I'm watching BABA B1A4 1st Showcase in Jakarta...! WHAT?!

'Ron lo mau nonton B1A4 gak?'

Gue baca whatsapp dari kak Icha di kantor sekitar setengah empat sore hari Senin dan langsung tanpa pikir panjang gue bilang 'IYA KAK MAU!' Gue lagi mengerjakan beberapa tugas kantor dan agak nggak konsen. Entah karena memang ini dikasi tiket gratis dan gue-nya emang biasanya selalu bahagia dapet gratisan, atau karena hal lain gue gak tau (gue baru abis pesen polaroid sama beli hardisk external, suka deg-degan kalo abis belanja online hehe) Tapi tawaran dari kak Icha itu nggak bisa gue abaikan. MEN INI GRATIS dan gue bisa memanfaatkan ini untuk mengambil beberapa gambar kalau memang bisa. Begitu pikir gue. Gue pengen punya foto konser lain selain mungkin bias-bias gue di SMTOWN (yang selama ini bahkan gak pernah punya foto HQ--pernah tapi gak banyak)
*
*

Kata kak Icha, dia mau tanya dulu ke om-nya karena tiket itu dari om-nya tapi setelah sampai malem gue nunggu, gak ada kabar. Oh mungkin nggak jadi, pikir gue. Yaudah gue sih nggak masalah karena emang gue nggak prioritas nonton B1A4 karena gue juga nggak kenal sama sekali sama membernya kecuali mungkin CNU (dan Gongchan yang gue cuma kenal nama, begitu juga Sandeul). Malem sebelum hari Selasa Nyepi ini, gue karokean sampai hampir subuh bareng sama Deasy, Gilang, Afif, Nadya, Keke dan satu temen baru dari Depok namanya Dito. Ya, karoke ala kami bukan karoke yang cuma nyanyi trus ganti lagu trus nyanyi lagi. Tapi karoke ala kami itu karoke melelahkan. Satu lagu aja bisa bikin kurus kayaknya. Ditambah lagi ending dari karoke ini adalah tampil di atas panggung yang biasa di pake buat Friday Night Jazz di Margo City sambil dance History.

Tepar.

Gue sampai kosan sekitar jam dua (rencananya mau post foto Afgan--IYA SEMPAT GUE STALK AFGAN SEMALEM--tapi gajadi saking capeknya) dan langsung tidur. Gue bangun agak siang karena kak Icha kembali nge-whatsapp gue dengan bilang 'Ron, tiket di om gue udah abis. Maaf yaa...' gue baca trus gue tidur lagi. Trus kak Icha SMS lagi 'Tapi temen gue ada nih tiket 100 ribu lo mau gak?' TRUS GUE LANGSUNG 'IYA KAK GUE MAU ASTAGFIRULLAH KAK IYA' Dan langsung gue bangun langsung coba-coba browsing kira-kira stage-nya bakalan seperti apa. Dan tanya juga jalan ke Gandaria City karena gue sama sekali nggak pernah kesana sebelumnya.

Dalam otak gue ketika gue memutuskan untuk mau beli tiket itu adalah bahwa gue pengen punya foto-foto HQ hasil jepretan sendiri. Gue pengen kayak yang di internet-internet itu loh. Pengen alay pake watermark nama sendiri (padahal pake watermak nama orang ditambah kata 'kak'). Nggak ada sedikitpun niat gue buat apa sih bawa fanboard, atau paling nggak ikut fanchant gitu gak ada. Pertama, gue bukan BANA. Kedua, gue gak kenal siapapun di B1A4 kecuali CNU dan beberapa nama lain (yang pernah gue jadiin soal Giveaway). Ketiga, festival B itu pasti gak akan terlalu bisa menikmati konsernya ah jauh, yaudah foto foto aja. Keempat, EXO nggak comeback-comeback ngeselin.

Karena itulah, karena niat awal cuma pengen foto-foto, sebisa mungkin gue harus bisa bawa masuk kamera dong. Ya tanpa itu gue gak akan bisa ngapa-ngapain. 

Gue bukan orang yang pinter berbohong dan setiap kali ada niat berbohong otak gue selalu dipenuhi dengan apa yang kita sebut dengan karma. HAHAHA gue tuh kalo bohong ya, yang kepikiran di kepala kalo kebohongannya kebongkar karena kebodohan diri sendiri gitu loh. Makanya gue suka deg-degan kalo bohong. Pasti deh gue gemeteran. Karena hari ini gue niat banget pengen foto-foto, gue memutuskan untuk memasukkan kamera gue ke dalam jaket, gue taruh paling bawah tas, gue bawa sarung (yang pura puranya nanti gue bilang ini gue pake selimutan karena gue semalem berangkat dari Lombok naik kereta), gue bawa celana pendek gue jejelin di atas sarung (pura-puranya nanti gue bilang, 'iya ini celana pendek saya buat berenang kalo kalo keretanya mogok saya lanjut jalur laut'), gue juga bawa celana dalem seriusan GUE BAWA DAN GUE TARUH PALING ATAS (nanti ceritanya pura-puranya, 'mas gimana sih kalo saya gak bawa celana dalem kan gatel') Padahal ya nggak apa-apa juga bawa kamera kalo pocket.

Tas gue kecil dan isinya penuh banget dan itu sudah termasuk juga botol air minum. Gue hari itu pake kutang trus diluarnya pake jaket krem/cokelat muda, sewarna sama tas gue dan tali sepatu dan juga mungkin warna kulit. Berangkatlah gue ke Gandaria City dengan seperti biasa petunjuk arah yang diberitahukan oleh teman-teman di twitter. FYI, this is my first time ke Gandaria City. You know lah, kalau pertama kali  kan pasti rasa deg-degannya semakin memuncak gitu. Mana ini harus naik Deborah pula (gue kalo naik Deborah suka males soalnya kenek-nya suka nagih bayaran nyelip nyelip gitu agak ngeselin sih tapi ya mungkin sudah bagian dari pekerjaannya dia) Sesampainya di sana, BUSET DAH ANTRIANNYA PANJANG BANGET MASA. Gue awalnya yang males gitu aduh masa antri sih buat grup yang gue gak suka. Tapi karena ini murah yaudah bela-belain.

Gue ketemu kak Icha buat ngambil tiket dan kita sama sama ke Mushola. Setelah sholat balik lagi ke atas dan gue mulai antri di antrian Fest B sementara kak Icha balik ke antrian fest A. Lumayan lama gue duduk geser duduk geser sekitar satu setengah jam akhirnya gue mikir (dan telat) 'Acaranya kan mulai jam 7 dan gate baru dibuka jam 6 sementara maghrib ham 6:10. Gue udah janji kali ini gak akan bolong sholat lagi demi konser ginian!' akhirnya setelah duduk lama dan sia-sia itu gue langsung cabut ke mushola. Nunggu maghrib disana.

Membego lagi. Karena maghrib masih lama, setelah sampai di mushola gue kepikiran buat beli buku gambar sama spidol. Niatnya sih buat bikin fanboard kalo misalnya nih gue gak bisa foto-foto. Akhirnya gue mampir ke Lottermart dan beli itu buku gambar sama spidol. Gue tulisin, 'YA ALLAH CNU YA ALLAH' tapi gajadi gue angkat karena nggak sempat. Selesai solat maghrib langsung masuk venue dan JENG JENG~!!!! WAAAAH STAGE-NYA TINGGI BANGET ALLAH ALHAMDULILLAH!!!!

Untuk ukuran badan seperti ini, promotor sangat memikirkan kami dan aku merasa terharu loh! Beneran deh, soalnya pas yang waktu itu gue nonton 4Minute, stage-nya persis sama posisinya cuma di depan gitu trus ada festival A dan B tapi panggungnya agak gak asik jadi agak gak keliatan. Tapi yang ini gue kok ya kayak seru dan seneng banget gitu.

Jadwal konser dimulai jam 19:00 tapi agak molor sekitar lima belasan menit. Oke, maafin gue kalau misalnya gue nggak bisa menjelaskan lagu-lagu yang dinyanyikan B1A4 di konser ini karena jujur aja, satu lagu yang gue tahu dan gue suka dari B1A4 cuma 'OK' doang. Well, gue pernah tahu Beautiful Target tapi gue cuma tahu judulnya doang nggak pernah tahu lagunya kayak gimana. Jadi di awal, kalau nggak salah lagu ini yang dinyanyiin pas mereka mulai tampil di atas panggung.

Gue merinding denger suara teriakan fans buset dah. Itu emang ruangannya kayaknya fix banget ya suara semua kumpul di situ jadi semakin membahana gitu loh!

Gue berdiri di belakang beberapa orang di festival B. Sebenernya nggak terlalu susah ngeliat mereka yang ada di atas panggung. Cukup jelas karena panggungnya tinggi. Selain itu, lampunya juga sangat mendukung banget buat mata jadi nggak ada bagian yang terlalu silau atau gimana gitu. Gue suka banget deh, itulah kenapa akhirnya ketika gue motret-motret, hasilnya jadi bagus soalnya tata lampunya juga bagus. Hehe muji dikit diri sendiri gapapa yaaa....

Nah, jadi malem itu sempat ricuh juga siih.... sempat banyak ada yang pingsan. Buset, ini ketemu oppa aja kalian pingsan. Gimana kalo ketemu sama orang tua oppa.............................. di mars. Sangat disayangkan karena pada akhirnya acaranya harus di stop sekitar dua puluh menitan. Karena banyak yang dehidrasi, akhirnya semua penonton disuruh duduk bersila. Buset, kata gue. Ini nonton konser apa mau tahlilan?! Tapi masuk akal juga sih tahlilan soalnya Sandeul lagi ngerayain ulang tahunnya. Bisalah.... Awalnya gue yang agak-agak gimana gitu loh kalo duduk tapi akhirnya bersyukur juga. Kenapa? Soalnya dengan duduk bisa lebih leluasa motret-nya. Itu aja sih yang penting. Tujuan gue dateng ke acara ini sebenarnya bukan buat nonton dan menikmati konser mereka tapi buat motret.

Awalnya.....

Tapi setelah acara dilanjutkan kembali after break pingsan, GILA GUE GAK NGERTI LAGI KENAPA BISA SEPERTI ITU?!? Gue kalo jadi BANA ya pasti heboh banget dan bahagia banget dengan showcase berdurasi kurang lebih dua jam ini tapi bisa SANGAT PUAS! Bahkan gue yang bukan fans B1A4 aja puas banget men nonton showcase ini! Aduh... bener-bener setimpal gitu loh menurut gue. Lagu-lagu yang mereka bawakan, VT-VT yang ditampilkan, fanservice yang diberikan, semuanya total banget! Kalau mau dibilang murah, ya emang murah, tapi elegan banget. Gue sempat mikir malam itu, 'untung gue bukan BANA ya, kalo gue BANA mungkin gue nggak akan sekalem ini ngeliat orang-orang itu sementara suasana dan atmosfernya sangat mendukung banget untuk menggila...'

SALUT BANGET SAMA B1A4! Ini pertama kalinya gue nonton showcase grup yang bukan bias gue dan gue puas! PUAS BANGET! Good job :D :D :D Walaupun gue sempat yang agak-agak gimanaaaa gitu ya berada di antara BANA-BANA ini, tapi yah, kalau gue cuma mikirin gengsi dan malu, mana bisa berkembang kan. Mana bisa motret motret xD Gue separo bersyukur gue datang sendirian malam itu (like really alone and all by myself) karena dengan begitu paling nggak bisa konsen jadi kayak noona noona fansite gitu. Hihihihi.... :D

Beberapa hal tentang BABA B1A4 1st Showcase Jakarta menurut gue:
  1. BANA keren banget fanchant-nya! Salut! Walaupun ada beberapa orang yang kayaknya sok-sok apa sih ngedumel pas adegan rusuh, tapi yah, fanchant-nya nusuk banget.
  2. Pengamanan malam itu gue suka deh, inisiatif buat bagi-bagi air-nya oke. Trus security staff nya ramah-ramah. Gak kayak pas apa sih itu yang pink-pink di GBK yang staff-nya jutek-jutek banget.
  3. Sound system-nya lumayan oke. Suaranya sampai belakang tetep jelas. 
  4. Lighting-nya atraktif, suka banget! Membantu buat yang pengen ngambil gambar pake camera digital. 
  5. MC-nya menarik! Gue prefer orang yang bisa ngomong Indonesia-Korea gini dan gak terkenal (gue gak kenal maksudnya) ketimbang harus pake translator. Lebih efisien.
  6. Tanpa guest star membuat acara ini lebih berasa hidup. Beda kayak 4Minute waktu itu yang cuma muncul nyanyi 3 lagu doang dan itupun di ending. Gak berasa serunya.
  7. YA GUE JADI HAPAL MEMBER B1A4 SEKARANG DAN ADUH NGEFANS CNU HAHAHAHAHAHA
  8. Fanservice-nya total banget! Lucky draw buat lucky fans-nya bener-bener yang WOW banget menurut gue. Bener-bener yang memanjakan fans banget deh. Semua orang pasti iri, mana games yang dikasi ke mereka asik-asik semua (untuk ukuran fangirl) yang semuanya boleh meluk-meluk atau dipeluk-peluk member. Ya gimana nggak asik? Karena gue sendirian, gue jadi nggak enak buat teriak-teriakin fans yang bahagia itu. Tapi pas bagian CNU sama cewek yang berjilbab, gue yang dalem hati 'ya Allah.... demi oppa kamu rela begitu....' kemudian muncul drama 'OPPA NODAI SAJA AKU OPPA NODAI AKU! (sambil sobek sobek pasmina)' trus gue yang, 'Semoga damai hidupmu, chingu...'
  9. Staff promotornya ramah-ramah. Nggak ada yang sok-sok bossy gitu. Gue hampir nggak menemukan staff yang bossy. Karena gue pernah punya pengalaman di konser sebelumnya agak nggak menyenangkan dengan beberapa staff, Big Daddy staff-nya Alhamdulillah (dan Insya Allah semoga Ya Allah untuk seterusnya) baik-baik :D
  10. B1A4 bahasa Indonesia-nya bagus. Mereka skrip-nya juga bagus. Jadi ada part dimana Baro baca surat bat fans yang pake bahasa Indonesia. Awalnya sih gue mikir itu emang ditulis pake romaji gitu, tapi ternyata hangul yang berbahasa Indonesia. Sempat ngakak juga soalnya pas itu beneran kayak Baro bilang 'Ciyus? Miapah?' gue langsung yang ANJIR APA APAAN BARO JADI ALAY GINI. Trus belom lagi pas Baro bilang 'Alhamdulillah yah....' BUSET DAH INI HAHAHA SUKA BANGET GUE SAMA PROMOTORNYA DAH AH!
  11. Walaupun sedang cedera, Sandeul berusaha untuk menampilkan yang terbaik. Menurut gue jadi kayak impas gitu loh. Dia nggak banyak dance tapi banyak banget aegyo. Gue sempat fancam-in waktu dia Gwiyeomi walaupun nggak dari awal. Pas bagian Jinyoung malah nggak kerekam, soalnya tiba-tiba di samping gue ada ibu-ibu yang manggil anaknya, 'udah jam 9, ayo pulang' trus tangannya nutupin lensa kamera gue >.<
  12. Efek kembang-api nya walaupun nggak sering tapi sekalinya muncul, timingnya oke banget!
Jujur aja ini adalah konser dengan persiapan paling absurd yang pernah gue datangi. Gue rasa ini berkah sholat maghrib deh. Insya Allah.... hehehe Soalnya pas gue masuk setelah maghrib, di Festival B ternyata masih kosong jadi yah, nggak telat-telat banget juga gitu loh.

Pokoknya gue mau bilang makasih buat Kak Icha yang udah ngasi tiket murah dan belom gue bayar sampai hari ini. Besok aku transfer ya kak hari ini gak sempat ke ATM hehehe. Thanks buat Icha (@hunyeoray) atas tebengan pulang ke Depoknya. Thanks buat Icha (@kaimoves) dan Seszi juga dan satu temennya Seszi juga. Gatau kenapa gue makasi ke mereka seneng aja ketemu mereka lagi.
Oh iya, foto-fotonya udah gue share di twitter & udah di upload ke Facebook juga. Silahkan cek twitter gue atau kalau males backtrack, ke Facebook aja langsung. Link-nya ada di bawah header blog ini :) Yang mau fancam Gwiyeomi bisa ke YouTube gue di ronronmanusiakaret2. Ini gue kasi satu aja ya foto favorit gue ^^
*
Have a good night!


Share:

17 komentar