Nge-Fly Bareng LUNAFLY [PART 4 - HABIS]

Sampailah kita di hari konser. Awalnya gue emang rada nggak peduli konser 'LUKIE BEAT' ini mau digelar dimana. Karena emang awalnya nggak ada niat nonton juga kan (sekali lagi thanks buat tante Star muah muah). Tapi setelah tahu dipindah ke Sentul...... Wow. Jauh sekali ya, xxingoo...

Beruntung, selain dapat tiket gratisan buat nonton, promotor juga menyediakan shuttle bus yang berangkat dari beberapa titik di Jakarta, Bogor, dan Bekasi. Ya, memanfaatkan fasilitas itu gue pun berangkat dari shuttle bus di Semanggi.

Pemindahan lokasi konser LUNAFLY kemarin dikarenakan Jungleland jadi sponsor utamanya. Iya, last minute banget emang tapi begitulah keadaannya. Nggak usah heran kalau suatu saat, ada konser terus tiba-tiba jelang-jelang hari H banyak promo yang berkaitan dengan sebuah produk. Bisa jadi produk itu emang sponsor utamanya.

(Jadi inget promo Girls & Peace bersama Bank Mandiri)

Yang gue bingung adalah, kenapa harus di Sentul..... sih.... sekarang kan musim hujan. Sentul kan di Bogor. Bogor kan kota hujan. Bagaimana cerita konser dilakukan di kota hujan pada musim hujan? Bahkan denger-denger konsernya bakalan outdoor.

Oke emang nggak kebayang. Tapi lama-lama mikir juga kalo nonton konser sambil hujan-hujanan mungkin asik. Berasa syuting video klip sedih. Sampai pada titik dimana gue lupa kalau kita tinggal di Indonesia. Dimana ada keinginan pasti ada jalan: Pawang Hujan.
*
Bus berangkat sekitar jam 11 siang dari Semanggi dan gue memanfaatkan perjalanan ke Sentul dengan tidur di bus. Belakangan emang susah tidur. Tapi karena jarak Jakarta - Sentul nggak sejauh Jakarta - Bandung, tidurnya pun jadi seadanya. Mana Dito berisik banget lagi di sebelah gue nyanyi lagu IU pake suara tinggi nyaring.

Konser (katanya) dimulai jam 5 sore. Di tiket sih tulisannya gitu. Apa itu open gate-nya ya gue nggak terlalu perhatiin. Tapi kita sampai di Jungleland sekitar jam setengah satu. Subhanallah yah.

Karena nggak punya budget lebih buat main-main di Jungleland-nya akhirnya gue memutuskan untuk ke Mushola aja buat zuhur sekaligus tidur sampai ashar. Sementara temen-temen yang lain masuk Jungleland dan main-main. Sekalian bisa liat rehearsal dan segala rupa.

Hujan mulai deres itu jelang acara dimulai. Sekitar jam empat sampai jam enam itu bener-bener yang deres banget. Banyak yang udah mulai antri di depan gate mulai jam 5 sore. Kebetulan demi konser LUNAFLY ini, Jungleland tutup persis jam 5.

Gue akhirnya memutuskan untuk beli jas ujan Jungleland yang harganya Rp 15 ribu. Mahal sih padahal kayaknya itu kalo beli diluar (bukan daerah situ) cuma Rp 8 ribuan. Tapi apa daya ya sudah daripada basah, kamera basah, mending berkorban dikit. Sementara Dito bawa jas hujan buat naik motor yang punggungnya bolong.

Berasa Suzanna.


*
Karena gue punya tiket, akhirnya gue mutusin buat antre bareng sama penonton lainnya di bawah derasnya hujan. Kaoskaki gue buka tapi sepatu tetep dipasang. Nggak nyaman kalo kaoskaki basah di dalam sepatu. Dan disitulah, gue kembali merasakan kegembiraan mandi hujan walaupun dengan jas hujan.

Jam lima lewat ternyata belom buka gate sama sekali sementara hujan tidak menunjukan tanda-tanda mau reda sama sekali. Karena lelah menunggu, kami bermain-main dulu lah sambil bercanda-canda dan tertawa-tawa. Walaupun hujan deres, moodnya lagi baik banget hari itu.

Jam enam sore dan belum buka gate juga. Nah gue bingung dah tuh gimana. Tapi hujan sedikit demi sedikit mereda. Sampai akhirnya gue sadar, mungkin itu gate ditunda karena emang masih hujan. Karena pawang hujannya masih bekerja.

Gue nggak tahu sih gimana proses pawang hujan bisa menghentikan hujan. Mungkin dia bikin perjanjian sama Tuhan lewat malaikat atau lewat setan kemudian Tuhan menghentikan hujan, gue nggak ngerti deh. Tapi beneran itu setelah open gate dan kita duduk di bangku penonton, Sentul City sama sekali nggak turun hujan setetespun sepanjang konser.

Yang gue denger, jadi pawang hujan itu ada pantangannya. Dan selama itu hujan dihentikan sama dia, dia harus duduk diam di satu tempat sambil gemeter-gemeter. Mungkin di dalam bajaj makanya gemeter.

Pernah juga denger supaya hujan nggak turun, pawang hujannya nyimpen celana dalam di atas loteng. Nah silahkan tebak, celana dalam siapakah yang menghentikan hujan di konser hari itu? Yun? Teo? Sam? Eden? Atau Jun? Siapapun mereka, yang jelas itu celana dalam ampuh banget.

Konser belum dimulai sampai setengah tujuh. Karena sudah maghrib akhirnya gue maghriban dulu daripada berdosa.

*
Jungleland dimalam hari itu ternyata keren banget. Lampu-lampu yang menyala di sekitar wahana permainannya bener-bener keliatan keren. Tai disaat yang sama, Jungleland dimalam hari itu horor. Mana mushola-nya deket banget sama rumah jelangkung.

Gue lari-larian sampe kesasar malam itu nyari mushola. Nggak tahu deh itu karena perasaan gue yang terburu-buru takut telat konser atau apa. Tapi bener-bener dibawa ngiter aja sama kaki. Semoga itu bukan karena gue diperdaya oleh setan. (Sepanjang nyari mushola mikir, "Udah nanti aja solatnya sekalian sama Isya," "Enak aja, Allah itu Maha Bijaksana. Kalo lo ijin solat, konsernya pokoknya nggak bakalan mulai sampai lo kelar solat,")

Dan begitulah, selesai solat dan kembali ke venue, konserpun dimulai. Yay! Yay!

Konsernya outdoor. Jadi kayak semacam teater outdoor yang bangkunya dari semen terus ada panggungnya. Nggak terlalu gede sih panggungnya tapi lumayan bisa buat LC9 ngedance lah. Suasananya jadi segar karena kan abis hujan. Lampu-lampu di sekitar Jungleland juga keliatan istimewa. Konsernya jadi beda aja feelnya. Seneng banget.
*
*
Konser dibuka dengan penampilan LC9 dengan 'MaMa Beat'. Sejak awal konser gue udah sibuk sama kamera yang di atasnya gue tulisin nama EDEN pake kertas supaya dia tahu gue fokus motret dia. Walaupun akhirnya nggak dapet eye contact sama sekali sih. Tapi menurut Kak Icha yang duduk di sebelah kiri gue (di sebelah kanan gue Dito btw), Eden ngeliat ke arah kita terus.
*

*
Aksi panggung LC9 menurut gue bagus banget. Mereka nyanyi semua lagu live dan itu keren. Suara mereka ternyata sebagus itu. Gue paling suka waktu mereka improvisasi pas nyanyi 'Inikah Cinta'. Lagu lama itu jadi keren banget walaupun mereka nyanyinya sedikit belepotan sih. Ya wajah Bahasa-nya beda juga kan.

Lagu-lagu cover yang mereka nyanyiin juga keren. Tapi yang paling gue suka ya pas performance 'Inikah Cinta' itu. Karena itu konser bebas bawa kamera ya udah gue foto-foto aja sepuasnya. Walaupun ujung-ujungnya foto gue banyakan Eden sama Jun.

Yang paling banyak ngomong malam itu Eden. Yang lain sekedar-sekedar menanggapi dengan Bahasa Inggris mereka yang standar. Tapi secara keseluruhan performance mereka malam itu (sekitar 7 lagu apa ya?) gue sangat bisa menikmatinya.

Maksudnya, untuk ukuran orang yang baru kenal LC9 on the spot, penampilan mereka itu memukau banget dan pada akhirnya jadi ngefans. Mungkin bisa dibilang ini adalah konser kedua artis KPop yang gue tonton, yang gue nggak tahu sama sekali siapa mereka, tapi gue menikmati penampilan mereka.

Yang pertama itu B1A4. Hohoho

Mereka juga interaktif banget sama penonton. Beberapa kali bahkan turun dari panggung dan mendekat ke penonton. Di salah satu lagu yang judulnya 'Whistle', mereka sempat ngelempar peluit dan meminta kita buat niup-niup itu peluit.

Gue nggak tahu awalnya kalo itu peluit karena gue sibuk ngerekam. Tapi gue yakin itu yang ngelempar Eden dan jatuhnya persis di depan kaki gue. Langsung gue pungut dan gue tiup sampe mencret.
*
*
Suasana jadi berisik banget karena semua pada niup peluit. Tapi malah jadi semakin meriah. Seneng banget deh pokoknya malam itu mereka juga asik perform di atas panggungnya nggak kaku. Suaranya bagus. Dance-nya bagus. Aksi panggungnya keren. Oke banget lah pokoknya. Besok-besok kalo mereka ke sini lagi, wajib banget buat diliat (lagi).

Setelah LC9 selesai (dan kita semua yang "YAAAAAAAAAAAH,") gitu, giliran LUNAFLY yang nyanyi. Mereka nggak terlalu banyak (lebih banyak LC9 sepertinya) karena mungkin udah capek juga kali ya. Mana Sam juga lagi sakit. Entahlah.

Waktu pertama kali naik ke panggung, yang paling gue inget si Teo bilang "Assalamualaikum," terus kita semua yang jawab kenceng "WALAIKUMSALAAAAAAAAM,"

Sebenarnya ini mau konser atau curhat bersama mamah dedeh gue juga jadi rancu. Tapi pas mereka mulai main alat musik, oh kembali ke konser KPop ternyata.
*
*
LUNAFLY performance-nya juga nggak kalah keren. Semua lagu jadi bagus aja kalo dinyanyiin sama mereka. Gue paling suka waktu mereka nyanyi lagu 'As Long As You Love Me'-nya Backstreet Boys sama pas nyanyi 'Jodoh Pasti Bertemu'-nya Afgan. Tolong banget............

Hari ini ada video ulang tahun yang diputer buat Yun. Kita semua yang nyanyi selamat ulang tahun gitu deh pokoknya. Akhirnya si Yun-nya nangis terharu gegara ngeliat video itu. Spontan pada teriak ULJIMA ULJIMA kkk~ Yun kalo nangis lucu banget. Nangis aja terus Yun.

Sepanjang konser, Teo nggak berenti bilang "Masalah buat lo?" terus-terusan. Lama-lama bergaul sama Erdhio di backstage kayaknya dia semakin gila. Erdhio jadi MC lagi malam itu by the way. Dan ya, Teo menggila di sana juga dengan berkali-kali bilang "Nasi goreng, mie goreng, sate sate sate sate,"

Nggak banyak momen yang gue inget jujur aja. Mungkin karena gue terlalu sibuk sama kamera sendiri. Terlalu sibuk ngejer gambar. Tapi yang gue inget, Sam bilang gini, "Kalian suka nggak sama LC9?" kita jawab "SUKAAAA!" gitu, terus Sam ngomong lagi, "Saya heran sama mereka, kok bisa mereka wangi-wangi ya? They smell really good......."

Yah.... mungkin selama ini LC9 itu dagang parfum di Condet makanya wangi kali, Sam. Entahlah.

Setelah LC9 diganti LUNAFLY, kamera gue jadi fokus ke Yun. Gue juga tulis nama Yun di belakang nama Eden yang gue tempel di atas kamera. Tapi pas encore konser, eh LC9-nya balik lagi ke panggung dan gue kesel sendiri karena tulisan Eden-nya udah rusak ketempel double tape gegara dipake buat Yun. Hahahaha

Cuma itu encore paling seru deh. Semuanya pada nyebar blusukan kayak Jokowi ke penonton terus nyanyi-nyanyi di tengah penonton. Mereka juga pada lempar-lempar barang dari atas panggung mulai dari botol minum sampe anduk. Sayangnya nggak satupun dari benda itu jadi milik gue.

Cuma peluit berwarna hijau saja.....

Konfeti yang harusnya meledak di awal encore malah meledak di akhir encore. Telat banget. Kembang apinya juga meledaknya telat. Akhirnya pas udah mau kelar konser, eh mereka pada masuk lagi ke panggung buat menikmati konfeti.
*
*
Kalo gak salah inget itu lagunya 'Never Say Never'-nya Justin Bieber. Tapi emang yang paling seru ya pas encore sih ya. Semuanya pada interaksi satu sama lain. Banyak momen sama-sama. Banyak foto juga pas encore. Seru banget deh pokoknya. Huhuhuh

Setelah kelar dan bubar, kita semua pada keluar dari venue buat ngejer LUNAFLY sama LC9. Mereka dianter ke waiting room pake mobil golf gitu kan. Terus pertama LC9 yang keluar dari backstage, tapi mobil golf-nya itu ngebut banget. Cuma gue berhasil ngejer.

Pas lewat di depan gue, gue nggak tahu reflek aja itu teriak, "EDEEEEEEN!!!!! EDEN!!! EDEEEEN!!!!" gitu. Eden duduk di depan sama J.Hyo. Pas dia liat gue teriak gitu, semuanya pada noleh termasuk King yang berdiri di belakang. Terus tatapan semuanya kayak, "WHAT THE HELL ARE YOU DOING?!" gitu. Buakakakka

Kayaknya momen itu gue rekam deh. Tapi gue terlalu malu buat upload karena mungkin suara gue pecah banget disitu. Kayak suara terompet sangkakala.

Mobil golf kedua LUNAFLY. Sumpah sopir mobil golf-nya LUNAFLY ini baik banget. Jalannya pelaaaan banget. Sampai gue bisa salaman dulu sama Yun, terus salaman juga sama Sam. Di belakang ada Teo berdiri kayak kenek. Pas gue liat Teo karena gak bisa salaman, gue teriak lagi, "TEOOOOOOO!!!!!!" gitu sambil nunjuk ke dia dengan bersemangat.

Teo yang ngeliat gue entah dia masih kenal atau nggak karena kejadian pas fansigning, atau emang dia sudah gila, balas teriak sambil nunjuk ke gue.

"AAAAAAAAAAAAAAAAAAARRRGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGHHHH!!!!!" gitu kenceng banget. Tatapannya udah kayak tatapan dendam yang kayak, "LO YANG KEMAREN SALAH NAMA KAN ANJIR NGAPAIN LO DATENG LAGI?!"

Well, ya setelah itu kita semua ngejer mobil itu sampai di tempat mereka turun di ruang tunggu. Dan yah..... perjalanan malam itu pun berakhir disitu. Berakhir dengan penuh keceriaan dan suka cita....

*
*
*
Perjalanan nge-fly bareng LUNAFLY dan LC9 ini membuat gue niat banget buat beli album LUNAFLY yang berikutnya. Plus juga album LC9. Beberapa hari setelah itu sampai hari ini bahkan gue masih kebayang-bayang. Sampai akhirnya nonton MV LC9 yang 'MaMa Beat' dan ternyata bagus hahaha

Konsep mereka dari awal itu jadi ngingetin gue sama Brown Eyed Girls. Image-nya garang dan nggak cuma mengandalkan wajah semata tapi mereka juga punya talent. Terbukti sih suara mereka keren banget waktu live.

Nggak rugi sama sekali ngikutin event ini walaupun nggak pernah kenal sama mereka sebelumnya. Yah... karena gratis juga sih, hehe, apapun kalo gratis itu pasti enak soalnya.

Sepertinya LUNAFLY bakalan betah sama Indonesia. Gue harap LC9 juga menjadikan negara ini sebagai salah satu tujuan promo mereka di lain waktu. Karena KPop nggak cuma EXO dan SM Entertainment, jadi yuk mari kita tonton event KPop walaupun artisnya kita nggak kenal.

Kalo gratis aja tapi ya.... hahahaha

Semoga event berikutnya bisa ada Ailee atau IU. Gue sampai saat ini masih nggak pengen EXO dateng sebenernya. Terlalu cepet. Semacem nggak ada penantian berarti gitu buat ngefans mereka. Bayangin sebelum SS4 berapa tahu kita (elf) harus nunggu Super Junior? Bayangin sebelum Girls & Peace berapa lama kita harus sakit hati nungguin SNSD?

Bahkan sampai sekarang kita (shawol) masih sakit hati sama fandom lain karena SWC nggak dateng-dateng kan? Gue aja yang bukan Shawol sakit hati (halah).

Semoga EXO dateng ke Indonesia, tapi jangan sekarang-sekarang ini. Karena sekarang-sekarang ini gue nggak punya uang.

Kenapa juga mereka harus dateng mempertimbangkan kondisi keuangan gue.

Sampai jumpa di event KPop berikutnya!


Share:

6 komentar