Kepincut Nonton Series Humans


Salah satu temen gue merekomendasikan gue buat nonton Humans. Jujur, belakangan gue sedang fokus ke drama Korea lagi (ya sesekali ngeliat series Thailand wkwkwk) dan agak ketinggalan di urusan per-series-an dari Barat. Jadi, oke, gue cuma mendengar cerita temen gue ini soal Humans dan gue telan mentah-mentah aja. Dari cerita dia sih menarik jadi gue coba buat nonton juga. Di episode pertama jujur gue udah langsung tertarik sama series ini.

Gue emang termasuk yang suka serial Barat yang nggak terlalu drama tapi ada nuansa-nuansa fiksi ilmiah dan thriller gitu. Apalagi konsep bagaimana dunia bisa jadi berantakan dan konflik-konflik yang muncul karena sebuah teknologi. Nah si Humans ini kurang lebih inti ceritanya kayak gitu. Gue baru nonton season 1 sih karena kan ada 3 season dan sayangnya nggak dilanjutkan ke season 4. Untuk ini gue belum cari tahu kenapa, cuma yang pasti 3 season itu episodenya masing-masing ada 8 dan durasinya di bawah satu jam. Ya standar episode serial televisi Amerika/UK gitulah.

Anyway, biasanya gue kalau nonton serial TV akan searching dulu dan lihat daftar pemain atau sinopsisnya. Tapi kali ini, gue cukup percaya sama review temen gue itu sampai-sampai gue nggak mempertanyakan apapun dan langsung cus nonton aja di Mola TV (karena eksklusif di situ kan). Sebagian besar pemainnya gue nggak tahu, kecuali Gemma Chan. Lo mungkin kenal dia dari beberapa film sebelumnya seperti tentu saja Crazy Rich Asian, muncul dikit di Fantastis Beasts and Where to Find Them, dan main juga di Captain Marvel. Gue mulai suka dia sejak nonton Crazy Rich Asian tapi nggak pernah ngeliat-liat filmnya sebelum itu. Gue aja baru nyadar kalau dia muncul di Fantastis Beasts and Where to Find Them belakangan setelah lihat Wikipedia (kalau nggak salah muncul di ruang sidang Macusa). Di Humans, Gemma Chan berperan sebagai robot yang di sini disebut Synth.

Jadi Humans ini ceritanya tentang apa sih?

Oke jadi di sebuah era di Inggris, manusia sudah hidup berdampingan dengan robot. Robot ini namanya Synth. Diciptakan oleh David Elster buat segala macam fungsi sebagai penolong manusia pada awalnya. Dikisahkan hampir semua orang punya Synth dengan nomor registrasi yang terdaftar dan juga hanya mendengarkan perintah orang-orang yang didaftarkan dalam sistemnya. Jadi orang lain nggak akan bisa nyuruh-nyuruh dia gitu. Nah Synth ini tugasnya basically sebagai asisten pemiliknya. Bisa disuruh ngapa-ngapain aja mulai dari semua kegiatan bebersih rumah, masak, nyetrika, nyuci, ngegendong, mijit, dan segala macem pokoknya. Difungsikan sebagai penolong manusia banget.

Terdengar seru kan ya? Gue pas nonton ini juga mikir gitu. Kalo ada yang jual kayak gini dan sudah jadi mainstream product gitu, gue mau deh punya satu buat temenin di kosan. Tinggal dicas doang nggak perlu dikasih makan terus bisa jadi teman bertukar pikiran dan buat jadi kameramen gue kalo lagi nge-vlog. Kalau perlu gue suruh dia ngetik blog juga biar konten jalan terus. WKWKWKWKWKWKWKW.

Nah cerita Humans ini berawal dari keluarga Hawkins. Bapak di keluarga itu, Joe Hawkins (diperankan oleh Tom Goodman-Hill), merasa bahwa kehidupan rumah tangganya agak berantakan karena istrinya selalu sibuk di luar dengan pekerjaannya. Mereka punya tiga anak: Mattie, Toby, Sophie; dan tanpa Ibu rumah tangga, rumah tuh berantakan banget. Sampai pada suatu hari dia akhirnya memutuskan buat beli Synth tanpa bilang ke istrinya, Laura (diperankan oleh Katherine Parkinson), karena menurutnya udah kepepet banget nih lu nggak pulang dan sibuk kerja rumah berantakan nggak ada yang ngurus dan gue nggak bisa ngurus ini semua sendiri. Akhirnya Joe pergi beli Synth dan dapatlah dia Synth perempuan yang kemudian diberi nama Anita (Gemma Chan).


Tahu suaminya beli Synth perempuan yang tampilannya bersih dan menawan gitu, Laura agak keki dan sensi. Dia adalah tipe orang yang bener-bener skeptis soal teknologi. Menurutnya, kemunculan Synth ini justru mengancam peradaban manusia. Orang jadi malas melakukan apa-apa sendiri karena bisa nyuruh-nyuruh si Synth ini. Di saat yang sama dia juga merasa statusnya sebagai Ibu di keluarga itu jadi tergeser dan tergantikan karena hampir semua urusan rumah tangga dikerjakan sama Anita. Walaupun sebenarnya si Anita ini bisa disuruh sih buat nggak mengerjakan sesuatu gitu-gitu karena dia mendengarkan perintah orang yang didaftarkan dalam sistemnya kan. Tapi kemudian Laura merasa ada sesuatu yang aneh dengan si Anita ini. Dia merasa Anita kayak mengawasi dia gitu.

Anita ini bukan Synth biasa.

Berbarengan dengan masuknya Anita ke keluarga Hawkins, ada beberapa Synth lain lagi yang sedang dalam pencarian. Ternyata beberapa Synth ini disebut menyalahi aturan karena mereka sudah punya perasaan. Mereka sudah berlaku seperti manusia. Anita adalah salah satu dari Synth yang dicari itu.

Dalam dunia Humans ini, kemunculan Synth benar-benar jadi pembahasan banyak orang itu termasuk para ahli. Orang-orang yang kayak Laura juga mempertanyakan soal eksistensi mereka dalam kehidupan manusia. Juga eksistensi manusia kalau dunia ini terlalu banyak Synth. Di satu sisi memang ada banyak hal yang membuat Synth ini sangat berguna. Karena tentu saja mereka bisa didedikasikan buat mengerjakan sesuatu sehingga kita, sebagai manusia, bisa mengerjakan hal yang lain. Kayak misalnya kita kadang nggak punya waktu buat ngurus tanaman atau bersihin halaman karena sibuk dengan kerjaan lain misalnya, di situ Synth bisa melakukannya. Atau semisal kita nggak punya waktu buat pergi ke supermarket, Synth juga bisa disuruh ke supermarket. Atau kalau badan rasanya pegel banget bahkan si Synth ini bisa disuruh mijitin. Tapi di saat yang sama kita juga ditunjukkin side-effect dari kehadiran Synth ini.


Ada salah satu karakter namanya dr. George Millican, dia adalah salah satu pentipta Synth yang justru kena side-effect dari ciptaannya sendiri. Dia punya Synth yang dikasih nama Odi, laki-laki, dan si bapak tua ini sudah sangat attached banget sama Synth itu bahkan kayaknya sudah dianggap kayak anak sendiri. Istrinya meninggal udah lama dan dia selama ini hidup sama si Odi. Saking lamanya hidup sama si Odi ini sampai-sampai si Odi ini sudah waktunya didaur ulang. Udah waktunya diganti. Karena dia barang, kasarnya diproduksi di era 2G, sekarang sudah masuk era 5G, dia udah nggak bisa dipakai lagi. Tapi karena Odi ini bentuknya manusia dan dia bisa ngomong (dan juga bisa mengingat banyak hal termasuk memori-memori lama) jadi si dr. George ini nggak mau mendaur ulang si Odi. Bahkan ketika dia dikasih Synth baru berbentuk perempuan perawat gitu, dia sibuk menyembunyikan Odi supaya nggak ketahuan.

Side-effect lain tentu dirasakan banget di dalam keluarga Hawkins. Sophie misalnya, anak bungsu Joe dan Laura malah lebih nempel sama Anita daripada sama ibunya sendiri. Toby yang mulai beranjak remaja juga mulai puber dan menunjukkan ketertarikan ke Anita. Pernah curi-curi buat megang-megang si Anita. Sementara Mattie, yang paling tua dan ahli komputer, juga merasa sebenarnya kita nggak butuh banget sama robot ini. Dia malah pengin nge-hack si robot buat kepentingan yang lain.

Di saat yang sama kita ada juga cerita dari sekumpulan Synth yang dalam pencarian itu untuk menemukan Anita. Seorang pria bernama Leo Elster, anak dari pencipta Synth ini, sedang mengumpulkan robot-robot yang sudah dianggap seperti saudaranya sendiri. Dia bahkan merasakan cinta ke Anita yang padahal dia tahu bukan manusia.

Lo bisa nonton TV series Humans di Mola TV full season dengan bayar Rp 12,500 aja guys.



Share:

0 komentar