Next Big Thing: HISTORY! [PART 1 -- Teaser & #HistorySelca Project]

Sudah berapa lama sejak EXO debut gue nggak pernah melirik rookie group? Hahaha Kalau mengingat-ingat kapan EXO debut pasti bakalan semakin males karena semakin diingat semakin berasa kalau ternyata sudah selama itu mereka belum juga comeback. Nggak apa-apa. Mereka lagi mempersiapkan sesuatu yang besar banget buat para fans. HARUSNYA SIH BEGITU. Karena kalau tiba-tiba mereka comeback dengan konsep yang tidak lebih bagus dari MAMA, akan sangat jatoh banget fix. Akan kalah saing banget, jelas. Karena pertumpahan darah di dunia persilatan K-Pop ini semakin ketat. Liat aja rookie-rookie seangkatan mereka udah pada sekeren itu. Masa mereka mau comeback dengan konsep yang biasa-biasa aja? :) Pesan gue: kalau emang ngefans, maka silahkan nunggu. Contoh tuh ELF yang rela nungguin Heechul keluar wamil, rela nungguin Leeteuk keluar wamil, rela nungguin Yesung keluar wamil. Itu baru ngefans. Bahkan rela nunggu Kibum sama Hangeng juga. Hahahahaha dua terakhir mending diikhlasin saja.

Nah kali ini sebenarnya postingannya bukan soal EXO tapi karena gue adalah fans EXO jadi sebisa mungkin apapun dalam hidup ini harus dikait-kaitin sama EXO. Ya biasanya kan gitu ya. Kalo fangirl kan apa-apa harus aja ada hubungannya sama oppa. Mau mandi inget oppa, mau makan inget oppa. Padahal oppa nggak pernah inget sama kamu. Sama banget kayak grup yang akan gue bahas ini, walaupun beda agensi, walaupun beda genre, walaupun beda konsep, tapi masih tetap (untungnya) bisa dikait-kaitin sama EXO. ㅋㅋㅋ Alright, let me introduce HISTORY~~~!!!! *keprok keprok* *pukul gendang* *gebuk drum* *CISSS* Yang terakhir ceritanya suara cymbal.
*
*

Banyak yang mungkin bertanya-tanya, apaan sih History? Kok namanya kayak judul lagu apa gitu ya yang rilis pas jaman Nabi Adam? Kok kayaknya pernah denger?

Iya. Waktu pertama kali LOEN Entertainment yang adalah agensi dari IU, Gain, Fiestar, Sunny Hill dan lain-lain ini memberikan pengumuman kalau mereka mau men-debut-kan (bahasa gue bener gak sih men-debut-kan) boygroup pertama mereka gue penasaran. LOEN kan selama ini emang kita kenal sebagai distributor besar K-Pop yang mendistribusikan sebagian besar CD-CD idol grup di Korea. LOEN juga kita kenal karena soloist-nya yang kece badai yaitu IU. Kali ini mereka mau debut-in boygroup, wow, beda cerita nih. Biasanya kalo yang pertama-pertama gini pasti bakalan hits banget. Jadi inget NU'EST yang juga adalah boygroup pertama PLEDIS (dan sempat gue bikin profile-nya waktu itu). Nah gue sempat kepo, apa sih LOEN groupnya namanya bakalan apa nih?

Eh.... Ternyata...

"HAH? DEMI APA NAMANYA HISTORY? HAHAHAHA KOK NAMANYA EXO BANGET SIH." 

Iya itu yang keluar dari mulut gue pertama kali waktu itu. Langsung segala macem pikiran-pikiran bermunculan di kepala kenapa nama itu dipake kenapa harus pake nama yang pernah jadi judul lagu kenapa begini dan kenapa begitu. Awalnya gue sempat rolling eyes juga. Nggak ada banget nama lain? Tapi pas baca penjelasan tentang nama HISTORY itu gue jadi maklum. Simpel-nya sih, HISTORY adalah gabungan dari dua kata yaitu HIS dan STORY = HIS STORY = HISTORY. Kalau menurut LOEN filosofinya sih karena group ini nantinya akan punya konsep yang mereka banget, yang beda dari yang lain, terus melalui group ini mereka pengen 'menyebarkan' cerita mereka, ide-ide mereka dan musik mereka yang pastinya memiliki unsur unik. Intinya, HIS STORY ini punya apa yang orang lain nggak punya.

Nah berkaitan dengan nama 'HIS STORY' tadi, jadi nyambung juga sih sama teaser video masing-masing membernya. HAHAHAHAHA KAMPRET INI DEMI APAPUN GRUP PARODY APA GIMANA. Kalau kalian adalah fans EXO pasti kalian akan mengikuti teaser demi teaser yang keluar sejak Desember 2011 itu kan? Nah, sama halnya dengan EXO yang mempunyai banyak teaser, HISTORY juga demikian. Mereka merilis 5 teaser berbeda untuk masing-masing membernya. Tapi, karena tadi udah sempat dibahas juga kalau misalnya HISTORY ini UNIK dan PUNYA APA YANG ORANG LAIN NGGAK PUNYA (orang lain disini maksudnya group idol lain), di teaser inilah salah satu hal unik itu bisa kita temukan.

Kalau EXO memperkenalkan membernya dengan teaser dance, wushu, adegan bunuh diri loncat dari atas gedung, nyetir mobil, maenan anak anjing dan sebagainya, HISTORY punya konsep yang menurut gue BEDA, ORIGINAL dan EPIC banget. Baru kali ini gue ngeliat teaser video semenarik ini. Well, EXO menarik, tapi ini lebih menarik karena lucu!

Jadi konsep teasernya adalah "Tips Nge-Date" dan masing-masing dari kelima member HISTORY disini memerankan karakter yang berbeda. Sepertinya memang masing-masing tema di teaser ini merepresentasikan masing-masing member gitu.

Teaser yang pertama dirilis adalah teaser Kim Sihyoung. Teaser Sihyoung tema-nya SPIRIT. Di teaser ini dijelasin kalo misalnya mau dapetin cewek itu sama halnya kayak memancing. Sebagaimana memancing, tarik ulur tarik ulur diperlukan tapi jangan terlalu buru-buru, pelan-pelan aja. Tapi pas dapet ikan ZLEP (suara apa ZLEP gue pusing). Di ending teaser dikasi quote "Have some courage and flirt" yang artinya silahkan buka kamus. Sihyoung mungkin di kehidupan nyata adalah orang yang kayak gini kalo ketemu cewek. Hahaha tapi bisa juga sih dia pribadinya emang penuh semangat.
*

*
Teaser kedua adalah teaser Jang Yijeong yang bertema MODERATION. Di teaser ini, Yijeong ngasih tips tentang humor ketika kencan. Cocok sama mukanya yang emang muka lawak, di teaser ini juga Yijeong cukup natural menunjukkan sisi kocaknya (serius anaknya emang kocak banget pasti gue yakin semacem Happy Virus) walaupun agak menjurus ke menjijikkan dan bikin ilfil seperti halnya cerita di teaser. Hahaha Yang paling gue suka itu pas bagian narasi "Lo bukan pelawak jadi lo harus tahu kapan harus berhenti ngelucu." Bener juga kadang-kadang kita kan suka gak kontrol (KITA? LO AJA KALI SAMA KUMAN) kalo udah becanda suka berlebihan sampai-sampai orang kesel bahkan tersinggung. Hahaha Makanya di akhir teaser dikasi quote "Win a woman's heart with moderate sense of humor."
*

*
Teaser ketiga yang keluar adalah teaser Song Kyungil. Teaser ini dikasi tema SWEAT alias keringat. Entah gue sempat nonton video behind the scene Dreamer dan disitu gue nggak tahu gimana baru sadar kalo emang si Leader ini tipe-tipe orang dengan pori-pori besar gitu kayaknya. Orangnya gampang banget keringetan. Mungkin karena itu kali ya makanya dia dikasi tema SWEAT gini.

Disini dijelasin kalo cewek itu sebenarnya suka sama cowok yang berkeringat. Tapi bukan sembarang berkeringat. Ditekankan disini cewek itu suka cowok yang keringetnya jatuh perlahan lahan dari hidung dan dari pipi. (MASUK AKAL GAK SIH INI TEASER KOK GUE PAS NONTON MALAH INI KESANNYA TROLL ABIS). Tapi emang kayaknya troll sih, karena kemudian di belakang-belakang video ini terus Kyungil jadi berkeringat berlebihan sampai mandi keringet gitu trus kibas-kibas rambut sampe ceweknya nelen keringet. BAHAHAHAH jadi inget sesuatu. Yang bagian gue nggak ngerti, itu kenapa bisa sepatu ada keringat sebanyak itu....... keringet apa pipis. Quote di teaser ini "Cewek suka keringat cowok tapi nggak keringat yang berlebihan." HAHAHAHA Yakin?
*



*
Teaser keempat punyanya Kim Jaeho. Disini Jaeho berperan sebagai cowok kaya raya makanya teaser ini dikasi judul WEALTH. Inti dari teaser ini sih sebenarnya bahwa cewek suka banget dimanjain dengan cara ditraktir. Ditraktir shopping. Yang lucu adalah disini kan niatnya mau ngasih dating tips, tapi ujung-ujungnya malah jadi 'berbagai macam gaya menggesek kartu kredit'. Lucu sih unik juga teaser yang ini. Walaupun seperti halnya teaser lainnya, teaser ini juga berakhir gagal. Quote-nya disini asik deh 'Burn your youth not your card' :) Maksudnya udah jelas kan, pas masih muda bakar diri lo jangan bakar kartu kuartet atau Yugi Oh.*Anyway, apakah Kim Jaeho ini aslinya anak orang kaya? Kayak Kim Junmyun gitu maksud gue. Hihihi

*


*
Teaser terakhir adalah teaser Na Dokyun. Teaser ini dikasi tema CONSIDERATION dan teaser ini adalah satu-satunya yang happy ending diantara lima teaser yang ada. Ceritanya sih simple aja, sebagai cowok harus bisa melindungi cewek dengan seluruh daya dan upaya yang dimiliki. Dengan begitu, 'Sarang keep going~' kata naratornya.
*


Lima teaser video yang dirilis ini membuat gue sadar betapa ada banyak sekali group di luar SM yang ternyata lebih kreatif dari SM dalam hal membuat teaser video. Salah satunya adalah LOEN. Gue suka sama konsep teaser video ini selain beda, member-membernya juga dari awal udah memberikan kesan bahwa mereka semua nggak tahu malu, fun, happy, lucu, menyenangkan. Dari situlah kemudian gue semakin penasaran sama group ini. Lagunya bakalan kayak gimana sih sebenarnya. Kalo dari penjelasan LOEN sih ini grup adalah 'alternative group'. Diliat dari situ aja bisa ditebak pasti ada yang nggak sama dengan grup kebanyakan. Hal lain yang bikin gue tertarik adalah cara mereka mempromosikan group ini. Di Seoul kalo nggak salah, LOEN ngadain SEOLLEM EVENT. Gue liat foto-fotonya di facebook dan WAH KOK SERU. Jadi entah itu staff ataupun member History sendiri keliling Seoul dengan membawa papan bertuliskan '우리 알지 않아요?' dan difoto. Di pinggir jalan, di pengkolan, di depan sekolah, di deket pemukiman, dan sebagainya. Seru kan? Selain itu para member juga disuruh buat sok-sok kenal sama orang yang mereka temui di jalan terus nanya 'Eh sori kita pernah kenal gak sih?' HAHAHA lucu lucu. Suka banget. Secara nggak langsung ketika orang itu nonton TV dan mereka liat tagline itu, mereka bakalan keinget sama orang random yang mereka temui di jalan.

Konsep '우리 알지 않아요?' ini sudah muncul di awal teaser Sihyoung anyway kalo ada yang perhatiin :) Gue juga barusan kepikiran bahwa sebenarnya kalimat ini tuh semacem apa ya bisa dibilang mantra atau mungkin bahasa lainnya kayak harapan gitu. K-Pop yang sekarang kan udah bener-bener jadi sebuah komunitas yang gede banget di seluruh dunia. Ketika History muncul, genre musik ini udah sangat banyak sekalin fans fanatiknya. Penggunaan kalimat ini dalam media promosi mereka tuh kayak semacem mereka pengen dilihat sebagai grup baru yang dekat dengan fans-nya. Berawal dari SKSD sih, tapi pada akhirnya jadi dekat gitu. Semacem mereka tiba-tiba nyelip diantara kerumunan orang-orang trus menyebarkan genre musik mereka.
*
*
Kalimat '우리 알지 않아요?' ternyata berlanjut ke lagu debut mereka yang berjudul History. Di lagu itu, ada percakapan antara Sihyoung dengan IU yang dimulai dengan kalimat '우리 알지 않아요?'. Buat gue pribadi karena emang niat kepo-in grup ini, kalimat itu udah nempel banget dikepala. hehehe makanya kemaren gue kepikiran buat bikin project #HistorySelca itu. Seru-seruan aja ala-ala SEOLLEM EVENT itu :)

#HistorySelca Project ini awalnya adalah proyek iseng dimana gue, Fania, Michelle aka Kak Korban, kak Vivi dan kak Dewi sempat ngobrolin singkat di twitter. Karena selama gue spamming History di TL gue yang heboh baru mereka waktu itu jadi gue ngajakin mereka. Gak ada niat apa-apa sih, cuma supaya orang-orang tahu ini ada grup bagus gitu. Akhirnya di suatu hari Senin di kantor, gue bawa buku gambar dan gue minta tolong Yoga buat fotoin di pinggir jalan. Sebenarnya pengen bikin persis kayak yang di SEOLLEM EVENT tapi yaudah karena gak ada peraturan juga jadi sekreatif-nya aja.

Gue pikir kalo misalnya bakalan ada 20 orang aja yang ikutan udah cukup, nggak berharap banyak juga karena promosi grup baru itu emang beneran susah banget apalagi kalo musiknya nggak mainstream. Gue jadi inget pas dulu C-Clown masih bayi banget, sedikit banget yang ngelirik. Baru sekarang banyak yang heboh sama mereka. Jadinya gue awalnya tidak terlalu menaruh banyak semangat di project ini. Tapi... AH... gue teringat obrolan gue sama mas Wisnu, mentor sekaligus senior di Fresh Radio 'kalo mau ngapain aja itu harus total.' dan akhirnya yaudah gue jadi lebih gencar promosi event itu.

Gue awali dengan memposting foto gue dan beberapa orang langsung ikutan. Dua hari setelah itu udah bisa dapet 30an foto :) Gue bersyukur banget banyak yang mengapresiasi. Nah, gue lupa tepatnya foto yang keberapa, tapi pas hari Rabu gue sampai Lombok, gue inget pernah spamming link foto itu ke fanpage-nya History di Facebook. NGGAK NYANGKA AJA besoknya, pas hari Kamis, mereka nge-share album yang isinya foto-foto project #HISTORYSELCA dari Official Facebook mereka. WAH WAH WAH. Gue langsung heboh dan merinding. Bahkan project ini belom kelar. Rencananya gue baru bakalan heboh lagi ke LOEN setelah dapet 100 foto. Eh ini belom 100 udah heboh. :) Seneng banget diapresiasi sama mereka.
*
*
(bahkan itu baru 34 foto loh pas mereka post!!)

Pertanyaan selanjutnya, APAKAH PARA MEMBER MELIHAT FOTO-FOTO ITU?

Gue lalu berniat buat spamming ke semua member supaya mereka sadar kalo kita-kita yang jauh ini memberikan dukungan ke mereka. Agak-agak ragu sih gue kalo di twitter karena dalam sehari yang mention mereka kan bisa ribuan orang. Tapi tetep nggak patah semangat, sejak ditutupnya project ini tanggal 11 kemaren, gue promote ke masing-masing member termasuk twitter official mereka. Nggak pernah berharap mereka akan balas. Yang penting mereka liat aja udah cukup. Dan hari ini persis gue dapet mention dari kak Dewi yang nge-RT tweet salah seorang fansite noona (mungkin--yang jelas fans lah) yang datang ke fansign History hari ini.

LANGSUNG HEBOH!! YA GIMANA NGGAK LO BACA AJA TULISANNYA:
*
*
Gue nggak tahu gimana awalnya si Gayeong ini ngebahas soal Indonesia ke Sihyoung tapi yang jelas gue bersyukur terlintas di kepala wanita ini untuk membahas dia pernah tinggal di Indonesia untuk beberapa lama (10 tahun dari hasil kepo gue) dan TEPAT PADA SAAT ITU LO BACA AJA APA KATA SIHYOUNG.

Gue antara mau nangis, merinding sama heboh yang jelas tadi gue sempat mencak-mencak dan ponakan gue yang umur 3 tahun (namanya Nada) kaget sampe ngira gue marahin dia dan dia yang nangis. Gue langsung bales mention ke Gayeong, nanya "Serius? Beneran Sihyoung ngomong gitu? Dia beneran liat fotonya?" dan dia bilang gini:
*
*
Makin malem makin heboh lah. Mencak-mencak lagi di timeline. Itu artinya mereka sudah liat. Mereka sudah liat semua foto-fotonya :) Aduh gue sendiri nggak percaya. Hahaha walaupun ini berlebihan tapi gue pribadi ngerasa bangga banget sama semua yang udah menyempatkan waktu untuk ikutan project ini. Gue ngerasa seneng banget! Gue yakin para member juga seneng banget gue yakin. Diantara semua negara yang ada di dunia ini, guys, kita yang pertama bikin project kayak gitu ke mereka gitu kan! Hahahaha Yah buat gue pribadi ini adalah pertama kalinya gue ngerasa semacem ada hubungan sama boygroup Korea jadi kalo misalnya gue over-reacting mohon dimaklumi saja :") Hal-hal amazing itu kan relatif. Hihihi dan ini adalah salah satu hal amazing buat gue. YAY~!!!

Gue berharap fandom ini akan tumbuh berkembang menjadi fandom yang lebih besar lagi. Terutama yang di Indonesia. Gue sih beberapa kali waktu itu sempat search di twitter fanbase mereka, selain menemukan EXO, gue menemukan dua fanbase yang sedang berantem merebutkan predikat 'the first fanbase of History in Indonesia' hahahaha Dan waktu LOEN nge-post itu album foto kaoskakibau di fanpage official, gue jadi mikir buat para fanabase itu biar menyatu gitu jadi fanbase besar. Alhamdulillah @HISTORYINDO mau mendengarkan saran gue dan mereka akhirnya join sama salah satu fanbase lainnya :) Semoga yang lain juga mau join. Karena ya gimana ya, kalo banyak fanbase tapi semuanya masih kecil-kecil, kenapa gak nyatu aja? Toh sama sama fanbase dari Indonesia kan? Kalo join kan malah justru bisa jadi bagus. Bisa jadi besar. Tapi yaudah gapapa. Yang penting itu HISTORYINDO udah ada niat baik untuk terbuka kalo ada yang mau gabung ke mereka. Gue bukan admin loh hahaha tenang aja gue hanya penggembira disini.

Seharusnya ini postingan berlanjut ke profile member, pembahasan lagu dan MV. Tapi karena postingan ini sudah terlalu panjang, akan gue lanjutkan di PART 2 ya! :) Terima kasih yang udah ikutan project kemaren. Silahkan foto-fotonya~
*










Share:

26 komentar