Akhirnya Nge-#vron

Gue sangat suka mencoba hal baru. Walaupun sebenarnya gue tipikal orang yang sangat setia dengan sesuatu yang lama, yang sudah gue mengerti dengan baik, ketimbang mengambil risiko untuk melakukan sesuatu yang berbeda tetapi masih gambling. Tapi setelah memutuskan pindah kerja dari bidang yang gue sukai ke bidang yang masih ‘igemoya’ banget, pola pikir gue jadi berubah. Mungkin mencoba hal baru nggak ada salahnya.

Di tengah kesibukan gue dengan pekerjaan baru gue sekarang (yang najis tralala bener-bener sibuk banget from sunrise to sunset) (gak deng ini cuma pencitraan) gue masih berusaha untuk mengejar ketertinggalan gue pada posting-an blog. Tapi kemudian muncul sesuatu yang sepertinya nggak bisa gue hindari. Sesuatu yang memang sudah gue rencanakan sejak lama. Sejak akhir 2011 dan gue bahas lagi di jelang akhir 2015 lalu. Sesuatu yang sudah menumpuk idenya tapi terlalu takut untuk memulai: bikin channel YouTube.



Di suatu malam, gue sama beberapa temen kampus sedang makan di JB. Buat anak Depok pasti tahu tempat makan pinggir jalan di jalan Margonda deket gapura belimbing raksasa ini. Temen gue ini namanya Rini. Malam itu kita lagi on-fire banget membahas masa depan. Biasa kan, mahasiswa tingkat akhir past galau soal masa depan. Pertanyaan “mau kerja apa” dan “mau jadi apa lo nanti” selalu menghantui. Dan ketika gue sama Rini ngobrol malem itu (di sana ada Nadya sama Shinta juga kalau nggak salah inget), kita sepakat soal satu hal.

“Gue pengen banget deh jadi artis YouTube,” kata gue sesumbar. Rini mendadak bersemangat dan berteriak.

“Eh iya gue juga loh! GUE JUGA PENGEN BANGET”

“IYA KAN RIN! Kayaknya kalau ngeliat YouTube-ers luar tuh kok mereka indah banget hidupnya ya! Bahkan Shinta-Jojo aja bias begitu loh,”

Shinta yang gue maksud di paragraf sebelumnya bukan Shinta yang Keong Racun itu.

“Tapi gue sih nggak mau kayak gitu. Gue pengennya kayak punya acara sendiri di YouTube gitu Ron,” kata Rini.

“Iya sama! Gue juga kayak kebayang bikin apaa yang berhubungan sama Kpop gitu. Kayak EatYourKimchi. Gue seneng banget liat video mereka!” kata gue lagi.

Obrolan gue dan Rini ngalor ngidul sampe ke mana-mana. Dan ketika bertahun-tahun berselang setelah itu, Rini nggak jadi artis YouTube. Tapi sekarang dia jadi host acara kesehatan di ElShinta TV. GUE KEDULUAN!!! RINI UDAH JADI ARTIS DULUAN!!!!

Ide bikin channel YouTube sendiri sebenarnya sempat juga muncul tahun 2013 lalu. Gue udah sempat kepikiran untuk serius sampai beli kamera segala. Tapi gue sadari saat itu gue masih punya banyak kekurangan. Di antaranya adalah gue masih belum percaya diri kalo muncul di video.

Ketawa gue terlihat aneh.

Setiap gue ngomong kok kayaknya terlalu menye.

Gue terlalu banyak kedip.

Rambut gue nggak banget.

Gerakan tangan gue kurang tegas.

Terlalu sering mengatupkan bibir.

Keseringan jilat bibir juga.

Banyak hal. Padahal waktu itu ada momen gue jalan-jalan ke Ciater untuk pertama kalinya dan suda diniatin mau bikin video, eh malah batal karena ternyata pas gue nonton lagi hasil rekamannya, bener-bener najis. Nggak layak siar banget. Dan ketika istilah vlog sudah mulai banyak digunakan, sementara gue masih aktif nge-blog, keinginan gue untuk bikin vlog pun semakin besar. Makanya gue jadi sering iseng ngerekam muka sendiri. Ngomong di kamera sendiri setelah itu. Ala-ala test cam gitu. Gue jadi sering live facebook secara random. Semua untuk membiasakan diri bicara di depan kamera.

Gue basic-nya orang yang pemalu. Tapi kalau lama kenal bisa jadi malu-maluin. Tapi kalau dua hal itu muncul di saat yang sama di kamera dan gue nggak siap kan jelek banget. Makanya takes time banget untuk gue akhirnya percaya diri dan menemukan momen untuk muncul di YouTube dan punya channel sendiri.

“2016 sih aku udah harus vlog sih Nis,” kata gue Annisa, temen gue yang sekarang kuliah di Korea. Kita lagi ngobrol di Lotteria di COEX Mall setelah gue jalan-jalan ke SMTOWN COEX Artium tahun lalu. Annis pun menyemangati.

Akhirnya gue mulai nabung pelan-pelan untuk beli segala kebutuhan yang kemungkinan akan gue butuhkan untuk nge-vlog. Mulai dari handphone yang kameranya bagus, microphone, kamera aksi, sampai keinginan gue untuk beli kamera mirrorless demi mendukung niat gue ini. Tapi pelan-pelan. Karena mirrorless sampai sekarang belom berhasil gue punya hahahahaha

Kalo lagi ngumpul sama temen, gue suka rekam-rekamin. Ala-ala nge-vlog gitu. Padahal di-posting juga enggak. Pas tahun baru gue sok-sokan bikin video selamat tahun baru di Instagram. Macem-macem deh aksinya. Tapi nggak ada yang naik sama sekali ke YouTube. Gue masih malu-malu. Kalau dipikir-pikir, video pertama yang nampilin muka gue di YouTube ya pas gue ke SM dan manggil-manggil Suho secara random itu. Selebihnya udah nggak pernah lagi.

Dan gue nggak tahu bagaimana awalnya keyakinan itu datang, ketika gue ke Singapura untuk nonton Seventeen kemaren gue sudah membayangkan kalau semua footage yang gue rekam dari perjalanan sampai ketika di Singapura nanti akan jadi video pertama gue di YouTube. Dan benar saja, gue akhirnya nge-vlog. Nggak lagi hanya nge-blog.

Hehehehe



Gue jadi ingat alasan pertama kenapa gue nge-blog dulu. “Karena saya merasa hidup saya unik dan orang-orang mungkin tertarik untuk tahu keunikannya.” Kata gue di sebuah wawancara kerja dulu. Dan gue merasa ini adalah alasan yang juga sangat oke untuk memulai nge-vlog. Selain memang tuntutan zaman. Semua orang sudah mulai nge-vlog. Semua orang sudah ngomongin soal konten pribadi di YouTube. Semua orang sudah mulai bicara video, bukan lagi tulisan dan gambar doang.

Ide-ide banyak muncul di kepala gue untuk video YouTube. Dan semoga gue bisa mewujudkannya pelan-pelan, dan satu per satu. Gue juga nggak bisa yang langsung WOW banget. Karena gue sendiri masih NEWBS (newbie) dan masih CUPS (cupu) soal ginian. Tapi gue yakin kalau pelan-pelan dan istikomah pasti akan menuai hasil yang oke. Dan semuanya bisa terjadi seperti ini karena dukungan kalian sekalian: pembaca kaoskakibau.com, followers @ronzzykevin, followers @ronstagram, likers @kaoskakibau di Facebook, adders @kaoskakibau di LINE, dan tentu saja teman-teman yang kenal gue dan masih berhubungan sama gue secara virtual.

Tanpa kalian apalah gue. Hanya percikan keringat Kim Jong Un. THANK YOU SO MUCH!

Dan sekarang gue resmi mengelola akun YouTube bernama KaosKakiBau TV dengan serial pertamanya yang berjudul #vron (#vlognyaron).

Kenapa KaosKakiBau TV? Sebenarnya ini menyambung keberadaan kaoskakibau.com sebagai blog. Dan kata-kata TV terasa pas aja karena sejatinya channel ini adalah versi video dari kaoskakibau.com. Mungkin terinspirasi dari berbagai acara YouTube Kpop yang juga pake-pake TV sih kayak Winner TV gitu. Alasan lain nggak ada. Lebih simpel aja dan gampang diinget. Supaya brand KaosKakiBau-nya juga tetep ada gitu.

Lalu kenapa #vron (#vlognyaron)? Sekarang apa-apa tuh bagus banget kalo di-hashtag-in. Kesannya sangat #kekinian dan #DigitalBingits. Ide untuk menamai seri vlog-nya #vron juga dateng saat itu juga ketika gue mengedit video Singapura itu. #vron adalah gabungan dari kata vlog dan ron. Sudah jelas kan. Dan kepanjangan #vlognyaron itu lebih ke yang kayak lebih enak aja disebut kalo lagi ada yang ngomongin gitu.

“Eh udah nonton #vlognyaron yang baru belum?”

Gitu.

(KAYAK AJA ADA YANG NGOMONGIN)

Yang jelas ini adalah salah satu isi bucket list yang sekarang sudah bisa gue coret. Gue sendiri masih harus banyak belajar karena seperti yang gue bilang tadi gue masih #NEWBS di dunia vlogging. So yeah, I need all your critics and comments, guys! Gue termasuk orang yang percaya bahwa nggak ada komentar yang sampah. Komentar itu muncul dari perasaan mengganjal yang ada di hati seseorang yang berarti ada sesuatu yang salah yang ingin dia ubah, kan. Jadi, silakan rajin-rajin komentar di YouTube gue.#kalem

Untuk sekarang mungkin gue akan fokus ke #vron dulu yang isinya sebagian besar adalah kegiatan sehari-hari gue yang membosankan yang mungkin nggak bisa gue tulis di blog. Ke depannya gue sih sebenarnya sudah ada beberapa ide yang mungkin asik untuk dikemas dalam format video pendek di YouTube. Tapi ya doakan supaya cepet bisa terkabul. Sekarang masih dalam tahap mengumpulkan receh untuk membuat studio pojokan di kamar kosan yang sempit tapi nyaman (buat gue) ini.

Sekali lagi gue mau ngucapin terima kasih untuk semuanya yang sudah memberikan dukungannya sejak kaoskakibau.com sampai sekarang di kaoskakibauTV. Dukungan kalian sangat berarti banget! Kalo nggak ada kalian, ya siapa yang mau nonton videonya? AHAHAHAHAHAHHAA KENAPA SIH KALIAN TUH BAIK BANGET?! JANGAN TERLALU BAIK GITULAH. KALO ORANG TERLALU BAIK BIASANYA GAMPANG DIMANFAATIN!

#baper #drama #apalah #pergiajasana #keAlaska

Akhir kata, sila LIKE+COMMENT+SHARE+SUBSCRIBE #vron (#vlognyaron) di YouTube. Playlist-nya tinggal klik aja di [bit.ly/vlognyaron] atau bisa langsung nonton di bawah ini:



Have a nice weekend guys and God Bless you all!

Follow Me/KaosKakiBau in everywhere:
Subscribe on my YouTube Channel: kaoskakibau TV
Twitter: ronzzykevin
Facebook: fb.com/kaoskakibau
Instagram: ronzstagram - kaoskakibaudotcom
Steller: ronzzykevin
Snapchat: snapronzzy
Line@: @kaoskakibau (di search pake @ jangan lupa)

Share:

0 komentar