BoA: 'Disturbance' Music Video Review Saya!

Sudah lumayan lama setelah Only One dan The Shadow, sekarang akhirnya BoA merilis Music Video terbaru yang berjudul 'Disturbance' atau judul Korea-nya '그런 너'. Seru dan lumayan mengobati kangen sama BoA juga. Nggak comeback dengan album baru sih, karena single Disturbance ini sendiri adalah single spesial yang dibuat sendiri oleh BoA dalam rangka konser solo pertamanya di Korea, di awal 2013 ini. Seru ya, jadi BoA, setelah lama malang melintang di dunia tarik suara, baru sekarang kesampaian punya konser solo. ㅋㅋㅋ Agak aneh juga kemudian kalo misalnya mikir beberapa fans artis SM suka heboh heboh merasa artis mereka di-anak tiri-kan sementara BoA yang jelas jelas sudah debut dari tahun 2000 aja santai-santai aja dengan kenyataan ini. Ya karena ada hal lain yang mungkin menurut SM dan BoA sendiri lebih penting untuk dikejar daripada konser tunggal. Wajar sih.

Jadi di konser berjudul  'BoA Special Live 2013 ~Here I Am~' ini, selain premiere MV Disturbance ditayangkan, BoA juga untuk pertama kalinya menyanyikan lagu ini secara live. Untuk MV sendiri, SM merilisnya tentu saja setelah konser, hehe, sekitar tanggal 27 Januari kemaren (dan baru gue donlot sekitar 28-an kalau nggak salah inget, menggunakan fasilitas wifi kantor yang dewa-nya 11 12 13 14 15 16 17 sama wifi perpus pusat UI). Seperti biasanya, BoA selalu bekerja sama dengan Metaoloz Creative Group CO., LTD, Production House milik kakak laki-lakinya, Kwon Soon-wook dalam pengerjaan MV ini. Oh iya, lagu ini juga diciptakan sendiri oleh BoA.
*

*

Pertama kali tahu kalau BoA akan merilis MV baru, tentu saja gue heboh. Tapi sebenarnya nggak seheboh waktu Only One sih, kalo dulu heboh banget sekarang heboh aja. Nggak terlalu berharap BoA akan muncul dengan sesuatu yang WOW di 2013 ini. Separo karena iri nggak bisa liat konsernya di Korea, separo mungkin karena lelah nunggu EXO. Tapi kemudian 'heboh aja' itu berubah lagi jadi 'heboh sekali' pas tahu yang jadi model di MV-nya BoA ini adalah Taemin.

Wait, WHAT?! LEE TAEMIN?! WITH WHO?! KWON BOA?!

Kalo di sinetron Indonesia 90an mungkin adegan itu bakalan di zoom in zoom out trus diambil dari 12 sudut yang berbeda kemudian di cut to cut to sampe penonton bosen ini sebenarnya adegan shock apa adegan mengekspos jerawat pemeran antagonis.

Kenyataan bahwa BoA beradu akting dengan Taemin di MV Disturbance ini disturb me so much, to be very honest. Oh well, mungkin karena di dalam otak gue, Taemin masihlah seorang anak laki-laki kurus yang sembunyi di belakang pohon pas episode 1 Hello Baby karena takut ketemu sama Yoogeun. Di dalam otak gue, Taemin masihlah anak laki-laki yang pas gue pertama kali kenal, rambut jamurnya membahana banget gitu. Gue lupa, kalau 2013 ini umur Taemin sudah hampir 20 umur internasional. Gue lupa kalau 2012 kemaren, waktu prescon konser SHINee World Tour II, dia pake baju cuma sepotong dan pamer badan. Gue lupa kalau Taemin sudah mulai jablay dan beranjak dewasa.

Waktu ngeliat teaser foto di facebook SM, nggak pernah membayangkan laki-laki itu adalah Taemin. Di teaser foto yang di rilis SM, Taemin memang terlihat dewasa. Ya. Tapi ketika bersebelahan dengan BoA, oke, Taemin dewasa dan BoA terlihat tua sekali bersama Taemin. Tapi kemudian gue jadi mikir juga, kenapa harus Taemin? Kenapa bukan laki-laki lain di SM yang umurnya lebih tua dari BoA atau paling nggak sama dengan BoA? Bukannya sekarang SM lagi gencar-gencarnya promosi SM C&C yang isinya aktor aktor keren? Kenapa nggak Yunho? Kenapa nggak Donghae lagi kayak pas di Key of Heart? Pertanyaan ini terus menggerayangi otak gue sampai pada akhirnya gue menemukan sebuah kesimpulan masuk akal:

SHINee debut dengan lagu berjudul 'Noona You're So Pretty' dan SM mencoba untuk mengembalikan image SHINee yang dulu dikenal "suka sama cewek lebih tua" melalui MV ini.
Lalu muncul pertanyaan lagi, kenapa harus Lee Taemin? Hmm... Jawaban gue sih simple aja. Untuk peran berondong yang suka sama noona noona, muka Taemin lebih cocok. Minho terlalu om om, Onew terlalu lawak, Jonghyun terlalu--ah sudahlah, dan Key terlalu....... well, mungkin tidak untuk MV cinta-cintaan.
*

*
Lagu 'Disturbance' ini beat-nya medium-menghentak walaupun agak-agak melow galau juga. Kalau kalian suka dengerin Only One atau pernah me-review MV Only One dan mendengarkan lagu itu sebanyak lebih dari 70 kali dalam sehari mungkin kalian juga akan berpikiran sama dengan gue: lagu ini mirip banget sama Only One tapi dengan tempo yang lebih cepat. Coba nyanyikan Only One dengan beat lagu Disturbance ini dan lihatlah betapa miripnya.

Wajar sih, Only One juga BoA yang ciptain kan, dan ini juga demikian. Yah biasanya kalo lagu yang diciptakan oleh orang yang sama suka mirip-mirip gitu. Jangankan BoA, dengerin aja lagu-lagunya Yoo Youngjin. Kalo nggak, musisi Indonesia deh, Melly Goeslaw. Mirip atau tidak mirip dengan Only One, lagu ini tetap bagus dan khas BoA banget. Ciri khas-nya nggak hilang. 

Beberapa bagian yang agak mirip antara lagu Disturbance ini dengan Only One adalah bagian-bagian berikut:
  1. Bagian intro lagunya. Only One dimulai dengan instrumen gitar, Disturbance dimulai dengan instrumen piano. Walaupun sebenarnya durasi intro lumayan jauh berbeda, tapi aura-auranya pas pertama dengerin Disturbance langsung 'OH! Ini Only One banget!'
  2. Ada bagian di Only One tepatnya di detik 00:53 (dan berulang di part berikutnya setelah reff) dimana BoA menyanyi dibantu oleh backing vocal (ketika live, kalo di album sih suaranya suara BoA) nah bagian yang itu juga ada di Disturbance tepatnya di detik 00:40 (dan berulang di part berikutnya setelah reff). Gue agak susah menjelaskannya sih, gampangnya, tek tok tek tok di detik itu (di kedua lagu) sama. Gitu deh. Kalo gak ngerti, coba dengerin aja pasti ntar ngerti.
  3. Bagian reff kedua. Di Only One, ketika backing vocal nyanyi lirik Reff, BoA-nya kan meraung-raung sendiri tuh, sama juga di Distrubance juga gitu, ketika reff kedua, yang nyanyi backing vocal, BoA-nya meraung-raung sendiri.
  4. Ada bagian suara BoA yang dikasi efek di beberapa bagian lagu juga mirip. Misalnya, di Only One, menit ke 01:43 dan di akhir lagu. Mirip dengan di Disturbance setiap kali lirik 'i mari bujokhaetdeon geon anilkka' di menit 01:15. Dan seterusnya.
  5. Setelah reff kedua, ada bagian yang tone-nya jadi naik. Di Only One pas menit 02:50 (pas ada lirik 'I will let you go~~~' 'My baby can't forget~~~~'), di Disturbance pas 02:16. Naik juga disitu.
  6. Ending lagu juga sama-sama diakhiri dengan penyebutan judul 'Geureon Neo~' 'Only One~'
Nah kurang lebih menurut gue bagian yang sama pas bagian itu deh. Aura-aura Only One-nya masih berasa. Hal lainnya mungkin di Only One lebih banyak part BoA-nya nyanyi pake falsetto, sementara di Disturbance ini suaranya lebih real dan lebih bening gitu.

MV yang dirilis SM ini formatnya drama. Apakah bakalan ada dance version? Hmm... Karena di title MV yang di YouTube nggak pake keterangan Drama Version, berarti jangan berharap. heheh
Nah gak cuma lagu yang agak agak sama, MV juga rada-rada sama nih. Sekalian kita bahas trivia MV, sekalian bahas juga bagian-bagian yang sama atau mirip antara MV Disturbance & Only One (Drama Version) yuk!

#1 MV ini dimulai dengan shot Taemin yang lagi galau. Galau kenapa? Jelas karena cinta. Nggak mungkin dia galau karena bingung hari ini mau makan pizza hut atau mau makan rotiboy. Di depan Taemin ada meja yang di atasnya ada sebuah cincin rangkap tiga kayak fotokopian. Trus Taemin mikir sebentar, trus cincinnya dipake sama dia.

Adegan ini familiar. Karena di MV Only One drama version, MV itu juga dimulai dengan BoA yang sedang galau karena cinta dan sama-sama memutuskan untuk memasang cincin di akhir adegan.
*
*
#2 Coba sebelum cincinnya dipake, kamu tanya dulu gitu loh mas, itu sebenarnya cincin siapa. Cincin kamu atau bukan. Kayaknya sih bukan cincin kamu, soalnya jelas-jelas itu jarinya kebesaran di kamunya. Jangan-jangan itu cincinnya Shindong.
*
 *
#3 Di adegan awal juga, detik 00:02 lampu yang ada di meja di depan Taemin, bagian bawahnya ada kabel colokannya, trus waktu adegan Taemin berdiri meninggalkan posisi duduknya, colokannya ilang. Mungkin di gerogotin tikus.
*
#4 Adegan awal MV Disturbance dan MV Only One sama-sama meletakkan pohon dan dedaunan sebagai foreground. Buat yang nggak tau foreground itu apa, itu lawan kata dari background. kalo Background kan dibelakang, kalo foreground itu di depan. Jadi di depan BoA dan Taemin di dua MV yang berbeda ini sama-sama ada pohon.
*
*
#5 Yang paling nampak sih, adegan awal sama-sama dimulai dengan proses berpikir oleh Taemin (Disturbance) dan BoA (Only One) sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk memakai cincin, dan meninggalkan tempat duduk mereka. Lalu, judul lagu sama-sama muncul setelah Taemin (Disturbance) dan BoA (Only One) meninggalkan tempat duduk.
*
*
#6 Perhatikan lagi gambar diatas, Disturbance dan Only One sama-sama memanfaatkan kesamaan huruf/bentuk huruf dan memberikan efek mengkopi pada huruf yang sama lalu membentuk judul lagu masing-masing. Only One memanfaatkan 3 huruf 'O' yang kemudian menyebar ke kata BoA dan Only One, sementara Disturbance memanfaatkan 2 huruf 'ㄴ' dan 1 huruf 'ㄱ' yang mirip (cuma kebalik aja posisinya) dan menyebar ke kata '그런 너'
#7 Kedua MV sama-sama dimulai juga dengan intro tambahan di bagian depan sebelum akhirnya masuk ke lagu. Durasinya nyaris sama juga sih. Nyaris. Nggak sama. Sebelum masuk ke lagu, Only One menambahkan 24 detik intro di depan (lagu mulai di detik 24) dan Disturbance menambahkan 23 detik di intro depan (lagu mulai di detik 23). Nah, setelah intro tambahan selesai dan masuk ke lagu, bagian awal lagu di kedua MV sama-sama dimulai dengan adegan berjalan dan sama-sama ada kaca di dekat mereka. Disturbance pintu ada kacanya, Only One jendela ada kacanya.
*
*
#8 Waktu adegan Taemin seolah-olah melihat BoA ada di depannya yang ternyata hanya halusinasinya itu, di detik 00:51/00:52, bayangan BoA keliatan di cermin yang ada di deket Taemin. Tapi di adegan berikutnya 00:58/00:59, ketika BoA jalan di samping Taemin (dan melewati depan cermin), bayangan BoA nggak ada.

Oke, jadi logikanya adalah, sebenarnya memang bayangan BoA seharusnya TIDAK ADA di cermin di adegan 00:51/00:52 karena kan BoA muncul disitu hanya halusinasi seperti halnya yang ingin disampaikan sutradara di detik 00:58/00:59. Tapi jadi kesan halusinasi ini jadi failed karena bayangan BoA di awal udah keliatan duluan di cermin 7 detik sebelumnya :p 
*
*
Riskan sekali memang syuting dengan cermin (sok diplomatis--kok diplomatis sih? Yaudahlah ya). Duh gue jadi inget di Glee Season 4 Episode Naked (12) pas Rachel Berry nyanyi Torn, disitu adegan cerminnya perfect banget bahkan ada shot yang diambil dari depan cermin banget tapi kamera nggak bocor sama sekali. Teknik-nya keren! Bukan membandingkan sih cuma share aja.

#9 Di menit 01:07, Taemin melepas cincinnya dan cincin itu terlihat jelas ada di atas meja. Beberapa detik berlalu, entahlah, tiba-tiba cincin itu sudah ada di jari Taemin lagi. Hmm... sebenarnya bagian ini gue agak ragu juga, besar kemungkinan bukan kesalahan. Karena, setelah detik 01:08 itu kan ada bagian Taemin flashback kenangannya sama BoA. Nah trus ada juga shot dia mendongak tiba-tiba dan next scene cincin itu udah terpasang lagi. Nah mungkin karena dia ingat kenangan-kenangan itu jadinya dia memutuskan untuk menggunakan lagi cincinnya. Gak tau sih, ini analisa gue doang.
*
*
#10 I don't know. I'm sorry. But I miss EXO too much.
*
*
#11 Menit 01:51, waktu Taemin ada adegan lagi pake jaket/jas atau apapun itu, di menit tersebut jas/jaket Taemin sudah terpasang dengan pas. Tapi di detik setelahnya, 01:53, jas/jaket itu seperti belum terpasang sempurna (dan Taemin sedang mencoba memasangnya).
*
*
Dan gatau kenapa ya gue nggak begitu ngerti sama adegan diatas. Dalam bayangan gue malah adegannya jadi kayak gini:
*
*
#12 Pertanyaan terbesar gue sih sepanjang MV ini cuma satu sih ya beneran deh cuma satu, yang lain mungkin gue maklumin deh ya itu kalo ada yang salah salah, tapi yang ini gue gak bisa terima, beneran (apa sih) (lebay) (emang). Coba pikirin, menurut kalian, sepanjang MV ini yang paling ajaib itu benda apa?! YAK BETUL! JAM PASIR! Aneh banget sumpah pasti itu jam pasir ada penunggunya. Jangan jangan itu sebenarnya botol jin lagi bukan jam pasir.

Kenapa jam pasir ini jadi ajaib?

ALASAN PERTAMA: Selalu pindah-pindah tempat nggak tau siapa yang pindahin. Berasa punya kaki, bisa jalan-jalan sekitar rumah. Berasa kucing. 6 kali pindah lah kurang lebih.
*
*
ALASAN KEDUA: ukuran pasir yang jatuh dari atas ke bagian bawah jam pasir selalu berubah-ubah. Mungkin tidak di setiap scene dan gue memuji ke-konstan-an itu, tapi ada bagian yang pas awal banyak, tiba-tiba jadi sedikit, kemudian banyak lagi, dsb.

ALASAN KETIGA: kan ada adegan tuh jam pasirnya jatuh ke lantai terus pecah, terus kemudian balik lagi seperti semula. Nah, kenapa? Kok bisa balik lagi? Nah bingung. Maksud gue, kalau diliat dari adegan setelah Taemin mukul dinding (setelah adegan ciuman) kan seisi kamar pada berantakan tuh. Nah, dalam skala kemarahan yang seperti itu, gimana bisa itu jam pasir masih utuh sementara benda di sekitarnya udah berantakan? Jadi ini kesimpulannya, ketika kita marah, kita masih bisa pilih-pilih mana benda yang boleh dihancurkan dan mana yang tidak boleh. Jam pasir lebih berharga dari BoA. Ih. Taemin. Parah.

Oh iya, di adegan ini juga, agak aneh, sebenarnya kekuatan Taemin sebagai laki-laki perlu dipertanyakan. Atau hmmm... positif aja kali ya, selain dia bisa mengontrol benda mana yang boleh di hancurkan dan tidak boleh dihancurkan, dia juga pandai mengontrol kekuatannya. Coba lihat, pot bunga itu nggak ada yang pecah satupun. Jadi pas dia marah, dia nggak narik pot bunga trus di banting, nggak, tapi pelan-pelan pot yang satu "ditidurin", trus pindah ke pot lain "ditidurin" juga. MARAH MACAM APA PULA?!
*
*
#13 Masih seputar jam pasir, posisi meja dan jam pasir juga kerap kali berubah-ubah di adegan ini:
*
*
#14 Gue bisa bilang adegan unyu-unyu Taemin-BoA lumayan oke banget untuk hubungan anak dan ibu. EH HAHAHAHA masa ini incest parah LOL. Nggak, maksudnya, Taemin memerankan karakter ini dengan baik walaupun di beberapa bagian gue nggak ngerti sebenarnya itu dia kenapa. Kayak yang pas dia lagi adegan ciuman itu loh, kenapa tiba-tiba Taemin mukul tembok? Apa dia kemudian baru sadar kalo dia lagi ciuman sama ibunya sendiri apa gimana?

Kalo lanjutan adegan itu sih gue ngerti, ya dia nyesel nggak bisa cium-ciuman lagi sama ibunya makanya mukul tembok (yang pas dia berbalik dan BoA ada di depannya trus dia berlutut).

Gue paling suka yang adegan pas di jembatan sih. Lucu aja kesan bahagianya dapet banget disitu. Trus lucu pas bagian Taemin megang telinga kanannya BoA trus megang tindikannya BoA itu loh, kayak 'Loh ini kenapa kuping kamu bisulan gini, beb?!' gitu. Lucu aja.
#15  Terakhir, waktu adegan BoA lagi nelpon Taemin, trus Taemin kan membalik posisi ponselnya tuh. Lah gue bingung, itu kan BoA lagi nelpon, tapi hapenya kok ya nggak nyala dan menunjukkan kalo ada tanda tanda telepon masuk gitu. Apa jangan-jangan sebenarnya BoA nelpon cowok lain? #EA #PanjangCeritaKehidupanIniTuhan
*
*
Overall, karena ini drama version, jadi gue selalu kasih jempol karena gue suka MV dengan drama! Ketimbang dance yang miskin shot, drama version lebih memberi kesan kita nonton, bukan cuma ngeliatin tembok tembok polos dan di depannya ada ular piton lagi goyang gergaji.

Eh tapi bentar dulu sebelum gue mengakhiri postingan kali ini, gue mau tanya, itu yang di ending MV-nya, kan ada tulisan tuh "Let time go by, go back to the past" sebenarnya itu salah gak sih? Bukannya harusnya "Let time goes by, go back to the past" ya? GOES kan bukan GO?! #ceritanyaguelagimencobauntukmengujibahasainggrisguelebihbagusdariSiwonataunggak

Selamat malam! :)


Share:

52 komentar

  1. NICE REVIEW appa Suho, lo sukses bkin gw ngakak gaje malam ini, aplg yg bgian Taemin nyium ibunya, kuping bisulan, terpaksa cassieopeia hahaha, funny to the max. But, pas gw baca yg ini "I don't know. I'm sorry. But I miss EXO too much." Jujur gw mau nangis lho, pas baca review ni gw lg dgerin Pretty Boy'nya M2M, gw jd kangen LUHAN... lo menyentuh hati gw malam ni appa SUHO, GOD Bless You, God bless LUHAN... SOO Man too, tq bwt reviewnya appa, au revoir!!! mmumuachhh

    tertanda:
    Istri LUHAN *maaaakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai istri Luhan, perkenalkan, saya Penghuni Udel Luhan. salam kenal :))

      Hapus
    2. Udel Luhan... hahahahaha Daebakkk, salam kenal jg... tebar beha Luhan...

      Hapus
    3. Ada yg lg ngomongin mantan gw nih kayanya ,, -> innocent

      Hapus
  2. jempol dac bt oom
    sukses review na
    sukses bkin Q ngakak...
    ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
    d tunggu ya review MV lainnya....

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Hahaha kamu nonton MVnya nggak? Gak nyium, cuma deket banget aja bibirnya. Kan pengambilan scenenya juga dari samping (atau liat MV Makingnya aja deh biar yakin) Itu Ron emang suka gitu aja, efek dramatis hahaha

      Hapus
  4. yaudah yaudah, intinya tuh MV apaan kak?
    putus apa mati boanya, masih gagal paham sama MV ini dan kalo menurutku sih tuh taemin jadi keliatan tuaaaaaaa banget emaap

    nais ripiu ;)

    BalasHapus
  5. sukses lho bikin ngakak pagi2, masih senen pula #teruskenapaemang

    pas pertama liet MVnya langsung mikir, "Lhah Taemin kenapa jadi kayak om2 gitu style-nya? rambutnya plisss..." hehehehe, mungkin style dibikin gitu biar nggak terlalu kliatan muda kali ya..tapi berhubung udah terlajur tahu jarak umurnya Taemin-BoA yah mau gimana2 tetep ngrasa aneh kalo mereka dipasangin gini.

    pas lo bilang "Apa dia kemudian baru sadar kalo dia lagi ciuman sama ibunya sendiri apa gimana?" yg kebayang-bayang malah Malin Kundang. Taemin as Malin, BoA as Dayang Sumbi,hahahhahahhaa, Malin Kundang versi Korea

    thanks reviewnya ron,hehe,baru ini gw komen di review-an lo,biasanya baca doang,ngakak2 doang..hehehe
    selalu kagum aja bisa-bisa lo liet detail-detail kayak gitu. pake lup ya lietnya? ^^ lanjut ron ngreview-nya biar lo udah kerja ya sekarang, cieeee... selamat yaa :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eee??? perasaan Dayang Sumbi e'Mak nye Sangkuriang deh???
      Kkkk~~~
      #eeeppppiiisss

      Hapus
  6. sumpah ngakak baget pas bagian "Onew terlalu lawak"
    langsung ngebayangin kalo yg meraninnya Onew,, pasti yg nonton mv nya nahan2 ketawa liat muka Onew.. kikikik *ngga kok, Onew cakep tetep!

    agak kaget sih pas tau ni mv modelnya dedek Taemin...
    tapi ternyata kesan Taeminnya jadi dewasa. keren.
    untung aja bukan Kai yang kepilih jd model mv ini ya, kebayang.. XD

    eh, kok ga review Breakdown sih? pdhl nunggu2 siapa tau ngereview.. bikin donk,,, *memelas

    BalasHapus
  7. Ngakak kak bc review ini, kok banyak kesamaan poin yg jg gw temukan pas pertama x liat mv nya, mulai dri jam pasir aneh, cincin kgedean,ampe taemin yg mgang tindikan b0a.. Tp teteup, loe jelinya ngampun bgt deh kak,
    1 ja sih yg bgung dr mv ni, b0a mati atau gmana? Atw sbnrnya b0a hnya hayalan taemin saja?

    BalasHapus
  8. Bener kak, harusnya goes bukan go. Grammarnya salah tu

    BalasHapus
  9. Kalo di sinetron Indonesia 90an mungkin adegan itu bakalan di zoom in zoom out trus diambil dari 12 sudut yang berbeda kemudian di cut to cut to sampe penonton bosen ini sebenarnya adegan shock apa adegan mengekspos jerawat pemeran antagonis. <-- tak kusangka, ron pengamat sinet tahun 90-an. XDD

    soal Taemin, apakah kau lupa betapa ganasnya dia di Internet War bersama Jonghyun? ehem... dia udah gede ron. Udah gak cantik lagi, dia udah ganteng sekarang. ;P

    point #11 ama #14 bikin ngakak! itu dialognya apa banget ada pipis tikus sgala.

    endingnya yang ini nih apaan coba? --> di depannya ada ular piton lagi goyang gergaji.
    siapa itu? piaraannya depe ya? XD
    intinya gara2 keasikan baca postingan ini NASI GUE GOSOOOONG!!! RON! TANGGUNG JAWAB!!!

    ecieeee Yusron bahasa inggris lebih pinter dari siwon, ecieeeee suiiit suiiittt

    udah ah, cukup ya komennya.

    see you somewhere else ronron. XP

    BalasHapus
  10. Taemin~~
    Don't leave your noona here~~~ *apalah
    Nice review anyway ^^
    --JJS

    BalasHapus
  11. taemin dewasa bnget yak di mv ini!!!!
    but nice review kak suhooooo~~~~~

    BalasHapus
  12. XD , taemin cium emak sendiri. Kocak.. MV yg dprivatenya ga dibahas?? Ga mau muji ide "MV interaktif"nya?? Hahaha..
    Good job reviewnya..

    BalasHapus
  13. di mv ini aku liatnya muka taemin kok beda2 y. waktu di ruangan kayak udah dewasa,kalo pas dijembatan balik lgi jadi bocah. tapi aku kurang suka sama potongan rambut yg sekarang ini, si taem gak unyu lagi :((
    oh ya om, behind the scene nya mau di review gak nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt chingu..stuju...kalo pas sndri keliatan dewasa..tapi kalo balik sama boa n di jembatan kaya bocah..keliatan aneh gt mnrt ku,hehehe

      Hapus
  14. salut sama om ron. udah kerja masih sempet bikin review. 2jempolbaekhyun buat om XD

    BalasHapus
  15. tumben adress bar gak aneh-aneh

    BalasHapus
  16. BAHAHAHAHA sial, baca reviewnya kek suho sambil guling guling kaya buffalo, NGAKAK! XD
    betewe gue juga kangen exo sih, banget, pas baca yg i miss exo itu rasanya jedeger nyes syalala di hati gitchuh deh u.u
    nice review kek,gue tunggu nanti reviewnya exo yaw huahahaha
    sekian.

    pacar sehun.

    BalasHapus
  17. kakak, aku ketawa apalagi pas bagian ngabahas Tetem :D
    "kejem" gilaaaaa... hahaha
    MVnya melodramatis abis...

    BalasHapus
  18. Ya Allah..., gw ngakak tengah malem gini xD. Gila gila ini gila xD, kejam si ka suho bilang boa ama taemin bagaikan ibu dan anak xD. Overall daebak

    BalasHapus
  19. Paling ngakak pas bagian Taemin-BoA yang adegan 'jas dipipisin tikus' apa apaan coba Ya Allah ngakak parah xD oya kak, itu yg bahasan let time go by go back to the past yg harusnya let time goes by go back to the past nanya sama org yg lagi di US kan? Ahaaha *buka aib*
    Keep writing kak!! Kita nunggu review-an yg lain~ 짱 !!

    BalasHapus
  20. om ronzzy aku sayang kamu aduh daebak. ini LOL banget lah "Kayak yang pas dia lagi adegan ciuman itu loh, kenapa tiba-tiba Taemin mukul tembok? Apa dia kemudian baru sadar kalo dia lagi ciuman sama ibunya sendiri apa gimana?" xD om parah ooooom :*

    BalasHapus
  21. ngakak xD

    I miss EXO too~ <3
    waaaah,saya nunggu review kakak ttg EXO lainnya, terutama ttg Jongin "Si Barongsai" :))

    BalasHapus
  22. kak ini konyol sumpah pas bagian "sinetron Indonesia 90an" sampek kebaca 11kali sendiri ofcourse ngakak gak breti-brenti haha. heyaaa curhat -_- anyway, terimakasih kak reviewnya :)

    BalasHapus
  23. Udah lama mau baca review ini MV.
    Seperti biasa, review keren yang bikin ngakak.
    Aku mikirnya belum sampai ibu anak, baru cinta terlarang adek-kakak :D

    Tapi, nggak ada review cerita MV kayak Only One atau I Got a Boy ya?!
    Soalnya itu banget yang paling ditunggu, penasaran nih maksud cerita MV ama lirik nya gimana.

    BalasHapus
  24. ngakak baca nya ini om!! tapi keren sih... om, matanya kenapa tajem bgt siih? terus, kuat bgt ya cuma buat ngeriview sampe ngedengerin lbh dri 70 kalo.. makan apa siihh om??

    oke, kembali ke laptop, eh ke riview annya maksudnya
    apa ini jasnya dipipisin tikus?? mmm... dan ibu dan anak? okeh om, ini dalem. banget.
    dan uat yg ini ----> "Taemin mukul dinding (setelah adegan ciuman)" perlu di tegaskan om, taemin itu HAMPIR MENCIUM. HAMPIR OM. HAMPIR. #capsnyajeblok #cemburuceritanya
    over all,,, 5000 jempol!

    ditunggu jg review an EXO nya #EXOKAPANCOMEBACK

    salam,
    Istri Kris dan Pacarnya Kai

    BalasHapus
  25. yatuhaaan wkwk tapi itu emang eror banget kalo dipikir2 pake Taemin, ya benar. Taem udah gede sekaran -_- kangen his mushroom hair T^T dan apa itu, ONEW LAWAK?!! om kali yg lawak mulu wkwk :p

    BalasHapus
  26. Incest ._.
    Kak suhooooooo
    Keren reviewnya.

    Sama kak, aku juga mikir taem masih anak-anak kecil yang di replay pake jaket kuning kegedean.
    Overall mv nya bagus sih (belum nonton sebenarnya -_-), reviewnya juga ;;)
    peluk cium dari chanyeol :**

    BalasHapus
  27. wahahhahaha..NICE!!! gw aja yg taemints bener2 ga bisa memperhatikan sedetail ini..wkwkk eh ternyata ada yg berpikiran sama ky gw,mereka ky hubungan kakak-adek doang.bnr bgt komen mu td..terutama yg "Gue paling suka yang adegan pas di jembatan sih. Lucu aja kesan bahagianya dapet banget disitu. Trus lucu pas bagian Taemin megang telinga kanannya BoA trus megang tindikannya BoA itu loh, kayak 'Loh ini kenapa kuping kamu bisulan gini, beb?!' gitu. Lucu aja." nah ini gw stuju bgt..hahahah

    gini bro,kalo alasan SM milih taemin (ini mnrt gw sbagi shawol and taemints ya...) adalah karena taemin emang mulai sktr thn 2012 bnr2 lagi di promote sama SM.dy banyak dikasih job individu diluar shinee gt..alasan lain mngkn karena SM juga pengen mengubah image shinee jadi lebih dewasa.selama ini kan image polos n anak2 nya shinee kan ada pada taemin.kalo taem dibikin dewasa ntar memberi kesan SHINEE udah dewasa gt...trus ini kan shinee mau comeback tgl 20 feb bsk,jadi ya dipilih taemin karena untuk mendongkrak popularitas shinee n taemin..

    disini keliatan bgt kalo taemin emg serius di promote sm SM gt bro...soal nya slama ini kita liat dy cm jd dancer shinee terus..kmrn dy jg ikt Imortal song 2,sering muncul di variety sm jonghyun doang,dll..

    BalasHapus
  28. itu jam pasirnya jelmaan Tao :")

    BalasHapus
  29. Banggg.. Review pilihan ending MV ini donggg... hehehehe...

    BalasHapus
  30. ____Eh tapi bentar dulu sebelum gue mengakhiri postingan kali ini, gue mau tanya, itu yang di ending MV-nya, kan ada tulisan tuh "Let time go by, go back to the past" sebenarnya itu salah gak sih? _____

    itu pilihan endingnya banggg~~ dReview donnngg.. XD

    BalasHapus
  31. from: @dexmiraculous
    hahhahhha.. ngakak sumpah..
    nonton MV ini cukup bikin mikir keras..
    Kak Ron kaget Taemin jadi model MV?? nahh saya yg SHAWOL aja super kaget..
    tapi diantara semua member SHINee yg paling cocok sama Boa, ya Taemin *menurutq
    muka Onew lawak? hhahahahahaha.. bener bgt..eitss.. tapi kalo udah tampang serius, Onew itu nyeremin bgt keliatannya ^_^

    Kak Ron~~~ Taemin bukan baby lg krg.. dya skrg udah manly *perhatiin perutnya udah sixpac #tunjuk poto taemin pake baju setengah #berkat ajaran Jonghyun XD

    beneran deh.. ngakak pas baca adegan "ruangan berantakan" Taemin abis ngamuk, tapi pot bunga gak ada yg pecah... XD #saya gak perhatiin sampe kesitunya..
    DAEBAK KAK!!! Taemin itu gak tega lempar barang2.. munngkin itu Pot cuma ditidurin aja sama Taem.. XD

    saya juga agak bingung itu si Taemin gak jadi cium BoA nuna... hah~~~ #mungkin keinget sang Umma di rumah

    utk pljrn Kak Ron di ending MV.. "Let time go by" dan "go back to the past" itu pilihan endingnya Ron oppa =,=a
    yg satu, sad ending, dan pilihan yg satu lagi happy ending..
    oh ya.. boleh request bahas review MV barunya SHINEE yg "FIRE"
    baru teasernya sih ini linknya:

    http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=W6KRtaHLhCE
    tengkyu Kakak Ron ^^

    BalasHapus
  32. Akhirnya! Ada yang sepikiran juga! Ahahahaha =D

    iya pas liat MVnya aku sih ngerasanya ini ibu sama anak '-'?

    Pas taemin berlutut, mungkin dia bilang gini "Mak, maafin aku mak yang mau nyium emak :'(" hehehe =D

    setuju banget kalo jam pasirnya pindah2. Aokaok.

    Btw, aku ngeliat boa disini kayak jiyeon masa (?)

    udah ah. Ahahahaha :D

    parkjewoo

    BalasHapus
  33. As always laa bang Ron jeli bgt.
    Ane udh brpa kali nyoba cari kejanggalan di mv ini tp ga nemu-nemu, dan ternyata ada pada salah satu jam pasir ajaib itu yg suka move on ._.

    Karena ane bias Taemin, jujur ane jadi galau klo udah denger Disturbance ini, dan bisa sakit hati sendiri walaupun ga ingat Taemin. *jiaaah gw curhat =="*

    Iya, seharus'y Let time goes by, ntah para Staff Metaoloz ato Staff SM yg salah buat grammar'y.
    klo bisa Let time go by dan go back to the past di review juga ya bang, berdrama loh, kan bang ron suka yg berdrama XD #songong

    BalasHapus
  34. #baru dateng

    Om Ron, emang Disturbance ntuh artinya apa sih? #innocent

    BalasHapus
  35. tapi kalo menurut gw, mv yang bnyk dance nya justru semakin menunjukkan skill nya, ya ngeliatin kalo tuh idol grup skill nya emang yg oao.. Keep writing Ron ahjussi*eh*

    BalasHapus
  36. Bener kok grammarnya Let Time Go By, bukan goes.

    BalasHapus
  37. mukanya taemin disini mirip Rizky anaknya SULE wakakwkaks

    BalasHapus
  38. iya agak gak nyambung gitu MV nya~

    BalasHapus
  39. Sbenernya gua penggemar berat MV ini, stelah gue baca postingan ini gue sadar kalo gue gak pantes jealous sm taemin. BoA = Old = Mom.-If you know what i mean-

    BalasHapus
  40. wkakaka xD iya yah kalo marah yang bisa bikin ruangan berantakan ya pasti dibanting2 gitu, nah itu pot bunga kaga pecah masa xD baru ngeh gue! hahaha...

    BalasHapus
  41. jujur baru baca review nya padahal udah lama XD
    dan tetep dah ngakak. apalagi pasa nganalisis kenapa mesti Taemin yang jadi modelnya. Hahaha.

    BalasHapus