EXO 2015: EXODUS [Chapter 1] #KAI

*
Gue tidak sedang dalam kondisi siap mental lahir batin ketika menerima kabar bahwa teaser comeback EXO terbaru sudah dirilis. Iya. Siapa sih sekarang yang tahan mental lahir batin menerima kabar apapun dari EXO setelah lawsuit-lawsuit bertebaran di planet ini.

Belakangan ini gue kalo baca timeline Twitter suka takut. Suka deg-degan kalo tiba-tiba keluar kabar siapa keluar atau siapa lawsuit. Suka ngeri kalo tiba-tiba siapa terbang ke Tiongkok terus enggak balik lagi ke Korea bersama badannya tapi yang balik cuma surat lawsuit-nya. Ngeri aja.

Gue sekarang punya hati yang lemah sekali. Ibaratnya sudah dalam kondisi yang sama sekali tidak percaya pada apapun yang terjadi di dunia. Gue tidak percaya lagi akan guna matahari yang dulu mampu terangi sudut gelap hati ini.

Pft.

Semalam gue abis rapat di kantor terus ketemuan sama temen-temen di Family Mart. Sebelum pulang, salah satu dari kami kemudian heboh soal teaser EXO. IH SERIUS DEH YA, gue paling nggak suka kalo teaser keluar malam-malam gitu. TOLONGLAH SM ENTERTAINMENT, LO PIKIR HIDUP GUE CUMA BUAT SPAZZING EXO DOANG?!

(tapi kenyataannya iya. pahit sekali)

Bener-bener deh pokoknya belakangan ini bukanlah waktu yang pas untuk spazzing. Terlebih ketika laptop lo lagi nggak ada karena rusak dan sedang diservis terus sebulan belom kelar-kelar juga gini. Spazzing rasanya tidak senyaman dulu.

Tapi kemudian.... Astagfirullah.... gue ingat kata Mama. Kalau masih banyak orang-orang di luar sana yang bahkan nggak pernah kepikiran untuk punya laptop dan spazzing. Nikmat Tuhan yang mana lagi yang kita akan dustakan kalau sudah seperti ini.

Alhamdulillah 99x

Nggak lama setelah itu gue balik ke kosan dan baru di kosan gue perhatiin bener-bener itu teaser yang dirilis sama SM. Baru nyadar juga kalo kali ini ada yang berbeda dari cara promosi SM ke EXO. Lebih interaktif. Social media based banget. Kekinian banget. Alay-alay netizen tlist chingu masa kini banget pokoknya SM sekarang.

DDAK NAE STYLE!

Oke. Pelan-pelan gue ganti baju dan sholat Isya sebelum akhirnya berbaring ganteng di kasur tipis--yang saking tipisnya bahkan lantai pun sudah terasa dinginnya--yang dikasi ibu kosan lalu serius merhatiin video 56 detik berjudul 'Pathcode #Kai' yang di-upload ke YouTube SMTOWN itu.

Pathcode.

Gue tiba-tiba inget kalo gue baru aja meng-uninstall aplikasi Path yang superlemot itu saking udah nggak tahu lagi gue harus nge-share apa karena yang private sudah tak lagi private rasanya di situ jadi kenapa harus membuatnya private.

London...

Pas adegan pertama di video itu muncul, gue langsung ngebayangi bakalan ada Pelahap Maut terbang-terbang bikin rusuh ngancurin jembatan. Big Ben tiba-tiba meledak dan asapnya memenuhi langit Britania Raya. London Eye satu persatu jatuh bagai kacang kedelai yang tumpah dari bungkusan plastik abang-abang tukang sayur yang tiap pagi mangkal di pinggir jalan deket kosan gue.

Eh ternyata bukan Pelahap Maut yang bikin rusuh kota London. Tapi si Barongsai Kim Jongin.

Lagi-lagi seperti halnya masa lalu, once upon a time when EXO was still 12 forces, Kai selalu jadi yang utama. Gue masih enggak ngerti sampai sekarang apakah pria ini sebegitu mempesonanya buat Lee Soo Man. KENAPA HARUS KAI LAGI KAI LAGI. GEUNYANG WAE?!?!?!?!?
*

*
Ada sisi hati gue yang ingin sekali-kali Suho gitu yang tampil pertama kali. Karena dia Leader. Karena setidaknya dia butuh sesuatu yang istimewa setelah gonjang-ganjing rumah tangganya dengan Kris yang porak poranda. Tapi gue kemudian berpikir ulang dengan keras, kalau Suho yang tampil pertama terus mukanya sangek tapi kaku-kayak-lagi-mencoba-nyanyi-di-nada-tinggi-tapi-ya-gitu-deh-jadinya-biasa-aja malah nggak akan seru.

Ada juga bisikan-bisikan yang meminta dan memohon Baekhyun saja yang duluan muncul. Secara Baekhyun sudah debut musikal, punya banyak pesona dari berbagai bidang di industri entertainment. Senyumnya pun ceria kayak anak TK baru dikasi permen lolipop bentuk kaki. Tapi kalau kemudian Baekhyun muncul bersama Taeyeon kasian juga EXO-L yang cintanya tak terbalas nanti sakit hati. Cukup Polar Light saja yang merasakan demikian, yang lain nggak usah.

Tapi Alhamdulillah nggak pernah ada bisikan yang muncul di kepala gue atau terdengar di kuping gue untuk minta Tao tampil duluan. Alhamdulillah gue terlindungi dari setan-setan yang terkutuk yang menjerumuskan Adam dan Hawa ke dunia fana penuh lawsuit ini.

Akhirnya gue disadarkan dengan sebuah fakta bahwa memang Kim Jongin ini adalah satu-satunya member yang punya kharisma seperti itu. Yang kalau lagi ngedance kayak kesurupan. Yang kalo lagi dewasa keliatan dewasa banget. Yang kalo lagi manja keliatan jadi anak-anak banget. Iya, cuma dia yang bisa.

Dan iya, kemudian itu membawa gue ke ingatan yang lain bahwa memang inti dari kisah ini, kisah EXO Planet ini sejak awal adalah Kim Jongin. EXO-K = EXO-KAI. Kami Anak Indonesia. Keluarga Alay Internasional.
*
*
Ketika di MV 'MAMA' dia berjuang mencari dan mengumpulkan satu per satu alien yang turun ke bumi secara acak dan terpisah dengan kekuatan teleport-nya, kini dia mengulang lagi hal itu di waktu dan lokasi yang berbeda.

Dulu mungkin two different ground-nya masih Korea-Tiongkok. EXO-Korea - EXO-Mandarin. Sekarang anaknya udah Eropa banget. Udah nggak main Asia lagi. Sekarang EXO-London sama EXO-Barcelona. Tarafnya udah internasional. Nggak mau kalah sama grup-grup yang udah punya tur Eropa dari manajemen sebelah.

Pekerjaan Kai pun semakin berat.

Setelah 12 forces turun ke bumi 2012 silam, huru hara terjadi dan negara api menyerang. 12 orang ini berjuang melawan segala macam halang dan rintangan dari musuh di dalam sebuah maze bernama dunia-fana. 10 dari mereka berhasil, sayangnya 2 harus gugur di medan perang. Mereka yang gugur adalah sang Naga dan pemain Karambol. Tapi sedihnya, dua orang ini gugur bukan karena dibunuh musuh, tapi dibunuh ego mereka sendiri sehingga berbalik badan dan bergabung dengan musuh.

Sang Naga ditawarkan ilmu Hembusan Api Membelah Nusantara sementara si pemain Karambol dijanjikan sebuah pabrik papan dan biji karambol berbahan berlian dan ekspor sampai ke Planet Neptunus. Untuk apa berkumpul dengan 10 anak ingusan yang masih kurang populer di kalangannya sementara mereka bisa menguasai ilmu membelah Nusantara dan kaya raya?

Setelah huru-hara terjadi, 10 forces yang tersisa dirundung duka. Mereka memutuskan untuk menyendiri ke London dan Barcelona. Tidak bersama-sama, melainkan bepergian sendirian saja. Tetapi, Kim Jongin merasa ada yang salah di sana. Kim Jongin merasa bahwa ini bukanlah jalan yang seharusnya. Maka dia punya misi lagi untuk menyatukan semuanya. Satu-satunya cara mencari mereka adalah menggunakan lagi kekuatan teleportasi yang dulu dikuasainya.
*

*
Plop!

Plop!

Tibalah dia di London jam 15:00.

Eh nggak, jam 15:01.

Tiba-tiba saja dia muncul di tengah-tengah kota London dengan berpakaian rapi. Tadinya dia mau ke Paris Fashion Week karena tantenya, Kim Kardashian lagi ada di sana sama Kanye West. Tapi dia nyasar dikit ke London. Akhirnya, yaudah, gak sempat ke Paris Fashion Week, Kim Jongin pun membuat fashion show-nya sendiri di tengah jalan.

Jepret-jepret. Suara kamera fotografer tiba-tiba terdengar. Kenapa mereka motret tiba-tiba? Siapa sih Kim Jongin ini? Artis? Koruptor? Aktor dengan skandal seks karena mukanya sangek terus?

Fotografer ini sebenarnya tujuannya untuk memotret Kate Middleton dan Pangeran William yang hari itu mau shopping-shopping cantik baju bayi. Tapi karena ada sosok Barongsai Alien berpakaian rapi muncul di tengah-tengah kota, kenapa enggak difoto aja. Lumayan buat dijual di Getty Images.

Kai pun bergaya. Jepret kiri, jepret kanan. Sok-sok terganggu mukanya karena suara jepretan paparazzi tapi terus aja dia bergaya. Dia terus berjalan. Lihat kiri lihat kanan. Siapa tahu di sana nanti dia bertemu dengan siapa kek salah satu dari 9 forces yang selama ini lagi liburan sejak lawsuit-laswuit bertebaran. Tapi yang dia temui hanyalah orang-orang yang lalu lalang di jalan. Alhamdulillah gak ketemu setan.
*

Dari satu lokasi ke lokasi yang lain Kai jalan kaki terus. Aneh juga gak sih, dia kan punya kekuatan teleport kenapa dia harus jalan?!

Oh karena dia lagi di tempat umum. Makanya nggak boleh ada yang tahu dia punya kekuatan. Tapi toh kalo ada yang tahu juga kan tinggal ngilang pulang kampung. Susah amat idup. Tapi itulah Kai mungkin nggak mau manjain kakinya. Dia pun jalan terus dan terus sampai hujan tiba-tiba turun.

Gak peduli panas gak peduli hujan (toh kita juga nggak tahu kondisi langit di sana karena warna videonya hitam putih sih ya), si paparazzi terus ngikutin Kai. Udah naik jauh ke atas tetep aja dipotret. Tapi dia juga tetep aja begaya. Naik turun eskalator, difoto terus. Gerah gak sih lo.

Enggak ya soalnya London kan dingin.

*krik*

Kai coba kabur dari paparazzi itu karena kalo dia terus ada di situ dan bergaya dia nggak akan nemuin 9 forces yang lain. Tibalah dia di atap sebuah gedung dan tiba-tiba dia nerima tweet dari @pathcodeexo yang memberikan petunjuk apa yang harus dia lakukan. Aneh juga dia dapet petunjuk dari Tweet bukan dari Tuhan YME.

Tiba-tiba Kai mengalami flashback mendadak. Teringat beberapa bulan lalu, sebelum negara api menyerang dan sang Naga memutuskan untuk menuntut Ilmu Hembusan Api Membelah Nusantara, dia sedang berdiri di depan sebuah maze mengerikan. Dalam flashback supercepat itu muncul juga salah satu dari 10 forces yang tersisa.

Dia adalah D.O, belahan hatinya (OHOK) (GUE BUKAN KAISOO SHIPPER) (BUKAN BENERAN DEH). Sebuah kubus hancur. Juga salah satu dari 10 forces pemilik kekuatan guntur bumi yang kalau malam menyamar jadi tukang yakult.

Flashback supercepat itu serta petunjuk dari Twitter itu ternyata membuat Kai terinspirasi untuk mencari 9 forces yang lain ke mana.

Gresek gresek PLOP!

Diapun menghilang. Atau.... berubah menjadi seekor burung gagak hitam yang terbang ke arah Barat (atau Selatan?).

SM KAMU RASIS KENAPA HARUS GAGAK HITAM MENTANG MENTANG KAI HITAM GITU MAKSUD KAMU?!

Lalu... EXODUS... Keluaran.... yang keluar.

OH!
*
*
Entah kenapa ya, teaser EXO itu selalu menyimpan banyak hal untuk dikulik-kulik. Selalu menyimpan misteri-misteri yang bikin kita menebak-nebak walaupun padahal jarang juga tebakan itu bener. Sekarang, sejak semalam sih gue rasa, pasti banyak orang lagi ngebahas soal kode-kode di teaser pendek keparat itu di tumblr ataupun di Twitter.

Oke gue juga. Di sini gue juga melakukannya hahaaha.

Tapi ya itu serunya dari teaser EXO. Membuat kita menebak-nebak dan berimajinasi liar dan jauh. Padahal MV-nya juga nggak ada hubungannya sama teasernya. Nih, lo bayangin sekarang teasernya misterius banget tapi lagunya 'Call Me Baby' terus EXO nge-dance pake jas di dalam ruangan dengan MV mirip-mirip sama 'Swing'.

MANA ADA NYAMBUNG-NYAMBUNGNYA SAMA LONDON, BARCELONA, TELEPORTASI, GAGAK HITAM.

Kecuali akan ada lagu lain yang punya nuansa misterius yang juga dirilis MV-nya. At least bakalan kayak 'MAMA' gitu sih gue percaya ini konsep masuk.

Intinya: MV EXO nggak akan sebagus teaser-nya. Setelah 'MAMA' hal itu semacam mustahil. Tapi melihat MV 'Red Velvet' yang lumayan, gue sih positive thinking aja SM bakalan baik hati. Kecuali uang mereka udah abis buat bikin akun Twitter @pathcodeeco yang di-verified itu atau gimana.
*
*
Kai muncul di tengah-tengah kota London di sore bolong yang kemudian langsung di potret sama paparazzi. Kemanapun dia pergi, itu kamera tetep terdengar. Jeprat jepret. Persis banget kehidupan EXO yang kemanapun mereka pergi nggak akan jauh dari para fansite. Mau mereka marah-marah di Instagram atau Weibo buat gausah diikutin, kata fansite sih... "Peduli setan. Yang penting gue dapet foto eksklusif buat jualan. Uang gue udah abis men buat ngintilin elo, elo gausah bacot."

Terlepas dari kualitas gambar yang jelek banget harus diakui (entah karena emang konsepnya candid atau gimana), tapi video ini punya banyak sekali makna. Tentu saja kayak yang gue bilang tadi, orang-orang lagi saling dulu-duluan buat nyari kode-kode.

Inti dari teaser ini sebenarnya mulai dari tengah videonya sampe jelang akhir. Dimulai dari @pathcodeexo itu yang kemudian membawa kita ke sebuah akun Twitter yang menjanjikan kita clue-clue untuk teaser foto yang selanjutnya.

Jujur aja gue seneng SM melakukan ini. Karena mereka melibatkan kita secara langsung yang selama ini cuma menebak-nebak tanpa tujuan yang jelas. Akhirnya SM melihat kemampuan detektif para EXO-L dan berusaha untuk menghargai itu dengan melibatkan mereka di perilisan teaser.

Pertama sih biasa aja pas buka akunnya. Tapi pas buka pertanyaan pertama yang mereka ajukan....

BANGKE TOKEK HAMIL TUA! INI APA APAAN KENAPA BISA BEGINI BENTUKANNYA?! KENAPA YANG GUE TULIS DI POSTINGAN TEASER EXO DESEMBER KEMAREN BERASA KAYAK JADI KENYATAAN GINI.

Oke sok banget kedengerannya. Tapi.... mengutip apa yang gue tulis Desember:

"Teaser EXO 2015 mengingatkan gue sedikit banyak ke teaser debut mereka. Meninggalkan kesan. Walaupun tidak satupun member EXO tampil di teaser ini, tapi ada sesuatu yang menggigit dari teaser ini: rangkaian masalah-masalah yang dihadapi EXO yang secara cerdas dikemas jadi sebuah konsep,"

"Gue merasa kali ini SM Entertainment sangat-sangat kurang ajar. BAGAIMANA BISA MEREKA MENJADIKAN KELUARNYA DUA MEMBER EXO YANG DRAMATIS ITU JADI SEBUAH KONSEP TEASER YANG CEMERLANG?!?!?!?!??!?! Disaat gue sudah mau move on begini, mereka malah membuat kasus-kasus itu jadi konsep di dalam teaser. YA UDAH INI MAH #SAKITNYA_AT_GWANGHWAMUN."

"Ada lagi bola-bola yang menggelinding mengitari Maze. Berusaha untuk keluar dari dalam labirin. Yang di adegan terakhir ditunjukkan bahwa kemudian ada 10 bola yang berhasil keluar, sementara dua lagi tersesat di dalam. Ini yang gue maksud sebuah ide cemerlang. SM memasukkan kejadian pahit yang dialami EXO ke dalam teaser konsep comeback mereka. Seolah-olah semuanya terjadi memang karena sudah ada yang mengatur. Seakan-akan sudah di-set seperti itu. Walaupun mungkin sebenarnya enggak, tapi cara SM merangkul masalah dan menjadikannya sebuah konsep teaser ini loh. Keren aja. At least buat gue."

Selengkapnya: EXO 2015 COMING SOON

Oke, SM cerdas sekali. Bersamaan dengan mengungkit masa lalu itu, mereka mencoba untuk menekankan fakta bahwa sekarang EXO tuh udah 10 member. 2 lagi nggak keluar dari maze dan lebih memilih menguasai ilmu silat dan jadi juragan karambol.

Nggak ada lagi EXO12 sekarang jamannya EXO10. Intinya sih jawaban dari pertanyaan pertama akun @pathcodeexo itu ya itu.

Hal pertama dan yang paling penting sebelum mereka comeback adalah bahwa lo harus menerima dulu keadaan mereka yang sudah kehilangan dua member. Lo harus terima dulu bahwa mereka sekarang punya formasi baru. Bahwa mereka sendiri sudah move on (walaupun di teaser dan lain-lain dibahas terus kek eek cicak).

Bagaimana lo mau menjalin hubungan dengan orang kalau lo nggak bisa menerima kondisi dia apa adanya? #EA

EXO10 adalah awal yang baru buat grup ini. Sebelum mereka comeback, camkan dulu baik-baik bahwa mereka sekarang 10.

10. 10. 10. 10. 10. 10.

10:10 = 1.

Bukan 12.

Yang lucu adalah, fakta bahwa EXO sekalian iklanin Galaxy S6 Edge yang sekaligus sindiran halus buat si Galaxy Fanfan. Mereka sudah punya Galaxy yang lain sekarang. Galaxy yang lama boleh saja pergi yang penting kekinian pake Galaxy S6 Edge paling baru. Asal nanti ke depannya jangan sampe EXO ketangkep pake iPhone aja biar promosinya gak gagal kayak pas LINE vs KakaoTalk dan KFC vs McD.
*
*
Di shot selanjutnya, singkat tapi penting, adalah beberapa adegan di MV 'Overdose'.

Oke, ini kembali membuat gue berpikir bahwa selama ini memang ada sebuah skenario besar yang lo sendiri nggak akan bisa tahan buat nggak ngejambak diri sendiri kalo sadar. Gue juga pengen banting laptop tapi karena ini laptop kantor jadi gue gak berani.

1. Ketika MV 'Overdose' dirilis, kesannya kayak yaudah mereka terjebak di maze. Terus, yaudah.

2. Kenyataannya, mereka tidak keluar dari maze itu di akhir video. Di video M, Luhan pemeran utamanya dan dia masuk ke maze lalu gak bisa keluar. Di dalam maze sendiri Kris stres karena tidak menemukan jalan.

3. Kenyataan bahwa mereka tidak keluar dari maze itu ternyata berlanjut ke konsep comeback 'EXODUS' ini.

Entah apakah di dalam rencana itu tetap ada Luhan dan Kris atau memang sejak awal Luhan dan Kris tidak dimasukkan ke dalam konsep dan kebetulan aja dapet ide dua biji kelereng gak keluar dari maze (which is menurut gue terlalu perfect jika disebut kebetulan).

Poin ketiga ini membawa kita ke poin selanjutnya yang juga terlalu perfect kalo disebut kebetulan.

4. Di MV 'Overdose' ada adegan D.O menemukan sebuah kubus yang kemudian berubah jadi debu.

Logo EXO di album baru 'EXODUS' ini kubus yang kehilangan 1 garis. Kubus sendiri punya 12 garis. Kehilangan 1 berarti sisa 11. Apakah ini berarti akan ada satu member lagi yang kembali ke EXO atau nambah member?
*
*
Sekarang nggak bisa lagi bilang NGGAK MUNGKIN. Kalo SM bisa bikin konsep dari lawsuit-lawsuit itu, mereka juga bisa bikin EXO nambah member.

Berubahnya kubus itu jadi debu juga sebuah gambaran kehancuran 12 kaki yang menopang si kubus tadi karena 2 member keluar. Mereka jadi nggak sempurna. Sekaligus ini sebagai sebuah awal yang baru dengan jumlah personel yang baru. Dua member lama gugur bagai debu.
*
*
5. Ada adegan Chen melihat ke arah lampu (cahaya). Chen sebagai member EXO-M menemukan jalan untuk tetap ada di grup. #EA #YAIYALAH #KANDIAORANGKOREA #WALAUPUNMEMBERSUBUNITMANDARIN
*
*

6. Ada juga adegan Tao yang melihat bayangan dirinya di cermin.

(foto tidak usah dicantumkan lah ya. tau kan Tao yang mana)
*
*
Ketika flashback berakhir, Kai kemudian merasa dapat petunjuk kan. Dia akhirnya berteleportasi. Tapi di shot berikutnya muncul Burung Gagak dan tulisan EXODUS. Oke ini udah paduan yang mistis banget sih sebenarnya.

EXODUS sendiri adalah bagian dari kitab suci. Kata EXODUS berarti 'Keluaran'. Diambilnya kata ini sebagai judul album singkatnya sebagai gambaran dari 10 orang yang berhasil KELUAR dari maze. Hanya mereka yang berhasil KELUAR dari maze itu yang ikut di album ini. Kembali lagi ke clue yang dikasi sama @pathcodeexo.

Kalo mau jahat yaudah EXODUS berarti sindiran buat mereka yang KELUAR dari grup. Intinya sih itu. Album ini sindiran aja buat mas Naga dan bang Karambol.

Burung Gagak hitam sendiri punya berbagai macam makna. Di berbagai negara (dikutip dari berbagai sumber), terlebih Inggris dan Eropa ada banyak mitos soal burung gagak. Mulai dari yang negatif dan juga yang positif. Di agama Islam sendiri, Burung Gagak adalah hewan yang diturunkan Allah untuk menunjukkan kepada anak Adam bagaimana cara mengubur saudara yang dibunuhnya.

Burung Gagak pun dekat dengan hidup dan mati. Terkadang juga identik dengan hal-hal yang buruk dan negatif. Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa Burung Gagak hitam berarti: "Pembunuhan, hal-hal jahat yang dilakukan berulang-ulang. Sebuah peringatan,"

YOU'VE BEEN WARNED!

Jangan kaget kalo abis ini bakalan ada yang keluar lagi. Ya mungkin maksudnya itu. Atau jangan kaget kalo abis ini bakalan ada member baru. Ya bisa juga maksudnya itu. Tapi kalo ngeliat dari "kejahatan yang berulang-ulang" sih.....

Tapi kita ambil simpelnya aja, karena Burung Gagak juga berarti kejahatan dan munculnya di teaser bersamaan dengan kata EXODUS, berarti yang keluar = orang jahat. Udah gitu aja biar gak pusing sama lawsuit-laswuit selanjutnya.

Oke tadi itu negatif-negatifnya. Burung Gagak juga banyak punya sisi positif kok. Di Eropa misalnya ada mitos yang menyebutkan bahwa Burung Gagak adalah simbol untuk dewa. Di Inggris khususnya, beberapa hal positif dari Burung Gagak adalah:

1. Membawa pulang atau memberi arah jalan pulang jika mengikuti arah terbang Burung Gagak (Shetland & Orkney). LIKE YOU KNOW WHAT I MEAN. SIAPA YANG BAKALAN BALIK KE EXO NIH BUAKAKAKAKAKAKAK

2. Di Wales, Burung Gagak yang hinggap di atas atap berarti Prosperity untuk keluarga yang rumahnya dihinggapi. Iya abis ini EXO albumnya laku yaaaa. Asal jangan lawsuit lagi aja.

3. Burung Gagak juga berarti bijak. Bisa juga berarti hal yang magis. Bisa juga berarti jimat keberuntungan.

Kalau kita lihat di teaser itu, Burung Gagaknya kan terbang ke arah kiri. Kalau kita ibaratkan atas adalah arah UTARA maka kiri adalah arah BARAT. Burung Gagak yang terbang ke BARAT berarti sebuah PERUBAHAN. Sudah jelas siapa yang berubah dan apa yeng berubah di EXO.

Tapi kalo misalnya atas adalah SELATAN dan kiri adalah TIMUR, maka berarti "selalu dekat dengan yang dicintai". Apakah mereka yang dulunya dicintai akan kembali dekat dan mendekat?

Oke dua paragraf terakhir gue terdengar seperti cenayang murahan.

Eh enggak dua, tapi sebagian besar postingan ini wakakakakka
*
Matanya kayak abis ditonjok Ratu Elizabeth.
*
Lo bisa baca berbagai macam kode-kode yang dipecahkan oleh para detektif EXO-L di dunia maya. Menarik banget buat dibaca tapi jangan juga terlalu dipercaya. Karena kembali lagi, apa yang ada di teaser biasanya nggak terbukti sepenuhnya di MV alias Z.O.N.K. Kita semua tahu SM tuh kayak gimana. Gausahlah terlalu banyak berharap. #EA

Kita tunggu teaser selanjutnya. Siapa? Luhan? Eh bukan ya. Oke mungkin saja Tao. Karena di flashback-nya Kai yang pertama muncul setelah dirinya di depan maze itu adalah Tao.

Hmmm. Tao ya...

Ah.

Kenapa sih harus Tao.

Bisa gak kalo langsung MV aja biar teaser dia gausah dikeluarin.

HAHAHAHAHHA

PPYONG!
*

Share:

45 komentar

  1. ngakak bang pas baca part 'sang naga' & 'bang karambol' XD, bisa aja sih bang mendeskripsikannya,


    kalo gua sendiri sih ngak terlalu banyak berharap sama teasernya SM, karena sebelum-sebelumnya teaser jauh lebih menarik dibanding MV yang selalu didalam kotak. tapi yah semoga aja entar buat mv exodus ngak begitu, dan semoga yang kembali itu bener, tapi kayaknya ngak mungkin ya bang kalo si kai aja udah ngasih kode 10:10

    BalasHapus
  2. Nikki Listianing R19 Maret 2015 pukul 13.58

    jahat amat sih om, jangan panggil lu ge pemain karambol napa. eh iya, kayaknya situ sensi banget sih sama dek tao, atulah om, apa salah dia coba? kalo analisisnya, boleh lah, simpen dulu jadi hipotesis, ntar tinggal dibuktiin pas MVnya keluar... :)

    BalasHapus
  3. Kaaaa lo jahat baget sama tao. Tapi sama sih gw juga kalo liat tao bawaannya mulut gatel mo komentarin ahahaha

    btw asli ngakak bacanya. Siake.
    Emang ya sm ini agensi yang asik buat studi kasus, bisa jadi bahan pemancing otak buat berpikir kritis
    apalagi buat otak yang udah kaku overdosis msg.. *nunjuk diri sendiri*

    BalasHapus
  4. wooow jempolan dan ini keren banget
    aku fans yang ga pernah nganalisis tapi liat cara kamu nganalisis yakin sumpah ga nyesal exo punya fansboy kaya beginian *eeea

    di tunggu analisis buat teaser selanjutnya

    BalasHapus
  5. bang Ron lo terlalu jahat ahk sama Tao. Noh lo kena azab kan bilang jg di tweet klo teasernya TAO keren. Bang btw katanya arti koran yg di baca TAO judulnya 'El esta apareciando endiaz bla bla bla pokonya artinya, "the comet is appearing in ten cities around the world"

    mungkin konsepnya ttg 10 alien yg terpisah di 10 kota di dunia?? yg akan bersatu lagi.

    tapi gue setujuh deh. klo MV nya ntr cuman begitu2 doang kyak biasanya. XDD beda ama teasernya XDD

    BalasHapus
  6. dukun bingggow tao yeaaah rasakan kau ron!

    BalasHapus
  7. Udah paling bener deh baca blog lo kak, kocak banget, dan semua yang lo tulis bener-bener sepemikiran sm gue :D

    BalasHapus
  8. Yaelah kak beneran tao yang rilis barusan lol
    Kak, barongsai kok balik lagi sih istilahnya :') kasian si butek ksygn udh kena nista tanda cinta lagi dr kak ron :')
    Kak, ajarin ilmu cenayang dong :3
    Lama2 aku jd fangirl kak ron aja deh :3
    Kak, skalian kasih definisi operasional dari karambol ya :3 aku terlalu polos utk tau apa gerangan itu karambol :') maklum, aku anak desa..

    BalasHapus
  9. kak ron,gue suka banget gaya review'an lu.
    etah kenapa ni review'an logis dan cara jabarinnya gak ribet.
    asli ngakak pas lu nyidir si bang naga ama bang karambol.
    ditunggu review'an teasernya tao ya kak

    BalasHapus
  10. Kak lo emang paling cetar
    Tapi yah kalo buat gue yg udh ngikutin mereka dari jaman mama, sekarang mereka balik lagi k masa super power itu bikin gua pengen loncat dari jembatan pasopati atas taman jomlo saking seneng nya *eh
    Curiganya sih urutan teaser kaya yg 23 biji itu yg angkat2 biji karambol sama terjun dari atap gedung mah ttep di lewat -_-
    Diluar dari banyak spekulasi yg ngatain iluminati *basi gue pribadi lebih suka lo dikin kesel sama kai yg suka seenak kulit eksotis dia bergelijang kesana kemari :P

    BalasHapus
  11. penuh dengan misteri

    BalasHapus
  12. Kak lo pasti gembira banget, tuh teaser kedua emang beneran Tao^^

    BalasHapus
  13. parah rasis lo bang ama TAO...hikz hikz...
    postingan lo kek cenayang sumpah wkwkwkwk. gue harap penambahan member baru dan 2 member yg hilaf itu ga balik lagi. gue udah move on nihhhh!!!!

    BalasHapus
  14. kak, ditunggu yang review tao, :D

    BalasHapus
  15. bener deh, kak setelah kai teasernya tao muncul. Mungkin yang gelap-gelap dulu kali kak kkkkk. makasih banget udah bikin review yang pas dibaca bikib ngakak sendirian tengah malam. Abis ini bikin review teasernya tao dong kak.

    BalasHapus
  16. Nur Laila Safitri20 Maret 2015 pukul 08.29

    kak ron, review satu satu dong teasernyaaa *puppy eyes :) tao sm chanyol udah keluar tuh kak teasernya hihi beneran taozi kan abis kkamjong

    BalasHapus
  17. and finally doa lu ke jawab tao muncul after kai kkkkk

    BalasHapus
  18. liat blog sebelah katanya EXO bakalan manggung pertama kali tanggal 2 April di MNet Countdown, yeaayyyyy

    BalasHapus
  19. info dari blog sebelah, 2 April ntar EXO comeback stage di MNet Countdown, moga2 bener, yeaayyyyy! udah mimpiin si doreyaki :3

    BalasHapus
  20. haduhh baca ini sampe banting2 meja. apalagi pas ngebet minta teaser nya suho yang keluar pertama. apa tadi? kalau Suho yang tampil pertama terus mukanya sangek tapi kaku-kayak-lagi-mencoba-nyanyi-di-nada-tinggi-tapi-ya-gitu-deh-jadinya-biasa-aja malah nggak akan seru. bhaq :v

    nggak nahan sumpah :v abis pusing mecahin kode2 terus baca ini kaya abis healing :v

    BalasHapus
  21. akhirnya kamu bikin postingan lagi kak yeheiii *loncat-loncat *

    Eh, kak EXODUS itu artinya juga bisa perpindahan secara besar-besaran kan? ya mungkin aja intinya EXO mau muv on dari bang naga sama bang karambol

    Si tonggos itu lagi nggak belajar ilmu hembusan api membelah nusantara kak, dia lagi di kamar gue, ikutan baca postigan lo nih *gagal muv on*

    kak reviewnya per member ya, pliss >_< *iniguengapa jadi kaya reques di radio *

    Gue fans lo kak ron!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  22. Dan sepertinya..........
    buat nambah member ga mungkin, balik member setengah lah kemungkinannya/? lol
    doa aja biar balik :"

    BalasHapus
  23. Tao emang bully-able.

    BalasHapus
  24. kena azab emang Tao ini siapanya Nabi. wkwkwk

    BalasHapus
  25. APA KAU MARGA RITA DIAM KAU!

    BalasHapus
  26. Justru karambol itu mainan bapak bapak desa tauuukkkk. googling deh. Kayak billiard tapi pake biji keping keping gitu kayak mantan logo luhan di MAMA

    BalasHapus
  27. Hahaha, sumpah ngakak gua bacanya 😄
    Tapi klo di pikir2 yaaa, postingan kakak di atas itu ada bener nya juga ..
    Review teaser nya CHANYEOL dong ka 😉

    BalasHapus
  28. hahahha ini ngakak bener!

    BalasHapus
  29. Duhh ngakak gua sumpahh. Diantara kebingungan grgr pathcodenya exo. Akhirnya gua bisa ngakak juga grgr baca nih artikel, good job ka=D

    BalasHapus
  30. "Oke dua paragraf terakhir gue terdengar seperti cenayang murahan.". Bhaqqqq bang ron ngakak pls 😂, tpi kak klo dipikir" apa yg lu bahas layaknya -cenanyang murahan- itu kdang ada benernya juga '-'

    BalasHapus
  31. ihhh kak ronzzy jaht,,, sma bias aq,,,,, Tao slah ap QaQa

    BalasHapus
  32. Hai kak salam kenal! :)
    Suka banget sama postingan-postingan kakak, kocak banget :D
    Selalu ada kata-kata yang bikin ketawa :D
    Teaser EXO emang misterius banget dan berhasil dikemas dengan sangat kocak oleh kak Ronzzy :D

    BalasHapus
  33. hohooo makasih kakak infonya^^
    aahhh bikin postingannya kocaklah, bahasanya lucu kekekeee~
    hehe fighting buat kerjanya deelel deh kak^^ trus jan lupa ngepost yang laen-laen... okeh! about EXO yang pastinya ({})

    #Gomawo:)

    BalasHapus
  34. hmm.. yang scene terakhir itu kayaknya bukan gagak deh ka. kalo diperatiin itu merpati bukan sih ? fisiknya ga kaya gagak. cuma karena efek kamera aja jadi item putih.. in my opinion yah.. hhe

    BalasHapus
  35. Haha.. gue sih yakin banget. Pas buat video ini pasti susah. Soalnya, Kai itu kan orangnya gampang banget ketawa. Pasti harus beberapa kali take. Tapi videonya lumayanlah.... Lumayan buat pusing pala zombie buat cari makna terpendamnya *o*

    BalasHapus
  36. Rizky Raudatul Sania28 Maret 2015 pukul 21.18

    Lu aja sono ketemu sam orangnya kan biar gampang kalau ada orangnya -_-

    BalasHapus
  37. Rizky Raudatul Sania28 Maret 2015 pukul 21.20

    Yang gua bikin ngakak waktu pas pertama kali kai bikin cerita, kenapa nyambungnya ke Tao? Kenapa gk Kris aja yang nyambungnya? Emang itu nyambung ya?

    BalasHapus
  38. postingannya bikin ngakak , tapi salut sama SM dari pertama EXO keluar konsepnya masih continue terus konsisten , jujur pathcodenya jadi ingatin The vinci Code-nya Dan Brown , Gelap kesannya nakutin .

    BalasHapus
  39. setuju sakali sama kata ini, bang "Gue sekarang punya hati yang lemah sekali. Ibaratnya sudah dalam kondisi
    yang sama sekali tidak percaya pada apapun yang terjadi di dunia. Gue
    tidak percaya lagi akan guna matahari yang dulu mampu terangi sudut
    gelap hati ini." wkwkw :v

    BalasHapus
  40. bang ron plis... gue termasuk orang yang membisikkan pengin tao keluar pertama di teaser... hiks....

    BalasHapus
  41. HAHA Keren ngakaka, lagi puasa ga tenaga baca ini mendadak jd XiuminWati

    BalasHapus
  42. kak... kok lo bisa sih nganalisa teaser yg cuma 56 detik bisa jadi paragraf 15 halaman kalo gue copas ke word, emang ga capek apa......

    BalasHapus
  43. Akhirnya gue sampai kemari juga. Lo emang jago banget perihal muter otak, bang. Entahlah, video 3gp ini sangat absurd. Untung ketolong wajah ganteng kangmas Kai ♡♡♡

    BalasHapus
  44. Thank you udah bikin otak gue pusing tapi akhirnya sembuh karena keponakan Kim Kardashian, si Barongsai Alien yang vidnya paling bagus diantara semua member/gak

    BalasHapus
  45. kenapa dengan Tao???

    BalasHapus