem. Sudah barang pasti solat ashar lewat sola maghrib lewat. Allah... dosa banget deh ini konser dosaaaaa banget. Kondisi kejiwaan orang-orang udah pada nggak jelas. Hausnya minta ampun. Matahari masih belom turun jadi masih kerasa panas banget. Badan udah pegel-pegel karena semaleman ngantri dan laper bukan main karena nggak sempat makan. Gue nggak mau aja pas konser mulai gue malah ngantuk atau kelaperan atau drop gitu kan. Yaudah, karena kita semua pada haus bukan main, akhirnya beberapa dari kita (yang kenal on the spot) pada teriak-teriak ke security buat minta air minum. Jahat banget sih kalo misalnya ke stage gak boleh bawa air -_- sebenarnya sih gue bawa, tapi kalo misalnya gue keluarin sekarang air itu nggak akan tahan lama sampe tengah malem dan ini bahkan konser baru mulai kan...

Selama dua setengah jam menunggu di depan panggung itu dan kuping udah bosen dengerin iklan Pocari Sweat versi JKT48 (I WANT YOU~~~~ I NEED YOUUUU~~~~~ I LOVE YOU~~~~~) kita masih harus bersabar sampai penampilan pertama dimulai. Saking udah bosennya ya, anak-anak pada yang fanchant JKT48 tau gak sih. Mana iklannya lo tau kan mereka ngeluarin botol Pocari Sweat dari dalem tong berisi es batu dengan lebaynya, ya lo bayangin aja gimana kondisi mental kami yang kehausan tanpa minum ngeliat iklan kayak gitu.

Disela-sela kita teriak minta air, ada seorang security yang ngasi liat kita rundown acaranya. Fix banget ngakak. Si bapak security emang baik banget. Di kertas ukuran A3 itu semua tertulis siapa yang pertama tampil sampai yang terakhir tampil. Yah lumayan bocoran sih jadi tau kalo misalnya pembukaan akan dilakukan oleh f(x). Dan karena kita semua udah pada tau f(x) yang pertama tampil, pas jam sudah menunjukkan 6:30 PM kita semua pada teriak SMTOWN! SMTOWN! (LOH GANYAMBUNG) (BIARIN)

Dan yeah...... Lampu mati. Lighstick semua keliatannya oke banget dari seluruh penjuru stadion. Dan... disanalah wanita-wanita itu berdiri dengan cantik jelita parah. f(x) membuka konser dengan lagu Hot Summer dan disitulah pertama kalinya gue ngeliat Krystal dengan mata kepala gue sendiri. Well yeah, walaupun cuma keliatan jelas di layar, tapi paling nggak itu wanita yang selama ini gue bangga-banggakan (HAHAHAHAHA) ada di depan mata dan keliatan sangat cantik. Gue nggak bisa bilang yang paling cantik itu Krystal ya soalnya Victoria juga punya pesona sendiri dan dia bener-bener beda banget kalo misalnya kita ngeliat dia di laptop gitu. Victoria itu lebih ceria banget mukanya kalo liat aslinya. Amber apalagi..... ganteng. HAHAHA sebagai cowok agak iri juga kalo Amber jadi ganteng gitu ya. Tapi nggak bisa juga mengabaikan Luna yang sejak Electric Shock gue jadi ngefans banget sama Luna. Dia cantik, trus cantiknya itu yang nggak menye menye gitu(?) trus karena pas di hotel dia juga lambai-lambai jadi ya bias ke dia gitu deh.... Mungkin di Indonesia fans f(x) nggak sebanyak fans artis SMTOWN yang lainnya, tapi gue yakin malem itu walaupun lo bukan fans f(x) lo akan teriak sekeras-keras yang lo bisa.

Beneran deh....

Waktu Kangta nyanyi lagu 'Remember' yang jujur aja gue sama sekali nggak tahu itu lagu dari album mana dan tahun berapa, tapi semuanya pada teriak dan heboh banget. Lagu itu lagu mellow dan Kangta nyanyiinya bener-bener dengan feeling dia akan mati besok. Sedih banget deh lah pokoknya. Gue sama sekali gatau Kangta sebelumnya dan gue baru tahu dia artis SM itu ya karena konser SMTOWN 2008 itu. Tapi terlepas dari ketidaktahuan gue tadi, penampilan pertama dia di panggung bener-bener nusuk lah. Kalo kata dia "MANTAP!" gitu :p Seneng banget pas dia teriak "MANTAP!" hahahah walaupun gue agak-agak nggak ngerti kenapa harus "MANTAP!" yang dipilih. Mungkin dia cari kali di kamus "DAEBAK" atau "JJANG" itu bahasa Indonesia-nya apa gitu ya.. Atau translator atau yah udahlah itulah pokoknya... Penampilan kedua Kangta "Breaka Shaka" juga super oke banget. Gue pernah denger lagu ini kalo nggak salah sekali waktu lagu ini gue susupin ke playlist di radio dan nggak pernah dengerin lagi sampai SMTOWN kemaren. Awalnya sih nebak-nebak "Ini lagu apa deh?" tapi pas dengerin reff pertama jadi OOOOHHH LAGU YANG INI... Pas lagu ini kemungkinan sih lipsync karena beberapa kali gue liat kayak Kangta lagi mencoba untuk membenarkan posisi microphone sambil bernyanyi gitu dan keliatan lipsync. Nah gue juga bingung jelasinnya. Tapi terlepas dari masalah itu, penampilan dia dan dancer-dancer nya emang TOP banget. Apalagi pas adegan dia nurunin kacamata item sampe idung setiap kali lirik "BREAKA SHAKA". Lucu banget sih ini om om.... HAHAHAH 

Waktu performance "Like a G6" gue sama sekali nggak menikmati penampilannya. Nggak di panggung karena Amber, Key sama Kris nggak pernah berdiri di depan gue sama sekali tapi lebih ke bagian luar luar panggung gitu. Nggak di layar karena kameranya jujur aja suck pindah pindah semaunya lah pokoknya jadi ya gitu nggak menikmati sama sekali. Padahal pengen banget liat Kris langsung -__- Atau gue agak-agak lupa Kris pernah lewat di depan gue apa Key gitu lah. Lewat doang.

Penampilan Krystal sama Jessica "California Girls" bener-bener bikin nangis. Jung Sis bener-bener memberikan penampilan yang menakjubkan banget apalagi kostum yang mereka pake itu juga oke HAHAHAHA. Gue ngeliat Krystal agak-agak nggak sepenuhnya menikmati penampilan ini kayaknya. Mungkin dia emang capek banget nggak tau. Tapi kalo dibandingkan dengan Jessica, Krystal agak kurang atraktif di performance ini. Bahagia banget lah ngeliat mereka di atas panggung, di depan mata. 

Si Tania itu lewat depan gue waktu performance Jung Sis belom selesai. Beberapa dari kami sih bertanya-tanya ada apa ada apa tapi sama sekali nggak ada yang curiga kalau Tania bakalan naik ke atas panggung dan jadi cewek yang air matanya di usap Changmin. HAHAHAHAHAHAHAH... mungkin kalo cewek-cewek yang di samping gue tau pas dia jalan di depan kami untuk naik ke atas panggung, Tania bakalan di lemparin macem-macem kali ya. Untungnya sih mereka nggak tahu sih ya... Performance "Just The Way You Are" ini juga gue agak-agak nggak menikmati. Yang pertama karena gue nggak suka lagunya, yang kedua karena gue nggak suka Kyuhyun dan yang ketiga karena gue menyiapkan suara untuk teriakin EXO. Yah kurang lebih kayak gitulah. Tapi penampilan Changmin sama si lemah ini oke banget. Walaupun sempat kedengeran di beberapa lirik, Changmin kayak berusaha banget bisa hit the high note walaupun agak yah gagal sedikit tapi nggak kentara lah. Suara teriakan Changmin tetep oke dan tetep 11-12-13-14-15-16-17 sama teriakan gue. Yah FYI aja sih. Gue sama sekali nggak heboh waktu Tania udah naik ke atas panggung dan duduk dan siap-siap dijamah dua lelaki yang dia sama sekali nggak kenal. Tapi yang ada dalam otak gue adalah, "Gimana nasib wanita wanita pecinta si lemah Kyuhyun ini Tuhan... pasti Tania bakalan dibenci banget Tuhan padahal ini bukan salah dia..." Terlebih waktu lagu selesai dan si Tania langsung meluk Kyuhyun dan Changmin ikutan meluk dari belakang dan Tania kegencet di tengah (dan khawatir banget gue waktu itu dia kehabisan napas dan sesak napas karena bau keringet)... Wah heboh lah dunia gue rasa.... Dan bener aja kan setelah konser selesai, besoknya di twitter langsung pada bash sana bash sini... ckckck :") Kadang-kadang permasalahan besar manusia adalah tidak bisa menerima keberuntungan yang dirasakan dan diberikan Tuhan untuk orang lain.

Yang lebih gila lagi, ada yang pernah tanya, "Iri gak ron ada fans yang ditarik keatas panggung gitu?" Jawaban gue, "Nggak." trus dibales lagi, "Alah paling kalo misalnya SNSD yang meluk fanboy diatas panggung lo pasti iri kan?" Gue jawab lagi, "Masalahnya, kemungkinan SNSD buat narik fanboy ke atas panggung dan meluk-meluk mereka itu aja udah kecil banget. HAHAHAHA kesannya kayak SNSD butuh banget cowok buat meluk mereka." kkk~ Kalopun someday gue akan ada moment buat bareng sama artis idola gue, gue akan memanfaatkan moment itu dengan mengajak mereka ke KUA. Kantor Urusan Aigoo.

Next performance EunHae. Ya gue emang fans Donghae tapi bukan fans Eunhyuk dan gue sama sekali nggak pernah bisa menikmati performance Oppa Oppa ini nggak tahu kenapa. Mungkin lebih dikarenakan gue nggak bisa teriak "OPPA! OPPA!" Waktu Donghae bilang, "I SAY DONGEK YOU SAY OPPA!" kali ya. Bisa jadi karena itu. waktu Super Show juga gue agak agak nggak menikmati bagian ini. Tapi ya gitu, kalo ada mas-mas butuh perhatian lewat di depan lo masa lo tega sih nggak liat mereka berdua. Yaudah akhirnya berusaha di nikmatin aja.

Dan yang ditunggu-tunggu-pun akhirnya muncul. *DRUM ROLL. CHEESE ROLL. KOP ROLL* EXO! Nangis. Waktu pertama kali musik bagian depan History yang "trang tang tang tang" itu kedengeran, langsung heboh, kayaknya semua kemampuan gue buat teriak dikeluarkan saat itu juga. EXO M masuk ke stage dan yah begitulah dunia ini memang indah ya.... hahahaha kalo udah ngestan boygrup yang sejak awal debut sampe sekarang sama ngestan grup yang udah establish emang beda banget perasaannya. Waktu EXO M (dan disusul EXO K di tengah-tengah performance) tampil itu rasanya gue lagi kayak melihat benih benih kehidupan, melihat masa depan, melihat anak-anak nista sudah berbahagia gitu lah pokoknya. Rasanya nggak percaya aja akhirnya mereka bisa tampil di panggung SMTOWN dan itu di Jakarta. Gue berharap banget sih bakalan ada showcase mereka (hopefully Maret 2013) tapi pas performance History itu, semua keinginan buat fanchant ilang. Sama sekali gue nggak fanchant. Satu-satunya teriakan yang gue keluarkan dari tenggorokan yang sedang sakit (karena teriak ini sampe 2 minggu setelah konser masih sakit aja) adalah "BYUN BAEKHYUN! BYUN BAEKHYUN! BYUN BAEKHYUN" wahahahahahaha Lupa kalo hari itu ada Suho yang jelas jelas namanya gue pake buat nama akun twitter, lupa kalo hari itu ada Chen yang lagi ulang tahun, lupa kalo hari itu ada Tao, Luhan, Kris, Kyungsoo, Kai, Chanyeol, Xiumin, Lay, Sehun. kkkk~~~

Pas mereka perkenalan dan ngomong satu-satu gue mencoba buat fokus mendengarkan walaupun keinginan buat teriak juga nggak bisa dibendung sih. Tapi merinding waktu dengerin "WE ARE ONE!" langsung hari itu apalagi "KAMI EXO!" WAAAAAHAHAHAHAHAH.... Udahlah nggak ngerti lagi perasaannya. Hebohnya lebih parah dari Warung Bu Sehun dan Truk SONE yang sempat menggila dua hari yang lalu. Itu kalo bisa nangis beneran deh gue nangis. Tapi berhubung gue kalo nangis suka lebay jadi gue putuskan untuk nggak nangis aja. Padahal kalo misalnya gue nangis bisa nangis bareng Tao kan ya padahal.... Sempet ngakak waktu Chanyeol salah ngomong waktu itu ;___; Chanyeol lucu banget aslinya sialan. Baekhyun seperti biasanya sebelum Suho ngomong dia selalu memberikan sekapur sirih dan yah.... lengkap sudah perjalanan hari itu. Rasanya semua udah terbayar aja setelah EXO tampil. Hanya tinggal menunggu paha paha tersayang~~~

Setelah perkenalan mereka nyanyi MAMA dan lirik awalnya langsung pengen bersujud kepada Tuhan banget... T_T perasaannya campur aduk sih. Ah. Please banget showcase lo dong woyyyyyyyyy.... (mulai lebay)

Tarik napas dulu....

Hembuskan...

Inhale....

Exhale...

Jongin....

Jongout....

Performance yang nonstop itu beneran bahkan lo mau kedip aja susah. Capek yawloh.....

***

Musik horor mulai terdengar. Seorang wanita muncul dari dalam tanah. Taeyeon namanya. Mulailah Taeyeon jadi lady rocker nyanyi Devil's Cry. Aduhhhhh ngeliat Taeyeon ini kayak lagi ngeliat bayi tapi lahirnya langsung umur 25 tahun. Gak tahu deh itu umur Taeyeon beneran segitu atau nggak. Walaupun di lagu itu dia nggak senyum sama sekali, tapi ya gimana ya tetep aja itu Taeyeon (maksudnya apa sih gak ngerti) pokoknya aura lucu imutnya Taeyeon berasa lah padahal lagunya lagu horor. Abis Devil's Cry mereka lanjut Run Devil Run. Waktunya teriak buat Yoona dan Tiffany. GRRRRRRRRRRRR can't handle this feeling. Haha! Waktu perkenalan, mereka semua ngomong bahasa Indonesia dan gue ngakak pas Seohyun bilang, "Ayo main bersama?" kesannya kayak gampang aja bisa main bareng dia. Mau aja tuh gue pas dia bilang gitu, gue langsung naik ke panggung, lari ke Seohyun trus ngajak main domikado. Kalo ada staff yang tangkep gue ya gue punya alasan kan? "ORANG ITU TADI YANG NGAJAK MAEN SEOHYUN KENAPA JADI SAYA YANG SALAH?!"

SNSD ngomong Indonesia jadi medhok banget lucu deh. Yang gue suka dari SNSD di SMTOWN kemaren adalah mereka bener-bener menunjukkan stage performance yang bener-bener oke banget dan full fan service! Mungkin karena ini pertama kalinya mereka ke Indonesia jadi kayak bener-bener total banget. Semoga mereka bisa liat sih SONE yang dateng malem itu dan next year will be ITNW tour :3 kkk~ Pas perkenalan akhirnya semua satu stadion pada nyanyi Happy Birthday buat Hyoyeon dan yah mereka nyanyi bareng dan mukul mukulin Hyoyeon sebagai tanda cinta. Allah... Gak ngerti lagi lah itu pas adegan itu mereka semua lucu lucu banget jauh banget dari kesan sombong ya kayaknya. Kayaknya.... semoga sih iya.

Pas "Tell Me Your Wish" udah barang pasti yang paling bikin lemes waktu adegan Tiffany teriak, "INDONESIA, PUT IT BACK ON!" Ya Allah.... kayaknya pas itu udah jadi orang paling bahagia aja dah yah. Akhirnya bisa juga dengerin kata-kata itu gitu kan... Uhuy~ Mana Tiffany lagi ya, gue emang nggak sempat liat dia pas di hotel, tapi pas disitu, nggak ngerti lagi deh itu kenapa ada manusia kayak Barbie beneran gitu. Pas "The Boys" gue inget banget pas rekamin fancam, setiap kali Tiffany ada di sebelah kiri panggung (di depan gue persis) itu langsung ZOOM IN ke Tiffany. Terserah zoom in kemana yang penting ke Tiffany. Tapi ya kebanyakan dari fancam itu pada akhirnya jadi nggak fokus ke lagunya atau performance mereka, fokusnya ke kaki Tiffany, kalo sempat kerekam kaki Jessica. Ngeliat Yoona di atas panggung nggak begitu jauh beda sama Yoona yang di laptop. Tiffany sih yang paling keliatan beda banget aslinya sama yang di laptop. Fix banget pindah bias dari Yoona ke Tiffany kalo gini caranya. Lalalala....

Dibandingkan dengan penampilan Super Junior, gue lebih menikmati penampilan SNSD selama konser. Menurut gue mereka lebih bisa bikin penonton jadi ikutan nyanyi lagu-lagu mereka, ikutan teriak, ikutan heboh. Mungkin karena memang gue udah pernah liat SJ jadi kesannya kayak gak terlalu gimana-gimana banget gitu ya. Dan beberapa lagu SJ yang dinyanyiin malem itu juga nggak terlalu banyak yang gue suka sih. Gue cuma bisa menikmati performance mereka yang Superman. Hahaha.... Cuma ya gitu deh... Bisa jadi karena udah berkurang kadar ngefans ke SJ nya sih...

Waktu SHINee perform, gue nggak pernah fokus ke SHINee sama sekali tapi ke Sehun sama Luhan waktu mereka gantiin Minho di LLO sama Lucifer. Kebetulan Sehun sama Luhan posisinya juga hampir selalu di sebelah kiri panggung (di depan gue) jadi bisa ngeliatinnya deket gitu. Walaupun gue bukan Shawol tapi SHINee punya lagu yang bagus-bagus dan lebih easy listening dibandingkan dengan SJ. Walaupun agak gak suka waktu Ring Ding Dong harus dibikin versi rock nya. Jadi aneh lagunya ih... Gue nggak tahu apa yang orang-orang pikirkan (terutama para fanboy) ketika "Internet War" HAHAHAHAHAHAHA Karena gue sudah tahu banget disetiap performance SHINee dan SJ akan ada adegan adegan mesum, jadi gue udah biasa aja. Nah gatau deh yang lain yang mungkin banyak dari mereka bukan fans SJ dan SHINee dan pernah juga berpikir bahwa Kpop itu adalah hal yang anhe. KKKK~ ngertilah maksud gue apa. Tapi pas Internet War juga gue nggak liat-liat banget karena Jonghyun lari kemana Taemin lari kemana. 

Oh iya, ada moment juga waktu SHINee perkenalan orang orang pada nyanyi buat Key kan. Dan gue entah kenapa kayak ngeliat mereka (SHINee-nya maksudnya) agak aneh dengan ini. HAHAHAHAHAHA Tapi yaudah bersyukurlah si Key masih ada yang nyanyiin.

Penampilan yang paling bisa dinikmatin itu adalah BoA sama TVXQ. Menurut gue loh ya.

BoA membuka penampilannya dengan "Hurricane Venus" dan itu bener-bener JJANG banget. BoA bener-bener total banget dance-nya sampe-sampe keringetnya banjir kayak dosa gue. Jakarta kayaknya terlalu panas buat dia ya jadi keringetnya ngalir deres banget. Agak-agak betenya itu adalah di lokasi gue berdiri, suara BoA agak terdengar chipmunk -_- Gatau deh apakah itu karena efek soundsytem atau apa. Tapi jelek banget suaranya disituuuuuuu..... Gue suka lagu "Hurricane Venus" karena sejak lagu itu gue mulai memuja BoA lagi setelah sekian lama kehilangan berita dari dia. Berusaha fanchant sebisanya tapi yang lain pada gatau jadi percuma juga teriak sendiri. Waktu "The Shadow" ALLAHUAKBAR! Itu performance luar biasa banget beneraaaaannnnnnnn nggak bohong banget. Gue jadi inget pas gue nulis review "The Shadow" dan sekarang ngeliat BoA langsung! BoA menutup penampilan itu dengan "Not Over U" dan perform lagu dengan "Only One" bareng Taemin. Dan performance ini nggak kalah lagi hebohnya.............. Dance nya BoA Subhanallah banget lah ya....... Nggak ngerti lagi gue gimana mendeskripsikannya. Kayaknya kata-kata dalam bahasa Indonesia udah habis tuh buat mendeskripsikan gimana bagusnya dance Only One hari itu.

Gue emang bukan fans TVXQ tapi serius, lo ngeliat performance mereka lo nggak akan bisa diem gitu aja. Beruntung hari itu TVXQ lagu-lagunya yang gue tahu semua (kecuali Rising Sun--gue kenal TVXQ sejak Mirotic dan baru ngikutin mereka sejak itu). Dibuka dengan Maximum, dangdut banget kan ini lagunya semangat banget, trus Keep Your Head Down trus Mirotic ya bahagia lah pokoknya hari itu. Yunho sama Changmin bener-bener TOP banget lah. Kalo tadi sempat bilang pas Just The Way You Are suara Changmin sempat gak sampe pas teriaknya, disini justru perfect banget. Nonstop 3 lagu dan masing-masingnya Changmin ada part teriak dan masing-masingnya perfect. Tau tau lipsync gue nangis. Hahaha nggak deng. Gue aja yang bukan fans TVXQ bisa banget menikmati performance mereka gimana yang udah ngefans mereka sejak berlima sampe sekarang berdua yaaa.... 

Jelang lagu-lagu terakhir, udah lemes, udah nggak tahu lagi harus gimana. Bahkan Electric Shock nya f(x) udah nggak sanggup teriak tapi cuma liatin mereka aja dengan bahagia dan ikhlas setulus hati. 

Dan moment ending adalah yang paling ditunggu tunggu :3 Walaupun Baekhyun cuma lewat sekilas di depan gue, walaupun Suho cuma ngelambai sebentar, walaupun Kris cuma lari-lari, walaupun wanita-wanita cantik itu cuma sekedar lewat, walaupun di depan mata Jessica sama Krystal berantem entah karena apa, walaupun Donghae keliaran kayak ikan terbang, walaupun itu cepet banget, tapi puas banget bisa menyaksian konser ini secara keseluruhan dan dengan susah payah mengantri sejak satu hari sebelumnya. WORTH banget lah semua pengorbanannya... Bahagiaaaa banget jadi SM stan kalo udah bisa nonton SMTOWN. Seneng banget pake koprol sambil bilang WOW trus muntah marshmallow. 

Dan disitulah, ketika badan udah lemes dan capek, ketika kaki udah nggak sanggup berdiri, Siwon lewat di depan gue dan persis saat itu gue lagi angkat fanboard Antares Choi gue. Awalnya gue pikir dia nggak bakalan notice sih tapi ternyata dia liat juga. Ekspresi nahen ngakak Siwon itu sempat gue liat tapi gue nggak tanggepin dengan serius saking capeknya. Tapi dia liat fanboard itu dan ketawa. Dia liat fanboard itu dan ngakak. HAHAHAHAHAHA paling nggak berhasil lah ya ini fanboard bikin Siwon ngakak. Tapi.... kenapa lagi-lagi Siwon? kkkk~ Daebak lah emang Siwon Choi. Sayangnya itu udah ending, kaki udah lemes, jadi udah nggak sempat buat heboh lagi. Udah capek parah. Jadi momentnya jadi krik krik. Gapapalah. Yang penting Siwon.

Well yeah, sekali lagi semuanya terbayar sudah. Segala rasa laper haus capek dan semuanya udah terbayar. Konsernya memuaskan banget. Bahkan kalau lo bukan fans salah satu artis yang ada disitupun lo akan menikmati penampilan mereka. Karena menurut gue, kalo lo nonton SMTOWN tapi lo cuma pengen liat SJ atau cuma pengen liat SHINee kayaknya rugi banget. Karena semua performances itu OKE OKE OKE OKE OKE banget lah pokoknya! HAHAHA Hope next year ada SMTOWN WORLD TOUR IV in JAKARTA dan gue akan memastikan diri gue buat dateng lagi !!!

:)


(Maaf kalo fancam-nya nggak di upload ke YouTube karena jelek banget dan suara gue parah banget kencengnya. Gue akhirnya mengerti kenapa SONE itu kalo di fancam suaranya nggak kekontrol karena gue juga pas itu SNSD perform teriakannya sama sekali nggak kekontrol. HAHAHAHA Sebenarnya semua performance sih nggak ada kontrol sama sekali. Jadi yaaah... itu ada dua gambar paling bagus yang gue ambil pake kamera pinjeman semoga puas. Dan kebanyakan foto gue yang paling bagus cuma Siwon doang HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA SI(WON)ALAN) 

(Pengalaman di SMTOWN nggak seheboh di SS4INA sih sebenarnya tapi sekali lagi gue bersyukur aja karena nggak semua orang bisa nonton konser ini dan mencoba untuk melihat segala sesuatu dari segi positifnya aja. Actually posisi berdiri gue itu sama sekali nggak strategis dan menyebalkan banget sebenarnya. Intinya gue salah perhitungan. Tapi ya sekali lagi gue mencoba untuk menikmati aja karena kalo mau nyesel juga nggak ada gunanya sih. Jadi yah, see you in the next SMTOWN concert deh yah anak-anak kuuuuuuu)



Share:

20 komentar

  1. sumpah ka ron atau kak suho pengalaman lo sama banget yg awal2 dr part 4 ini kayak gue cuma bedanya yg tdnya gue depan bgt karena sesek ga ada napas dan udah dehidrasi akhirnya gue perggi dulu bentar pas exo pdhl gue pengen bgt liat tp krn lemes drpd pingsan mending gue mundur,entah kenapa gue juga ga gitu semangat liat SJ pdhl ya gue nge fans dan SS4 jg ga nonton tp pas snsd sama tvxq heboh bgt hahaha,pokoknya SMTOWN mantep lah berharap ada lg hahaha,kak suho juga jjang nih inget bgt pengalamannya gue aja rada lupa

    BalasHapus
  2. kak suho... fanboardnya mana nih? kok nggak ada di tampilin -_- katanya ada faboard bapak siwon.. MANA MANA.. *sokhisterid

    BalasHapus
  3. SETUJU!!!!!!!!

    konser pertama buat saya dan konser terhebat yang pernah ada!!! PUAS BGT ntnnya!!

    wlopun pas RDD & Internet War jingkrak2 g jelas krn g nikmatin lagunya hahaha abisan lagunya aneh jadinya.. mana Minho g da pula hahaa #alasan

    untungnya selain jadi Shawol jdi SM stan juga jdi bener2 seneng pas konser kmrn.. mantablah kata abang Kang ta mah wlopun agak nyesel the grace knp g ikut pdhl udh apal lagu one more chance pisan..

    soal Sj,sama.. apa krn biasa aja stannya sama mereka jdi tiap mereka nyanyi itu waktunya istirahat hahaha #maap abisan pas SHINee nyanyi jingkrak2 sendirian di tengah2 elf :p

    pengen SMTOWN lagiiii, SWC, EXO showcase !!!!!

    BalasHapus
  4. next SMTOWN gue kudu nonton dan ketemu lo ron.. *eh ketemu Suho maksudnya..
    ato ntar EXO showcase deh,, ya Allah gue seriusan deh ngumpulin duit,, pengen liat 12 aliens dari planet EXO.. *nangis..

    perjuangan bgt ya ron.. daebak lahh..

    BalasHapus
  5. si lemah kyuhyun lmaoooooo jahat banget. ISH bete.

    BalasHapus
  6. sumpah-sesumpah-sumpahnya. #apapula
    w benar2 iriiii BANGETZZZ ma kak ron, ampe bisa stalker trus nonton SMTOWN......,
    setelah baca kisah kak ron nntn smtown, perasaan w benar2 campur aduk seperti gado2 (iri,sedih,ngakak,galau,nyesel).

    BalasHapus
  7. ah... kapan gue bisa nonton konser sih? hiks...
    nasib..

    ron, lo hrus nonton tiap konser yg diadain di indo, trs lo share deh ke kita2 yang gak punya kesempatan wat nntn. gue doain semua amalan lo diterima di sisi-Nya. amiin amiin ya robbal alamin.
    gue doain pahala lo nambah, yaa itung2 amal jariyah lah, semakin banyak yg baca blog ini, maka semakin banyak pahala yg lo terima. kekekeke

    seriusan, gue iri. envy banget. secara di SMTOWN bias gue banyak, dari mule si ikan terbang, si tiang listrik Kris, si tomboy amber dan lain2. rasanya sedih banget g bs nntn mrk langsung.
    tp gue suka baca cerita lo, penuturannya gak bikin jengkel. tp hanya KESAAAAALLLL! hehe kidding.

    smoga taon depan ada smtown lg, dan mudah2an gue bs nonton. dan lo jg bs nntn lagi.
    good luck ron
    :)

    BalasHapus
  8. Habis baca, diem ... dan tiba2, huaaaaaaaaaaaaaaaaaa !!!!!
    KENAPA GW MUSTI DITAKDIRKAN UNTUK TIDAK PERNAH NONTON KONSER ???????
    gw abis baca ini langsung sedih ... knpa ya gw ga bisa liat cowo2, cewe, dan anak2 itu sih ????
    tapi, selamat ya , udah nonton konser SMTOWN ya, kak ... semoga ada harapan gw yg bakalan berdiri bersama mereka .... amiiiin ...

    BalasHapus
  9. OOOOOMM!!! GUE BACA PART 3 JUGA TAPI GUE KOMEN DI SINI AJA YAAAA... *gak nyante*

    Kalo gue sih sepanjang konser udah dah gatau itu siapa yang lagi di depan asal gue teriakin aja. Gue yang emang baru pertama nonton konser, ditambah lagi gue gak kenal siapapun di kanan kiri gue, bebas lah gue ngautis teriak-teriak joget-joget siapapun yang perform. Iya. Joget. Padahal di tribun. Ya orang-orang depan gue pada berdiri di atas kursi masa iya gue duduk kan kaga keliataaaan~~~ Yaudah walopun gue di tribun tapi capeknya udah kayak festival kecuali pas nunggu jam setengah 4 (tribun gue kan masuknya paling awal Om.. *bangga*) sampe setengah 7 gue bisa duduk manis tanpa harus takut tempat gue keserobot orang lain. Sambil teriak-teriak LEE SOOMAN! LEE SOOMAN! LEE SOOMAN!! sama IN~~ DO-NE-SIA!! IN~~ DO-NE-SIA!! bareng tribuners 1A yang laen. :-P

    Literally gue teriak sepanjang konser sih Om (ya kecuali pas VCR ya gue gak teriak ngapain juga kan). Honestly pas penampilan pertama f(x) Hot Summer itu gue udah ngabisin setengah batere gue gara-gara setiap member yang lagi di center gue teriakin. Sialnya habis Pinnochio gue gak sempet istirahat juga karena ternyata yang perform setelah mereka adalah Om-Om ganteng yang ternyata bisa bikin gue histeris. Di sini gue merasa seneng aja karena gue lumayan tau lagunya gak kaya kiri kanan gue yang pada cengo. Habis Kangta pengennya duduk tau-tau DUIZHANG keluar. Ya tambah teriak lah gue. Gue udah kaya orang autis di saat kiri kanan gue teriak AMBER ato KEY gue malah teriak DUIZHANG LO GANTENG BANGETTTT!! Apalagi dia emang lewat depan tribun gue kan. Sudahlah makin histeris gue.

    Pas EXO jangan ditanya dah Om. Udah persetan sama fanchant-fanchant-an juga gue. Gue udah gak nikmatin perfomance mereka karena sepanjang EXO-M tampil gue cuma neriakin LUHAN dan pas EXO-K entah kenapa gue neriakin BAEKHYUN padahal favorit gue aslinya Suho (kayanya gue mulai mabok juga gara-gara ngepoin twitter lu mulu yang isinya belatung lagi belatung lagi). Pas mereka perkenalan juga gue udah gak dengerin mereka ngomong apa, cuma asal teriak sepanjang mereka masih di atas stage. Kasian. Padahal mereka uda susah-susah belajar bahasa Indonesia tapi malah gak gue dengerin. Maap ya.

    Entah kenapa pas Suju gue gak seheboh EXO Om. Gatau karena baterenya udah low ato emang udah bosen...haha. Tapi jelas sih, gue teriak CHO KYUHYUN aja sepanjang Suju perform. Sama ZhouMi. Itu surprise banget Om gue liat Suju-M tau-tau nongol di atas stage gitu. Sumpah. Teriakan gue bahkan lebih heboh pas SJ-M daripada pas SJ. Sayang aja kenapa yang dinyanyiin Taewanmi bukan Tai Wan Mei. Gue kan apal dan sukanya Tai Wan Mei =.=

    Setuju juga Om, sama DBSK. Gue walopun cuma nonton di layar tapi entah kenapa kharismanya DBSK itu lain daripada yang lain. Sayang aja kemaren Catch Me belom rilis. Walopun yaaa..gak live juga kayak yang lain. Level sunbae emang beda ya Om, haha. Panteslah Cassie sampe pada solid bikin red ocean wave di 3B... Dan pas Rising Sun gue udah lemes aja, cuma teriak sedikit karena labil sedih galau gak pengen bubar sama emang baterenya udah limit. Soalnya gue tau, habis Rising Sun pasti Hope. Habis Hope pasti bubar. Habis bubar ya pulang =.=

    Tapi overall gue agak gak puas sih sama nih konser Om. Pertama soundnya sucks banget bagian tribun. Bikin budek tapi gak jelas gitu. Kedua mereka banyak lipsync. Ya iya sih kalo masalah ini gue udah gak bisa ngomong apa-apa lagi karena yah...ini SM, mereka dateng aja udah makasih guenya. Dan mereka juga melakukan hal yang sama di konser negara lain kan, jadi kenapa di sini harus live kalo di tempat lain juga lipsync? Mereka juga entah kenapa performnya agak membosankan, kayak robot gitu. Perform, masuk, ganti yang lain. Tapi terlepas dari itu, konser ini masih worthed lah :-) Lumayan kan 3,5 jam cuci mata. Dan gak munafik emang, segak puas-gak puasnya gue masih seneng banget juga habis nonton ini. Dan gue juga memastikan diri kalo ada SMTOWN taun depan gue harus dateng dan AMBIL FESTIVAL! Tribun gak bebas ngautis ternyata! :/

    @niara2112

    BalasHapus
  10. Qikhi SM'ChoRinki ScissorsEnemy3 Oktober 2012 pukul 16.37

    Siip...
    Bru bka hri ne, Lngsung d.suguhin part 3 n 4.a
    Mntap dah
    Thanks ya om udh bgi" kbhagian,,
    Annyeong

    BalasHapus
  11. Terlihat sekali klo dirimu "biased" sekali atau g suka sm SJ keliatan dari komen soal perform mereka di panggung. Yg lain dipuji2 tapi pas SJ disudutkan (gw ga bilang jelekin loh tp disudutkan)
    Wajar sih mungkin karna udah pernah liat SS4 jadi biasa aja sm SJ eh tapi Exo M juga pernah perform di SS4 kan tapi komennya juga bagus2 aja
    Hmmm

    BalasHapus
  12. BANG! KALO TAHUN DEPAN ADA SMTOWN IV DI JAKARTA, GUA MAU NONTON. TAPI SAMA LU BANG! BIAR SERU! GUA ORANGNYA BAIK KOK BAK. BIASA JALAN JAUH.
    RUMAH GUA DEKET GBK LOH BANG, TINGGAL NAEK SEPEDAH NYAMPE. SAYANG AJA GUA LAGI KULIAH DI JOGJA. TAPI, SERIUS, KALO TAHUN DEPAN ADA LAGI, GUA RELA BOLOS KULIAH!

    BalasHapus
  13. padahal gue cuma baca postingan ini di kursi gersang sepi depan rumah gue ya om, tapi berasa nonton beneran, oke gue lebay
    tapi beneran aja baca nih artikel bikin kebawa n berasa emang mereka itu ada depan gueaja gt om bhahaha

    BalasHapus
  14. hehehe.......
    disini emank yg terbaik
    makasih infonya...

    BalasHapus
  15. HAHA GW JUGA UDAH KAYAK ANAK APAAN OM NANGIS2 MULU PAS AWAL2 SMTOWN MULAI=,= PEDE BANGET GITU YA GW TERIAK2 DARI TRIBUNE 1A KAYAK BAKAL KEDENGERAN AJA u_u NYESEL SUMPAH GAK MILIH FEST=_=MANA BANNER2 DAN FANBOARD2 YANG GW BIKIN SAMPE KURANG TIDUR DAN YANG GW MINTA2IN DARI FANBASE LUPA GW ANGKAT KECUALI KERTAS PINK HYO(URS) ITU :3




    AAAHHHHHH SERU DEH POKOKNYA 120922 :D CERITA LO BIKIN GW KETAWA NGIRIT2(?) OM MALEM2 GINI-,-

    HEHE SORI CAPS ABIS YA GIMANA YAAAAA

    BalasHapus
  16. WAHhhhhh Ma kasih ya,,,,kayak gw jg ikutan nonton :D

    BalasHapus
  17. serasa konser gitu ngebaca ini-_-
    ngakak bener liat foto lu ngangkat ngangkat fanboard bokapnya siwon.. .-.

    BalasHapus
  18. DAEBAK ! haha, ceritanya kocak+keren, aku serasa nonton beneran ^^~ gomawo oppa udah ceritain semua :'* kayanya enak banget ya setiap konser SM bisa nonton :'(

    BalasHapus
  19. semogaaaa tahun epan ada lagi dan berkesempatan nntonnnn...aminnnn

    BalasHapus
  20. Gue baru nyadar di semua konser kpop yang gue tonton ternyata lo juga nonton ka lol

    BalasHapus