Gue Abis Nonton The Mystery of The Dragon Seal

 


Ada sebuah legenda tentang Naga yang Agung, yang bulu matanya jatuh ke bumi lalu tumbuh tanaman teh yang kemudian jadi tanaman yang “disucikan”. Teh ini bisa menyembuhkan penyakit sampai akhirnya jadi barang dagang dengan harga yang tinggi. Karena khasiatnya itu, tanaman ini akhirnya dilindungi oleh para Penyihir Putih. Nggak cuma melindungi teh ini sih tapi juga Sang Naga. Penyihir Putih jadi bisa mengendalikan kekuatan Sang Naga.

Tentu karena manusia tidak hanya ada di sisi putih, ada juga orang-orang yang ada di pihak kegelapan. Keturunan-keturunan Penyihir Putih berubah jadi jahat karena ingin menguasai kekuatan teh dan juga mengontrol Sang Naga. Di situlah muncul Penyihir Hitam yang akhirnya menyerang Penyihir Putih dan ingin mengendalikan Sang Naga. Penyihir Hitam ini mengincar satu benda: Segel Naga. Kalau benda itu dikuasai, mereka bisa melakukan apa saja. Tapi Segel Naga ini disembunyikan oleh Master (Jackie Chan) sebagai pemimpin Penyihir Putih. Sang Master akhirnya dipenjara dan diasingkan ke Inggris.

Dalam penjara, Master ada di satu sel dengan Peter The First atau Peter The Great (Yuri Kolokolnikov) yang adalah Tsar Rusia. Dia juga seharusnya nggak berada di situ. Sel itu dijaga oleh seorang penguasa penjara bernama James Hook (Arnold Schwarzenegger) yang, yah, kejam.

Dalam sebuah sesi makan pagi yang menantang, seekor burung merpati pos masuk ke dalam sel dan membawa sepucuk surat. Surat itu ditulis oleh Jonathan Green (Jason Flemyng), seorang kartografer yang kini sedang berada di Rusia dan berniat bertemu dengan Peter The First. Namun setelah perjalanan panjang ke Moskwa, dia malah tidak bertemu dengan orang yang dicarinya dan mengalami kejadian-kejadian supranatural. Dia bertemu dengan makhluk menyeramkan dengan banyak mata yang mengubah penduduk di sebuah desa jadi monster.


Surat yang datang itu menyelipkan sebuah harapan kebebasan buat para sandera di sel tersebut termasuk Peter dan Master. Surat itu juga yang akhirnya menjadi penghubung antara Master dan anaknya Cheng Lan (Xingtong Yao). Segel Naga yang selama ini dicari-cari masih disimpan oleh Master dan ingin diberikan kepada Cheng Lan lewat Peter. Dengan Segel Naga itulah kekuatan Sang Naga bisa kembali dan China bisa bebas dari para Penyihir Hitam.

The Mystery of The Dragon Seal, atau judul lainnya Journey to China: The Mistery of Iron Mask, punya cerita yang menarik. Disutradarai oleh Oleg Stepchenko, film ini menggabungkan legenda, fantasi, dengan latar masa lalu yaitu abad ke-18. Konflik utama dari cerita The Mystery of The Dragon Seal sebenarnya ingin memperlihatkan bagaimana sebuah tanaman yang sederhana bisa jadi konflik berkepanjangan antara mereka yang ingin memanfaatkannya untuk kebaikan dan yang ingin menguasainya karena keserakahan mereka sendiri.

Jagoannya, Cheng Lan, berusaha untuk mengembalikan kebajikan di negaranya. Cheng Lan yang juga pernah diasingkan sampai dihukum cambuk kemudian bertemu dengan Jonathan Green. Dengan kemampuan bela dirinya yang dipadu dengan kemampuan kartografi Jonathan, kolaborasi ini akhirnya bisa membuat mereka menguasai pertarungan. Kemampuan bertarung yang dimiliki oleh Cheng Lan dan masyarakatnya saja tidak cukup buat mengambil alih apa yang sudah dikuasai oleh Penyihir Hitam. Tapi diperlukan strategi yang baik supaya semuanya berjalan lancar. Di situlah Jonathan membantu dengan meebuatkan denah kerajaan agar penyerangan yang dilakukan punya strategi.

Tampilan film The Mystery of The Dragon Seal ini tuh kayak film-film zaman dulu yang seru ditonton pas weekend santai yang nggak mau kebanyakan mikir gitu. Film ini adalah produksi kerja sama dari tiga negara yaitu Inggris, Rusia, dan China. Vibe-nya kayak film-film Natal yang pas kalau nyalain TV dan ganti-ganti channel, terus nemu film ini, berujung jadi nonton dan nikmatin aja alurnya sampai abis. Visualnya terbilang oke walaupun dubbing Bahasa Inggris-nya agak mengganggu ya kalau buat gue pribadi. Gue sih sebenarnya tertarik dengan karakter-karakter fantasi yang muncul, hewan-hewan misterius dari dunia Viy itu. Bikin nuansa antah-berantah dan petualangannya tuh jadi ada yang menarik, gitu.


Memang yang jadi pesona utamanya sih Jackie Chan ya. Beneran deh, dia tuh selalu bisa membuat sebuah adegan pertarungan jadi kerasa lucu gitu. Elemen bela diri dari Asia khususnya China selalu dibawa Jackie Chan dan itu yang bikin film ini jadi terasa nostalgik apalagi buat mereka yang seneng nontonin aksi-aksi Jackie Chan di film-filmnya yang terdahulu. Oh iya, rumah produksi film ini adalah Roll Media yang merupakan PH-nya Jackie Chan.

Streaming The Mystery of The Dragon Seal pas lagi santai aja guys. Kayak pas lagi bingung mau nonton apa, buka Mola TV terus play aja di situ. Untuk nonton The Mystery of The Dragon Seal di bioskop exclusive Mola TV lo butuh berlangganan dulu dan cukup murah hanya Rp 12.500 aja dan bisa dibayar pake OVO (Cash/Points) atau Virtual Account BCA. The Mystery of The Dragon Seal adalah salah satu film yang eksklusif tayang di Mola TV jadi nggak ada di layanan streaming lain. Sekarang Mola TV banyak konten-konten tontonan seru dan semua film Harry Potter udah ada di situ (tapi yang ini paketnya beda ya guys). 

Lumayanlah untuk teman ngemil atau sekedar rebahan.




Share:

0 komentar