Cidomo, Maling, dan Ke-BETE-an yang Merajalela

Agak heran juga gue sama kebetean ini, rasanya kok berkepanjangan ya? Padahal sebelum kemaren, nggak pernah nih kayak gini? Apa ini karena ini berkaitan dengan kesukaan yang pada akhirnya didiskriminasi? Mungkin begitu. Terlalu sangat berlebihan sih, bahkan kata-kata gue sebelum koma sudah lebay banget. Tapi yah, terkadang gue juga menikmati bagaimana menjadi manusia awam dan manusia kebanyakan yang suatu saat juga bisa kesel dan bete.

Hari ini gue ada janji sama beberapa temen SMA buat kumpul. Janjinya di dua tempat bersama dua kelompok yang berbeda. Agak ribet juga awalnya mau bagi waktu soalnya yang satu ngajak nonton bareng yang pastinya akan makan waktu lebih dari dua jam sedangkan gue cuma punya waktu dua jam, dan yang satu lagi ngajak kumpul-kumpul biasa, ngobrol-ngobrol. Kendalanya sih bukan di waktu, tapi di kendaraan ini. Gue bener-bener bingung harus bagaimana karena hari Senin biasanya motor dipake semua. Dan gue nggak mungkin dong ngerecokin jadwal kerja orang-orang cuma karena gue pengen maen. Cuma siangnya gue tau kalo ada adik gue yang nggak ke kampus, akhirnya gue minta dia buat anter. Tapi nih orang emang bikin bete gue berlipat ganda ya? Gue minta tolong malah alesan nggak ada helm, padahal jalur yang mau dilewatin juga bukan jalur yang diharuskan pake helm. Emang sih pake helm wajib, cuma di jalur itu it's ok banget kalopun nggak pake helm. Dia beralasan tralala trilili yang bikin kebetean gue semakin parah. Sampai akhirnya gue marahin dia dan memutuskan buat pergi naik Cidomo.

Walaupun rasanya gue pengen teriak saking betenya karena nggak bisa naik motor dan harus jalan setengah kilo baru bisa sampe ke tempat cidomo ini, tapi yasudah, gue ambil hikmahnya aja. Memang beberapa bulan belakangan ini kangen banget naek cidomo. Terakhir naik seinget gue itu waktu SMP. Waktu belom boleh pake motor dan belom punya SIM. Lumayan lama juga ya... Dan tadi cukup mengobati lah rasa ingin naik cidomonya dan ternyata gue baru sadar kalau naik Cidomo itu bisa dua kali lipat lebih lama daripada naik motor. Apalagi kalau kudanya sangat malas buat lari. Huff...

Sebelum akhirnya gue lepas landas sama si kuda (berasa Siwon aja nih kalo ngomongin kuda) gue nerima SMS yang lumayan menyebalkan dari salah seorang teman yang beberapa minggu belakangan ini memang sering ngobrol bareng. SMS nya bernada menceramahi dan sejenisnya. Gue udah agak bosen ya, jujur aja, dengan masalah-masalah sejenis ini. Apalagi kalau ada yang nanggepin becanda gue serius. Tapi yasudah, gue maklumin aja. Walaupun mungkin dia masih menganggap gue ini sepertinya ada udang di balik batu, tapi gue tahu, dia selama ini menunjukkan wajah palsunya, bukan wajah yang sebenarnya. Gue menang satu poin lah disini, gue berani jujur sama diri gue sendiri. Nggak ngerti? Sama... Jadi nggak usah dilanjutin.

Setengah jam perjalanan dari tempat cidomo ke rumah temen gue di seputaran Rembiga sana (yang padahal kalo naik motor bisa cuma lima menit) gue sampai dengan kondisi selamat dan rambut acak-acakan rapi (macem mana pula itu acak-acakan rapi?) dan disambut dengan kolak pisang yang enak banget. Disana akhirnya kita jadi cuma cerita-cerita doang soal masalah kampus dan sebagainya padahal awalnya pengen nonton film horor tapi karena waktu yang nggak memungkinkan juga jadi yaaah, batal. Obrolan kita yang awalnya ngalor ngidul jadi menjurus ke arah maling-malingan karena beberapa hari yang lalu temen gue yang punya rumah itu juga kemalingan. Laptop, camdig, BB, hape dan dompetnya hilang di rumah. Jelas malingnya masuk dan tersangka utama adalah tukang yang sedang bekerja membangun rumah sebelah rumah temen gue itu. Tapi yang anehnya, satu minggu setelah kehilangan, ada tukan ojek yang balikin dompet temen gue dan bilang dompetnya ditemuin di bendungan. Ckckck... Emang mataram ada bendungan yak? Jauh amat kalau malingnya dari luar mataram? Gue jadi curiga, maling itu mungkin mau melarikan diri ke pulau seberang, tapi dia kebelet boker waktu sampe di bendungan, akhirnya boker dulu, eh sialnya kelupaan deh itu dompet. *jayus*

Tapi ada satu cerita lucu tentang jambret yang sukses bikin gue ngakak tadi siang. Cerita ini tentang temennya temen gue yang namanya Rimbun. Kita sebut saja nama temen Rimbun itu Rindang.

Suatu hari, Rindang baru aja pulang dari kampus dan tempat seminar. Dia berniat langsung pulang ke rumah aja. Dia bawa dua tas hari itu. Satu tas yang biasa dia bawa kalau kuliah yang isinya dompet, handphone, buku dan lain-lain plus satu kotak kue yang dia dapatkan dari seminar. Satu tas lagi isinya laptop. Tas kampusnya seperti biasanya juga dia selempangin sementara tas laptopnya dia letakkan di depan, dibagian leher motor antara kaki kiri dan kaki kanannya. Di sebuah jalan, tiba-tiba aja dua orang cowok pake topeng mendahului Rindang dengan sepeda motor khas cowok. Rindang awalnya biasa aja, sampai akhirnya dia sadar kalau dua cowok itu sudah ngambil tas selempangnya. Tas itu talinya di potong dari belakang pake gunting dan copot gitu aja. Rindang yang syok banget waktu itu nggak punya kekuatan buat ngejer itu jambret, dia cewek pula dan sendiri, mana bisa pake motor matic ngejer perampok yang lari pake motor khas cowok. Tapi waktu itu ada bapak-bapak yang bantuin dia ngejer jambret itu tapi gagal dan bapak-bapak itu balik sambil bawa polisi. Sesampainya di rumah, Rindang cerita ke keluarganya dengan mengharu biru. Dia tiba-tiba dapet ide buat nelpon ke hapenya yang ada di tas yang hilang tadi.

Rindang: "Halo?"
Jambret: "Halo..."
Rindang: "Halo... ini yang jambret tas saya tadi kan? Mas, tolong dong, balikin barang-barang saya... 
               kalau    nggak mau semua, nggak apa-apa deh, SIM sama STNK saya aja yang dibalikin. Hape 
               sama dompetnya diambil aja. Please, mas!"
Jambret: "Heh, cewek! Miskin banget sih lo! Asal lo tahu ya, gue aja nyesel ngambil dompet lo! Masa 
               uangnya cuma seratus lima puluh ribu doang?! Males banget..."
Rindang: "Aduh mas, tolong dong, mas boleh ambil deh uangnya, nggak apa-apa, tapi SIM sama STNK 
               saya dibalikin! Kita janjian ketemuan dimana deh, atau mas taruh dimana deh asal dibalikin!"
Jambret: "Ogah ah... males gue. Udah capek-capek jambret, malah nggak dapet apa-apa. Tapi makasi ya 
               kotak kuenya. Kebetulan tadi gue lagi laper. Take care ya mbak!"

Entah kenapa gue ngakak denger cerita itu. Entah siapa yang kocak, si Rindang atau di Jambret. Tapi emang sih, si Jambret kurang ajar juga. Yang bego dia lah, mau jambret kan harusnya liat-liat korban dulu daripada nantinya harus nyesel kan? Cuma si Rindang juga lucu sih, ngapain pula pake minta balikin, mana mau si jambret menampakkan wajahnya di depan Rindang! Malu lah dia... Udah jadi jambret, tapi malah nggak dapet apa-apa, mau taruh dimana muka jambret itu? Lagian kalopun mereka mau ketemuan atau si jambret mau balikin SIM dan STNK itu, dia kan beresiko ketangkep juga... Hmm... Bahkan urusan seperti ini ribet juga.

Gue sih nggak ketawain si Rindang yang kemalingan, cuma gue geli aja sama kata-kata penjambretnya, kocak abis. Semoga dia diberikan jalan kebenaran...

Sepulang dari rumah temen gue itu, gue lanjut lagi ke rumah temen yang lain dan gue harus naik cidomo lagi. Lumayan jauh kali ini dan gue sampe berkeringat jalan dari depan gang ke rumah temen gue itu. Untungnya disana gue dapet makanan gratis. Gorengan yang super enak. Hahaha... dan pulangnya gue juga dianter walaupun nggak sampe depan rumah sih, harus jalan setengah kilo lagi, tapi gue nggak apa-apa yang penting nggak harus naik cidomo malem-malem. Soalnya berasa jadi bang Bokir yang ditemenin sama hantu.

Sampai rumah gue langsung tepar dan bangun-bangun kelaparan. Yang gue heran, kenapa gue masih bete? Nggak tahu deh... Obat bete apa sih? Ada yang tahu? Mention gue di twitter yaa...

H-5 berangkat ke Depok. Agak berat ninggalin mama, tapi sudah nggak berat ninggalin yang kemaren gue cari. Euphoria nya sudah hancur... Sudah tidak ada rasa lagi. Makasi buat yang menghancurkan mood gue dan bikin gue bete. Salam SCTV buat anda!

SS3 Singapore heboh ya katanya? Golden Medal, eh? Ah... gue malah mikir itu agak berlebihan. Semoga SuJu tidak terlalu menanggapi dengan serius supaya mereka nggak terbebani.

Nite!

Share:

0 komentar