Siap Ikutan SM Global Audition Jakarta?

*
Excited
ngeliat judulnya? IYA! GUE JUGA! Walaupun awalnya gue sama sekali nggak yakin sama banner yang di-post orang-orang di Twitter, tapi setelah gue cek Facebook SM Audition dan menemukan banner yang sama, gue jadi yakin kalo itu nggak sekedar hoax.

Ini pertama kalinya SM membuka Global Audition di Jakarta. 2014 memang beda sih ya. Auranya juga udah beda. Kalo misalnya gue bilang ini baru awal, sepertinya juga nggak salah sih.

Masih inget dengan survey yang dilakukan SM beberapa waktu lalu lewat Facebook? Survey berbahasa Indonesia (nah ini aja udah niat banget sebenarnya mereka) itu berujung dengan Global Audition ini. Ini baru awal, sekali lagi, ini baru awal.

Jadi, mana suaranya yang mau jadi artisnya SM?!

(Hening.....) (Gue nggak mau....) (Jadi artis capek....) (Capek pencitraannya wkwkwk)

Tapi kalau ditanya, “Ron lo mau ikut audisi global SM gak?”

Jawaban gue, “Iya, mau,”

Walaupun gue nggak pengen jadi artis, tapi gue bener-bener pengen ikutan audisi. Cuma buat liat prosesnya. Cuma buat tahu rasanya. Cuma buat coba-coba. Urusan diterima atau ditolak nggak akan jadi masalah karena awalnya niat kita hanya pengen tahu. Nggak diseriusin. Penasaran aja.

Gue emang nggak akan punya harapan kalau ikut audisi di bidang nyanyi dan dance. Tapi karena Global Audition ini membuka banyak cabang audisi (olahraga kali pake cabang), gue mungkin bisa ikutan di cabang lain. Intinya, nggak usah jadi penyanyi di bawah SM, yang penting masuk SM aja udah bagus. #ketawaganteng

Walaupun gue tahu, misi lain terselubung di hati para fanboy dan fangirl adalah ingin bisa masuk SM dan ketemu sama artis-artisnya. Iya. Gue rasa semua orang pasti berpikiran yang sama. Tapi kalo niat awalnya aja udah begini, Tuhan tahu mana yang terbaik buatmu, kisanak. Tanpa niat yang tulus dan berguna, mungkin tidak akan diijinkan Tuhan hahaha

Kalo cuma pengen liat artisnya, gue nggak mau menyia-nyiakan waktu gue dengan jadi trainee tapi akhirnya nggak debut. Mending gue jadi staf aja atau tukang bersihin dorm. Kalo gajinya besar dan kontrak kerjanya jelas, gue mau deh.

Tapi... HAHAHAH masa gue capek-capek kuliah S1 Broadcast malah jadi tukang bersing-bersih? Gak ikhlas banget kalo ilmu gue nggak kepake. Lagian, Global Audition kan tujuannya buat menjadi bakat. Bukan menjadi babu. Mungkin buat yang niat kerja di SM, sebagai apapun itu, bisa dicek ke PJTKI terdekat. Mungkin ada PJTKI yang spesialis perusahaan entertainment paket lengkap dengan bagaimana cara bisa masuk ke dorm artis kesukaan atau sekedar ngintip di kamar mandi.

TKI merangkap sasaeng.

Balik lagi ke soal bakat, SM nggak cuma mencari penyanyi dan penari di audisi global ini. Ada banyak cabang (aduh gue gak nemu kata lain sepanjang ngetik ini) yang bisa kalian ikuti kalau memang niat. Sebut saja (selain nyanyi dan dance) ada model, akting, Gag Man (komedian), MC, VJ dan komposer/arranger lagu.

Luas banget kan? Seluas hati ini mengikhlaskan hubungan Yoona dan Lee Seung Gi. Bisalah salah satu kita kalo nggak kuat nge-dance, ya ngelawak aja.

Kita disini maksudnya gue dan kepribadian gue yang lain.

Lebih detail lagi soal cabang-cabang audisinya, ini dia:

1. Menyanyi

Modal utama seorang penyanyi adalah? Vokal. Jelas. Masa iya modalnya dengkul. Nyanyi emang pake dengkul? 

Buat yang selama ini sudah pede banget sama suaranya. Buat yang sejak SMA udah jadi penyanyi band, buat yang emang kursus vokal atau terbiasa nyanyi di paduan suara, yuk silahkan ikut di cabang ini yuk.

Persiapkan mental dan suara saja untuk audisi. Seperti halnya audisi ajang pencarian bakat lainnya, SM nggak akan minta kalian bawa macam-macam. Cukup bawa diri dan email konfirmasi kalau kalian boleh ikut audisi (gue nggak tau sih ini harus dibawa atau nggak tapi sebaiknya di bawa aja. Mungkin akan ada loket penukaran email konfirmasi dengan nomor panggil yang ditempel di dada). Masuk ke ruang audisi, nyanyi.

Karena ini bukan karaoke atau singing competition, kalian nggak perlu bawa mikrofon (repot amat mas). Staf penilai ingin melihat kalian nyanyi secara akapela tanpa musik dan tanpa mikrofon. Selain itu, SM juga nggak mengharuskan kalian untuk menyanyi lagu Indonesia, Korea atau luar negeri lainnya.

Nah menurut gue ini sebuah keuntungan tersendiri. Saran gue aja sih, kalo suara kalian bagus tapi nggak terlalu bisa menghapal lirik Bahasa Korea, mending nyanyi lagu Indonesia aja. Jadi biar perfekto gitu loh. Walaupun masih ada waktu juga sih buat menghapal, toh audisinya masih Februari ini.

Nyanyiin deh lagu-lagu yang bener-bener bikin jaw drop. Jangan berpikir untuk menyanyikan lagu ‘Di Reject’-nya Jenita Janet atau ‘Oplosan’ dan sebagainya. Walaupun lagu ini terbilang epic, tapi mungkin untuk kelas audisi SM ini sangat tidak direkomendasikan.

Sekali lagi pilihlah lagu yang sesuai karakter vokal. Kalo yang suaranya bagus nyanyiin lagu-lagu rendah, pilihlah lagu-lagu rendah kayak (misal) ‘Miss Korea’-nya Lee Hyori (buat cewek) kalo buat cowok gue taunya cuma satu, ‘Really’-nya Song Joong Ki, OST Nice Guy. Itu flat banget lagunya. Ini sekedar contoh aja. Agak nggak bagus juga sih soalnya nggak menantang. Yang sering nyanyi yang lebih tahu. Gue cuma ngebacot.

Waktu kalian cuma dua menit jadi silahkan diatur bagaimana caranya bagian awal lagu – reff – ending lagu.

2. Dance

Gue pengen banget nge-dance dari dulu. Gue dulu pengen banget jadi balerina dan ini semua salah Sherina. Padahal Sherina kan cewek ya, tapi dulu gue nggak tahu kalo ternyata ada juga balerina cowok. Apa sih sebutannya? Balerino?

Untuk SM Global Audition, kalian akan diminta nge-dance freestyle dengan musik yang sudah dipersiapkan oleh SM. Gue nggak tahu sih apakah lagu yang bakalan diputer adalah lagu-lagu artisnya atau bukan (tapi sih kayaknya bukan), cuma yang jelas, silahkan latihan sebisa mungkin dan sebanyak mungkin gerakan buat inspirasi kalo-kalo musiknya nggak familiar.

Tapi gue sih nyangkanya bakalan dubstep, nggak mungkin ujug-ujug SM puter waltz kan.

Sama kayak nyanyi, dance juga cuma dikasih waktu dua menit saja untuk freestyle dance. Tapi hati-hati kalo misalnya selama ini kalian sering nonton YKS terus suka kebawa-bawa twerking oblosan. Freestyle sih. Tapi liat juga situasi dan kondisinya ya.

3. Model

Kategori model disini ada dua: model catwalk dan model CF (iklan). Akan dibedakan lagi proses audisi yang catwalk sama yang CF. Tapi yang jelas, untuk cabang ini, persyaratan umum lah yang orang-orang udah pada tahu, kalo mau jadi model harus gimana sih.

Ya tinggi badan dan berat badan harus proporsional. Nggak mungkin misalnya gue, tinggi 1,5m nggak nyampe, audisi buat jadi model. Basic jalan aja nggak punya gitu mau jadi model. Hahaha kecuali kalo bintang iklan sih bisa-bisa aja. Tapi kalo bintang iklan, gausah audisi di sini kayaknya juga bisa sih. Audisi aja tempat lain, perbanyak jam terbang, bisa deh ntar

Untuk audisi model catwalk, kalian akan disuruh pose-pose dan jalan-jalan kayak di catwalk. Tentu saja. Masa jalan di atas bara api. Sementara untuk model CF, kalian nanti bakalan disuruh berakting dengan menunjukkan mimik wajah sekaligus juga pose.

Misalnya, kalian mau konsep audisinya iklan susu. “Aku anak sehat! Ini susuku!” terus membusungkan dada.

Bisa kayak gitu.

Atau kalian mau ngiklan sampo nih misalnya. Kalo rambut kalian panjang menjuntai, jangan lupa keramas dulu sebelum audisi. Nanti kalo nggak keramas, pas kibas-kibas rambut malah ketombe pada terbang semua lagi.

Kibas-kibas aja rambut kalian, terinspirasi dari trio macan begitu kan. Atau konsepnya mau yang sampo penghilang kutu? Itu juga langka karena gue yakin jarang ada orang Korea kutuan.

Bisa juga yang lain se-kreatif kalian aja. Yang jelas, harus meyakinkan. Kalo kata Kim Woo Bin, “Sebelumnya aku nggak mau jadi aktor dan belajar akting. Tapi aku sadar kalo syuting iklan itu juga butuh akting dikit-dikit akhirnya aku belajar akting,”

Nah kurang lebih kayak gitu.

(apanya)

4. Aktor/Aktris

Audisi aktor dan aktris sebenarnya lebih gampang. Karena pada dasarnya kita semua adalah aktor dan aktris dalam kehidupan kita. Hasek. Tapi berakting sesuai naskah buatan manusia tidak sama dengan naskah buatan Tuhan.

Untuk audisi aktor/aktris ini, kalian diberikan waktu dua menit untuk berakting sebebas kalian. Naskahnya kalian siapkan sendiri nggak ada batasan dari SM improvisasi kalian mau kayak gimana. Kalian bisa akting nangis, ketawa, ketawa sambil nangis, ketawa sambil nangis sambil kayang, ketawa sambil nangis sambil kayang sambil menghapus air mata dengan sapu tangan, bebas.

Tadi gue sempat kepikiran mau ikutan aja yang cabang ini. Skenario gue nantinya kayak gini:

“Yak nomor 1991, Ronzzy Kevin, silahkan masuk,”

Kemudian gue masuk ke ruangan dengan wajah bingung.

“Assalamualaikum? Ini bener praktek dokter THT?” ceritanya gue bertanya ke salah satu juri yang orang Indonesia.

Pasti dia bakalan yang nggak ngerti dengan pertanyaan gue.

“Kamu Ronzzy Kevin?” dia bakalan nanya karena ragu apakah gue mau ikut audisi atau mau sedot serumen.

“Iya bener saya Ronzzy Kevin. Ini bener ruang praktek dokter THT?”

“Bukan ini audisi SM Global,”

“Ah masa sih?” dengan sengaja gue mengeluarkan handphone dan membaca alamat venue audisi. “Bener kok alamatnya disini. Praktek dokter THT, saya mau sedot serumen,” kemudian gue akan melirik salah satu orang Korea yang ada disitu, “Dokternya bapak ya?”

Karena gue nanya pake Bahasa Indonesia ke orang Korea, dia nggak ngerti terus akhirnya dia nanya ke staf orang Indonesia-nya. “Ini maksudnya apa?” (Pake Bahasa Korea).

“Maaf pak biar saya yang urus,” kata staf orang Indonesia. “Mas,” beralih ke gue, “Kita lagi audisi. Disini bukan dokter THT,”

“Nggak mungkin! Saya yakin banget sama google map saya! Google map nggak pernah salah! Orang waktu itu saya dari Depok mau ke Grand Indonesia turun di Stasiun Sudirman jalan kaki ke GI pake google map lancar aja kok! Nggak mungkin bohong!” gue mulai nyolot. Dia mulai kesel.

“Aduh ini gimana sih? Satpam mana satpam!”

“LOH KOK MANGGIL SATPAM SIH MBAK?! MBAK BEGO APA GIMANA SIH?”



“KENAPA KAMU MALAH NYOLOT?!”



“LOH MBAK YANG DULUAN NYOLOT! SAYA KAN MAU KE DOKTER THT KENAPA MALAH DIPANGGILIN SATPAM?! MBAK PIKIR SATPAM BISA SEDOT SERUMEN SAYA APA?!”



“SAYA KAN UDAH BILANG DI SINI BUKAN RUANG PRAKTEK DOKTER!”



“LOH MANA SAYA TAHU SAYA KAN DAPET ALAMATNYA DARI INTERNET GIMANA SIH YA SAYA NGAK TAHU KALO TERNYATA DOKTERNYA LAGI TUTUP!” padahal nggak ada yang bilang tutup.

Gue akhirnya berantem sama si staf orang Indonesia sampai dua menit kemudian.

“Yak terima kasih sekian akting saya,” terus gue keluar dengan puas.

5. Gag Man (Komedian/Pelawak)/VJ/MC

Nah kalo yang bagian Gag Man, yang kebayang sih kayak stand up comedy. Nggak ada batasan waktu yang diberikan SM menurut website official-nya. Jadi silahkan ngelawak sebisa mungkin. Demikian juga dengan nge-VJ atau nge-MC. Sebebasnya sekreatifnya. Gue jujur aja udah dapet ide juga sih bagian ini. Tapi karena gue rencananya mau ikutan, jadi ide-nya nggak gue share. Hahahah #sok

6. Arranger/Komposer: Bagian yang paling nggak ngapa-ngapain di audisi karena cuma nyerahin rekaman lagu doang dan bisa juga di attach di email.

***

Nah, permasalahannya sekarang, untuk akting, MC-ing, VJ-ing, dan Gag-ing, apakah kita harus pake bahasa Korea?

Gue rasa nggak perlu. Kenapa? YA karena kita di Indonesia gitu. Lagipula mereka juga nggak ada peraturan yang mengharuskan bahwa naskahnya harus berbahasa Korea. Kan kita nyiapin sendiri, nah, seberapa banyak persentase orang yang berbakat dan ingin ikut audisi dan bisa lancar berbahasa Korea?

Mungkin banyak tapi gue bukan salah satunya. Jadi menurut gue, menggunakan Bahasa Indonesia adalah yang terbaik. Selain karena lo menginjakkan kaki membuka audisi dan mencari anak pribumi, kenapa gue harus pake Bahasa lo gitu? #gaya #hancurkansajagelasnya

Kualitas akting, MC-ing, VJ-ing dan Gag-ing kita kalo pake Bahasa Indonesia pasti akan lebih baik ketimbang maksain pake Bahasa Korea (kecuali kalo bener-bener udah fasih banget). Lagipula, gue yakin kok bakalan ada staf Indonesia yang jadi pendamping audisi. Atau paling nggak ada orang Korea yang sudah lancar berbahasa Indonesia dan mereka ngerti apa yang kita bawain. Nggak perlu lah rasanya harus ber-Korea walaupun ini audisinya di perusahaan Korea.

CINTA BAHASA INDONESIA!

(Tapi audisinya ke perusahaan Korea)

(EA SAMA AJA BOHONG)

(YASUDAHLAH)

Bagaimana caranya daftar SM Global Audition?

Pendaftaran sudah dibuka sejak kalian menghabiskan waktu membaca postingan ini. Cara pendaftaran yang diberikan SM ada tiga:


1. SMTOWN Online
*
*
Ini harus punya akun di www.smtown.com, buat yang sering nulis fanboard pasti tahu cara login-nya. Setelah punya akun, kalian buka www.smtown.com/link/audition, kemudian cari INDONESIA untuk mengubah bahasa-nya, lalu klik ‘How To Apply'
 *
*
Kalau belum punya akun dan males bikin, gampang, kalian tinggal login Facebook/Twitter, kemudian klik LOGIN di bagian kanan atas layar, terus nanti muncul dialog tab, kalian klik aja logo Facebook/Twitter. Otomatis bakalan ke login via Twitter/Facebook. Tapi inget, penting buat kalian untuk mengingat email Twitter/Facebook kalian kalau-kalau lolos seleksi dan dapat email balasan. Demikian juga untuk email SMTOWN ID.
*

* 
*
NOTE: Login Facebook + Twitter sering error dan muncul kayak gini:
*

2. Everysing APP
*
*
Ini harus punya aplikasi Everysing yang setahu gue ada di Android dan iPhone. Ada PC-nya juga sih. Sama kayaknya ini juga harus login dulu di Everysing-nya dengan akun Everysing. Gue gak tahu akun SMTOWN bisa dipake atau nggak dan bisa konek FB/Twitter atau nggak. Karena gue nggak tahu jadi gue nggak merekomendasikan cara ini.

3. Email.
*
*
Ini cara yang paling gampang sih sebenernya dan paling direkomendasikan buat yang nggak mau repot bikin akun SMTOWN/Everysing.

Silahkan kirim email lo ke: 2014indonesia@smtown.com

Apa saja yang harus disertakan?

1. Nama/Jenis Kelamin
2. Wilayah Audisi – berbeda dengan audisi di Negara lain, karena Indonesia hanya di Jakarta, jadi tulis wilayah audisinya JAKARTA.
3. Tanggal Lahir
4. Cabang yang dipilih. Cuma bisa ikut satu cabang dan nggak boleh ikut dua cabang untuk satu periode audisi. Misal, kalian udah pilih nyanyi terus nggak lolos, kalian nggak bias ikut dance. Pilih satu yang udah bener-bener yakin. Kecuali kalo kalian niat banget mau audisi ke USA juga silahkan isi USA - Kota apa (US atau Canada) (contoh aja ini). Emailnya berarti dua kali.
5. Kontak – Telepon & Email
6. Foto/video. Foto disini maksudnya foto jelas. FOTONYA SATU, TAMPAK DEPAN. Medium close-up bolehlah. Jadi shot-nya dari bawah dada sedikit, sampai ujung kepala (kasi ruang sedikit di atas kepala).

NO MAKE UP! Ini yang paling penting dari audisi SM. Mereka pengen liat muka lo yang bener-bener polos. NO PHOTOSHOP OR CAMERA360!

Hahaha penting tuh. Karena setelah ini, foto lo akan diseleksi kalo lo lolos seleksi berkas baru lo bisa ikut audisi lapangan. Means, nggak semua berkas yang masuk berhak datang audisi. Hanya email yang dibalas saja. NGGAK BISA DAFTAR ON THE SPOT. Ini bukan nonton cover dance. Ini SM, yang artinya: NO MERCY.

Video tidak wajib dilampirkan tapi kalau mau silahkan. Mungkin ini bisa menambah rasa penasaran para auditor(?) dan nggak nge-judge kalian dari cuma wajah dan tampang doang.

Contoh email:

SUBJECT: SM Global Audition - Indonesia - Application -- Bebas aja sih sebenernya ini subject-nya ya. Soalnya di Website nggak ada penjelasan ternyata kkk~ maafin. Gue kira gue udah nulis kemaren.
Nama/Jenis Kelamin: Ronzzy Kevin/Laki-laki
Wilayah Audisi: Jakarta
Tanggal Lahir: 3 Mei 1991
Bidang yang dipilih: MC
Kontak: (1) 081757xxxxx (2) ronzzykevin@gmail.com
Foto:
*
*
Syarat yang tertulis di website SM Audition format emailnya kayak gitu. Tapi kalau misalnya kalian mau lebih lengkap, silahkan ikuti format pendaftaran via SMTOWN account ini (klik gambar untuk memperbesar):
*

*

PENTING:
  1. SM GLOBAL AUDITION TERBUKA UNTUK SEMUA UMUR. BOHONG KALO ADA YANG BILANG UMUR LO CUMA BOLEH 10 TAHUN MINIMAL DAN MAKSIMAL 15 TAHUN.
  2. SM GLOBAL AUDITION GRATIS. HATI-HATI DENGAN AKUN YANG NGAKU-NGAKU DARI SM DAN MINTA BAYARAN. SETAN ADA DI MANA-MANA BAHKAN DI WAJAH BAEKHYUN (ini perumpamaan gitu maksudnya wajah sepolos apapun bisa jadi setan).
  3. PENDAFTARAN DITUTUP H-1 AUDISI. MEANS KALIAN BISA DAFTAR MULAI SEKARANG SAMPAI 20 FEBRUARI 2014 LEWAT SALAH SATU CARA YANG GUE TULISKAN DI ATAS.
  4. INI PERSYARATAN AUDISI BUKAN PERSYARATAN JADI TRAINEE. JADI TRAINEE ITU SETELAH KALIAN IKUT AUDISI DAN LOLOS. JADI KALO ADA FANBASE YANG NGETWEET SOAL PERSYARATAN JADI TRAINEE SM, MOHON DISIKAPI SEBIJAKSANA MUNGKIN.
  5. KENAPA GUE PAKE CAPSLOCK GUE JUGA NGGAK TAHU KEBAWA NYOLOT KARENA DOKTER THT.

Untuk waktu dan tempatnya bakalan di announce sama SM nanti. Jadi catet tanggalnya 23 Februari 2014 PENAMBAHAN HARI AUDISI: 21, 22, 23 DAN 24 FEBRUARI. Itu hari Jumat, Sabtu, Minggu DAN SENIN, kesempatan cuma sekali. Silahkan luangkan waktu dan manfaatkan kesempatan!

GOOD LUCK GUYS! 

Kita ketemu 21, 22, 23, 24 Februari 2014! :D :D :D

***

BACA JUGA: Pertanyaan & Jawaban Seputar SM Global Audition Jakarta 

Share:

103 komentar

  1. wah, om ron niat sekali mau ikut audisi sampe bikin beginian
    ketauan nih mau cari yang senasip, trus bareng2 ke sana biar ga grogi XD

    sukses buat ntar audisi ya om... ciao!

    ReplyDelete
  2. Thank you kak udah buat postingan ini. Mau coba peruntungan juga di jalur vocal :D ohya kak menurut lo nih, kalo pas disana kita nyanyiin lagu korea bisa jadi nilai tambah gak sih? secara kan nanti kita disananya kalo kepilih jadi artis yang pake bahasa korea... btw, itu video maksudnya video gimana sih kak? video sesuai jurusan (?) yang kita pilih gitu? kalo misal nyanyi, video nyanyi kita gitu ya kak? masih gak ngeh soal yang itu hehehe. berjuang sama2 ya kak, semoga nanti ketemu disana :D aku mau foto sama kakak :D hahaha

    ReplyDelete
  3. ntar kalo udah selesai audisi sm ceritain di blog ya hohoho

    ReplyDelete
  4. Kak.. Gue masih selalu bingung.. Untuk yang berhijab bleh ga ya ikut audisi??-_- pengen ikut tapi ...u.u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada larangan di website yang gak membolehkan hijab kan ya? berarti boleh. yang nggak boleh cuma photoshop foto doangs

      Delete
  5. hwaiting kak! gue do'ain deh lolos,smoga kmampuan lo ngeMC sehebat kmampuan lo buat spazzing~ jadi bikin semua auditor terpukau...
    gue nunggu postingan lo abis audisi deh yaaa... ^^v

    ReplyDelete
  6. nyesek doang bacanya. ngarep semoga ada staff sm audition yg jalan2 terus ketemu gue terus dipungut gitu haha banyak kan artis2 sm yg kaya begitu *jeritan keputusasaan

    btw semangat ya kak ron!! kl lolos titip salam buat kyupil chanyeol xiumin baekhyun do itu dulu lah lainnya nyusul.
    iya juga pengennya cm liet artis2nya doang ga pengen jd artis. kayaknya ntar hidupnya bakal always under pressure -.-
    entahlah.
    #galau

    ReplyDelete
  7. Bang~ ijin share yaa.. infonya membantu banget
    big thanks yeh bang^^

    ReplyDelete
  8. Kak ron, kalo misalnya kak ron lolos seleksi nih ya.. Trus kak Ron kan punya kesempatan buat ketemu sama EXO, aku titip salam aja yah :p Semangat kak.. Semoga berhasil!! Fighting!!

    ReplyDelete
  9. Kak Ron serius ikut SM Audition?

    ReplyDelete
  10. Weh bro hahaha
    baru kali ini baca info + artikel semenarik ini
    penyampaian yang keren
    trima kasih buat informasi lengkapnya
    sampai ketemu di lokasi :p

    ReplyDelete
  11. weewww...lengkap lengkip infonya kayak toserba :D
    ga tau kenapa kalo bang Ron yg bilang kok aku percaya yah, perlu dicatet nih satu kemampuan tambahanmu : mempengaruhi orang :D
    jadi pengen iseng coba2 ikutan daftar yg lewat email..hihihii. oh eh iya, yg pke jilbab gimana yah..pertanyaan bagus tuh..
    share yah, postingan bagus :D

    ReplyDelete
  12. kak semangat ye audisinya, nanti kalo udah audisinya, ditunggu ceritanya :)
    asli ngakak banget ps yang bagian akting :))

    ReplyDelete
  13. Gue berasa dapet pencerahan baca tulisan ini. Jadi kak ron, gue inget banget SMent Global Audition di Indonesia itu merupakan doa gue waktu gue gagal SNMPTN. Kasian banget. Dan gue benar-benar yakin dan sadar sekarang, doa orang yg teraniaya itu emang di kabulin. Soalnya gue merasa teraniaya waktu gagal SNMPTN. kkk
    Semoga berhasil dengan audisinya kak, gue juga.
    Sebenernya gue berharap ada SMent search babu 2014. buakakaka!

    ReplyDelete
  14. Waaah cabangnya banyak yaa? Berarti staf yang dibawa banyak dong~ Berarti interpreter yang dibutuhkan banyak dong~ *ketawa seneng* *tengok kanan kiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih banyak Niz. tapi pasti bakalan kerjasama dengan EO indonesia kan, mereka juga pasti nanti nyarilah korean yg bisa indonesia ya? kalo audisi beda bahasa gini, agak susah gak sih kalo gak yang ahli dan ngerti indonesia gitu wkkwkw

      Delete
  15. om Ron saya mau nanya, misalkan klo kita ngasih foto + Vid juga bsa kan ?? atau mesti salah satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dua duanya, boleh hanya foto. Tapi gak boleh hanya video. Karena dari informasi di website, foto yang diutamakan :)

      Delete
  16. Halo kak ron. Aku tertarik sama yang arranger atau komposer. Kak diminta penjelasan lebih lanjut kak tentang cara pengiriman contoh lagu lewat emailnya. Soalnya cuma info komposer yang sedikit banget dari kakak. Dimohon pencerahannya kak :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh itu juga karena emang di website-nya siih gak terlalu banyak dijelasin. Tapi yang jelas, komposer kan nggak audisi ditempat yak. di website-nya sendiri ditulis "Tinggal bawa CD berisi lagu-nya ke tempat audisi", tapi ini juga jadi agak bingungin karena kan kita harus kirim foto dll dan harus dapet balesan email dulu.

      walaupun foto gak bakalan jadi pertimbangan sih krn komposer kayaknya ga harus punya tampang.

      gampangnya sih gini aja. kamu email aja sesuai dengan persyaratan data diri yang ada. sebaiknya contek form yang aku tampilin di atas itu. nah nanti pas kamu email ya kirim aja link soundcloud lagu kamu misalnya atau file lagu kamu di attach aja.

      di attach aja sih aku rasa. heheh semoga membantu.

      Delete
    2. Oke makasih yaaaaa kak ron.. thanks pencerahannya :)

      Delete
  17. Kak, kalau fotonya harus foto studio gitu gak sih? atau boleh dari camera hp juga? Makasih banyak ya kak Ron :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca ini deh http://www.kaoskakibau.com/2014/01/SMGlobalAuditionJakarta-Questions-and-Answer.html

      disitu gue udah bahas soal foto.

      Jadi sebaiknya foto sendiri. Bukan foto studio profesional :) Kalo pake hape, yang megapixelnya bagus dan cahayanya cukup. Hindari pake kamera depan/VGA.

      Delete
  18. Wah makasih ya kak ron. Nanti akan saya coba. Terima kasih infonya. :)

    ReplyDelete
  19. Lo ud lukus audisi yg lewat email kak?! :o

    ReplyDelete
  20. kalo udah lolos audisi, langsung dijadiin trainee tah?

    ReplyDelete
  21. Gak ada batasan umur? Kalo gitu selesein kuliah dulu deh siapa tau nanti sm buka audisi di jkt lagi ._.

    ReplyDelete
  22. min mau tanya dong, yg bagian kontak tuh gua isinya yg kedua doang dan itu gua isi nomor hp gua bukan e-mail terys nation gua masa korea pas bikin accnya ga ada pilihan countrynya. jadi gimana tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MINNNNN HAHAHAHA nama gue Ron bukan Mintaul.

      Anyway, harusnya lo isi Nomor HP dan EMAIL. Ya jelas-jelas kata SM 'Yang ikutan audisi lapangan hanya yang EMAIL-nya dibales' ya gimana lo bisa tahu kalo lo misalnya lolos tanpa menyertakan email lo? HAHAHA tapi kalo emang lolos bakalan di telepon mungkin kalo mereka ngerasa lo bener bener layak.

      Maksudnya disini nation di form mana nih? Form audition? Seharusnya sih ada. Kalo nggak mungkin belom ke-load sempurna.

      Delete
    2. oheheh maaf deh maaf Ron, nation di form audition iya di pas register accnya juga iya, kan harusnya pas bikin acc itu join yg foreigners living outside korea kan ? tapi itu masa ga bisa

      Delete
    3. bisa coba link ini https://membership.smtown.com/ trus ganti ENGLISH di pojok kanan atas

      Delete
    4. kaga bisa english ron katanya "해당아이피는내부아이피입니다" "IP adalah IP internal", kalo gua daftar lagi aja gimana ron ?

      Delete
    5. duh kayaknya aku dari tadi buka pendaftaran smtown santai2 aja gak ada masalah. kamu pake firefox atau chrome? firefox aja coba deh. kalo gabisa yaudah berarti email aja gausah pake smtown id. hahaha

      Delete
    6. wkkkkk, okeoke maaf banget nih udah bikin repot haha. BTW makasih banget atas info dan bantuannya sorry kalo repotin, haha

      Delete
    7. oh iya maaf mau tanya satu lagi, hehe kalo lewat e-mail kita harus ngeklik e-mail applynya dulu apa langsung aja tulis e-mailnya lewat g-mail ?

      Delete
  23. Itu kalau daftar lewat email bahasanya inggris atau indonesia? Soalnya diblogini pakeindonesia jadi bingung.tolong direspon makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut aku pake Bahasa Inggris aja. Di situs SM sendiri gak ada sihhhhhh peraturan pake Inggris/Indonesia. Tapi cari aman pake Inggris (dengan ketelitian grammar).

      silahkan sertakan bahasa Indonesia juga kalo mau haha cari aman aja Inggris deh. #LABIL

      Delete
  24. ka ron, itu cara daftar nya kan ada 3..
    berarti bebas pake salah satu nya aja kan? kalau saya mau pake yang SM Town online, berarti yang e-mail gx usah? atau dua-dua nya aja?

    ReplyDelete
  25. Hai, kbetulan saya lg nyari" cara buat daftar. dan untungnya ketemu blog ini. nah yg jdi prtanyaan saya.. metode ketiga itu apa berhasil ? Lalu, apakah anda sendiri di terima dan mendapat balasan ? lalu Video nya sesuai bidang yg kita ambil ? jika kta ambil dance mka kta perlu mengirim video dance jga ? kira" brpa lama SM akn membls email kta ? #maafkebanyakanbertanya #TerlaluOptimisUntukIkutAudisi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. metode ketiga apa berhasil? --> banyak temen yang udah kirim dan berhasil.
      2. Saya belom kirim email sama sekali karena masih belom ada niatan. jadi gak dapet balasan.
      3. videonya sesuai bidang yang kita ambil.
      4. untuk global audition biasanya butuh waktu satu mingguan? sekitar itu.

      Delete
  26. balesan emailnya kpn ya ? sebelum audisi kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira kira satu minggu setelah kamu kirim email lah ya hehehe

      Delete
  27. kak ron , aku mau ngirim email eh tapi kok gak bisa ke kirim ya kak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak tanggal 5 dan 6 kemaren email SM untuk penerimaan emang penuh sehingga nggak bisa menerima email untuk sementara waktu. untuk tanggal 7 hari ini aku belom coba kirim buat ngecek masuk atau nggak sih. coba aja terus.

      Delete
  28. masa ya kak kemarin aku send .. eh penuh gitu terus gimana nih kak :( trus rumor katanya SM audition mau ditutup karena kebanyakan emang bener ya ? *curhat dong mah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. email penuh itu memang bener tapi kalo ditutup karena kepenuhan email itu bohong.

      Delete
  29. kak roon thanks infonyaa!:D aku pengen ikut tapi bakatttt diantara pilihannya belum keliatan(?) ;-; /seketika mendung /abaikan

    ReplyDelete
  30. Gak semua yg daftar bisa diaudisi kan?? Ada target.a gak om, si sm mau ngaudisi brapa orang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dipanggil buat audisi cuma yang dapat email balasan dari SM aja. kalo mau ngaudisi berapa orang yang tergantung SM-nya aku sih nggak tahu bisa aja 5 orang bisa 10 bisa 100 bisa 2000 ya itu tergantung berapa jumlah bakat yang menurut SM menarik untuk dilihat.

      Delete
  31. kak ron bener-bener sangat lah minat untuk ikut audisi inih ~wks ._.

    ReplyDelete
  32. mana aktingmu bagus bgt lagi kak pas bagian aktris-_-! , kalo aku udah lulus SMA bakal dah ikut nih audisi ..tapi ngapain *PLOK .-.

    ReplyDelete
  33. kak aku kan bikin jam 8 terus jam 9nya langsung di bales dari audition manager, itu berarti lolos ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. liat dulu isi emailnya apa kalo bukan jadwal lokasi berarti belom lolos. baca disini ya http://www.kaoskakibau.com/2014/02/SM-Global-Audition-PART-1.html

      Delete
  34. min aku mau nanya
    kan aku baru buat email trus aku mau gabung jadi member sm lha di inboqku kok gak ada tulisan confirm dari pihak sm ?
    malah ada tulisan gini maksudnya gimana ?
    This e-mail does not have return address.
    Please contact SMTOWN Customer Center for inquiries.

    ReplyDelete
  35. kak aku mau nanya
    aku kan baru buat email trus aku mau bergabung sama member sm tpi di kotak masukku kok gak ada tulisan confirm dari pihak sm malah ada tulisan gini
    This e-mail does not have return address.
    Please contact SMTOWN Customer Center for inquiries.
    maksudnya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih???? coba lagi aja emailnya diganti. email kamu yahoo apa gmail? pake gmail deh.

      Delete
  36. iya. kalau emailnya sudah dibales itu pertanda apa ? qta diterima untuk audisi di lapangan apa kita di tolak ?? soalnya kata" yang dikirim ambigu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca disini ya http://www.kaoskakibau.com/2014/02/SM-Global-Audition-PART-1.html

      Delete
  37. kak,aku mw tnya.knp stiap aku mau buat sm akun nya selalu eror,pdahal email aku msih aktif .tapi setiap coba selalu gak bisa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. email kamu gmail apa yahoo? mending pake gmail. kalo gabisa berarti server smnya eror

      Delete
  38. Kak mohon bantuannya ya..
    Sampai saat ini aku ngga bisa mendaftar..
    Tapi aku ngga tau permasalahan nya..
    Aku pengen ambil di bagian dance..
    Kakak tau ngga kenapa ngga bisa daftar sampai sekarang??
    Please banget agar di reply
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. AHAHAHAH AKU BINGUNG MASALAH KAMU DIMANA kenapa kamu gak bisa daftar apa ada masalah sama kamunya atau email kamunya atau id kamunya atau kepribadian kamunya atau apa -3- aku jadi bingung

      Delete
  39. kak, kan aku udah daftar melalui akun SM, trus setelah daftar kaya ada balesan gitu dari Manager Audisinya. kira-kira itu balesan apa sih? masih bingung :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk baca disini udah gue jelasin http://www.kaoskakibau.com/2014/02/SM-Global-Audition-PART-1.html

      Delete
  40. Kak inbox gue udah masuk. Tapi gak ada balesan dari SM. Berarti gak keterima yah???

    ReplyDelete
  41. Kak itu career sama self intro perlu diisi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PERLU LAAAAH silahkan baca disini http://www.kaoskakibau.com/2014/02/SM-Global-Audition-PART-1.html

      Delete
  42. kak, ini kita isi hanya folmulir pendaftarannya doang kan? atau gmn??
    (soalnya nggak ada tempat untuk video kita nyanyi atau ngdance)

    ReplyDelete
    Replies
    1. diisi sesuai permintaan aja. iya selengkap2nya. video gak wajib. yang wajib foto.

      Delete
  43. ron....gw wda dpet balesan dari SM n kta na audisi tgl 22,,,
    tp bkn na yg loe konfirm tu tgl 23 y??
    gimana tu,,,bneran konfirm asli taw hoax hacker j...
    plisss di balas y,,,mkacyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. audisi SM Global mulai 21 22 23 Februari. kalo lo dapet email tanggal 22 ya berarti 22. gue juga tanggal 22 kok.

      Delete
  44. kak itu ngirim emailnya dibadan email apa attach?? mksh sblmnya

    ReplyDelete
  45. kak ron .. boleh minta bantuannya gak .. aku kan pernah bikin account di sm townnya tuh .. trus di email aku ada balesan kaya suruh confirmation gitu .. tapi pas aku klik error .. trus sekarang katanya udah ga berlaku .. haha .. ngakak sih .. tapi nyesek juga .. kalo pake email .. kira-kira itu efektif gak sih kak .. trus kalo aku ngasihnya vn , bukan video boleh .. ?? tapi tetep ada fotonya .. gimana kak ..?? minta tolong banget ya ... balesannya .. ditunggu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin ID baru. pake email yang berbeda. buruan di konfirmasi setelah lo bikin ID-nya. voice note boleh aja kayaknya tapi mending lo upload ke soundcloud gitu.

      Delete
  46. ka .. kalo ngirim pake email itu efektif atau engga .. trus .. kalo misalkan aku ngirimnya rekaman suara aku lagi nyanyi sama foto doank itu boleh ga sihh ,,?? bales yaw ..

    ReplyDelete
  47. Kak ron berangkat audisi? Dipercepat dua hari nih. Bantu aku bikin skenario akting dong TT^TT

    Lbh baik akting atau model CF? >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh sori aku aja belom bikin apa ap ahahahahahaha

      tergantung kamu PD dan yakinnya dimana. akting kah atau CF kah.

      Delete
  48. Annyeong, sory nh gue pengen nanya.. mnurut balesa dr SM tanggl audisinya 22 februari .. g mana tuh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya halo sori ya aku belom update tulisannya. Hari audisi ditambah jadi 3 hari sejak 21, 22 dan 23 februari. Thanks~~~~~

      Delete
  49. Sebenernya audisinya 3 hari atau semuanya hari jumat tgl 21 feb sih?? 'o')?

    ReplyDelete
  50. Waduh kak ron.gue masih bingung nih.. pgen nyanyi tapi dance juga pgen.. ah mending ke komedi biarr ngakak semua..

    ReplyDelete
  51. Kak ron emang artis dari SM Mau dateng tgl 23 nanti?? ..

    ReplyDelete
  52. kak ron aku kok gak dapet balesn dari sm yah gimana dong :( lewat sm id juga susah banget . kasih solusi please :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kendalanya dimana? udah punya ID kan? soalnya aku daftar kayak yg santai aja gitu loh. Mungkin kebetulan server lagi sibuk. Coba kalo daftar agak subuh2 gitu deh.

      Delete
  53. kak,aku kan rencananya milih nyanyi,terus rekaman suaranya dikirim juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicantumin aja link nya. soundcloud atau youtube.

      Delete
  54. Maaf mau tanya disini yg uda dapat email balasan mengenai waktu dan tempat audisi siapa aja ya??

    ReplyDelete
  55. Mau nanya, emang SM Ga nerima orang yang pake kaca mata yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahuku Chanyeol sebelum masuk SM pake kacamata dan akhirnya di lasik. Artinya ya bisa-bisa aja.

      Delete
  56. First,, thanks buuaaanget buat kak Ron yg udah ngepost ni informasi. Kasi tigaratus jempol dah buat kakak wkwkwkkk. Good luck buat audisinya and hope we'll got it ^^
    smangat 45 kakak.

    ReplyDelete
  57. Kak ron aku kan daftar lewat web SM. Pas klik submit malah keluar halaman "error has occured" terus pas mau daftar lagi ada tulisan "you have submitted your applicant" tapi aku gak dapet email thank you for submitting dari SM :( itu kenapa yaa kak? Apa mendingan aku daftar lagi lewat email?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak emang gk boleh kalo fotonya pake kamera depan?

      Delete
  58. kak, aku kan daftar lewat webnya SM Town itu gak pake self intro sama career (gak aku isi), tapi alhamdulillah lolos..
    nah yg lbh aneh lagi itu, aku kan pilih audisi yg tgl 22, eh tapi kok aku dpt balesan audisi tgl 24 jam 16.00 yah ?

    ReplyDelete
  59. kak mau tanya plisss........ kok aku LOGIN di website kaya gambar diatas gak bisa ya ? gimana tolong ?

    ReplyDelete
  60. sama aku juga nggak bisa huhu.. kayak ada notification gagal gitu di paling atas halaman.. jadi galau nih padahal pengen banget ikut..

    ReplyDelete
  61. nanya dong, untk ukuran foto yang haruus dibawa saat audisi ukuran brpa? 3x 4? 4R 3R 2R1R???? tolong bales..

    ReplyDelete