EXO 2015 COMING SOON

*
Sejak Kris mutusin buat ninggalin EXO, ada banyak banget hal yang berubah. Nggak cuma dari dalam EXO-nya saja, tapi juga dari cara gue melihat kedua belah pihak. Perubahan yang sangat besar terjadi pada bagaimana gue ngeliat EXO sebagai sebuah grup, dan bagaimana gue ngeliat Kris sebagai individu.

Hal yang sama juga terjadi ketika Luhan akhirnya menyusul Kris ke dunia fana. Yah... grup ini tidak lagi jadi grup yang sama seperti dulu.

Gue ketemu sama beberapa orang yang suka banget EXO sejak awal, setelah beberapa kejadian menyakitkan di 2014 kesukaan itu berkurang. Bahkan, salah satu fans Kris dengan sangat menggebu-gebu bercerita ke gue dia tidak lagi menyukai EXO dan ikut pergi bersama Kris ke dunia fana.

Dalam hidup, akan selalu ada kenyataan yang menyedihkan dan tidak bisa dihindari. Seperti cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Enggak bisa bohong. Kalo lo ngikutin grup ini dari zaman teaser keluar, lo nggak akan bisa semudah itu membenci salah satu dari mereka. Well, walaupun di beberapa kondisi lo mungkin akan eneg kalo ada orang di timeline lo kebanyakan membicarakan Kris, terlebih ketika lo sedang dalam fase 'tidak suka' ke dia.

Ketika Kris keluar dari EXO, gue sendiri pernah bilang kalau akan ada masa-masa di mana gue akan kesel sampai taraf yang tidak terkira ke Kris. Tapi nanti, setelah itu, akan ada masa juga dimana gue akan kangen sama kebersamaan mereka.

Kebersamaan yang, yah entah kenapa, dengan penuh maaf, terlihat seperti diatur-atur sih sebenernya. Kebersamaan yang sepertinya diliputi oleh kebohongan yang tak benar-benar tampak di antara satu sama lain, namun tersirat. Kebohongan yang kalau misalnya terkuak, atau tercium oleh orang-orang yang salah bisa menghancurkan segalanya.

Yak. Demikianlah. Gue berhasil memulai postingan kali ini dengan sedikit curhat dan drama. Tapi emang, EXO sekarang jadi penuh drama sejak lawsuit demi lawsuit ditujukan ke manajemen. Kalo ada penghargaan dengan kategori 'Idola K-Pop Terdrama 2014', EXO mungkin masuk nominasinya.

Well, tapi apalah artinya hidup tanpa 'sedikit' drama?

Secara langsung maupun tidak, semesta terasa sangat mendukung EXO sejak drama lawsuit mereka. Coba saja lihat nama mereka yang perlahan-lahan naik. Pemberitaan yang membanjiri kasus itu seolah jadi roket-roket kecil yang semakin menyokong mereka ke puncak popularitas.

Pemberitaan satu minggu pertama sejak tanggal 15 Mei itu terasa dibesar-besarkan. Berbagai spekulasi bermunculan. Enggak cuma dari media Korea saja, tapi juga dari media Tiongkok yang mengawali semua kegemparan dan merusak tidur nyenyak gue hari itu.

Di bulan yang berbeda, semua media menyebut-nyebut nama EXO. Kris. Luhan. Secara bersamaan, semua mendapat porsi kenaikan popularitas yang setara di masing-masing negara. Semuanya seolah berhasil. Rencana besar manajemen seolah terwujud dengan sangat baik.

Kalau diibaratkan 'Maze Runner', EXO adalah para Glader yang hidupnya sudah diatur oleh para Kreator. Selama dua tahun di Glade, para Glader tidak sama sekali tahu apa yang terjadi sampai Thomas muncul. Sampai akhirnya mereka sadar bahwa kehidupan mereka selama ini di bawah kendali Kreator.

EXO debut selama dua tahun sebelum akhirnya lawsuit pertama dikirimkan ke manajemen. Semua pun mulai berubah sejak saat itu. Apa yang direncanakan manajemen sejak 2012 kini mulai dijalankan satu per satu.

Itu kan yang mereka mau? Hahahaha

Belakangan, gue kalo lagi senggang suka bengong dan pikirannya mulai ngelantur. Suka ngayal berlebihan. Gue suka mikir kalau selama ini gue sudah dibohongi oleh SM Entertainment. Gue sudah secara tidak langsung jadi budak emosi mereka.

Dalam pikiran gue muncul hal-hal yang komplikasi seperti: mungkin, selama ini EXO memang tidak pernah dibentuk sebagai grup dengan 12 orang member.

atau

mungkin, selama ini di balik slogan 'We Are One' itu ada sebuah rencana yang menyakitkan. 'We Are One' ini seolah jadi inti dari cerita EXO. Premis dari perjalanan karier mereka gitu.

*BAHASA GUE* *APA SIH* *PREMIS*

Karena kita sama-sama enggak tahu siapa yang bener dan siapa yang salah (karena tentu saja kita semua tidak terlibat dalam kasus kedua belah pihak dan hanyalah orang ketiga yang sama sekali tidak ada urusannya dengan masalah mereka, yang hanya membaca berita dan pendapat fans lain--atau sebut saja siapalah yang orang dalam atau apapun istilahnya--lalu menyimpulkan sendiri), pikiran gue pun jadi jauh melayang ke segala macam rahasia busuk.

Rahasia yang kalau fans tahu, mungkin mereka akan pergi jauh-jauh karena ilfil.

Tapi, syukur Alhamdulillah berkat fans-fans yang men-translate pernyataan dari orang terdekat, orang-orang dalam, dan siapapun itu, pikiran fans jadi terpecah-pecah dan akhirnya mulai mengambil keputusan untuk memihak siapa. Dengan begini, eksistensi masing-masing artis pun bisa dijaga.

Tentu saja ini semua ditulis berdasarkan asumsi bahwa kita semua tidak tahu apa-apa. Jadi semuanya berhak untuk menilai, berpendapat dan komentar. Tentu saja.
*

*
Sore itu gue lagi duduk abis solat Ashar di musholla kantor waktu pikiran-pikiran dramatis ini muncul... pikiran-pikiran yang sudah seperti fanfiction versi gue sendiri soal SM & EXO versus Kris & Luhan:
"Semua berawal dari kontrak ke-12 member EXO yang sudah berbeda dari awal. Bahwa kontrak Kris dan Luhan tidak sama dengan ke-10 personel lainnya. Ini adalah inti dari semuanya. Manajemen dan artisnya tidak akan bergerak tanpa kontrak yang mengikat. Tanpa ada kontrak, maka tidak ada lawsuit. Karena mungkin saja, lawsuit juga sudah tertulis di dalam kontrak. Tanggal berapa, bulan berapa, dan dengan cara apa.

Sebenarnya Kris tidak seharusnya masuk EXO. Sesungguhnya dari awal, SM Entertainment memang sudah menyiapkan pria jangkung bergigi unik itu untuk jadi seorang aktor. Hal yang sama juga terjadi dengan Luhan.

Berangkat dari kenyataan bahwa aktor yang bernaung di bawah SM Entertainment tidaklah sesukses grup idol-nya, membuat kondisi Kris dan Luhan--jika mereka langsung debut sebagai aktor--menuju popularitas akan sangat sulit. Terlebih untuk masuk di pasar Tiongkok.

Jika mereka ingin masuk pasar Tiongkok dan jadi aktor, paling tidak mereka sudah harus punya nama besar dulu. Cara mendapatkannya? Dengan debut sebagai member dari sebuah grup idol. Karena kalau tidak, nama mereka sebagai aktor tidak akan terdengar gaungnya.

Industri ini sangat sulit. SM Entertainment yang notabenenya adalah manajemen kelas 1 di Korea saja merasakan kesulitan itu dari sisi aktor dan aktris mereka. Tapi, tidak ada yang tidak bisa dilakukan kalau punya strategi.

Akhirnya, SM memutuskan bahwa Kris dan Luhan akan jadi personel EXO. Sebuah grup yang punya konsep kembar. Satu bagian akan terbang ke Tiongkok sementara satu bagian lainnya akan ada di Korea. Sebuah terobosan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan SM. Debut di dua negara dengan lagu yang sama, namun Bahasa yang berbeda.

Secara 'kebetulan', Kris dan Luhan ditempatkan di grup yang banyak aktif di Tiongkok. Sebagai orang yang punya darah Tiongkok, bersama dengan dua personel Tiongkok lainnya mereka pun dengan mudah mendapat perhatian ketimbang personel lain yang berasal dari Korea.

Popularitas mereka perlahan namun pasti semakin merangkak setelah debut. Kris jadi salah satu sosok yang tidak bisa dipungkiri lagi paling menonjol dari semuanya. Dia adalah leader. Pembicara. Tukang translate untuk setiap kegiatan EXO-M di Tiongkok. Peran-peran penuh tanggung jawab yang membentuk image-nya, sekaligus menghancurkan image itu ketika dia keluar dari EXO.

Sementara itu di belakang Kris ada sosok Luhan. Sosok laki-laki 'berwajah bak malaikat' yang bahkan ketika dia keluar dari grup itu, ada sedikit orang yang bisa membencinya. Terlihat kan, ada perbedaan yang sangat besar di situ?

Tahun-tahun awal di EXO benar-benar berat buat semuanya. Tentu saja, karena selain mereka harus bekerja keras membayar semua investasi superbesar yang ditanamkan SM Entertainment untuk grup mereka, masing-masing personel juga harus rela banting tulang dan merasakan cedera demi cedera untuk popularitas mereka. Sakit di sekujur tubuh. Lelah fisik dan batin.

Tapi mereka bertahan. Kenapa? Karena mereka tahu, di depan mereka akan ada masa-masa cerah. Masa-masa yang sudah diatur sedemikan rupa. Baik buat 10 orang yang ada di grup, dan dua orang lainnya.

Debut EXO diikuti oleh sebuah rencana besar SM Entertainment untuk mengekspansi pasar Tiongkok. Super Junior-M sudah membuka jalan itu sejak lama, tetapi SM Entertainment saat itu masih belum punya senjata yang cukup ampuh untuk benar-benar memulai ekspansi yang nyata.

Investasi bernilai ratusan juta itupun mereka lakukan ketika EXO debut.

Di awal 2014, berbagai pemberitaan soal kerjasama SM dengan perusahaan besar di Tiongkok jadi perhatian. Sebuah langkah besar untuk ekspansi SM di sana. Sebuah langkah besar yang akan menentukan masa depan artis-artis mereka.

Kerjasama berhasil dilakukan. Konsekuensi pun langsung mereka dapatkan. SM mendapat serangan lawsuit pertama mereka sejak 2009. Dan itu berasal dari EXO, grup yang debut dengan konsep kembar di dua negara Korea dan Tiongkok, yang juga akan jadi senjata andalan SM untuk pasar Tiongkok.

Singkat kata, Kris keluar karena salah satu alasannya, ia ingin jadi aktor. Dan ketika dia keluar, dia pun jadi aktor. Lalu semuanya berubah seratus delapan puluh derajat.

EXO seperti berada di atas angin dan terombang-ambin. Semua lalu bertanya-tanya soal apa yang akan terjadi dengan grup ini. Berbagai spekulasi muncul. Rumor miring tak henti-hentinya beradar.

Tapi setelah Kris, EXO pun bertahan. Konser yang sudah memasuki tahap akhir persiapan pun dilanjutkan. Semuanya seolah kembali seperti semula. Seperti tidak pernah ada member bernama Kris yang pernah jadi bagian dari mereka. Koreografinya berubah. Formasinya berbeda. Kris pun dihapus dari daftar personel untuk selamanya. Dia tidak akan kembali. Tentu saja.

Kris tentu keluar karena banyak alasan. Tetapi, di luar alasan yang sesungguhnya, apa yang kita ketahui dari media adalah alasan-alasan formal. Alasan yang terdengar seperti pengulangan dari kasus sebelumnya.

Jelas, tidak akan ada yang mau memberitahu alasan yang sebenarnya. Apa yang kita dengar dari media dan fans (yang juga gue jamin sedikit banyak mendapat pengaruh dari media) tidak bisa sepenuhnya dibilang benar.

TIdak ada yang mau memberitahu alasan yang sebenarnya. Kenapa? Karena semuanya sudah diatur dalam kontrak yang ditanda tangani di awal. Semuanya sudah diatur oleh SM untuk jadi seperti ini.

Lantas, apakah dengan kasus Kris membuat kesempatan EXO tertutup untuk kembali ke pasar Tiongkok?

Tidak sama sekali. SM dan Tiongkok tetap menjalin kerjasama dengan damai. Walaupun sempat ada desas-desus bahwa "keluarnya Kris adalah sebuah cara untuk menggagalkan investasi SM di Tiongkok", semuanya toh baik-baik saja.

SM memproduksi variety show. Sebuah film 'Miss Granny' pun di remake dengan Luhan ikut serta di dalamnya. Enggak tahu seberapa besar pengaruh SM untuk film ini, tapi sedikit banyak pasti ada. Karena Luhan masih jadi personel EXO saat dia direkrut untuk jadi pemain film itu.

Beberapa hal itu membuktikan bahwa lawsuit Kris tidak berarti apa-apa untuk manajemen sebesar SM. Tapi justru memberikan efek positif buat mereka. Walaupun gue tidak tahu secara detail, bagaimana bisa efek positif ini terjadi? Sementara sejak Mei dan seterusnya, segala bentuk cacian dan pemberitaan miring soal kontrak budak mengalir untuk SM.

EXO pun bertahan dan berhasil menyelesaikan rangkaian tur Asia mereka dengan sangat baik. Beberapa member bahkan tampil secara individual di acara-acara televisi. Mengisi soundtrack drama bahkan jadi aktor drama itu sendiri.

Tidak lama... lawsuit kembali dilayangkan. Tapi kali ini ada yang berbeda dengan yang terjadi di bulan Mei. Tetap heboh, tapi tidak seheboh sebelumnya. Lawsuit kedua dilayangkan dengan, bagaimana menyebutnya ya, penuh keikhlasan. Baik dari penggugat maupun tergugat.

10 member EXO yang lain seolah melepas kepergian Luhan dengan penuh kasih sayang. Dengan penuh damai. Kontras dengan kepergian Kris yang dibuntuti oleh julukan-julukan miring seperti 'tidak bertanggung jawab' sampai 'pengkhianat'.

Tetapi, sekali lagi, itulah yang sudah direncanakan sejak awal.

Keduanya sama-sama keluar dan menarik simpati dengan cara yang berbeda.

Terlepas dari image miring yang mengekor kepergian Kris, toh dia tetap pernah jadi bagian dari grup bernama EXO yang fenomenal. Orang-orang mengenalnya dari grup ini. Bagaimanapun semua orang mengingkarinya, dia tetap terkenal karena pernah menyanyikan lagu 'MAMA' dan 'Overdose'. Kalau saja SM mendebutkan Kris langsung sebagai aktor, apa iya dia akan seterkenal itu dan langsung dapat proyek pertama setelah lawsuit?

Image miring yang melekat pada Kris membuatnya dicaci, sekaligus juga dicari. Mungkin ada orang-orang yang sudah tidak peduli sama dia. Tapi akan ada juga orang-orang yang tetap penasaran. Sekali lagi itu adalah efek EXO. Apakah dia akan berhasil sebagai aktor (setelah keluar dari EXO)? Apakah aktingnya akan bagu (karena kan dia sebelumnya rapper bukan aktor)? Apakah dia benar-benar bisa jadi aktor yang oke (sementara nggak semua aktor jebolan idol itu aktingnya bagus)?

Pertanyaan-pertanyaan semacam ini yang lalu membawa gue, sebagian kecil dari orang yang sebelumnya memandang negatif Kris, untuk menunggu filmnya. Film yang selama ini gue salah-salahkan seolah jadi penyebab keluarnya Kris dari EXO, padahal sebenarnya bukan.

Tapi, ya, mereka berhasil membuat gue penasaran. Mereka berhasil membuat gue membicarakannya. Menanti-nantikannya. Sebuah promosi cuma-cuma pun didapatkan oleh produser film dari segala caci maki yang ditulis di media sosial. Itu yang mereka cari.

Sementara untuk Luhan, dia syuting film 'Twenties Once Again' ketika masih jadi personel EXO. Kontrak sudah ditanda tangani. Berarti, ketika dia keluar dari EXO tidak ada alasan untuk tidak hadir dalam rangkaian promosi film. Jelas, kalau tidak ikut berarti menyalahi kontrak.

Luhan keluar dari EXO tanpa diikuti embel-embel kalau "dia mau mengejar karier berakting". Kabar keluarnya Luhan penuh dengan rasa kasihan karena sakit dan kangen keluarga yang sudah semakin menua.

Berbeda dengan Kris yang lawsuit - keluar dari EXO - ujug-ujug ada di Praha - syuting film. Luhan ada di kondisi yang superaman. Dia tidak pernah memberitahukan dunia apa yang akan terjadi pada kariernya kemudian. Oleh karena itu, ketika dia keluar dari persembunyiannya untuk promosi film 'Twenties Once Again', semuanya jadi adem ayem dan seolah dia keluar 'secara sukarela'.

Mau tidak mau memang dia harus melakukan itu. Karena sudah kontrak.

Film 'Twenties Once Again' ini sendiri adalah proyek yang cukup besar. Mengingat kesuksesan 'Miss Granny' sendiri di Korea. Entah benar atau tidak tapi gue rasa SM, besar ataupun kecil, ikut andil dalam produksi film ini. Sama besarnya dengan andil Luhan untuk tampil di setiap event promosi film.

Sekarang, kalau tidak ada Luhan apakah film ini akan jadi semenarik sekarang? Apakah kalau Luhan bukan member EXO--lalu dia keluar dan bikin heboh--film ini akan jadi semenarik sekarang? Ada berapa banyak film yang diproduksi di Tiongkok di tahun yang sama, tapi apakah semuanya jadi topik di kalangan fans EXO yang jumlahnya superbanyak itu? Ada berapa banyak film Korea yang di-remake di Tiongkok sebelumnya, tapi apakah ada yang menarik perhatian kita yang sudah terpapar EXO sejak 2012 untuk nonton?

Semuanya sangat terencana. Gue pun sampai pada kesimpulan bahwa SM Entertainment punya strategi yang sangat terperinci dan mendetail untuk dua mantan artisnya itu. Yah, mantan artis yang direncanakan.

Strategi yang dilakukan memang jahat untuk para EXO-L (kita asumsikan bahwa member EXO sadar betul akan rencana ini), tapi sangat menguntungkan untuk Kris dan Luhan. Kita nggak bisa bilang kan, semua ini tidak menguntungkan mereka?

Kemarahan yang dirasakan EXO selama ini adalah kemarahan yang ditujukan untuk manajemen. Tapi sayang sekali, mereka tidak bisa mengutarakannya secara terang-terangan dan terekspos media. Itu semua karena mereka berhutang banyak hal dari manajemen. Banyak sekali.

Semuanya membawa gue ke momen ketika Luhan tampil di 'The Lost Planet in Beijing', yang dalam kondisi sangat mengenaskan dan airmata yang tumpah. Airmata yang sebenarnya jatuh bukan karena lelah dan sakit, tapi karena kesedihan yang mendalam.

Airmata perpisahan. Karena setelah Luhan, tidak akan ada lagi 'drama' berlebihan yang ditampilkan oleh EXO. Semuanya berakhir di situ. Di Luhan.

Luhan adalah penutup semuanya. Itulah kenapa 'The Lost Planet in Beijing' sangat mengharukan buat semua member. Semuanya jadi emosional. Terkuras emosinya. Setelah dua tahun kebersamaan itu, mereka harus terpisah karena kontrak dan kekejian manajemen demi popularitas. Yang sialnya, mereka tidak bisa menolak untuk melakukannya.

Karena merekalah yang diuntungkan dengan hal itu.

Tapi, di saat yang sama kepergian Luhan merupakan sebuah titik kebangkitan untuk EXO. Ini juga salah satu hal yang mungkin bisa jadi membuat Luhan semakin bercucuran airmata. Setelah Luhan keluar, EXO akan tampil dengan formasi yang baru (lagi).

EXO yang sekarang adalah puncak dari semua drama yang terjadi sepanjang tahun 2014. Dengan lawsuit-lawsuit itu, dengan segala drama percintaan itu, EXO kini kembali berdiri dengan dua puluh kaki, membuktikan kepada dunia bahwa mereka masih utuh.

EXO masih utuh, walaupun tidak sempurna.

Semua kejadian di 2014 seolah sudah tertulis dalam sebuah kisah jauh sebelum 'Overdose' dirilis. Ya. Semuanya seolah sudah 'diramalkan' sebelumnya oleh SM Entertainment di drama 'Wolf' tahun 2013 kemarin.

Kris dan Luhan bersahabat lalu Kris pergi meninggalkan Luhan. Semua rasanya terlalu aneh untuk sekedar jadi kebetulan. Semuanya terlalu cerdas untuk jadi sekedar kebetulan. Semuanya terlalu bikin gemas untuk jadi sekedar kebetulan.

Segala pemberitaan, segala cacian, semua masalah dan tetesan airmata sepanjang 2014 membuat nama EXO semakin dan semakin dikenal, bukan? Semakin dan semakin tinggi, bukan? Efek lawsuit itu memang sangat besar untuk kestabilan grup ini, tapi juga sangat besar untuk popularitas mereka.

SM melakukannya dengan jahat dan keji. Tetapi semuanya berhasil dengan sangat baik. Semua drama itu kini ditutup dengan perilisan sebuah teaser comeback berjudul 'EXO 2015 COMING SOON'.

Kita akan (sekali lagi) memasuki dunia baru, seperti halnya di tahun 2012:

"A new world, shall open up!"

Slogan 'We Are One' pun akhirnya menegaskan definisi mereka:

Bahwa sebesar apapun masalah yang menimpa EXO, mereka akan tetap bertahan. Karena mereka, sekarang, dengan formasi baru setelah ditimpa berbagai masalah, adalah satu kesatuan yang utuh."

*TARIK NAPAS*

*KETAWA NGAKAK*
*
*
Jujur aja sekarang gue sudah enggak pernah menganggap serius apapun yang dikatakan EXO di TV. Mau senyakitin apapun itu speech di MAMA 2014 kemarin, enggak sedikitpun gue anggap serius. Semuanya sudah jadi sekedar angin lalu. Apalah artinya hati yang telah tersakiti jika diberi kata-kata kosong belaka, hey Kim Jun Myeon? Tapi gue tanggapi positif janji mereka untuk kembali sebagai EXO yang baru.

Gue sangat eksaytid menunggu EXO di 2015. Karena ini pertama kalinya, secara resmi, EXO akan kembali sebagai sebuah grup yang sudah ditinggal oleh dua personelnya. Itu artinya akan ada konsep yang baru. Bukan cuma dari comeback mereka saja, tapi juga dari grupnya sendiri.

Akankah masih tetap ada pembagian EXO-K dan EXO-M? Kalau semua fanfiction gue di atas benar adanya, kenapa tidak satukan saja mereka di bawah nama EXO saja? Nggak usah dibagi-bagi lagi? Karena dengan begitu, mereka akan lebih terlihat ONE.

Harapan terbesar gue sih sekarang itu aja, EXO jadi satu. Yang lain gue nggak mau berharap karena kalo berharap sama SM sama aja berharap tidur di atas awan.

Meski demikian, teaser comeback EXO di 2015 ini ternyata di luar harapan! Awalnya gue yang udah nggak pernah mikirin lagi kapan EXO bakalan comeback, walaupun ada gosip mereka mau comeback Januari. Tapi SM membantah gosip itu dan tanggal comeback-nya pun kembali ngawang-ngawang.

Tapi pas di preskon MAMA 2014, Suho kembali menyinggung soal comeback. Tentu saja sudah diatur karena malam harinya, teaser mereka pun tayang di MAMA. Sebuah hal yang (seharusnya) mengejutkan. Terlebih teaser kali ini terlihat sangat menjanjikan.

Teaser EXO 2015 mengingatkan gue sedikit banyak ke teaser debut mereka. Meninggalkan kesan. Walaupun tidak satupun member EXO tampil di teaser ini, tapi ada sesuatu yang menggigit dari teaser ini: rangkaian masalah-masalah yang dihadapi EXO yang secara cerdas dikemas jadi sebuah konsep.
*

*
Gue merasa kali ini SM Entertainment sangat-sangat kurang ajar. BAGAIMANA BISA MEREKA MENJADIKAN KELUARNYA DUA MEMBER EXO YANG DRAMATIS ITU JADI SEBUAH KONSEP TEASER YANG CEMERLANG?!?!?!?!??!?!

Disaat gue sudah mau move on begini, mereka malah membuat kasus-kasus itu jadi konsep di dalam teaser. YA UDAH INI MAH #SAKITNYA_AT_GWANGHWAMUN.

Huff.

Tapi memang harus tepok tangan buat SM Entertainment! Teaser kali ini misteriusnya dapet, tegangnya dapet, nendangnya dapet, gagal move on-nya dapet, gambaran terhadap apa yang sudah dilalui EXO juga dapet.

Teaser ini di awali dengan sebuah gasing yang terlihat berputar-putar seimbang. Sebuah penggambaran menarik sekali lagi soal nasib EXO. Nasib EXO yang masih gambling, seperti halnya gasing ketika dipakai di ajang perjudian.

Kapan jatuhnya kita nggak tahu. Sampai kapan berputarnya juga hanya Tuhan yang tahu. Tapi karena sepanjang video ini gasingnya terus berputar, jadi kita positive thinking aja kalo EXO panjang umur gitu kan.

EXO digambarkan sebagai gasing yang berputar dan terus berputar, eksis sebagai sebuah grup:
*
*
Dan juga sebagai individual (walaupun ini agak kebanyakan ya oh mungkin itu termasuk manajer dan stylist dan Runtaku dan Ahreum noona):
*
*
Gasing-gasing yang terus berputar dan tidak jatuh, tidak berhenti, sebagai sebuah gambaran bahwa walau apapun yang menerpa EXO mereka akan tetap melanjutkan hidup. Tapi tentu saja, faktanya suatu saat gasing itu akan berhenti berputar juga. Atau ini semacam pertanda bahwa EXO mau bub-----oh! #nggak

Ada lagi bola-bola yang menggelinding mengitari Maze. Berusaha untuk keluar dari dalam labirin. Yang di adegan terakhir ditunjukkan bahwa kemudian ada 10 bola yang berhasil keluar, sementara dua lagi tersesat di dalam.

Ini yang gue maksud sebuah ide cemerlang. SM memasukkan kejadian pahit yang dialami EXO ke dalam teaser konsep comeback mereka. Seolah-olah semuanya terjadi memang karena sudah ada yang mengatur. Seakan-akan sudah di-set seperti itu.

Walaupun mungkin sebenarnya enggak, tapi cara SM merangkul masalah dan menjadikannya sebuah konsep teaser ini loh. Keren aja. At least buat gue.

Waktu pertama kali ngeliat bola-bola itu dan mereka masih menggunakan konsep Maze, gue sudah tahu bahwa ini pasti ada hubungannya dengan Kris dan Luhan. Bener aja. Ada dua bola yang tersesat di dalam Maze seolah-olah menggambarkan bahwa menurut SM, kondisi dua orang itu sekarang sedang tersesat dan kebingungan.

Sebuah metafora bahwa mereka telah mengambil jalan yang salah dengan keluar dari grup. Sampai akhirnya tersesat. Tersesat karena ego masing-masing. Sebuah kesalahan fatal sampai akhirnya mereka terjebak di sana. Di dalam kekalutan Maze yang kejam.

Ya tentu saja ini diambil dari sudut pandang SM Entertainment. Mungkin buat Kris dan Luhan (mungkin), posisi mereka justru adalah 10 bola yang di luar, bukan justru yang di dalam.

Yang menyentil dari teaser ini adalah adegan membolak-balikkan rubic yang tentu kita sama-sama tahu bahwa itu adalah gambaran untuk Luhan. Seolah-olah benda ini sudah jadi identitas buat Luhan banget. Orang yang sudah tahu EXO sejak awal pasti tahu, jadi ketika dia nonton teaser ini otaknya langsung nyambung dan tanpa berpikir, dia langsung tersentuh. Terjebak nostalgia lagi.
*
*

Sementara untuk Kris, dia digambarkan sebagai pensil. Enggak tahu sebenarnya motivasinya apa tapi kalau mau asal menebak, ini pasti karena Kris pernah dapat julukan Kriscasso dan karena dia suka menggambar. Walaupun kenyataannya gambar apapun yang dia buat sama sekali nggak mirip sama aslinya.

Ok, nice try SM. Gue sendiri sebenarnya nggak tahu sih apa yang paling ikonik dari sosok Kris. Harusnya sih Naga yah, itu udah paling obvious. Tapi di teaser ini serasa enggak ada kekuatan-kekuatan lagi jadi mungkin Naga nggak muncul. Ya masa Ayam? Kan nggak mungkin juga di tengah-tengah teaser misterius terus ada adegan penyembelihan ayam, atau mas-mas KFC lagi bawa kotak delivery.

Yah, baguslah dapat pensil buat gambar di kertas. Daripada pensil alis.
*
*
Secara keseluruhan memang teaser ini menggambarkan sebuah transformasi dan kekuatan. Yah, bisa dibilang sedikit clue begitu. Konsep seperti apa yang akan diusung EXO di album full kedua mereka. Lebih strong. Beda. Mungkin abis mereka overdosis, mereka bertaubat. Berubah jadi ustad? Bisa aja.

Nah, karena ini album full pastinya nggak akan kalah heboh dari 'Wolf' (dari manusia serigala ke ustad kurang heboh apa lagi coba). Teaser-teasernya mungkin akan lebih menarik untuk dibahas. Foto-fotonya mungkin nggak akan sesederhana 'Overdose'. Mungkin akan ada sedikit keberanian untuk menjual badan?


(oke kalo gitu gajadi ustad) (eh jadi aja kalo ustad cabul kan bisa).

Silahkan berharap. Mungkin kali ini Xiumin akan tampil di tengah. Pasang badan sama Kai. Mungkin dalam beberapa bulan ke depan Sehun udah nggak kerempeng lagi tapi udah keker kayak Agung Hercules? Perubahan yang luar biasa bukan?

Gue berharap sesuatu yang lebih dramatis dari 'Wolf'. Kalau perlu, itu drama dilanjutin. Setelah Kris pergi (dan kemudian Luhan pergi) apa yang terjadi pada anak-anak sekolahan itu. Siapa yang patah hati. Siapa yang nangis. Siapa yang unfollow semua orang di Instagram, jadikan ke dalam sebuah cerita lanjutan.

Kalau nggak, buat cerita baru tapi please, jangan lagi ada kisah-kisah sentimental deh. Mending yang happy-happy. Yang cium-cium pipi. Yang mesra-mesra sama Yoon Sohee atau Seulgi. Boleh aja.

Cuma kalo diliat dari teaser coming soon-nya sih.... bakalan dark-dark lagi yah. Kayaknya sih ala-ala Maze Runner atau Hunger Games. Bisalah.

Gak sabar nunggu 2015.


Share:

50 komentar

  1. fitriani ayu lestari8 Desember 2014 pukul 20.13

    analisis ny kren bgt kak...

    BalasHapus
  2. "pria jangkung bergigi unik" NGAKAK KENCENG.

    BalasHapus
  3. Endang U-kiss Dwi Esterina8 Desember 2014 pukul 21.18

    kak agak nyesek pas bagian kakak bilang mesra2an sama sohee dan seulgi wkwkwkwk
    Tp persepsi dari kakak memang ada benarnya tp kakak terlalu menyalahkan sm disini hahaha. Ya namanya juga sebuah industri musik kak klo gak pake strategi ya gak akan bisa maju. Setuju sama kakak yg bilang klo alasan sebenarnya kris dan luhan gak ada yg tahu kecuali pihak2 tertentu atau ini memang udh disetting dari awal....

    Nah, kalo main feeling2an sih kak, aku mikir kris luhan masih bakal terus ada hubungannya dgn exo. Mereka 'keluar' bukan benar2 keluar dari bagian exo itu sendiri. *apasih

    malah sering berdebat sama adik sendiri (suka exo jga) kalo sepertinya mereka bakal kembali ke exo lagi. wkwkwkwk ini sih mimpi....

    BalasHapus
  4. Kak!! Gue amazed bgt sama analisis loo. Soalnya gue juga ragu bgt sama stiap apa yg media beritain soal kasus lawsuit Ludakris(luhan dan kris). Tapi lo dapet infonya drmn kak? Fans inter aja gue juga ga nemu analisis kaya gini. Trus kalo emg SM emg udah ngerencanain keluarnya mereka, trus kasus hangeng, jyj sama jessica itu gmn dong? Direncanain juga? Atau cuman exo doang yang emg karna dari awal kaya lo blg mrka ga pengen jd idol, tapi jdi aktor. Duh peninglah kepala berbi

    December 8, 2014 at 9:16 PM

    BalasHapus
  5. Gua suka exo semenjak teaser awal ã… ã… 
    Suka banget
    Walopun bias dah out..
    Tetep aja g bisa lupain exo gitu aja.. udh ngikutin dari jaman nugu ã… ã… 
    Susah move on

    BalasHapus
  6. Petrina Onekhesi Harefa8 Desember 2014 pukul 21.39

    "Semuanya membawa gue ke momen ketika Luhan tampil di 'The Lost Planet in
    Beijing', yang dalam kondisi sangat mengenaskan dan airmata yang
    tumpah. Airmata yang sebenarnya jatuh bukan karena lelah dan sakit, tapi
    karena kesedihan yang mendalam.

    Airmata perpisahan. Karena setelah Luhan, tidak akan ada lagi 'drama'
    berlebihan yang ditampilkan oleh EXO. Semuanya berakhir di situ. Di
    Luhan.

    Luhan adalah penutup semuanya. Itulah kenapa 'The Lost Planet in
    Beijing' sangat mengharukan buat semua member. Semuanya jadi emosional.
    Terkuras emosinya. Setelah dua tahun kebersamaan itu, mereka harus
    terpisah karena kontrak dan kekejian manajemen demi popularitas. Yang
    sialnya, mereka tidak bisa menolak untuk melakukannya."

    kak... sakitnya dimana-mana... oh LUHAN sayangkuuuu T_T anda sukses buat saya gagal move on lagi pak ron T_T

    BalasHapus
  7. Duh kak gue ke exo itu udeh kayak buret ama statif nya kak (betewe tau kan buret??) Sulit dipisahkan ,mereka tuh kayak asam sulfat kelihatan "ga bahaya" tapi seseungguhnya mereka itu "bahaya" banget

    BalasHapus
  8. buret itu apa aduh aku bukan anak IPA wakakakaka #katrok

    BalasHapus
  9. itu cuma 'drama' yang saya bikin bukan berarti saya benar-benar percaya. Saya dari awal kasus Kris malah nggak pernah nyalahin SM tapi nyalahin Kris. Hahahahaha

    BalasHapus
  10. Hanjir itu spekulasi ttg keluarnya kris sama luhan. Kalo emg nyata, mau standing applause lah buat SM. Dewa banget rancangannya, gue aja ga kepikiran segitunya.

    Gue baru jadi exo-l bulan mei. Satu hari setelah kris menggugat SM. Lebih greget lagi gue mau liat exo karena kecantol sama kris nya. GUE GALAU. GILA BARU MASUK GUE UDH GA BISA LIAT BIAS. Itu jaman2 masih pada marah2 gajelas gara2 kris, kalo setiap buka sosmed bawaannya pengen banting hape terus gegara pada nge bash kris. Terus kmrn pas luhan keluar, gaada yang komplen apa2. Ya gue jadi tambah kesel -_- perlakuannya beda. Tapi yaudahlah ya *jadi curhat*

    Tapi di teaser itu bener2 dah, pas liat rubik langsung inget "luhan?" Reaksi gue mirip2 dialog2 sinetron gitu. Teus ada es juga kan, pada bilang itu lambang kris. Iya juga sih, kenapa gue ga sadar. Tapi gue bakalan nunggu ini kambek. Mau liat exo yang 'baru', mungkin taun 2015 udh gabanyak drama lagi. Bisa aja. Kalo bisa bikin mv nya gausah drama2 kayak wolf lah, kayak before u go tvxq kan keren. Berantem2an, main pistol dan segala macemnya.

    BalasHapus
  11. kakak... aku merasa semua yang kakak katakan, itu masuk akal.
    entah kenapa pikiranku selalu membenarkan setiap kalimat yang kakak tulis.


    aku benar-benar jatuh cinta dengan tulisan kakak.

    BalasHapus
  12. entah kenapa ini membuatku berpikir lagi,
    saat semua hal yang terjadi dengan EXO, sebagian banyak dari kami, EXO-L selalu menyalahkan CEO nya, Yongmin. bahkan tidak hanya kami, netizen pun berkata hal yang sama.
    semua mengatainya sebagai CEO gagal, dll. karna itu tidak hanya terjadi dengan EXO, namun juga artis2 lain yang berada dibawah naungan SM ent.
    yang janggal dari ini adalah, jika youngmin memang telah membuat kekacauan di SM ent. lalu kenapa sampai sekarang dia masih dipertahankan? bukankah semua pemegang saham punya andil untuk mengajukan usulan menggantinya dengan CEO yang baru?
    aku semakin yakin, jika semua hal yang terjadi dengan SM sekarang adalah drama.

    BalasHapus
  13. wahai pemilik akun KAOSKAKIBAU!! siapakah dirimu sebenarnya??

    BalasHapus
  14. seandainya semua analisis di atas itu bener, kalau semua jalan hidup mereka di exo udah di atur sedemikian rupa bak drama korea T'T. kalau keluarnya mereka berdua dari exo udah di setting kapan dan dengan cara apa. gue kira mereka berdua nangis karena nyesel. nyesel kenapa mereka mau nandatangan itu kontrak kalau akhirnya mereka harus ninggalin grup mereka dan ke 10 sahabat mereka yang lain. sahabat yang udah kayak keluarga kedua buat mereka. tiba2 harus dipisahin karna kontrak yang udah mereka tandatangin yang isinya mereka harus keluar setelah kalian dan grup udah terkenal.



    baca dari atas ampek bawah hati gue panas banget! arrgghh gila... pen marah tapinya ga tau sama siapa. :-( kalo seandainya drama ini masih berlanjut apa masih ada yang bakal nyusul dua orang itu?? GUE MULAI GILA T'T

    BalasHapus
  15. Hmmm.....teori menarik. Semua mungkin, tapi sekali lagi perlu diinget, SM itu corporate, perusahaan, PT kalo di sini mah. PT yang udah TBK soalnya sahamnya dijual di publik. Seperti kebanyakan perusahaan komersial lainnya, revenue pasti jadi target utama SM. Dimana mereka ngedapetin revenue? Kalo Un*l*ver itu ngedapetin revenue dari penjualan shampoo, pasta gigi, dll, atau gerai kopi St*rB*ck ngedapetin revenue dari jual kopi dan kue, SM dapet revenue dari produk olahan yang dinamain Idol.

    Tentunya produk idol hasil olahan SM dikemas cantik semua (liat dong, ada yg jelek ga oppa sama unnie kalian?) dan dijual pake teknik marketing plus PR strategi yang menurut gue terstruktur rapi. Kita liat EXO, awal debut dengan banyak teaser itu udah pake strategi digital marketing yang jempolan. Lewat jejaring sosial target pasar EXO (yang notabene remaja sampe young-adult internet user) kena semua. Waktu dikeluarin,kapan dikeluarin,apa yang ditulis media semua dikemas cantik pake strategi marketing yg handal. Berhasil loh! EXO jual 1jt kopi dan fanbase-nya omg! grup korea mana yang punya fans lebih dari mereka sekarang ini?

    Balik ke soal campaign teaser-nya SM untuk EXO 2015. Gue ga berkomentar soal Kris atau Luhan yang soalnya gue ga tau sih apa yang terjadi sama mereka. Ga kenal juga gue sama kokoh-kokoh ganteng dari tiongkok itu dan gue bukan HRD-nya SM, heheheh... so, gue ga komen. Yang gue mau komen ini soal campaign teaser-nya EXO. Waktu peluncuran di MAMA 2014 abis EXO tampil plus diikutin sama kicauan di akun twitter SMTGLOBAL, 2 jeti fans langsung heboh! Hah! Kena kan?! Ga usah perlu bayar slot TVC di TV atau iklan di media (radio/koran), tapi booom!! semua orang ngomongin. Mulai dari 2jeti fans (sesuai data statistik web EXO-L) dan non fans yang kemudian karena heboh, media cetak plus elektronik ikutan bahas. Sapa yang diuntungin? SM...hohohoh. Daaan...untuk diomongin (sampe detik ini) perlu sesuatu yang memorable dan omongable. Ga lucu kan klo cuma ngomong,"eh, EXO mau comeback loh." udah gitu aja. Makanya dibuat sesuatu konten marketing yang bisa buat diomongin sejuta umat ato dua juta umat exo-L dan jutaan potensial EXO-L lainnya yang belom terjamah rayuan oppa oppa (LOL). Apa isinya? Yaaa....ada bola 2 di dalem, 10 di luar, ada rubik ngingetin fans ato org yg tau EXO sama Koh Luhan...etc etc etc...pokoknya omongable lah itu teasernya. Daaaaan...berhasil!! Semua orang jadi pengen tau kan EXO come back mau jadi kaya apa?!

    Daymn u, SM! Buat sebuah entertainment agency PR-ing lu keren. Plus marketing strateginya bagus. PR ahensi mana yang kira-kira dipake SM?

    xoxo

    BalasHapus
  16. seperti biasalah bang ron emang keren banget soal analisa beginian,

    BalasHapus
  17. kak ron holmes :D

    BalasHapus
  18. Keren analisis nya kak ^^ tapi sekarang denger2 ada rumor Tao mau out juga dari EXO.____. Jangan2 termasuk dari drama juga kah kak?

    BalasHapus
  19. Seratus atau seribu jempol deh buat kak ronzzy,
    q si kalo buat luhan, ngrasa analisis kakak diterima, abis kayak'a orang tipe luhan kan enjoy sma mmber exo, dia juga ditempatin sbg center biar tmbah cetar ga kya yg kain, sbut lay apa tao lah
    Dan kris ditonjolin dg gigi nya,-eh mksud nya dg diberi tittle leader,
    kak ron kereeen mah, te o pe

    BalasHapus
  20. Kalo emg kepergian Kris & Luhan udh disetting sama SM itu artinya SM jg udh nunjukin strategi mereka secara ngga langsung lewat drama wolf itu/? Kan alur perginya mereka berdua rada mirip tuh sama drama yg endingnya nggantung kek jemuran itu atau emg sengaja dibuat nggantung supaya kelanjutannya diterusin di 'panggung' dunia nyata

    BalasHapus
  21. Tulisan yg bahaya... sebahaya exo... hahaha sumpah keren bgt lu mamen...

    BalasHapus
  22. "10 member EXO yang lain seolah melepas kepergian Luhan dengan penuh kasih sayang. Dengan penuh damai."

    Gue melepaskan Luhan dengan tidak damai dan tanpa kasih sayang sedikitpun! T-T Bias gue kaaakk. *flashback* DYOOO PELUK GUEEE!

    Setuju sama kak Ron, pertama kali notice dua bola di dalam maze itu gue juga kepikiran Kris dan Luhan. Setuju lagi sama teori Kak Ron, kalo mereka berdua itu sedang tersesat dan kebingungan. Menurut gue dengan pengandaian dua bola di dalam maze itu, Kris dan Luhan kaya nyesel gitu out dari grup. Tapi gue mempertimbangkan/? khayalan Kak Ron bahwa semua itu sudah direncanakan, gue sempet meng-iya-kan. Dan gue mungkin harus mulai bisa menerima ...

    huufft -,-

    BalasHapus
  23. yaampun kak... bahasan ini nancep dihati kak.
    ngomong2 itu kata2 yang didalam tanda kutip itu cuma ff karangan kakak doang? tapi ffnya terasa banget kak nyatanya. buat gelar 'Boyband ter-drama tahun 2014' emang cocok banget buat mereka. tahun ini penuh badai menerpa exo. dan setuju banget, 'we are one' nya exo itu cuma membuktikan kalau exo akan tetap utuh meskipun ada bagiannya yang hilang. *ya kalo ada bagian yang hilang bukan 'utuh' lagi ya namanya?* *abaikan*

    btw, jessica kenapa bisa keluar dari snsd sih? katanya jessica dipecat dari sm, terus sm malah bilang kalo jessica sendiri yang pengen keluar dari snsd. jessica kan fans nya banyak, jadi aku ngerasa sayang aja gitu.
    ngomong-ngomong, nanti kan ada sm global audition 2015 nih. ikut ga? kakak udah pasti ikut ya... kan waktu di pengalaman kakak ikut sm g.a 2014 kakak bilang mau ikut tahun depan. ahahaha... mesti nyiapin diri dari sekarang nih...

    BalasHapus
  24. udah ganti ini background nya? hihihi :D
    teori nya menarik, saya setuju dengan anda :)

    udah gitu aja --"

    BalasHapus
  25. NICE SHOT.. !!! gue juga pernah mikir begini. dan satu hal lagi gue rasa 2 bola yang ada didalam labirin itu bukan kris dan luhan but the 2 original member of EXO yang emang udah disiapin dari lama. inget kan kalo kris sama luhan cuma 2 aktor yang numpang tenar di EXO? tapi yaa kita tunggu aja EXO2015 COMING SOON.. so curious

    BalasHapus
  26. elah om. ditengah tulisan lo gua bneran mewek. gua nangis karena ternyata yg punya pikiran seperti itu gak cuma gue. masih bertahan gegara panda ama dedek thehun masih di exo. kalo nggak gur bingung mau liatin siapa di exo.

    giliran diakhir kenapa lo bikin gua ngikik lagi sih. dooh... labil tingkat gwanghamun kan gua jadinya.

    apapun itu gua berharap yg terbaik buat TVXQ eh EXO kedepannya. apapun itu. semoga gak bertebaran drama lagi. idup gua udah banyak dramanya kalo kudu liatin drama org lain juga ntar gua g berhenti nangis dong. *curhat*

    BalasHapus
  27. bang ron teori lu bagus,masuk akal.gua selama ini ngerasa dua orang itu make sm jadi batu loncatan kayak hangeng.tapi ga pernah kepikir kalo sm dan sepengetahuan mrk yang nyusun strategi dari awal.sm ent emang mantep banget marketing nya,mereka tau cara bikin idol yang bagus,nonjolin visual,poin penting macem muka dan nge dance.bang ron bikin revies ttg bigbang dong. sm mulu yang direview yg ent kan juga agensi besar yang perlu diperhitungkan

    BalasHapus
  28. Irna pramuji lestari16 Desember 2014 pukul 16.29

    mata gue pegel bacanya hahaha
    tp okelah, ini sukses buat gue jd nostalgila sama masa lalu. begini ceritanya gmn bs move ooooon
    dua kata buat SM.... cape deeeeeeh!!

    BalasHapus
  29. Chaterine Sparkyuelf17 Desember 2014 pukul 08.48

    lo cowok ?tapi tulisan, analisis, dan.cara berpikir lo kaya cewek ababil.hahahaha karna biasanya cowok gak pernah berpikir hal seperti itu.

    BalasHapus
  30. ada masalah? :)

    BalasHapus
  31. Gue gak mau dan gak akan banyak komen soalnya hampir semua yg ada di pikiran gue udah di tulis di sini. Mulai dari keluarnya member berujung lawsuit yg udah direncanain, 'hint' di era Wolf, hingar-bingar yg beda waktu Kris ama Luhan out, teaser baru mereka...semuanya persis kayak apa yg gue pikirin xD

    Kok bisa sih, gan? You're not a mind-reader, aren't you? lol
    dan yeaahhh....gue salut ama lu bisa bikin tulisan panjang begini mpe mata pegel bacanya cuma kudu selesai baca karena kepo. Thumbs up!

    BalasHapus
  32. ffnya seru om, wkwk :D

    BalasHapus
  33. Semuanya masuk akal, SM itu lah yg biang keladinya.. Jd jgn blg klo Kris itu adlh penghianat, ak sll jengkel klo Kris d blg penghianat ~T_T~
    Di hatiku ttp 12 wolf 12 member 12 alien 12 12 12 12 n sll 12

    BalasHapus
  34. sdikit banyak hampir2 selalu berfikir hal yg sama dg kakak,,,,
    :)

    BalasHapus
  35. Halo kak ron! gue exo-l dan berterima kasih bgt sama lo yang udah ngasih pencerahan buat kegalauan gue subuh ini... gue kangen bgt sm ot12, flashback abis liat mereka tampil di gayo daejun 2013 dan ngebandingin sm gayo daejun 2014. dan seketika gue gamon trus buka blog lo yang gue percaya ngga percaya bisa ngasi sedikit terang dalam gelapku *apalah* mungkin feel sesama exo-l(ol) juga kali ya sebab gue ngebaca review lo dan manggut manggut terus setuju hampir 100% sama apa yang lo omongin. dengan begini gue bisa sedikit move lah dari 2 kokoh ganteng yang bukan serigala itu :')
    hati hayati sakit bang, lelah banget sama 2014 ini dan makasih bcs lo udah ngasih kepastian meski gue tau itu belum pasti bener banget, tapi gue salut sama lo yang udah bisa nganalisis seperti itu. gue request dong, analisis kasusnya jessica jg boleh kali ya. gue masih sakit ati bgt setelah 7 taun, dia leave :') meskipun gue bukan sone tp tetep aja ngerasa ada yg janggal klo dia ga ada. udah itu aja :')

    BalasHapus
  36. Kan aku stuck/gagal mupon nih gegara imagine kak ron dimasa" luhan & kris :'3, apa yg diteorikan oleh lu kak *bhaqq..gue lngsung berpikir "berarti sebelum mereka brojol(?) drama udh di set sdemikian sama SM ye". Kak ron, lu tau gk gue rasa #okelebay# kaya trbawa suasana sama pikiran" hayal luh itu kak :'V. Tpi tetep ajh gue ngakak "Konsep seperti apa yang akan diusung EXO di album full kedua mereka. Lebih strong. Beda. Mungkin abis mereka overdosis, mereka bertaubat. Berubah jadi ustad? Bisa aja."- :VV

    BalasHapus
  37. 1. BUSET PANJANG AMAT

    2. kok gue gak yakin 10 orang udah jadi formasi tetap wkwkw. jujur udah kebal mau berapapun yang keluar dari grup ini. Alhamdulillah gue punya temen2 dengan otak sabodoamat yang ketika Luhan keluar, reaksinya cuma "Oh, ada lagi?". Capek ngikutin, tapi tetap ditunggu. Toh exology tetep aja di donlot. Toh perform2 tetep aja ditonton. Tapi udah gak pake perasaan lagi. Exo saat ini (semenjak kris keluar) udah gue anggep sebagai grup yang mau gak mau gue suka karena selain udah gue ikutin dari jaman Kai masih pake baju SMA sampe sekarang dan lagu2nya pun cocok di kuping. Udah itu aja. Gue gak mau mikir tentang membernya gimana, on off stage nya gimana. karena sekali lagi, SEMUA CUMA SPEKULASI. MEN PLEASE! Gak capek buat fanfic seolah-olah kita tauk apa yang terjadi? seolah-olah kita bagian dari SM Ent? Staff? Bahkan staff pun gue yakin gak tau 100% exo kaya apa. Di perusahaan, gue yakin ada hal-hal yang gak semua orang di perusahaan tsb boleh tau. Kontrak misalnya. Balik lagi deh. EXO CUMA GROUP. Group tuh kalo di perusaan biasa ibarat co-workers cuma mereka kerjanya di atas panggung. Apa lo tau 100% kehidupan co-workers lo yang lain? Gue yakin seseorang punya 3 kehidupan. Public, personal, dan private life yang bahkan mungkin mereka gak cerita ke orang tua mereka sendiri. gue pusing sama orang-orang yang tauk mereka cuma dalam waktu beberapa taun kerjaannya bikin spekulasi seolah tauk segalanya.

    Gosip Tao bahkan Sehun mau keluar bahkan udah mulai kesebar luas. Gue gak ambil pusing dan gak peduli juga sih mau keluar atau engga. Toh resign itu lumrah kan? fans aja yang bikin riweuh dan dimasukin ke hati trus nebak-nebak kenapa. Life is hard, men dan gak usahlah buat tambah susah dengan bikin issue yang sebenernya cuma ada di kepala lo doang. Bener atau engga apa yang lo spekulasiin, gak akan pernah bisa dibuktiin dengan document2 valid karena memang ada hal2 yang orang lain gak perlu tauk. dan orang lain disini termasuk member lain, staff, apalagi fans.

    gue pernah kok mikir apa ini memang udah direncanain dari awal? tapi balik lagi tau diri aja sih kita siapa dan apa hal2 yang bener2 kita tau dari mereka. based on interview atau reality show yang katana non-script? yakin itu bener2 mereka? gue sih berpegang sama kalimat "7 billion people, 14 billion faces". kadang temen yang tiap hari ada di samping lo aja gak lo tau 100% karakternya gimana, apalagi orang yang cuma lo liat di layar laptop atau atas panggung yang cuma 2 jam dan itupun setaun sekali kalo beruntung. itu aja sih.


    teaser mereka ada 10 balls yang keluar dari maze. cuma teaser kan? kalo 1 orang bisa keluar seminggu sebelum konser ketika semua banner, merch dll udah dibuat, masa 2 orang gak bisa keluar cuma based on teaser yang 10? siapa tau comeback jadi 8? siap-siap aja yang masih ngeliat mereka pake hati mah :)


    liat SNSD? 14 taun semenjak trainee, toh tetep ada aja yang resign. apalagi baru 2 taun elah.

    BalasHapus
  38. "grup korea mana yang punya fans lebih dari mereka sekarang ini?"

    tvxq mbak.

    they aren't THAT great, please. Mereka kaya sekarang gak bisa dipungkiri karena lewat jalan tol yang memang udah berdarah-darah dibuat sama sunbae-sunbae nya so thx to them. yah dengan bumbu lebih banyak uang, rumor, dan shipper pastinya.

    BalasHapus
  39. buset komen gue diapus? pffttt

    BalasHapus
  40. Nggak cuma EXO kok, BTS juga banyak. Walaupun dari agensi yang nggak terlalu 'terkenal (karena skandal)' kayak SMent, mereka bisa meraup berbagai ARMY dari berbagai negara.

    BalasHapus
  41. Dari dulu juga SM nggak pernah beres, selalu ada aja yang keluar.

    BalasHapus
  42. "grup korea mana yang punya fans lebih dari mereka sekarang?"

    yakin? gamau coba liat fandom lain?
    exo belum genap 2 tahun. coba pikir ulang deh. masih banyak idol yang fansnya lebih dari EXO di korea.

    TVXQ, SUPER JUNIOR, BIG BANG.
    walaupun umur mereka udh gabisa dikatakan muda lagi, tak bisa dipungkiri kalau diluar sana masih banyak fans mereka, bahkan melebihi exo.

    so, think again before saying.

    BalasHapus
  43. Setuju bangeettt, emang dari awal kepikir sih lagian luhan sama kris tuh punya otak, ga bego.. gamungkin mereka buang2 waktu trainee mereka cuma buat gara2 alesan cengeng keluarga atau alesan cengeng jadi aktor abal2 ketimbang honour exo yang pasti gede lah dan besar kemungkinan bisa ngegantiin keinginan aktor itu, atau mereka juga pasti ga bego lah ngelepas masa depan mereka yang udah di tangan..
    Terus aku juga kepikiran mungkin rumor baekhyun taeyon juga bagian dari naskah drama SM, secara kalo misalnya mereka pasti udah tau cara ngehindarin paparazi ini malah dengan mudahnya ketangkep lagi kissing, dan pada saat itu suju kondisi mau comeback sama fans exo lagi gebyarnya, mungkin aja SM sengaja buat fans exo berkurang... dan nanti...
    Terus gak mungkin kalo seandainya luhan sama kris mau ninggalin atau mau jadi korban gitu aja kalau mereka gak ditawarin sesuatu yang lebih menjanjikan daripada exo itu sendiri. Jadi, kemungkinan besar selepas2nya mereka dari exo masih berkaitan dengan SM, atau mungkin aja mereka bakalan jadi aktor SM/?
    Tapi yang paling nganehin pikiran aku itu... SM pasti pinter, mereka gak mungkin ngerelain ratusan fans cafe yang out gitu aja gara2 masalah taebaek atau lawsuitnya luhan sama kris, di comeback sekarang atau mungkin di comeback suatu hari nanti biar naskah drama SM gak terlalu mudah dibaca, pasti SM bakal ngelakuin sesuatu yang ngebuat fans mereka balik, mungkin dengan putusnya chanbaek atau baliknya kris luhan (gue ngarep abis) soalnya kalo make logika gak mungkin mereka mau ninggalin masa depan yang cerah banget untuk sesuatu yang lain kecuali kalau mereka dikasih sesuatu yang lebih menjanjikan dari exo.

    Sekarang, emang ada??

    Tapi bauangin, kalo mereka balik,
    BOOM!
    "Kami akan menulis sesuatu yang baru di kertas putih yang baru," dan mereka akan dengan mudahnya termaafkan, dan EXO akan lebih mengguncangkan dunia. (Ditambah lagi kalo taebaek putus)

    Everyone be like: Ih tau ga baekhyun putus!! Masa luhan sama kris balik lagi dan blablabla lainnya.

    BalasHapus
  44. membaca apapun tentang exo di blog kakak, serasa sedang membaca fikiran sendiri....
    jadi kalau saya lagi malas mikir saya tinggal buka blog kakak aja....
    ini sangat menyenangkan....
    so thanks kak n fighting....!!!!!!
    :-)

    BalasHapus
  45. Kak Ronzy aku salah satu followers kakak di twitter, I love your tweet, I love your posting and I love Baekhyun same as you kekeke.

    But this time aku mau kasih tau ke kakak sesuatu yg entah kakak udah sadar atau belum. aku beberapa kali cerita keteman - teman aku yg juga suka exo tapi mereka probablly ga paham maksud aku apa, jadi satu2nya tempat curhat yg au harap bisa menampung curahan hatiku. Ini menyangtkut soal yahudi, ini yahhh sebenarnya cerita lama aku udah cukup ngamatin perkembangan yahudi dalam industri musik dari tau yg namannya Ladu Gaga ntah itu mungkin 2012? kemudian aku coba seach tentang yahudi dan kpop saat itu belum ada artikel yg bahas ini dalam bhs. Indonesia, hingga suatu hari karna ke kepoan ku soal kpop dan yahudi aku dapat blog kakak ini yg ngebahas tentang yahudi di MV nya SJ entah itu kalo ga salah ingat Mr. Simple. lama kelamaan seperti yg kakak bilang udah ga jaman bahasin yahudi udah mainstream --" dan yeaahhhh aku pikir juga iya dimana2 banyak banget segitiga, piramid, mata yg satu aja dan yaahhh hexagram like a trend.

    Tapi semakin kesini entah menurut aku yahudi semakin memperbudak idol idol kita,yahudi illuminati, freemason, satanic, semua semakin terang terangan.

    Keluarnya luhan dan kris kemudian tersisannya sepuluh member, semua ini aku yaikin berkaitan sama MV2 exo sendiri. dan konsep awalnya adalah di mv MAMA "Pohon Kehidupan"

    Ada sebuah keyakinan yahudi yang menyembah kaballah atau pohon kehidupan, pohon kehidupan ini termasuk porosesi pengendalian pikiran dalam mistik yahudi. kenapa ini berhubungan dgn EXO karna konsep awal exo yg tentang pohon itu di MV mama dan menariknya Kaballah ini terdiri atas beberapa elemen yg masing2 terdiri atas unsur air, api, angin dan bumi. Identik dan mengingatkan banget sama super power exo.

    Namun pada Kabbaah hanya ada 10 elemen, dan inilah yg menyakinkan saya bahwa EXO pada awalnya memang dirancang hanya 10 org seperti pendapat kakak. and well kabar baiknua ga akan ada yg keluar lagi karna untuk membentuk satu kesatuan Kaballah (pohon kehidupan) memang hanya dibutuhkan 10 elemen.

    Elemen kabbalah ini memiliki 3 elemen terkuat,

    Elemen pertama yaitu 'Keter' dikenal sebagai 'cahaya tak terbatas' milik siapa? Mr.Cabe

    Elemen kedua disebut 'Chokmah' yaitu pengedali ruang. super power Kai di Mv

    Elemen ketiga adalah 'Binah' yaitu pengendali waktu milik Tao.

    Tiga elemen itu adalah elemen terkuat dalam Kaballah, ntah apa yg akan terjadi sama 3 org diatas -___-

    Dan next ada satu elemen yg juga speciall yaitu Malkut yg merupakan satu2nya elemen yg memiliki unsur bumi, dan bisa ditebak siapa pemiliknya Do Kyungsoo.
    Kita sama - sama tau kalo d.o skrg punya karir besar lain selain di EXO. singkatnya kemungkin dubesar cuma dia yg bisa punya aktifitas di itu dibwah nama exo dan ga akan berakhir seperti Kris dan Luhan*apasih --"

    Sudah terlalu panjang, cukup segini aja kak semoga dibaca dan sara aku kalo kakak baca seenggaknya kakak kepo dikit, aku mulai berfikir ini hal serius ketika liat MV kiss kiss. Jgn sampai member EXO kenapa2 dan mari kita terus mantengin MV mereka dan buat review. karna MV saat ini bukan hal main2, saat ini MV menyangkut karir bahkan nyawa idol kita.

    Kamsa~

    BalasHapus
  46. hanjer... bagaikan mata ketiga di jidat gue terbuka lebar - lebar lah kak... some points gue setuju (setuju banget malah) bukan barang ane sih kalo rencana selicin itu dipake, EXO kan emang ladang invest paling gede di SM sekarang (ga tau lagi kalo SM Rookies)... Management ini gak bego lah (buat cari untung gede) mereka pasti udah trial error berulang - ulang dari grup sebelum - sebelumnya

    Anyway nice point kak!

    BalasHapus
  47. buset min kata kata lu bikin mewek bagus min :) fighting

    BalasHapus
  48. cuma bisa berharap , di foto treasernya nanti Xiumin rilis abs nya.. haha

    BalasHapus
  49. sangat menarik..banyak juga pikiran pikiran konyol yang sliwar sliwer di kepala gue thor...

    agak sedikit ngakak pas baca, karena ada beberapa analisa lo yang sama kayak analisa gue :D

    firasat gue dari lubuk hati yang paling dalam bilang kalo exo mungkin bakaln comeback akhir februari ini kalo ga ya berarti awal maret..

    yang pasti sebelum konser akbar maret nanti pastinya harus udah ada single atau album baru dong..

    tapi bisa jadi single atau album baru nanti di launching sekalian pas waktu konsernya..hmm mungkin ga sih..?? #confused

    entahlah..yang pasti gue udah mulai nabung siapa tau bisa beli album baru mereka nanti..

    BalasHapus
  50. drama bangett ceritnya.
    jd semua nya udah terencana yaa. gila sme emg paling jago bikin cerita kaya gini. biang keladi dari semuanya. tadinya sempet kagum sama sme krna bisa ngluarin artis2 besar. eh ternyata kejam bgt omg

    BalasHapus