SHINee: Dream Girl Music Video Review Saya!

*
Apa kesan pertama ketika pertama kali melihat Teaser Dream Girl di YouTube tanggal 18 Februari 2013 kemaren? Pasti heboh ya? Iyalah. Fans mana sih yang nggak heboh kalau teaser video idolanya dirilis resmi. Yang nggak resmi-resmi aja heboh apalagi yang resmi gitu kan. Jadi kemaren tanggal 18 itu gue lagi di kantor pas Teaser SHINee keluar. Gue awalnya nggak mau nge-klik itu link yang dishare di twitter soalnya, ya lo tahu gue lah ya, gak bisa banget kalo gak jerit-jerit manja gitu kalo misalnya ada artis SM rilis teaser/MV. Untung kemaren di sebelah gue ada botol minum, jadi gue jerit-jerit manja-nya sambil gigit tutup botol biar gak kedengeran suara jeritannya. Soalnya.... Men, teaser MV-nya menarik banget buat diliat! Seru gitu warna-warni, editannya mantap! Pas pertama kali liat editan CD-bajakannya itu gue langsung jatuh cinta. Oke banget nih kali ini MV-nya sepertinya.
*




Tapi ah, gak mau kemakan teaser. Biasanya teaser itu suka bohong. Suka ngasi harapan tapi MV-nya jatohnya biasa aja. Salahin Sexy, Free & Single deh, sejak itu teaser keluar dan kemudian MV dirilis, gue jadi gak pernah percaya lagi sama teaser video yang dikeluarin sama SM. Takut setelah melayang tinggi trus kelempar mengenaskan ke bumi gitu. Yah walaupun jujur aja sih pas teaser keluar gue sempat ngetweet bilang kalo ini teaser paling bagus yang pernah SM keluarin selama ini. Tapi tetep aja gue gak mau dengan mudahnya percaya! Kita tunggu sampai MV-nya keluar! 

Dan pas keluar....................................................................................... Kok Bagus. ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ 

Di postingan sebelumnya gue udah sempat nge-review masing-masing track di album ini dan salah satu yang gue suka ya title track-nya yang satu ini. Secara sederhana, kalau boleh gue jelaskan lagi, lagunya simple aja. Tentang orang yang bertemu dengan seseorang di dalam mimpinya. Orang yang dia temui ini bukan orang biasa. Orang yang ditemuinya dalam mimpi ini adalah orang yang membuatnya jatuh cinta gitu. Menurut pengalaman gue nih ya, ã…‹ã…‹ã…‹, sekedar share aja, biasanya mimpi yang seperti ini memang terasa sangat nyata. Itulah kenapa gue suka sama lagu ini soalnya emang gue sering banget mimpi yang begini, mimpi yang berasa nyata gitu. Dan percaya nggak percaya nih ya, sebenarnya mimpi seperti ini bisa banget lo bikin bikin sendiri gitu. Ini tipsnya: 1) berdoa sebelum tidur, 2) pikirin orang yang pengen dimimpiin. Maksudnya 'pikirin' ini bukan sekedar nyebut namanya berulang-ulang, tapi bisa dibuat lebay kayak misalnya mengkhayal kalian lagi ngapain gitu berdua yang jelas jadikan khayalan-khayalan ini sebagai bedtime story kalian, 3) jangan terlalu dipaksain, tapi biarkan berjalan natural aja. Dan VOILA~ dijamin masuk ke mimpi beneran. Silahkan dicoba. Always works for me loh!

Lirik dari lagu ini juga jujur banget gitu loh semacem polos sama apa yang kadang-kadang (atau mungkin selalu) kita rasakan kalau misalnya seseorang yang kita suka dateng ke mimpi kita. Mungkin lirik yang sederhana dan deket ini yang bikin lagu ini juga semakin asik kali ya. Beda gitu sama misalnya MAMA yang kayaknya harus banget itu lirik di mengerti banget banget dulu baru tahu lagunya tentang apa.

Sebenarnya gue nggak bisa menyalahkan apapun yang terjadi di MV ini terutama pada bagian visualisasi tidur dan bermimpi itu, karena jelas, yang namanya mimpi itu kan bisa apa saja dan bisa se-absurd-absurd-nya. Tapi yaaaaa bolehlah kita sedikit nakal dan tidak peduli dengan konsep itu ya. Tetep akan gue bahas MV ini dari awal sampai akhir bersamaan dengan liriknya karena gue suka liriknya dan visualisasi lirik ke MV-nya juga membuat lagu ini jadi semakin menarik gitu.

Belom nonton MV-nya? Ayo nonton dulu....
*

 *
#1 Tidak perlu mempertanyakan kenapa di awal MV ini gue langsung heboh. Well, sebenernya separo heboh separo kesel juga sih karena ya kok SM gini banget nyampahnya. Hahahaha... Gue nggak ngerti alasan pastinya apa set dance dan beberapa background-nya harus separo hexagonal seperti itu (bahkan full hexagonal ketika bayangan di lantai muncul). Tapi yang jelas, sepertinya sih SM pengen supaya orang-orang nggak lupa kalo masih ada 12 alien nista di perusahaan itu yang butuh perhatian. SM gak bisa banyak mengumbar hal-hal seperti teaser video misalnya di saat saat sekarang ini akhirnya diselip-selipinlah di MV orang. Ya gimana fans lain pada nggak kesel yak. ã…‹ã…‹ã…‹ tapi kalau misalnya mau melihat ke belakang, nggak cuma MV ini kok yang set-nya ada hexagonal/separo hexagonal. Sebelum EXO debut, sebut saja Copy & Paste-nya BoA, Sexy Free & Single-nya SJ dan Super Girl-nya SJ-M (yang di SJ-M bentuknya sih gak sempurna tapi kalau ditarik satu garis di bawah jadi hexagonal juga ã…‹ã…‹ã…‹) But anyway, bagus sih cara mereka menanamkan nilai-nilai ke-EXO-an ini di otak masyarakat yang mungkin gak suka EXO (misalnya Shawol yang cuma Shawol doang gak suka EXO).
*
*
#2 Lagu Dream Girl ini dimulai dengan lirik 'When it started is not important' yang kalau di hubung-hubungkan dengan mimpi, jadi nyambung. Ketika kita tidur, kita hampir pasti nggak inget bagaimana mimpi kita berawal. Tiba-tiba udah ada di adegan itu, sama orang itu, dan dalam suasana seperti itu. Akhirnya bagaimana mimpi itu berawal jadi nggak begitu penting. Selanjutnya, lirik 'In this gray world, only your red lips shine.' This Gray World disini menjelaskan mimpi itu sendiri. Mimpi kan gitu ya suka hitam putih (kalau gue sih seringnya hitam putih kayak The Artist). Trus juga gak jelas apakah sebenarnya ketika kita tidur kita akan mimpi baik atau mimpi buruk. Jadi abu-abu gitu. Gray World (jangan lupa R di kata Gray tolong) ini digambarkan di dalam MV juga. Jadi semua yang warna-nya hitam putih itu adalah alam mimpi.
*
*
Kemudian lirik selanjutnya 'The moment I try to kiss your lips. I awake from my dream'. Taruhan, setiap kali mimpi pasti ada kalanya sesuatu membangunkan kita sebelum atau justru saat mimpi kita mencapai klimaks. Nah itu juga yang pengen diceritain disini. Gue jadi inget, gue dulu pernah mimpi nih bisa terbang gitu. Trus karena gue bisa terbang, ya gue manfaatin buat kesana kemari di udara gitu kan. Nah pas gue niat mau memanfaatkan kemampuan terbang gue dengan balap-balapan sama Garuda Indonesia di udara, gue tiba-tiba terbangun. Kesel kan.

Lirik ini: 'Your face is still so clear, The heat of your hand that I held is still warm' menggambarkan bahwa ketika kita bermimpi sebenarnya kita tidak benar-benar tertidur (gue pernah baca di buku gitu, soalnya ketika kita bangun kita masih bisa inget mimpi kita kayak gimana). Nah kadang, mimpi itu bisa terasa sangat nyata sekali kan. Sampai-sampai kita beneran kayak lagi megang sesuatu, makan sesuatu (SUMPAH INI PALING NYAKITIN PAS KEBANGUN), atau lagi nyium sesuatu #EA #BUTSERIOUS

#3 Highlight dari MV ini sebenarnya adalah Stand-Microphone Dance-nya. Kenapa gue bilang begitu? Soalnya di banyak adegan member sedang 'mempermainkan' stand-mic itu, kamera-nya di close up/medium close-up gitu. Jadi semacem pengen ngejelasin, ini loh yang harus lo liat dari MV ini, bagian ini yang paling penting. Sebenarnya lebih banyak lagi di Dance Version MV tapi karena kita gak sedang membahas Dance Version MV-nya, jadi ini yang ada di MV bukan Dance Version.
*
*
#4  Ngomong-ngomong soal Stand-Mic, ini MV lain dari SHINee yang Dance-nya pake instrumen. Biasanya kan dance ya dance aja gitu gak bawa benda-benda sesuatu. Nah ini jadi mengingatkan gue sama MV Love Like Oxygen yang pas MV dance-nya pake-pake kursi. Sementara di MV setelah itu, gak pake instrumen apa-apa.
*
*
Bagus sih idenya, jadi nggak bosen cuma gerak-gerak badan, tapi ada yang di maenin di depan kamera :3 Besok besok abis Kursi, Stand-Mic, coba bawa pentungan, gong atau semacamnya gitu biar variatuf.

#5 Gue baru tau kalo bandana bisa dipake di leher juga. HAHAHAH
*
*
#6 Minho cuma bilang 'SHINee's Back!' sekali aja di lagu ini. Akhirnya dia sadar kalau misalnya 'Back Back Back Back Back' yang kebanyakan itu annoying juga kan ã…‹ã…‹ã…‹

#7 Bagian belakang tempat tidur (dinding belakang) beberapa kali berubah ketika member yang berbeda terbaring diatasnya.
*
*
*
Yang paling keliatan sih adegan di 00:54 sama di 00:57 waktu Taemin terbangun dari tidurnya trus tidur lagi trus tiba-tiba dia jatuh dari angkasa ke atas kasur. Pertama, di 00:54, dia terbangun di atas kasur dengan background cokelat sebagai dinding sementara di 00:57 ketika dia jatuh dari langit dinding di belakang kasurnya jadi yang warna biru berlampu dan background cokelat pindah jadi lantai. Kemudian, di 00:54 di sebelah kasur ada meja kecil yang diatasnya ada jamnya sementra di 00:57 nggak ada meja sama sekali. Padahal kalau dilihat dua adegan ini seperti adegan yang berkelanjutan (kontinyu). #EA Hal yang sama terjadi pada adegan Key juga di awal.
*
*
#8 Keren deh, bentuk kain ungu diatas kasur yang terbentang luas sampai ke lantai itu nggak berubah ketika ditidurin Key di awal sampai ditidurin Taemin. Padahal tidurnya juga gak nyante gitu ya tapi tetep rapih aja.
*
*
#9 Perhatikan stand-mic Key di 01:15, 01:16 dan 01:17, posisinya berubah ubah dengan cepat dari kiri ke kanan dan ke kiri lagi. Cek deh di gerakan dance-nya (Dance Version) itu Key gak ada adegan mindahin standing mic di menit dan detik itu tapi ketika angle kamera berubah posisi stand-mic nya juga berubah \(^__^)/
*
*
#10 Waktu adegan Onew jatuh ke lantai dan guling-gulingan, perhatikan di awal sebelum dia terjun ke lantai, tangannya lurus ke depan (seperti membuat penghalang supaya dadanya gak gedebug ke lantai gitu) tapi di scene berikutnya tangan Onew pindah jadi ke samping kayak pasrah aja gitu dada-nya kena lantai.
*
 *
Sebenarnya ini agak tricky. Sih kalau misalnya kita perhatiin, set yang digunakan di MV ini kan bisa diputar-putar gitu ya. Kadang dinding jadi lantai, kadang lantai jadi dinding. Nah dugaan, ketika adegan Onew jatuh ke lantai (gambar yang atas), itu memang bener tangannya memang ke depan sebagai penghalangdada biar gak langsung kena lantai. Tapi anyway, lantai yang itu sebenarnya trampolin sih (coba perhatiin waktu adegan Jonghyun jatuh trus lantainya agak turun karena beban tubuh Jonghyun). Nah di scene berikutnya (gambar kedua dari gambar Onew diatas), kamera kan berubah posisi tuh, set-nya juga berubah posisi. Lantai itu sekarang jadi dinding. Artinya,adegan Onew di gambar ke-2 itu sebenarnya dia sedang berdiri dan menabrak dinding. Tapi karena kamera-nya di posisikan 90 derajat jadi seolah-olah dia jatuh ke lantai.

Baru dugaan loh ya, tapi kalo kalian perhatikan kakinya Onew di detik selanjutnya (01:49) sebelum Onew menggeliat kayak belatung, ada yang aneh disitu. Kalau memang itu posisi Onew lagi tengkurep di lantai (artinya bukan karena efek kamera yang dibalik 90 derajat) bagian betis ke bawahnya gak mungkin bengkok begitu. Yah kecuali dia iseng, tengkurepnya gak santai tapi penuh beban. Bebannya adalah memaksa kaki bagian bawahnya terangkat sedikit. Kalaupun misalnya itu adegan tiarap beneran, pasti yang keangkat cuma telapak kaki yang berpijak dengan jari kaki, nggak keangkat juga betis semua gitu.

Nah coba lihat kalo misalnya itu frame-nya jadi diputer 90 derajat searah jarum jam, jadi keliatan kayak Onew berdiri trus nemplok di tembok gitu. Jadi trik nya tuh kayak gitu sebenernya. Sotoy sih gue. Tapi gue yakin ini bener. Trus coba aja liat adegan selanjutnya, pas Onew ketarik keatas, itu keliatan banget kakinya gerak mundur :p Dan pas adegan guling gulingan ke tembok sebelahnya juga selain Onew terlihat tertawa, dia juga keliatan lagi jalan nempel tembok kok itu. Onew sebenarnya hewan melata.


 *
 *
#11 Masih di adegan yang sama ketika Onew gegulingan, di menit 01:54 Onew tidak menggunakan ikat pinggang, dimenit 01:55 ikat pinggang Onew tiba-tiba muncul dari surga. Dan detik setelahnya ikat pinggangnya hilang lagi dong.
*
 *
#12  Perhatikan kaoskaki Onew juga dong gaisss. Di menit 01:54/01:55, ketika dia gegulingan, kaoskakinya warna hijau. Tapi satu detik berikutnya sekitar 01:56/01:57, pas dia terbang ke udara itu, kaoskakinya jadi warna biru.
*
*
#13 Jam yang dipukul Key dimenit 02:30 bahkan tidak berdering sama sekali. Perhatikan aja bagian lonceng di atas jam dan penggerang lonceng di tengah-tengahnya nggak goyang-goyang. Trus kenapa Key harus mukul jam yang alarm-nya nggak bunyi? :p Dan, eh, bukannya jam yang kayak begitu buat ngematiin alarm-nya tidak dengan dipukul ya? :p
*
 *
#14  Ngomong-ngomong soal Jam, itu dari member satu ke member lain yang tidur jam-nya nggak berubah tuh jam 7  kurang 3 menit terus. Perhatikan pas Onew terbangun dari tidurnya dan adegan Key memukul jam tanpa alasan. Sama Taemin juga di reff pertama juga jam-nya segitu segitu juga.
*
*
#15 Bagian Jonghyun yang 'Jamkkanman meomchwoseo igeon kkumi aninde' di kuping gue mirip sama Mr. Simple waktu part Donghae 'eojjeomyeon gwaechanha shwieo ganeun geotdo joha' BANGET. Waktu pertama kali denger lagu ini gue langsung nangkepnya part Donghae yang itu.

Nah, ngomongin Mr. Simple juga, beberapa kali, editing MV Dream Girl ini juga sama kayak yang dilakukan di Mr. Simple (dan juga A.Mi.Go):
*
*
#16 Kalau kalian nonton MV yang dance version, perhatikan deh di setiap pergantian angle kamera, itu ada gerakan dance yang tumpang tindih. Misalnya, di adegan pertama Minho-nya udah gerak jalan ke sebelah kanan (kamera) sambil ngedorong stand-mic, tapi adegan berikutnya (dari angle berbeda), gerakan yang sama terulang dari awal (yang seharusnya kan lanjutan dari gerakan sebelumnya). Salah satu contoh yang ini, di dance version MV menit 01:31:
*
*
#17 Kadang heran juga, kenapa seringkali di MV-nya, SM selalu naruh bendera Inggris ya? Sexy Free & Single, trus sekarang Dream Girl ini. Coba cari bendera Inggris ada di mana di MV ini! #ceritanyanyuruh

#18 Cewek yang di MV ini memang keliatannya udah tua ya. Ya, SHINee kan suka sama noona-noona gitu. Trus gue juga tahu alasannya kenapa di mukanya di taruh bunga-bunga gitu: soalnya kalo di kotak-kotakin (disensor) kesannya kayak pelaku tindak pidana atau korban kekerasan gitu, jadi biar kesannya cantik dikasi deh bunga-bunga. Jadi kan kalo misalnya orang tanya, 'Eh siapa sih cewek yang di MV SHINee Dream Girl?' jawabannya gampang: 'Sebut saja bunga~' Ya gak salah soalnya di mukanya kan ada bunganya. anyway, si mbak mbak punya tahi lalat di dada sebelah kanan.... #EAK DAN GUE BINGUNG DIA KAN GAK PUNYA MATA KOK BISA LONCAT LONCAT ANGKAT ROK SIH?!

#19 Gerakan dance yang menjentik-jentikan jari di Dream Girl sama juga tuh sama yang di Sherlock :D Beberapa gerakan dance terulang juga.

#20 Gatau kenapa ya, gue suka banget adegan Onew yang di gambar di bawah ini :) Kesannya kayak pas mimpi itu gak ada awal gak ada ujung.
*
*
#21 Adegan waktu Minho dalam mimpi menarik Minho di dunia nyata itu juga ada yang janggal sih. Waktu adegan awal kan Minho-nya ditarik tuh talinya dari dalam jendela. Trus talinya jadi kenceng gitu. Pas adegan berikutnya talinya malah longgar lagi, padahal kalo udah di tarik sekenceng itu harusnya sih kenceng terus. Harusnya. Tapi gue suka visualisasi tarik-tarikan ini. Artinya gampang aja, pas kita bangun tidur, pasti pengen tidur lagi. HAHAHAHAH
*
*
#22 Kata 'Dream Girl' diucapkan sebanyak 16 kali sepanjang lagu. Nggak percaya? Yaudah. Bye.

 *
#23 Coba kita hitung ada berapa binatang yang ada di cover album Dream Girl ini....... SM ini kebun binatang beneran. Kalo dipikir-pikir sih konsepnya mirip f(x) kemaren Electric Shock, tapi konsep cover yang ini mirip sama SNSD juga yang I Got A Boy. Sama sama abstrak. Tapi yang SHINee dapet banget untuk konsep dunia mimpi-nya. Dunia mimpi di kebun binatang.
*
*
Gimana? Ada poin yang lain? Maaf kalau tidak menyebutkan poin celana Jonghyun sama kayak celana siapa itu di SNSD? HAHAHAHA karena semua sudah menyadari itu jadinya gue gak masukin. Yah kalo sama ngapain dong dimasukin? Mubazir.....

Anyway, maaf kalau MV review yang ini TELAT BANGET YA TUHAN KAMPUNGAN BANGET GUE! Aduh susah bagi waktunya kemaren-kemaren sibuk banget #EAK ;) Tapi semoga ini memuaskan yaaa ^^v Next MV akan lebih cepat lagi deh :D :D :D

Selamat ber-hari Minggu!

PS: Aku belom nonton Behind The Scene jadi ini beneran abis nonton MV langsung review :3 #ketjup

Baca juga : Dream Girl PART 1 | Dream Girl PART 2 

Share:

30 komentar

  1. Kyaa... akhirnya baca juga Review MV DG , maasih kak suho, dah review :)

    eehh... tunggu...." #17 Kadang heran juga, kenapa seringkali di MV-nya, SM selalu naruh bendera Inggris ya? Sexy Free & Single, trus sekarang Dream Girl ini. Coba cari bendera Inggris ada di mana di MV ini! #ceritanyanyuruh" , kayaknya ini ada di cincinnya taemin deh,

    "#5 Gue baru tau kalo bandana bisa dipake di leher juga. HAHAHAH
    *" Kesan pertama q juga gitu, yang dipake dileher taemin mirip sama bandana yang dipeke sungmin di SFS

    eh tapi, review mu kece kak, nonton ampe berapa kai sih ??

    BalasHapus
  2. Btw, bagian tentang Onew yang gelindingan itu bener kok. Emang dia gelindingan di tembok, bukan lantai dan kameranya itu 90 derajat. Ada di BTSnya :)

    BalasHapus
  3. Om, lu bisa bikin mimpi sendiri (lucid dream) juga toh? keren kereeen :D

    BalasHapus
  4. 02:22 jas minho kebuka pas dia nempel di trampolin en mau bangun,
    02:23 pas dia bangun en lari ke depan itu jasnya terkancing rapi.

    KAN AKU UDAH MENTIONIN KAMU ITU, ABANG RON!!! -__-

    dan iya, posisi betis onew ga rata ama lantai, karena dy berdiri dan nempelin lututnya ke tembok.


    review kali ini pendek bgt ya?

    BalasHapus
  5. Review nya daebakk kak ron :D ditunggu review review selanjutnyaaa...

    BalasHapus
  6. Kaka, di MV Dance version, di menit 01:28-01:30 gitu, itu Onew salah gerakan lupa ngambil stand mic nya apa emang begitu?

    di MV, menit 02:06, bendera Inggris ada di cincinnya Taemin.

    pas Onew guling2 di lantai, coba deh liat dasinya Onew.
    Pas Onew duduk mau berdiri itu, dasinya malah ke samping, bukannya ke bawah.


    @JH_Nimm

    BalasHapus
  7. Ngakak dari awal samapi akhir baca review dream Girl appa Suho...
    baidewei, MV SJ M Break Down kok ga dikupas tuntas sih abang?

    tertanda

    Istri Lu Han

    BalasHapus
  8. kesan pertamanya sih 'tumben gak kotak indomi doang, dikasih yg agak modal dikit efek2 layar rusak..'
    hmm,, belom nonton BTS nya sih, padahal gak ngerti sama konsep Onew yg guling2an itu berdiri apa tiduran.. -__-

    mbak2nya gue yakin cantik loh, kayak bule *sok tau*,, cuman mungkin terlalu pemalu, jd takut didebutin sama SM kayak nasib Victoria di noona neomu yeppo.. *haha,makin ngaco*,, eh tapi model di amigo gatau kemana deh ya..

    berarti konsep binatang2 nya f(x) masih kebawa2 yaa ampe EHEM yang katanya konsep eksoh kambek dg wolf. kesel juga sih banyak exo stan yg gencar bgt ngedit poto2 exo pake konsep wolf.. jadi makin sangar, gak unyu munyu lagi,, aduuh,, bbuing bbuing + kiyomi pake kostum serigala kan rasanya aneh.. sudahlah OOT..

    kembali ke saini..mungkin pake standing mic itu biar ada variasi properti di stage, biar gak bosen juga.. *eh jadi keingetan SM The Manager yg pake kain pel* haha.. inspirasi juga tuh, sambil bersihin dorm, sekalian ngapalin gerakan dance..

    BalasHapus
  9. kereeeennn kak... Ron.. ;)
    neomu joha.. iyaahh... bnyak sesuatu yg agak EXO di MV ini. hexagonal2 gitu... kkekekekek.. aq menyadari itu kog.. kak...

    nahhh soal perkiraan kakak ttg onew yg gelindingan di lantai.. saya juga mikir itu trik kamera aja..
    dan saya juga udah duga kalo kak Ron bakal komentarin ttg dinding ato lante dasar yg adegan bangun-tidur di kmr.. XD
    sblm dipost reviewnya, saya udah menyadari letak kasurnya.. kekkeekekeke..

    klo ttg model ceweknya.. saya kaget aja itu ngangkat roknya tinggi bgt.. WOW...

    klo aq siih paling suka adegan di part black-white dan pas mereka nyanyi pake MIC nya..
    bener2 kereenn.. mic nya dimainin ksana ksini gituu....

    SHINee DAEBAK lahhh bisa nyanyi+dance make standing mic kaya gitu... krna emg sulit nyanyi bawa properti.. ^^

    BalasHapus
  10. rada gk ngerti sama mv nya sebelum baca review ini . tapi sekarang udah lumayan ngerti kok # masih lumayan lo , otak gue kn gk nyambung

    buatin review SM The Manager yang coverin Dream Girl donk .
    Mantep tuh

    BalasHapus
  11. Daebak, tapi nggak maksimal! Nggak tau kenapa ._.
    Meski gitu ane tetep suka kok :3
    Repiew yang Fire dong kak :)

    BalasHapus
  12. ada poin lagi, cobak deh admin perhatikan kaki Taemin pas bagian Minho dan Key nyanyi di background yang coklat... trus pas pergantian dari set Hexagon ke set nuansa kamar itu, awalnya tangan Taemin gak nyentuh stand-micnya, tapi pas dishoot dari angle lain, dia jadi megang stand-micnya cuma lepas lagi sehingga stand mic.nya jadi mau jatuh.
    udah, itu aja sih min.. makasih infonya

    BalasHapus
  13. tentang barang yg suka ganti2 (kalo detik sekian gini, tpi di detik selanjutnya gitu), kok gue curiganya sm punya maksud tertentu. lo pernah mikir kayak gitu gk bang?

    BalasHapus
  14. CIEEEEEE ADA YANG TYPO CIEEEE -____-

    BalasHapus
  15. "...setiap kali mimpi pasti ada kalanya sesuatu membangunkan kita sebelum atau justru saat mimpi kita mencapai klimaks.." Gila! itu bener banget ><

    Yang ini kok agak pendek yah? Tapi tetap aja suka, sukses bikin senyum-senyum sendiri :^)

    BalasHapus
  16. SM demen banget ngebeli lagu orang dah:/ lagu shinee-dream girl ini juga mirip sama lagu orang meksiko yang dirilis tahun 2003 judulnya vuelve kalo ga salah. apalagi di bagian reff mirip banget'-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, kalau urusan beli-membeli lagu orang itu bukan hal yang tidak wajar untuk dilakukan. SM tuh pengen ekspansi ke mancanegara, makanya komposer yang dia pake komposer luar. Kalau kemudian ada lagu yang sama, ya kalau komposernya sama mau gimana dong? Selama itu legal dan jadi oke ya gak masalah. nah kamu kroscek dulu, vuelve itu komposernya siapa. Apakah sama dengan dream girl atau nggak. soalnya aku tahu banget beberapa orang di balik dream girl itu dan mereka emang banyak kerja bareng SM. hehe

      Hapus
    2. aku nemu di wikipedia sih komposernya itu Alejandro Asensi, Edgar Cortázar, Luis Miguel, Francisco Loyo. sedangkan dream girl itu Hyuk Shin, Jordan Kyle, Ross Lara, Dave Cook, DK, Anthony "TC" Crawford. bener?

      Hapus
  17. Pake Stand microphone kayak heavy rotationnya AKB48 hahaha

    BalasHapus
  18. ngebantu banget nih postingannya, jadi tau rahasia rahasia di MV DG haha.. jadi ketebak semuanya, eh jadi bikin aku mantengin MV nya berkali kali haha muter mulu berkali kali, smpe lupa tadi udh muter berapa kali. mana nyoba muter sexy, free & single lagi buat mastiin haha penasaran :D

    anyway thanks banget, postingnya bermutu nih, bikin ngakak juga, buat hiburan hahahaha. ditunggu Review lainnya ya

    BalasHapus
  19. gua selalu senyum senyum sendiri pas baca postingan lu om ho , teaser bagus emang gak jamin mv

    BalasHapus
  20. aku ada tambahan ni.. aku lupa menit dan detik ke berapa.. yg pasti sebelum bagian taemin muter stand micnya.. perhatiin kaki taemin..

    Dan di dance version Minho hampir kesingsal (tersandung) krn rempong sama stand micnya :P

    itu saja tambahan dari saya ^_^ (y)

    BalasHapus
  21. aku menunggu review FIRE kak.. kuharap kak suho mau nge review..kamu tau lah kak,tulisan2mu ini cukup membuatku hampir kehabisan kotak tertawa *lirik2 squidward*

    BalasHapus
  22. Kak, bukannya cewek yang di dream girl itu Taemin sendiri ? Kaka perhatiin deh itu bentuk muka dan ketebalan bibirnya itu Taemin banget.Masalah badan yg cewek banget itu yaah Taemin kan badannya skinny macrm cewek gitu, liat aja yg dia nongol di Smtown concert pas duet ChangKyu yang JTWYA.. Temenku juga pada bilang itu Taemin kok. Mungkin SM kekurangan dana untuk sewa model -_- #ngaco
    Anyway reviewnya mantap !

    BalasHapus
  23. Keren reviewnya om !
    #gulinggulingkayakonew

    Eh, btw celana Jjong itu emang mirip siapa d SNSD ? Dan dimana? #kepo

    BalasHapus
  24. Thanks reviewnya om Suho :p

    Oh ya, btw celana Jonghyun mirip siapa di SNSD?
    Dan dimana? #kepo #tapitetepsone

    BalasHapus
  25. aku tau bendera inggrisnya dimana?? di ring nya taemin XD

    BalasHapus
  26. aduh kak suho, kak kevin, kak ronzy >.<
    udah lamaaaaaaa bgt gk nge buka blog kakak sejak exo debut kemaren..
    abis exo debut, udah gk bukak blog kakak lagi..
    soalnya sibuk :| gk sempet ngakak2 ber-senang baca post-an nya kakak :(
    dan yaaaaa, sempet lupa juga sih punya blog langganan di sini '_'
    dan kemaren pas aku lagi iseng2 search C-Clown, eh ternyata kak ronzy juga review MV nya xD adaw, makin cinta ama kakak deh (?) :*

    oke, balik lagi ke shinee.. dan ya ampun kakak ^^ kita sehatiiiii <3
    aku juga nge fans sama semua artis SM <3 Nu'est, C-Clown, B1A4 ^^ (cuman kalo aku sih suka Boyfriend, INFINITE, BIG BANG juga) #gk ada yg nanya #bohwat

    oya, shinee nya lupa '_'
    adaw ^^ pertama liat teaser nya udah klepek2 duluan ama minho sihhh ^^
    cuman ngakak aja pas baca di http://www.kaoskakibau.com/2013/02/SHINee-Salah-Paham-PART1.html masak minho di sama'in sama pemain kabuki xD dan ya ampuunnn xD plis bgt masak onew di bilang 'misconception of age' xD adaw... secara kak dia masih unyu myunyu menyunyu jadi gapapa lah kalo dia bgtu :3

    dan soal lagu2 nya, jujur belom dengerin sihhh.. baru dengerin yg Dream Girl & Beautiful doang.. dan yaaa, abis baca post kakak yg ini http://www.kaoskakibau.com/2013/02/SHINee-Salah-Paham-PART2.html jadi penasaran pengen baca ^^

    keep fighting deh buat kakak :3 jgn males dulu sampek f(x) & exo kambek ya kak yaaaaa... puhhhlissssssss (/\)

    oke deh, sekiranya cukup sampai di sini dulu (?) :3
    bye kak kevin ^^)/ love ya~ :*

    BalasHapus