'Married To The Music' SHINee: Slapstick & Freak, Tapi Suka Banget!

Gue sedang duduk di depan meja belajar kecil warna hijau yang gue beli dari Lazada beberapa waktu lalu dan gue rakit sendiri malam itu. Seperti biasa ketika gue ada di kosan, maka pekerjaan yang paling mendominasi semua waktu di kamar adalah duduk mandangin laptop dan timeline Twitter. Membosankan, tapi seru juga.

Belakangan ini Twitter gue sudah seperti asing buat gue sendiri. Sudah dua tahun terakhir gue nggak pernah mem-follow orang-orang lain di Twitter. Orang-orang yang gue follow sekarang juga kayaknya udah banyak yang nggak aktif di media sosial ini. Beberapa orang yang masih aktif, sayangnya membuat gue merasa aneh di timeline gue sendiri.

Nggak bisa sih sebenarnya menyalahkan apa yang mereka tulis di Twitter. Kan itu Twitter mereka. Ya seharusnya kalau nggak suka kan tinggal unfollow aja. Tapi karena orang-orang yang gue follow di Twitter ini masuk ke dalam daftar yang namanya 'Teman' dan kita sudah pernah ketemu dan hangout bareng beberapa kali, tentu saja untuk menekan tombol unfollow itu rasanya sulit.

Walaupun gue nggak ngerti dengan obrolan mereka tentang Monsta X, iKON, atau grup hip-hop lain yang sedang hits di Korea Selatan saat ini, gue tetap menghargai kehadiran mereka di timeline Twitter gue.

Bukannya teman itu diciptakan untuk punya rasa saling mengerti?

Walaupun gue nggak ngerti sama topiknya, mungkin gue bisa mencoba untuk mengerti bagaimana perasaan bahagia mereka saat spazzing. Yang pada akhirnya membuat gue kangen sama masa-masa ketika kita semua punya bahan spazzing yang sama: EXO.

Hahaha

Pada dasarnya temen-temen gue ini semua multifandom. Tapi sekarang ini baru berasa bagaimana beragamnya fandom kita. Dulu sih masih sering bareng ngebahas EXO, sekarang banyak distraksinya.

Entah apakah gue yang terlalu stick to EXO (dan SMTOWN) atau emang gue membatasi diri untuk tidak terlalu banyak ngefans grup lain kali ya? Sejauh ini sih gue cuma ngefans EXO.

Sama IU, Red Velvet, SNSD, SHINee, Super Junior, VIXX, Lovelyz, Infinite, HISTORY, C-Clown (YA ALLAH APA KABAR MAU BUBAR APA GIMANA), NU'EST, SISTAR, kadang-kadang miss A, 2PM sekenanya, TVXQ sekedarnya, kadang-kadang dengerin WINNER, GOT7 juga bagus sih, hmmm belakangan ini gue lagi suka banget dengerin 'I Need U'-nya BTS, gue baru dengerin SEVENTEEN sekali tapi gue suka banget sama lagu-lagunya T-Ara sama SPEED.

Gue tuh anaknya emang stick to EXO kok.

Gue nggak akan ngeh kapan SHINee akan rilis lagu baru untuk repackaged mereka kalau malam itu gue nggak scrolling timeline Twitter. Beberapa orang di timeline ada yang SHINee World juga, dan kemudian di situlah gue tahu kalau 'Married To The Music' akan dirilis.

Gue sangat excited. Bahkan malam itu bisa dibilang lebih excited dari biasanya. Udah lama gue nggak meluangkan waktu gue buat spazzing secara khusus. Dulu, pas kuliah selama 24 jam dalam satu hari, 20 jam adalah waktu spazzing dan 4 jam adalah waktu tidur. Hidup terasa sangat mudah sekali saat itu.

Tapi ketika malam 'Married To The Music' dirilis, dalam dua jam mulai 21:00 WIB sampai 23:00 WIB, gue bisa merasakan kebahagiaan 20 jam spazzing beberapa tahun yang lalu.

Thanks to SHINee.

Grup ini selalu berarti lebih di dunia fanboying gue. Fakta bahwa mereka adalah grup yang bikin gue suka KPop membuat SHINee punya ruang khusus di hati gue (HALAH! MUNTAH!). Sebelahan lah sama IU. Walaupun gue bukan Shawol dan gue juga nggak pernah secara resmi memproklamasikan diri gue sebagai Uaena, tapi gue sangat mengidolakan dua musisi ini.

Deg-degan. Gue klik link MV 'Married To The Music' malam itu. Ekspektasi gue tinggi. Karena MV 'View' kemaren kan SHINee bagus banget dan di luar dugaan banget. Gue yakin, 'Married To The Music' juga akan sama menyenangkannya dengan 'View'. Pas gue nonton,

Anjir.

ANJIR.

ANAK SETAN!

KUDA BETINA LEPAS KONTROL!

LINTAH KUDISAN!
*

MV ini simply makes me really happy. Nggak, ini bukan sekedar MV yang lo spazzing-in cuma karena member-member grupnya tampil really cool atau cuma sekedar pamer tampang, ngegigit bibir, jual harga diri dengan pamer badan, atau mungkin ngelap iler yang padahal sebenarnya juga nggak netes yang sempat jadi trend MV KPop di tahun 2009 - 2010.

'Married To The Music' adalah MV yang--berlebihan gak kalau gue bilang gini--paling jenius yang pernah dibikin SM buat lagu Korea-nya SHINee.

NAE SARANG BANGET VERY MUCH SAMA IGEON MV! TTAK JOHA!

Ketika gue nonton ini, gue punya keyakinan bahwa siapapun yang mungkin nggak ngerti KPop atau mungkin ngerti KPop tapi nggak suka SHINee, kalau nonton MV ini pasti akan sangat terhibur. Terlepas dari apakah mereka suka atau ngak sama lagunya. Gue sendiri merasa kayak jatuh cinta pada pandangan pertama (pada Irene) pas nonton MV ini. Rasa terhiburnya kayak waktu pertama kali baca komik Crayon Shinchan pas masih SD dulu, walaupun itu komik rating-nya 15 tahun ke atas.

Yah... walaupun gue akui juga belakangan ini selera humor gue sudah merendah jatuh ke dasar alam baka (gue bahkan ketawa cuma karena posting-an Instagram Donghae yang ngerekam ujan doang. KENAPA GUE KETAWA PADAHAL DIA LAGI SENDU?!?!).

'Married To The Music' MV-nya semenghibur itu untuk disaksikan berkali-kali. Membuat senyum terus. Sama kayak ketika gue mandangin wajah si-----Ah.................................................. #baper
*

*
Tenang saja, masyarakat yang budiman, elo nggak akan menemukan tembok kosong ataupun studio putih kayak pas adegan Dumbledore (almarhum) ketemu sama Harry, waktu Harry abis di-Avada Kedavra-in sama Voldemort.

Tenang juga, masyarakat pecinta Habib Rizieq, elo juga nggak akan menemukan tiang-tiang pancang yang biasanya ada di MV-MV SM sebelumnya. Plus juga nggak ada permainan lampu yang niatnya supaya bikin jadi mewah padahal sama sekali enggak.

Gerakan kamera yang ngikutin tiap member yang lagi nge-dance? Tenang saja, generasi baper, nggak ada yang kayak gitu. MV ini nggak berada di kotak yang biasa SM bikin buat artis-artis lainnya. Berbahagialah Shawol karena kalian bukan anak tiri. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

MV ini kalo kata gue sudah bisa lebih dari cukup menutup kegagalan SM dalam memproduksi MV bagus buat SHINee selama beberapa tahun terakhir. Sesuka-sukanya gue sama 'Lucifer' tetep aja MV-nya suck. Sesuka-sukanya gue sama 'Love Like Oxygen' tetep aja MV-nya nggak bagus-bagus banget. Tapi berkat 'Married To The Music', semua itu dimaafin.
*
*
Dibuka dengan sebuah quote yang langsung bikin ketawa (inget, selera humor gue lagi terjerumus ke lembah nista), gue langsung kepikiran kalau tulisan 'Marriage Is A Slow Death' itu pasti idenya Kim Kibum (walaupun gue nggak tahu bener atau nggak). Entah kenapa, di kepala gue, Key adalah orang yang bakalan single sampai usia 40 tahun. Bukan tipikal orang yang mau nikah muda (LAH IYA LO PIKIR DIA STUART COLLIN NIKAH MUDA).

Mungkin cewek yang mau deketin Key juga malu karena dia lebih jago melakukan hal-hal yang dilakukan cewek dari pada cewek kebanyakan. Gue nonton 'Key's Know How' kayak yang "ANJIRLAH INI ORANG KENAPA JENIUS BANGET."

Adegan TV hitam putih di awal juga menurut gue menarik sih. Semakin memberikan kesan vintage buat video ini. Karena style-nya juga kayak film-film komedi slapstick jaman dulu banget. Ditambah lagi gue baru sadar kalau Onew pas adegan di atas mobil itu pake sumping.
*
*
Gatau apakah ada yang akrab dengan istilah itu, kalau di Lombok (dan mungkin Bali) istilah ini digunakan ketika ada bunga terselip di telinga seseorang. Sejatinya sih sumping berarti perhiasan telinga. Tapi kalo di daerah gue kata itu juga dipake untuk bunga yang diselipin di kuping juga.

Kenapa Onew pake sumping bunga jadi lucu? Enggak tahu. Mungkin karena #bias. Nggak apa-apa lucu aja. Gue aja selalu ketawa kalau ngeliat IU. Padahal dia nggak ngapa-ngapain. Pasti karena #bias. Atau karena ngebayangin dia kalo pacaran sama Eunhyuk kayak gimana. #ah #OTP

Di akhir adegan hitam putih televisi itu ada kaleng-kaleng yang diikat di belakang mobil (yang kalau benar dilakukan di dunia nyata mungkin akan diprotes sama pengguna jalan karena menimbulkan kebisingan yang tiada tara). Mungkin maksud adegan ini karena kan 'Married' gitu ya. Biasanya kalo di film-film kan mobil pengantin ada aja hiasannya. Biar orang-orang tahu kalo mereka kawin.
*

*
Tapi adegan ini justru mengingatkan gue pas masih SD. Suka banget nyelipin gelas bekas air mineral di antara ban belakang sepeda sama besi kampas rem-nya. Jadi pas jalan, ada suara kayak motor rusak gitu. Berisik banget. Kalo dipake di hari hujan, bagian belakang baju langsung kotor kena cipratan lumpur. LOL

Ngomong-ngomong soal zaman SD, MV ini juga secara nggak sengaja membawa gue ke nostalgia masa kecil gue ketika kakak perempuan gue masih jadi anak MTV. Waktu 'Married To The Music' keluar, gue nggak cuma download MV-nya aja dari YouTube (HEHEHE miane, males streaming di YouTube buat nambah view. Kan bukan Shawol jadi nggak ada kewajiban), gue juga langsung download MV-nya Backstreet Boys yang 'Backstreet Back' (Everybody).

Dua MV ini punya konsep yang sebenarnya nggak bisa dibilang mirip, tapi adalah beberapa elemen yang sama. Yang pertama, dua-duanya punya nuansa komedi horor gitu. Yang kedua, dua-duanya juga (mungkin) terinspirasi dari sebuah pesta Halloween.

Bedanya, Backstreet Boys lebih otentik dalam menampilkan sisi gelap dari masing-masing karakter yang ditampilkan member. Sementara SHINee lebih berat ke komedi slapstick-nya. Bukan menjadi hantu, tapi jadi korban kekerasan wanita frik. Tapi nggak apa-apa, justru karena slapstick malah jadi bagus.

Sebenarnya sih, gue bukan penyuka hal-hal yang berbau slapstick. Kayak misalnya nih, ada era di mana 'Opera van Java' sangat populer banget di televisi. Kata orang "LUCU BANGET!" padahal nggak sama sekali menurut gue. Apa cuma gue yang nonton 'OVJ' bermuka datar? LOL

Tapi ya, di setiap episode acara itu pasti ada adegan-adegan kayak duduk di entah sumur, kursi atau batu yang terbuat dari styrofoam, kemudian tiba-tiba hancur dan jadi bahan ketawaan. Sekali mungkin lucu, tapi berkali-kali ya pasti bosen juga.

Gue sudah berhenti terpapar televisi sejak pertengahan 2013 kalau nggak salah. Sesekali mungkin gue nonton TV tapi itupun cuma satu acara doang. 2013 misalnya gue cuma nonton TV pas jam sahur karena ada 'Sailor Moon' di Indosiar. Selewat itu, TV-nya pasti akan mati. Sekarang TV gue malah udah gue kasi ke orang.

Di kantor juga kadang-kadang nonton tapi nggak intens. TV nyala, tapi fokus ke laptop. Kasarnya 1,5 tahunlah gue nggak terpapar televisi. Jadi nggak tahu apa yang terjadi di dunia pertelevisian. Apakah Dahsyat masih jadi acara nyampah bukan acara musik? Gue juga gatau siapa artis yang lagi naik daun. Siapa itu Isyana Sarasvati dan sebagainya.

Gue nggak merasa ketinggalan zaman kok. Malah gue merasa baik-baik aja hidup tanpa televisi. Dan efek nggak lagi sering nonton TV yang acara-acara slapstick itu (walaupun 'OVJ' juga udah lama berakhir sih) jadi ngakak parah pas nonton 'Married To The Music'.

Parah sih.

Selera humor gue emang.
*
*
Secara sederhana ceritanya adalah pesta Halloween di musim panas. Ah masa sih pesta Halloween? Mungkin sebenarnya ini undangan jebakan. Ada cewek sok-sok misterius padahal sebenarnya dia frik ngundang SHINee ke rumahnya.

Lagi-lagi seperti 'Why So Serious' dan 'Dream Girl', muka ceweknya nggak keliatan. Tapi semua orang juga tahu kalau dia adalah stalkter-nya SHINee. Dia adalah kalian, Shawol. WKWKWKWKWKWKWKWKW yang jauh di dalam lubuk hatinya tahu bahwa dia tidak mungkin memiliki SHINee tapi tetap berhasrat.

Gue juga nggak ngerti kenapa SHINee mau dateng ke undangan si cewek ini. Lah, logikanya aja kalo lo diundang sama orang yang nggak lo kenal apalagi mukanya nggak keliatan, ke rumah yang tampilannya aja udah serem gitu, masa iya lo mau dateng.

SHINee begok nih.

Tapi karena begok makanya MV ini jadi lucu. Segala kebodohan di MV ini adalah nilai jualnya. Bodoh sebodoh adegan dance di awal ini. Gue nggak tahu kenapa lagi-lagi gue ketawa ngeliat Jonghyun dibopong gitu. Nggak tahan juga ngeliat tangan Key "nyubit" celana ketat Jonghyun.

Nyubit celana. Baru denger.

Bisa juga celana ketat dicubit.
*
*
Merekapun masuk ke lokasi pesta yang bener-bener aneh ini. Kemudian seorang aneh datang dan menawarkan mereka minuman. Kalo gue sih, udah diundang sama orang yang aneh, nggak bakalan sembarangan minum-minuman di rumah orang yang gue nggak kenal. Tapi ya namanya juga orang-orang bodor. Merekapun menenggak minuman itu.

Kejadian-kejadian anehpun mulai terjadi. Kejadian aneh tapi menyenangkan dan sangat menghibur.

Dan juga bodoh.

Entah kandungan apa yang ada di dalam minuman itu tapi yang jelas minuman itu membuat mereka berhalusinasi. Mungkin isinya antimo sama ibuprofen dengan dosis tinggi dicampur sama bodrexin dan juga Sprite.

Langsung ayan.

Taemin adalah orang pertama yang merasakan halusinasi karena minuman itu. Dia mulai melihat orang-orang lain selain mereka berlima ada di pesta. Padahal sebenarnya orang-orang itu nggak ada sama sekali. Dia juga melihat kembarannya, Krisna si dewa biru. Taemin berubah jadi biru kayak abis keracunan teri balado basi.
*
*
Cerita di atas itu baru 52 detik pertama 'Married To The Music' dan gue bener-bener yang cuma mangap dan bisa cengok aja nontonnya. "EH BISA JUGA YA MANAJEMEN SM SUMBER MAKMUR BIKIN MV KAYAK GINI! NEMU JUGA NIH SM KONSEP MV YANG BEGINIAN! KENAPA BARU SEKARANG SIH KEPIKIRANNYA!"

Adegan wheel of fortune sih yang bikin.... ah.... kelar dah idup gue. Gue nonton MV ini bener-bener yang tengah malam pas baru rilis dan tengah malam juga gue ketawa ngakak liat kepala Key kepenggal.

This sounds psychopathic.(bener gak tuh bahasa gue)

Bahkan sekarang SHINee mengajarkan manusia untuk menertawai seseorang yang kepalanya dipenggal. This is so wrong. SHINee YOU GUYS ARE WRONG! YOU GUYS NEED RUKIYAH! Atau gue mungkin yang butuh dirukiyah karena nertawain orang yang kepalanya dipenggal. Gue butuh ayat-ayat cinta.
*
*
Eh sebentar... masalahnya ini nggak cuma kepenggal doang. Setelah kepenggal, kepalanya jatuh dengan manis ke lantai dan secara hebat topi yang dipake Key masih melekat kuat di kepalanya dan nggak copot sama sekali. Mungkin udah dijait di kepalanya atau simply nyangkut di rambut Frankenstein-nya.

Belom. Belom selesai. Abis kepenggal terus jatuh, kepala itu lalu ditendang melayang jauh ke tengah ruangan dan mendarat di meja.

Kurang frik apa coba.
*
dari angle ini, kepala itu kayak kepala Seulgi. Liat bentuk idung sama bibirnya lol!
*
Ya yang aneh sih nggak ada darah yang mengalir baik dari kepalanya yang sudah jatuh dan ditendang, ataupun dari badan yang lehernya udah putus itu. Mata Key juga awalnya pas kepenggal tiba-tiba terpejam. Gue pernah baca katanya kalau kepala manusia yang dipenggal masih bisa ngomong beberapa detik. Mungkin karena masih bisa ngomong jadi masih bisa nutup mata juga ya.

Tapi apa sempat gitu nutup mata. Eh malah ini juga sebenarnya nggak cuma bisa ngomong beberapa detik sih, ini malah abis dipenggal bisa nyanyi dan matanya kebuka lagi. HAH. LABIL. YA TAPI YAUDAH. Kenapa sih dipikirin orang dari awal juga MV-nya udah frik banget.
*
*
Adegan frik-nya nggak cuma sampai di situ. Gue pikir emang udah klimaks di situ aja. Eh ternyata itu baru awalan aja. Ternyata masih ada lanjutannya yang lebih frik lagi.

Ada yang matanya lepas dari rongganyalah, ada yang idungnya copot pas lagi ngerendem muka di wastafel-lah (ITU YANG DARI DALAM WASTAFEL TANGAN SIAPA LO PIKIR DEH APA ADA MANUSIA HIDUP DI DALAM PIPA AIR. INI MANUSIA APA BASILISK), ada juga yang bibirnya ketinggalan pas ciuman.

SHINee bener-bener ya. Udah nggak waras. Ganti nama ajalah kalian jadi orang gila kayaknya lebih cocok. Lama-lama jadi 'Opera van Java' beneran. Key jadi Nunung, Onew jadi Sule, Jonghyun jadi Parto, Minho jadi Andre, Taemin jadi Azis Gagap.

Udahan? Segitu doang adegan frik-nya? BELOM! BELOM!!!!!!! MASIH ADA LAGI YANG LEBIH MENJIJIKKAN!

Pas adegan Jonghyun makan biskuit terus tiba-tiba dia sadar kalau biskuit itu beracun, ini juga brilian banget. Dia makan dan kemudian muntah konfeti. MUNTAH KONFETI!
*
*
Nggak cuma sekedar muntah biasa, tapi muntahnya menyebar ke seluruh ruangan, melayang tinggi di angkasa menghiasi langit-langit rumah lokasi pesta. Belum puas? Jonghyun pun saling memuntahi satu sama lain dengan tamu cewek yang ada di sana. Masih belum puas juga? Onew dengan bahagia dan sukarela mandi dan menikmati muntahan Jonghyun dan si cewek.
*
*
Sounds really wrong but it happened. Ada yang saling muntah, ada yang mandi muntah.

Gue bisa bilang semua adegan slapstick di MV ini fresh. Kenapa? Karena SHINee sebelumnya nggak pernah segila ini. Konsep ini pas banget buat SHINee. Sama seperti 'Devil' dan segala macam gerakan dance kocaknya itu yang pas buat Super Junior. Jarang-jarang soalnya SM muncul dengan sebuah MV slapstick gini kan.

Adegan lain yang nggak bisa berenti bikin ngakak juga pas badan tanpa kepala Key jalan keliling ruangan terus nabrak sama Taemin yang matanya udah copot. Onew idungnya copot gue nggak paham kenapa dia bisa bertahan hidup bernafas lewat mulut. Jonghyun bibirnya copot juga bagaimana dia bisa makan ke depannya apakah dia harus masukin selang lewat idungnya buat makan (dipikirn loh masa depan Jonghyun sama Ron).
*
*
Ini 'Married To The Music' apa 'Married To The Copot'. #kerik

Kita ngomongin Onew, Key, Jonghyun dan Taemin dari tadi. Hampir setengah video Minho tetap dengan image prince charming-nya dan dengan wajah visualnya. Gue yang, "Lah Minho kenapa masih good looking aja dah? Apanya dia nih yang bakalan copot? Puting? Kemaluan? APA NIH?!"

Dendam kesumat sama si visual ternyata tersalurkan di MV ini (liat aja ekspresi empat member pas mendekati ke kue kayak udah jengah banget sama Minho). Pembalasan dendam kesumat kenapa orang yang nggak bisa nyanyi dan cuma bisa ngerap dan modal tampang aja selalu dielu-elukan itupun terbayarkan.

Modal utama Minho sebagai visual musnah sudah karena wajahnya disembur api. Yah. Dia yang paling menderita. Bayangin aja dia udah nggak bisa nyanyi, ngerap juga biasa aja, modal tampang doang, eh mukanya disemprot api dan rusak. YAH UDAH KELAR KARIER KEARTISAN CHOI MINHO. Silakan abis ini bobok bobok siang aja di rumah yah.
*
*
(Nggak kok, Minho sekarnag udah bisa nyanyi.)

(Dikit sih.)

(Nggak apa-apa yang penting usaha.)

Cewek frik di MV 'Married To The Music' ini gue rasa nggak jauh beda sih sama bule frik di 'View'. Inget kan dia juga punya kamar yang isinya poster-poster SHINee gitu. Tapi yang di 'Married To The Music' tingkat ke-frik-annya lebih tinggi dan lebih menyeramkan. Ya lo bayangin aja dia sampe menggal kepala orang.

Mungkin cewek ini 11-12 sama Ibu Dara di 'Rumah Dara' yang hobinya makan daging manusia itu. Sasaeng sejati sih. Sasaeng D.O 'EXO' mungkin cuma bisa nyuri celana dalam, sasaeng SHINee bisa dapet hidung, bibir, mata sampe kepala. LUAR BIASA.

Abis ini lelang di e-Bay.

Atau mungkin ditoplesin terus dipajang di kamar buat teman di kala senggang. Kalau bosan, tinggal cium-ciuim bibir Jonghyun. Kalau bosan, tinggal main bekel pake mata Taemin. Kalo bosan, tinggal cabutin komedo di idung Jonghyun, eh, Onew.
*
*
Lumayanlah buat penghilang penat.
*

PS: Fun challenge, berapa kali gue menulis kata FRIK di postingan ini?

Share:

10 komentar