VIXX: Voodoo Doll Music Video Review Saya!

*
Suatu hari di bulan Mei atau Juni 2012, kuliah udah bener-bener longgar dan gue memang menghabiskan sebagian besar waktu gue di perpustakaan pusat UI Depok. Di sebuah meja, Gilang tiba-tiba nyamperin gue dan nyodorin laptopnya.

"Ron lo liat ini deh, grup baru, keren banget! Namanya VIXX,"

Gue bengong sebentar. Pas itu memang gue lagi heboh-hebohnya sama EXO dan nggak pernah ngelirik grup rookie manapun (kecuali mungkin NU'EST sama C-Clown). Antara penasaran sama nggak pengen liat. Soalnya pas itu gue baru aja berhasil lepas dari Super Junior setelah Super Show, jadi gue nggak pengen ada grup lain yang merusak ketenangan hidup gue dengan menambah beban spazzing.

"Emang bagus?" gue ragu. Penasaran juga.

"Iya bagus banget lo liat deh,"

Gilang dengan semena-mena buka YouTube dari laptop gue dan ngetik 'SUPER HERO VIXX' di YouTube. Pas gue nonton....

Bengong....

"Ini grup Jepang?"

"Bukan ini Korea,"

"Baru debut?"

"Iya baru banget ini keluarnya,"

"Kenapa alay banget?"

Ya itu adalah hal pertama yang muncul di kepala gue waktu ngeliat MV SUPER HERO. Warna-warna yang digunakan di MV itu bener-bener mencolok. Cerah terang banget kalo dibandingin sama MV I Got A Boy, mungkin kalah I Got A Boy. 

"Seriusan ini KPop? Kok konsepnya jadi kayak Super Junior jaman Twins gini sih?" 

Mata gue tertuju pada salah satu member yang gondrong.

"Ini mah alay!"

Itulah kesan pertama gue ketika VIXX debut.

Baru setelah orang-orang heboh sama 'Hyde', gue kembali ngulik-ngulik informasi soal grup ini. Darimana mereka berasal, siapa saja membernya, dan seperti apa konsepnya. Awalnya gue nonton teasernya 'Hyde' dan kagum. Pas MV-nya keluar, "Eh serius ini grup alay yang waktu itu?"

Gue nggak tahu persisnya kenapa tapi waktu nonton 'Hyde' dan lirik 'Michigotgata' itu bikin gue terngiang-ngiang terus. Terlebih lagi reffnya sangat catchy dengan 'Nappeun saram aninde~'-nya. Gue bener-bener nggak habis pikir, kenapa grup ini baru kepikiran konsep seperti ini sekarang, kenapa nggak pas debut aja?

"Ini kan grup yang alay waktu itu ya..." gue kembali bergumam.

Jadi inget kalimatnya Alif S4 waktu gue ketemu di ANTV beberapa waktu lalu. Pas itu gue lagi komentarin soal perubahan warna rambutnya.

"Alif sekarang rambutnya bagus deh, nggak kayak jamur beracun ungu-ungu gitu. Apalagi merah, kayak jamur kebanyakan cabe,"

"Iya dulu kan pas debut harus ngejreng supaya wah orang liatnya jadi gampang inget. S4 itu yang mana sih? Ituloh yang membernya rambutnya merah kayak jamur kebanyakan cabe, gitu Ron,"

Mungkin ini juga berlaku sama VIXX.

"Yang mana sih VIXX?"

"Ituloh grup yang debutnya alay banget pake robot-robot transformer terus MV-nya ngejreng kayak istana boneka,"

"Oh..."

Gue udah dengerin VIXX dan merasa lagunya sangat bagus. Itu juga salah satu alasan (mungkin) kenapa akhirnya gue lebih memilih nungguin VIXX daripada Donghae-Kangin ketika sebuah Mall raksasa dibuka di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Itulah salah satu alasan kenapa gue males nyebut diri gue ELF walaupun gue ngefans sama Super Junior. Karena ketika harus berhadapan dengan keramaian dan kericuhan ELF lain yang heboh banget hari itu, gue udah males dan lemes duluan. Jadi mending gausah liat Donghae-Kangin deh mending  liat VIXX yang udah pasti bisa liat. Begitu pikir gue.

Ya akhirnya gue dan beberapa teman yang ketemu di sana juga kompakan kita nungguin VIXX aja. Gak sia-sia, kita dapet tempat duduk paling depan dan itu bener-bener pengalaman pertama banget nonton VIXX, depan mata banget, gratisan pula. Gimana nggak bersyukur sama Allah SWT.

Well, gue memang bukan ST☆RLIGHTS. Kalau ada fandom grup KPop yang berani gue klaim dengan bangga satu-satunya adalah EXO. Sayangnya grup ini masih belum punya nama fandom. Tapi gak masalah. Gue ulang, gue mungkin bukan ST☆RLIGHTS tapi gue sangat bisa menikmati VIXX sebagai fans KPop secara umum.

Bekerja di bidang ini punya satu sisi positif sih sebenarnya, kita jadi nggak terkungkung dalam sebuah fandom dan hanya merasa grup itu aja yang keren. Melirik ke grup sebelah ternyata bisa sangat menyegarkan. Begitu juga dengan VIXX. Mereka adalah salah satu bentuk refreshing gue ketika EXO terasa sangat menjemukan.

Nah, baru-baru ini VIXX merilis album studio pertama mereka yang dikasi judul 'Voodoo Doll'. Sekali lagi, mereka kembali dengan konsep horor dan kali ini lebih horor dari sekedar 'Hyde'. 

Sejak teaser pertama, gue yakin MV-nya bakalan bagus. Secara ngeliat special effect make up-nya aja udah bisa ketebak lah ini beneran niat gitu. Terlebih waktu Jellyfish Entertainment masang sebuah boneka santet raksasa di depan kantornya. Udah berasa mengklaim diri mereka sebagai ketua pesugihan regional Korea Selatan.

Menurut gue ini lebih menarik dari sekedar bus bergambar EXO. Haha walaupun sih bonekanya nggak bisa ditunggang dan dibawa keliling Seoul. Serem juga kali ada orang nunggang boneka santet keliling kota.

Dan ketika MV-nya dirilis?

EGILAK~! Gue jadi terobsesi punya satu boneka voodoo yang sama kayak yang di MV terus kalo bete sama orang tinggal di tusuk-tusuk. HAHAHAHAH oh God. I'm as freak as Ahreum's Instagram video.
*


Serius ya ini MV paling freak yang pernah gue tonton (seinget gue). Masih tetep ngilu walaupun udah nonton berkali-kali juga. Haha iya sekeren itu.

Pertama, gue suka sama efek visualnya. Walaupun nggak terlalu banyak, tapi adegan sayat-sayat di awal itu menurut gue bener-bener menentukan banget nasib MV ini secara keseluruhan. Jujur, adegan itu yang membuat gue tertarik untuk kemudian nonton MV-nya sampai abis.

Gue memang suka film slasher thriller sih jadi kalo ada adegn potong-potong tangan, kepala copot, ketusuk tiang listrik, gue suka banget nontonnya. Asal jangan suruh gue nonton perempuan berjubah putih yang punggungnya bolong aja. Walaupun itu juga horor, tapi gue gak berani kalo nonton yang itu.

Cuma anehnya, adegan sayat-sayatan di awal ini sebenarnya lagi nyayat apa sih? Boneka? Atau daging sapi Australia? Soalnya pas itu sayat, keluar darah, kayak aneh aja gitu. Bentuk dagingnya kayak steak. Tapi kok steak keluar darah....
*
*
Kalau itu boneka malah tambah aneh, kok boneka keluar darah....

Terus yang lebih aneh lagi sih, abis di sayat, malah di staples. Udah disobek, diisolasi. Ya tapi namanya cewek freak yah, mau apa juga dia yang atur. Suka-suka dia dan temen-temennya yang tukang santet itulah pokoknya.
*
*
Tapi sih menurut gue itu bukan anggota tubuh salah satu member VIXX sih yang jelas. Maksudnya, bukan merepresentasikan anggota tubuh salah satu member VIXX. 

Soalnya, masak badan mereka kulitnya kayak daging sapi. Malu dong katanya idola KPop masak kulit mulus badan mereka yang dibangga-banggakan selama ini sekalinya muncul disayat depan kamera malah jadi kayak daging sapi.

Terus, pemilihan penggunaan staples untuk menyatukan daging yang tersayat itu. Ide siapa sih sebenernya. Kalo dilihat dari boneka voodoo-nya, nggak ada tuh bagian yang di staples kayaknya. Ada juga di jait pake benang item kalo nggak merah (ada sih yang ini visualisasinya di belakang).

Efek make up-nya, semakin diperhatikan semakin bikin ngilu. Semakin dibayangin semakin serem, tapi seru. Beberapa efek yang gue suka tuh kayak misalnya, luka-luka di tangan Ken, eh gue minta maaf dulu ya kalo gambar-gambarnya agak disturbing dan mengilukan (?)
*
*
Ini gue gak ngerti sih maksudnya apa.. Borok? Daging tumbuh? Atau lintah berkembang biak di kulit saking lamanya terkungkung dalam kurungan dan nggak pernah mandi sampai dikerubungi lintah?
*
*
Ini juga ngilu sih... Tapi karena sering liat orang piercing, jadi kayak, "Oh yaudah, anggep aja rapper hip hop yang putingnya di-piercing,"
*
*
Gue memang nggak pernah berada dalam kondisi seperti ini, tapi kalo diliat-liat, semakin banyak bergerak bukankah akan semakin sakit ya? Tapi Hyuk (atau Leo sih ini) terlihat bergerak-gerak dengan aktif. Dan sambil menulis ini punggung gue tiba-tiba gerak-gerak sendiri berasa ditusuk-tusuk.
*
*
Pecahan kaca di tangan Hongbin ini.... apakah dia pernah terpental ke serpihan pecahan kaca? Atau si cewek dengan tekun menusukkan satu per satu pecahan kaca ke kulitnya? Soalnya rapih banget gitu loh kayak teratur banget posisinya. Haha
*
*
Tapi ya bisa jadi emang dia dengan tekun menusukkan satu per satu sih mengingat dia hobi nyetaples daging. Baru kali ini ada cewek hobi nyetaples daging.
*
Gue suka deh pemilihan model ceweknya. Kesan freak-nya dapet, cantiknya juga dapet. Apalagi waktu adegan ini:
*
*
Lagi nusukin jarum ke boneka santet, senyumnya kayak lagi masak-masak cantik bersama Chef Farah Quinn banget kan. "Iya, jangan lupa tiga kali tusukan ke bola mata kiri. Kemudian diputar-putar jarumnya, biarkan korban anda merasakan matanya seperti dilindes kereta kencana. Setelah itu, tusuk mata kirinya dan putar lima belas kali berlawanan arah jarum jam,"

Gue jadi kepikiran buat nge-ship ini cewek sama Ibu Dara. Pasti mereka akan lebih membahana ketimbang seonggok daging bernama BaekYeol atau pelepah pisang kenamaan TaeNy.

Tapi kekerenan itu berakhir seketika dan berubah jadi awkward dan sedikit pervert ketika kamera secara tidak sengaja menangkap gambar ini:
*
*
Dari angle ini keliatannya kayak.... iya... ini cewek lagi dendam banget kayaknya sama cowok-cowok itu ya. Sampe benda itupun harus ditusuknya. Waktu pertama ngeliat scene ini gue ketawa kayak orang gila. Di awal udah serem tiba-tiba ada gambar ini kan jadi kayak "WANJERRRRR NYERIIIIIII!" walaupun sebenarnya bukan itu yang jadi sasaran tusuk si cewek, tapi ini:
*
*
Perpindahan kameranya terlalu cepat jadi ketika mata kita berkedip yang tertangkap justru adegan nusuk 'anu' padahal bukan niatnya mau nusuk 'anu'. Tapi lucu itu adegannya. Kalo dikembalikan ke adegan masak-masak cantik bersama chef Farah Quinn, "Setelah matanya dicolok-colok, untuk memberikan efek luar biasa jangan lua colok juga anunya," 

Maksudnya paha.

Adegan lain yang agak-agak aneh sih menurut gue yang pas para member berhasil kabur itu. Pertama, siapa yang membebaskan mereka? Sendiri? Semudah itukah membebaskan diri sementara itu jelas-jelas kayaknya diikat dari segala sisi. Hyuk apalagi, ngelepas satu per satu kawat yang menusuk kulitnya apa semudah itu dan setidak sakit itu?

Lalu.... Kapan dia ganti baju? 
*
*
Itu Hyuk kan? Bukannya tadi bajunya yang ini:
*

*
Kalo mau diperhatiin juga muka orang-orang abis keluar dari tempat kotor kok ya bening-bening banget. Gak kotor sama sekali. Ada sedikit bagian muka N yang terlihat kumal di awal-awal tapi pas dia berhasil kabur malah jadi bersih.

Pria ini juga, tadi waktu di sandera bajunya bolong di bagian dada kiri terus ada kaca-kaca nusuk disitu. Tapi pas keluar bajunya beda, sobekannya malah pindah ke kanan dan bedalah pokoknya....
*

*
Kayaknya semuanya bajunya beda gitu sih. Ya sempat gitu ganti baju dulu. Dimana. Apa mereka punya persediaan baju. Darimana. Apa mereka disekap di Mall apa gimana. Ya jangan dipikirin sih sebenernya cuma ya aneh aja.

Kemana kain-kain berantakan di sekitar leher N. Kemana KEMANA.

Keluar dari situ kayak bersih banget. Kayak abis operasi plastik.

***

Tarik napas....

Hembuskan....

Gue memang nggak tahu siapa yang punya suara paling bagus di VIXX tapi gue tahu Ken sama N kayaknya yang paling banyak punya porsi nyanyi. Beberapa komentar di YouTube kemaren juga gue baca banyak yang menyesal kenapa Hyuk hanya dapat satu line nyanyi doang HAHAHA

Dari segi lagu, menurut gue 'Voodoo Doll' kurang nendang di awal. Maksudnya, waktu pertama kali denger, lagu ini nggak langsung nempel di kepala. Buat gue, lebih cepet nempel 'Hyde' karena mungkin lirik pas reff-nya itu emang cukup mudah diingat karena sering gue denger kata-katanya.

Di album 'VOODOO', gue suka hampir semua lagu kecuali lagu-lagu title track di album sebelumnya seperti 'Super Hero', 'Rock Ur Body' yang gitu-gitu. Tapi yang liriknya 'I need serabi lalalalalal serabi' itu gue suka. 'Hyde' juga sudah jelas.

'Beautiful Killer' yang paling seru sih menurut gue. Unik soalnya. Terus 'Say U Say Me' juga bagus. Eh serius lah hahaha track 2 sampai track 11 gue suka semua sih. Terus yang 'Only U' ya, gue kayaknya pernah denger sih lagu itu sebelum ini dan gue sekarang baru suka. Mirip-mirip lagu jaman 2000-an. Seru ternyata lagu-lagunya VIXX ya.

Nah selain lagu, gue sih salut sama koreografi yang mereka bawakan. Waktu pertama liat gue udah langsung bilang ini keren. Nggak cuma enerjik tapi juga mimik muka mereka pas banget gitu. Seakan-akan mereka memang sedang merasakan kesakitan. Seakan-akan mereka memang sedang disantet.

Waktu liat live performance mereka di Inkigayo, gue semakin yang "WAH GILAK INI KEREN!" karena VIXX tampil tuh kayak lagi perform teater musikal gitu. Ekspresinya bener-bener dapet banget. Nggak sekedar-sekedar bergerak gitu loh. Ada akting di atas panggung juga. Menurut gue itu keren.

Agak kecewa sih kenapa harus di banned padahal menurut gue yang lebih patut di banned itu tuh Trouble Maker. Jelas-jelas ngeual sex, lah ini cuma perkara nusuk tongkat ke jantung doang masa di banned. (EH HAHAHA BEGO GAK SIH GUE... nusuk tongkat kan mati yak, kalo sex kan enak, mungkin gitu kali pikiran orang sana).

Gerakan yang paling gue suka itu waktu lirik yang 'Ceka ceka' itu. Terus yang setiap kali adegan tusuk-tusuk tongkat itu juga keren. Apalagi di MV-nya ada efek darah-darah muncrat. Seru aja gitu ngeliatnya. 

Cuma kok gue agak-agak jleb pas baca liriknya sih sebenarnya. Awalnya gue pikir liriknya tuh berisi dendam dan kayak, "GUE BENCI SAMA LO! GUE MAU SANTET LO!" eh ternyata liriknya malah "Akan kukorbankan apapun untukmu,"

Kan jadi nggak nyambung sama MV-nya. Hahaha dibalik lagu yang menghentak-hentak menyeramkan ini ternyata meaningful juga. Setipe sama 'Growl' lah ya, masih berhubungan sama keinginan untuk memiliki seorang wanita gitu.

Satu lirik yang paling gue suka, "Because I’ll become a doll who will fight for you." 

Intinya, lagu ini terlalu masokis. Rihanna kalah.

***

Tarik napas lagi....

Hembuskan dua kali.... HAH HAH.

Konsep misterius, dark, horor kayak gini memang kayaknya cocok sama VIXX. Ketimbang konsep 'Super Hero' yang super ngejreng itu ini lebih menarik untuk disimak. 

Seneng aja sih akhirnya VIXX menemukan titik dimana mereka jadi keren banget gitu. Mereka berhasil berubah dari konsep robot-robot power ranger/transformer ke konsep kesetanan kayak gini. Thanks to 'Hyde'. Sekarang sampai kedepannya, VIXX kesetanan aja terus. HAHAHAHA (tapi G.R.8.U itu bagus konsepnya fresh juga tapi jangan keseringan).

Dan demikianlah.... ternyata emang bener. Apa yang kita nggak suka lama-lama bakalan kena karma juga kita dan jadi suka. Dulu VIXX memang gue katain alay, tapi sekarang gue malah suka sama konsepnya. Demikian halnya dengan Kai... yang dulu dihina dina sekarang malah jadi keren...

Tunggu aja haters EXO nanti jatuh cinta juga sama EXO. Hati-hati juga guys kalian yang nggak suka SM*SH ntar malah kepincut Rafael.


Share:

17 komentar