It's f(x) Again, 'RED LIGHT'! [PART 3: Review Album, MV, Sedikit Curhat dan Epilog]

(I remind you, this post is tooooooooooo long)
*
*
Memang harus diakui, perilisan album 'RED LIGHT' memang menarik untuk disimak. Enggak cuma masalah perubahan konsep yang dilakukan oleh kelima membernya secara individual, f(x) secara grup, tetapi juga kenyataan bahwa album ini mungkin bisa jadi album terakhir f(x) dengan member lengkap.

Oke, sebagai fans yang bahkan belom punya nama, kenyataan ini tentu sangat pahit buat semuanya yang udah nge-stan f(x) walaupun enggak sejak debut mereka. Kabar hiatusnya grup ini tentu membuat banyak orang bakalan patah hati.

Seperti gue misalnya. Mungkin elo juga?

Walaupun SM hanya menyatakan bahwa,"Sulli istirahat untuk sementara, empat member lainnya akan tetap aktif di panggung SMTOWN dan kegiatan individual (dengan kata lain tidak di depan layar kaca sebagai f(x),"

Tapi, seberapa lama sementara itu? Seberapa banyak kesempatan kita melihat f(x) di SMTOWN? Yah... kecuali mungkin lewat fancam yang bisa terbilang juga nggak terlalu memuaskan.

Gue adalah tipikal fans yang lebih suka nonton idola gue tampil di acara-acara musik di setiap comeback mereka. Jadwalnya sudah jelas. Keberadaan videonya juga bisa dibilang sudah jelas. Gue bukan orang yang sesuka itu sama fancam. Bahkan fancam untuk grup yang gue anggap sudah paling gue freak-in (bahasa apa ini) aja gue kadang males nontonnya.

Oke, kesampingkanlah dulu masalah hiatusnya f(x) dengan setidaknya menikmati dan mengapresiasi album terakhir (coret) terbaru mereka ini. Karena kontroversi hiatusnya sepertinya setara dengan kenikmatan albumnya.
*

*
Semua lagu di album 'RED LIGHT' enak-enak kalau menurut gue. Iya, semua lagu f(x) itu emang selalu enak-enak. Persis sama kayak lagu-lagunya SHINee yang (hampir) semuanya tanpa cela. Semuanya easy listening. Semuanya punya daya tarik yang membuat kita kadang susah move on dari lagunya (GRAZE is always my fave!).

Kalau dibandingkan dengan lagu-lagu di album 'PINK TAPE', 'RED LIGHT' memang seolah enggak ada bedanya. Terasa sama dan memang terkesan seperti f(x) banget gitu. Enggak semua lagu di album ini menunjukkan sebuah perubahan berarti. Enggak seperti konsep video musiknya ataupun misalnya foto-foto yang ditampilkan di teaser dan photobook-nya.

Serius photobook albumnya itu bener-bener yang seksi maksimal! Enggak pernah kebayang kalo Sulli bakalan pamer belahan dada kayak gitu sebelum dia hiatus.

Walaupun gue bilang lagu-lagunya enggak jauh beda sama 'PINK TAPE', tapi tempo lagu-lagu di album 'RED LIGHT' sebenarnya sedikit agak lebih turun dari sebelumnya. 'PINK TAPE' itu beneran rame kayak gado-gado. Mau yang dubstep ada, mau yang ala-ala operet ada, mau yang centil nyebelin juga ada.

Mungkin itulah bukti kedewasaan f(x) di 'RED LIGHT'. SM mengemas dan memilih lagu-lagu yang f(x) banget tadi menjadi sebuah image yang berbeda. Enggak lagi identik dengan centil-centilnya remaja, tapi sekarang sudah lebih mature. Di beberapa lagu bahkan terdengar dan terasa lebih dark.

(Kita udah ngebahas banyak soal lagu 'Red Light' di postingan sebelumnya, jadi enggak akan dibahas lagi di postingan ini)
*
*
'MILK' bisa dibilang adalah lagu favorit gue dari semua yang ada di album. Alasan pertama mungkin karena lagu ini memang terlalu dangdut dan terlalu bollywood. FYI, gue sangat suka dangdut dan penyuka musik-musik India. Fakta bahwa Teddy Riley (TRX, 'The Boys', 'What Is Love', 'Beautiful - SHINee') yang menciptakan lagu ini juga cukup bikin WOW.

Awalnya, gue mungkin lebih memilih 'MILK' untuk dijadikan title track. Karena gue berani jamin, semua orang yang mendengar lagu ini pasti akan langsung nempel dan keracunan susu. Liriknya nagih, melodinya racun bisa ular kobra super banget. Luna sama Krystal nyanyinya juga seolah punya cengkok gitu. Bikin enggak bisa berenti dengerinnya.

Tapi akhirnya gue sadar kenapa lagu ini enggak dijadikan title track. Alasan utama jelas karena kalau ini dijadikan title track, f(x) nggak jadi berubah image dong. Karena lagu ini kan seolah merupakan versi upgrade dari 'Rum Pum Pum Pum' yang juga punya nuansa bollywood juga. Perubahan image mereka akan jadi enggak total kalau lagu ini jadi lagu andalan, walaupun sebenarnya lagu ini bagus banget.

Ada nuansa yang cukup misterius yang gue tangkap di lagu 'Butterfly'. Waktu pertama kali dengerin lagu ini, kesannya kayak sebuah soundtrack film yang punya tema pemberontakan para wanita gitu. Jadi pemeran utamanya kayak sedang mengendarai sebuah mobil atap terbuka di jalanan pinggir padang pasir. Dengan pakaian yang army looks banget kayak di MV 'Red Light', terus rambut mereka diterbangin angin.

Ceritanya mereka habis melakukan sebuah hal yang bener-bener enggak pernah mereka lakukan sebelumnya. Entah mereka baru abis ngebunuh orang yang mereka benci atau hanya sekedar kabur dari rutinitas yang mengikat mereka selama ini dan memutuskan untuk hidup bebas kayak preman.

Lagu ini yang jadi background-nya.

'Rainbow' adalah lagu yang cukup menipu. Intronya yang 'kungtak kungtak kungtak kungtak' itu mengesankan kalau lagu ini adalah lagu yang bakalan jejingkrakkan sampai abis. Kayak kalau di album 'PINK TAPE' ada lagu 'Step' yang awalnya 'you you you you you watch my step'. Tapi ternyata enggak. Lagu ini di tengah-tengah menuju akhir malah jadi rada-rada medium. Bahkan di akhir lagu ada suara-suara ala padang pasirnya.

Cuma, iya sih lagu 'Rainbow' ini memang tipikal f(x) banget. Enak dan juga catchy. Sama kayak 'Spit It Out' dan 'Boom Bang Boom'. Lagu-lagu itu punya feel yang sama dengan separuh lagu di album 'PINK TAPE'. Dua lagu terakhir yang gue sebutin itu juga emang terasa banget f(x)-nya. Musik elektroniknya, perubahan tempo dan nada lagu yang tiba-tiba, lirik yang cepet-cepet dan kadang enggak jelas ngomong apa tapi nempel aja di kuping.
*
*
'Vacation' dan 'All Night' punya nuansa 90-an yang sama. Intro 'Vacation' sangat mengingatkan gue pada 'Hitchhiking'-nya SHINee. Awalnya gue pikir itu lagu yang sama tapi ternyata enggak. Iya, di belakang-belakang enggak mirip sih cuma intronya doang. Kalau 'All Night' lebih nyantai. Lebih ke yang lagu lenjeh-lenjeh di disko tapi bikin mabok ekstasi.

Sangat disayangkan f(x) yang hampir selalu merilis albumnya di musim panas, tapi cuma dapet sekali doang punya title track lagu yang bener-bener bertemakan musim panas ('Hot Summer'). Menurut gue, 'Summer Lover' ini bisa banget jadi lagu promosi yang sebenarnya asik banget kalau dibuatkan MV.

Dalam bayangan gue, anak-anak f(x)-nya itu semacem yang sedang lari-larian di pantai. Main layangan di pantai. Pake hotpants, pake sleeveless longgar, topi lebar, ketawa-ketawa sambil main air, main pasir. Pasti akan seru banget kalo lagu ini jadi summer song-nya mereka setelah 'Hot Summer'. Oh iya, ini juga adalah lagu bertemakan summer lainnya setelah sebelumnya mereka juga merilis lagu patah hati yang 'Goodbye Summer' itu.

'Paper Heart' ditaruh di track terakhir yang jadi penetral semua lagu yang ada di track 1 sampai track 10. Lagu ini bisa dikatakan adalah satu-satunya lagu yang punya nada cukup mellow. Menarik sih menurut gue. Karena kalau di satu album kebanyakan lagu mellow (sebenarnya gue lebih suka yang begitu--BONAMANA-nya SUJU JUARA LAH), kesannya jadi kayak depresi banget gitu.

Lagu ini mengingatkan gue pada sebuah quote yang gue bikin sendiri beberapa waktu lalu: "Usai sebuah pesta besar yang diisi dengan kegiatan bersenang-senang, akan ada sebuah kecanggungan yang datang tanpa aba-aba."

Buat gue lagu 'Paper Heart' ini kayak gitu. Setelah lo ketawa-ketawi sama temen-temen lo, setelah jejingkrakan bareng di ruangan karaoke, setelah semua jokes sudah terlontar, tiba-tiba..... zzingggggg..... sebelum ada topik baru yang diceritain, pasti akan ada momen hening yang awkward banget.

Semacem penetral suasana dulu sebelum masuk ke suasana lainnya.

Lewat lagu ini, setelah diajak bersenang-senang di lampu merah sampai bercinta dengan musim panas, kita diingatkan bahwa setiap manusia pasti punya momen dimana mereka merasa tidak berdaya. Kadang, keheningan di sela-sela pesta itu adalah hal yang membuat kita tak berdaya untuk menghindar darinya.

Apa sih gue ngomong apa sih. Oke nggak nyambung.
*
*
Nah, satu lagi lagu yang jadi favorit gue di album ini adalah 'Dracula'! Ini jelas bias banget karena gue ngefans sama 'Electric Shock' kan ya, dan komposer lagu 'Dracula' ini adalah orang yang sama dengan yang menciptakan 'Electric Shock'.

Ada sebuah cerita yang bisa dibilang agak-agak lucu sih soal awal mula lagu ini. Jadi beberapa bulan sebelum f(x) comeback, William Laseroms pernah mensyen gue di Twitter. Gue mencoba untuk mengingat-ingat kronologisnya. Enggak pasti begini sih, tapi kurang lebih seperti ini:
Will: Hey! Lo masih follow gue? (tiba-tiba dia mensyen gue)

Gue: (sedikit heboh karena di mensyen duluan sama dia) Masih dong! Apa kabar? Ada karya baru apa nih?

Will: Hehe makasih (karena masih follow dia). Baik kok gue. Gue mau ada kejutan nih buat lo.

Oke. Orang ini nggak akan mensyen gue kalau enggak ada hubungan soal lagu barunya, dan kalo enggak berhubungan sama KPop. Lebih spesifik? Kalo enggak berhubungan sama f(x). Ketika dia mensyen gue soal itu, otak gue langsung tertuju sama f(x). Kenapa? Karena dia mensyen pas jaman-jaman #EXOVERDOSE dan gosip soal comeback f(x) juga lagi heboh banget. Dari situlah gue yakin ini pasti ada sangkut pautnya sama f(x). Oke lanjut:
Gue: Lagu baru? BUAT COMEBACK f(x)?!

Will: Hopefully. Kita liat aja nanti.

Nah, disini dia kan semacem ngasih clue kalau dia bakalan kerjasama lagi sama f(x) lewat lagu baru (karena sempat kecewa di 'PINK TAPE' dia gak ikutan). Walaupun dia sendiri sebenarnya belom boleh mengumumkan kalau lagunya bakalan dinyanyikan sama f(x). Tapi dengan dia mensyen gue, otomatis semua itu semacem keniscayaan. Intinya: dia nggak bakalan mensyen gue soal lagu baru kalo enggak ada hubungannya sama f(x) dan SM.

Karena tweetnya yang terakhir bilang 'Hopefully' itu, gue akhirnya ngetweet sesuatu yang bisa dibilang agak sedikit berbahaya sih sebenarnya. Kenapa? Karena sekali lagi, SM selalu merahasiakan lagu apa yang akan dimasukkan ke dalam album. Ini sih yang paling penting. Will sendiri mencoba untuk memposisikan dirinya sebagai komposer yang profesional juga. Enggak boleh bocorin sesuatu sebelum manajemen yang resmi mengumumkan.

Di tweet gue, gue nulis kayak: Wah! Si @WillKomposerfxyangItu lagi ngerjain lagu baru nih! Mungkin buat comeback f(x)? #berharap

Enggak tahu akun spazzing siapa yang nge-RT tweet itu, tapi tweet itu di RT sama banyak fans internasional yang pada akhirnya membuat si om Will rada-rada insecure juga. Sekali lagi karena ini masih belom resmi diumumkan oleh manajemen, dia juga kan belom bisa asal ngomong. Karena bisa aja batal. Akhirnya, dia nge-DM gue dan mencoba untuk menjelaskan situasi dia. Karena itu juga akhirnya tweet gue itu gue hapus.

Jujur aja sih gue ngerasa enggak enak sama dia. Tapi sebagai fans, gue mencoba untuk menginformasikan apa yang gue tahu. Bukankah disitu menariknya jadi fans? Saling berbagi. Tapi ya, kita hargai karena dia harus ikut caranya SM yang main-main rahasia.

Beberapa bulan berlalu, jelang setelah beberapa teaser foto 'RED LIGHT' dirilis, dia mensyen gue lagi. Kali ini, dia sudah dalam posisi yang yakin kalau informasi ini sudah boleh disebarluaskan ke publik.

Saat itu album belum dirilis tapi gue lagi bahas soal teaser 'Red Light':
Will: Gimana? Suka lagu f(x) yang baru?

Gue: (enggak menjawab pertanyaan itu karena emang lagunya juga belom dirilis sih) Itu lagu lo? Beneran?

Will: Enggak :)

Gue: Yah kirain. Belom dirilis sampai 3 Juli. Eh tapi bakalan ada lagu lo gak di albumnya? (tiba-tiba gue kepikiran mensyen dia yang gue bahas di atas)

Will: Ada kemungkinan tapi enggak bisa mastiin sampai gue dengerin. hahaha finger crossed

(Disini gue semakin bingung. Ketika dia nge-DM gue soal 'membocorkan informasi' gue pikir dia sudah tahu kalau lagu dia bakalan masuk ke album f(x) tapi enggak boleh dibocorin. Tapi di balesan itu seolah-olah dia sama sekali enggak tahu kalau lagunya dibeli sama SM sampai akhirnya dirilis. Kan aneh yak... Mungkin awalnya dia berniat buat menjaga privasi SM dan juga menjaga kredibilitas dia sebagai komposer. Soalnya kan enggak mungkin dia enggak tahu lagunya dibeli, kan royalti dan lain-lain harus diurus kan? Apa itu yang ngurusin labelnya? Entahlah makanya gue juga agak miss disitu).
Gue: Selalu gitu ya kalo kerja sama SM selalu banyak kejutan. Semoga gue bisa dengerin f(x) nyanyiin lagu lo lagi ya!

Will: Gue juga (berharap hal yang sama) :)

Gue: Oke, finger crossed! Udah liat teaser MV-nya? Bagus loh! Ada lagu yang gue suka juga yang di preview 2 hari yang lalu (kalo enggak salah, gue lagi bahas 'MILK' yang sempat jadi background song situs resmi f(x)).

Will: Ya! Cool banget! Lagu kita bakalan dipotong (ini kayaknya lagi menjurus ke highlight medley). Tapi nanti lo bakalan dengerin lagu itu beda banget dari yang sebelumnya (Electric Shock).

(Nah disini gue jadi bingung lagi. TADI KATANYA ENGGAK TAHU SAMPAI PERILISAN SEKARANG SEOLAH YAKIN BANGET UDAH AKAN DIMASUKAN LAGUNYA HAHAHAHA)

Lalu pas ada bocoran preview audio lagi, gue mensyen dia lagi:
Gue: Ini lagu lo bukan? Genre lagu lo apa sih?

Will: Bukan. Itu bukan lagu gue. Lagu gue MUNGKIN bakalan ada di highlight medley yang bakalan dirilis hari ini. Jadi, lo harus tebak ya lagu gue yang mana.

(WELL OKE DIA UDAH TAHU LAGUNYA UDAH MASUK KE ALBUM DAN BOLEH DISEBARIN KAN HUH TAPI APA KATANYA SETELAH ITU)
Gue: Loh? Highlight-nya maru dirilis hari ini? (KOK DIA TAHU GITU LOH YA) Astaga! Lagu lo bakalan ada di album kan? IYA KAN? (hashtag excited)

Will: lol semoga ya!

(AH ELAH)
Gue: Aduh jadi gak sabar. Genre lagu lo apa nih?

Will: Udah tunggu aja entar.

Gue: Oke oke. Kejutan kejutan.

Hening sejenak. Dia mensyen gue lagi dengan ngasih list lagu sebelum highlight medley-nya dirilis.
Will: Tebak yang mana lagu gue (emotikon kepala bulet kuning pake kacamata hitem) pic.twitter.com/oUgbcs3rKQ

(ANJIR. Pikir gue. Ini gimana cerita gue bisa nebak 1 lagu dari 11 lagu yang ada?! Dan itu gue juga entah kenapa mikir kalau gue harus menebak dengan CEPAT dan dengan BENAR. Kayak giveaway anjir....)
Gue: bentar! Pasti 'Boom Bang Boom', ya kan?! YA KAN!? (entah kenapa gue yakin banget sama lagu itu karena judulnya yang agak-agak beda dan entahlah feeling).

Will: Salah. oke, 1 kesempatan lagi

(ANJIR INI GEMESIN BANGET)
Gue: Arrrrgggg. Dracula? O<--<

Will: LO ADALAH JUARANYA!

(BANGKE GUE LANGSUNG NGAKAK TEPOK TANGAN. TEBAKAN GUE BENER. 1 OUT OF 9 SONG. Setelah itulah gue baru ngetweet congratulation bla bla bla ke dia dan ketika highlight medley rilis, yang pertama gue cari adalah lagu itu. Ketika album udah rilis, semua yang ngetweet f(x) - Dracula di RT sama dia. Beberapa orang yang muji lagunya dibales sama dia. Yes. Dia emang sebaik itu...)
*
Silahkan cek aja TL-nya kalau mau liat percakapan lengkap kami. Hahahahahahaha nggak penting juga sebenarnya. TAPI GUE SENENG SOALNYA GUE NGEFANS SAMA DIA!



***

Untuk urusan MV, 'Red Light' adalah yang paling juara di antara MV-MV yang dibuat SM untuk f(x). Gue sendiri sempat bengong ketika MV ini dirilis. SM akhirnya mengeluarkan cewek-cewek itu dari kotak indomi warna-warninya. Oh ya, secara teknis memang dikeluarkan. Walaupun tetep setelah itu dimasukin lagi ke kotak lain yang lebih murah, tapi dalam sebuah kemasan yang tidak terlihat murahan.

Pada dasarnya yang membuat MV ini terlihat berbeda (selain kostum) adalah perpindahan dari set di dalam studio menjadi di luar studio. Eh, itungannya sebenarnya masih di dalam sih kan indoor/outdoor itu dibedakan dari lokasi itu sebenarnya beratap atau tidak kan ya? HAAAHA

Tapi indoor-nya kali ini beda. Enggak ribet dengan banyak properti tapi justru f(x) bisa tampil dengan properti yang sangat minim. Bahkan bisa dibilang kali ini jauh lebih miskin properti daripada MV yang sebelum-sebelumnya.

Kasian? Justru enggak. Justru tanpa properti itu MV ini jadi terlihat berbeda. Karena saya sudah bosan dengan semua tumpukkan kotak di belakang member atau cahaya lampu menyilaukan mata ketika mereka menari. Kali ini polos-polos aja, tapi masuk gitu ke niat mereka untuk merubah image.
*
*
Set gedung tua yang sudah rusak dan ditambah adegan lari-larian dengan menggunakan pakaian bergaya army terasa pas. Walaupun, itu juga masih ada yang mengganjal (oh ya mereka lari disitu lagi disitu lagi).

Tapi overall, MV ini bagus. Lebih bagus dari grup sebelah yang sakaw sakaw lagunya itu.

MV ini dimulai dengan sebuah shot telepon berwarna hitam yang berdering. Siapa yang menelepon? Kenapa bisa ada telepon di sebuah gedung tua yang tampak tidak terawat dan sudah tidak digunakan? Kenapa bisa ada telepon bersih mengkilat di sebuah gedung yang sekelilingnya terkesan kotor dan tidak terawat? Siapa yang harus disalahkan untuk ini?

Katanya sih deringat telepon itu adalah sebuah penggambaran kalau ada oknum yang sedang berusaha untuk memberikan protes kepada f(x). Berkaitan dengan perubahan konsep dan image yang mereka lakukan.

Di bagian pembahasan lirik lagu kita juga sudah bahas kan soal perubahan f(x)-nya sendiri dan bagaimana mereka berusaha menjelaskan ke publik soal image baru mereka. Orang yang menelepon itu diibaratkan sebagai masyarakat--di dalam video digambarkan sebagai orang-orang bertopeng yang muncul seolah ingin menangkap f(x)--yang tidak suka dengan perubahan yang akan dilakukan f(x). Di akhir video telepon tetap berdering yang berarti f(x) nggak peduli sama kritikan itu.
*
*
Nah, yang gue suka di MV ini tuh sebenarnya ada banyak shot-shot menarik yang di MV SM sebelumnya jarang ada. Sebut aja misalya kitab/buku yang terbakar dan juga sosok kucing dengan dua warna mata yang berbeda.

Kita bisalah mengartikan kitab/buku itu sebagai sebuah catatan peraturan yang dibuat untuk f(x). Karena disini mereka mau melakukan sebuah perubahan, buku/kitab itu divisualkan terbakar karena mereka sendiri ingin menyimpang dari semua yang tertulis disitu. Ingin memulai sesuatu yang baru dengan memusnahkan--membakar--yang lama.

Kalo yang kucing, gue kan kepo yak nyari-nyari gitu bener gak sih ada kucing yang matanya bisa beda warna. Eh ternyata emang ada. Tapi nggak semua kucing mengalami hal ini. Katanya, kucing yang punya warna mata beda itu biasanya yang bulunya putih dan ini semacam penyakit gitu. Nah mereka yang beda warna mata itu punya kecenderungan tuli.

Pas banget kan? Telepon berdering yang nggak di angkat sampai akhir video, dan pura-pura tuli. Simpelnya, ya itu tadi mereka nggak peduli dengan apapun yang dikatakan oleh orang. Mereka mau berubah ya berubah aja.

Tapi emang agak mikir sih kenapa menggambarkan tuli dengan mata kucing yang berbeda warna. Tapi disitulah justru kerennya kan. Ketimbang cuma video ngedance-ngedance ngoper bola cahaya yang cuma ditempel pake editing video.

(tapi di video pake warna hitam mungkin untuk menggambarkan bahwa f(x) emang grup yang beda gitu atau memang cuma buat terlihat serem aja. Karena kalo putih jadinya malah nggak bikin deg-degan pas nonton tapi gemes)

(mungkin ada kucing disitu juga karena emang pas awal-awal kan SM nge-tease-nya bawa-bawa kucing ya. Mereka juga rilis album ada yang versi Wild Cat juga. Ya bisa sih bisa berbagai macam makna juga)
*
*

Kostum Army Looks yang mereka pake juga sangat menggambarkan sebuah perubahan drastis sih. Mengesankan strong gitu. Pokoknya beda aja dari warna-warna mencolok yang ada di MV f(x) sebelumnya. Gue sebenarnya lebih suka sama f(x) yang biasa-biasa aja, tapi kali ini--yah untuk yang terakhir kalinya--gak apa-apa deh ganti image.

Melanjutkan konsep mata kucing yang beda warna, di MV para member juga tampil dengan sebelah mata pake celak, sebelah lagi nggak. Seolah menggambarkan sebuah fase perubahan dari yang polos-polos ke yang agak-agak sangar dikit.

Gue suka MV ini karena banyak detail yang diperhatikan SM. Kayak yang misalnya bohlam meledak yang menggambarkan sebuah ide dan konsep baru buat f(x), bunga (f(x) kan emang kepanjangan dari flower(x)) yang meledak yang menggambarkan kehilangan keperawanan mungkin (maksudnya kan sudah nggak polos-polos kayak dulu sekarang lebih gahar). Suka deh banyak gambar-gambar menariknya. Walaupun kesel juga gak sih kalau sadar ini MV yang bisa jadi MV terakhir mereka? Kenapa pas udah terakhir gini baru totalitas banget.

Pergerakan kamera, shot-shot, efek lampunya bener-bener diperhatiin banget. Gue suka pas yang abis reff pertama terus masuk muka Luna yang kemudian ada efek lampu garis-garis pink itu. Auranya kayak lagi nonton 2NE1 gitu tapi versi lebih nggak ganas hip hopnya.
*
*
Meski memang dominan dengan dandanan celak tebal dan perubahan image, ada juga diselipin sisi innocent para member. Yang adegan di atas gedung, rambut Krystal diterbangin angin dan mereka pake sweater putih itu juga jadi salah satu adegan favorit gue. Kesannya kayak polos banget seneng gitu mandangnya.
*

*
Ironisnya, video di akhiri dengan dua hal yang bisa jadi kode walaupun maksa.

Kitab/buku ditutup bisa berarti mereka menutup kisah lama dan membuka yang baru sih. Tapi, dengan kejadian baru-baru ini kesannya kayak yaudah f(x) udah tutup buku dan SM ganti mereka dengan grup yang baru debut *uhuk* *Red Velvet* *uhuk*.

Terus ada juga poster ala-ala penjahat yang di-WANTED-in(?) gitu. Seolah-olah ini grup emang selama beberapa tahun kedepan bakalan dikangenin banget penampilannya karena akan jarang banget tampil di televisi kalo nggak di konser.

Sebenarnya sedih banget harus menerima kenyataan bahwa f(x) harus berakhir seperti ini. Terlebih gitu ya di tengah-tengah masa promosi mereka dan harus di cut. Nggak menyalahkan Sulli sih sebenarnya. Masing-masing kan punya keputusan dan punya kehidupan pribadi yang nggak selalu bisa sejalan dengan kehidupan profesional.

Cuma menyayangkan aja kalau hanya karena Sulli, f(x) jadi harus hiatus sampai waktu yang nggak ditentukan. Oke kalo SM masih bisa bikin mereka perform di SMTOWN. Tapi sekali lagi apakah semua orang nonton SMTOWN? Bagaimana dengan fans yang nggak bisa nonton? Lagipula, apakah eksistensi mereka di panggung SMTOWN akan sama dengan eksistensi mereka di layar kaca?

CSJH dulu gitu. Pas konser SMTOWN mereka ada tapi lama kelamaan masing-masing sudah merasa dewasa dan akhirnya lepas juga. Pisah juga. Emang nggak dibilang bubar. H.O.T juga nggak dibilang bubar. Tapi sampai sekarang kan nggak pernah ada album baru lagi dengan member utuh. Ya itu berarti hiatus. Tapi entah sampai kapan nggak ada yang tahu.

f(x) mungkin masih lebih beruntung dari CSJH karena mereka usianya relatif lebih muda dan masih bisalah berkarier di banyak bidang. Mengenai ini, biarkan saya meramal sedikit (pernah juga saya tulis di ask.fm saya):

Well, Krystal masih bisa drama dan kayaknya bakalan lebih fokus kesitu kedepannya. Ada drama baru juga kan sama Rain, Hoya sama L. Gue sih berharap Krystal tetep bisa berkarier di dunia entertainment yang nampak di TV. Nggak di belakang layar karena apalah arti fans yang nggak bisa liat dia tiap hari.

Luna gue rasa bakalan banyak featuring sama artis-artis SM lain nantinya. Terakhir dia featuring di lagu BALJUNSOO yang indie band itu kan. Luna juga bakalan langgeng di musikal. Nah ini nih yang bikin males. Kalo udah langgeng di musikal, pasti jarang lagi muncul di TV. Kasian Luna kalau menurut gue.

Victoria gue rasa bakalan lebih eksis di China karena SM lagi mau ekspansi besar-besaran disana. Lebih banyak berkolaborasi sama sub-unit M dari artis SM nantinya. Banyak main variety show juga tapi kayaknya sih di China. Di sana juga dia akan eksis main serial. Kalo di Korea gue rasa SM agak nggak mau ngambil resiko dengan terlalu banyak menampilkan artis asal luar Korea di Korea. Entahlah gue juga nggak terlalu ngerti regulasinya.

Amber? Selain featuring sama artis lain, dia bakalan aktif di beberapa variety show sih gue pikir. Sama acara-acara dimana dia bisa nge-MC. Bisalah kalo itu. Asal masih di SM, nggak ada yang mustahil.

Parah-parahnya f(x) nggak akan lagi rilis album tanpa Sulli. Tapi, mereka bisa bikin sub-unit f(Krystal), f(Luna) dan f(Amber). Ada banyak lagu yang mereka nyanyikan bertiga tanpa Sulli dan Victoria di album-album sebelumnya kan? Oke nggak banyak, tapi ada-lah... Gue sih positive thinking aja bakalan ada grup yang mungkin namanya 'f(x) pangkat tiga' ini.
*
*
Kebanyakan artis Korea rata-rata punya kehidupan yang bener-bener susah dari awal. Semua bekerja keras buat jadi artis. Sulli juga tentu saja. Walaupun mungkin kehidupannya sudah dijamin sejak usia muda sama SM, tapi tetep aja bagaimana dia me-maintain image dan karier dia juga penting. Manajemen nggak selamanya bisa melindungi artisnya kalau artisnya nggak melindungi dirinya sendiri.

Gue salut sama Sulli yang mau setop sementara demi kehidupan pribadinya. Entah karena alasan apa juga SM oke-in dia hiatus, tapi biarlah dia mendinginkan kepalanya sementara. Gue selalu memposisikan diri gue sebagai fans yang mikir kalau artisnya tuh sebenarnya sudah tahu dan mau menerima apa yang diputuskan oleh manajemen. Nggak mungkin manajemen tidak mensosialisasikan keputusannya ke artis (kecuali mungkin urgent).

Nah, mungkin menurut SM f(x) memang sudah masanya untuk setop juga. Kalo dari segi bisnis, kalo udah nggak laku yaudah ganti yang baru. Fans memang sih akan tetap ada, tapi masalahnya, nggak semua fans itu loyal.

Kalo tipikal gue sih, dikasi kue merah-merah pake krim juga pasti langsung lupa sama f(x). Hehe. Tapi kalo muncul lagi ya pasti suka lagi. Ya pokoknya gitu lah.

Jadi, kesimpulannya: 'RED LIGHT' ini memang album yang sangat sangat sangat dipersiapkan banget kerennya sama SM. Karena bisa jadi ini adalah yang terakhir. Kalo sudah terakhir dan membekas kan asyik. Jadi paling nggak selama beberapa waktu kedepan, walaupun mereka sudah tidak aktif, kita akan tetap ingat sama lagunya. Sama mata kucingnya. Sama rambut pirangnya. Sama susunya yang disiram ke hati yang terbakar.

Sama f(x).
*

Share:

5 komentar