#OnlySJBannerForSS4INA

Halo! Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan yang masih waras dan dengan otak yang masih utuh kiri dan kanan. Atau justru salah satu diantara dua otak kalian sudah rusak karena banyak sekali godaan dan gangguan belakangan ini? Yes. Jujur kukatakan saya sudah tidak punya otak lagi. UTS tidak jelas keberadaan nilai bagusnya, dan dunia saya belakangan ini seperti jungkir balik di samber petir Chen yang lagi PMS. Salahkan Twins Plaza Hotel -__-" Sejak antri tiket Super Show 4 INA itu tidur saya jadi kacau dan badan saya seperti panda kehilangan bambu. Kalo nggak ngerti udah jangan dipikirin.

Anyway, ngomong-ngomong soal Super Show 4 INA yang sudah tinggal menghitung-hari-detik-demi-detik-masa-kunanti-apa-kan-ada ini, banyak yang menyambut dengan suka cita dan duka nestapa. Tapi pasti banyak yang kemudian bersyukur karena show yang pada awalnya hanya 2 hari ini ditambah menjadi 3 hari. Secara pribadi gue sangat bersyukur dengan kenyataan bahwa Indonesia, pertama kalinya di datangi oleh boyband terkenal ini dan mendapat 3 hari konser. Gue juga beryukur karena pada akhirnya fans-fans yang kemaren ngumpat-ngumpat kesel ke promotor karena merasa dibohongi oleh promotor sampai akhirnya nggak dapet tiket bisa bernapas lega (kalau gue jadi mereka mungkin gue akan malu sekali tapi karena gue bukan mereka dan sudah nggak tau malu jadi gue nggak mau jadi mereka--oke skip). Semuanya semoga aja pada akhirnya bisa menonton. Tapi yang terpenting dari semuanya adalah rasa terima kasih yang tak terhingga pada Tuhan yang Maha Esa, SM Entertainment yang entah kenapa belakangan ini jadi lembek, dan Show Maxx Entertaiment yang sudah membawa mereka kesini... (y)

Dibalik semua rasa suka cita itu, entah apakah ini karena emang pengen cari sensasi atau gimana ya, tapi konser yang seharusnya disambut dengan rasa bahagia, hati terbuka dan lapang dada ini justru malah menimbulkan kontroversi lain lagi. Dan semuanya berawal dari kedatangan boyband (calon) papan atas EXO M sebagai bintang tamu di Super Show 4 INA.

As for me, gue sangat sangat sangat bahagia sekali ketika Show Maxx mengumumkan bahwa EXO M yang akan datang sebagai guest star. Sepertinya gue mendapatkan jackpot yang tak terduga karena bisa melihat SJ dan sekaligus EXO M. Oke, gue sih sebenarnya berharap EXO yang dateng 12 orang aja karena akan lebih seru kelihatannya. Tapi dapet EXO M aja ini udah syukur yah, mengingat jadwal mereka yang lumayan padat. (Dan orientasi menonton jadi berubah, dari pengen liat SJ ke pengen liat EXO. LOL)

Oke itu gue, tapi ternyata nggak demikian bagi beberapa orang lain diluaran sana.

Terpilihnya EXO M sebagai bintang tamu Super Show 4 Indonesia ini tentunya bukan tanpa alasan. Kalau di Super Show sebelumnya bintang tamunya adalah beberapa member f(x) dan (sebenarnya gue nggak enak kalau menyebut mereka bintang tamu karena menurut gue mereka juga bagian dari Super Junior) Zhoumi + Henry dari Super Junior M. Hanya saja karena beberapa hal dan jadwal yang bentrok, pada akhirnya Zhoumi dan Henry tidak bisa datang dan digantikan dengan EXO, sementara f(x) gue nggak tahu deh apakah mereka juga akan datang atau nggak tapi sih kayaknya nggak, soalnya nggak ada penjelasan tentang itu dari yang gue baca.

Banyak yang komentar jelek soal EXO M, mulai dari "Kenapa harus mereka yang dateng?!" atau "Ih apaan sih, harusnya kan Zhoumi & Henry! Kenapa EXO M sih?!" atau "Bang, beli batagor di sebelah mananya EXO M?" dan sebagainya. Banyak juga yang pada akhirnya mem-bashing kedatangan mereka dan berujung fanwar.

Fanwar... Klasik.

Pro-Kontra itu sebenarnya nggak masalah sih buat gue karena menurut gue itu wajar. Yang tidak gue mengerti di sini adalah: kenapa harus menyalahkan EXO M atas kedatangan mereka?

Kalau ada yang bilang, "Salahin SM lah! Jangan salahin EXO!"

Separo setuju separo nggak.

Setahu gue Zhoumi nggak dateng karena ada syuting drama bukan? Nah kalau misalnya dia dateng otomatis drama-nya akan terbengkalai bukan? Maksud gue, syuting kan nggak gampang dan waktu yang dibutuhkan untuk syuting bisa sangat lama hanya untuk satu scene aja. Maksud lain gue adalah, kalau terlalu memaksakan Zhoumi untuk datang, jadwal kebelakangnya pasti kacau. Dan maksud gue yang lain lagi adalah bahwa sudah waktunya Zhoumi mengembangkan sayapnya ke dunia akting juga dan kalau dia harus mengorbankan syutingnya hanya untuk nyanyi satu dua lagu yang kemudian orang-orang pada matiin lampu dan nggak mendukung dia juga buat apa gitu (di beberapa kasus SS4). Oke mungkin sih waktunya nggak tepat, tapi perusahaan sekelas SMe nggak mungkin asal lah ngatur jadwal artisnya. Mereka tau mana yang PRIORITAS dan mana yang nggak. Nggak tau kenapa gue harus pake capslock di prioritas.

Gue sih lucu aja. Ada beberapa orang yang ketika Zhoumi dan Henry tampil di panggung pada matiin lightstick. Menunjukkan ketidaksukaan mereka terhadap dua orang ini. Alasannya? Only th---ahhh---hanya mereka yang tahu. Kejadian di Shanghai (sesuai dengan cerita Icha) sudah cukup membuktikan bahwa ada atau tidak-nya Henry dan Zhoumi di stage juga nggak begitu masalah since many people masih ada yang nggak suka dengan kehadiran mereka. Bahkan sejak pertama kali mereka masuk 13+2 itu. +2 aja udah menunjukkan ada tembok yang tinggi.

Lalu ketika mereka sekarang nggak dateng dan digantikan dengan EXO M, harusnya kan mereka yang nggak suka itu--paling tidak--bernapas lega. Eh... ini malah diperpanjaaaaaang sepanjang jalan karir Super Junior... Banyak yang komen negatif atas ketidak-ikut-sertaan Zhoumi dan Henry karena digantikan dengan EXO M. Lah?! Bukannya tadi udah jelas bahwa ada beberapa dari kalian pada nggak suka ya? So?

Yang paling gue nggak habis pikir dari semuanya adalah ini --> #OnlySJBannerForSS4INA.

Karena ada salah seorang fans Super Junior yang berniat ingin membuat hand-banner untuk EXO M, hashtag itu tiba-tiba saja menjadi trending topic worldwide. Beberapa dari mereka yang pro bilang itu tanda dukungan mereka sebagai pure fans, tanda respek sebagai fans dll dll. Empunya ide jadi sasaran caci maki seluruh timeline. Komentar jelek muncul bilang kalau mereka bukan pure-fans lah, nggak menghormati SJ lah, melempar kotoran ke muka SJ lah, apa lah, ini lah itu lah. Dan yang terakhir gue baca adalah ini:

[PLEASE RT]Who is Indonesian ELF here? did you know that some of Indonesia SJ fanbase is going to hang out EXO banner during the coming SS4 INA concert? If you could, and if you hear us, your fellow ELF friends from around the world, please, stop them from doing so!!! It's not wrong to support them, but have you ever thought about our boys? how they felt if they see other group banner on their concert? try putting yourself in their shoes! This is SUPER SHOW, not a MIX concert!!!If you want to make EXO banner,do it on EXO concert,not SJ!if they do this...trust me...Indonesian's elf name will be so rotten...=.= (http://twitlonger.com/show/h1ud7t)
Oke, yang pertama mungkin mereka benar, dan gue dengan sepenuh jiwa raga sangat setuju bahwa "Ini konser Super Junior dan bukan konser EXO ataupun konser campuran dua artis." Beberapa orang juga bilang kalau, "Ya seharusnya fans EXO tahu diri dong ini Super Show dan EXO cuma bintang tamu! Dukung sih dukung, tapi tempat mendukungnya yang nggak tepat!" Cuma yang gue nggak setuju yang komentar, "Sama aja ini dengan mencoreng muka Super Junior pake spidol snowman warna warni!"

Agak nyesek sih pas ngebaca hashtag dan juga semua petisi merobek banner itu, mungkin karena gue fans EXO? Bisa jadi. Gue sendiri sudah menyiapkan banner tanda dukungan buat EXO dan juga beberapa hand banner untuk Super Junior (karena gue tahu ini konser SJ kan? Bukan EXO kan? Yeyeye). Hanya saja, ya kalau misalnya nggak boleh bawa banner EXO ke dalem venue ini agak berlebihan menurut gue apalagi dengan petisi merobek banner atau apapun itu. Dalam kondisi kita sama-sama tahu ini konser Super Junior, yang pertama harus diingat adalah bahwa masing-masing dari yang menonton sudah bayar tiket terlepas dari mereka memang fans Super Junior atau bukan yang artinya mereka mau pake baju apapun ke dalam venue itu terserah mereka berikut barang bawaan yang ada di ransel mereka setelah lolos dari pemeriksaan, dan yang kedua adalah tidak ada larangan dari pihak promotor untuk masalah banner ini. 

Gue rasa masalah ini simpel aja sih pemecahannnya: Keluarkan banner EXO pada saat EXO tampil dan tidak dikeluarkan lagi ketika Super Junior tampil. 

See? Segampang itu kok. Nggak perlu yang namanya robek sana robek sini apalagi sampai main boikot dan segala macem. Gue pikir orang-orang yang membuat banner EXO itu nggak tolol-tolol amat kok. Mereka bisalah membedakan mana SJ mana EXO. Buat apa juga SJ tampil kita malah teriak EXO sambil angkat-angkat banner. Mau ngarepin apa? EXO tampil lagi? Yaelah... Mereka juga tahu kali kalau rundown konser sudah fix dan nggak mungkin ada pergantian rundown di tengah-tengah acara. Jadi yaudahlah... jangan mempermasalahkan banner itu. Kalau misalnya ngomongin respek, ya itu adalah salah satu bentuk respek dari orang-orang yang bikin banner yaitu nggak mengeluarkan banner EXO ketika SJ tampil. Toh sekali lagi ini konser SJ bukan EXO.

Gue nggak tahu deh apa yang dikhawatirkan banyak orang itu. Melempar kotoran ke muka SJ? Gue rasa ya, Black Ocean itu lebih kotor daripada sekedar hand-banner. Lebih kekanak-kanakan. Inget lirik Heechul di Superman? "But we are not lonely, we have SM family and ELF." Bukan cuma fans yang disebut disitu tapi juga SM Family. Dan EXO adalah salah satunya. Gue rasa dimasukkannya lirik itu oleh Yoo Youngjin ke dalam sebuah lagu bukanlah tanpa maksud. Jelas, maksudnya adalah bahwa semua artis SM itu memang saling mendukung. Dewasa aja kali ya, mereka juga sama-sama sudah dewasa. Dan berangkat dari situlah, gue berpikir, mereka yang ingin membawa banner EXO berniat memberi dukungan kepada EXO sebagai bagian dari SM Family. Dan menurut gue itu masuk akal. Dan menurut gue lagi, itu nggak akan melempar kotoran apapun ke muka Super Junior. Coba deh yang belom nonton Showcase EXO, perhatiin setiap harapan yang di ucapkan Leeteuk disitu. Kalo gak ngerti juga, yaudah, tembak aja gue pake pistol beracun.

Gue jadi inget, waktu dulu SMASHBLAST labil ada fanwar sama fans suju labil (yang sangat tidak gue mengerti karena jelas-jelas dua boyband ini nggak bisa dibandingkan sama sekali--no offense. Satu di Indo satu di Korea dan masing-masing keduanya punya konsep yang beda. Sangat beda). Beberapa dari fans Super Junior (yang labil pada waktu itu) bilang begini, "Please banget ya Smashblast, kalian nggak ngerti bagaimana perasaan kita yang susah payah nungguin SuJu konser di sini, nggak kayak kalian yang kapanpun bisa ngeliat Smash! Jadi jangan nge-bash SJ! Itu bisa merusak nama baik Indonesia di mata SM!"

Nama baik Indonesia... di mata SM... Aih. Dalem.

Kenapa ya mereka nggak mencoba untuk berpikir bahwa fans EXO juga dalam kondisi ini bisa jadi merasakan hal yang sama? Bahwa EXO mungkin tidak akan mengadakan konser dalam waktu dekat. Kalaupun ada pasti skala-nya nggak sebesar Super Junior WORLD TOUR. Jadi, sekalinya mereka dateng dan itu karena Super Junior, apakah fans EXO yang ada nggak boleh menunjukkan dukungan mereka? Nggak boleh karena ini konser Super Junior? Karena ini hanya untuk Super Junior dan fans-nya? Fans yang mana dulu nih? Setahu gue, banyak juga fans SJ yang santai-santai aja dengan kenyataan banyak fans EXO datang untuk memberi dukungan pada EXO M.

Ah yes... Sejujurnya gue nggak peduli dengan apapun itu yah. Gue mungkin fans Super Junior, tapi gue nggak menyebut diri gue sebagai fans Super Junior karena beberapa alasan dan yang paling masuk akal adalah bahwa gue nggak punya CD Album mereka kecuali Mr. Simple. Buat gue, itu sudah jadi satu bukti bahwa gue bukan "fans" dan nggak memaksakan diri gue untuk menyebut diri gue "fans". Berbeda hal-nya dengan fans Korea yang mungkin sekali beli album bisa lima sampai enam keping. For the shake of SJ. Tapi gue? Hahah... boro-boro beli 6 for the shake of SJ. Beli satu aja udah nggak makan sebulan. Pake for the shake of SJ segala...

Intinya, fanwar itu bikin capek. Menyelamatkan wajah SJ bukanlah dengan tidak membawa banner "SM Family" ke venue konser mereka tapi yang lebih bisa menyelamatkan wajah mereka adalah dengan tidak fanwar setiap kali merasa tersinggung oleh sesuatu yang berkaitan dengan SJ se-sensitif apapun itu. Kalau memang fans dan SJ itu satu paket, ya kalo fans perang berarti SJ juga dalam kondisi terancam dong. Itu aja sih...

Gue nggak menyalahkan mereka yang mau mem-boikot dan merobek banner. Itu hak mereka. 
Gue nggak menyalahkan mereka yang mau membawa banner EXO. Itu hak mereka.

Sekali lagi, "Mereka berhak buat ngomong dan melakukan apapun. Kita berhak buat tidak mendengarkan dan tidak peduli."

Akhir kata, SS4INA adalah konser perdana di Indonesia. Pikirkan mana yang bikin malu mana yang nggak. Sekali aja salah dan kepeleset, jatuhnya sakit.

*mikir sendiri itu artinya apa*

Have a nice day!

@ronzzykevin


Mungkin beberapa atau banyak dari kalimat gue yang menyinggung. Mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Sedikit Info tentang Mata Elang International Stadium MEIS klik disini.

MAU CD EXO-K "MAMA" GRATIS + POSTER SUPER BESAR? Ikut EXO Giveaway yuk! Klik disini :)

Share:

37 komentar

  1. bang, gue liat tweet elo langsung gue klik! huahaha~ bener deh postingan elo selalu bikin ati gue rada lega, seenggaknya apa yang gue rasain dan unek2 dalam hati gue yang pengen gue keluarin udah 'tersalurkan' lewat postingan elo ini. gue harap ELF diluar sana baca postingan ini dan bisa dapet 'hidayah'. tobat dan gak fanwar lagi.
    sekian, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa mewakilkan pendapat lo. Walaupun gue gak tau lo siapa -_- #ShootAnonymous

      Delete
    2. gue? gue @nhdni di twitter *gakpenting*
      sengaja sih pake anonymous ._.v

      Delete
  2. yes! setuju. intinya : hak orang mau dia lakuin apa. asal gak merugikan org lain, titk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya loh gue juga jadi mikir, sebenarnya ruginya kita bawa banner EXO itu dimana ya? Hahahahaha

      Delete
  3. om choi!! setuju banget banget sama postingan ini :D banner exo nya dikeluarin pas exo tampil aja yaa biar mereka tau, fans mereka di indonesia juga banyaaaak. tapi pas suju tampil gausah dikeluarin. bagus2 tuh aku setuju.
    btw om choi nonton ss4 yang hari keberapa? bawa banner exo gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang harus begitu. Ngapain teriak EXO sementara Siwon keliaran depan mata -3- itu bego namanya... *walaupun gue kadang2 suka gitu sih*

      Hari 2 :) Bawa donggg~~~

      Delete
  4. gw pribadi setuju sama tulisan lo ron. Bukankah tindakan fans nantinya akan berdampak pada idolanya? Jadi kalo mereka yang ngakunya fans tapi malah berbuat sesuatu yang akan merugikan idolanya, itu bukan fans sejati deh. Udah saatnya fans itu bersikap dewasa. Apa dengan bikin black ocean waktu EXO nanti tampil akan membuat SJ senang? Menurut gw enggak deh. Jadi, jangan egois dengan berpikir "ini demi SJ", apa iya mereka bakal senang dengan hal yang demikian? belum tentu kan? Intinya, coba deh pikir, kalo elo punya adek, dan adek lo dikata-katain dan dianiaya sama orang yang ngakunya sayang sama elo, apa elo akan bahagia? itu aja sih yang mau gue omongin.
    Wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agree! Dewasa itu pilihan... Tapi banyak yang suka kelabilan xD

      Delete
  5. baca satu kalimat. otak gue bisik "betul" #tsaah
    baca satu kalimat lagi. otak gue bisik "betul"
    intinya... kayaknya gue harus ajarin otak gue, supaya ga bisik2 di depan khalayak gini, karena bisa bikin orang lain tersinggung.
    hahahaha. intinya gue setuju dgn setiap kata yg kau utarakan, Ron. terutama pemecahannya. kalo masih ada yg ga ngerti... nauzubillahiminzalik.

    gak ngerti lah sama isi otak "PURE-HIGHER-FANS-SUJU" yg larang2 banner itu -,- toh kita gak angkat2 pas suju nya perform. yg punya banner mikir jg kali. lagian (kalo mau frontal) beli tiket pake duit gue, hak apa lo mau ngatur2 apa yg harus dan enggak gue kerjain, selama itu ga mengganggu jalannya konser. apa salahnya kasi support buat guest star.

    oiya, gue pernah baca komenan di fb, katanya, "leeteuk itu udh diatur sama SM, jadi mau gak mau lah dia harus dukung ekso itu. kalau mau jujur pasti leeteuk ga mau kita dukung ekso di konser mereka." <--- entah org ini sadar ato enggak kalo dia udh mencoreng muka leeteuk. karena komennya kesannya leeteuk jahat gitu hahahaha xD malah nyuruh org lain jgn menggambar di muka suju -,- bangke. #NGAKAKS

    banyak gaya. udah dikasih 3 hari, sok kontroversial pulak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangke! hahahahaha gue baca komen lo soal Leeteuk langsung pengen sembur dahak ke semua orang saking kocaknya... wkwkwkwkwk... Mau mau nya Leeteuk di suruh ber-drama suka EXO ya? Hahaha kalo gue jadi Leeteuk dan gue nggak suka sama EXO ya gue akan nolak tawaran MC itu. ngapain PAJANG MUKA PALSU depan Khalayak?! LOL

      Masalah DUIT DUIT GUE itu gue setuju. Mereka gak tau sih ya, perjuangan dua tahun nabung buat beli tiket SUPER SHOW ini kayak gimana... LAPER COYYYY LAPERRRRRRRR~~~~~ Sekarang gue udah punya tiket, trus lo ngelarang gue buat ekspresif? LOL *sembur dahak*

      banyak gaya. udah dikasih 3 hari, sok kontroversial pulak. <-- quote of the day.

      Delete
  6. Keluarkan banner EXO pada saat EXO tampil dan tidak dikeluarkan lagi ketika Super Junior tampil.
    the best ideas ....
    Para Fans ,, Be Wise ... hahaha

    ReplyDelete
  7. setuju banget sama postingan ini~
    kemarin di twitter pas lagi rame-ramenya ngebahas tu hashtag, cuma bisa ketawa. kapan sih fans ini dewasanya --'

    trus masalah Leeteuk yang dukung EXO di showcase cuma karna skrip (yang arti sebenernya dia nggak dukung adeknya), kok konyol yah. kalopun iya Leeteuk nggak dukung, kenapa anak-anak EXO tiap ditanyain selalu bilang kalo sunbae-sunbaenya (terutama Leeteuk --dan Yunho) suka ngasih advice ke mereka? mereka ngarang gitu? ironis~

    ReplyDelete
  8. gw jg sempet liat hastag itu, dan menurut gw itu emang sekumpulan orang kurang kerjaan aja..
    klo gw baca di blog2 suju malah ELF lebih byk yg menentang adanya aksi2 kaya gitu (black ocean, only SJ banner) feel free lah klo mau majang EXO banner di MEIS nanti
    dan sejauh gw follow fanbase EXO di twitter, rata2 mereka adalah ElfXotic (ELF dan EXOTIC) malahan pas gw ngantri tiket, beberapa jg lg ngomongin EXO, karena mereka ikut seneng EXO jd bintang tamu
    jadi kalo beberapa yang menganggap ELF gak dewasa, hmmm... salah banget deh, emang sih beberapa ELF labil yg berkoar itu gak dewasa bgt, tp gw gak pernah peduli org2 macem gitu, yg gw liat rata2 adalah fans yg dewasa dan mendukung tanpa mencela siapa pun, lagian emangnya tuh fans2 labil yakin dateng ke SS4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Totally agree... salahnya ya emang dibagian situ: labil.
      Dan baca komen lo semakin bikin gue yakin bahwa sebenarnya hashtag yang kemaren itu hanya sampah aja... yay!

      Delete
  9. Demi apa !! SETUJU sama ini artikel :D !!

    ReplyDelete
  10. Yiiiihaaaa ~
    Ribet ga boleh bawa banner exo karena ini konsernya Suju, oke oke gue punya ide cemerlang tapi sumpah tapi ini sesat banget!!
    GA USAH BAWA BANNER DEH SEKALIAN
    wkakakakakak ~
    oke, sekian lol

    ReplyDelete
  11. wkwkwkw bang kata2 cuma di puter2 doang :D
    hahahaha :D tp aku setuju 100% persen kok... lagian masalah buat mereka klo bawa banner EXO toh mereka beli tiket juga pake duit mereka sendiri, mau bawa banner siapa aja urusan mereka dong..... maslahan menghormati ato apalah itu, itu kan hak mereka yg mau bawa barner juga duit2 mereka banner2 mereka, coba gue ikut nonton SS4 bue bakal bawa banner SNSD pake kaos tiffany bawa lightstick pink rose! biarin klo dikira gue gila gue bakal bilang 'MASALAH BUAT ELO?' lol XD

    ReplyDelete
  12. setuju banget deh sama abang ini. demiapapun apa yg lo utarain disini mewakili perasaan dan juga pikiran gue. sorry nih yah, yang buat banner EXO itu juga bilang "WE USE THIS BANNER WHEN EXO M PERFORM ONLY" yang disalah artikan atau jangan" malahan ga ngerti apa yg si pembuat banner omongin sm ELF. apa salahnya ELF jadi EXO stan. suka bukan berarti ga loyal, suka bukan berarti ngelupain SJ. ELF have no rules. SJ EXO satu agency, fansnya malah brantem.saya ELF sekaligus EXO.dibilang saya ga loyal, pengkhianat atau apalah.kita sbg exo stan mau ngedukung, mereka kan lg promo. dan banner itu hanya ada 50 aja.be mature ELF please.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes! Betul! Setuju dengan kalimat terakhir! LOL

      Delete
  13. Yah, yang penting pas SS4INA nanti ga ada kontroversi ya =3 Simple aja ^^

    ReplyDelete
  14. kemaren di TL gw emang heboh hastag gitu dan gilanya gw nulis gini "masa bodo lah lu bilang only SJbanner, pokoknya gw ntar bawa banner LUHAN dan teriak2 supaya dy nyamperin gw"
    ada yg bashing sihh.. tp no problemo lah.. toh gw nnton konser pake duit gw sendiri, dan yang penting gw bisa nnton gak kayak yg bashing gw hoho~ *bahagia banget idup didunia*
    btw, gw nnton yg tgl 29 di superfest, adakah yg samaan?? jng lupa bawa banner EXO ya ^^ tp inget pesen roni, cuman angkat tuh banner pas anak2 EXO tampil/nampang didepan muka qt oke? ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue super box nih! Udah siap fanchant juga...! Yuk bareng yukkkk!!!! Gimana? Dan hey -_- nama gue bukan Roni -_-

      Mau gak fanchant bareng?

      Delete
  15. setuju banget

    bukannya klo exo sukses,leeteuk pasti senang,soalnya sebagai sunbae berarti leeteuk berhasil membimbing hoobae-nya dg baik dan tetap humble(plus klo exo sukses pemasukan leeteuk bertambah,kan suju ada saham diSM ^^)

    lagi pula fans exo kan pintar,banner cuma diangkat pas exo tampil aja.
    sekalian para elf bisa menilai bgmn perf-nya exo,apakah sm berhasil mentraining exo dg baik sama seperti senior2nya yang telah sukses.atau kualitas artis SM sekarang menurun,terkenal hanya karna dompleng nama SM dan senior mereka.

    yg nntn SS4,selamat menonton.enjoy!

    ReplyDelete
  16. huaaa sesuju bangeeettt. aku emang suka SJ tapi aku juga udah jatuh cinta sama EXO terlebih sama EXO M (jiah bahasanya). baca postingannya kakak aku malah jadi tambah galau. galau gak bisa nonton karena 3G (gak deket dari Kota Jakarta, ga diizinin sama ortu, gak punya duit) plus kalau EXO M perform, elf labil itu malah bikin black ocean. duizhang plus kawan" pasti sedih. ga kebayang deh kalau sampai kejadian dan jangan sampai terjadi. amin.
    denger" SS4INA nya mau ditayangin di SCTV tgl 30 april gitu, semoga bener dan bukan cuplikannya aja :s
    We are one ~ !

    ReplyDelete
  17. semua yg ada dipikiran saya udah terwakili dgn tulisan ini.. apa yg selama ini gw pikirin sama persis dgn yg ada di pikiran si penulis ,, atau jangan jangan kita putri yg tertukar?? eaaaaa

    ReplyDelete
  18. yang SCTV gelar panggung diluar MEIS, ada EXO-Mnya kan?? itu tu live di ancolnya tanggal+jam berapa min??sama kaya jadwal SS4 kah??

    *jawabsecepatnya admin :D

    ReplyDelete
  19. setujuuuu!!!!!
    apa banget tau itu yang ngerencanain black ocean, robek spanduk, dll. -__-"
    yang ada ntar ELF indonesia di bilang anarkis lagi, bukan cuma sama suju nya tapi sama penonton yang bukan ELF (yang emang NIAT nonton ke-amazing-an konser suju).
    yaahh, jujur aja gw sih masih ngarep bakalan ada konser SM TOWN plus SNSD!! :D
    AMIIIIN... AMIIIINNN.... AMIIIINNN...

    ReplyDelete
  20. Setuju banget om... Dew juga ngerasa apa yang direncanain beberapa oknum ELF itu rada lebay... Apa banget sih.. toh EXO itu adek mereka, dan secara gak langsung buah dari kerja keras mereka juga toh, udah cari uang buat "pengembangan trainee" Black ocean black ocean, apaan tuh, dikira Suju bakalan seneng pa adeknya digituin... =____=

    Thankso om... Sependapat banget saya sama tulisan om ^^v

    ReplyDelete
  21. Segitunya yah? Gue baca blog Antikpopfangirl, black ocean jadi bahan tertawaan tuh. bikin malu -__-

    ReplyDelete
  22. keren kak ini yang saya suka!
    aku ELF tapi aku juga fans EXO kkkekekeke.
    aku ga ngerti deh sama orang yang abis-abisin waktu untuk fanwar. ._.

    sebagai ELF yang kadang-kadang ga tau apa-apa, aku kaget pas buka TL penuh dengan Fanwar dari temen yang fans EXO ngejelekin SuJu.

    huft...
    coba deh ya banyak ELF dan fans EXO yang baca ini kak.

    ReplyDelete
  23. dari banyak kpop fans blog yg gw baca ,,kayanya baru kali ini aq nemu blog yg pembahasannya rata2 menyuarakan "Isi hati" aku banget...terutama masalah fans labil yg bahkan g jelas alasan knapa mereka membenci sesuatu dan ribut2 karena hal itu ..

    thanks @ronzzykevin b^^d

    ReplyDelete
  24. waks.. pendapat orang2 berbeda2 cuy, kebanyakan dari mereka yg pure elf memang menentang keberadaan exo. ya u know lah, karena belum apa2 SM udah gembor2 bilang bakal ngalahin suju. dan gue yakin banget kok beberapa d antara kalian yg komentar di sini adalah elf yg juga exotic. tapi sayangnya sih gue bukan multifandom..
    gue gk benci exo, tapi entah karena apa gue gak suka aja ama kehadiran mereka.

    ReplyDelete
  25. (kalau gue jadi mereka mungkin gue akan malu sekali tapi karena gue bukan mereka dan sudah nggak tau malu jadi gue nggak mau jadi mereka--oke)

    Halah lo gengsi ya ELF??? gkgkgkgkgkgk ELF lo ngaku hahahahahahaahha

    ReplyDelete