Semester 7 [PART 6]: 4Minute "Volume Up Party" Jakarta

Gue suka sesuatu yang enak. Apalagi kalau yang enak itu bisa didapatkan dengan gratis, beuh, gue pasti akan berdiri di antrian paling depan kalau misalnya harus antri. Siapa sih yang nggak suka sama hal-hal gratis? Dunia lagi sekarat dan keuangan lagi sesak napas gini pasti semua akan mencoba dan berusaha untuk mendapatkan hal gratis itu. Sebagai mahasiswa yang sudah seharusnya hidup dengan segala macam pertimbangan dalam menggunakan uang, gratisan adalah hal yang paling membahagiakan di dunia ini. Saking senengnya sama hal-hal gratis, bahkan seseorang sampai memberikan nama "Cowok Gratisan" ke gue. Miris sih. Kesannya kayak lebih murah dari balesan fanboard Kim Jongin. Tapi karena itu fakta. Jadi yaudah. Walaupun panggilan "Cowok Gratisan" kesannya kayak cowok yang kalo ada yang mau pake silahkan dipake aja bebas. Kalo ada yang mau pegang silahkan di pegang aja boleh. Kalo ada yang mau.........ah apapun pokoknya boleh. Gratis. Kkkkk~ Makanan gratis adalah hal yang paling gue sukai. Awalnya. Tapi kemaren, ada satu hal lagi yang ternyata lebih seru dari sekedar makan gratis: TIKET KONSER GRATIS!
*
Jangan pernah merasa gue adalah orang yang keren karena gue dateng ke beberapa konserp K-Pop. Cuma beberapa. Cuma SUJU dan SMTOWN dan kemaren itu gue akhirnya dateng juga ke Showcase-nya 4Minute yang dikasi judul "Volume Up Party". Sekali lagi jangan anggep ini keren karena gue nggak beli tiketnya tapi dikasi gratisan sama Mami Luhan :3 Oke buat yang nggak kenal siapa Mami Luhan, dia adalah salah satu member geng EXO gila dan orangnya baik banget suka nraktir aku. Terakhir aku ditraktir Pizza sama dia gegara selama kos nggak pernah makan Pizza. Ih baik banget kan. Besok kalo aku bilang aku nggak pernah ke Korea mungkin dia mau traktir aku ke Korea. Kkkk~ Jadi ceritanya gini, suatu hari gue lagi sendirian di kamar kosan (emang selalu sendiri sih kalo berdua sama cewek kan kesannya mesum) dan tiba-tiba gue terima SMS dari Mami Luhan:

Mami Luhan (ML)
Gue/Ron (GR)

ML: "Kak Suho lo mau nonton 4Minute gak?"
GR: "Eh? Mau sih mam. Tapi kalo gratis masalahnya kalo beli gue gak ada uang."
ML: "Ya gue ada tiket nih."
GR: "Serius? Gratis gak nih?"
ML: "Ya gratis lah gue tau kali lo cowok gratisan makanya gue tawarin nih."
GR: "IYA MAU MAU BANGET DUH SIAPA SIH YANG GAK MAU TIKET KONSER GRATISAN! ADUH MAU DEH YA MAU

Maka dari itulah akhirnya gue dimasukan ke dalam list cowok gratisan. Gapapa. Yang penting dapet tiket gratisan. Oke ini pertama kalinya gue dapet tiket nonton performance K-Pop gratisan. 4Minute. Well, gue sama sekali nggak pernah familiar dengan lagu-lagunya apalagi membernya. Gue cuma tahu HyunA karena dia kan paling kontroversial. Satu lagi gue tau ada  membernya yang pernah main drama bareng Donghae sama Mon Chae-won dan itu pun gue lupa namanya. Tapi gapapa, since I love K-Pop jadi gapapa dateng aja dan GRATIS MEN siapa sih yang nggak mau. Hahahaha... Gue kan fans SMTOWN dan kalo misalnya artis lain gue nggak begitu interest buat mengeluarkan uang untuk membeli tiket konser/showcase mereka. Jadi gratisanlah yang jadi andelan kalo mau nonton. Jadi begitulah.

Seperti biasa sebelum berangkat ke lokasi, gue tanya jalan dulu sama Google Map berjalan: Michael Enrico. Dewa-nya jalan Jakarta. Dari Depok ke Sportsmall Kelapa Gading ini gue nggak tahu sama sekali tapi pernah naik angkutan ke Pulogadung dan ternyata searah situ walaupun harus naik lagi angkutan yang lain. Well, jadi Michael memberitahu jalannya yaitu dari Depok naik Bus 84 ke arah Pulo Gadung dan turun di halte Kelapa Gading (ada tulisannya di haltenya dan kenek Bus-nya teriak-teriak manja kalo udah sampe). Dari situ harus nyebrang jalan dulu. Bukan nyebrang  jalan ke depan halte yang itu tapi jalan di sebelah kanan halte (sebelum turun di halte itu kan Bus nya belok kanan, nah kalo mau ke Kelapa Gading harusnya lurus, jadi cek aja lurusan sebelum belok. Kalo bingung yah maafin). Setelah nyebrang akhirnya naik angkot 04 warna merah dan turun di lampu merah perempatan gitu darisitu naik lagi mikrolet warna biru 30A dan turun depan Sportsmall. Jakarta emang gini ya ribet banget. Hihihi gue kalo misalnya nggak nonton 4Minute nggak akan tahu jalur itu. Ada hikmahnya juga sih.

Konser dimulai jam 7 malem tapi di posternya tulisannya jam 6 dan katanya gate akan dibuka jam 5. Gue sampai di sana jam 4 sore dan menunggu beberapa geng EXO gila (kak Cel kak Dewi dan Mami Luhan of course) biar nanti kita bareng masuknya. Keadaan fans disini dengan fans waktu nonton SMTOWN bener-bener jauh berbeda ya. Kali ini kondisinya bener-bener nggak mengkhawatirkan gitu. Makanya kesannya kayak nggak nonton showcase artis Korea. Gue aja pas berangkat sempat ngerasa aneh karena biasanya kalo nonton konser artis Korea favorit gue pasti udah ribet dengan segala atribut macem fanboard, banner dan lain sebagainya. Lah kemaren gue kayaknya bener-bener salah fandom. HAHAHAHA ketika orang-orang pake baju Ungu dan bawa balon warna Ungu dan bawa banner atau fanboard 4Minute dan artis yang jadi bintang tamu, gue makan pake baju EXO gue. kkkk~ Tapi gapapa yang penting kan dateng. Yang paling aneh lagi dan lain dari biasanya, kalo SUJU dan SMTOWN gue sampe nginep, yang ini gak perlu lah ya nginep buat antri. Orang setengah jam sebelum antri dan gate dibuka aja kita masih keliaran. kkk~ tapi bukan keliaran tanpa maksud. Kita ngintilin orang-orang yang lagi bikin project buat Phantom.

Oh iya, selain 4Minute, pengisi acara hari itu adalah Phantom, SM*SH dan juga S4 (from Galaxy Superstar). Nah jadi hari itu dari fanbase Phantom Indonesia ada bikin project buat ngucapin happy birthday untuk salah satu membernya yang bernama Sanchez. Jujur gue aja gatau ya Phantom itu ada berapa orang, awalnya gue pikir dua orang dan mereka kembar eh ternyata bukan ya HAJAHAHAHAHA tapi yaudah, jadi hari itu gue, kak Cel, kak Dewi, Ata sama Mami Luhan ngikut aja sama mereka-mereka yang sedang bikin project buat Phantom tadi. Ceritanya para fans ini sedang membawa kue ulang tahun dan akan memberikan kue ini ke Sanchez yang secara baik hati dan bijaksana akan turun mendatangi para fans. WAH KEREN BANGET YA KALO ARTIS BARU. Dan yah akhirnya kerumunan orang yang mau ngucapin selamat ulang tahun ini sudah banyak banget sementara kami yang ketika ditanya sama panitia fanbase, "Ikut project juga ya?" kami hanya menjawab "Nggak kok cuma pemerhati." mengambil kesempatan untuk foto-foto si Phantom.
*





*
Jadi darisitulah gue tahu siapa itu Sanchez dan kemudian jadi tahu juga bahwa member lainnya bernama Kiggen dan Hanhae. Nah itu yang di foto terakhir yang Sanchez bawa kue, dibelakang liat gak ada cowok yang dadanya menyembul bagaikan matahari terbit dari balik gunung? Nah itu namanya Mr. Ahn. Ada cerita lucu sama Mr. Ahn ini atau mungkin buat Ata dan Kak Cel menyebalkan HAHAHA jadi awalnya kan kita bertiga lari-larian nih disekitaran para fans Phantom yang siap-siap mau bikin project, nah si Mr. Ahn ini juga kayaknya sibuk ngatur ngatur apa gitu. Kita bertiga langsung yang 'menaruh perhatian' gitu ke dia. Karena kata Ata sih ganteng trus yang "Ayo kak ayo kak foto kak foto!" gitu yaudah akhirnya setiap kali ada kesempatan dia lewat mencoba untuk di foto. Tapi gak ada yang bagus hasilnya. HAHAHAHAHA kitapun tahu namanya dari hasil nguping dan beberapa kali sempat manggil dengan sengaja dengan suara keras gitu "MR. AHN!" terus yang pura-pura liat arah lain pas dia noleh. Jahat banget emang kita. Eh akhirnya dia bales dendam dong, pas di dalem, pas udah mulai acaranya (tapi masih cover dance gitu) dia masuk ke festival dan berdiri di pinggir panggung lumayan lama. Trus si Ata ngebet banget mau minta foto sama dia. Yaudah akhirnya Ata menghampiri Mr. Ahn ini dan ngomong dalam bahasa Korea mau minta foto. Eh tapi dianya nolak dan nggak mau difoto. LOL 

Nah dari project fanbase Phantom ini para fans nyanyiin Happy Birthday gitu buat si Sanchez, abis itu mereka ngomong beberapa kata gitu buat fans dan udah pergi lagi ke backstage. Nah sementara itu kami belom mulai antri karena masih menunggu beberapa orang lagi. Menjelang maghrib barulah kita mulai membentuk barisan. Dan yah, katanya gate dibuka jam 5 tapi pada kenyataannya jadi jam 6. Ah tapi gapapa. Gue sempat takut karena gue bawa kamera gede nih dan takut ditangkep satpam. Tapi gue berusaha menyembunyikannya di dalem tas dan menutupinya dengan makanan jaket payung dan majalah dapet dikasi gratisan (OH LAGI). Akhirnya nggak ketahuan. Alhamdulillah. Nggak ada yang diburu-buru karena yah emang nggak butuh tempat depan-depan banget sih. Biarin aja yang ngefans 4Minute yang berdiri di depan yang dapet gratisan dan nggak ngefans di belakang aja enjoy the show, nothing to lose.
Showcase ini pake MC tapi sayangnya menurut gue MC-nya kurang heboh dan kurang bisa membangun engagement dengan penonton. Ciye bahasanya. HAHAHA iya karena mungkin mereka kurang tahu banyak soal K-Pop kali ya jadi kesannya pas mereka ngomong Korea atau bertanya sesuatu ke penonton agak krik-krik gitu. Yang tampil di awal-awal adalah para dance cover yang ikut kompetisi dan tentu saja para bintang tamu.
XO-IX tampil di awal-awal dan gue langsung heboh HAHAHAH gue tahu mereka dan tahu lagu mereka walaupun gue nggak pernah hapal siapa nama member boygrup ini. Tapi satu lagu hits mereka yang paling gue suka itu judulnya "Cukuplah Sudah" dan karena itu akhirnya gue jadi ikut nyanyi-nyanyi pas mereka perform. Awal-awalnya sih masih nyanyi, tapi pas udah tengah-tengah lagi, gue sama Kak Cel yang udah menggila dari pas dance cover perform (kita bikin dance cover sendiri di festival LOL) mulai fanchant dan teriak-teriak "EXOOOOOO EXO NAIN! EXOOO EXO NAIN!" udah nggak ada kerjaan banget. Jadi setiap perpindahan lirik gue pasti teriak "EXO EXO NAIN!" bahkan di salah satu performance dance cover 4Minute gue teriak "BRING THE BOYS OUT!" udah totally salah fandom. Performance XO-IX ini jugaoke banget karena selama ini cuma liat mereka di TV dan kalo dibandingin sama live performance-nya lebih bagus liat langsung. Sama hal-nya dengan SM*SH.
I really hate this boygrup ketika pertama kali mereka debut hahahaha tapi yah kesini-kesini semakin yang nggak peduli lagi dan yaudahlah mereka punya jalan cerita masing-masing dan akhirnya gue sendiri berpikir bahwa nggak ada gunanya membenci mereka juga terlepas dari kata orang mereka plagiat atau apa tapi mereka punya perjuangan masing-masing. Dan ketika liat mereka perform kemaren, hmmm... not really that bad. Mereka udah oke banget sekarang. Interaksi dengan penonton dapet banget. Bagus lah pokoknya. Dan karena Kak Cel juga suka sama Rafael, jadi hari itu bener-bener salah gaul lah kami. Ketika SM*SH perform, Kak Cel teriak RAFA RAFA RAFA gue malah teriak KYUNGSOO KYUNGSOO setiap kali Morgan nyanyi ataupun jalan ke sebelah kiri stage (dari arah dia. gue sama rombongan di sebelah kanan mereka) Bahkan lagi itu si Dicky yang dikata Mami Luhan mirip gue, malem itu persis Luhan di MAXSTEP. Yaudah nambah satu lagi yang jadi bahan teriakan. LUHAN LUHAN~ udah kayak orang gila. Kayak nggak pernah teriakin EXO aja gitu.

Performance-nya Phantom tentu saja ditunggu-tunggu. Dibandingkan dengan jumlah laki-laki  yang menonton hari itu, lebih banyak wanita-nya dan mereka pasti karena pengen liat Phantom. Gue suka banget sama aksi panggung si Phantom ini. Mereka kayak udah pengalaman banget gitu loh dan fanservice-nya juga bagus banget. Mereka juga interaktif sama penonton dan akhirnya suasana jadi nggak krik-krik. Ya mungkin karena mereka bisa bahasa Inggris jadi mereka nggak perlu translator kali ya. Cuma kalo dibandingkan dengan artis utamanya si 4Minute, Phantom gue rasa lebih bisa menghidupkan suasana showcase hari itu. Gue sama sekali nggak pernah denger lagu mereka satupun, tapi gue bisa menikmati penampilan mereka malam itu.

S4, boygrup yang dibentuk dari ajang Galaxy Superstar ini juga perform malem itu. Kalau dibandingkan dengan boygrup Indonesia yang lain, ataupun yang tampil malem itu, mereka walaupun masih baru dari SM*SH atau XO-IX, mereka bisa dibilang udah mateng deh. Ya mungkin karena ini hasil training di Korea kali ya kan intensif gitu. Jadi kualitasnya mungkin jauh lebih bagus. Performance mereka ya jadi ala-ala boygrup Korea juga pada akhirnya. Gaya-gayanya apalagi. Kayaknya sih menjanjikan dan memberikan sebuah nuansa baru aja di boygrup Indonesia. Walaupun gue agak lucu sama lirik lagunya karena kita sama sama tahu sendiri kalo bahasa Indonesia dibuat catchy itu terdengar agak aneh gitu. Hihihihihi~~~ Tapi lagunya oke kok. Ya K-Pop banget sih, kayak lagu Korea dibahasa Indonesia-kan gitu. Gue sama sekali nggak tahu nama membernya siapa masing-masing, tapi ada yang satu mirip banget sekilas sama Yonghwa CN BLUE dan orang yang sama ini kadang-kadang juga mirip Jonghyun, ada lagi yang satu kata Ata sama Kak Cel mirip banget sama Jaejoong.
*

*
Karena 4Minute-nya perform agak-agak belakangan, jadi yaudah gue capek aja berdiri loncat-loncat teriak teriak orang yang nggak ada di panggung. Karena gue berhasil menyelundupkan satu batang sari roti akhirnya di tengah-tengah performance apa pengumuman pemenang dance cover gitu gue duduk aja di lantai dan makan dengan santai. Persetan dengan security yang tadi udah sempat marahin gue karena kamera gue ketauan ngambil gambar pas perform si SM*SH apa Phantom gitu. Daripada gue mati konyol mending gue makan kan. Nah akhirnya si 4Minute muncul juga persis di satu jam terakhir.

4Minute membawakan sekitar 6 lagu? Apa 5 ya? Lupa gue. Nah itu semua lagu-lagu hits mereka lah pokoknya yang gue aja gatau. Yang gue tau cuma Volume Up sama Hot Issue doang. Yang lain gue gatau. Tapi yang jelas mereka ada nyanyi Mirror Mirror sama apa ya Muzik apa? Aduh gatau beneran HAHAHAHAHAHA soalnya ya emang gak pernah begitu mendengarkan lagu-lagu mereka. 

Performance 4Minute malem itu terasa cepet banget. Mereka nggak banyak ngomong sama fans dan translator-nya (yang mirip TAO itu loh) jadi terkesan gabut cuma muncul dua kali tapi nggak banyak berarti hehehe Cuma ya tetep aja, karena ini K-Pop dan gue suka K-Pop gue tetep bisa menikmati performance mereka. Wah cantik-cantik beneran deh. HyunA itu apalagi ya imut banget dan sama sekali nggak terlihat bitch seperti image yang sering gue liat kalo di MV gitu. kkk~ Member yang lain juga oke banget performance-nya dan fanservice mereka lumayan bikin jerit jerit bijaksana gitu. HyunA sih yang paling total karena sempat ngambil topi sama kacamata entah dari fans atau siapa gitu. Wuihhhhhh mereka pake hotpants emang tapi diluarnya kayak ada rok tipis gitu. Cuma ya HyunA beberapa kali geter-geter badan sih dan sempat bikin mimisan juga. Keren deh :) Aura mereka pas di atas panggung ramah banget. Nggak ada aura kesombongan berlebihan gitu. Suka lah pokoknya :) Sayangnya gue nggak ada ngambil satupun gambar mereka karena nggak boleh pake kamera lagi, jadi yah hanya menikmati dengan mata sendiri aja :)
*
 *
Kalo dibandingkan dengan Phantom, sebenarnya acara semalem itu lebih heboh ke Phantom-nya ketimbang 4Minute-nya. Soalnya Phantom performnya nggak sekalian kan, mereka giliran sama SM*SH dan S4. Jadi kesannya kayak lama gitu sementara 4Minute perform nonstop 6 lagu dan yaudah pas lagu terakhir kayak antiklimaks aja. Udah kelar aja. Padahal kayaknya baru aja gue joget-joget eh udah abis aja. Ah sayang sekali :( Tapi akan sangat menantikan penampilan mereka lain kali di Indonesia. Walaupun gue nggak yakin gue akan berani beli tiket mereka HAHAHA kalo ada yang gratisan lagi gue tonton deh :3 :3 :3
*
31 Oktober 2012, Halloween, kita rayakan bersama 4Minute, Phantom, S4, SM*SH dan XO-IX. Menyenangkan sekali hihihihi Pas pulang kita sempat khawatir karena takut kehabisan kendaraan, tapi untung ketemu sama Icha dan Icha eh nebeng deeeeehhh karena mereka juga ke arah Depok. HAHAHHA Berkah banget sih malem ini. Menyenangkan! :) Next konser, GRATISAN, aku dateng lagi yaaaa.... :3 :3 :3



Share:

6 komentar