EXO Comeback, Jadi Pembunuh Bayaran!? [PART 1]

Well... well... well... Belom sempat merasakan leganya bernafas setelah perilisan 'Miracles In December', dan juga belom sempat nonton 'EXO First Box', sekarang EXO udah mau comeback aja. Ahahaha.... Rasanya seperti, "Oh? Akhirnya diumumkan juga comeback-nya? Oke," Dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

Belakangan mungkin gue memang sangat disibukkan dengan berbagai macam hal jadi nggak bisa selalu update soal EXO. Sebenernya sih emang niat buat dikurang-kurangi. Walaupun di awal 2014 gue pengen bisa banyak baca timeline dan lebih update, tapi pada kenyataannya nggak bisa.

Terlalu lama baca timeline itu capek. Terlalu banyak informasi yang masuk dan terlalu banyak tweet yang ingin ditulis karena semua harus dikomentari. Iya, gue emang bagian dari generasi komentator yang sebernya cuma bacot gak ada maksud, tapi tetep aja kena bash. (LOH) (Justru yang nggak ada maksud biasanya selalu di bash kan) (hahahaha)

Tahun lalu waktu EXO comeback 'XOXO: Kiss & Hug', gue memang sangat sangat heboh. Ya jelas, karena kan gosip seputar comeback sudah beredar dari awal tahun walaupun mereka jadinya baru Mei. Sementara sekarang, EXO semacem ada dimana-mana. Kayak kuman. Nggak ada momen kita istirahat dengan mereka. Yang pada akhirnya di kasus gue, gue jadi yang biasa aja pas tau mereka mau comeback.

Semaem nggak ada yang ditunggu. Terlebih gue sudah menebak-nebak sejak awal bahwa abis SNSD selesai promosi 'Mr. Mr', pasti EXO bakalan menyusul. Karena list comeback artis SM sampai akhir tahun ini kan banyak banget. Jadi kalo nggak dipercepat, bakalan nggak kekejar.

Intinya, walaupun gue nggak se-update dulu soal EXO, gue tetep menyambut comeback mereka ini dengan suka cita. Terlebih sekarang konsepnya sangat-sangat-sangat-sangat mengagumkan. Lebih strong dan bold dari 'Wolf' dan lebih kasual dari 'MAMA'. Walaupun ini masih satu jalur gitu sih. Masih ada di garis yang sama.

'MAMA' selalu membahas soal dua bulan dan dua matahari. Mereka pun dikisahkan punya kekuatan-kekuatan gaib yang berbeda-beda satu sama lain. 'Wolf' dan 'Growl' lebih ke kehidupan normal mereka karena konsepnya kan anak-anak sekolahan. Semacem menyembunyikan identitas dari masyarakat bahwa mereka adalah keturunan gaib dari planet galaksi lain.

Gue melihat 'Miracles In December' sebagai penetralisir dari semuanya. Semacem EXO dibersihkan dulu dari image 'Wolf' dan 'Growl' sebelum akhirnya akan dibentuk lagi jadi karakter dengan konsep lain di comeback selanjutnya.

Waktu pertama kali ngeliat teaser comeback 2014 ini (gue nggak tahu bagaimana harus nyebutnya, tapi sepanjang postingan akan gue sebut sebagai comeback 2014), bayangan gue adalah vampir. Iya, langsung kebayang Volturi yang ada di 'Twilight'. Walaupun di sisi lain gue malah membayangkan mereka sebenarnya sedang berperan sebagai pelayan kapal pesiar yang berjiwa psikopat.

*
Gue nggak bisa menyalahkan pikiran gue yang melayang kemana-mana ya. Tapi pakaian putih itu dan celana hitam itu membuat gue berimajinasi lain. Mereka di satu sisi memang vampir, tapi di sisi lain mereka adalah para pelayan kapal pesiar yang punya misi membunuh seseorang. 
Lay bisa jadi si butler karena dia berdiri di tengah, sementara yang lain mungkin adalah pesuruhnya. Mereka ditugaskan untuk membunuh seorang pembasmi vampir yang menyamar sebagai manusia biasa.

Kalo misalnya konsepnya adalah vampir, tetep nyambung juga. Sebelumnya mereka kan sudah nge-'Wolf' dan sekarang bolehlah dari pro-Jacob ke pro-Edward. Mungkin yang membuat auranya jadi agak-agak vampir adalah karena bb cream yang terlalu tebal sehingga membuat mereka tampat sepertu pualam, baju putih yang mendukung, sama sisiran rambut Tao.

Tao terlihat mirip seperti Carlisle Cullen versi terdampar di Qingdao. Tapi untuk dia jadi vampir luar negeri, kalo dia jadi vampir China yang sering di RCTI jaman dulu, mungkin sekarang gue akan menempelkan sticky notes bertuliskan mantera-mantera ke jidatnya.

Selain rambut Tao, iya make-up di sekitar mata anak-anak ini memang sangat mendukung sekali kesan misterius vampir gitu. Terlebih background yang dipilih juga kan hitam ya, jadi mereka terlihat lebih pucat dari seharusnya.

Kalo dipikir-pikir, memang, perubahan ini cukup drastis dari 'Wolf'. Terlihat dari kostum mereka yang lebih kasual dan lebih dewasa, beda banget sama seonggok daging yang lagi angkat-angkat bangku misalnya, atau sesosok tubuh setengah telanjang yang bergaya ke kamera saat sedang pakai baju.

Gue belom bisa bilang kalo konsep kali ini adalah yang terfavorit karena belum semua juga yang dirilis. Tapi gue punya harapan yang sangat besar dengan konsep yang kali ini. Walaupun pada akhirnya kita semua harus siap dengan kemungkinan terburuk sih. Karena teaser foto biasanya selalu bagus sementara konsep MV akan tetep standar.

Oke, dari 12 member yang ada di teaser foto di atas, keberadaan Lay di tengah cukup membuat tercengang juga. Biasanya kan kalo ber-12, yang jadi tengah seringan Luhan atau nggak Kai. Lay mainannya selalu di pinggir-pinggir.

Mungkin belakangan dia sudah sempat makan malam berdua sama Lee Soo Man terus mendiskusikan soal eksistensi-nya di EXO. Dia suara bagus, kemampuan main musik oke, tapi kenapa harus jadi dancer yang pada akhirnya porsi nyanyinya di grup hanya sebaris dua baris doang. 

"Yasudah, sebagai pengganti selama ini kamu selalu mojok, saya kasih kamu spot di tengah ya. Luhan sama Kai di belakang kamu dulu," mungkin begitu kata Lee Soo Man.

Walaupun gue ngebias Lay, gue sebenarnya pengen Baekhyun jadi tengah. Tapi karena dia terlalu tengil, mungkin image itu gak cocok untuk jadi tengah di konsep ini. Takutnya di benak orang-orang sudah terpatri Baekhyun yang pecicilan, jadi ketika dia diletakkan di tengah, hancurlah konsep misteriusnya.

Tapi ya... jika ada satu member yang dijadikan center, maka member lain harus rela mundur. Chen dan Suho misalnya. Chanyeol jadi depan mungkin karena supaya orang-orang ngeh, "Oh ini kan yang waktu itu di 'Laws of the Jungle' kan ya? Dia juga main di 'Roommate' deh kayaknya," Sementara Xiumin di depan mungkin efek dari popularitasnya yang meroket selama beberapa bulan terakhir.

Lantas bagaimana dengan D.O? Bukankah dia bakalan ada drama dan film yang akan tayang, kenapa dia harus di belakang? Mungkinkah karena orang-orang sudah kenal dia dan namanya cukup populer?

Tapi Suho sama Chen-nya kan kasian. Baekhyun juga nyempil banget di belakang. Sedih banget. Hahahaha (walaupun Baekhyun sih yang lebih kasian karena badannya cuma sepotong)
*
*
Pada dasarnya semua member akan sangat terlihat keren dengan rambut hitam. Baekhyun terutama. Bosen liat dia dengan berbagai warna rambut yang macem-macem. Hitam adalah yang terbaik. Nah, begitu juga dengan Suho sih.

Tapi, kali ini, Suho blonde ternyata not that bad. Dia memang jadi terlihat sangat pucat sih tapi nggak seburuk itu, dia masih terlihat baik-baik saja. Menurut gue bahkan mirip Kai disitu. Dan kenapa dia jadi kurus banget sih. Ahahaha 

Anyway, foto teaser yang ber-6 itu malah jadi mirip misionaris gitu ya? Melanjutkan konsep tudung-tudung di 'MAMA'. Biarawan. Semacem itulah.

Jadi sebenarnya vampir atau biarawan nih?

Kesimpulannya, D.O-Baekhyun rambut hitam, Chanyeol-Sehun rambut cokelat kemerahan, Suho-Kai rambut pirang.
Nggak nyambung.
*
*
Apa cuma gue yang melihat Lay disitu sebagai Donghae+Taemin? Ahahaha Tao tetep dengan tampang premannya yang selalu totalitas. Tolong abaikan saja adegan ketika dia ke Namsan Tower dan berteriak heboh sambil jepret-jepret foto.

Luhan punya aura yang bener-bener misterius dengan dandanan dan tatapan itu. Gue malah tiba-tiba berharap konsep yang di MV drama 'Wolf' dikembalikan lagi ke Luhan. Dia kembali punya kekuatan gaib dan dengan tatapan mata seperti itu, dia akan mencabik-cabik Sohee dan memakan dagingnya.

Chen keliatan kayak mas-mas baru abis pulang Jumatan tapi lupa pake peci. Sementara Xiumin terlihat seperti hantu abang-abang galau yang tiba-tiba meninggal karena sakit jantung kemudian dihidupkan kembali oleh kekuatan gaib dan sekarang jiwanya hilang dan mukanya murung selamanya.

Kris mirip Arthur. Sekali lagi. Kris nggak berubah sama sekali dari MV 'Wolf' dan 'Growl'. Dandanannya keliatan sama dan nggak ada sesuatu apapun yang di-upgrade gitu. Keliatannya biasa aja. Mungkin sengaja kali ya, kalo dia terlihat luar biasa di belakang, Lay bisa kalah.

EXO bakalan comeback tanggal 15 April ya? Katanya ada gerhana ya? Ahahaha... Sebenarnya ini akan terdengar sangat WOW kalau saja baru pertama kali dilakukan. Hahahaha soalnya ini sudah pernah dilakukan sebelum-sebelumnya bukan? Kalo gue nggak salah inget, gue pernah bahas ini pas jaman-jaman 'MAMA' deh.

Atau..... nggak?

Tapi gue pas denger itu berasa deja vu aja. Berasa yang kayak, "Ah isu lama...." udah nggak menarik lagi. Kalo tiba-tiba EXO comeback waktu Komet Halley jatuh mungkin itu lain cerita. Kalo yang satu ini, gerhana ini, udah biasa ajalah.... Heboh sih, keren aja kesannya, tapi udah pernah heboh pas kapan jadi kalo heboh lagi kayak, yaudahlah ya....

Buat fans baru mungkin bisa heboh gapapa. Wajar kok. Fans lama ngalah aja.

#dibacok
*
 *
Kalo tadi kita bahas panjang lebar soal vampir, teaser individualnya malah jauh dari kesan vampir. Misteriusnya tetep ada tapi udah nggak semisterius yang tadi. Sekarang, di foto Kai misalnya, malah keliatan kayak anak-anak dugem dan grup yang akan comeback dengan lagu elektronik. 
Tapi gue suka sama permainan warnanya sih. Di tengah-tengah grayscale itu ada warna biru dan merah yang membuatnya terlihat mencolok. Kesannya kayak ada dua kepribadian yang berbeda. Kai yang asli warnanya gelap sementara bayangannya ada warna sedikit. Semacem konsep Two Moons juga sih. 
Sementara Luhan terlihat full color. Berbeda dengan Kai yang memberikan kesan dua kepribadian. Luhan terlihat berwarna bahkan di bayangannya di cermin. Beberapa orang mungkin menyimpulkan konsep Angel dan Demon itu dari kostum yang mereka pake ya. Karena Kai pakai hitam maka dia jadi Demon sementara Luhan karena putih makanya jadi Angel.

Tapi tetep aja dua-duanya nggak ada kesan Angel dan Demon gitu kalo di teaser individual ini. Beneran kayak grup KPop yang bakalan comeback dengan lagu elektronik. Beneran deh itu teaser kesannya kayak poster promosi kelab malam futuristik.

Beda sama yang teaser grup, itu lebih ada kesan misterius. Ya kita liat aja besok gimana teaser yang lainnya deh ya.... hehehehe


***

Anyway, gue mau mengajak kalian untuk berpartisipasi di event 1 tahun HISTORY nih :) Gue tahu fandom grup ini emang nggak sebesar EXO atau pun misalnya grup lainnya di Indonesia. Tapi gue akan sangat seneng kalo kalian mau seru-seruan untuk ikutan project gue sama @HISTORYINDO :) Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut.

*

Selain itu, gue juga butuh dukungan kalian buat @ANONYMOUS_EXO untuk kompetisi dance mereka yang baru :) Gue ada hadiah buat para voters :) Silahkan buka link ini untuk ikutan Giveaway Modus :) Ini pure hanyalah bentuk dukungan gue buat mereka, nggak ada hubungannya sama manajemen atau apapun.

*

Buat yang suka GOT7, kalian bisa ikutan #OmonaContest dan dapat kesempatan untuk dapetin hadiah CD GOT7 dan T-Shirt dan ada hadiah juga CD KPop lainnya. Ikutan #OmonaContest yuk!

Share:

19 komentar

  1. salut sama ron yg sanggup menuangkan pemikirannya yg komplet dalam satu post :D sebagai org yg lbh suka diam *atau bacot di twitter* *ini paradoks kayfine biarin* sy kagum :3 soalnya buat saya nulis lbh dari 300 karakter itu beban berat lols

    BalasHapus
  2. luhan yang jadi ankh di kamen rider yang tyang di indosiar :D

    BalasHapus
  3. umin disini oke bgt, rambut nya beda
    lay ditengah aku seneng bgt, dia kan sebenernya cakep cuma jarang aja diperhatiin exo fans
    udah itu multi talent lg, pantes lah dia di tengah

    BalasHapus
  4. hahaha..kak ronzy bisa aja. masax EXO jadi Vampir, tapi keren juga sih kalau EXO bener2 jadi Vampir. Tapi Aq masih kngen sama konsep EXO di Era MAMA

    BalasHapus
  5. aaahhaaiiy... setuju banget yang tentang pelayan kapal pesiar,hahahaa. anak magang? sales?bartender? pokoknya yang serba pake atas putih-bawah item, mau ijab kabul donk..?? hahaha

    BalasHapus
  6. Ini komen pertamaku, salam kenal kak Ron.

    Kak teaser Foto Tao, Sehun, sama Lay uda keluar lo. Uda ga sabar ni Baca review kakak.

    BalasHapus
  7. menurut gue konsep EXO itu " siang pelayan restoran, malam preman pasar"

    BalasHapus
  8. yehey!! exo comebackkk

    BalasHapus
  9. segala BB cream di bawa2 buwahahahahaaaaaaaaaaaa......... chen ya Alloh si chen lupa pake peci, Luhan Rambutnya lekong,melambai bo ! itu mimin buwahahahahaaaa emang beneran ilang gairah kehidupan :D,

    BalasHapus
  10. halo fans "lawas" EXO,, halah..

    setuju deh ttg kombek 2014, buat fans exo yg lama pasti ada ngrasa beda atmosfernya antara kombek 2013 n 2014. kalo yg 2014 kan mereka sebelumnya banyak job jadi sering nongol (showtime, acara musik dll) jadi kita masi bs menikmati EXO dg leluasa, jadi ketika mereka skrg mau kombek kita gak tlalu over hebohnya. nah kalo jaman 2013 kan job nya masih gersang, jadi ketika mereka kombek tuh, berasa nemu oase di padang sahara. apalg parahnya sebelum kombek 2013, fans sering bgt bikin rumor kombek (yg bikin kita brasa di TROLL in sama chen mulu) dan adanya GROWL leaked. Ak masi inget rasanya seneng bgt pas ad rumor exo bakalan kombek november 2013 habis project MAXSTEP. ee ditunggu2 tnyata kombeknya masi jauuh bgt. hahaha

    ttg teaser, menurutku, SM emg jago bgt bikin ngiler para fans via teaser, tapi begitu MV nya keluar, paling2 reaksinya paling "ooh gini toh MV nya, kok bagusan teasernya"--> contoh kombek F(X) "rum pum pum", padahal konsep yg diteaser udah bagus loh. tapi itu ga semua sih, masi byk juga beberapa yg MV n teaser sama2 bagus. Tapi yg jelas, memang pantas diakui kalo SM jago bikin teaser. C:

    kalo liat foto teaser EXO sekilas kok ad kayak ad benang merahnya sama SNSD MR.MR ? sama2 ad cahaya pink n biru. Oh mungkin tim kreatifnya sama kali y,,

    itu foto2 individual teaser mungkin diupload sama staff SM bdasarkan foto yg paling bagus n bukan pake perhitungan ala FBI hahaha. ini cuma mungkin loh. eh tapi siapa tau juga y kalo skrg staff SM nya ketularan fans EXO jadi selalu membuat perhitungan ala FBI kalo mau upload foto.
    btw kalo diperhatikan kris kok kalo untuk photoshoot beneran "feel"nya g tlalu sekuat kayak kalo di "shoot" sama fanbase y?

    Semoga kombek 2014 bs lebih maksimal dari sebelumnya dan semoga tidak mengecewakan. (psst semoga musiknya g pake dubstep lagi, lama bs overdosis dub step jadi setep lagi yg dengerin). Amin.


    BalasHapus
  11. om bahas review MV Super Junior M yang Swing dong...

    BalasHapus
  12. tapi tanggal 15 april itu blood moon gak gak sekedar gerhana bulan :)

    BalasHapus
  13. bener banget kak, mungkin karena exo udah kayak "kuman" jadi pas gw denger comebacknya gak begitu heboh kayak jaman wolf sm growl.
    oh ya, si kai wajah sm posisi tangan nya kayak minta hujan pas malem minggu, hehe

    BalasHapus
  14. kalo mv teaser udah ada jangan lupa do review ya kak suho :b

    BalasHapus
  15. bener banget kak, pas ada info exo comeback feelnya biasa banget gak kayak dulu trus comeback kali ini gak di kasih tahu temanya apa gak kek dulu :v

    BalasHapus
  16. Kak, sebenernya gue sempet searching soal info EXO comeback dan mau liat foto-foto teasernya. Dan ketemu salah satu account YouTube, yang nampilin foto teaser mereka sama lagu instrumental comebacknya, DAN SEKETIKA GUE SPAZZING SAMBIL JILAT-JILAT LAYAR LAPTOP --engga sebegitunya juga sih. Nah, dari info-info yang gue tau dari fanbase EXO internasional, katanya tema EXO comeback kali ini tuh kayak 'Masked man vs Vampire'.

    Karena keliatan banget perbedaan make-upnya EXO-K sama EXO-M. Make-up member EXO-M keliatan lebih misterius dan gelap, mereka juga kayak pake eyeshadow sama eyeliner yang tebel gitu sampe keliatannya vampire banget. Sedangkan EXO-K, make-up mereka keliatan lebih simple dan ngga seheboh EXO-M yang sampe tebel-tebel amat. (Jujur aja, pengen banget liat Baekhyun pake eyeliner lagi kayak pas di zaman MAMA sama History)

    Tapi ya gue percaya aja. Terus instrumental song comeback mereka tuh kayaknya agak ngebeat juga, ga beda jauh-jauh amat sama Wolf. Tapi pas ngeliat individual teasernya, gue jadi mikir juga, kak. Kok ya individual teasernya ga ada miripnya sama teaser barengan mereka.

    BalasHapus
  17. Klo gue mikirnya si Lay mirip bangeet sama Donghae, Bang. Gak nyangka gue Lay klo dijadiakan center kelihatannya cakep banget, haha..

    BalasHapus
  18. Wah, Kak Ron.. Ternyata kita hampir sependapat ya soal teaser comeback EXO ini. Pas pertama aku ngeliat teaser ini, awalnya aku mikir, mereka kayak para pelayan kerajaan di abad keberapa gitu.. Weeh, apa kali ini konsep mereka jadi babu? Kayaknya gak mungkin, deh. Trus aku amati lagi (make-up mata sama bedaknya) lho kok mirip vampir ya? Jangan-jangan konsep kali ini mereka jadi vampir? Secara kan EXO itu konsepnya selalu berhubungan dengan supranatural gaib gaib gitu..

    Oh ya, di teaser EXO-K itu Suho kelihatan keren sama rambut blonde.... Trus Sehun jadi kelihatan makin dewasa, & Baekhyun kelihatan menderita banget (kayak habis disuruh nyuci kain sama Lee Soo Man aja).

    BalasHapus