Koin Untuk Supermarket/Minimarket Kita

"Kan nggak setiap hari gue punya uang pas!"

Itulah kalimat pertama yang muncul di kepala tapi tak terucap lidah ketika setiap kali belanja di Alfamart, Indomaret, bahkan supermarket sekelas dan sebesar Hypermart. Gue kadang-kadang nggak habis pikir sama tempat-tempat belanja besar ini. Apa sih susahnya nyetok duit kembalian buat costumers?

Sebenarnya sudah lama gue pengen banget membuat satu postingan tentang ini tapi gue tahan-tahan dengan alasan bahwa mungkin pada saat itu memang mereka sedang tidak ada uang kembalian atau semacamnya. Tapi karena insiden belanja di Alfamart tadi, gue jadi rada-rada bete karena gue jadi 'mempermalukan' diri gue gitu tadi di sana.

Gue yakin banyak diantara kalian yang lumayan sering belanja di Alfamart ataupun Indomaret karena memang lokasi mereka yang paling mudah di jangkau dan selalu tersebar di mana-mana. Dan dalam kasus ini, gue, memang nggak pernah beruntung kalau belanja di tempat-tempat itu. Nggak pernah beruntung dalam hal selalu aja ada kejadian yang bikin gue bete. Dan seringkali itu karena uang kembalian.

Gue tahu sih, sebaiknya kalau belanja pakai duit pas. Mungkin maksudnya supaya dompet kita juga nggak terlalu tebel dengan recehan. Tapi ada kalanya ketika duit abis, bener-bener abis, dan hanya akan bisa ada ketika ngambil di ATM, trus pengen beli air minum botol yang harganya cuma 2000, dan kebetulan ATM ada di dalem salah satu toko Alfamart dan duit yang 100.000an dari ATM itulah yang kemudian kita gunakan untuk belanja. Tapi betapa nggak sukanya gue setiap kali ke kasir dan mau bayar (honestly, karena sering diperlakukan seperti itu--muka nggak suka  ngeliat duit nominal besar--gue juga ngerasa nggak enak kalau harus bayar pakau duit 100.000an padahal cuma belanja 2000) kemudian kasir menolak uang gue dan meminta uang pas.

Mbak, gue tahu kondisinya lo susah nyari kembalian mbak. Tapi lo juga harus tahu kondisi gue, gue nggak ada uang sama sekali saat ini dan ini adalah uang baru aja gue ambil dari ATM karena nggak ada duit lain sama sekali.

Kenapa sih mereka nggak pernah berpikir kayak gitu? Harusnya kan mereka yang mengerti keadaan pelanggan, bukan justru kita yang mengerti keadaan mereka. Seringkali pelanggan gak mau tau kesulitan yang punya toko. Maksud gue, banyak orang yang datang ke toko seperti itu karena terlihat besar dan mewah dibanding toko kelontong biasa, kemudian mereka dengan sengaja hanya membeli sebuah makanan kecil hanya demi mendapatkan uang kembalian yang bisa aja mereka gunakan buat parkir, atau sekedar ngasi pengamen. Tapi boro-boro dapet uang kembalian. Ya iyalah... orang pake duit nominal gede aja seringkali ditolak duluan. dan kesannya kalo menerima uang nominal besar gitu kayak gak ikhlas ngasi kembalian. Bilang gue lebay, tapi kalo lo lagi belanja sama gue waktu itu, lo akan liat gimana wajah tanpa senyum mereka waktu itu. 

Pernah waktu itu gue lagi belanja beberapa barang buat Kafe di Hypermart Detos. Trus di depan gue ada ibu-ibu sama suaminya lagi belanja lumayan banyak. Totalnya pokoknya ada seratus aja gitu di belakang total belanjaannya. Artinya, kasir harus mengeluarkan duit 900 rupiah untuk kembalian. Tapi itulah, gue gak ngerti kenapa mereka selalu kekurangan stok duit receh, kasir malah ngerepotin pelanggan dengan minta duit tambahan. Setelah dikasi duit tambahan, trus dia baru sadar kalau ternyata jumlahnya masih nggak bulet, akhirnya dia minta lagi duit tambahan lain ke pelanggan sebagai pembulat jumlah total angka.

REMPI CUY!

Gue bete banget sama adegan ginian kalo misalnya lagi belanja. Sekali lagi, MEREKA YANG SEHARUSNYA MENGERTI KEADAAN PELANGGAN, BUKAN PELANGGAN YANG HARUS SELALU SEDIA UANG KECIL  UNTUK MEREKA.

Untung ibu-ibu yang waktu itu nggak kayak gue. Kalo gue sih, setiap kali mereka minta duit kecil, gue cuekin aja bilang nggak ada. Ngapain repot-repot bongkar tas cuma buat nyari duit 100 atau 500 sementara di laci kasir sebenarnya ada tapi males dikeluarin?

Adegan tadi siang itu tambah bikin bete lagi. Gue abis dari kampus trus mampir ke Alfamart buat ambil ATM. Nominal ATM di Alfamart itu 100 ribuan. Gue lagi pengen makan eskrim yang di box eskrimnya harganya Rp 3.200 Rupiah. Gue punya duit Rp 3.500, kembalian dari warteg tadi pagi. Dan pas di kasir, tiba-tiba aja harganya jadi Rp 4.000 Rupiah.

Otomatis gue ngeluarin duit 100.000 tadi dong, ya karena gue nggak ada duit pas gitu. Tapi...

"Ada uang pas aja nggak mas?"

"Nggak ada mbak..."

Diem sebentar. Mukanya betek.

"Tadi di box eskrim nya tulisannya 3200 sih, kalo segitu saya ada 3500an."

"Iya yang itu belom diganti sama supplier nya harganya..."

Ya berarti bukan salah gue dong!

Gue tetep ngasi duit 100.000an itu.

"Yaudah deh mas, 3500 aja nggak apa-apa. Soalnya kita lagi nggak ada kembalian..."

Kalimat terakhir nggak masuk akal. NGGAK ADA KEMBALIAN. Demi apapun toko segede itu loh ya yang setiap hari selalu ramai didatangi sama orang-orang NGGAK NYETOK UANG KEMBALIAN.

Akhirnya gue cuma bayar 3500. Bukannya seneng dapet diskon, tapi malu gue. Gue punya uang untuk bayar harga asli, kenapa gue harus membayar kurang hanya karena alasan nggak ada kembalian? Kesannya kayak gue sengaja gitu berniat bayar kurang. Ish...

Oke mungkin ini cuma dalam pikiran gue aja tapi poin yang pengen banget gue tekankan adalah bahwa plis banget semua supermarket ataupun minimarket itu sediain lah duit kembalian. Itu juga bagian dari servis mereka kan? 

Apa sih susahnya ke bank bentar buat nukerin duit receh?

Huff...

@ronzzykevin

one click! Tumblr | Facebook Fanpage | Kompasiana

Share:

12 komentar

  1. seEXO sama ente.

    kalo tempat ane kadang kembalian recehnya bukan berupa koin, tapi permen.
    coba deh dibalik kalo kita yg gantian bayar pake permen.... mana mau mreka.

    BalasHapus
  2. PERSIS RON!!

    kalo warung kecil masih ngerti lah kalo mereka ga ada kembalian, secara perputaran uangnya juga ga secepet market2 gtu..
    laaah ini yg perputaran uangnya cepet, recehan pun tak ado.. ckckckck

    BalasHapus
  3. gue SETUJU banget sama lo !!
    mereka emang kadang kayak gitu buat nyari keuntungan lebih kayak misalnya kita harusnya dapet kembalian 200 rupiah tapi mereka bilangnya gak ada kembalian biar kita terpaksa ngerelain 200 rupiah itu atau malah ngasih kembaliannya permen

    BalasHapus
  4. setuju.. super setuju.. lebih kesel lagi kalo kembaliannya permen.. ==

    BalasHapus
  5. haha bener tuh om, gw jg kadang malez kalo dimintain duit tambahan buat kembalian..
    Berasa udah bete duluan gw cuek ajj bilang gag ad..

    Mungkin ajj mereka jrng nukerin duit ke bank krna mlz brngkatny ato malu buat tuker uang receh ke bank..

    Haha peace om ^___^v

    @ingar1403

    BalasHapus
  6. malah kadang2 kembalian cepe doang d kasihnya permen-_-

    BalasHapus
  7. mau komen, keknya sudah banyak yang komen sejenis ya? hehehehe *kunyah uang receh*

    BalasHapus
  8. sama! biasa sih kembalian recehnya gw ikhlasin aja mengalir ke mesin kasir. daripada ribet nyimpen receh juga sih.
    kalo ngga, asal sambit permen apapun yang ditaruh di rak bawah meja kasir. biasa tuh permen ada embel2 recehnya gitu kan di belakang

    BalasHapus
  9. heeyy... jangan gitu ihh... nyokap gua punya warung walaupun 'gak segede alfamart. ngasih kembalian permen jadi masalah ya? jadi pelajaran nih buat warung gue :') thank u...

    @snowbellfleur

    BalasHapus
  10. apa sih arti receh 100-400 perak buat kalian yang bisa belanja hingga berkantung'' ?
    memang seperti ga etis, uang kita ditukar permen, tapi coba dipikir emank cari receh kecil seperti itu gampang ?
    mereka bukan tidak sama sekali mempersiapkan receh, tapi memang cari receh itu sulit.
    memang nilai transaksi retail shop lebih besar,, justru itu receh yang dibutuhkan juga banyak sedankan ketersediaan receh itu ga semudah ambil duit di ATM.
    dengan mereka menukar kembalian anda dengan permen ga bakal biqin si kasir langsung kaya kan ?
    itu semua balik lagi keperusahaan... kalo setoran mereka kurangpun kasir nombok dari kantung pribadi.
    apa susahnya sih mempermudah pekerjaan mereka ?
    kalau anda ingin gampank selalu bawa receh yang cukup di dompet anda
    kadang coba be wise lah... jangan selalu kalian depankan ego kalian sama pekerja kecil seperti crew toko/store
    kalau mau kritik perusahaan/manajemen, untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka... itu baru bener.

    BalasHapus
  11. Sekedar kasih saran aja buat yg marah2 soal kembalian receh.

    Gue komen disini, sbg Spv Cashier di salah Satu Retail terbesar di Indonesia.

    Dan gue mengakui susahnya cari uang receh 100an/200an perak yah! Kalo yg lainnya masih gampang di cari,

    Pengalaman ane secara itu susah mencarinya, menurut ane yg di posting Fina di atas komen ane ini benar,

    Kalo anda para customer yg kesal dgn kembalian recehan, ada baiknya anda complain ke management, toh disitukan ada nomer pelanggan dan bebas pulsa juga kan?!?!

    Kita dr pihak retail/toko sudah buat email ke manajemen sana/sini. Tapi ya memang ketersediaan receh di Indonesia, menurut sy memang kurang.

    Sekian
    @devbymohrizal

    BalasHapus