TVXQ: 'Something' Music Video Review Saya!

Januari udah abis dan gue masih belum ada perkembangan sama sekali dengan review MV. Februari juga udah masuk pertengahan bulan. Hmmm... sedikit menyesali diri kenapa belakangan ini suka buntu ya? Apa karena masalah hati yang begajulan terus?

#EA #MOSAMPEKAPAN

Tapi gue nggak mau melewatkan Februari dengan banyak utang. Walaupun pada kenyataannya, iya, sekarang gue sedang ngutang sama Deasy dengan jumlah yang lumayan. Tapi, gue nggak mau menambah utang-utang itu dengan utang-utang yang lain.

Mungkin buat sebagian orang, 'Something'-nya TVXQ ini sudah basi. Tapi buat gue, lebih baik basi daripada busuk. Jadi tingkatannya: Fresh, Melempem, Basi, Busuk. Iya paling nggak belum busuk. Dan ya, hari ini niatnya mau review TVXQ nich (dibaca dengan menekankan huruf c dan h).
*
*
Album ketujuh! Wow.... setelah sepuluh tahun berkarier, akhirnya TVXQ menelurkan album ketujuhnya. Cukup dinantikan sepertinya mengingat mereka merilis 'Catch Me' di tahun 2012 dan lumayan lama juga ke 2014 kan ya.

Kalau ada satu grup SM yang paling takut gue tulis dan bahas di blog ini, mereka adalah TVXQ. Alasannya sih macam-macam. Tapi mungkin lebih karena gue bukan fans mereka banget jadi ada rasa-rasa malas di hati.

"Ah, cuma TVXQ ini... kalo nggak ditulis juga nggak apa-apa,"

Tapi pikiran-pikiran ini seakan menghantui gue. Bagaimana mungkin gue bisa melewatkan sebuah grup yang gonjang-ganjingnya heboh dan berusaha keras buat bangkit dari keterpurukan? O.... nggak bisa. Grup ini layak mendapat apresiasi lebih daripada grup juniornya yang semakin kesini fans-nya semakin......ah tempe.

Iya gue juga tempe kok.

Title track untuk album kali ini diciptakan lagi sama Yoo Young Jin. Kayaknya ini lagu kedua dia dalam dua tahun terakhir yang jadi title track. Setelah 'MAMA' dan 'Catch Me', lagu-lagu andalan di album artis-nya SM kebanyakan beli dari komposer luar. Iri sama TVXQ yang dapat keistimewaan menyanyikan lagu YYJ lagi.

Mungkin karena bias kali ya. Cuma nggak bisa juga sih memaksakan Yoo Young Jin buat terus memproduksi lagu yang kemudian dinyanyikan sama artis SM. Menurut gue, sebaiknya memang dia menyimpan karya terbaiknya buat dilepas sekali dalam setahun. Nggak usah sering-sering. Karena kalo sering-sering, nanti lagunya jadi terdengar sama. Coba dengerin lagu-lagunya Melly Goeslaw deh. Hampir mirip semua. Tapi masalahnya gue suka semua (lagunya Melly).

Yoo Young Jin kali ini bener-bener keluar dari lagu-lagu SMP tapi tetap mengandalkan instrumen yang kuat. Gue seneng dia udah nggak terlalu obsessed banget sama dubstep tapi justru lebih eksplor lagi ke genre-genre lainnya.
*
*
Salah satu hal yang bikin gue suka sama lagu 'Something' ini adalah instrumen brass-nya yang kuat. Style big band-nya berasa banget. Mungkin karena sebelumnya gue juga suka sama 'U&I'-nya Ailee dan 'Twinkle'-nya TaeTiSeo kali ya, jadi setiap dengerin lagu ini, suara saksofonnya bikin kangen.

Yunho dan Changmin menyanyikan lagu ini dengan sangat oke dan khas banget. Gue suka setiap kali mereka menyanyikan lirik dengan penekanan-penekanan berlebihan tapi tidak membuatnya terdengar berlebihan. Misalnya:

Oneuldo nan burn like a fire (bagian fire-nya harus yang FAAAAIOOOOOOORRRRRR)

Yeojareul ullil namjaramyeon (bagian namjaramyeon-nya harus yang NAMjaramYEOOOOOON)

Geobuhal su eomneungeol aljiman (bagian aljiman-nya harus yang AL-JI-MAN~ dengan penekanan di setiap suku kata)

Naega moreuncheok neomeoga jultende (JUL-TEN-DE~ masih dengan penekanan di setiap suku kata)

Neon naegen aju jogeum mojara (mo-ja-RRRRRAAAAAAAAAAAAA)

Jomdeo bunbalhaeya doelkkeol (pas bagian doel-nya masih oke tapi pas kkeol-nya harus yang doelKKKKKKKKKKKEEOOOOOLLLLLLLL kayak keselek biji salak)

Ya, nggak bisa bohong kalo bagian-bagian itu justru bikin lagu ini jadi enak. Justru bikin lagu ini jadi racun. Justru bikin lagu ini jadi seru. Justru bikin lagu ini jadi terdengar TVXQ. Bagian-bagian itu yang bikin lagu ini jadi catchy.

Belum lagi ditambah dengan nuansa broadway yang bikin gue semakin jatuh cinta sama musiknya. Tapi, yah, hahaha, meskipun sudah lepas dari dubstep, tetep ya, bagian dance break nggak bisa dilupakan. Cuma kali ini nggek musik nguing-ngggguuuiingg-nyeng-nyeng-teet-teeeeet-trotototototot-teeeteeeet kayak tipikal 'Maxstep' yang kedengeran. Kali ini lebih kece, lebih oke, lebih broadway, dan lebih enak di kuping gue.
*
*
Masalah selera sih. Gue emang nggak terlalu suka sama tipikal lagu dubstep karena SM kan suka gitu. Sekalinya dubstep, semua dubstep, apa-apa dubstep, makanya pas SHINee rilis 'Everybody', lagu itu langsung gue coret dari list lagu favorit (padahal secara umum lagu-lagu SHINee itu bagus-bagus kalo misalnya nggak dubstep). Walaupun kata orang lagu itu bagus karena everybody can sing it... like everybody... ya everybody.... every every body.... tapi gue tetep aja nggak suka.

Maaf, sekali lagi ini selera. Bukan nge-bash. Fiuh.

Nah, bicara tentang SHINee, secara keseluruhan lagu di album 'TENSE' ini sangat mengingatkan gue pada album 'Dream Girl'-nya SHINee. Yak. Album 'Misconceptions of You' itu emang album-nya SHINee yang paling paling paling paling oke setelah 'Lucifer'.

Kenapa gue bilang gitu?

Alasannya jelas karena nggak ada satu lagupun di album itu yang ketika gue denger, bikin gue pengen klik next atau nyekip (aduh bahasa apa nyekip) lagunya. Semuanya terdengar harmoni dari track satu sampai track terakhir. Semuanya enak didenger dan nggak bikin bosen. Yang lebih seru lagi, tidak terasa sudah track terakhir aja gitu. Saking mulusnya perjalanan tempo musik dari awal track sampai akhir.

Begitu juga dengan album 'TENSE' ini. Waktu pertama kali denger satu albumnya, berasa adem banget gitu dari awal sampe akhir nggak ada yang ngebosenin.
*
*
Sebagai lagu pembuka, 'Ten' contohnya, lagu ini di kuping gue terdengar mirip-mirip sama hmmm sebut aja 'Before U Go' ataupun 'What Is Love', tapi pas diletakkan di track satu. Semacem lagu yang buat opening konser. Semacem 'Sorry Sorry - Answer'.

Yang bikin gemes sih karena lirik di akhir lagunya "We ready for something....." yang OKE PLEASE INI UDAH YANG PALING GEMES BANGET TRACK KEDUANYA PAS LAGU 'SOMETHING' KAN LUCU.

Selain yah, disepanjang lagu kita disuruh berhitung mundur sampe muak.

Semua lagu di album ini instrumen dan musiknya kuat banget. Kalau dibilang campur-campur kayak album 'Catch Me', iya, campur-campur, tapi, di beberapa track malah kedengeran sangat seragam. Misalnya dari track 'Something' sampai 'Double Trouble' itu suara-suara saksofon masih kental.

Suasana musikal dan broadway-nya juga berasa sih. Mungkin karena banyak instrumen live yang digunakan ya. Mendengarkan album ini jadi kayak dengerin album-albumnya IU. Tidak membosankan dan easy listening. Gue rasa, buat orang yang nggak suka KPop, mungkin akan sangat nyaman mendengarkan lagu-lagu di album ini. Karena buat ukuran orang yang nggak begitu ngikutin TVXQ kayak gue juga enak kok dengerinnya.
*
*
Nggak cuma lagu-lagu upbeat-nya aja yang asik soalnya. Lagu-lagu yang bertempo medium juga seru. Salah satu favorite gue adalah 'Love Again' buat yang medium beat. Tapi kalo yang upbeat, gue suka banget sama 'Off-Road'. Oh iya, ini lagu ada versi Inggris-nya dan jadi OST film 'Make Your Move'-nya BoA, judulnya 'Runnin' on Empty'.

Lagu lainnya yang juga gue anggap menarik dan beda adalah 'Steppin'. Mungkin karena ketika mendengarkan ini gue ngerasa kayak ada nuansa EXO-nya. Entahlah... hanya saja lagu ini unik.

Nah, track terakhirnya ini juga menurut gue pas banget ditempatkan sebagai track terakhir (?). Lagu ini iramanya menyenangkan dan ala-ala lagu-lagu penutup konser yang bahagia-bahagia gitu. Semacem lagu lama daur ulang kayak 'White Christmas'-nya SJ, tapi nyatanya ini lagu bukan remake dan lagu ini diciptakan sama bule.

Kalo dirangkum, album ini isinya jazz, swing, RnB ada, rock juga ada, big band jelas, pop, hip hop juga ada. Sekali lagi emang campur-campur, tapi penempatan track per track-nya rapih jadi kita ngedengerinnya enak.
*
*
Sok banget ya kesannya. Tapi gue jadi bener-bener ngerasa kalo pemilihan lagu untuk album full itu emang penting. Mungkin karena itu orang suka mikir-mikir (selain tentunya masalah budget) buat bikin full album dan lebih memilih mini album. Kalo salah satu lagu aja, jadinya merusak mood-nya.

Semakin kesini lagu-lagu di album artisnya SM udah semakin rapih pemilihan lagunya. Mungkin emang ini kedengerannya agak sok, tapi coba deh lo dengerin 'I Got A Boy' dan bandingin sama 'The Boys'. Gue lebih suka 'I Got A Boy' karena pemilihan tracklist-nya menurut gue bagus. Demikian juga dengan 'Dream Girl' dan 'Lucifer' misalnya. Walaupun gue suka 'Lucifer', tapi tracklist 'Dream Girl' lebih juara.

Tapi sayang sekali. SAYANG SEKALI. Walaupun gue sangat mengapresiasi TVXQ keluar dari lagu-lagu SMP atau lagu-lagu tipikal mereka yang lama kayak 'Keep Your Head Down' misalnya, sekarang gue malah kangen. Gue kehilangan track-track seperti 'MAXIMUM' dan 'VIVA' yang dangdut. Di album ini semuanya terlalu mewah. Nggak ada yang dangdut merakyat kayak dua lagu itu.

Kalo kalian liat nama-nama yang ada di list komposer, pasti banyak yang udah familiar. Ada nama Albi Albertsson (seinget gue dia pernah bikin lagu buat VIXX deh kalo gak salah di album 'Hyde'), Ricky Hanley (yang sebelumnya bikin 'Miracle in December'), Hitchhiker (yang sudah jadi langganan SM banget lah, salah satunya lagu 'Hitchhiking'-nya SHINee. Ada juga nama Andrew Choi ('Baby Don't Cry'), Martin Hedegaard ('Love Like Oxygen') dan nama-nama lainnya yang sering menghiasi home Facebook gue. Hahahahaha (ceritanya pamer) (kayak ada gitu yang peduli).

Lantas bagaimana dengan video musiknya? AHA!

Video ini dimulai dengan Yunho dan Changmin muncul di set secara magis. Tidak jelas apakah memang di ujung lorong itu, sebelah kiri dan kanan, memang ada pintu atau ada jalan tembus atau semacamnya (atau memang mereka selama ini nempel di dinding). Tapi, selain Kai, ternyata ada lagi artis SM yang punya kemampuan teleportasi.
*
*
Ya. Adegan ini mungkin terlihat sangat familiar. Tipikal SM adalah selalu mengulang konsep yang sama untuk setiap artisnya. Secara terang-terangan atau tidak, semuanya kalau diperhatiin pasti aja ada yang sama.

Salah satu yang sering terulang adalah ya itu, shot lorong-lorong sempit ala koridor kastil kerajaan. Sebelumnya kita juga bisa menemukan hal serupa di video EXO 'MAMA' dengan nuansa yang mirip. Yang lainnya? Hmmm... f(x)'s 'Danger' maybe? Banyak adegan yang di syut di gang sempit juga.
*
*
Mereka sudah melangkah menginjak lantai sejak awal adegan tetapi jejak kaki mereka yang merah-merah malah baru muncul belakangan. Kenapa bisa begini? Apakah ini efek dari jetlag setelah teleportasi?
*
*
Sebut saja gue agak gila dan berlebihan. Tapi berkali-kali nonton video ini membuat gue menemukan beberapa hal kecil yang mungkin nggak ditemukan orang lain. (halah) (nggak juga sebenernya) (baru juga nonton 65 kali udah sok).

Masih di adegan awal, ketika Yunho dan Changmin pertama muncul di gang sempit, gaun si cewek yang ada dilukisan lututnya keliatan. Tapi waktu kamera pindah dari bawah, gaunnya nutupin lutut dengan sempurna.

Iya. Sebenarnya bisa jadi itu kayak masalah sudut pengambilan gambar aja. Tapi kayaknya nggak ya... (keukeuh). Nggak bermaksud buat berlebihan lagi sih tapi cewek yang jongkok di tengah, di gambar yang atas megang itu seruling bambu or-whatever-is-that-nya agak di bagian tengah batangnya. Di bawah, megangnya agak di ujung. Abaikan aja.
*
*
Pertanyaan selanjutnya: ada hubungan apa antara SM Entertainment dengan tangga? Iya. Kalo diperhatiin, banyak music video yang dibuat SM itu pasti ada tangga-nya. Berhubung kita lagi bahas TVXQ, oke, di MV ini ada shot tangga. Itu yang pertama:
*
*
Sebenarnya gue pengen nanya kenapa huruf X yang dipasang ditengah ruangan itu bukan huruf T(VXQ). Tapi kemudian, segera setelah gue bertanya seperti itu gue langsung menemukan jawabannya HAHAHAAHAHHA aduh maaf jiwa gue sudah terguncang. X berarti 10 dalam angka Romawi. Bener gak gue.
*
Kemudian kita menuju ke video musik TaeTiSeo. Ada apa? Oh ada ini:
*
*
Oh tentu saja kita tidak bisa melupakan yang satu ini juga:
*
*
Entah apakah SM terobsesi sama tangga atau di gedung SM tangga-nya berlebihan atau gimana gue juga nggak tahu sih. Yah mungkin selama manusia tidak malas jalan, masih dipakai tangga sebagai background MV ya. Nanti kalo udah tahun 2900 mungkin di belakang manusia ada lift atau eskalator kecepatan cahaya.

Adegan berlanjut dengan mereka berjalan menuruni tangga kemudian secara ajaib, mikrofon muncul di atas kepala mereka. Wah! #krik Kemudian secara ajaib lagi terjadilah sebuah kesalahan efek. Di detik 00:33, mikrofon yang muncul di atas kepala Yunho sudah tampak dalam bentuk yang sempurna sebelum akhirnya angle kamera berubah dan tiba-tiba mikrofon itu hilang lagi di 00:34 dan kembali muncul tak beberapa milisekon setelah itu.

Sementara punya Changmin tidak terlihat keanehan yang berarti.
*
*
Kemudian mereka meraih mikrofon itu dan DUAR! Tiba-tiba saja dunia gonjang ganjing. Kamera menelusuri setiap detil isi tubuh dan jeroan si mikrofon dan VOILA! Tiba-tiba Yunho dan Changmin ganti baju. Bahkan tato yang ada di lehernya Changmin pun berubah. Sepertinya itu tato yang digosok hilang dari sosis sonice.

Dunia ini penuh sandiwara.

*
Adegan di atas, gue tahu itu keren banget, tapi gue yakin adegan itu juga pasti bikin pegel. Terlebih Yunho posisinya beneran bergantung sama si tali. Kalo aja itu sepatunya disentil dikit kalo misal iseng gitu kan, pasti dia udah jatoh. Sementara Changmin posisi kakinya cari aman. Gue nggak tahu kenapa gue tulis poin ini.

Oh ya, mikrofon yang jatuh dari langit itu tiba-tiba hilang dan berganti mikrofon yang kabelnya justru ada di bumi (padahal tadi kabelnya di atas). Kemudian VOILA! Masuk ke siku Yunho dan di dalam siku Yunho semuanya pun kembali gonjang ganjing.
*
*
Mereka memainkan tali temali itu seolah-olah itu alat musik. Dan ya, di video musik ini, tali temali itu adalah gimmick-nya. Yang bikin dance-nya jadi keren salah satunya karena itu. Hanya saja kekerenan itu tidak bertahan lama. Penyebabnya sih sepele.....
*

*
Kemudian secara wow lagi tiba-tiba Yunho dan Changmin menghilang dari lantai dansa berikut semua dancer-nya. Yunho pun berteleportasi ke atas tangga, berikut wanita-wanita bule yang gue perkirakan asal Eropa Timur yang menemani Yunho.

Kalau misalnya di MV 'I Got A Boy', sembilan member SNSD pacaran sama satu cowok, di sini mungkin kebalikannya. Satu cowok punya banyak wanita. Ya. Kenapa giliran cewek selalu digambarkan berpacaran dengan satu pria sementara pria seolah-olah harus punya banyak wanita di sekitarnya.

Kenapa juga gue mempermasalahkan ini.

Tapi ya.

Di antara banyak wanita itu, sayang sekali yang digrepe-grepe cuma satu atau dua. Lalu dimana keadilan untuk wanita yang lain? Bukankah keadilan adalah yang paling dijunjung tinggi dalam berpoligami? Kenapa yang lain tidak digrepe-grepe juga malah cuma berdiri di belakang atau duduk di sandaran kursi? KEMANA KEADILAN?
Yunho dan Changmin mesra-mesraan dengan orang yang sama di tempat yang berbeda.

Atau nggak?

Oh... (ceritanya mau mengalihkan pembicaraan) Selain mereka bisa teleportasi, ternyata Changmin juga punya kemampuan mengeluarkan api. Ya. Teleportasi dan mengeluarkan api. Familiar.
*
*
Nggak. Gue nggak ngomongin EXO dan seolah-olah pengen bilang kalo TVXQ nyontek konsep EXO. Nggak. Faktanya, adegan berapi-api ini sudah ditampilkan TVXQ jauh sebelum EXO debut. Sorry to say but.... siapa yang nyontek konsep siapa nih jadinya? #EA #NGGAK #KOK #SANTAI #AJA #NGGAK #USAH #LEBAY #RON
*
*
Oh ya, adegan berlanjut dengan menari-nari berbahagia-bahagia. Tapi ada satu momen dimana sebuah keanehan kembali terjadi. Sumpah gue nggak ngerti kenapa jadi begini cara nulisnya.

Di set yang sudah berubah tidak lagi tangga-tangga, Changmin bernyanyi sambil membawa mikrofon yang kadang nyala oranye. Kadang mati. Kadang nyala lagi. Dan, ngomong-ngomong soal pergantian set, apakah selain terobsesi dengan tangga, SM juga terobsesi dengan mobil?
*
*
Coba lihat ada berapa MV yang sudah menggunakan mobil sebagai propertinya... Sudah.... banyak sekali. Beberapa mungkin memang dibutuhkan untuk digunakan sebagai kendaraan. Tapi ada juga mobil yang hanya tampil sebagai pajangan semata.
*
*
Yang lain? Oh well, SHINee 'Hello', TaeTiSeo 'Twinkle', 'Ring Ding Dong', 'La Cha Ta', 'Game', 'Only One', 'Sorry Sorry - Answer'. Sebut..... hampir semua bisa dibilang ada mobil. Apakah satu-satunya kendaraan di dunia ini hanya mobil? Kenapa tidak pernah menampilkan jenis kendaraan yang lain? Yang lebih eksotis misalnya.

Kereta kencana. SM belum pernah menampilkan kereta kencana di MV-nya. Padahal kalau misalnya mereka pasang kereta kencana mungkin akan sangat menarik sekali dan refreshing. Selain kereta kencana, mungkin yang lebih antik lagi seperti misalnya balon udara atau zeppelin. Sepur juga boleh. Kalo kalian tahu apa itu Sepur.

Dan untuk mikrofon yang nyala mati nyala mati:
*
*
Di tengah-tengah lagu, ada momen dimana musik berhenti dan waktu berhenti. Ya. Setelah teleportasi, menciptakan api, sekarang mereka menghentikan waktu juga? Familiar..... ketika waktu berhenti, perhatiin deh semua pemain instrumen, apakah mereka masih bernapas?

Coba letakkan telunjuk anda di bawah lubang hidung mereka.

Perhatikan juga koran-koran yang berterbangan dan tiba-tiba berhenti di udara. Darimana datangnya koran-koran itu? Apakah sejak tadi mereka menari di sebelah tong tempat pembuangan sampah? 
*
*
Lalu ketika waktu kembali normal. Kemana perginya koran-koran itu? Datang dan pergi begitu saja. Kayak lagunya Letto. #krik Gue kasi caps dari berbagai angle. Cari koran yang tadi melayang ada yang jatoh gak.
*


*
Koran pun punya kemampuan teleportasi. Dan tahu kemana mereka berteleportasi? Ke masa lalu....
*
*
Nggak heran.

Kemudian ada yang lucu juga sih dari adegan ini:
*
*
Awalnya memang gue pikir kayak nggak ada yang salah disitu tapi setelah gue nonton lagi dan lagi HAHHAAHAHAHAHAHAHAAHHA HURUF 'I'-NYA HAHAHAHAHAHHAAHAHAHAHA MAKSA BANGET DI ATAS GITU AH PLEASE BANGET @SMT0WNGLOB4L.

Video ini ditutup dengan mereka kembali ke arah masuk mereka di awal MV tapi sebelum berhasil keluar ke (entahlah) (apa) pintu masuk mereka, mereka terpesona dengan lukisan yang ada di dinding. Sekarang gini.... Kalo ada lukisan bergerak-gerak gitu masa lo nggak kaget sih. Ekspresinya juga kayak, "Oh....." tapi flat.

Ya mungkin karena ini Yunho Changmin ya kalo Baekhyun mungkin "AAAA JEBAAAL JEBAAAAAAAL," kemudian lari nabrak tembok.

Terus mereka pun kesedot masuk lukisan dengan rela. Meninggalkan kehidupan mereka di dunia yang nikmat namun fana ini dengan semudah itu. Mengorbanka makanan-makanan enak di dunia ini hanya untuk tiga orang wanita saja. Mengorbankan kesempatan mereka beranak pinak demi masuk lukisan.

Well... semua orang di dunia ini punya pilihan. Tapi pilihan yang satu ini kayaknya agak-agak berlebihan. Meski demikian harus kita hargai.
*
*
Sebenarnya kalau dibilang video ini keluar dari kotak, sebenarnya sih nggak juga. Gini, kalo MV yang belakangnya polos, iya mungkin berasa kayak kotak. Mungkin SM selama ini mendengar kritikan orang-orang. Kenapa sih harus polos banget? Kenapa harus kotak? Kemudian SM menggantinya dengan berbagai macam ornamen di background.

Apakah sudah keluar dari kotak?

Nggak. Masih di dalam kotak, tapi kotaknya lebih ramai dan lebih banyak ornamen. Kalo disuruh minta mau MV yang kayak gimana, jawabannya simpel: 'MAMA', 'Timeless', 'Before U Go', dan beberapa MV Jepang SM lainnya yang nggak cuma mengandalkan adegan dance, tapi juga melibatkan drama sehingga tidak membosankan dan spesial efek yang seru.

Walaupun ini agak mahal dan mustahil sih.

Tapi kalo dibandingkan dengan 'Catch Me', tentu 'Something' jauh lebih juara. Terlihat lebih niat dan lebih mewah. Seperti yang sudah gue jelaskan di atas, lebih ada feel kalo TVXQ ini grup veteran gitu. (Padahal di atas gue nggak pernah ngomong sama sekali).


Share:

13 komentar