[RUMOUR] Anticipating for EXO Comeback !

Seluruh dunia seperti di slow motion. Bisa dibilang kayak gitu. EXO debut bulan April lalu dan sekarang udah kurang lebih 135 hari mengguncang bumi tapi rasanya kok udah kayak grup yang bertahun-tahun? Paling nggak buat gue. Ini kayaknya selama hampir empat tahun ngikutin Super Junior, jumlah video Super Junior yang dikoleksi selama empat tahun kalah banyak sama EXO yang belom juga genap setaon. Hardisk meledak ini lama-lama. Tapi, wajar, pantes, grup keren pantes mendapatkan paling tidak service yang memuaskan dari gue. Karena jarang-jarang, bahkan nggak pernah sebelumnya gue mendedikasikan hidup gue sampe sebegini lebaynya cuma buat duabelas onggok daging penjaga pohon kehidupan yang entah sekarang gimana kabarnya itu karena udah nggak dibahas lagi. (Siapa yang peduli Ron. Cuma lo dan kepribadian lo. Yaudah sih gapapa)
*
*
Ada banyak sekali cerita sejak EXO debut April lalu--err nggak sejak teaser Kai pertama kali keluar bahkan. Makanya kalo misalnya ada yang bikin hashtag bulanan #4monthsWithEXO gue agak-agak kurang berminat buat sekedar melirik hashtag itu apalagi ikut-ikutan. Soalnya ya sejak teaser Kai pertama kali keluar bulan Desember 2011 gue udah heboh duluan sih. Jadinya kalo "with EXO"-nya terhitung dari tanggal debut kok gue kayaknya agak-agak nggak setuju ya :p Tapi yasudahlah. Gak perlu juga dipermasalahkan. Oke, kembali ke kalimat awal: ada banyak sekali cerita sejak teaser Kai keluar Desember lalu. Mulai dari mempengaruhi orang-orang untuk ikutan membahas EXO sampai disetiap kali nge-tweet yang dibahas EXO mulu, mulai dari mengira-ngira siapakah member lainnya yang akan diperkenalkan oleh SM lewat teaser yang waktu itu nggak ketahuan jumlahnya berapa, berlanjut ke coba-coba mencari nama fandom buat EXO setelah melihat teaser Tao (dan munculah itu istilah EXOTIC dari gue--dan beberapa orang lainnya--yang kemudian digunakan sampai sekarang walaupun belom official), mulai menebak-nebak nama member dengan perkiraan semua member akan diberi nama dengan tiga huruf (dan tebakan gue cuma meleset dikit dari Lai ke Lay) dan menebak sebenarnya ada berapa orang sih yang akan masuk ke grup ini? Mana Jino mana?! Wah... panjang sekali perjalanan sejak tanggal 23 Desember itu dan jujur aja itu adalah pertama kalinya gue ngikutin grup dari sejak mereka belom debut. Yah walaupun gue agak miss di bagian M1 dan M2 waktu itu karena waktu itu gue belom terjerumus terlalu jauh ke dunia ini.

Di beberapa hal gue seneng karena selain Super Junior dan SNSD gue punya satu lagi hal yang bisa dibahas kalo misalnya ketemu sama orang yang suka Kpop. Walaupun mungkin agak susah pada awalnya karena belom ada yang ngeh kayaknya sama EXO dan setiap kali ketemu sama orang yang suka Kpop dan tanya, "Tau EXO gak?" pasti jawabannya "Males nungguin teasernya. Kebanyakan..." Aigoo... Padahal setelah itu mereka juga suka HAHAHAHAHAHA sial.

Kalau dibilang EXO adalah sebuah mega-project dari Lee Soo-Man, gue setuju banget. Bisa dilihat dari bagaimana Lee Soo-Man mengkonsep identitas setiap membernya. Bukan cuma sekedar bahwa mereka dikonsep sebagai alien yang datang dari exoplanet dan terjebak di dunia fana bernama bumi ataupun anak-anak penjaga pohon kehidupan yang punya kekuatan dan logo masing-masing, bukan cuma itu tapi EXO dan membernya secara keseluruhan. Sebenarnya sih nggak cuma EXO doang, semua grup di SM pasti sudah dikonsep akan menjadi seperti apa kedepannya. Dan bagian yang gue suka adalah bahwa Lee Soo-Man benar-benar memerhatian kepribadian setiap member di grup bentukannya dan kepribadian itulah yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah konsep image yang pada akhirnya melekat pada member-member grup bentukannya.

Ambil contoh Chanyeol yang kita mungkin nggak tahu siapa dia dulunya dan tiba-tiba dia muncul dengan muka nyengir setiap saat dan kemudian dijuluki Happy Virus. Suho yang karena sudah terlalu lama di training dan dianggap sebagai orang yang paling bisa meng-handle segala emosi yang ada di dalam dirinya kemudian menjadi leader karena dirasa bisa mengayomi member lain. Dari situlah kemudian Suho diberi julukan "father of the group". Kyungsoo, karena dia bisa masak dan masakannya enak (dan gue yakin sebenarnya yang lain juga pasti ada yang bisa masak tapi ya karena Lee Soo-Man sendiri sudah punya konsep ke masing-masing member jadi gue pikir nggak mungkin ada peran ganda) dia dijuluki "mother of the group". Walaupun sebenarnya gue yakin, Kyungsoo nggak selamanya akan nyaman dengan julukan itu :p Senyaman-nyamannya dia di depan kamera, dalem hati pasti bete juga. Since he is a boy dan yah... begitulah you know what I mean. Baekhyun--siapa sih yang bakalan nyangka kalo anak yang satu ini sebenarnya adalah duri-nista di grup kalau misalnya video-video predebut-nya nggak tersebar luas di internet? Jujur aja gue waktu pertama kali liat dia di MV What Is Love, dalem kepala mikir, "Gila gue ngefans nih sama yang ini, suaranya keren banget, dia pasti cool gitu ya..." HAHAH TERNYATA DOR! DAR! What kind of cool? Insane mungkin iya. Tapi kemudian sesuatu menggelitik pikiran gue lagi, "Sekali lagi Lee Soo-Man berhasil membuat kepribadian asli orang itu menjadi sebuah image yang nempel di kepala orang-orang." Sekarang siapa coba yang ngeliat Baekhyun dan masih mikir dia cool? Jangan tertipu sama penampilan di beberapa foto. Foto bisa menipu tapi video tidak bisa. HAHAHAHAHA Cuma ya, itulah yang kemudian menjadi ciri khas masing-masing member yang otentik. Walaupun gue masih yakin di balik kegilaan itu Baekhyun menyimpan kesedihan yang mendalam (gue curiga dia sebenarnya itu adalah anak yang bener-bener pengen banget punya kakak yang umurnya nggak beda jauh sama dia--since kakak cowoknya katanya beda umurnya terlalu jauh--jadi kalo misalnya lagi sama Kris, Suho, Lay dia kesannya kayak manja banget. Bener deh, liat aja fancam atau foto-foto mereka HAHAHAHA. Jadi Baekhyun itu punya brother-complex ceritanya. Dalam otak gue)

Berangkat dari keyakinan bahwa Lee Soo-Man memang membentuk image anak-anak ini dari kepribadian asli mereka, muncul pertanyaan yang besar sekarang. "Apakah Kai dan Kris aslinya memang sejalang itu?" Kalau dilihat dari beberapa kejadian off-cam, Kai nggak nampak seperti orang yang hobinya setengah telanjang. Dia keliatan seperti remaja kebanyakan yang nggak bisa bangun pagi. Biasa aja gitu nggak ada image aneh yang muncul di kepala kalo liat dia lagi di airport atau pas fancam London misalnya. Aneh juga sih kalo kejalangan itu harus ditunjukkan setiap saat memang. Lalu kenapa Kai harus punya image seperti itu? Pertanyaan yang kayaknya hanya bisa dijawab oleh Lee Soo-Man.

Meskipun demikian, gue agak nggak setuju dengan beberapa hal kayak misalnya Lay yang (katanya) hemofilia. Bukannya nggak care sama orang sakit. Bukan... Tapi hal yang ini kalo baca di beberapa fansite dan fanaccount kesannya jadi kayak di besar-besarkan. Gue nggak menyalahkan orang-orang yang care itu, nggak menyalahkan mereka yang kepo juga sama penyakitnya Lay. Cuma nggak etis aja menurut gue kalau kemudian (dan kayaknya memang) SM menjadikan cerita sedih Lay ini menjadi sebuah cara untuk mencari perhatian. Ya sebenernya sih sah-sah aja ya karena pembentukkan image dari perusahaan ke artisnya bisa dengan cara apa saja. Tapi ya gue nggak suka aja kalo kemudian SM menjadikan cerita sedih Lay ini menjadi sebuah modal untuk bikin heboh. Kesannya kayak dieksploitasi banget. Sama hal-nya dengan Chanyeol dan efek operasi lasik-nya yang katanya membuat dia tidak akan bisa tahan dengan cahaya blitz atau cahaya-cahaya berlebihan. Pertanyaan gue: sudah ada berapa banyak photoshoot yang mereka lakukan sejak pre-debut sampai saat ini? Itung juga blitz dari kamera fansite. Ada berapa banyak lampu yang watt-nya sampe seribu lebih yang digunakan saat syuting MV?

Nggak masalah orang punya sakit, setiap manusia pasti sakit kan? Tapi yang masalah adalah kalo misalnya itu dibesar-besarkan dan jadi bahan promosi terselubung cuma buat menarik perhatian fans doang. Nggak suka. Jujur aja sih. Nggak suka juga sama adegan Donghae yang ziarah ke makam ayahnya kemudian dijadikan acara TV. Itu mengurangi rasa simpati gue atas kehilangannya. Lo boleh bilang gue jahat karena ngomong gini, tapi gue juga bisa bilang lo jahat kalo seneng ngeliat orang nangis di makam trus di syuting dan dijadiin acara TV. Gue kuliah soal TV dan cukup yakin di setiap acara variety show/reality show di TV hampir nggak ada yang kebetulan. Means, semuanya sudah direncanakan melalui sebuah skrip yang kemudian ketika lo nonton dan lo merasa tersentuh maka skrip itu berhasil :p

Tapi yah... nggak bisa bohong juga kalo EXO selama kurang lebih 9 bulan ini sudah bisa dibilang banyak mempengaruhi hidup gue sih terutama. ECIYE LEBAY. Nggak tapi serius. Gue jadi punya banyak temen, jadi punya banyak kenalan, jadi bisa tau selera pasar, jadi bisa silaturahmi via giveaway-giveaway, jadi semacem punya keluarga baru. Kalo bukan karena EXO juga, mungkin nggak ada itu yang namanya heboh-heboh nonton Super Show 4 Indonesia HAHAHAHAHA karena awalnya ragu-ragu nonton itu tapi karena ada EXO M jadi yakin nonton. Tapi yang paling berasa sih sebenernya punya banyak kenalan baru dan temen baru walaupun cuma sebatas twitter :) Ada yang pernah ngomong gini (walaupun nggak langsung ngomong sama gue--dan inipun gue tahunya karena gue kepo) "Wah dia kayak Voldemort dong, temen twitter doang yang banyak tapi di kenyataan temennya gak ada..." Aigoo... lumayan nusuk. Tapi yang pengen gue bilang, "Mungkin gue gak punya temen banyak di kenyataan, tapi nggak masalah. Ngapain punya temen banyak di dunia nyata kalo semuanya pake topeng? Mending punya temen di twitter aja. Walaupun dunia maya, tapi paling nggak mereka lebih baik dari yang nyata-nyata." #DOR #DAR #DER Dan gue bersyukur orang yang ngomong gitu nggak akan pernah baca blog ini since mereka nggak suka Kpop sama sekali. HAHAHAHAHA

Dan sejak goodbye stage mereka bulan Juni kemaren, EXO K lebih banyak fokus ke kegiatan-kegiatan off-air di Korea walaupun EXO M masih tetep dengan syuting dan beberapa photoshoot di Cina. Tapi kabar baiknya adalah bahwa 9 SEPTEMBER 2012 NANTI EXO AKAN COMEBACK!!! WOHOOOOOOO~~~~ 

Yes, walaupun sebenarnya tracklist FULL ALBUM sudah keluar sejak beberapa hari yang lalu tapi gue baru liat sekarang dan WOW 12 LAGU MEN! AHAHAHAHA PUASSSSS.... Dan kalau misalnya 9 September 2012 itu beneran tanggal comeback-nya berarti di SMTOWN INA nanti mereka akan performance lagu comeback mereka dengan full album ini dong? IYA DONG PLEASE BANGET DONG IYA. Maksa...

Well, oke jadi tracklist untuk full album-nya adalah sebagai berikut:

EXO K & EXO M FULL ALBUM - MYSTIC (신비가) TRACKLIST
  1. MYSTIC
  2. I AM LOST (나는 잃었)
  3. BEAUTIFUL (아름다운)
  4. MY LADY (마님)
  5. BABY DON'T CRY (아기가 울지 말아요)
  6. ALIAS (SUHO SOLO)/PERSPECTIVE (LAY SOLO)
  7. DON'T LEAVE ME (날 떠나 지마)
  8. BOUNDARIES (경계)
  9. TIME CONTROL
  10. LET OUT THE BEAST
  11. SWITCH (스위치 D.O & Sehun feat LUHAN & KRIS)/(CHEN & XIUMIN feat BAEKHYUN & CHANYEOL)
  12. NO FEELINGS (아무런 감정도)
Jadi main title-nya adalah MYSTIC. Dalam bayangan gue lagunya akan sangat futuristik. Futuristik itu yang kayak gimana? Hmm... kayaknya sih bakalan kayak-kayak History tapi lebih dangdut dan akan ada bagian-bagian yang pake autotunes dan lumayan banyak. Tapi nggak menghilangkan instrumen orkestra-nya dan lagunya akan tetep kritik sosial juga. Tapi setelah menulis kalimat itu gue mikir lagi, kalo dari judulnya sih bakalan ada nuansa-nuansa MAMA juga. Jadi kemungkinan akan tetep berkonsep seperti gregorian chant juga. KOK JADI LABIL GINI. GAK APA APA DONG NEBAK DUA KEMUNGKINAN. Dan kalo diliat dari judul, konsep MV-nya mungkin akan lebih mengeksplor cerita EXO-nya sendiri dengan kekuatan-kekuatan mistis itu dan juga akan lebih banyak efek visual yang akan digunakan. Kebayang sih mereka pake jubah trus maenin tongkat sihir. Lo pikir Harry Potter. Biarin aja sih. Yaudah terserah lo Ron.

Lagu kedua yang agak-agak bikin geli. Masih inget sama teori Butiran Debu kan? Dimana Baekhyun tanpa Chanyeol seperti orang yang "Tersesat dan tak tahu arah jalan pulang?" Nah itu track kedua judulnya "I AM LOST" gatau kenapa gue mikir akan sangat keren sekali kalo lagu itu dinyanyiin sama Baekhyun secara solo trus penuh perasaan dan menjiwai sekali since dia adalah "The-One-With-Lost-Kid-Face". Kkk~ Tau-taunya lagu itu nggak mellow tapi malah heboh dangdut. Yah batal bahagia guenya. HAHAHAHA

Beberapa lagu udah muncul di teaser sih kayak Beautiful, My Lady, Let Out The Beast, Time Control, sama Baby Don't Cry. Gue udah pernah denger versi aslinya Let Out The Beast jadi nggak terlalu penasaran sama lagunya tapi penasaran bagaimana Baekhyun dan Kyungsoo akan menyanyikan lagu itu karena lagunya totally highbeat dan jauh berbeda sama History. Dan ngomong-ngomong ringtone hape gue masih Let Out The Beast dari teaser Kai-Xiumin. Nggak nyanya. Yaudah. Kalo misalnya yang lain gue pengen banget dengerin My Lady sama Baby Don't Cry. Walaupun dua lagu ini udah muncul previewnya satu menitan di teaser dan bahkan Baby Don't Cry sudah pernah dinyanyikan juga di showcase, tapi tetep aja gue pengen dengerin versi full-nya. Siang tadi gue tidur di rumah nenek gue sambil pake headset dengerin lagu itu seharian sampe kebawa mimpi. Mimpi nangis sama Bayi.

El-Dorado nggak ada di tracklist. Beberapa malam yang lalu lagu aslinya sempat heboh juga di TL twitter gue karena ternyata lagu itu dibeli SM dari pihak ketiga. Tapi kemudian kalo nggak ada di tracklist begini... apakah artinya lagu itu bermasalah dengan hak cipta sehingga nggak jadi dimasukin ke album? Bisa jadi. Cuma positifnya adalah bahwa kita bisa mendengarkan banyak sekali track baru! :) TERLEBIH LAGI ADA SUHO SOLO!!!!!! HAHAHAHAHAHA ASTAGA AKHIRNYA!!! Nggak kebayang sih nggak kebayang tapi pasti akan sekeren Into Your World.

Don't Leave Me kenapa harus pake judul itu ketika gue lagi seneng sama Don't Leave nya T-ARA deh. Kan jadi bingung nantinya. Siapa peduli Ron. Dan ada lagu yang dinyanyiin featuring member EXO M. Kris pastinya akan ngerap kalo Luhan mungkin lebih ke bagian vocal-nya. Dan menurut sumber di tumblr juga tadi, Switch ini akan dinyanyikan oleh D.O dan Sehun. Berarti D.O sama Luhan akan megang vocal dan Sehun dan Kris akan ngerap. Benar? Kita tunggu. KKKK~

Untuk EXO M, tracklist yang berbeda cuma bagian SOLO-nya. Yang SOLO adalah LAY! AIGOOOO~~~ (kenapa jadi inget lagu C-Clown... Ijen nan solo~ solo~ maybe I'm solo~ solo~) DOR! Kenapa semua idola jadi pada nyanyi solo gini sih. Tapi judulnya beda nih, kalo Suho judulnya ALIAS, solo-nya LAY judulnya Perspective. Hmmm... Sebenernya berhubungan juga sih. ALIAS kan berarti 'nama lain' yang nggak tau kenapa menurut gue bisa juga berarti 'seseorang yang dilihat sudut pandang lain'. Maksudnya, nama asli gue kan Yusron dan alias gue Ronzzy Kevin. Ketika gue menjalani hidup gue sebagai Yusron itu artinya gue menjalani hidup gue di dunia nyata dengan sudut pandang seorang Yusron dan ketika gue menjadi alias gue yaitu Ronzzy Kevin maka akan menjalani kehidupan di dunia lainnya dan sudut pandang gue juga akan berubah. Sudut pandang = perspective. Jadi alias dan perspective masih bisa nyambung sih judulnya. Padahal sebenarnya sih nggak. Tapi yaudah disambungin aja biar kesannya gue pinter gitu. Kesan doang. Menurut gue loh ya. Kali-kali aja konsep lagunya memang ternyata lagu bersambung antara K dan M.

Track SWITCH di EXO M akan dinyanyikan oleh Chen dan Xiumin :D Dan featuringnya dongggggg BAEKYEOL! Hahaha Butiran Debu akhirnya bersatu setelah di track 2 sudah Lost. Seru seru seru! Tapi yang bingung, Xiumin akan nyanyi-kah? Atau cuma teriak? Kalo di K kan dua rapper dua main vocal. Nah di M kenapa jadi 3 main vocal dan 1 rapper? Hmmm... Padahal kemaren sempat bahas Xiumin sih, kenapa dia sebagai vocal hanya dapat sedikit bagian nyanyi, nah sekarang karena dia sama Chen duet begini gue mikirnya sih bakalan nyanyi (dan sebaiknya memang nyanyi) oke semoga. Nggak ada masalah juga sih sebenarnya dengan 3 vocal dan 1 rapper. AAAAAK LAYAK DITUNGGU KAK XIU!

Teasernya katanya akan keluar dalam minggu minggu ini. Dalam satu atau dua minggu kedepan. Dan membicarakan soal teaser, karena ini EXO yang sejak awal terkenal dengan teaser yang banyak, maka gue menebak kalo teasernya juga akan individual, video, dan akan mulai dirilis kalo nggak minggu ini ya minggu depan #DOR #PLETAK #AIGOOOWHATISTHAT HAHAHA Gue meramalkan tanggalnya sih kalo gak 23-24 ya 30-31 Agustus ini sudah ada teaser. MV akan dirilis tanggal 11 September. Ya kurang lebih kayak gitulah.

Sempat kepikiran sih SM bakalan mengulang cara yang sama seperti debut. Akan ada 3 MV berbeda sebelum akhirnya MV yang jadi main-title dirilis. WAH BAHAGIA BANGET DONG. Tapi kalo melihat waktu yang tersisa.... hmmm... yasudah pasrah dengan 1 MV. Padahal gue ngarep banget ada MV Baby Don't Cry atay My Lady selain MV Mystic itu.

Gue akan sangat kecewa kalo tiba-tiba SM hanya mengeluarkan teaser foto bukan video. Serius. Jadi kesan mega-project nya jadi jatoh disitu. Kalo MEGA ya berarti harus BEDA. Suju udah comeback dengan hanya foto, gak terima kalo EXO juga cuma foto. Jadi harusnya video juga. SIP. 12 Video akan menyusul kita di bulan ini sampe bulan depan. MARI DITUNGGU!!!
 Pesan terakhir: ada gula ada semut. Selamat lebaran! :)
Tracklist credit: exolatics repost on tumblr.



Share:

52 komentar