Girls' Generation: "I Got A Boy" Music Video Review Saya!

Mungkin banyak dari kita yang kadang agak males baca lirik lagu Korea. Bisa jadi karena emang males, bisa jadi karena nggak bisa baca tulisannya, bisa jadi karena emang cuma sekedar suka sama lagu, tau lagunya kayak gimana trus udah. Buat gue, membaca lirik lagu Korea itu selain belajar kata-kata baru dalam bahasa Korea dan bagaimana menulis dan mengucapkannya, tapi juga membuat gue mudah mengerti lagunya maunya seperti apa. Seringkali gue harus menyukai sebuah lagu terlebih dahulu sebelum kemudian mencari liriknya. Sebut saja lagu-lagu IU kebanyakan kasusnya kayak gitu. Tapi siapa sangka ketika lo pertama kali membaca lirik lagu yang juga pertama kali lo dengerin kemudian lo bisa suka? Nah itu kejadian sama gue waktu gue pertama kali baca dan denger lagu Cherry Blossom Ending-nya Busker Busker.

Nah berangkat dari pengalaman gue itu, karena kemaren kasusnya lagu I Got A Boy ini susah di mengerti dan ditangkap sebenarnya maunya apa karena tempo yang berubah-ubah itu, membaca lirik bisa jadi sebuah cara paling mudah buat mengerti. Mungkin buat yang fluent dengan bahasa Korea mereka nggak perlulah ya mengandalkan orang untuk men-translate lagu itu terlebih dahulu. Tapi buat kita yang awam, jelas kita butuh para translator itu. Dan berterima-kasihlah pada mereka karena dengan adanya mereka, tembok penghalang bernama 'perbedaan bahasa' itu bisa kita hancurkan dan akhirnya kita bisa mengerti dengan baik lagunya apa setelah di translate ke bahasa Inggris (atau Indonesia, tapi jarang, dan buat gue pribadi--dengan tidak menurunkan rasa bangga pada bahasa Indonesia--agak aneh).
*
*

Lagu I Got A Boy ini berkonsep "Girls Talk", semacem obrolan antara satu cewek dan cewek lain (yang dalam hal ini mungkin para member Girls' Generation) tentang cowok yang mereka sukai dan sedikit gosip soal cewek lain yang juga menyukai cowok yang sama. Menurut sebuah sumber yang gue baca dan gue setuju banget, lagu ini dari awal sampai akhir memang menggambarkan bagaimana ekspresi masing-masing member terhadap seorang cowok. Cara masing-masing menggambarkan perasaan merekapun berbeda-beda. Nah perbedaan ini, ketika dimasukkan kedalam sebuah lagu, jadilah campuran antar genre yang gue jelaskan di postingan sebelumnya. Ada yang mengekspresikannya dengan pop, ada yang rap, ada yang retro-semi-semi-rock, dan sebagainya.

Masuk akal kan? Ya misalnya, gue sebagai fanboy membicarakan Girls' Generation pastinya akan berbeda dengan para fangirls GG. Ya ekspresinya. Ya bagaimana mengomentarinya. Ya bagaimana melihat dan menilai kecantikan ataupun mungkin keseksian mereka. Karena kan masing-masing orang punya pendapat masing-masing tentang satu hal. Nah ini yang ingin disampaikan GG lewat lagu terbaru mereka ini. Intinya adalah obrolan antar temen.

Kenapa kemudian genre ini jadi agak-agak kontroversial dan banyak yang malah nggak ngerti? Mungkin bisa jadi karena beberapa dari kita masih terpaku sama lagu-lagu GG sebelumnya. The Boys misalnya, kalo kita baca translate Korea-nya, kita akan menemukan sebuah topik yang lumayan berat karena lagunya kan lagu pemberi semangat itu kayak Mr. Simple. Nah lagu-lagu yang lain mungkin lebih ke kisah cinta cinta, tapi nggak pernah sebelumnya mencampur beberapa genre ke satu lagu. Mungkin itu yang membuat lagu ini jadi bikin orang males karena beberapa dari mereka belum bisa mencoba keluar dari zona nyaman mereka, seperti halnya yang GG ingin sampaikan di lagu ini. (Thanks to Nolton via Soshified, and kpopwishper via tumblr, and those who mentioned me that tumblr link!)

Nah, dari sini mungkin gue akan mencoba untuk me-revie MV-nya sekaligus sedikit menjelaskan soal lirik lagunya sepengertian gue. Hehe haha hihi huhu hoho. Gonna use old-pointers-way.

#1 MV ini dimulai dengan para member sedang berada di sebuah kamar. Hmmm oke gue bingung sebenarnya itu ruang tamu apa kamar tidur. Pertama, cuma ada satu kasur disitu yang artinya nggak mungkin mereka bersembilan tidur di satu kasur sekecil itu. Kedua, ada sofa yang juga cuma satu kalopun beberapa dari mereka tidur di kasur gue yakin yang lain nggak mau tidur di sofa. Pilihan lain paling di lantai. Dinding rumah ini agak-agak bikin sakit mata sih soalnya warnanya pink cerah banget. Tapi ya warnanya emang warna cewek.
*
*
Masing-masing sibuk sendiri sama urusan dunia mereka. Ada  yang lagi ngeringin rambut, ada yang lagi nyoba-nyobain baju, ada yang lagi ngobrol, ada yang lagi nyolek-nyolek yang lain pake bantal, ada yang lagi nulis diary, dan satu lagi lagi 'orgasme' sama wangi parfum sendiri. Heran aja.

Seharian ngeliatin ini gue baru sadar kalo ada balon gas yang nempel di atap ruangan itu. Hmm... Yang gue lebih bingung sih sebenarnya kenapa harus botol parfum di taroh di atas meja depan sofa seakan-akan itu suguhan buat tamu. Atau buat mereka? Ya gue baru tau aja mereka kalo ngemil, minumnya parfum. Oke.

Percaya nggak kalo gue bilang di adegan kamar itu cuma Taeyeon yang pake jam tangan di tangan kanan sementara yang lain di tangan kiri? :) Dan ngomong-ngomong soal jam tangan, ada 3 warna jam tangan yang digunakan member: Putih, Hitam/Dark Blue/Ungu or something, dan Pink. Dan sebenarnya itu lebih dari 3 sih tapi anggep aja 3 karena yang hitam/dark blue/ungu itu gak yakin warna spesifiknya apa.

*
#2 Baju yang dipegang Taeyeon sama Seohyun berubah-ubah antara 00:10 - 00:19 ketika si cowok mencet bel dan para member shock (yang gue juga sebenarnya bingung shock-nya agak berlebihan). Mari perhatikan perubahannya cepet banget bahkan di detik yang sama-pun.

Ini 00:10 - 00:13
*
*
Ini 00:13 - 00:19, baju item yang di pegang di atas di detik 00:12 tiba-tiba udah ada di gantungan aja dan perpindahan dari tangan kanan ke tangan kiri cepet banget.
*
*
#3 Berikutnya gue mau tanya, yang dateng ini pacarnya siapa? Cowoknya siapa? Kenapa pada akhirnya semua orang jalan sama dia? Dan bener gak sih dia sebenarnya orang yang berstatus pacar? Gue curiga sebenarnya dia itu rampok. Ya lo pikir aja mana ada orang abis pencet bel, trus pintu gak dibukain, trus mencoba membuka paksa dengan menggoyang-goyangkan gagang pintu secara kasar begitu. Ya kecuali lo tipe cowok agresif tukang KDRT mungkin sih. Liat muka Jessica pas si cowok gerakin gagang pintu aja udah menjelaskan kalo ini cowok tipe cowok KDRT banget. 

Atau... sebenernya nggak agresif. Bukan tipe KDRT. Spekulasi kedua adalah, sebenarnya ini cowok nggak tahu kalo semua cewek yang dia pacarin tinggal serumah. Makanya dia bilang "Thats weird!" ketika gak ada yang buka pintu, soalnya biasanya kalo dia pencet bel satu orang langsung keluar. Kenapa nggak ada yang keluar saat itu? Soalnya yang lain takut ketahuan kalo selama ini mereka berkencan dengan satu cowok yang sama. 

Bikin ff.
*
*
#4 Lagi lagi SM pake efek kamera stop motion 180 derajat yang sudah sering digunakan di MV-MV sebelumnya. Nggak heran sih. Setelah SM.ART Exhibition, pasti SM bakalan lebih mengekspos segala teknologi yang dia punya. Kata siapa SM miskin?! Hahah! Itu kamera udah langganan dipake tuh, mahal loh mana banyak pula. Kalo kalian ngikutin MV SM sebelumnya, pasti udah akrab banget sama efek yang  ini.

#5 Dajjal itu matanya 3 kan ya? Gue pernah ngetweet: O_O ini Kyungsoo kalo O_OO berarti dajjal. Hahahaha... Ketika dajjal menyamar menjadi nanas, jadinya akan seperti ini:
*
*
Baru tau kan lo dajjal bisa nyamar jadi buah buahan, gue pikir selama ini dia cuma bisa nyamar jadi makhluk hitam kejam seperti setan. Eh buah buahan juga ternyata. Hati-hati aja. Kalo nemu nanas punya mata tiga, cepet-cepet lapor tim Intens atau tim Silet biar masuk TV. Tanda kiamat 2014.

#6 You want mata satu? All seing eye? They give you twice in the beginning of the video. Xixi. But yeah, who care... I mean... old story. Illuminating~ ㅋㅋㅋ Tapi ini nggak separah MV sebelumnya sih yang langsung ada satu mata melihat gitu tapi ini cuma lobang biasa. Simbolnya jadi lebih disederhanakan biar gak terkesan menyeramkan. Tapi tetap dengan maksud yang sama.
*
*
#7 There are 2 sexual signs on the first MV set. The pink one on the bottom is representation of male sex sign, and the black/dark blue one is for female. Oke ini gue sebenarnya sok-sok ngikutin The Da Vinci Code sih sebenernya. Tapi ya konsepnya sama lah kayak gitu. Agak-agak hardcore ya? Hehe dibalik semua kecerahan warna itu ada simbol 'semenarik' ini. Seru aja.
*
*
#8 Lagu dimulai dan dibuka dengan 'A-YO GG!' dari Sooyoung, berlanjut ke obrolan pertama antara Sooyoung dan Yuri tentang seorang cewek yang entah siapa, lagi berusaha merubah penampilannya buat menarik perhatian seorang cowok yang mereka sama-sama suka.
Ayo! GG! Yeah Yeah shijakhae bolkka?
(Ayo! GG! Yeah Yeah, shall we start?)

Omo! yae jom bwahra yae, museun ili isseotkillae meoril jallatdae? eung?
(Uh-muh! Look at her, look. What happened to her that she cut her hair? huh?)
Omo! tto yae jom borago! meoributeo balkkeutkkaji seutayili bakkwiiyeosseo
(Uh-muh! Again look at her, look! From head to toe, her style has changed)

waeh keuraetdae? kunggeumhae jukkenne waeh keuraetdae? marhae bwahbwah jom
(Why did she do that? I’m curious to death, why did she do that? Tell me)
Di bagian pertama ini gosip dimulai. Ya gimana sih kalo misalnya lo lagi sama temen lo trus kalian berdua kayak ngincer orang yang sama tapi lo cuma diem-diem aja sementara ada orang lain yang juga ngincer orang yang lo suka tapi lebih agresif. Ya gitu. Gosip. Kkk~ Tapi sumpah ya, di bagian lirik waktu Yuri bilang 'waeh keuraetdae' itu sumpah, persis Dewi Persik. Pusing gak lo.

Perhatikan rambut di sekitar telinga Sunny yang berubah-ubah. Di detik 00:39, ada rambut di bagian depan telinga Sunny (daerah pipi & rahang) kemudian kamera berubah angle dan di 00:40 rambut bagian itu semua pindah ke belakang telinga. Ketika berubah angle lagi, rambut kembali ada di 00:43.
*
*
#9 Lanjut ke bagian lagu berikutnya, transisi dari part awal dengan sedikit jeda dan kalimat-kalimat manis dari bibir Tiffany #halah Di lirik ini, lebih ditegaskan kalo si cewek yang dimaksud oleh Sooyoung dan Yuri tadi sedang merencanakan sesuatu. That is why Tiffany menyebutnya 'here comes trouble'. Tapi jadi ganda juga sih artinya, antara dia menyebut si cewek yang trouble atau dia menyebut dirinya sebagai trouble. Bisa juga kayak gitu.

Ha Ha! Let me introduce myself! Here comes trouble! ttara hae! 
(Ha ha! Let me introduce myself! Here comes trouble! Follow after me!)
o oo ye o. oo ye o neo jalnasseo cheongmal! 
(Oh oh oh yeah oh, oh oh yeah oh, you really are something else!)

Di bagian ini, set-nya keren deh gue suka. Meskipun udah sering dipake di MV lain, tapi lampu-lampu yang di belakang mereka itu jadi bikin seru gitu. Selain iklan Casio Baby-G, Adidas, Chanel, banner GG, dan pilox-pilox Girls' Generation yang ada disana, gue paling suka pilihan SM untuk meletakkan kata 'B.E.A.U.T.I.F.U.L.' dengan masing-masing hurufnya berada dalam lingkaran. You see, Beautiful punya 9 huruf dan SNSD punya 9 member itu semacem pengen bilang kalo mereka ber-9 ini cantik indah membahana badai gitu loh :3 SM kreatif ya? :3
*
Selain itu, gue suka sama dance-nya Taeyeon waktu dia jadi centre. Duh.... gue sama Afif pas nonton bareng di Lotteria beberapa hari lalu heboh gilak. Taeyeon yang kata Afif biasanya pemalas, jadi keren gitu. Duh. Pinggulnya~~~

Trivia di bagian ini, lebay dikit gapapa ya? Hehehe. Di detik 00:57, solo shot Tiffany, antingnya berbeda dengan ketika dance shot. Ya... kalo yang ini sebenarnya gak bisa dipermasalahkan karena Yuri juga pake kacamata ketika dance dan kemudian solo shot tidak pake kacamata. Tapi anggep aja biar bikin rame gitu (kehabisan ide) (baru poin berapa padahal).
 *
*
Perhatikan juga kain yang diikat di bagian kaki kiri Tiffany, di menit 01:02/01:03 posisi kain-nya ada di kaki kiri bagian lutut agak kebawah tapi di detik berikutnya 01:04 posisinya masih di kaki kiri, tapi di bagian paha (atas lutut). Sebenarnya ada juga bagian yang kain ini jatoh, tapi nanti di next poin aja biar urutan.
*
*
#10 Gosip berlanjut dan kali ini yang gosip Taeyeon sama Seohyun. Gosipnya lebih ke kayak hmmmm "Ih pasti dia sok sok cantik, sok sok seksi buat cari perhatian deh!" "Gak cantik ih, faktor make up kali. Make up nya mahal makanya keliatan cantik." ㅋㅋㅋㅋ semacem itu. Tau banget ya gue, ketauan sering gosip. Sunny nambahin, kalo dari awal dia udah ngincer cowok itu. Lemes pusing setiap kali tatap tatapan. Eh tapi lemes kok masih bisa tahan kutek-kutekan. Gue yang pusing.

jiga mwonde? utkyeo. neomu kotdae sen geo ani? nabogo pyeongbeomhadanda yae
(Who is she? Ridiculous. Do you know you’re too self-assertive? She thinks I’m average)
eo~~keu namja wahnjeon mame deureonna bwah!
(Yeah, I guess she really liked him!)

maldo andwaeh! maldo andwaeh!
(No way! No way!)
neomu yeppeojigo sekshihae jyeosseo keu namja ttaemuniji? mureobol ppeon haetdanikka? neo bakkun hwahjangpumi mwonji
(She became so pretty and sexy, it’s because of him, right?  I almost asked her what her new makeup was)
sashil na, cheoeum bwahsseo sangcheo ibeun yasu gateun gipeun nun
(Truthfully, I’ve seen it for the first time. The deep eyes, like a scarred beast)
yaegiman haedo eojil haetdanikka?
(I was dizzy by just talking to him!)
neo jalnasseo cheongmal! jalnasseo cheongmal! 
(You really are something else! You really are something else!)
Di bagian ini kembali fokus ke kain di paha Tiffany (UUU PAHA~~~) Di menit dan detik yang nggak jauh beda yaitu akhir 01:43 dan awal 01:44, kain pink di paha itu jatoh ke sepatu. Tapi kembali lagi ke paha di detik selanjutnya. Hihi~
*
*
#11 Tiffany nyuruh berenti nyanyi~ 'Ayo! Stop! Let me put it down another way' dan musik dugem dimulai. Perhatikan ketika member melempar masing-masing topi mereka deh :3 Arah lemparan berubah ketika angle kamera berubah. Mungkin semuanya nggak terlalu kentara dan nampak, tapi gue punya tiga poin yang mau gue share disini yang pertama Tiffany dan yang kedua Sunny dan terakhir Yoona. Kita mulai dengan Tiffany dulu:
*
*
Gerakan di sini cepet banget, bener-bener cepet banget. Tapi kalo kalian mau niat liat dengan gerakan lambat selambat-lambatnya, hehehe, kalian bisa menemukan di menit 02:04 ketika semua member melempar topi, perhatikan Tiffany.
*
Di shot awal (menit dan detik yang sama) posisi Tiffany tegak berdiri dan topi sudah terlepas dari tangannya TETAPI KEMUDIAN angle kamera berubah dan posisi Tiffany juga berubah. Tidak hanya posisi yang berubah tapi juga topi terlempar ulang, dalam posisi Tiffany membungkuk. Jadi di menit dan detik yang sama dia melempar topi dua kali. Hehe.

Nah sekarang Sunny. Ketika Sunny melempar topi, bisa disimpulkan dia juga melempar topi dua kali seperti hal-nya Tiffany. Pertama posisi topi ketika mulai di lempar adalah di depan dada-nya, kedua ketika angle kamera berubah Sunny melempar topi dari bawah-belakang bokong. Selain itu, arah lempar topi pada lemparan pertama berbeda dengan arah lemparan topi ketika angle kamera berubah (lemparan kedua). Lemparan yang kedua bahkan jauuuh banget ke atas dan jatuhnya gatau dimana karena scene udah berubah dan kamera ketutup oleh topi (yang katanya) lemparan Yoona. Perhatikan:
*
*
Lalu ada apa dengan Yoona? Gatau ya apakah kalian memperhatikan juga atau tidak. Tapi ketika adegan Yoona melempar topi dan kemudian topi yang dilempar Yoona melayang indah ke kamera, oke semua pasti tahu, itu adalah topi hasil animasi 3D/Character Generator. Lalu kemanakah topi Yoona yang sebenarnya? HAHAHAHA Topi itu melayang indah di sebelah topi palsu dan kenyataannya ada 10 topi yang melayang dan siap melayang di adegan ini:
*
*
Angka 9 itu adalah topi Yoona yang sebenarnya sementara yang 10 adalah topi palsu hasil editing. INTERESTING RIGHT?! HAHAHAHA Sunny dan Tiffany belom sempat melempar topi mereka karena di poin berikutnya udah liat kan Tiffany dan Sunny melempar terlambat.

#12 Kita masuk ke reff dari lagu ini dan di lirik ini setelah Tiffany put it down another way, menceritakan beberapa hal. Yang pertama menceritakan tentang si cowok bahwa dia tampan baik hati dan lalala. Kemudian menceritakan tentang harapan dan khayalan. Biasa kan terjadi pada cewek-cewek kalo misalnya suka sama cowok pasti pengen deh begini sama dia pengen deh begitu sama dia dududu dadada dididi lalala lululu~ Taeyeon bahkan menyebut si cowok sebagai pangeran. Jadi inget tuh lagunya Princess, ooooh pangeraaaan dimanaaa kamuuu aku ingin terbanguuuun~ (heran juga lagi tidur bisa nyanyi)

I got a boy meotjin! I got a boy chakhan! I got a boy handsome boy nae mam da kajyeogan
(I got a boy, a handsome one! I got a boy, a kind one! I got a boy handsome boy, who took all my heart)
I got a boy meotjin! I got a boy chakhan! I got a boy awesome boy wahnjeon banhaenna bwah
(I got a boy, a handsome one! I got a boy, a kind one! I got a boy awesome boy, I must have really fallen for him)
a nae wahngjanim! eonje i momeul kuhareo wah jushil tenkayo?
(Ah, my prince! When are you gonna come save me?)
hayan kkumcheoreom nal pume ana ollyeo naraga jushiketjyo?
(Will you lift me in your arms and fly, like a white dream?)
Video cukup clean yaa... stres juga deh kalo gak nemu yang salah salah atau yang beda beda. Atau jangan-jangan karena gue sudah capek makanya gak nemu? Hmmm....  Paling background aja sih tumben gak semuanya dikasi ornamen tapi cuma di tengah-tengah. Apa karena ornamen bakcground-nya padat dan rapat jadi gak bisa tembus lampu makanya dua lampu di belakangnya dibuat telanjang? Hehe
*
*
#13 MY FAVORITE PART! Huhu :") Hyoyeon sama Yoona nge-rap. Duh, berasa EunHae gak sih lo. Mana gue ship Hyo-Hyuk sama Yoon-Hae pula kan. Hahaha... Tapi seru deh dengerin Yoona ngerap. Like never before gitu gue dengernya. Lirik rap-nya juga lucu.

Jadi si Yoona ceritanya curhat sama Hyo kalo si cowok pengen ngeliat muka Yoona tanpa make-up. Tapi Hyo bilang jangan, tunggu sampai si cowok give all of his heart to you gitu. Intinya, jangan mau macem-macem sampe ada kepastian kalo cowok itu beneran membalas cinta anda. Begitu pemirsa. Intinya jangan murah.
*
*
na, kkamchak! menbungiya! 
(I’m like, surprised, mental collapse!)  

keu sarameun nae min nachi kunggeumhadae. wahnjeon mame deureo mot igin cheok boyeojwodo kwaehnchanheulkka?
(He wants to see my face without makeup. I really like him, would it be okay to show it to him?)

ou! jeoldaero andwehji! keuchi? keuchi?
(Oh! Never! Right? Right?)
uri, jigil keon jigija! majji! majji!
(Let’s keep what needs to be kept, right! right!)
keuye mameul modu kajil ttaekkaji ikeon jeoldaero ijeobeoriji mallago!
(Don’t ever forget this until you take all of his heart!)

o oo ye o. oo ye o bameul saedo mojara da da
(Oh oh oh yeah oh, oh oh yeah oh, even if I stay up all night, it’s not enough, everything everything)
o oo ye o. oo ye o uri chwehko kwahnshimsa da da
(Oh oh oh yeah oh, oh oh yeah oh, our biggest interest, everything everything)
--

Another seeing eye from Yoona :p Di The Boys juga Yoona yang melakukan adegan mata satu, kali ini Yoona lagi. Yayaya~ Yoona pemuja setan.
*
*
Itu di jaket Yoona juga ada satu mata besar yang pas Taeyeon solo shot pake topi, motif itu ada di topinya Taeyeon. Jadi inget sama asesoris rambut Krystal di Electric Shock juga tuh telor mata sapi tapi matanya mata manusia biru biru gitu.
*
Trus pas bagian hairography kok Tiffany kayak berat banget muter-muter kepalanya. Gak kayak Yuri, Hyoyeon sama Yoona. Ah tapi pas sih, tanpa Tiffany jadi trio macan mereka yak. 

#14 Berikutnya girls talk antara Seohyun dan Tiffany. Nah disini agak dijelasin sedikit kalo si cowok itu sebenarnya lebih muda dari mereka. Makanya sempat mempertanyakan si Kim Ian kenapa dia yang jadi modelnya ㅋㅋㅋ (perhatikan lirik Seohyun yang pertama). Tapi kata Tiffany, ah gapapa dia brondong gapapa, dia bisa dewasa juga kok kayak oppa oppa. Ih tapi pas aegyo duh lucu banget >.< ㅎㅎㅎ Gue favorit banget waktu part Tiffany yang itu. Eye-smile nya Subhanallah....

nae mal deureobwah keu ai neone alji? jom eorijiman sogeun kkwahk chasseo
(Listen to me, you all know him, right? He’s a bit young but he’s full inside)
eotteol ttaen oppacheoreom deumjikhajiman, aekyoreul buril ttaen neomu yeppeo jukkesseo
(Sometimes he is as reliable as an oppa but when he acts charming, he is so cute)
Di lirik 'aegyo' Tiffany did bbuing-bbuing. Hahaha... Semacem gue juga gatau apakah emang 'aegyo' cuma ini apa gimana. Yang ini terkenal banget. Sampe bosen.
*
 *
Gue jadi inget obrolan gue sama Reymi nuna, salah satu orang Korea yang pernah ngajar di Hangugo Dongari. Waktu kita ngebahas soal bbuing-bbuing ini, dia sempat bilang, "Sebenarnya nggak semua kok orang Korea itu suka ceweknya melakukan aegyo, kadang-kadang ada juga orang yang mikir 'apa sih lo sok imut tau gak!' kayak gitu. Dan menurut saya, seandainya bukan Krystal yang pertama kali bbuing-bbuing, itu kayaknya nggak akan seterkenal sekarang deh." ㅋㅋㅋ High Kick rule the world.

Ah, ya, waktu teaser di ending Dancing Queen keluar, gue pernah twitpic soal topi Sunny yang tulisannya 'Welcome Motherf*ckers'. Sempat mempertanyakan juga, sampai sebegitunyakah orang-orang ini ketika mereka ingin menampilkan image baru? Sampe kata-kata kasar juga dimasukin. Hahahaha tapi pada akhirnya banyak yang protes juga ternyata dan ketika topi bertuliskan kata-kata yang sama digunakan Seohyun di MV I Got A Boy ini, tulisannya disensor. Yay! Seneng. Soalnya gue tipe tipe gak nyaman kalo ada yang begituan. Hahaha Anak alim O:) Anak alim tapi omongannya paha.
*
*
#15 Ini baru pertama kalinya gue cari tau soal fashion dan akhirnya tau KTZ itu apa hihihi agak kamffung soalnya jadi ya maklumin aja. Sedikit info deh buat yang belom tau aja KTZ singkatan dari Kokon To Zai, sebuah brand asal Inggris yang di-create oleh Marjan Pejoski & Koji Maruyama. Pas buka situsnya hari ini for the very first time, langsung ada gambar ini di depannya:
*
*
Trus langsung inget Maxstep. Pas buka lagi design-design yang lain, oh ya, semua itu sangat familiar. Hihihi... Tadinya mikir kalo KTZ di sabuk Tiffany itu ya cuma iseng aja mungkin huruf huruf random. Oh ternyata. Penting juga ya kepo designer, mungkin nanti bisa mensyen mensyen-an sama designer juga kan oke. Hagz hagz. Anw, this makes me sadar pada akhirnya, dari ujung rambut sampai ujung kaki, semua adalah iklan. Kemana aja.
*
*
#16 Lanjut ke liri berikutnya, Tiffany dan Taeyeon curhat tentang kekesalan dia, soalnya si cowok nggak nganggep dia 'as a girl'. Nah semakin menjelaskan kalo ceweknya lebih tua. Jadi cowoknya nganggep dia nuna nuna gitu. Trus kan dia putus asa dan berencana membuat si cowok cemburu. Supaya apa? Gak ngerti. Kalo bikin cemburu tidak membuat pandangan dan anggapan si cowok berubah dari nuna ke girl kan ya? Kayaknya.
nan cheongmal hwahka na jukkesseo nae namjan nal yeojaro anboneun geol
(I’m really angry, my boy doesn’t look at me as a girl)

makyeonhal ttaen eotteokhamyeon naega chohkenni? jilturado nage haebolkka? soksanghae! eotteokhae! na?
What should I do when I feel hopeless? Should I make him feel jealous? I’m so upset! What do I do?
maldo an dwaeh! maldo an dwaeh!
(No way! No way!)
#17 Nah kalo tadi Tiffany ngadu kalo cowoknya kurang ini kurang itu, Jessica kemudian bilang, 'Don't, stop, lets bring back to 140' Gue sih menginterpretasikan ini (adoooh) tuh kayak Jessica bilang ke Tiffany dan Taeyeon di lirik sebelumnya, 'Udah jangan lebay, yuk balik ke 1:40' nah kenapa '1:40'? Soalnya di bagian itu tadi mereka muji-muji cowoknya. Handsome, nice, kind, dll. Jessica menyadarkan mereka untuk tidak terlalu berpikir macem-macem, lo nikmatin aja handsome nice and kind boy yang lo punya sekarang. :3 Gitu.... Jadi Jessica sebagai penetral segala kegundahan ya. Perhatikan lirik setelah 'I got a boy'-nya Jessica:

eonjena nae gyeoten naepyeoni dwaehjugo kwii giulyeojuneun neo neo
(Always next to me, it’s you, who’s on my side and listens to me, you- you-)
nan idaero chigeum haengbokhae jal twehl keonikka 
(I’m happy as it is right now, cause everything will work)

Pada akhirnya Jessica memberian penekanan bahwa si cowok ini, walaupun tadi sempat di protes karena tidak menganggap dia as a girl, tapi cowok inilah yang 'always next to me, on my side and listens to me' dan pada akhirnya para gadis 'happy as it is right now' dan bersyukur mereka masih punya pacar ketimbang jomblo.

Nah dari kesemua liriknya sih pada akhirnya walaupun protes, walaupun nggak puas, tapi semuanya manusiawi. Kadang-kadang ketika kita udah dapet yang kita mau, kita meminta lebih kan? Nah itu yang kemudian menjadi bahan gosip di antara cewek-cewek ini. Ketika mereka merasa cowok mereka kurang begini kurang begitu. Tapi Ustadzah Jessica membuat semuanya sadar bahwa yang ada sekaranglah yang harus disyukuri. Alhamduuuulillaaaah.

#17 Setelah sekian lama melihat para gadis dance di panggung dengan sepatu hak tinggi, kali ini SM mengambil keputusan yang sangat tepat sekali untuk tidak menggunakan hak tinggi dalam penampilan I Got A Boy ini. Bisa dimaklumi soalnya gerakannya lebih enerjik dari pada dance-dance yang sebelumnya. Kasian juga pegel pake heels mulu kan, ntar varises. Atau udah varises makanya semua pada pake stoking? hahaha Nah pake sepatu kayak di MV ini jadi fresh ngeliatnya juga nggak capek.

#18 Sempat bertanya-tanya apa maksud tulisan-tulisan di lidah topi bagian bawah para member. Topi Seohyun tulisannya Mad Hatter--ini nama tokoh di Alice in Wonderland kan? Atau mungkin ini menunjukkan kepribadian seseorang bertopi yang sedang kehilangan kewarasan. Hyoyeon tulisannya Heavy Life (OH TUHAN HAHAHA)--gue suka nih topi Hyoyeon, tau aja halo idup ini berat kkk. Tiffany ada tulisan PINK KING--oke, Pink itu warna SNSD dan King kenapa? Kenapa gak Queen? Pingking jadi kayak nama artis. Pingking Mambo. Trus Taeyeon ada tulisan BRATSON FROM---gue gak bisa baca lanjutannya apa. BRAT-SON?! Oh oke. Kyuhyun.
*
Nah yang gue yakin dan ngerti cuma satu: GO RIDE! di topi Sunny. Soalnya menjelaskan, apa yang mau dia RIDE. Apa? Unicorn palsu di pasar malam!
*
*
Dan ngomong-ngomong soal topi nih ya, baru sadar juga ternyata Tiffany nggak pake topi yang ada emblem dengan inisial namanya dia. Hmmm... Yang lain pake dia malah pake yang ada iklannya. Tapi itu emblem Tiffany-nya ada di jaket sih.
*
*
#19 Pas di set yang ada dinding warna merah-emas di 02:11, kan Tiffany, Sooyoung sama Yuri ada kain tuh di pinggang mereka melambai-lambai. Gue kemudian ngerti kenapa ada kain itu :) Jadi kalo mereka keringetan bisa langsung tarik, trus lap keringet mereka :") Begitu juga kalo tiba-tiba mereka ingusan atau nangis mungkin. Simple.

#20 Gue nggak tau ini pengaruh kualitas video yang gue download apa gimana, tapi back-vocal di lagu ini, MV-nya terutama, agak kalah dan hampir ketutupan. Terlebih di bagian reff terakhir menjelang ending lagu, ketika ada bagian Taeyeon yang teriak 'wahngjanim!' dan seterusnya, suaranya kalah banget. Ya gak masalah sih namanya juga back vocal Ron. Tapi..... yaudahlah gajadi. Bete. #monolog

NAH AKHIRNYA KELAR! Apa apa apa? Ada yang kelupaan? Silahkan tinggalkan komen dibawah tanpa menunggu bunyi bip~ :) So glad kalo ada yang komen hehehhhh yuk mari... Akhirnya perjalanan panjang I Got A Boy sudah kelar, besok SJ-M Break Down dooh gak sabar pengen liat MV-nya dan kayaknya lagunya bakalan bagus (kayaknya) mari berharap dan menunggu~~~

Terima kasih atas kebersamaan sepanjang postingan I Got A Boy ini ya sodara sodara :) Chingu chingu mimin terima kasih banyak buat chingu chingu sekalian. Semoga chingu chingu dapat pahala.

Have a nice Sunday!

Share:

81 komentar

  1. yang lagi pasang kutex si sunny kak? aneh deh coba deh liat lagi apa gue yg kotok? apa sotoy?
    @phinochioprince

    BalasHapus
  2. HAHAHAAHHAHAAHHAH Ya Allah ngakak pertama di buka pas "Dajjal menyamar menjadi nanas" wakakak sumpah ngakak banget!
    Btw itu lirik lagunya princess bukan "Aku ingin terbangun" tapi "aku ingin bertemu" -_-
    Terus ngakak kedua gara gara "Ustadzah Jessica HAHHAHAH Masya Allah kak Ron :'''')
    Terus mereka nggak bener bener pake sneakers kak ron, itu di dalem sepatunya ada insoles setebel 5 cm, itu sneakers produk dari "Suecomma Bonnie" walaupun yoona pake yang adidas sih.... ya mungkin member yang pendek aja kali ya yang pake produknya Suecomma Bonnie ini.
    Topi Tiffany itu aslinya bertuliskan "f*cking" tepi di sensor sama SM jadi pake tempelan "Pink" gitu, gue ada fotonya kalo lo mau gue kirim lewat twitter HAHAHAHAHHAHA..
    Kayaknya ngga lo doang deh itu teriakan "wangjangnim" nya Taeyeon sampe akhir di gue ngga kedengeran juga soalnya...
    yaudah gitu aja...
    -@ainahamami

    BalasHapus
  3. Kak ron jjang-eyo jjang!! Jadi ngerti deh maksud lagu dan MV nya. :)

    BalasHapus
  4. kurang asik om,,,kurang berasa repiewnya,,,
    kirain nih repiew mv ada partnya kaya MAMA.
    dan sayangnya gw belom punya nih MV, blom ada uang kwarnet *curcol*
    by anna

    BalasHapus
  5. oh selampenya jatoh ke sepatu ya... kirain ilang hahaha.

    BalasHapus
  6. makasih om ron!!! hahahaha,.. bagus2!!!! gue jg lnsung kpikiran eunhae pas partx hyoyeon sma yoona,..hahaha,..*sekedar informasi*

    BalasHapus
  7. mau nambahin dikit....
    yahh walau agak aneh siihh..
    Yg pas bagian Tiffany makan ice cream (atau apalah itu), tiba2 si cowok ngusap bibir tiffany pakai jari, padahal gak ada tanda/bekas ice cream di bibir tiffany....
    bener gak??

    Mohon Maaf yang sebesar2nya kalau salah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bener tapi,, mungkin udah di hapus duluan ama bf nya Fany ...
      Biar ga cemburu :V

      Hapus
  8. kak, kenapa brat-son nya kyuhyun? kenapa nggak yang lain?

    BalasHapus
  9. di detik 00:43-00:44 kak liat tiffany deh.

    BalasHapus
  10. Mantap reviewnya....akhirnya jadi ngerti ama lagu i got a boy. pertama denger sih emang aneh,tapi setelah dapat pencerahan dari review mvnya jadi ngerti:)

    BalasHapus
  11. Speechless O_O ga tau musti komen apa.
    oh y om tumben bahasanya rada serius-serius gimanaaa gitu XD

    BalasHapus
  12. ga terima gue.. itu jessica dibilang orgasme. oh my. dia memang pandai ber-oragsme sama benda2. *kabor

    BalasHapus
  13. oh jadi lagunya lagi gosip O.O oiya kak, waktu hairography itu coba liat jessica deh di belakang tiffany. kepala dia ga muter muter hahaha barisan itu kayanya selain tiffany berat kepala, jessica juga. btw, bagus kak reviewnya ;)))
    - @ovithd

    BalasHapus
  14. wakakakkak, numpang ngakak kk reviewnya, keren dah
    FYI Bratson from chaos itu tulisan di capnya taeng, produk dr Bratson, clothing
    streetwear dr kroya sono :D

    BalasHapus
  15. hohoho suka banget review ini, bikin ngeh oh lagu yg campur2 tuh artinya ternyata simple ye -_- cuman karena ga ngerti bahasa aja jadinya kesan ribet >< and again, si KYU di bully, ok he is my bias but it's ok -_- *fangirl baek* lol

    BalasHapus
  16. Kak, kalo mau reverensi ttg topi yg d pake GG dsini ada lho... bju, sepatu, bhkan bando jessicapun ada:-)
    www.kworldstyle.com/2013/01/snsd-got-boy-4.html?m=1

    BalasHapus
  17. http://www.kaoskakibau.com/2013/01/I-GOT-A-B-RONDONG-OY-4.html#more << ini agak maksa knapa harus ada embel2nya?? eerr sudah lupakan, ngakak gw bacanya tapi dkit gak kek review yg lalu

    BalasHapus
  18. hmmm... like always good Analysis :)

    yeah... SM memang santer dibicarakan pengikut Illuminati
    dan gue juga ga menepis hal itu.. cukup banyak fakta yang menguatkan jika SM itu salah satu Illuminati di Korea.

    Dari awal IGAB keluar gue juga udah mencium bau Illuminati.. dari simbol 3 mata bahkan Gesture Tangan Jesica saat part "Let's bring it back to 140" itu illuminati,hahahaha... di review ini ga dicantumin tuh,hahaha..

    Lagu IGAB dan MV nya sendiri cukup menuai pro-kontra di Korea sana, dari masalah topi bertuliskan "Welcome motherf*ckers" hingga Lirik lagu IGAB yang dianggap "Ga Jelas" dan etc etc..

    saya ga ngeh loh.. sama yang direview di sini masalah Topi yang dilempar dll.. hahahaha.. tapi yang pasti Yuri pake kacamata karena dia mengalami iritasi mata saat itu..

    kalo di blog ini mengatakan IGAB mengandung arti tentang gossipan sekumpulan cewe tentang seorang cewe yang suka dengan cowo yang lebih muda ato apalah, saya antara setuju dan tidak setuju sih. Jujur lirik lagu IGAB ini sangat unik !! kalo menurut saya setiap lirik di lagu ini mempunyai makna ganda.. lirik lagu ini bagaikan sebuah "puisi" penuh perumpamaan.. ya singkat cerita lagu IGAB ini hampir nyerempet lagu BOHEMIAN RHAPSODY dari QUEEN.

    di part Sooyoung dan Yuri nge-rap itu kaya cewe 1 dan cewe 2 ngomongin si cewe yang lagi fall in love.. nah pertanyaan nya siapakah yang berperan sebagai cewe yang lagi fall in love itu ?? ini bagian yang membingungkannya,haha.. kalo buat saya loh ya ini :)

    dan kalo disimak lagi lebih cermat.. lagu ini bisa jadi membicarakan tentang SNSD sendiri loh.. :) Mindblowing kan ?? kenapa saya beransumsi seperti itu ?? ya karena itu dia tadi lirik lagu ini poetic, bisa aja ini lagu menceritakan perubahan yang dialami SNSD dari awal mereka debut hingga sekarang ini.. itu yang buat saya suka lagu IGAB, penuh konspirasi dibalik arti liriknya itu,hahaha..

    nah, itu sih mungkin karena aku suka hal-hal konspirasi jadi mikirnya pun jadi berlebihan kaya gini.. ==" lol
    Tapi serius lagu IGAB memang membawa warna baru bagi KPOP.. ya karena baru lagu IGAB yang genre nya unik, nyeleneh, ga biasa dari lagu kpop yang biasanya.

    Genius yang menciptakan lagu IGAB ini :) ya, mugkin karena saya hardcore Sone makanya saya berbicara seperti ini, but seriously this is one of masterpiece walaupun masih blm dapat di sejajarkan dengan lagu BOHEMIAN RHAPSODY, kan setidaknya hampir nyerempet lah gitu~ lolol

    oke, that's all^^~
    sorry ya kalo setiap komen kayanya aku banyak banget gitu.. =="
    ciao~ di tunggu review selanjutnya !!
    SUJU-M !! XD
    C'yaaa~

    BalasHapus
  19. "BRAT-SON?! Oh oke. Kyuhyun." LMAOOO.

    BalasHapus
  20. mo nmbhin aja kak,,,,, sklian post comment hi hi hi~~~
    ntuh kuteks seohyun smua kuku kuteksx beda,,,,,** jd inget pas d MV TWINKLE**
    kalo gg slah sih,,,^^ klo slah maap yaa,,,, he he he
    kan yg pntng comment kak ,,,,, kwkwkw
    okkee sprti biasa Reviewx Siipp jempool pol pol dah kk,,,,,
    kwkwkw,,,,, d tnggu Review Break Downx SuJu M >.<
    okee Fighting Selalu kakk,,,,, ^,^

    **Ngilang ke Part MV Break Down** kwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. nambahin lagi,,,
      di kuku Seohyun yg berkuteks beda2 itu juga ad tulisan "I Got A Boy" looohh,,,,,
      coba deh d cek lagi ,,, emng cepet sh timingx,,,,
      pie yahhh d pause2 ajh,,,, ha ha ha^^

      Hapus
  21. huaaaa kak ron...
    dajjal menyamar menjadi nanas itu gue ngakak XD
    dohh kak ron, as usual, you review make my heart so happy *absurd*

    kok tumben kak ron pake2 bahasa "chingu, mimin" ?? o__o

    BalasHapus
  22. Hai ron
    :)

    *bosen deh ketemu tante ini mulu di mana2* /batin ron/


    q suka sih ama konsep mv-nya,tapi lagunya kurang ngena, entah dari lirik maupun musiknya. mungkin lagu ini bakal lebih ngena dan lebih cocok dinyanyiin sekitar 3 ato 4 tahun lalu.
    why?

    krn SNSD skrg udh g semuda dulu *ya iyalaaah* maksudku, genre dan style mereka di mv itu kayak abg baru kenal cinta, ya bisa dibilang, masa-masa setelah gee, kayaknya cocok deh nyanyiin IGAB ini.

    herannya knp dulu malah keseksian mereka yang diumbar?
    let's just say... jinny oh jinny? lari kyuhyun lari? dll. disaat mrk masih begitu muda, malah seksi. skrg pas udah uhuk tante2 uhuk, malah gayanya terlalu abg gitu. krg mantep lah kl kataku. krg mature.

    :P

    q salut sama org yg namanya yusron (stage name : ronzzy kevin). why?
    krn dia kl di mention gak suka reply. -___- *nyindir!

    krn dia teliti banget merhatiin tiap detiknya. bisa tau arah topi dilempar, tau jumlah topi, posisi jam tangan, saputangan yang naik turun kaki fany. dll.

    ati2 kacamatanya makin tebel lho.

    xP

    oh, ya. q selalu suka cara penulisannya. nyeleneh, kocak, kadang nggak sinkRON, tapi asik en nggak bikin bosen ngebaca.

    i wish you'll make a comedy fic based on your writing style ini this blog. free, funny, and no strings attached. alias gak pakem en kaku kayak ff2mu yang udah kubaca n kukomen.

    maybe i'll get a chance to read your comedy fic,ron.

    have a nice life. be yourself and never stop writing these kinda stuff. or write whatever you like. :)

    Good luck

    see you next time

    ciao~

    BalasHapus
  23. nambah ah.

    soal dajjal mendajjal, iluminati udh masuk ke dalam segala aspek. mau dalam bentuk nanas kek, lubang pengintip kek, dll, they are everywhere. so be aware.

    kita nantikan penampakan iluminati di MV exo mendatang. be prepare. hehehe

    BalasHapus
  24. Mau nambahin kakaaaaak
    #1 aneh banget deh, si sunny makein kuteks ke kuku cowonya lol
    #2 01.51 liat deh topi taeyeon, ada mata satu
    #3 agak gak ngerti sama adegan pas giliran hyoyeon ngedate sama si mas2. yang lain keknya sos sweet, dikasih boneka lah, dipakein kuteks lah, lah ini kenapa hyoyeon malah ngegampar si mas-mas? kayaknya si mas2 telat dari jam janjian atau gimana gitu ya. tapi kenapa oh kenapa? kkkk
    #4 di 02.40, di jaket yoona juga ada mata satu .__.
    # 04.51, perhatiin yang belakang deh. kan ada taeyeon-yoona-hyoyeon-yuri. waktu mereka membungkuk terus geol2(?) pantat, hyoyeon ngebungkuknya dalem amat, padahal yang 3 lainnya nggak

    dan soal sunny naek unicorn, astaga kejam sekali dikau mbak pada Lay #eh #apaini

    terus juga bingung kenapa muka si mas2 harus disembunyikan? oooh mungkin bener kata om Ron, mas2nya perampok .__.

    #sekian #kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. soal mata satu di topi taeyeon, anakku yg 10thn aja merhatiin. 'ma, itu di topi taeyeon ada mata satu gede. serem ih' hehehe anakku kebanyakan nge-kpop ama emaknya jd tau tentang mata satu dkk. kkk~

      reaksi hyoyeon emg aneh banget. mgkin cowok itu telat gegara ngedate dulu ama yg lainnya. hahaha kecil2 playboy, harusnya judul lagunya I Got A Playboy hahaha XD

      *sorry nimbrung :P

      Hapus
  25. Tuh kan benerr.. Kalo baca review.an dari kak suho selain dapet ngakaknya , ilmu plus info2 juga dapet, di artikel ini ttg fashion ... Ini karna emang gue nya yang udik ga tau fashion atau kak ron yang sok kepo ??? :p

    Bisa aja lo kak panggil usdzah jessica .. Wkkkkkwk

    @irmajination

    BalasHapus
  26. Qaqa makasih ya udah di review...
    Point yang paling bikin gw ngakak adalah "nanas dajjal" yang lo temukan di mv ini XD *nemu aja lo kak!!!
    Dan point yang bikin gw tercengang adalah "2 sexual signs on the first MV set. The pink one on the bottom is representation of male sex sign, and the black/dark blue one is for female" gw langsung pasang ekspresi O.O dan emudian *waw SM frontal juga.. untung viewer yang jeli nya kayak detektif (maksudnya kak suho) jarang2..
    puas gw baca smua review lo kak...
    teruslah merivew MV2 SM...
    *ya 4WI kapan MV EXO direview lagi di blog ini!!!! *cuma doa sih tapi maksa..

    note : gak tau ya kak... tapi gw punya feeling lo bisa kerja di perusahaan ent korea (syukur2 di SM) ataupun di luar negeri... *cuma feeling loh kak.. *aku bukan dukun...






    BalasHapus
  27. g ngerti kenapa MV ini kn cakep badai ya *kata gue* pas baca postingan lo rasanya MV ini berubah jadi lawak badai cetarrr halilintar membahana!
    itu ada pula naikin unicorn *poor the innocent unicorn* tapi paling ngakak pas tau kalo lagu yg kata gue cakep badai ini ternyata liriknya isinya *kbanyakan pake 'nya' jadi pusing gue* cewek2 lagi gosip.berasa itu manusiawi sekali buat esenesde,tapi entah kenapa jadi keren sekali juga karena yg bawain esenesde.
    kecelah!
    btw,postingan break down yg panjang ya! gue kangen baca postingan lo yg panjangnya kayak puasa romadon! *ketauan gue silent reader*
    @greatule

    BalasHapus
  28. Set awal MV, perhatiin pah-kaki(?) sunny&tiffany, ditulis2 gitu, kesannya SM ngelakuin penghematan bahan sama kyk celananya krystal & roknya vict di e-shock. Masih set awal MV, sepatu taeyeon sama sunny kan sama tuh warna merah, coba deh lihat akhir MV Dance Teaser, sepatunya taeyeon sama sunny beda (sunny merah, taeyeon hitam) padahal masih satu set. Doh ini GG berapa kali ngulang set demi promo sepatu-_-
    -@indhyeka

    BalasHapus
  29. posting ini ngebuka pikiran gue banget loh kak ron~ gue gak pernah mikir sejauh ituuuu sukaaaaa! ten thumbs deh buat lo kak :D
    oiya kayaknya set pertama itu kamarnya sooyoung deh kak, jadi mungkin 8orang lainnya itu lg main dirumah sooyoung muahahah

    BalasHapus
  30. Kak Ron! Tau ga yang nyiptain ini lagu siapa?

    OM YYJ!
    Gimana? Gimana?

    Oh ya kak SuHo *cih, itu harusnya a unicorn, bukan an unicorn.
    Soalnya an itu diikuti dengan kata benda yang PENGUCAPANNYA diawali dengan huruf hidup. Bukan yang AWAL HURUFnya huruf hidup. Soalnya unicorn dibaca yunikorn. Kan pembacaannya diawali dengan y, makanya pake a. Sama kaya university (yuniversiti).

    BalasHapus
  31. Kak ron! Nambahin! 00:42 - 00:45 perhatiin tangannya sooyoung. Tadinya yang nempel ke dagu itu tangan kanan. Eh pas ganti angle langsung jadi tangan kiri .-.

    BalasHapus
  32. topi seohyun pas pake baju nanas dajjal mirip sama baju taemin shinee pas duet sama krystal di MBC Gayo Daejun..topinya sisa bahan baju taemin kali ya ._.

    BalasHapus
  33. gw dulu ga suka ma yg namanya yuri *ga tau knpa* tpi di igab ini palagi wktu lgi "gosip" ma soo itu keren bgedz dan wktu wae keuratde cantik pooll uuuu ~,~
    di antara semua set paling suka set dance awal mereka cantik2 banget masa saoloh..yoona jg pas rapp WOW emakk gw yg cewe aja naksir ma tu cewe gimana si donge lol..
    wktu headbanging jess cma gedek sekali doang ya ampun bandingin ma hyoyoonyul jomplang bgt masa..kpn si ice princess ini tobat malesnya kkk
    oya wktu part tiff ma taeng yg retro ala twinkle itu diamond bukannya lambang shawol ya cuma beda diwarna aja...
    gw ga suka ma rambut sunny deh jelek lbih suka era the boys *info doang*

    bdw breakdown dah rilis om berati tinggal duduk manis menanti "bashingan" om ron bwt 8 ahjushi somplak :P

    SEMANGAT OM!!!!

    BalasHapus
  34. kata2 "Don't, stop, lets bring back to 140" bagian jessica = istilah waktu diclub pas lagi hot2 nya / have fun time bahasa anak dugem , mungkin . hehehe
    Selebihnya, kalian luar angkasaaaa :)

    BalasHapus
  35. Entah mengapa lagu2 GG makin lama makin mengalami kemunduran sejak mengeluarkan MV Dancing Queen. Aku suka pas di era The Boys,biasanya kan kalau mau suka terhadap lagu baru harus mendengarkan berulang kali, tapi meskipun aku mendengarkannya berulang kali tetep saja terdengar aneh di telinga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sama komen ini. menurutku SM kayak maksain. lihat aja nasib SUJU. lagu2 terbaik suju ada di era sorry2. lagu2nya bagus. begitu masuk 5jib dan 6jib, ancur2an, sama skali gak q dengerin lg.

      snsd juga sama. aku lbh suka era genie, run devil run, tp tetep hanya 1 lagu yang ngena banget dan gak bosen, into the new world. mv nya juga q suka, krn lebih bisa ngasih semangat dan motivasi buat anak2 muda. :)

      meski mv colorful dan makin cantik2, tp lagu tanpa feel yang ngena apalah artinya, cuma numpang lewat doang.

      :))

      sorry ikut2an ngomen ^^v

      Hapus
  36. Waaa ternyata link yang saya kasih dibahas dan saya makin ngeh setelah dibahas disini. Thanks ya^^
    Btw, aku suka konsep GG untuk comeback kali ini, mereka bener-bener keluar dari zona nyaman mulai dari costume, make up dan juga lagu. Keliatan sih ada beberapa member yg harus membiasakan diri dgn konsep ini, contohnya Jessica & Seohyun. Kalo liat penampilan mereka di comeback stage, ekspresi Seo kadang ada aja yg gak sesuai. Kalo Jessica mungkin kurang nyaman degn baju yg dia pake ya, kan keliatan perutnya tuh, dia kan gak pernah keliatan pake baju kaya gitu sebelumnya.
    Ditunggu review Break Down-nya ya kak, semangat!! :D

    - @lilintanggg

    BalasHapus
  37. iaaaa bener...pas awal muncul gue play terus nih MV...karena liat dance nya Taeng yang energik...trus bandingin sama Hyo yang notabene nya dancing machine nya SNSD..tapi tetep aja Taeng keliatan aduhai kerennya (?)

    pffftttt...ia pas liat adegan muter2 kepala gitu gw langsung keinget trio macan...dan pasti kak ron bakal bilang gitu...

    BalasHapus
  38. Noh~~ Dengerin kata Jessica! Bersyukur! :D
    Wew, dajjal keren amat nyamar jadi nanas. :D Besok-besok, apel juga boleh. :D
    Makna lagunya... JLEB! Bagus nih buat cewek-cewek. :D *Ya iyalah, SNSD yang nyanyi*

    BalasHapus
  39. soal MV, yess.. finally keluar MV korea setelah sekian lama.. kangen banget ama lagu2 korea mereka..

    pas gw liat Dancing Queen di bagian ending, teaser mereka sumpe keren! dandanan baju lebih warna-warni, nunjukkin ciri khas masing2.. make-up entah kenapa menurut gw lebih 'muda', cocok banget de ke mereka.. smua keliatan imut!! background yg 'cewe' banget.. pink, all shocking colors keluar smua..

    soal dance: just sayin, mereka keren banget bo! baru kali ini ga kecewa ama dance routine mereka setelah sekian lama.. dance-nya sumhow unik dan menarik.. walo adegan muter2 rambut itu agak too much ya.. (I really think too much wig digunakan di MV ini.. jadi inget pas Glee member pake wig and muter2 rambut juga.. awkwarddddd).. demen konsep dance mereka pas chorus, powerful and sexy! ga nyangka the girls bisa dance se-energik itu.. demen!!

    gw jujur gak terlalu merhatiin soal bloopers sih.. karena gimanapun kan pasti tuh MV diambil dari beberapa kali take.. ya mungkin dieditnya kurang halus, tapi yah manusiawi. mungkin yg edit juga sakit mata saking gerakan terlalu cepet and warna-nya nyolok smua.. hehehehe

    KKB, now I'm a fan too of ur work.. keep it up yaaa

    BalasHapus
  40. bang ron, jgn lupa ripiyu Breakdown..
    :D

    BalasHapus
  41. Yampuunnn ka ron~
    inii apa banget dah =.=

    http://www.kaoskakibau.com/2013/01/I-GOT-A-B-RONDONG-OY-4.html

    ituu berasa kesinder w =.=
    wakkss

    awalnya sih w juga gx suka ama ni lagu, berasa gimanaaaa gitu~
    eh pas baca ni review trus liat mv nya lgi jadi sukaaa XD

    tapi knpa di review ini gx terlalu lucu yh kaya review2 sebelumnya bang ??
    overall sih w selalu suka review an lo bang...

    membuka mata dari kepenasaran XD
    huakaakka

    apa banget dah B-)

    BalasHapus
  42. bagoosss!!.. eh.. kak aku penasaran sama rupa rumah sampean.. kapan** kasih tau ya..
    dan tempat tinggal EXO-K & SJ sehari-hari pliss.. #semogaandaselalusukses

    BalasHapus
  43. suka topinya si tiff! keren banget itu :D ♥

    BalasHapus
  44. ada yang kuran.... si Jessica di menit ke 03:03 gak ada gerak sama sekali kepalanya dan hanya senyum senyum aja min. itu jelas banget looo

    BalasHapus
  45. btw itu di jaketnya yoona pas ngerap ada mata satu ya ._.

    BalasHapus
  46. wuahahaahhahhahhahahahahahahahahha baru tau detailnya mv ini gue...thnks for share gan :))

    BalasHapus
  47. detil amat smpe kejadian kecil pun jd masalah

    BalasHapus
  48. Ketinggalan lho..... kamera angel pas sooyoung gantian sama yuri, tangannya itu lo!!!!


    tp TQ ya...

    BalasHapus
  49. Anjrit blog apaan ini bqn gue ngakak di tengah malem xDDDD kacaaaauuu!
    tp sumpeh ASIK bgt ni blog!

    BalasHapus
  50. Mau nambahin, yg part sunny sebelum yoona ngerap kan ada tuh smua member angkat tangan,,?jessica d situ duluan turunin tangan,',,

    BalasHapus
  51. Liat detik 3:03-3;:04 pas Jessica muter muter kepala .. dia cmn muter 1x sambil ketawa-ketawa dan gak kayak yang lain muter berkali kali

    BalasHapus
  52. ini lagu sebenernya bagus kalo ditonton MVnya, tapi kurang easylist doang~ (nb:menurut gw) dan nyadar gak, si magnae justru keliatan tua [maksud gw kaya tante-tante] waktu rambutnya digulung ke atas, ya sejenis adegan trio macan. keep writing, ditunggu Break Down~SJ-M [pesen : kata-katanya agak alusan dikit yah *sokmesen *octopusdance]

    BalasHapus
  53. waktu detik ke 00:11 - 0:12 terlihat jelas kok taeyon pegang 2 baju item sama buah buahan gitu

    BalasHapus
  54. Hahahaha ngakak, salam buat ustadzah Jessica yaaa ;p

    BalasHapus
  55. Coba lihat sepatunya Taeyeon sama Sunny.Sama gak?Menurutku sama -_-

    BalasHapus
  56. Makasih Kak Ron atas infonya...Berguna banget bagi para SONE...Kakak detail banget liat MV-nya...

    -R

    BalasHapus
  57. Asli ini keren bgt @@ gw liat'a jadi terpukau .. lain kali yg mistake" di Live'a IGAB yak =DD

    BalasHapus
  58. Keren revienya

    &

    dari awal keluar ni MV ampe skrang, gua msih penasaran nih,,, "Ayo" tuh bhsa korea yah?

    BalasHapus
  59. ngakak abis !! baru tau sih gua jesica itu ustadzah

    BalasHapus
  60. Mau nambahin... EMBLEMnya si SUNNY ternyata bukan di topi, tapi sama kayak TIFFANY.. Liat deh di menit 1:14 ada emblemnya. Bedanya sama TIFFANY, kalo SUNNY di sebelah KANAN-nya, n TIFFANNY di sebelah KIRI-nya..


    ENDOSS GANDOOSS DEH, Reviewnya..

    BalasHapus
  61. tambahan lagi.. itu topinya TAEYON itu merk BRATSON FROM CHAOS.. (caos sambal ato caos terasi??) hehehe.. Bikinan Korea.. ini link nya bro.. http://www.bratson.com/new-page-3/
    (and i agree with you.. all is bout branded.. tapi gak terlalu kayak MV nya Lady Gaga feat Beyonce yang Telephone..

    BalasHapus
  62. wow,, nmbah info nihh,
    Krna ngeliat ini jdi pngen bgt bljar lbih giat b.korea... Love it...

    Tpi gua KESEL ama pnulis.ny,,,
    Gk usah blangin YoonA itu pmuja setan donkk,,
    Hmmm,, napa sihh??? :"(

    Tpi thx buat info.ny...

    Boleh numpang nanya gk??
    I.G.A.B versi Inggris d rilis.ny kpan yahh??

    Mhon di balass yahh :D

    BalasHapus
  63. setelah baca review-an kak suho eh sy jd ikut-ikutan mau ngereview :D oiya mau nambahin nih hasil review-an sy :p coba deh kalian liat dilantainya pas menit ke 1:47 ada kyk benda bulet2 ijo gk jelas gitu haha lebih jelasnya bisa di liat menit ke 1:54. kalo menurut sy itu kyknya pin yg dipake sm sooyoung/jessica jato ._.coba perhatiin dicelana mrk berdua, ada pin ijo itukan?hehe maaf klo agak gk penting ._.v

    -@popiipocan

    BalasHapus
  64. Mau nambahin review nya dong. Pas di 4:30, yang si Seo jalan sama cowok nya itu, kan tali sepatu Seo lepas, terus cowoknya tuh pen ngiket tali sepatunya. Tapi, sblm si cowok ngiket, Seo udh ngeliatin cowoknya+heboh+keliatan terpesona/kaget gitu deeh... Sorry kalau ga sependapat^^
    Salam damaiii:pv

    BalasHapus
  65. ternyata di balik ke-okean mv terdaoat hal2 unik,,

    BalasHapus
  66. Pineapple dajjal lol lol lol lol. xD Langsung ngakak ya demi apa. Lebih ngakak lagi pas liat link lo[http://www.kaoskakibau.com/2013/01/I-GOT-A-B-RONDONG-OY-4.html]. Itu sumpah nista banget linknya =))

    Btw soal topinya Tiffany, yang bagian lidah bawah topi Tiffany yang PINK KING itu, entah kenapa gue yakin kalo dibalik bordiran tulisan PINK itu ada tulisan FUC :/ Yea, IMO sih. Tap kalo PINK diganti jadi FUC, tulisan di lidah bawah topi Tiffany jadi nyambung kan? FUC-KING.—Sekali lagi, IMO -_-

    Well, bukan rahasia lagi kalo SM udah masuk ke dalam permainan 'illuminati' haqhaq. Pertama kali gue tau SM udah mulai berkreasi sama simbol illuminati di MV anak asuhnya pas jaman-jaman The Boys. Udah lumayan lama ya berarti. Pantes aja dapet gosip kalo KorSel dapet urutan 2 soal illuminati. Ditambah lagi sekarang EXO. Judulnya aja udah—yah, if you know what I mean ajalah lalala~

    Kalo soal mistake(s) di IGAB, kayaknya udah disebutin semua per poinnya =)) Cuma yang kurang mungkin si Jessica yang kayaknya cuma muter satu kali terus ketawa-tawa—sementara yang lain (minus Tiffany yang kayaknya malu-malu kucing buat ngikut muter-muter).

    Dan soal promo, IGAB emang full of brand. Jadi harus nahan napas ngeliatin semua aksesoris anak-anak GG yang kayak ngomong 'ayo-beli-ayo-beli-barangnya-bagus-berkualitas-lagi' (mengabaikan lagunya) aaaaak jiwa belanja gue bangkit gara-gara IGAB kmvrdh ;;__;; —Tapi untung topi one eye, kaos nanas dajjal, topi PINK(fuc)KING, Welcome Mother(fucker), sama jaket mata satu di MVnya langsung bikin hasrat belanja berkurang *lega*

    Akhir kata(?), gue suka sama review loo~! Nyantai banget dibawainnya biar ada illuminati wkwkwkwk xD

    @sunflawless

    BalasHapus
  67. kain yg d kaki tiffany berubah rubah karna udah di bawah stop!dibenerin dulu..baru mulai lagi

    BalasHapus
  68. kak ron lu tinggal di lombok kan ye?

    BalasHapus
  69. kog bisa sempet" merhati in video lengkap bgt gitu :D keren

    BalasHapus
  70. cuma mau nambahin... di dtk 00:13 ekspresinya jessica gtu bgt XD

    BalasHapus
  71. Terlalu lebay!
    Kesalahan org dcari2,. G' pnting bgt!!
    Atau mmg bodoh g' ngerti soal entertaiment WTF!

    BalasHapus
  72. Kenapa Yoona dibilang pemuja setan? Itu kan cuma pose kebetulan...

    # Yoonaddict

    BalasHapus
  73. wakhhh rajin bgt sedetail itu liat MV GG.. tapi keren dan kreatif niy tulisannya. artis korea entah bodoh dan tidak mengerti apa yang di pakai atau sudah mengerti tapi biar di liat keren dan moderen tetep mau pakai aja ya?! tpi lumayan lakh ya liat kebodohan artis korea2 itu.. :p

    BalasHapus
  74. Yoona dibilang pemuja setan? Itu disuruh SM kali. Kyk di SJ Mr. Simple jg disuruh SM. Masa Siwon yg alim disebut sbg pemuja setan hny krn menutupi satu mata?

    BalasHapus