Pertanyaan & Jawaban Seputar SM Global Audition di Jakarta

Karena ini adalah event audisi SM yang pertama di Jakarta/Indonesia, mungkin masih banyak yang agak-agak bingung dan bertanya-tanya soal audisi, proses audisi, setelah audisi dan lain-lainnya. Sebenarnya gue juga penasaran sih makanya gue memutuskan untuk kepo beberapa postingan lama orang-orang soal SM Global Audition.

Postingan gue kali ini mengutip beberapa jawaban yang ditulis di auditionadviceandthoughts.blogspot.com yang dia sendiri rangkum dari berbagai sumber. Ya gue intinya merangkum rangkuman orang dan membahasakannya kembali. Seperti itu.

Tapi ada juga pertanyaan-pertanyaan yang kemaren ditanyakan lewat ask.fm, gue bakalan cantumin kesini juga. Tapi tapi yang jawaban gue ini nggak sepenuhnya benar ya cuma sekedar pendapat gue aja melihat dari pengalaman-pengalaman orang yang gue baca di seantero internet raya.

Untuk tata cara pendaftaran silahkan buka postingan ini.
 *
Q: Cara mana yang paling enak buat ngirim formulir pendaftaran?
A: Menurut gue pribadi, yang paling enak sebenarnya via SM Audition official website. Kenapa? Soalnya disitu udah disediakan form khusus yang kita tinggal isi sendiri. Tapi kalaupun misalnya kalian kesulitan akses untuk bikin SMTOWN ID-nya, silahkan kirim form kalian via email dengan MENGKOPI format yang disediakan SM di SM Audition official website.

Q: Di SM Audition official website buat pendaftaran kan ada tulisan career tuh, itu maksudnya apa?
A: Itu maksudnya ya pengalaman kamu di bidang yang kamu ambil untuk audisi itu. Misal kalo kamu ambil bidang nyanyi, ya selama ini kamu pernah ngapain aja. Lomba apa aja. Juara berapa. Terlibat dalam kegiatan apa, dan sebagainya.

Buat yang sudah terbiasa menulis CV untuk lamaran kerja, lakukan hal yang sama ketika mengirim email ke SM untuk formulir pendaftaran ini. Tulis sejelas-jelasnya pengalaman kalian. Kalau kalian pake Bahasa Inggris, pastikan grammar yang kalian gunakan baik. Tapi harusnya sih karena kita audisi di Jakarta, pake Bahasa Indonesia nggak apa-apa. Cuma mengurangi resiko terburuk, sebaiknya pake Bahasa Inggris.

Cek berkali-kali sebelum kalian kirim karena nggak lucu kan kalau email kedua kalian ada ralat atau segala macem.

Q: Itu kan di SM Audition official website ada bagian video, itu wajib diisi gak?
A: Kalau gue baca dari semua keterangan yang ditulis SM di halaman itu, video itu nggak wajib. Tapi kalo kamu punya video pendukung (misalnya lagi lomba nyanyi atau dance atau yang lainnya yang menunjukkan bakat kamu untuk audisi) ya kamu sertakan. Itu akan jadi salah satu nilai lebih untuk kamu dipanggil audisi di lapangan.

Q: Fotonya nggak boleh photoshop kan? Camera 360 boleh dong?
A: Nggak boleh.

Q: Foto yang baik yang kayak gimana sih?
A:

1. Mukanya jelas.
2. Jangan kayak pas foto banget bentukannya. Ambillah itu foto dari kepala sampe bawah dada.
3. Pastikan wajah kamu terlihat natural nggak dibuat-buat.
4. Rambutnya jangan dimacem-macemin, kasual aja.
5. Nggak pake make up.
6. Kondisi cahaya waktu foto bagus.
7. Pakai kamera yang bagus. Minimal 5 megapixel lah. Jangan VGA juga gitu. Tapi jangan foto yang diambil di studio profesional juga.
8. No Editing.
9. Nggak usah begaya monyong, naikin alis sebelah, naikin kumis sebelah, aegyo, peace sign, no no no. NO ULZZANG STYLE.

Q: Pendaftaran buat audisi Jakarta sampe kapan?
A: Satu hari sebelum hari audisi masih bisa kirim email/formulir. Katanya dari sumber yang gue baca, sebaiknya kirim di weekdays karena weekend itu masa-masa hectic staf SM-nya.

Q: Saya pake jilbab, bisa ikut daftar gak? Atau harus lepas jilbab?
A: Kalau daftar dalam hal kirim email, tentu saja bisa. Tapi kalau dipanggil audisi di lapangan, gue rasa SM akan mempertimbangkan dari pengalaman kalian (prestasi, dan lain-lain yang kalian jelaskan di form).

Kalau kalian merasa percaya diri dengan prestasi dan talent yang kalian punya, kenapa nggak boleh berjilbab? Pede aja. Kalo rejeki nggak kemana. Tapi resikonya, kalau nanti kalian bener-bener lolos, SM pasti akan meminta kalian membuka jilbab. Jelas. Ini gausah ditanya lagi. Apa selama ini ada artis SM berhijab? Apa SNSD teriak 'GIRLS BRING THE BOYS OUT' sambil ngangkang di lantai mereka berjilbab?

Jadi pikirkan baik-baik. Karena ini sensitif topiknya soal Agama. Dunia dan akhirat. Pilih mana itu terserah anda saja.

Q: Kalo badan nggak tinggi-tinggi banget bisa ikutan gak?
A: Bisa. Di website nggak ada penjelasan tentang tinggi badan kalian harus berapa harus berapa. Kalau memang SM mencari artis yang tinggi badannya minimal 180, mereka pasti akan tulis dengan jelas. Tapi menurut sumber yang gue baca, tinggi badan semakin tinggi semakin dipertimbangkan. Tapi siapa butuh tinggi badan kalo kalian berbakat? Kyungsoo contohnya.

Q: Kalo lolos audisi, ke Korea-nya dibayarin gak sama SM?
A: Mungkin iya, tapi kemungkinan juga nggak. Ada beberapa sumber yang bilang 'nggak' karena disini kalian dites lagi, apakah kalian bener-bener pengen gak jadi idola KPop? Berani gak berkorban tiket pesawat, visa, paspor dan lain-lain buat pindah ke Korea? Rela nggak ngabisin uang buat disana untuk mengejar mimpi?

Tapi ada juga yang bilang, mereka akan bayarin tiket pesawat KALO misalnya mereka yakin lo bakalan jadi THE NEXT BoA misalnya atau emang bakat kalian itu yang one in a million banget. Intinya, kalo lo berbakat dan mereka udah naksir banget sama lo, lo akan diperjuangkan. Tapi kalo misalnya lo lolos dan 'masih butuh di asah' ya mungkin harus bayar sendiri.

Q: Kalo badan nggak kurus kayak SNSD boleh ikut gak? Bakalan lolos gak?
A: Sekali lagi talent yang menentukan dan talent akan mengalahkan pertimbangan soal fisik. Kalo mereka naksir sama bakat lo, mereka bisa mengubah lo jadi super-model-thin kalo lo siap jadi trainee.

Q: Kalo daftar jadi penyanyi, apakah harus bisa dance juga?
A: Katanya iya. Walaupun daftar jalur menyanyi paling nggak tahu cara dance. SM katanya sih lebih suka yang dancer (Kai, contohnya, gak heran kan dia di ekspos terus dari awal?). Cuma kalo misal kalian punya alternatif penyanyi tapi gak bisa dance tapi bisa main alat musik, itu juga bakalan jadi pertimbangan banget.

Q: Kalo jadi trainee, nanti bakalan dibiayain gak di Korea?
A: Dibiayain kayak sekolah asrama/beasiswa gitu. Mereka bakalan bayar biaya training sama akomodasi. Tapi nggak semua kebutuhan kalian bakalan ditanggung. Kalian jadi trainee juga nggak digaji. Tapi katanya mereka ngasi uang mingguan 20 dolar Amerika.

Q: 80% looks, 20% talent, bener gak?
A: Nggak bisa dipungkiri kalo mau debut di bawah SM ya memang harus ikut standar kecantikan kegantengan yang udah dibikin SM. Idola KPop itu apa sih yang menjual duluan? Wajah kan? Nah tentu saja itu yang akan jadi pertimbangan di awal. Makanya fotonya harus polos, gaboleh edit-edit, jadi mereka tau, oh ini orang cocok masuk SM nih punya kualitas di wajah. Wajah penting yang jelas.

Tapi, nggak berarti mereka mengabaikan bakat kalian. Mereka juga pasti bakalan mempertimbangkan itu. Dari video yang kalian kirim misalnya, kalo dancer, mereka akan liat kharisma kalian di atas panggung kayak gimana. Ini kekuatannya sama kayak wajah.

Q: Umur berapa yang boleh ikut audisi?
A: Secara teknis SM nggak membatasi umur. Di situsnya sendiri mereka nggak nulis harus umur berapa sampai berapa. Tapi belajar dari trainee yang paling lama deh, Suho, 7 tahun training. Menurut kamu kalo sekarang umur kamu 22 tahun, perkiraan debutnya 7 tahun kemudian, apa nggak ketuaan? 29 tahun baru debut? Ini dalam konteks idol loh ya. Kalo bidang yang lain sih bisa aja.

Misalnya dance nih, gak debut jadi idol tapi bisa jadi dancer-nya SM buat TVXQ misalnya. Itu sih tergantung SM aja mau diapakan kalian kalo emang kalian udah niat dan punya bakat walaupun usianya nggak memungkinkan untuk debut as an idol, SM yang ngatur semuanya karena kalian sudah dibawah SM.

Q: Kalo keterima tapi gak disetujuin orang tua gimana?
A: Nah loh. Kalo masih dibawah 16 tahun sih harus ada persetujuan orang tua. Kecuali kalo lo sudah dewasa dan hidup sendiri di dunia ini tanpa kasih sayang mungkin bebas.


Q: Boleh gak dateng audisi kalo gak dapet email balesan setelah kirim form?
A: Nggak boleh. Hanya yang dapet email aja yang boleh dateng audisi. Tertulis jelas di website-nya.

Q: Kapan kira-kira email kita dibales?
A: Untuk Global Audition Jakarta, karena diadakannya cuma sehari, sekarang hari audisi ditambah jadi 3 hari mulai 21 Februari sampai 23 Februari 24 Februari (sudah ditambah lagi satu hari), gue rasa emailnya bakalan mulai dikirim antara 15 Januari sampai dengan H-1 audisi. Sekali lagi, audisi cuma SATU HARI. Nggak akan banyak yang dapet email gue rasa sih pasti seleksinya bener-bener ketat seketat ketatnya celana Baekhyun pas promo MAMA.

Update: Menurut keterangan dari Ajie Kurnia yang sudah mendaftar, setelah mendapat konfirmasi pertama soal pendaftaran, 8 hari kemudian dia dapat email lagi bahwa data-nya sudah diperiksa dan masuk ke SM. Email ketiga sepertinya akan berisi jadwal dan detail hari audisi. Mari doakan sodara saya ini.

Q: Lagu apa yang cocok buat audisi kalo jalur nyanyi?
A: Yang paling nyaman dan cocok dengan karakter vokal kamu, tentu saja. Katanya, strongly recommended sing in Korean TAPIIIII kalo kamu yakin Bahasa Korea kamu pengucapannya bagus dan kamu bener-bener hapal mati lagunya. Kalo nggak, nyanyikan lagu yang emang kamu suka, bisa, lancar, nggak ngeraba-ngeraba, dan nyaman.

NOTE: Menurut beberapa sumber, jangan nyanyikan lagu-lagu dari artis SM kecuali kalau kalian bisa lebih bagus dari artis SM itu. Hahaha mereka pasti sudah muak dengan lagu-lagu mereka jadi silahkan kita punya Noah, Ungu, even Kangen Band. Mereka nggak pernah kan dengerin Kangen Band?

Q: Audisinya boleh grup gak?
A: Nggak. Di website nggak ada penjelasan soal group, jadi seharusnya sih tidak direkomendasikan melakukannya.

Q: VJ-ing, MC-ing dan Modelling nggak harus bisa dance kan?
A: Iya. Nggak harus bisa dance.

Q: Kalo audisi bawa alat musik, boleh gak?
A: Nggak disarankan sih. Karena waktu kamu kan cuma 2 menit lagipula SM mintanya akapela. Akapela itu apa sih pengertiannya?

Akapela adalah menyanyi tanpa suara instrumen. Jadi? Nggak usah bawa alat musik.

Nah disinilah video itu berguna. Kamu bisa masukin link video kamu nyanyi dengan piano, gitar atau alat musik lain di video itu buat bahan pertimbangan.

Q: Waktu audisi nyanyi, boleh sambil nge-dance?
A: Nggak. Kamu bukan BoA. Bahkan BoA aja nggak bisa nyanyi sambil ngedance secara sempurna. Dia sendiri mengakui itu.

Q: Audisinya bakalan kayak gimana sih?
A: Untuk semua kategori, akan disediakan sebuah kamera di hadapan juri dan kamu HARUS FOKUS ke kamera itu, bukan ke jurinya. Anggep aja juri itu pohon kaktus dan berusahalah untuk fokus ke bakat kamu dan di depan kamera.

Sepengalaman gue, nggak semua orang bisa akrab dengan kamera kalo jarang bergaya di depan kamera. Sebelum hari audisi, silahkan sering-sering latihan ngomong depan kamera, rekam nyanyi kamu, perhatiin ekspresi kamu, koreksi. Rekam dance-nya, koreksi kesalahannya, perbaiki.

Itu bikin biasa banget sama kamera. Hehehe gue soalnya orang yang sangat anti kamera video jadi gue tahu kelemahan gue XD

Q: Harus bisa Bahasa Korea nggak sih?
A: Nggak. Mereka buka audisi di Indonesia kan? Ya mereka harus terima kalo ada orang Indonesia yang berbakat tapi gak bisa Bahasa Korea. Tapi kalian akan diajari kalo kalian lolos. Lihat aja Tao, Kris, Amber, Victoria, Henry, Zhoumi, dan lain-lainnya.

Q: Boleh gak kalo kita ngasi video dance kita di lokasi?
A: Nggak. Itulah kenapa kamu dikasih section buat naruh link URL video kamu. Usahakan upload di YouTube aja.

Q: Harus pake nama Korea gak kalo email ke SM-nya?
A: Kalo nama Korea yang kamu maksud kamu dapatkan dari aplikasi Facebook, NGGAK USAH LAH YA TUHAN YA KARIM.

Q: Yang ikutan kan pasti banyak. Nggak capek apa mereka ngecek email? Bakalan kebaca nggak email gue?
A: Yang capek kan mereka kamu gak usah pikirin mereka karena mereka dibayar untuk itu. 100% akan dibaca. SM Entertainment gitu. Kecuali kalo emang Tuhan melarang kamu jadi artis karena takdir kamu bukan disitu, bisa aja emai kamu keselip ke spam.

Q: Kenapa waku yang disediakan cuma 2 menit?
A: Karena yang audisi bukan cuma kamu tapi ratusan orang. Mereka cuma punya waktu satu hari dan itu harus selesai dalam satu hari itu juga. Tapi kalo misalnya kamu nyanyi dan mereka menikmati suara kami dan lebih dari 2 menit nggak berasa, itu pertanda baik.

Q: Kalo audisi buat dancer, harus nyanyi gak?
A: NGGAK

Q: Kalo udah kirim email nih, terus ada yang salah, harus kirim ulang?
A: NGGAK USAH. Seharusnya emang di cek dulu baru dukirim ulang sih makanya.... :( Takutnya kalo kirim lebih dari sekali dikira kayak main-main. Spam.

Q: Perlu nulis, "Halo nama saya XX, saya suka banget sama SM dan pengen jadi trainee soalnya .......... " gak di form?
A: NGGAK. Cukup isi aja prestasi yang mendukung jalur audisi kamu. Jangan terlalu berbasa-basi. Bukan cuma kamu yang audisi, inget inget.

Q: Kalo dance, video yang kayak gimana yang harusnya dikasi buat SM di form?
A: Ada banyak pendapat soal ini. Salah satu yang gue baca, jangan kasi video cover dance, tapi lebih baik kasi video freestyle dance. Karena kalo video cover dance, itu keliatannya kayak kamu fans KPop banget (dan semoga mereka nggak mikir kamu audisi cuma buat kenal sama artis mereka doang). Freestyle dance lebih direkomendasikan.

Q: MUKA AKU JERAWATAN MASA FOTONYA ADA JERAWATNYA?
A: Baru jerawat kan? Bukan tai kambing di muka kamu? Yaudah sih.

Q: Indonesia kan jadi negara pembuka audisi. Berarti yang udah lolos harus nunggu calon trainee dari negara lain atau langsung ke Korea?
A: Menurut gue sih langsung, soalnya kan ini audisi buat jadi trainee bukan audisi ajang pencarian bakat kayak Indonesia Idol gitu. Jadi ya as soon as kamu bisa di training, ya kamu akan menjalani training dan jadi trainee


Menurut, Sahl Choi, thank for your contribution! "Iya harus nunggu sampe global audition bener bener beres. karena kalian akan diadu lagi sama peserta yang lolos dari negara lain. terus di audisi langsung sama founder baru jadi trainee."

Q: Kalo misalnya lolos tapi mau Ujian Nasional, gimana UN-nya? Kan langsung ke Korea?
A: Kayaknya sih bakalan dipertimbangkan sama SM pendidikan kamu disini. Maksudnya gini, kan semuanya bakalan transfer school tuh kalo keterima. Nanti kamu disekolahin di Korea. Tapi kalo udah nanggung tinggal UN dan lulus, kayaknya akan dikasih deh waktu buat UN dulu baru berangkat. Hehehe

Q: Kalo udah keterima jadi trainee, harus operasi plastik?
A: Tergantung standar mereka, tergantung bagaimana wajah kamu. Ada kemungkinan (yang sangat besar) akan di operasi plastik.

Q: Kalo udah dapet balasan dari SM, audisi langsung di Jakarta?
A: Iya. Nggak mungkin SM jemput kamu di rumah kamu kan. Karena lokasi resmi audisi SM cuma di Jakarta.

Q: SM Audition bisa lamar jadi cordi noona gak?
A: Ini audisi cari artis bukan cari staf. Itumah lowongan pekerjaan bukan audisi. Beda urusan.


Q: Audisi lapangan kita harus bawa apa? Registrasi maksudnya apa?
A: Hmmm... kalo misalnya kita harus bawa sesuatu yang emang dibutuhkan saat registrasi gue rasa pasti dikabarin via email sama SM-nya (email yang isinya jadwal dll), tapi buat jaga-jaga, bawa alat tulis aja, sama identitas diri. Mungkin perlu juga print-out email dari SM? Bisa dibawah juga deh. Walaupun pasti semua yang di email sudah ada database-nya di pihak SM-nya tapi buat jaga-jaga nggak apa-apa dibawa aja.

Q: Aku dapet dua email dengan dua hari yang berbeda. Harus dateng dua-duanya atau satu?
A: Aku nggak tahu sejujurnya. Tapi silahkan datang aja dulu di hari pertama, tanya sama pihak SM-nya biar lebih jelas. Apakah harus datang juga di hari yang kedua. Gitu... Siapa tahu cuma salah kirim email kan bisa jadi. Tapi siapa tahu juga emang dikasi kesempatan dua kali karena emang SM tertarik banget sama kamu. Gitu? HEHEHE 

***

Dikutip dari auditionadviceandthoughts.blogspot.com dengan dibahasakan ulang.
*




Share:

252 komentar