Siap Ikutan SM Global Audition Jakarta?

*
Excited
ngeliat judulnya? IYA! GUE JUGA! Walaupun awalnya gue sama sekali nggak yakin sama banner yang di-post orang-orang di Twitter, tapi setelah gue cek Facebook SM Audition dan menemukan banner yang sama, gue jadi yakin kalo itu nggak sekedar hoax.

Ini pertama kalinya SM membuka Global Audition di Jakarta. 2014 memang beda sih ya. Auranya juga udah beda. Kalo misalnya gue bilang ini baru awal, sepertinya juga nggak salah sih.

Masih inget dengan survey yang dilakukan SM beberapa waktu lalu lewat Facebook? Survey berbahasa Indonesia (nah ini aja udah niat banget sebenarnya mereka) itu berujung dengan Global Audition ini. Ini baru awal, sekali lagi, ini baru awal.

Jadi, mana suaranya yang mau jadi artisnya SM?!

(Hening.....) (Gue nggak mau....) (Jadi artis capek....) (Capek pencitraannya wkwkwk)

Tapi kalau ditanya, “Ron lo mau ikut audisi global SM gak?”

Jawaban gue, “Iya, mau,”

Walaupun gue nggak pengen jadi artis, tapi gue bener-bener pengen ikutan audisi. Cuma buat liat prosesnya. Cuma buat tahu rasanya. Cuma buat coba-coba. Urusan diterima atau ditolak nggak akan jadi masalah karena awalnya niat kita hanya pengen tahu. Nggak diseriusin. Penasaran aja.

Gue emang nggak akan punya harapan kalau ikut audisi di bidang nyanyi dan dance. Tapi karena Global Audition ini membuka banyak cabang audisi (olahraga kali pake cabang), gue mungkin bisa ikutan di cabang lain. Intinya, nggak usah jadi penyanyi di bawah SM, yang penting masuk SM aja udah bagus. #ketawaganteng

Walaupun gue tahu, misi lain terselubung di hati para fanboy dan fangirl adalah ingin bisa masuk SM dan ketemu sama artis-artisnya. Iya. Gue rasa semua orang pasti berpikiran yang sama. Tapi kalo niat awalnya aja udah begini, Tuhan tahu mana yang terbaik buatmu, kisanak. Tanpa niat yang tulus dan berguna, mungkin tidak akan diijinkan Tuhan hahaha

Kalo cuma pengen liat artisnya, gue nggak mau menyia-nyiakan waktu gue dengan jadi trainee tapi akhirnya nggak debut. Mending gue jadi staf aja atau tukang bersihin dorm. Kalo gajinya besar dan kontrak kerjanya jelas, gue mau deh.

Tapi... HAHAHAH masa gue capek-capek kuliah S1 Broadcast malah jadi tukang bersing-bersih? Gak ikhlas banget kalo ilmu gue nggak kepake. Lagian, Global Audition kan tujuannya buat menjadi bakat. Bukan menjadi babu. Mungkin buat yang niat kerja di SM, sebagai apapun itu, bisa dicek ke PJTKI terdekat. Mungkin ada PJTKI yang spesialis perusahaan entertainment paket lengkap dengan bagaimana cara bisa masuk ke dorm artis kesukaan atau sekedar ngintip di kamar mandi.

TKI merangkap sasaeng.

Balik lagi ke soal bakat, SM nggak cuma mencari penyanyi dan penari di audisi global ini. Ada banyak cabang (aduh gue gak nemu kata lain sepanjang ngetik ini) yang bisa kalian ikuti kalau memang niat. Sebut saja (selain nyanyi dan dance) ada model, akting, Gag Man (komedian), MC, VJ dan komposer/arranger lagu.

Luas banget kan? Seluas hati ini mengikhlaskan hubungan Yoona dan Lee Seung Gi. Bisalah salah satu kita kalo nggak kuat nge-dance, ya ngelawak aja.

Kita disini maksudnya gue dan kepribadian gue yang lain.

Lebih detail lagi soal cabang-cabang audisinya, ini dia:

1. Menyanyi

Modal utama seorang penyanyi adalah? Vokal. Jelas. Masa iya modalnya dengkul. Nyanyi emang pake dengkul? 

Buat yang selama ini sudah pede banget sama suaranya. Buat yang sejak SMA udah jadi penyanyi band, buat yang emang kursus vokal atau terbiasa nyanyi di paduan suara, yuk silahkan ikut di cabang ini yuk.

Persiapkan mental dan suara saja untuk audisi. Seperti halnya audisi ajang pencarian bakat lainnya, SM nggak akan minta kalian bawa macam-macam. Cukup bawa diri dan email konfirmasi kalau kalian boleh ikut audisi (gue nggak tau sih ini harus dibawa atau nggak tapi sebaiknya di bawa aja. Mungkin akan ada loket penukaran email konfirmasi dengan nomor panggil yang ditempel di dada). Masuk ke ruang audisi, nyanyi.

Karena ini bukan karaoke atau singing competition, kalian nggak perlu bawa mikrofon (repot amat mas). Staf penilai ingin melihat kalian nyanyi secara akapela tanpa musik dan tanpa mikrofon. Selain itu, SM juga nggak mengharuskan kalian untuk menyanyi lagu Indonesia, Korea atau luar negeri lainnya.

Nah menurut gue ini sebuah keuntungan tersendiri. Saran gue aja sih, kalo suara kalian bagus tapi nggak terlalu bisa menghapal lirik Bahasa Korea, mending nyanyi lagu Indonesia aja. Jadi biar perfekto gitu loh. Walaupun masih ada waktu juga sih buat menghapal, toh audisinya masih Februari ini.

Nyanyiin deh lagu-lagu yang bener-bener bikin jaw drop. Jangan berpikir untuk menyanyikan lagu ‘Di Reject’-nya Jenita Janet atau ‘Oplosan’ dan sebagainya. Walaupun lagu ini terbilang epic, tapi mungkin untuk kelas audisi SM ini sangat tidak direkomendasikan.

Sekali lagi pilihlah lagu yang sesuai karakter vokal. Kalo yang suaranya bagus nyanyiin lagu-lagu rendah, pilihlah lagu-lagu rendah kayak (misal) ‘Miss Korea’-nya Lee Hyori (buat cewek) kalo buat cowok gue taunya cuma satu, ‘Really’-nya Song Joong Ki, OST Nice Guy. Itu flat banget lagunya. Ini sekedar contoh aja. Agak nggak bagus juga sih soalnya nggak menantang. Yang sering nyanyi yang lebih tahu. Gue cuma ngebacot.

Waktu kalian cuma dua menit jadi silahkan diatur bagaimana caranya bagian awal lagu – reff – ending lagu.

2. Dance

Gue pengen banget nge-dance dari dulu. Gue dulu pengen banget jadi balerina dan ini semua salah Sherina. Padahal Sherina kan cewek ya, tapi dulu gue nggak tahu kalo ternyata ada juga balerina cowok. Apa sih sebutannya? Balerino?

Untuk SM Global Audition, kalian akan diminta nge-dance freestyle dengan musik yang sudah dipersiapkan oleh SM. Gue nggak tahu sih apakah lagu yang bakalan diputer adalah lagu-lagu artisnya atau bukan (tapi sih kayaknya bukan), cuma yang jelas, silahkan latihan sebisa mungkin dan sebanyak mungkin gerakan buat inspirasi kalo-kalo musiknya nggak familiar.

Tapi gue sih nyangkanya bakalan dubstep, nggak mungkin ujug-ujug SM puter waltz kan.

Sama kayak nyanyi, dance juga cuma dikasih waktu dua menit saja untuk freestyle dance. Tapi hati-hati kalo misalnya selama ini kalian sering nonton YKS terus suka kebawa-bawa twerking oblosan. Freestyle sih. Tapi liat juga situasi dan kondisinya ya.

3. Model

Kategori model disini ada dua: model catwalk dan model CF (iklan). Akan dibedakan lagi proses audisi yang catwalk sama yang CF. Tapi yang jelas, untuk cabang ini, persyaratan umum lah yang orang-orang udah pada tahu, kalo mau jadi model harus gimana sih.

Ya tinggi badan dan berat badan harus proporsional. Nggak mungkin misalnya gue, tinggi 1,5m nggak nyampe, audisi buat jadi model. Basic jalan aja nggak punya gitu mau jadi model. Hahaha kecuali kalo bintang iklan sih bisa-bisa aja. Tapi kalo bintang iklan, gausah audisi di sini kayaknya juga bisa sih. Audisi aja tempat lain, perbanyak jam terbang, bisa deh ntar

Untuk audisi model catwalk, kalian akan disuruh pose-pose dan jalan-jalan kayak di catwalk. Tentu saja. Masa jalan di atas bara api. Sementara untuk model CF, kalian nanti bakalan disuruh berakting dengan menunjukkan mimik wajah sekaligus juga pose.

Misalnya, kalian mau konsep audisinya iklan susu. “Aku anak sehat! Ini susuku!” terus membusungkan dada.

Bisa kayak gitu.

Atau kalian mau ngiklan sampo nih misalnya. Kalo rambut kalian panjang menjuntai, jangan lupa keramas dulu sebelum audisi. Nanti kalo nggak keramas, pas kibas-kibas rambut malah ketombe pada terbang semua lagi.

Kibas-kibas aja rambut kalian, terinspirasi dari trio macan begitu kan. Atau konsepnya mau yang sampo penghilang kutu? Itu juga langka karena gue yakin jarang ada orang Korea kutuan.

Bisa juga yang lain se-kreatif kalian aja. Yang jelas, harus meyakinkan. Kalo kata Kim Woo Bin, “Sebelumnya aku nggak mau jadi aktor dan belajar akting. Tapi aku sadar kalo syuting iklan itu juga butuh akting dikit-dikit akhirnya aku belajar akting,”

Nah kurang lebih kayak gitu.

(apanya)

4. Aktor/Aktris

Audisi aktor dan aktris sebenarnya lebih gampang. Karena pada dasarnya kita semua adalah aktor dan aktris dalam kehidupan kita. Hasek. Tapi berakting sesuai naskah buatan manusia tidak sama dengan naskah buatan Tuhan.

Untuk audisi aktor/aktris ini, kalian diberikan waktu dua menit untuk berakting sebebas kalian. Naskahnya kalian siapkan sendiri nggak ada batasan dari SM improvisasi kalian mau kayak gimana. Kalian bisa akting nangis, ketawa, ketawa sambil nangis, ketawa sambil nangis sambil kayang, ketawa sambil nangis sambil kayang sambil menghapus air mata dengan sapu tangan, bebas.

Tadi gue sempat kepikiran mau ikutan aja yang cabang ini. Skenario gue nantinya kayak gini:

“Yak nomor 1991, Ronzzy Kevin, silahkan masuk,”

Kemudian gue masuk ke ruangan dengan wajah bingung.

“Assalamualaikum? Ini bener praktek dokter THT?” ceritanya gue bertanya ke salah satu juri yang orang Indonesia.

Pasti dia bakalan yang nggak ngerti dengan pertanyaan gue.

“Kamu Ronzzy Kevin?” dia bakalan nanya karena ragu apakah gue mau ikut audisi atau mau sedot serumen.

“Iya bener saya Ronzzy Kevin. Ini bener ruang praktek dokter THT?”

“Bukan ini audisi SM Global,”

“Ah masa sih?” dengan sengaja gue mengeluarkan handphone dan membaca alamat venue audisi. “Bener kok alamatnya disini. Praktek dokter THT, saya mau sedot serumen,” kemudian gue akan melirik salah satu orang Korea yang ada disitu, “Dokternya bapak ya?”

Karena gue nanya pake Bahasa Indonesia ke orang Korea, dia nggak ngerti terus akhirnya dia nanya ke staf orang Indonesia-nya. “Ini maksudnya apa?” (Pake Bahasa Korea).

“Maaf pak biar saya yang urus,” kata staf orang Indonesia. “Mas,” beralih ke gue, “Kita lagi audisi. Disini bukan dokter THT,”

“Nggak mungkin! Saya yakin banget sama google map saya! Google map nggak pernah salah! Orang waktu itu saya dari Depok mau ke Grand Indonesia turun di Stasiun Sudirman jalan kaki ke GI pake google map lancar aja kok! Nggak mungkin bohong!” gue mulai nyolot. Dia mulai kesel.

“Aduh ini gimana sih? Satpam mana satpam!”

“LOH KOK MANGGIL SATPAM SIH MBAK?! MBAK BEGO APA GIMANA SIH?”



“KENAPA KAMU MALAH NYOLOT?!”



“LOH MBAK YANG DULUAN NYOLOT! SAYA KAN MAU KE DOKTER THT KENAPA MALAH DIPANGGILIN SATPAM?! MBAK PIKIR SATPAM BISA SEDOT SERUMEN SAYA APA?!”



“SAYA KAN UDAH BILANG DI SINI BUKAN RUANG PRAKTEK DOKTER!”



“LOH MANA SAYA TAHU SAYA KAN DAPET ALAMATNYA DARI INTERNET GIMANA SIH YA SAYA NGAK TAHU KALO TERNYATA DOKTERNYA LAGI TUTUP!” padahal nggak ada yang bilang tutup.

Gue akhirnya berantem sama si staf orang Indonesia sampai dua menit kemudian.

“Yak terima kasih sekian akting saya,” terus gue keluar dengan puas.

5. Gag Man (Komedian/Pelawak)/VJ/MC

Nah kalo yang bagian Gag Man, yang kebayang sih kayak stand up comedy. Nggak ada batasan waktu yang diberikan SM menurut website official-nya. Jadi silahkan ngelawak sebisa mungkin. Demikian juga dengan nge-VJ atau nge-MC. Sebebasnya sekreatifnya. Gue jujur aja udah dapet ide juga sih bagian ini. Tapi karena gue rencananya mau ikutan, jadi ide-nya nggak gue share. Hahahah #sok

6. Arranger/Komposer: Bagian yang paling nggak ngapa-ngapain di audisi karena cuma nyerahin rekaman lagu doang dan bisa juga di attach di email.

***

Nah, permasalahannya sekarang, untuk akting, MC-ing, VJ-ing, dan Gag-ing, apakah kita harus pake bahasa Korea?

Gue rasa nggak perlu. Kenapa? YA karena kita di Indonesia gitu. Lagipula mereka juga nggak ada peraturan yang mengharuskan bahwa naskahnya harus berbahasa Korea. Kan kita nyiapin sendiri, nah, seberapa banyak persentase orang yang berbakat dan ingin ikut audisi dan bisa lancar berbahasa Korea?

Mungkin banyak tapi gue bukan salah satunya. Jadi menurut gue, menggunakan Bahasa Indonesia adalah yang terbaik. Selain karena lo menginjakkan kaki membuka audisi dan mencari anak pribumi, kenapa gue harus pake Bahasa lo gitu? #gaya #hancurkansajagelasnya

Kualitas akting, MC-ing, VJ-ing dan Gag-ing kita kalo pake Bahasa Indonesia pasti akan lebih baik ketimbang maksain pake Bahasa Korea (kecuali kalo bener-bener udah fasih banget). Lagipula, gue yakin kok bakalan ada staf Indonesia yang jadi pendamping audisi. Atau paling nggak ada orang Korea yang sudah lancar berbahasa Indonesia dan mereka ngerti apa yang kita bawain. Nggak perlu lah rasanya harus ber-Korea walaupun ini audisinya di perusahaan Korea.

CINTA BAHASA INDONESIA!

(Tapi audisinya ke perusahaan Korea)

(EA SAMA AJA BOHONG)

(YASUDAHLAH)

Bagaimana caranya daftar SM Global Audition?

Pendaftaran sudah dibuka sejak kalian menghabiskan waktu membaca postingan ini. Cara pendaftaran yang diberikan SM ada tiga:


1. SMTOWN Online
*
*
Ini harus punya akun di www.smtown.com, buat yang sering nulis fanboard pasti tahu cara login-nya. Setelah punya akun, kalian buka www.smtown.com/link/audition, kemudian cari INDONESIA untuk mengubah bahasa-nya, lalu klik ‘How To Apply'
 *
*
Kalau belum punya akun dan males bikin, gampang, kalian tinggal login Facebook/Twitter, kemudian klik LOGIN di bagian kanan atas layar, terus nanti muncul dialog tab, kalian klik aja logo Facebook/Twitter. Otomatis bakalan ke login via Twitter/Facebook. Tapi inget, penting buat kalian untuk mengingat email Twitter/Facebook kalian kalau-kalau lolos seleksi dan dapat email balasan. Demikian juga untuk email SMTOWN ID.
*

* 
*
NOTE: Login Facebook + Twitter sering error dan muncul kayak gini:
*

2. Everysing APP
*
*
Ini harus punya aplikasi Everysing yang setahu gue ada di Android dan iPhone. Ada PC-nya juga sih. Sama kayaknya ini juga harus login dulu di Everysing-nya dengan akun Everysing. Gue gak tahu akun SMTOWN bisa dipake atau nggak dan bisa konek FB/Twitter atau nggak. Karena gue nggak tahu jadi gue nggak merekomendasikan cara ini.

3. Email.
*
*
Ini cara yang paling gampang sih sebenernya dan paling direkomendasikan buat yang nggak mau repot bikin akun SMTOWN/Everysing.

Silahkan kirim email lo ke: 2014indonesia@smtown.com

Apa saja yang harus disertakan?

1. Nama/Jenis Kelamin
2. Wilayah Audisi – berbeda dengan audisi di Negara lain, karena Indonesia hanya di Jakarta, jadi tulis wilayah audisinya JAKARTA.
3. Tanggal Lahir
4. Cabang yang dipilih. Cuma bisa ikut satu cabang dan nggak boleh ikut dua cabang untuk satu periode audisi. Misal, kalian udah pilih nyanyi terus nggak lolos, kalian nggak bias ikut dance. Pilih satu yang udah bener-bener yakin. Kecuali kalo kalian niat banget mau audisi ke USA juga silahkan isi USA - Kota apa (US atau Canada) (contoh aja ini). Emailnya berarti dua kali.
5. Kontak – Telepon & Email
6. Foto/video. Foto disini maksudnya foto jelas. FOTONYA SATU, TAMPAK DEPAN. Medium close-up bolehlah. Jadi shot-nya dari bawah dada sedikit, sampai ujung kepala (kasi ruang sedikit di atas kepala).

NO MAKE UP! Ini yang paling penting dari audisi SM. Mereka pengen liat muka lo yang bener-bener polos. NO PHOTOSHOP OR CAMERA360!

Hahaha penting tuh. Karena setelah ini, foto lo akan diseleksi kalo lo lolos seleksi berkas baru lo bisa ikut audisi lapangan. Means, nggak semua berkas yang masuk berhak datang audisi. Hanya email yang dibalas saja. NGGAK BISA DAFTAR ON THE SPOT. Ini bukan nonton cover dance. Ini SM, yang artinya: NO MERCY.

Video tidak wajib dilampirkan tapi kalau mau silahkan. Mungkin ini bisa menambah rasa penasaran para auditor(?) dan nggak nge-judge kalian dari cuma wajah dan tampang doang.

Contoh email:

SUBJECT: SM Global Audition - Indonesia - Application -- Bebas aja sih sebenernya ini subject-nya ya. Soalnya di Website nggak ada penjelasan ternyata kkk~ maafin. Gue kira gue udah nulis kemaren.
Nama/Jenis Kelamin: Ronzzy Kevin/Laki-laki
Wilayah Audisi: Jakarta
Tanggal Lahir: 3 Mei 1991
Bidang yang dipilih: MC
Kontak: (1) 081757xxxxx (2) ronzzykevin@gmail.com
Foto:
*
*
Syarat yang tertulis di website SM Audition format emailnya kayak gitu. Tapi kalau misalnya kalian mau lebih lengkap, silahkan ikuti format pendaftaran via SMTOWN account ini (klik gambar untuk memperbesar):
*

*

PENTING:
  1. SM GLOBAL AUDITION TERBUKA UNTUK SEMUA UMUR. BOHONG KALO ADA YANG BILANG UMUR LO CUMA BOLEH 10 TAHUN MINIMAL DAN MAKSIMAL 15 TAHUN.
  2. SM GLOBAL AUDITION GRATIS. HATI-HATI DENGAN AKUN YANG NGAKU-NGAKU DARI SM DAN MINTA BAYARAN. SETAN ADA DI MANA-MANA BAHKAN DI WAJAH BAEKHYUN (ini perumpamaan gitu maksudnya wajah sepolos apapun bisa jadi setan).
  3. PENDAFTARAN DITUTUP H-1 AUDISI. MEANS KALIAN BISA DAFTAR MULAI SEKARANG SAMPAI 20 FEBRUARI 2014 LEWAT SALAH SATU CARA YANG GUE TULISKAN DI ATAS.
  4. INI PERSYARATAN AUDISI BUKAN PERSYARATAN JADI TRAINEE. JADI TRAINEE ITU SETELAH KALIAN IKUT AUDISI DAN LOLOS. JADI KALO ADA FANBASE YANG NGETWEET SOAL PERSYARATAN JADI TRAINEE SM, MOHON DISIKAPI SEBIJAKSANA MUNGKIN.
  5. KENAPA GUE PAKE CAPSLOCK GUE JUGA NGGAK TAHU KEBAWA NYOLOT KARENA DOKTER THT.

Untuk waktu dan tempatnya bakalan di announce sama SM nanti. Jadi catet tanggalnya 23 Februari 2014 PENAMBAHAN HARI AUDISI: 21, 22, 23 DAN 24 FEBRUARI. Itu hari Jumat, Sabtu, Minggu DAN SENIN, kesempatan cuma sekali. Silahkan luangkan waktu dan manfaatkan kesempatan!

GOOD LUCK GUYS! 

Kita ketemu 21, 22, 23, 24 Februari 2014! :D :D :D

***

BACA JUGA: Pertanyaan & Jawaban Seputar SM Global Audition Jakarta 

Share:

103 komentar