Apalah Arti Menunggu (EXO)

*
Maret 2013 adalah bulan tergalau dalam hidup gue. Bukan karena bulan ini adalah 22 tahun kurang 2 bulan gue jomblo, bukan juga karena gue baru putus sama pacar yang sedang menempuh pendidikan S2 di Amerika. Tapi Maret 2013 ini menjadi bulan tergalau karena persis sebulan lagi, satu tahun EXO debut dan belum ada tanda-tanda comeback sampai sekarang. Sedih.

Sebenarnya gue mencoba untuk nggak memikirkan hal ini. Maksudnya, nggak yang terlalu merajuk pada Tuhan, ‘Ya Tuhan kapan EXO comeback? Kalau EXO nggak comeback, bagaimana bisa saya hidup Ya Tuhan... Please Tuhan, kembalikan EXO ke jalan yang benar Tuhan. Saya janji tidak akan nakal lagi...’ nggak sampai selebay itu. Gue berusaha yang kasual aja. Ya... kasual. Bisa bertahan satu atau dua hari tapi setelah itu, ketika pikiran sedang melayang dan melanglang buana ke dunia lain, balik lagi galau lagi.
*
Semua orang pengen EXO comeback, tentu saja karena rookie-rookie seangkatannya udah comeback duluan bahkan ada yang comeback single-nya lebih dari tiga. Inilah salah satu faktor yang membuat para fans EXO (yang teramat sangat kasian bahkan selain idola mereka nggak comeback, mereka belom punya nama fandom dan warna official fandom—kasian sekali kayak gembel teraniaya) meradang. Kenapa meradang? Karena kerap kali beberapa orang iseng membanding-bandingkan EXO dengan rival terkuatnya ini. Selalu disandingkan dan selalu dibandingkan. Padahal jelas-jelas dua grup ini punya genre yang berbeda dan aliran musik yang nggak sama. Dan bagaimana bisa lo membanding-bandingkan belatung dengan kelinci? Please.

Karena terlalu banyak tekanan dari fandom sebelah inilah akhirnya fandom EXO yang belum ada namanya ini jadi meraung-raung minta jatah. Kalau ibarat kata EXO itu Bang Toyib yang tiga kali puasa tiga kali lebaran nggak pulang-pulang, sementara fans EXO adalah istri Bang Toyib yang nyanyi-nyanyi tiga kali puasa tiga kali lebaran suaminya nggak pulang-pulang. Saking lamanya jablay, tidak dikasi jatah dan tidak dijamah EXO, banyak dari mereka yang beralih ke fandom sebelah. Mereka butuh asupan.

Gue pribadi adalah orang yang setia. Gue nggak pernah kepikiran untuk melirik grup lain selain yang sudah gue kenal dan ikuti perjalanannya sejak awal ini. Ada banyak faktor sih. Pertama, males menghapal nama dan wajah member grup baru. Kedua, males men-download segala sesuatu yang berkaitan dengan grup lain itu kalau-kalau gue tiba-tiba ngefans sama mereka. Hardisk External sekarang lumayan mahal dan punya gue nggak cukup persediaan space kosong di laptop untuk menampung lebih. Ketiga, karena Super Junior masih aktif. Gue juga nggak tahu kenapa alasan ketiga-nya Super Junior. Mungkin karena jauh di lubuk hati gue, gue masih ngefans sama mereka. #EA

Nah karena ketiga alasan itulah akhirnya gue memutuskan untuk stay aja ditempat. Diem. Meyakinkan diri sendiri bahwa EXO pasti akan comeback, walaupun entah kapan, walaupun tidak ada ketidakpastian. Gue selalu meyakinkan diri gue sendiri, ‘Ron, jangan kepancing sama kelinci. Jangan. Kamu bukan orang yang suka makan kelinci, cukup belatung aja.’ Bersyukurlah fans kelinci, gak satupun idola kalian gue nistakan. Dan gue selalu bicara dengan bayangan gue setiap kali gue bercermin, “Percayalah pada diri dengan harapan dan keyakinan WO WO WO Menuju puncak gemilang cahaya!”

Sejak EXO debut dan baru memperkenalkan satu member bernama Kai, gue seneng membuat prediksi-prediksi. Waktu itu gue sempat memprediksi juga nama-nama Member EXO dan yang hampir tepat cuma satu, Lai. Gue jadi inget Januari 2013 kemaren gue sempat bikin prediksi/ramalan comeback-nya EXO. Gue waktu itu pernah nulis di fanpage kaoskakibau begini:

Baru tadi pagi pas lagi mandi, gue tiba-tiba mikir 'Kapan sih EXO comeback?! Kesel.' Emang rasanya sih udah lama banget sejak debut dan sekarang coba itung udah hampir setahun (tepatnya sih sekarang udah 9 bulan). Lama juga ya nunggunya.... Sempat ada gosip yang beredar sejalan dengan beredarnya jadwal tidak resmi tentang comeback artis-artis SM dan 'katanya' Februari 2013 ini EXO comeback.

Kemudian mikir lagi.... Kira-kira tanggal berapa ya?

Coba inget-inget. EXO debut resmi di Inkigayo tanggal 8 April 2012 (8/4/12).

8-4-12. Trus gue iseng menjumlahkan tanggal dan bulan hasilnya lucu: (8+4) = 12-12

Apakah ini sebuah kebetulan? YA KAYAKNYA. Trus mengikuti pola yang sama. Kita bisa mengira-ngira kapan EXO akan comeback nih. Ide gue, sekarang kan 2013, jadi kemungkinan tanggal comeback adalah kombinasi angka tanggal dan bulan berjumlah 13. Jadi:

Februari (bulan 2) tanggal 11 = 13
Maret (bulan 3) tanggal 10 = 13
PARAH PARAHNYA April (bulan 4) tanggal 9 = 13

Jadi prediksi comeback gue:

11/2/13 ATAU 10/3/13 ATAU 9/4/13

HMMM Soalnya 11+2 = 13, 10+3=13, 9+4=13.

Jadi balik ke kombinasi 12-12 di awal, kali ini jadi 13-13.

(Seharusnya di bagian setelah PARAH PARAHNYA APRIL itu ditambahkan PARAH PARAHNYA GRUP INI BUBAR JALAN)
Februari udah lewat dan Februari bukan EXO yang comeback tapi SHINee. Kemudian Maret datang dan tanggal 10 pun berlalu dengan bijaksana sementara EXO nggak ada kabar comeback sama sekali. Yang ada mereka wara-wiri gedung SM pamer rambut baru, atau paling nggak kewajiban sponsor buat pamer pakaian sponsor. Dan ketika April akan datang, muncul lagi rumor lain bahwa EXO akan comeback tanggal 31 Maret 2013. Countdown untuk comeback ini ada di sebuah situs yang cukup terpercaya di Korea (gue sih percayanya sama Tuhan bukan sama situs internet, sorry). Walaupun gue nggak percaya sepenuhnya, banyak dari fans EXO yang jadi bersemangat mendengar kabar ini. Pada saat yang sama banyak juga yang tambah galau. Beberapa yang lain (kayak gue misalnya--#EA) mungkin yang udah mati rasa dan biasa aja gitu. Lo mau comeback atau nggak itu urusan lo sama temen-temen lo dan keluarga besar lo. Nggak ada urusannya sama gue. (Tapi tetep aja kalo ada apa-apa, pasti ngetweet, ‘KAMPRET LO KAPAN COMEBACK SIH!?’ EXO membuat tingkat kelabilan gue naik turun.)

Prediksi lain gue selain tanggal-tanggal yang tertera di atas adalah perhitungan berdasarkan kalender bulan/kalender hijriyah. Gue inget, pas kapan EXO ada performance di mana gitu bertepatan dengan bulan purnama gitu (dan info bulan purnama-nya katanya dari NASA. Karena gue masih polos unyu banget waktu itu gue percaya aja terus heboh di twitter memuja-muja Lee Sooman, padahal siapa yang tahu itu kebetulan atau nggak kan? Siapa yang tahu Lee Sooman cuma itung kancing nentuin tanggal). Nah karena kesannya kok kayak, ‘keren banget sih konseptor EXO bisa pas gini sama bulan purnama!’ trus karena mereka juga punya lagu ‘Two Moons’ dan konsep dari EXO sendiri adalah 6 orang yang berasal dari dunia A dan 6 orang yang berasal dari dunia B (tapi dua-duanya ada di planet yang sama yaitu planet EXO) yang ternyata berhubungan dan masing-masing punya bulan dan matahari, gue jadi mikir, pasti semuanya akan sangat berhubungan dengan tanggal-tanggal di kalender bulan (Korea juga merayakan Lunar New Year, right?).

Oleh karena itu, muncul lagi prediksi bahwa comeback EXO berikutnya pastilah di suatu malam, bulan purnama. Akan sangat menyenangkan lagi kalau pas malam bulan purnama itu malem Jumat Kliwon dan pas banget hari Kamis (malem Jumat) adalah harinya Mnet Countdown yang pas banget buat comeback.

Kembali ke prediksi 31 Maret 2013 tadi, gue jadi penasaran. Tanggal ini siapa tahu aja kalo di konversi ke kalender jadi menarik gitu. Gue sih ngarepnya ngepas sama bulan purnama. Eh tapi ternyata nggak, berdasarkan situs konversi yang gue temukan di Google, 31 Maret 2013 jatuh pada 19 Jumadil Awal 1434. Means, purnama yang biasanya jatuh tanggal 14/15 kalender bulan sudah lewat 5/4 hari. Purnamanya udah basi.

Gue nggak mau kecewa, gue coba lagi ngecek di kalender konversi itu dan gue memasukkan tanggal debut EXO yaitu 8 April 2012 dan keluarlah tanggal 16 Jumadil Awal 1433. Wah, berarti ini adalah bulan yang sama dong dengan debut-nya EXO tahun lalu menurut penanggalan kalender bulan? Sama-sama Jumadil Awal. Artinya bakalan ada kabar bagus dong?! IYA GAK SIH.

Gue mikir gitu....

Kalau tanggal 31 Maret 2013 aja udah tanggal 19 Jumadil Awal 1434, berarti mundur 3 hari tepatnya 16 Jumadil Awal 1434 adalah persis satu tahun EXO debut menurut penanggalan kalender bulan. NAH LOH NYAMBUNG NIH. Di MV MAMA kan ada tuh kayak semacem penggambaran tata surya (bulan, matahari, bintang, planet), lagu mereka ada yang judulnya Two Moons, bahkan leaked song mereka aja judulnya Wolf yang mana serigala biasanya digambarkan dramatis selalu keliaran ketika bulan purnama, belum lagi leaked song kedua yang judulnya 365 yang jelas-jelas adalah jumlah hari dalam setahun (bukan kalender bulan sih kalender matahari, tapi tetep matahari dan bulan kan bagian dari tata surya) yang kurang lebih menggambarkan jumlah hari penantian para fans gitu dalam setahun. Masuk akal banget kan kalo misalnya EXO akan comeback tanggal 16 Jumadil Awal 1434 atau 28 Maret 2013? Soalnya, 28 Maret 2013 itu jatuhnya hari Kamis trus hari Kamis itu ada Mnet Countdown.....

Ya.

Begitulah. Gue merasa seperti ahli nujum. Bentar lagi gue alih profesi jadi asisten Ki Joko Bodo. Walaupun beliau bukan ahli nujum. Bahkan sebelumnya gue nggak pernah memprediksi kapan puasa kapan lebaran, tapi sekarang..... hanya karena 12 alien nista ini gue mulai ngebaca-baca kalender bulan. Pusing banget. Jempol gue. Kalau Lee Sooman baca ini tulisan gue, dia mungkin sedang ketawa guling-guling sekarang. Bahkan saking gelinya mungkin dia loncat dari puncak gedung SM.

Susah memang memprediksi comeback EXO ini. Satu, karena gue memang bukan Ki Joko Bodo, Ki Kusumo, Ki Kiamalia atau Ki Mkibum. Dua, karena kita nggak bisa nebak maunya Lee Sooman apa. Banyak rumor yang beredar di luaran, banyak orang dalem yang ngebocorin hint dan sebagainya, tapi kalo Lee Sooman sudah berkehendak, maka kacaulah semua urusan. Lee Sooman ini semacem ketua illuminati banget pengambil keputusan gitu. Buset.

Memprediksi EXO comeback tidaklah semudah melihat kapan puasa dan kapan lebaran. Kalau ada yang menggunakan perhitungan hisab dan yang lain menggunakan cara hilal, comeback EXO nggak bisa diprediksi dengan dua cara itu. Coba aja liat perhitungan hisab yang gue bikin, nggak ada yang lolos dan berhasil. Nomornya nggak ada yang keluar. Gagal menang togel. (Tapi yang terakhir sih gatau ya yang 28 Maret). Kalaupun mau dilihat dari munculnya Hilal di ufuk langit, agak susah juga. Men, EXO itu hidup di dunia yang bulannya ada 2. Jadi lo juga kalo mau prediksi comeback-nya harus nyari dua hilal ini. Ribet kan? Makanya nggak ada yang mau pake cara hilal. EXO Planet dimana aja nggak ada yang tau. Grup ini emang absurd.

Tapi gue suka.

Yang jelas, EXO akan comeback, kapan? Nggak tau. Bisa jadi tanggal-tanggal yang gue tulis diatas tembus. Bisa jadi juga nggak. Kalau kata Rangga di pusinya pas Ending AADC: ‘Aku akan kembali pada satu purnama, untuk mempertanyakan kembali cintanya...’ jadi kita tunggu saja EXO mengaum di bulan purnama berikutnya. Bersama Rangga.

~

Anyway, ngomong-ngomong soal Kalender Bulan, Korea Selatan kan masih tuh menggunakan kalender bulan. Nah ini gue mau kasi tau tanggal lahir anak-anak EXO menurut kalender bulan, dan nama mereka kalau-kalau nanti mereka debut di Jazirah Arab atau mereka nanti gabung sama Nasida Ria, grup Qasidah.

  • Suho--Kim Joonmyun, 22 Mei 1991/8 Zulqaidah 1411 (Rabu Kliwon) | Zulfikri |
  • Baekhyun--Byun Baekhyun, 6 Mei 1992/4 Zulqaidah 1412 (Rabu Kliwon) | Zulfikar | Pantesan Baekhyun sama Suho tuh serasi banget soalnya sama-sama lahir Rabu Kliwon. Zulfikar ini juga judul lagunya Rhoma Irama. Liriknya tuh kayak, ‘Zulfikar~ aya ya ya ya~ Zulfikar yaaaa yaaa yaaaaaaa’ gitu terus sampe kiamat.
  • Chanyeol--Park Chanyeol, 27 November 1992/1 Jumadil Akhir 1412 (Jumat Kliwon) | Jubair | Chanyeol lahir Jumat Kliwon, makanya giginya besar-besar. Kayak genderuwo. Apa Wewe Gombel ya? Aduh gak gaul sama setan. Gak nyambung, biarin aja.
  • D.O--Do Kyungsoo, 12 Januari 1993/18 Rajab 1413 (Selasa Legi) | Rafiq |
  • Kai--Kim Jongin, 14 Januari 1994/1 Sya’ban 1414 (Jumat Pon) | Syarif | Nama ini kesannya alim ulama gitu ya. Padahal.... kelakuan....
  • Sehun--Oh Sehun, 12 April 1994/1 Zulqaidah 1414 (Selasa Legi) | Zulian |
  • Xiumin--Kim Minseok, 26 Maret 1990/28 Sya'ban 1410 (Senin Pon) | Syakir |
  • Luhan--Xi Luhan, 20 April 1990/24 Ramadhan 1410 (Jumat Pon) | Ramdhani |
  • Kris--Wu Yifan, 6 November 1990/17 Rabiul Akhir 1410 (Selasa Pon) | Rabbani |
  • Lay--Zhang Yixing, 7 Oktober 1991/28 Rabiul Awal 1412 (Senin Pon) | Rafaat |
  • Chen--Kim Jongdae, 21 September 1992/23 Rabiul Awal 1413 (Senin Pon) | Raffa |
  • Tao--Huang Zitao, 2 Mei 1993/10 Zulqaidah 1413 (Minggu Legi) | Zulkifli | Panggil saja Kipli. Kalo lagi mabok, ganti nama jadi Koplo.



    PS: Hari-hari di tanggal kalender bulan diatas bisa -1 atau +1 dari yang tertulis.

Share:

62 komentar

  1. kak ron, serius dehh, hanya karena 12 alien yg gk comeback": itu lo jadi kayak dukun nista begini kak!!???

    BalasHapus
  2. Hadoh kak,gw harusnya teler abis minum obat batuk.tp gara2 baca postingan ini nguakak abis.berasa baekhyun ngaum gitu,ga bisa tidur lagi kak...sabar ya kak.selama kelinci ga nyamil belatung HIDUP EXO!!!!!

    BalasHapus
  3. HAHAHA... gue udah bosen sama segala rumor kapan exo kambek.. dan postingan ini mengobati kegundahan hati,, serius deh Ron, lo rajin banget ngeliatin kalender+bikin prediksi2 gitu..
    cuma exo yg setaun 80% foto2 tuh di bandara.. grrr.. sisanya kalo ga lg di stage yaa interview+pemotretan majalah..

    hmmm... kalo masalah ngebanding2in sm rookie sebelah sih gue ga ambil pusing, toh gue udah bias bgt sm exo, mau dijejelin rookie yg lain jg ga ngaruh.. setuju sm alesan lo yg males bgt donlotin + ngapalin nama & muka mereka.. dan gue yg ingatannya rada2, malah jd suka kebalik2 muka sm nama, jd mending diem aja deh..

    gabakalan bosen nunggu exo, entah kapanpun kambeknya, pasti mereka kambek lah.. Sooman kan udah ngabisin duit buat mereka masa dianggurin gitu aja..

    itu namanya WuYifan berasa merek kerudung deh.. -__- gue curiga dia diem2 suka pake.. *eeh...


    Keep bau and rolling like Baekhyun~ *gulingguling hapkido*

    BalasHapus
  4. ya Allah ka rooonnn w sampe nangis baca ini...
    nangis antara sedih exo kapan tau comebacknya ato gra2 ngakak baca tulisannya wkwkww
    @wsukma15

    BalasHapus
  5. pas di awal baca "bukan juga karena gue baru putus sama pacar yang sedang menempuh pendidikan S2 di Amerika." tiba2 di otak mucul nama Kak Korban XD wkwkwk

    kelinci?? wkwkwk tetangga sebelah ye om, tpi mereka bagus sih. tapi bagusan EXO hehe

    btw om, emg sih nunggu EXO bagaikan nunggu belatung berubah jadi kelinci (?)
    om, bener deh kenapa lu gak jadi ahli nujum aja sekalian.. hitungan lu pinter -_-"

    BalasHapus
  6. *tibatibahening
    kak lo beneran jadi dukun ini? setelah meramikan TL dengan perdukunanmu, sekarang kau menebar virus dukunmu ke blog?? *WHAT THE -_____-
    kak plis ga usah dengerin mereka yang bandingin belatung sama kelinci. udah jelas kelinci lebih aktif ketimbang belatung, jelas aja single comebacknya banyyaaaaaaaaak *tibatibairi
    udah deh temenin gue yang setia mungguin si belatung kambek. pasti dapet pahala, karena Tuhan selalu membalas kesabaran umatnya dengan sesuatu yang manis *eaaaatibatibajadialim
    eh tp gue beneran sangsi nih lo anak ips tp itung2an lo kyak anak eksak. akurat banget masa' *eh belumterbuktisih
    oke byee

    BalasHapus
  7. Luhan = Ramdhani or Nia Ramadhani tanggal lahirnya sama loh Kak~
    Ga terlau mikirin kapan EXO balik deh, sakit hati... T.T
    Kak, copas nama2 arab EXO ke fp akku boleh dong *puppybaekkieyesmodeon

    Istri Luhan, chu~

    BalasHapus
  8. allahuyakarim. kenapa lu jadi ahli ilmu falaq, ahli weton gini...... coba dipake chinese lunar calendar. terus lu berubah jadi ahli fengshui ==

    BalasHapus
  9. Wah DAEBAK! sempet-sempetnya ngitungin sampe tanggalan islam. Ka Ron emang pecinta belatung sejati *meski gue ga tau siapa yang kelinci. Gue aja yang bukan fansnya EXO jadi ikut mikir, kapan ya Grup ini comeback. Jujur aje, gue tau banyak tentang EXO dari tulisan kak Ron. Gue doain dah, semoga tanggalan prediksinya jebol. Yah, minimal satulah. Gue yakin dan percaya om Sooman pasti sujud syukur baca tulisan ini. Rupanya ada fansnya belatung dibelahan bumi Indonesia yang sangat peduli ama EXO. Smoga EXO segera comeback :)

    BalasHapus
  10. Kak Ron , EXO emang rookie paling kurang ajar . Gak kambek kambek . Mentang mentang udah dikenal se-antero korea .
    Lagipula in mind SMent tuh begini "gak usah sering sering kambek, buang buang duit aja . Exo udah banyak fansnya !" . Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga.. apa sooman keabisan duit buat exo dan terus exo jadi .. ..*****TRTTT SENSOR*****

      Hapus
  11. Duh gue sebenernya diantara sedih,galau,dan senang karena 12alien nista ><
    Kelinci? Gue tau siapa mereka :D iya sih emang idolnya itu bagus tapi tetep aja sebagus2nya bb rookie lain diluar sana dan sesering comebacknya mereka gue tetep cinta yg belatung/exo walopun tunggu mereka comeback itu sampe ngemis2 ke agency dan lumutan pula >< karena yang namanya cinta itu emang buta (?)
    Postingannya Kece nih :D

    BalasHapus
  12. ya ampun bang, demen banget deh kencan sama kalender, segitunya galau ngahaha XD *padahal juga sama*-_-
    tapi tapi, aku pernah denger juga exo kambeknya sekitar april gitu deh (?) eh tapi jangan dipercaya, percaya sama Tuhan saja XDD
    -Kris--Wu Yifan, 6 November 1990/17 Rabiul Akhir 1410 (Selasa Pon) | Rabbani <-- aigoo bang Suho, kenapa nama suami gue jadi iklan banget gini -______-"
    btw bang, bukannya Lee Soo Man Ahjussi udah pensiun dari SM yak? :O

    BalasHapus
  13. walau suka lagu kelinci sejak sebelum belatung sampe sekarang, tapi gara2 kyungsoo, galau total gue

    BalasHapus
  14. FAKTANYA, GW UDAH NGE-FANS BToB and B.A.P~!!! ><
    Duaduh,,, Please Om Sooman, gw jamuraaaaannnn... TT_TT
    Nyesek lahir-batin ketika temen yg ELF bilang, "2013 masih MAMA2-an aja?!?!"
    #ngambang seketika

    BalasHapus
  15. ASTAGANAGA,,Kak roonn sejak kapan lu berubah jadi EYANG SUBURR?? HAHAHA
    Oke gw baca ini awalnya puyeng, buset dah pake itungan begituan, semacam itung nomor togel yang mau keluat -___-. Tp whatever lah, lu emang jenius kalau udah nyangkut soal analisis exo :p
    Dan NAMA EXO VERSI ARAB??WHAT THE__??? 0.0.
    Zulfikar oh Zulfikar kapan kauu kembali untuk menanyakan cintamu kepadaku,,wwkkk

    BalasHapus
  16. Kalau kata gue sih SM pasti sedang mempersiapkan sesuatu yang besar untuk comeback Exo.. Tiba-tiba Exo comeback bukan dengan MV tapi dengan Movie.. Who Knows?? Gue berkaca dari Suju yang muncul dengan Movie 'Attack Pin Up' nya setelah ditahun 2005 debut dengan single pertamanya 'Twins(Knock Out). Dari awal gue emang udah ngeliat Suju dan Exo itu punya beberapa kemiripan. Tapi ini cuma pendapat gue, dan gak bisa disebut sebagai prediksi juga..

    BalasHapus
  17. pake PS ..wahaahahaha....,

    BalasHapus
  18. bahahaha ada-ada aja nih bang.
    sama saya juga males lirik idol sebelah, saya kelinci luar angkasa ini emang bagus sih, bagus banget malah. tapi ya udah kepalang males ngapalin muka lagi apalagi jaman mereka pirang semua warna rambutnya. mana single mereka udah bejibun yang berarti list donlotan bakal numpuk. pfft.
    yang bikin nyesek itu waktu ada rumor bakal showcase tanggal 31 maret 2013 gegara di official web pagenya tertulis demikian dan beberapa hari kemudian pihak SM ngeganti tahunnya dengan 2012. ternyata typo. SOMPRET.
    haircut udah ganti berkali-kali, udah bikin shock berkali-kali, udah teasing berkali-kali, dasar PHP ;__;

    bang Kris mana Bang Kris?? ga muncul-muncul nih sudah lebih dari sebulan ._. nongolnya cuman sekali di SM building tapi ga bareng member lain. mana gak ikut syuting banjun drama pula. dia doang pula. oh kris ;____;

    BalasHapus
  19. ngakak roling2 gua kak bca prediksi lo ini. tapi jujur deh kak, gua udah mulai mlipir2 ke kelinci nih, awalnya sih gak minat, tapi karena penasaran gua coba liat ternyata mereka emang bagoooos kak. ehm tapi gua suka juga cuma sekedar gitu doang sih, exo tetep numero uno.
    keep in faith aja deh, suatu saat exo pasti kambek. walopun entah abad kapan saat itu datang

    BalasHapus
  20. Saking lamanya EXO gak comeback banyak yg bikin rumor kyk Kris keluar dr EXO lah dll. Kelinci? Haha gue gak apal membernya kecuali si Maknae yg lumayan kece, tp ttp hati gue buat Chanyeol wkwkwk

    BalasHapus
  21. Wanjir gw ngakak sumpahhh . Apalagi pas baca nama "Zulkifli" . Anjir guling2 gw . Dohhh xD
    Bang , lo semangat yeh ngitungin exo kambek . Itungin jg cb kapan taemin kelar wamil . Oke ? Bye ~ '-')9

    BalasHapus
  22. Ga nyangka terakhirnya bakal ditutup sama nama-nama arab itu. hhaha XD Keren banget ka, di tengah kesibukan loe masih sempet terpikirkan hal itu.

    BalasHapus
  23. kreatip, ngakak gue baca nama mreka dlm bhs arab /*sambil bayangin pada pake sorban, yg satu ala aa gym, yg satu ala uje, yg satu ala solmed, dsb /*boyben apa nasyid?

    gpp nunggu comebacknya, walau bagai bang toyib yg ngga kunjung dtg, tp akhirnya ntr jg bakalan dateng dan mengaku bukan bang toyib sambil bawa duit ama beras /*lho? berasa nyanyi wali...

    harus setia menunggu, krn saya sudah banyak ternodai oleh semua anak2 alien nista ini... >O<!!

    BalasHapus
  24. kak, lo itu ya, bisa banget!! nama arab itu apalagi coba, kenapa KRIS jadi kayak merek jilbab gitu?! haha.

    BalasHapus
  25. SOMPRET tuh... Sooman Kampret?
    Ejiahaha. Gw ngaco.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngakakkkkk!!! tanggung jawab gue ngakak di kantor baca komen iniiii....!!!! XDDDDDD LOLOLOLOL

      Hapus
  26. puhahahahah,, chanyeol jubair.

    BalasHapus
  27. kalo grup sebelah sih cepet comeback soalnya artis dari agensinya juga sedikit gak kayak sebanyak SM. jadi bisa lebih fokus dan cepet comeback .__.

    BalasHapus
  28. Kak, jgn bilang klo yg dimaksud 'kelinci' itu B.A.P..?! Gua tuh fans dua2'a..!!! Hwa ngenes.. jga exo ga comeback2..

    BalasHapus
  29. yah menurutku Sooman emang sengaja ngulurin waktu comeback exo biar semua orang penasaran #WOOO

    BalasHapus
  30. wahahaha .. !!!

    EXO nggak bakal comeback sebelum amber jadi feminim .. !!#apa hubungannya !

    yang jelas gw tetep tabah kayak loe kak, nunggu sampe' SM ngeluarin hawa positif buat exo kambek suatu hari nanti #jiaahhh dongeng banget gw ,, -,-

    BalasHapus
  31. Kak ron si ahli weton =,=
    bener loh kak, si 6kelici antariksa itu emang bagus banget kak, kelewat bagus malah. apalagi mv2 mereka yang keliatannya mahal abis

    gue selalu nyesek tiap ada yg bilang "EXO lu masih hidup ya? Oh gue pikir udh balik ke planetnya......."
    duh itu hati tergores" kak.. T_T sakit kak
    emang deh nih 12 alien nista songong sama belagunya tingkat dewa...

    6 kelici udh comeback dengan hebatnya, bahkan sambutannya keren abis...
    nahhh ! si 12 alien nista ini ???

    HELL SAKING RINDUNYA GUE SUPAYA MEREKA COMEBACK, GUE MUTER VIDEO SAMSUNG ATIV BERATUS-RATUS KALI BERHARAP KALAU ITU MV COMEBACK MEREKA!!

    BalasHapus
  32. EXO kapan comeback????????

    [sedetik kemudian] PLEASE EXO DON'T YOU DARE MAKE YOUR COMEBACK BEFORE I GOT MY S.E. TITLE!!!!

    [sedetik kemudian] EXO LO KEMANA AJA BOLAK BALIK GEDUNG SM GONTA GANTI MODEL RAMBUT TAPI GA ADA KELANJUTANNYA?????

    [sedetik kemudian] SERAH LO SERAH LO MAU KAMBEK MAU ENGGAK ENAK DI GUE MALAH GA KELUAR DUIT BUAT BELI ALBUM!!!!!

    [sedetik kemudian] Tapi gue kangen EXOOOOOO~~~~~~

    Thanks to those 12 aliens pengangguran penjaga pohon kehidupan, logika gue udah kebalik-balik.

    Bener kata Kris. Wanna get out tonight, so we never come back. YA BENER KAN GAK BAKALAN KAMBEK.

    Kalo kita tanya Kris kapan EXO comeback, jawabannya definitely MAYBE NEXT TIME.

    Poor me yang sama sekali gak bisa move on sekalipun udah di PHP dari tahun lalu.

    Pathetic emang, tapi entah kenapa gue menikmati kepathetican ini. Sedih gak sih Om haha. -miris-

    BalasHapus
  33. beneran gue ngakak kebo dari awal sampe akhir, mana terakhirnya nama nama china itu *nama china?*
    rabbani? bukannya itu merek kerudung? punya kris ya?

    BalasHapus
  34. BAHKAN KELINCI UDAH NGUMUMIN WORLD TOUR :"""
    EXO APA ITU EXO COMEBACK HAIRSTYLE DOANG (?)
    iyayah sedih udah mah rookie setahun kaga comeback fandom ofc belum ada official color blm ada aduh siapa itu yg bilang EXO dianakemasin sama SM :"

    BalasHapus
  35. Bosen banget ada berita "EXO Comback'"
    Sabar-abar aja kak,, Tetep lah setia ama si 12 Alien nie.. ntar juga nyariin fans sendiri...

    Sumpah naudzubillah, masyaallah.. ngitung gituan rajin bener...
    loe tuh dah rajin buat readers ngakak, sakit tenggorokan dan paas dalam(minum ademsari) lho iklan-___- skip aja!!!

    nih malah rajin ngitungin tanggalan... terusin kak buat readers radang tenggorokan, hahaha

    gak nyambung yah? emang...

    BalasHapus
  36. ya ampuunnn kak roooonnnn~~~
    emang bener ya, kalo udah ngomongin kapan EXO comeback itu gak bakalan ada abisnya, apa apa dikaitin. hehehe~ tapi, malah jadi postingan yang menghibur exotic yang sedang sabar menunggu comeback EXO

    tapi, emang pertanyaan yang satu itu, jadi pertanyaan sejuta umat *lebay* ---> "kapan EXO comeback???"

    yaah, kita cuma bisa nunggu yaa kak ron, ngga mungkin juga exotic harus demo ke sooman ahjussi *eh* hehehe~

    keep calm waiting for EXO's comeback!! hehehe~ :D

    BalasHapus
  37. Hahahahahahahahahaha........................
    Parah banget sih. Cuman karena 12 alien from exo itu kenapa jadi begitu. Jadi ahli nujum gitu. Wkwkwkwkwkwkwk..

    BalasHapus
  38. baca ramalan Lo, serasa baca ramalannya Eyang Subur Om!

    tapi tgl 28 Maret udah lewat.. maka rencana gw buat minta bantuan Lo nyariin tanggal nikah, kagak jadi! XDDD tapi gpp.. ntar kalo gw hamil, boleh laaaah sumbangin nama buat calon anak gw.. hahahaha

    BalasHapus
  39. Kak Ron, baca liriknya Two Moons deh

    --->
    Wanna get out tonight, SO WE NEVER COME BACK (Chinese Ver)

    No you're not gotta shoulda woulda this and coulda woulda that CAUSE WE'RE NEVER COMIN' BACK to this trap (Key's Part)


    hehehe.... xD #lupakan
    ayolah SM, cepat kambekin EXO v.v

    BalasHapus
  40. gua dah karatan nunggunya,,tapi saking setianya masih sabar nungguin alien2 ni keluar...ayo dong Om Sooman comeback'a jgn cuma ampe comeback stage yg history ja huhuhu,,,,
    Tapi galau'a lumayan terobati baca ni postingan plussss gara2 lihat CF'a EXO-K yang Sunny 10 ft.Juniel :D

    Tapi kak kalau kepincut sama BB lain mgkn gak,cuma suka sama lagu+penampilan aja...


    Ada waktu kak buat itungin tanggal gitu...hebat2 hehehe

    BalasHapus
  41. Asal jangan sampai exo baru bakal comeback saat almighty evil magnae nya SM ganti ava twitter aja deh._.

    BalasHapus
  42. Astagaaa kak roonn sumpah ni gua harusnya mandi malah ga jadi cekikikan sendiri di balkon baca postingan lo~ yap. Kapan exo comeback. Bener. Shinee aja udh mau comeback lagi tp exo blm, aduh.. Tapi gua fannssss banget sama kelinci apalagi si maknae uchul pipinya minta digigit itu raawwrr. Sama belatung juga cinta kook~ Ih tp hati ttp terpaut sama mas zulfikar, mas jubair, mas ramdhani, sama mas ZULIAN! Ih paling suka sama ini nama waa mas zuliaann oh thehun! Baca nama" arab diatas gua jadi mikir gimana exo bikin film buat debut d jazirah arab kaya ayat-ayat cinta, ketika cinta bertasbih, atau alien berkalung sorban.. Hahaha! Top deh kak rajin banget ngitungin tanggal~nemang harus sabar bgt ini nungguin belatung comeback..

    BalasHapus
  43. prokk prokk prokk!...ngakak guling-guling w baca ni blog

    sumpah daebak buat bang Ronz yang jadi ahli hitung setelah nunggu exo come back *ahli hitung or ahli nujum terserahlah up 2 you^,~

    masa ya nama chanyeol jadi jubair *Jubair chanyeol donk..Lol #ditendang pyromaniac, bang luhan sambungin aje jadi Luhan Ramadhani wkwkww:)
    NB :"gak sekalian bangunin eom Lee Sooman biar siuman suruh 12 alien tampan dari planet eXo ntu biar cepet come back *tabok eom Sooman kalo peru ye! Hehe kidding^^

    BalasHapus
  44. kyaaaa....TOP banget ni bang ron kreatip dah~
    Jadi penggemar exo bikin lu nambah pinter Matematik ye terang aje sekarang jadi ahli hitungan *ahli nujum up 2 u la:) ibarat kate EYANG SUBURR,lewatt dah! ckckck^^

    ~tapi sumpah w beneran ngakak liat nama arabnya Luhan oppa jadi Ramadhani kalo disambungin "Xi Lu Han Ramadhani" wkwkwk~
    #gak sekalian gitu siumanin eom Sooman kalo perlu tabok ya (kidding^,^!)
    biar ngeluarin perintah kapan exo come back.... bosen kali cuma diliatin picturenya mereka doang yang nongol di home page official mereka *huft mendadak kessel >,<!

    BalasHapus
  45. baru buka lagi blog kak suho ini, pas baca hadohh ngakak bangettt (y) dari dulu udah ngepenss sama kaka bisa ajaaa gitu lawaknyaa hahahaa pokonya ka suho awesome ...

    BalasHapus
  46. ngakak bacanya :D
    tapi bener tau, gue juga jadi ikutan gila gara2 12 alien ganteng ini. gue aja saking kangennya sama mereka jadi bertahan hidup dengan membaca banyak ff yg main cast nya exo. padahal sebelumnya nggak
    ini kan udah april akhir, mau mei malah,jadi apakah sudah ada perhitungan atau peramalan baru kak? ditunggu yaa hasil hisab nya ohohho

    BalasHapus
  47. Wkwkwkwkwk kak ron lo galau sampai segitunya, alih profesi ye?

    I know ur feeling, inget pas shinee g comeback comeback, huwaaa~
    sempet lumutan juga,

    BalasHapus
  48. NGAKAK, smoga aja kelinci ga doyan blatung :3
    wkaka, penerus eyang subur :P

    BalasHapus
  49. Mungkin exo comeback setelah ulang tahun semua member terayakan tahun ini.. Dan yg terakhir itu bulan november, jd tarik kesimpulan, MUNGKIN comebacknya akhir tahun, hahahaha (NGACO PARAH)

    BalasHapus
  50. Biasanya sih rookie grup comebacknya sih sering2, tpi kalo si belatung beda sendiri, bisa jadi mei, juni juli, atau parahnya agustus,
    tpi bisa aja kan di acount resmi SM di youtubr, langsung keluar MV nya tanpa di kabarkan sebelumnya sama sekali
    #ngarang bebas

    BalasHapus
  51. gw gak bakal ngaruh sama group mana pun :D
    sumpah nge fans abis sama tulisa kak Ronn xDD ROLL LIKE A BUFFALO <3
    bener de ya :D
    ampe diitung-itungin , rajin amat :D
    pokoknya FIGHTING aja nunggu in EXO Comeback ^^

    BalasHapus
  52. Jadi gue dijadiin lagu gitu??? -,-

    Gua protes!!! Knp Panda gue dinamain Kipli(?)????

    BalasHapus
  53. MAMPUSSS.... KUALAT LO EXOSTAN. SUKA JELEK2IN SUJU SIH, GKGKGKGKGKGK MAMPUS MAMPUS MAMPUS... SELAMAT BUAT ADMINNYA YG ASAL2AN ITU HAHAHA

    BalasHapus
  54. ..Mungkin EXO comebacknya nunggu gerhana matahari 10 mei ini kak#soktahuabaikan

    BalasHapus
  55. Kak linknya masa http://www.kaoskakibau.com/2013/03/EXO-Takkan-Kembali.html
    EXO TAKKAN KEMBALI ?! #dankemudiannyulikbaekhyun

    iya kak, gue setuju sama lo. kita engga bisa ngebandingin kelinci sama belatung =,=
    liat noh si kelinci Udah konser dimana-mana. bikin acara fan signs dimana-mana. nah si belatung ??? tau deh -___-

    Bosen gue kak, mereka cuma pamer hairstyle rambut yang gonta-ganti mulu. Mana teaser comeback nya ??? sialan emang.

    RAMDHANI ??? ADUH TIBA-TIBA GUE NGAYAL KALAU EXO BAKAL COMEBACK DENGAN KONSEP-KONSEP ALA ARABIA

    BalasHapus
  56. skrg mereka bakal kambek :P

    sebel banget kalo udah mojokin Kai. Tapi walopun mojokin tetep aja selalu dijadiin nomor satu.

    BalasHapus
  57. EXO comeback Ron!!
    Lht Bacon keren bngt stylenya mirip yg di I'll be back-nya 2PM

    BalasHapus
  58. prediksi lo SALAH SEMUA KAK RON!wkwk ngakak abis gue.
    ada true story gue. pas HAMPIR jadi fansnya si grup kelinci..aokaok.
    btw itu ngakak sumpah sama nama2 arabnya Member EXO... wkwkwkwkw. dan sekarang gue lagi ngebayangin member exo marawisan '.')/ nepok2 rebanna gitu..aoqaoqs

    BalasHapus
  59. haduh ka' RON nama" nya itu lo !!!
    msak dari LUHAN jdi MARDHANI emang mau main sinetron RCTI. klo CHEN sih mending RAFA
    na TAO,,,,, KIPLI nama apaan tuh ??????

    BalasHapus