Round Trip

Jembatan Pasupati photo by @ronzstagram
Waktu ke Seoul tahun lalu, gue janjian ketemu sama temen di Hangugo Dongari dulu pas di UI. Namanya Anis. Kalau kalian udah pernah nonton film pendek 'Lunch Box' yang ada Ji Soo-nya itu, nah si Anis ini yang pake jilbab, temennya Lia. Kita janjian ketemu di Samseong Station karena berniat untuk ke COEX SMTOWN Artium bareng. Nggak bareng sih sebenarnya, nganterin gue. Karena dia pastinya udah bosen ke sana kan doski Seoul Saram. Sementara gue masih yang ingin ngalay karena belom pernah ke SMTOWN Artium sama sekali. Setelah bosen muter-muter di sana, kita pun makan di Lotteria dan di situlah gue ngobrol banyak soal mau di bawah ke mana blog dan segala macem perkara akun-akun pribadi ini.

"Kenapa nggak bikin YouTube aja sih kak?" tanya Anis yang hari itu makan burger ikan karena kata dia makanan itu doang yang bisa dia makan kalo ke Lotteria. Yang lain daging-dagingan agak tidak terjamin masalah halalnya.

"Sebenarnya udah pengen sih YouTube. Tapi belom pede aja liat muka sendiri dan diliat sama orang lain. Pengen ngegedein brand KaosKakiBau-nya juga ke banyak platform nggak cuma blog doang. Insha Allah 2016 sih harus udah ada perkembangan," jawab gue.

Walaupun 2016 sudah berjalan setengahnya, dan gue belom sama sekali berani untuk memulai vlog. Walaupun sudah terbiasa dengan kegiatan siaran radio sejak 2008, tapi ngomong di depan kamera sama di belakang mikrofon itu pengalamannya beda banget. Gue kadang nggak bisa mengontrol ekspresi ketika di kamera dan jadinya pasti menye-menye banget. Kalo di belakang mikrofon kan nggak ada yang liat. Tapi YouTube adalah salah satu plan jangka panjang sih. Mungkin kalo gue udah nggak di Jakarta atau kalau gue udah nggak kerja di tempat gue yang sekarang.

Walaupun bisa aja sih sebenarnya disambi, tapi.... ah... Ron ini anaknya pemalas.
Dan ngomong-ngomong soal niat untuk ngegedein brand KaosKakiBau, tiba-tiba aja setelah 'GLORY DAY FIGHTING! PROJECT' kemaren kepikiran buat ngadain nonton bareng. Event kecil-kecilan aja supaya orang-orang makin ngeh sama KaosKakiBau. Ketika ide itu muncul di Twitter, akhirnya beberapa orang dari SUHOFANUNIONINA nanggepin dengan positif. Jadilah kitapun bikin event nonton bareng ini.

Bisa dibilang nonton bareng KKB x SFUI ini adalah event offline pertama gue. Mengingat sebelumnya kan gue sering banget bikin project-project online. Kayak waktu bikin dukungan buat HISTORY, atau misalnya giveaway-giveaway itu juga kan salah satu bentuk project online yang cukup ramai juga. Gue lupa persisnya sudah berapa puluh giveaway sudah gue lakukan di media sosial. Tapi pengen juga gitu bikin event offline. Dan akhirnya kesampaian di nonton bareng 'Glory Day' ini.

Makasi buat Suho. Ternyata gini ya rasanya berdedikasi buat idola tuh. Walaupun nggak di waro juga sih sama dia.

Gue dan dua orang dari SFUI (Naul dan Nisya) selama ini hanya berhubungan via LINE untuk kolaborasi soal poster, pengumuman tiket sampai diskusi soal goodies. Kita sama sekali nggak pernah ketemuan langsung buat ngebahas ini. Tapi Alhamdulillah sih atas azas kepercayaan dan tanggung jawab kita bisa ngelarin semuanya via chat. Walaupun ada sedikit kendala jelang hari H karena tiket dan kepastian jam tayang. Bener-bener sih bikin stres banget.

Kita sudah ngumumin event ini sejak... kapan ya persisnya... April apa Mei gitu. 'Glory Day' sendiri kan tayang di Korea udah Februari. Event support gue sendiri terjadi di bulan Maret. Nah ide buat nobar itu kayaknya mulai muncul pas April dengan ancang-ancang tayang di bulan Mei. Eh tapi mundur ke Juni karena kayaknya nggak bisa berhadapan dengan 'AADC2' sama 'Civil War' saat itu. Akhirnya CGV blitz mengkonfirmasi tayangnya di tanggal 15 Juni di semua jaringan CGV blitz.

Karena nobar ini nggak bekerjasama langsung dengan Jive (distributor filmnya) dan CGV blitz sebagai studio yang nayangin (sebenarnya sih bisa aja nonton di Cinemaxx tapi kayaknya udah bias banget sama CGV blitz ya padahal mahal tiketnya), jadilah kita berniat untuk nobar mandiri aja. Kita nggak usah nyewa satu studio, tapi beli aja beberapa tiket buat yang mau nobar bareng. Target gue sebenarnya maksimal 30 orang aja. Itupun sudah banyak banget kalau misalnya kita mau nombok dulu buat tiket dan segala macem. Apalagi kalau misalnya nargetin 100 orang untuk satu studio. Guenya yang nggak yakin. Dan untuk nobarnya sendiri, gue rencana ngadain di Jakarta dan Bandung.

Alasannya sih karena gue sayang banget sama Bandung. Hahaha... dan pengen aja gitu ngadain event sendiri di sana walaupun yang dateng nggak terlalu banyak juga nggak masalah deh. Yang penting ada. Dan setelah masalah tiket fix, goodies fix, bahkan gue juga dapet sponsor dari beberapa online shop yang sebelumnya pernah gue endorse, terus ada fans Ji Soo yang mau berbaik hati juga buat nyumbang handbanner dan photocard buat support project-nya. SENENG BANGET akhirnya terjadilah nonton bareng ini. Walaupun tetep aja ada dramanya.

Yah, dikit.

Jadi kan karena emang kita nobar mandiri dan nggak sewa satu studio, otomatis tiket harus dibeli sendiri dan online. Film tayang pertama 15 Juni dan kita nobar 18 dan 19 Juni. Nunggu jadwalnya update di web CGV blitz itu yang bikin harap-harap cemas. Apakah iya masih tayang sampe akhir minggu? Apakah iya tayang di GI dan BEC kok jadwalnya nggak ada? Apakah iya tayangnya siang bukan sore ini jadwalnya nggak update sama sekali? Bla bla bla bla...

Setiap malem setelah tanggal 15 kayaknya gue begadang untuk menunggu pergantian hari dan ngecek situs CGV blitz apakah sudah ada jadwal tayang untuk 'Glory Day' di GI tanggal 18 Juni dan di BEC tanggal 19 Juni atau belom. Setiap kali bangun sahur yang pertama kali dicek bukan ada makanan apa di kulkas, tapi udah ada belom jadwal 'Glory Day' dari apps CVG blitz di handphone. Sampai akhirnya urusan tiket kelar hari H banget untuk yang GI, dan H-2 untuk yang BEC, baru deh tenang. Dan setelah itu, alhamdulillah banget acaranya berjalan lancar. Dikasih kemudahan banget walaupun sempat ribet.

Walaupun nggak kerja sama dengan CGV blitz-nya, tapi mereka masih mau ngasih ruang penyimpanan goodies dan tempat kita berantakin buat nyusun goodies-nya. Seneng banget, CGV blitz mau gitu nggak ribet nanya mana surat perjanjian atau izin dapet dari siapa bla bla bla. Dan seneng banget juga walaupun ada beberapa yang nggak jadi dateng, tapi mereka yang dateng bikin acaranya jadi meriah. Event foto sama banner-nya pun juga lumayan heboh di depan CGV blitz-nya dan diliatin sama banyak orang, ya orang sini, ya bule juga ngeliatin.

Kelar acara di Jakarta, besokannya gue pun ke Bandung. Kebetulan memang rencana untuk ke Bandung ini sudah ada wacananya sejak beberapa minggu yang lalu. Kebetulan juga Dito mau nemenin gue ke Bandung karena katanya dia lagi butuh refreshing dan butuh random jalan-jalan aja. Ketika gue ajak dia ke Bandung dia mau dan langsung beli tiket kereta. Alhasil gue pun berangkat ke Bandung di tanggal 19 Juni, jam 5 subuh. Means gue sudah harus sampai di Gambir at least jam 4. Dan yah, kitapun berangkat dari kosan gue jam 3.

"Udah nanti naik taksi aja, telepon, suruh jemput jam 3," kata gue ke Dito. Biasanya emang kita berdua suka ribet untuk urusan transport gini.

"Kenapa nggak Uber aja?"

"Udalah taksi aja. Uber jam segitu kalo ada. Taksi juga paling nggak berapa kan," kata gue. Jadilah kita fix naik taksi. Gue udah telepon taksinya jam 10 malem buat dijemput jam 3 subuh. Karena taksi kalau dipesen via telepon tuh selalu on time, bahkan kadang kecepetan, jadilah itu subuh-subuh ribet banget guenya.

Jadi si Dito nginep di kosan gue. Kita baru abis dari kosan temen jam 12-an apa gitu dan sesampainya di kosan gue masih harus beberes dulu karena ada banyak perabotan makan dan masak kotor sisaan sahur kemaren. Jadi itu semua harus dicuci sebelum ditinggal ke Bandung. Nggak berasa sejam aja di kamar mandi berkutat dengan kotoran, Dito sudah tidur sementara gue kelar sekitar jam 1 dini hari. Bentar lagi sahur, jadi gue nggak berani buat berbaring. Yaudah duduk aja di depan laptop dan tiba-tiba jam 2 aja. Buset.... Gue baru mulai masak nasi dan goreng telur tuh kayaknya jam setengah tiga. Makanya pas nasinya belom mateng, eh sopir taksinya udah nelpon.

"Aduh pak cepet banget datengnya nasi saya belom mateng nih," kata gue ke bapaknya. "Boleh tunggu sebentar gak pak? Soalnya nanggung udah di rice cooker," kata gue lagi. Tapi bapaknya kayaknya nggak menjawab dengan senang hati jadinya yaudah karena dianya bete, gue cuekin aja. Pas banget jam 3 nasinya mateng dan telur dadar gue juga udah siap. Niatnya nggak mau bawa tupperware eh malah harus bawa. Yaudah sahur di Gambir.

Hari itu beneran dimudahkan banget pokoknya. Kita dapet sewa motor yang murah (Rp 90 ribu sampai besok pagi kita balik ke Jakarta) dan nggak ribet pula pengembaliannya (motornya bisa ditinggal di stasiun dan nanti orangnya jemput lagi), kita boleh singgah sebentar di kosan kak Icha di kawasan Sekeloa sana buat mandi dan memperbaiki diri sebelum nobar, dan hanya satu penonton aja yang nggak dateng ke nobarnya di BEC.

Gue bersyukur walaupun ini event kecil dan event pertama KaosKakiBau tapi ada banyak kemudahan dan juga dukungan dari berbagai pihak. Termasuk tentu saja mereka yang beli tiket buat nonton bareng Suho yang terlalu bersih dan ganteng untuk jadi anak pemuluk yatim piatu yang hanya tinggal bersama neneknya. Walaupun akhirnya baru berapa menit film dia sudah berdarah aja ditabrak mobil. Ya kan sebel.

Eh maaf spoiler.

Filmnya gue suka. Bukan karena ada Suho-nya, bukan... for fact, Suho di situ beneran cuma kayak pemanis buatan. Dikit banget munculnya. Ji Soo sih yang mendominasi dengan aktingnya dia yang oke banget. Dan cerita tentang persahabatan itu juga cukup menyentuh. Semakin menegaskan kalau keadilan itu bisa dibeli dan polisi itu di mana-mana kayaknya sama yah. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA. Kayak baca 'Ayat-ayat Cinta' dibilang polisi Mesir tuh ******. Nonton film Korea makin diyakinkan kalo polisi emang *****. Pengalaman pribadi pun mengatakan demikian. Jadi yah.... No offense... faktanya memang demikian. Entah sejak kapan gue menertawakan kampanye apapun yang dibuat polisi soal mereka yang membantu masyarakatlah apalah. Kalo bikin SIM aja masih sesulit itu buat jujur dan nggak pake orang dalem mah... yasudah... ketawa aja.

Perjalanan ke Bandung hari itu sebenarnya agak random buat gue sama Dito. Karena setelah kita kelar nonton 'Glory Day', kita berdua sama sekali nggak punya plan apapun. Sebenarnya ada sih, plan gue, dan ini bener-bener agak random: mau ala-ala Sangwoo, Yongbi, Jigong sama Dooman di filmnya, yang jalan-jalan random terus yaudah kita lihat apa yang akan terjadi nanti di jalan.

"Gue sih pengennya kita sewa motor, terus nanti berkelana gitu Dit. Ke mana, ke mana sampe sahur. Kalo capek ya mampir, kalo ngantuk ya tidur cari masjid terdekat," gitu kata gue beberapa hari sebelum kita berangkat.

Dito sebenarnya tipikal orang yang mau-mau aja diajak spontan, tapi spontan juga dia suka berubah pikiran like H-1 menit mungkin. Jadi was-was juga. Cuma kayaknya hari itu emang dianya lagi oke-oke aja, jadilah yaudah abis nobar kita bener-bener yang melakukan perjalanan yang sangat random di Bandung.

Gue suka banget sama Bandung dari berbagai sisi. Buat gue, ada banyak hal di kota ini yang bikin penasaran. Bikin baper. Yang kalo kata Pidi Baiq "Bandung itu bukan cuma masalah geografis, tapi juga masalah hati." ya begitu kurang lebih tulisan di lorong jalan Asia-Afrika yang hits banget itu. Tapi itu benar. Mendengar orang-orang menyebut Bandung ketika gue masih kecil (karena ada salah satu keluarga yang kerja di Bandung) entah kenapa memberikan kesan kalo kota ini benar-benar seistimewa itu. Dan ketika 2013 gue pertama kali ke Bandung, ternyata memang seistimewa itu.

Ahem.

Baper.

Ah sial!

Hal pertama yang kita lakukan setelah nobar adalah keliling di BEC. Dan komentar pertama yang meluncur dari mulut kami saat itu adalah, "WAH GILAK SIH WARGA BANDUNG LEBARAN MASIH LAMA TAPI INI TOKO ELEKTRONIK NGGAK ADA YANG SEPI SAMA SEKALI." karena di BEC itu orang beli handphone kayak sedang nunggu pembagian sembako gratis.

Keluar dari BEC kita berdua sama sekali nggak ada tujuan. Jadilah kita naik motor dan ngikutin jalan yang nggak macet aja. Kalo kanan macet kiri enggak, belok kiri. Kalo lurus macet belok kanan enggak, ya kita belok kanan. Dengan modal Pertalite yang kita isi Rp 10 ribu sebelum muter-muter, kitapun kebingungan harus kemana hari itu. Walaupun sebenarnya temen di Bandung ada sih beberapa, tapi availabilty mereka nggak bisa sama sekali dipastikan.

"Udah kita sok-sokan aja taulah, muter-muter aja," kata gue. Kebetulan sudah masuk waktu Ashar, gue sama Dito mutusin buat mampir ke Masjid Agung buat solat dulu. Dan yah... berbaring sebentar sebelum buka puasa. Dan dalam perjalanan ke Masjid Agung itulah gue menerima LINE dari Kak Sandra.

REJEKI ANAK SOLEH(INEUN ONEUL BUTEO URIEUN) POKOKNYA DAH HARI ITU TUH.

Kak Sandra (S): Ron jadi ke Bandung?
Ron (R): Jadi kak, ini udah di Bandung. Nobarnya udah kelar.
S: Abis itu kemana?
R: Nggak tahu kak. Muter-muter doang paling.
S: Yaudah sini ke rumah aku aja, buka puasa di sini. Tapi rame sih ada arisan keluarga. Mau gak?

"DIT DIT! DIKASI MAKAN GRATIS DIT SAMA KAK SANDRA MAU GAK?!"

Karena pada dasarnya kita berdua adalah orang murahan yang bisa dibayar makanan dan bahagia (gak deng itu gue doang) kitapun setuju untuk ke rumah kak Sandra. Nggak peduli apakah arisan keluarga itu berarti banyak sekali orang di sana, yang penting dapet makan gratis. Mana lagi jadi musafir gini kan dikasi makan ya ayo aja alhamdulillah.

"Nanti terawehnya gimana ya?" pikir gue. Baru aja mau nanya kak Sandra dia langsung bales.

S: Sebelah rumahku ada masjid jadi bisa teraweh di situ.

"YAUDAH AYOLAH CUS!" kata Dito.

Akhirnya gue minta alamat kak Sandra yang tinggal di daerah Buah Batu dan setelah ashar (dan tidur sebentar di Masjid Agung) kitapun menerjang dinginnya udara Bandung hari itu.

Kak Sandra adalah salah satu pembaca blog gue yang nggak sengaja ketemu gue pas lagi nonton konser Taeyang Februari 2015 di Jakarta. Dia nyamperin gue dan bilang kalo dia suka baca blog gue. Akhirnya kita jadi ngobrol banyak. Nah ternyata kak Sandra juga suka EXO. Jadi pas 'The EXO'luXion' 2016 kemaren kita pun nonton bareng juga. Nginep bareng juga. Pulang bareng juga. Karena dia orangnya baik banget, gue pun jadi nggak ragu-ragu buat merepotkan dia. Bener-bener baik banget deh gapaham.

Kak Sandra ini sudah menikah dan ketika gue sama Dito sampe di rumahnya yang lagi rame banget itu, kita dikenalin sama suaminya, sama bapaknya, sama ibunya, sama sepupunya, sama adiknya, sama tantenya, sama semuanya pokoknya. Ini berasa pembantu baru dikenalin sama semua orang. Tapi ya emang kalo orang baik mah yaudah baik aja gitu. Semua keluarga kak Sandra superbanget memberikan sambutan buat dua musafir kelaparan fakir takjil ini.

"Oh jadi ini Ron yang suka EXO itu?" kata mas Bem, suami kak Sandra. "Ya apalah aku nggak ngerti kalo dia ngomongin EXO," katanya.

HAHAHAHAHAHAHAHAHHAHAHA LANGSUNG CAIR. Gue pun jadi bisa becanda-becanda. Dan yang paling penting sih bisa makan sepuasnya.

Sekitar jam 9 lebih kita cabut dari rumah kak Sandra dan yak, ini adalah saat yang paling menentukan sih. Mau ke mana nih kita abis ini? Kita nggak nginep di hotel, kita nggak punya teman tidur dan segala macem, kita resmi jadi musafir. Tadi sebenarnya kak Sandra nawarin nginep dan makan sahur di rumahnya (WHICH IS OMG I WANT!!!!) tapi karena beberapa barang kami ada di kosan kak Icha dan kami emang berencana buat muter-muter, akhirnya tawaran itu kami tolak.

"Udah yuk nyari tempat ngopi di Dago Pakar kek," Dito akhirnya memutuskan. Dan ketika kami sudah sampai di kawasan Dago, Dago Pakar, Dago Atas, yang keliatan cuma gelap doang. Nggak nyangka banget ternyata tempat terglamor (halah) ini pas bulan puasa kalem banget kayak nggak ada apa-apa? Bahkan gue sama Dito sempat nyaris kesasar naiiiiiiik aja terus ngikutin jalan, sampai akhirnya kita berdua sama-sama punya feeling nggak enak (kayak lo lagi dikelilingi sama Dementor) dan berasa kayak diusir, gue buru-buru puter balik motornya dan turun lagi.

"Setiabudi aja deh yuk. Seingat gue ada tempat nongkrong yang sampe malem," kata gue. Dan akhirnya yaudah kita on the way ke daerah Setiabudi. Dulu gue pernah ke sini dua kali. Persis sebelum puasa tahun lalu, dan pas lebaran tahun lalu. Jadi gue tahu harus kemana dan mau ngapain.

Kita mampir di salah satu tempat makan serabi dan duduk ada kali setengah jam. Gue nyelesein kerjaan sebentar karena deadline dan Dito sibuk sama hapenya. Sekitar jam 12 malam, kita berdua kompak bilang kalo kita sama-sama ngantuk. Maka perjalanan musafir sampe sahur itupun langsung kita batalin.

Problem-nya adalah kita nggak tahu mau tidur di mana. Dan masjid adalah opsi paling realistis saat itu. Ada sih yang bilang, "Kenapa nggak bilang kalo nginep? Kenapa harus tidur di masjid? Kayak nggak punya kenalan yang bisa diinepin aja!" gitu. Tapi kondisinya adalah bahwa itu sudah malem banget dan mau sahur. Ya masa bertamu malem-malem dan terus seenaknya nebeng sahur. Ya kalo dibolehin sih nggak masalah, tapi gue merasa itu jadi masalah aja sik. Enggak enakan aja.

"Trus kita mau kemana nih abis ini?" kata Dito yang emang udah capek banget sih mukanya.

"Mau ke DT? Deket sih. 600 meter kalo di maps. Kita tidur di sana terus nanti sekalian sahur. Abis subuh terus berangkat ke stasiun, gimana?"

Buat yang nggak tahu DT, itu Daarut Tauhid, pesantrennya Aa Gym. Emang deket dari lokasi makan serabi itu. Dan emang dari lama gue udah pengen banget mampir. Pas tahun lalu gue nginep di kosan temennya Nadya di daerah sana, gue lewat doang nggak sempat mampir. Dan ini pas banget momen puasa, kami lagi jadi musafir, ya kenapa enggak memanfaatkan rumah Allah untuk sekedar bersuci dan tidur mencari perlindungan. Sedikit rasa penasaran gue soal DT lah yang mendorong gue buat meyakinkan Dito buat mau juga diajak ke sana.

"Yaudah ayok."

Akhirnya dengan mengantuk kami berdua naik motor ke DT.

Dalam bayangan gue, daerah itu bakalan rame banget karena lagi bulan ramadan. At least masjidnya ada yang ngaji lah meski tengah malem juga. Karena kalo di kampung gue, bulan ramadan tuh bisa kayak 24 jam masjid nggak berenti bersuara. Anehnya, ketika sampai di Geger Kalong, jalanan sepi banget. Bahkan pas parkir di mesjid, nggak ada suara sama sekali. Bener-bener sepi....

Setelah beresin sepatu, kami agak ragu buat masuk karena niatnya kan emang nyari tempat tidur. Pas naik ke tangga pertama, Dito sempat nanya ke gue ini sebenarnya boleh tidur nggak sih? Dan pas mau gue jawab, dari atas kedengeran suara orang ngorok. Berarti fix, boleh tidur. Dan ketika mau naik, ada poster di dinding yang bilang kalo kita nggak boleh tidur kalo nggak pake alas tidur yang disediakan. ASSA! BERARTI EMANG BOLEH YA, AYOLAH TIDUR GUE JUGA NGANTUK BTW.

Tidur gue sepanjang hari ini hanya terjadi di kereta dari Jakarta, pas film diputar di BEC (karena gue sudah nonton yang di Jakarta jadi gue mutusin buat tidur aja HAHAAHAHAHAHAH), sebentar di Masjid Agung, dan pas teraweh di masjid deket rumah kak Sandra (tidur sambil berdiri kayaknya sik), tapi kunjungan ke DT kan sayang banget kalo langsung tidur. Jadilah wudhu dulu dan mari kita mendekatkan diri pada Allah SWT sebelum terlelap. Nggak berapa lama sih langsung teler. Dan kebangun karena kedinginan. PARAH! DINGIN PARAH! Dan kebetulan sudah waktu sahur juga.

Sepanjang makan sahur kepikiran aja kenapa selama ini nggak pernah nyempetin diri buat mampir ke DT untuk tidur? Padahal bisa tidur gratis. Tau gitu selama ini kalo ke Bandung mending sewa motor aja dan tidurnya di DT aja, nggak perlu hotel. Ahahahahahahaha dan jadi musafir ternyata nggak separah itu. Ternyata menyenangkan juga. Apalagi banyak ketemu sama orang-orang baik hati.

Ketika adzan subuh berkumandang, kami langsung balik ke masjid dari tempat makan soto pas sahur. Harus solat subuh dulu sebelum balik ke stasiun dan kembali ke Jakarta. Ngomong-ngomong itu hari Senin dan kami berdua harus ngantor. Kebetulan sih gue ngantornya jam 2. Jadi kalo sampe Jakarta jam 10 atau sampe kosan jam 11 juga masih ada waktu buat goler-goler dulu. Dito sendiri ngantor jam 8 tapi telat kata dia nggak apa-apa. Yasudah, setelah subuh kelar, baru mau angkat pantat buat pulang, eh ternyata Aa Gym muncul.

OMG! AA GYM BENERAN! AHAHAHAHAHAHAHHA Sempatlah kita dengerin dia ceramah dulu. Nyeritain kalo beberapa hari terakhir dia digosipin meninggal karena sakit dan segala macem. Dari cerita soal pengalaman pribadinya itu kemudian diselipkan ayat-ayat dan pelajaran agama. Syahdu sekali pokoknya subuh hari itu. Berasa nggak mau pulang. Kalo kemaren baper sama Bandung karena masalah hati, sekarang baper karena dengerin ceramah. Ah, someday harus kembali ke DT dan dengerin ceramah lagi deh. Tapi sekarang harus balik ke Jakarta dulu.

Motoran di Bandung subuh-subuh tuh bener-bener nggak baik buat tulang. Dinginnya Ya Allah.............. berasa ingin berada di antara Suho dan Irene atau Kai dan Krystal yang lagi berpelukan. Butuh kehangatan banget. Dan lucunya, kalau selama ini gue balik ke Jakarta dari Bandung perasaannya selalu kayak "Yah... kenapa sih, harus balik... kenapa nggak diem aja buat beberapa hari lagi..." gitu, kemaren tuh untuk pertama kalinya gue kembali ke Jakarta dengan tanpa baper sama sekali.

Lalu kemudian ada yang berbisik, "Hari kemarin mungkin indah, tapi hidup nggak berhenti di hari itu saja. Hidup harus berjalan ke depan. Dan di depan sana masih banyak hal yang akan lebih indah dari hari kemarin. Jadi, move on-lah, Ron."

Seperti halnya anak-anak di 'Glory Day', perjalanan random ke Bandung inipun harus berakhir. Bedanya, kalo mereka hanya One Way Trip karena salah satu dari mereka nggak bisa kembali lagi ke dunia (SPOILERRRRRR!!!!!!!!!), gue sama Dito harus kembali ke Jakarta demi sekeping logam buat makan. Gue sih. Dito mah orang kaya.

Round trip JKT - BDG - JKT bikin sakit pinggang juga ternyata.

Dan gue menatap tulisan STASIUN BANDUNG sambil bersenandung lagu Dragon Boyz dalam hati.

"Jangan memaksaku untuk kembali padamu kembali untuk kau bodohi. Karena kuingin sendiri, kuingin kau pergi, kuingin kau enyah dari hidupku. Jangan pernah berpikir kau segalanya, kau selamanya untukku. Jadi jangan dekati karena ku lelah bersamamu. OO~ OWOWOWOW OO~ WOWOWOWO~ Don't waste your time, love you no more, OO~ WOWOWOWOWO~ OO ~OWOWOWOWOOW."

Follow Me/KaosKakiBau in everywhere:
Twitter: ronzzykevin
Facebook: fb.com/kaoskakibau
Instagram: ronzstagram
Steller: ronzzykevin
Snapchat: snapronzzy
Line@: @kaoskakibau (di search pake @ jangan lupa)