Si Ronzzy Membego Part 2

Goodbye Holiday... Huh... Sepertinya kalau mengeluh dan mengeluh terus karena liburan yang berakhir rada-rada anak kecil ya. Bayangkan dong, sejak TK kita sudah mengalami hal ini: sekolah-libur-sekolah-libur dan sampai sekarang kuliah-libur-kuliah-libur juga kita alami, jadi kalau masih mengeluh rasanya sangat tidak adil buat si sekolah dan kuliah. Sesekali kan mereka mau disambut dengan ceria dan happy XD

Gue harus meninggalkan Lombok di hari Sabtu 5 Februari kemaren karena Senin tanggal 7 nya gue udah mulai kuliah lagi. Agak kangen sih sama suasana kuliah dan suasana di kelas. Well, walaupun cuma "agak" tapi gue excited kok buat belajar. Gue pengen menyelesaikan pendidikan ini secepat gue bisa. Hanya tinggal beberapa tahun lagi. BANTAI RONZZY!

Gue pengen cerita soal ke-BEGO-an gue yang kayaknya jadi agak kebangetan. Jadi kan gue berangkat hari Sabtu jam 6 pagi sudah take off. Seperti yang biasa gue lakukan sebelum berangkat adalah packing. Yak! Gue sudah berusaha untuk menyiapkan segalanya dengan baik. Mulai dari baju, celana pendek, baju dalem dan celana dalem (dua hal yang paling penting sedunia) sampai segala kebutuhan kecil macem sikat gigi, deodorant dan tetek bengek laptop gue siapin. Semua sudah fix masuk ke dalem koper, ransel dan satu tas jinjing yang isinya cuma laptop. Semua rasanya sudah lengkap. Bahkan sampai kunci kosan sudah masuk ke ransel semua. Tapi beberapa jam sebelum berangkat, gue ngecek lagi apakah ada yang belum masuk koper? Apakah ada yang tertinggal? Akhirnya gue keluarin lagi deh itu kunci kosan yang juga sekalian sama kunci lemari dan koper gue buat ngebuka koper dan ngecek apa yang belum masuk dan masih bisa masuk. Dan pas sudah selesai. Gue beres-beres lagi.

Gue sempet-sempetin, seperti biasa, pamitan sama semua temen-temen via SMS. Walaupun nggak ada yang peduli, tapi gue nggak peduli, tetep dong mau eksis biar didoain selamet sampe tujuan. Kakak gue nganter ke bandara pagi itu bareng sama my mom. Hari ini kebetulan juga sepupu gue yang kuliah di UI juga anak FIB Sastra Rusia 2010 bakalan berangkat bareng gue. Jadi nanti di bandara bakalan bareng dia sampai Depok.

Gue Check-In, masukin koper ke bagasi pesawat, dan bayar pajak airport. Tapi pas gue mau masuk ruang tunggu, ransel gue yang nggak gue masukin ke bagasi tiba-tiba saja membuat mesin pendeteksi itu bunyi.

Mampus lah...

"Maaf mas, ada something tuh di tas nya. Obeng ya? Kalau lebih dari 5 senti gaboleh masuk pesawat mas..."

Gue inget banget ada obeng memang disana karena gue waktu itu beli buat beresin Laptop. Tapi gue lupa kalau obeng itu bakalan bikin bunyi-bunyi.

"Eh? Masa sih?" Gue pura-pura bego sambil merogoh ransel itu. "Oh iya..."
"Mending taroh di bagasi aja mas. Jadi aman bisa dibawa. Mas ada bagasi kan?
"Ada sih..."
"Mas bilang aja sama petugas di bagasi pake boarding pass nya. Nanti biar dimasukin ke bagasi aja..."
"Apa nggak ribet ya mas?"
"Nggak kok, sebentar paling."
"Errr... oke deh." Gue beresin tas gue dan bersiap ke tempat bagasi lagi. "Ini obeng kenapa juga bisa ada disini.." Gue sok sok nggak tahu. Padahal nutupin malu.
"Mas pasti suka bongkar-bongkar elektronik ya? Anak elektro ya?"

Bujug... Gue alergi sama IPA gimana mau masuk elektro.

"Errr... Iya..."
"Yaudah mas, mending cepetan aja ke bagasi supaya bisa dimasukin ke koper nya mas. Sini tas nya titip sama saya aja biar nggak berat bolak balik..."
"Oke.Oke"

Gue akhirnya keluar dari waiting room dan berniat mau masukin itu obeng ke bagasi. Cuma gue males banget kalau harus berurusan sama petugas pagi di bandara yang biasanya mukanya jutek karena ngantuk. Akhirnya gue mikir buat keluar lagi aja, karena gue yakin kakak gue masih ada di luar dan belum pergi sampai pesawat lepas landas. Dan benar juga...

"Loh? Kenapa?" tanya kakak gue pas gue keluar dengan muka kayak orang gila.
"Obeng kebawa, nggak boleh masuk pesawat. Naruh di ransel, lupa masukin bagasi.."

Gue buru-buru masuk lagi dan antri lagi. Ya ampun... capek...

Akhirnya pesawat lepas landas menuju Jakarta. Gue duduk di 33D. Paling pinggir deket gang. Tempat yang juga gue dapetin pas pulang kemaren. Bete. Padahal gue paling seneng deket jendela. Gue suka banget kalau deket jendela karena bisa jendelanya bisa gue buka terus gue maen awan. Gue mulai gila... Di samping gue ada dua bapak-bapak yang gatel banget ngeliatin pramugara eh salah, pramugari. Bahkan mereka kegirangan waktu itu pramugari nungging di samping gue buat benerin bagasi orang-orang. Buset nih bapak-bapak. Gue curiganya mereka pejabat yang lagi safari ramadhan. Tapi mengingat ini bukan bulan puasa dan salah satu dari mereka pake anting, gue menghapus pikiran itu dari otak gue.

"Pantesan gatel... pake anting sih. Macem Charly aja lah kau pak..." gue membatin.

Hampir dua jam perjalanan itu akan sangat membosankan mengingat pesawat Singa ini hanya memberikan makanan untuk kelas bisnis bukan promo atau ekonomi. Aduh aduh... gue sarapan cuma pake mie goreng dan baru baru makanan yang lewat itu enak banget. Bikin laper... Gue berharap ada tukang siomay yang lewat kek gitu ketok-ketok jendela pesawat. Gue pengen banget makan siomay. Tapi sekali lagi gue hanya bermimpi. Gue memutuskan untuk menyumbat telinga gue dengan headphone dan memutar 150 lagu K-Pop yang ada di Luigi dan bersiap untuk tidur.

Perjalanan itu rasanya cepet banget. Nggak sampai setengah jam kalau gue pikir. Soalnya gue nggak sadar tiba-tiba pesawat udah gladak gluduk aja kayak tronton. Gue pikir ada tronton lewat, ternyata pesawat sedang mendarat. Ribut banget yak? Suara Dong-Hae yang jelek jadi makin jelek karena suara pesawat landing itu.

Gue ambil barang dan turun dari pesawat. Nungguin sepupu gue dan kita jalan bareng. Baru sampai terminal Mommy telepon.

"Halo?"
"Iya mom.. ini sudah mendarat..." kata gue.
"Eh, itu loh,tadi mama liat di kamar ada kunci yang gantungannya ijo-ijo itu apa ya?"
"Kunci?"
"Iya..."

Ringdingdong... BEGO BEGO BEGO! ITU KAN KUNCI KAMAR GUE!!! KENAPA BISA KETINGGALAN?! MAMPUS...

Gue ketawa pasrah.

"Oh itu kunci kamar Mom, sama kunci koper, sama kunci lemari..." Matilah gue.
"Yaelah, kenapa bisa ketinggalan sih?"
"Seingat Ronzzy sih tadi udah Ronzzy masukin ke tas. Pas ngeluarin obeng di bandara Mataram perasaan masih ada deh Mom..."
"Kamu sih ah..."
"Yaudah Mom, dikirim aja, usahakan hari ini sampe. Tiki masih buka kok kalau Sabtu..."
"Yadeh, nanti di cek dulu."

Telepon di tutup dan gue, entah kenapa kayak udah pasrah aja. Takut sih, tapi kayak nggak ada apa-apa. Dalam pikiran gue, "Oh pasti bapak kosan punya kunci cadangan dong... masa iya sih nggak ada... Kalau koper bisa dirusak, gampang, lemari? Pake aja dulu baju yang ada di koper, lemari bisa dipikirin belakangan..."

Tapi pas gue sampe kosan,

"Waduh, ini kunci banyak banget, coba aja di cek satu-satu, saya juga nggak tahu yang mana kuncinya. Nggak yakin..."

TAR!

Seratus lebih kunci harus gue coba satu-satu? Yakali pak... Astaga... ini bapak emang kadang-kadang nyiksa gue. Kadang-kadang bantu... bingung gue. Labil banget dah ini bapak dah... Tapi gue nggak punya pilihan, kunci itu gue coba satu-satu. Dari kunci kiri ke kunci kanan, dari ikatan satu ke ikatan yang lain, tapi nggak ada yang bisa.

"Gimana dong pak? Saya nggak mungkin kan tidur diluar kayak kucing?"
"Ya nggak ada cara lain, jendelanya aja di copot dulu sementara,"
"Yaudah deh, dicopot aja pak..."

Akhirnya jendela gue dicopot dan gue bisa masuk.

"Nanti saya minta menantu saya buat cari kunci baru deh. Paling 25 ribu. Nanti sore ya. Yang jelas hari ini...."
"Oke..."

Dan sampai jam sebelas malem tuh bapak sama menantunya kagak nongol-nongol di depan kamar gue. Ya Tuhan... Gue udah was was banget karena jendela masih kebuka. Gue sih bersyukur bisa masuk, tapi malah nggak berani tidur karena takut tiba-tiba ada yang masuk dan perkosa gue. Ya Allah... Selamatkan Ronzzy...

Akhirnya malem itu gue SMS Dika, temennya Dedy yang juga temen gue. Dia tahu dimana nyari tukang kunci, dan dia juga yang nyelametin gue dari kelaparan. Sebenarnya gue bisa aja keluar lewat jendela dan cari makan, tapi jujur aja gue nggak berani ninggalin barang-barang gue di kamar yang jendelanya copot. Gue bersyukur Dika mau bantu gue dan mau belikan gue nasi goreng. Semoga Allah membalas kebaikanmu, Dik... Dan malam itu ditutup dengan gue dan Dika masang lagi jendela yang copot karena gue bosen nungguin pak kosan yang sudah pikun. Dan akhirnya gue bisa tidur dengan tenang...

Besoknya, Dika manggillin gue tukang kunci buat benerin pintu dan ganti kunci sama yang baru. Nama tukang kunci itu Pak Agus. Gue bener-bener salut sama orang yang satu ini. Dengan peralatan yang sederhana banget: paku bengkok, kawat sama kunci L yang dimodifikasi sedikit, dia bisa ngebuka pintu gue dalam hitungan 3 menit saja! Ya ampun... gue baru ngeliat orang yang seberbakat pak Agus ini. Kalau dia ikut IMB, gue yakin dia bisa menang sebagai juara umum! *oke ini lebay* Ini nih, peralatan sederhana super canggih punya pak Agus:


Dan dengan peralatan sederhana itulah pak Agus berhasil membuat pintu kamar gue terbuka lagi. Walaupun agak mahal ya lima puluh ribu, hehe... tapi gue bersyukur deh ada orang seperti Pak Agus yang bisa bantu gue daripada gue harus berharap sama bapak kosan yang sudah pikun. Serius loh kayaknya dia pikun, bahkan tadi sore waktu gue pulang dari Detos gue lewat depan dia dan dia nggak ngomong apa-apa pas ngeliat gue. Kemana tuh pikiran yang kemarin pak? Kebawa lari sama menantunya ya?

Gaya Pak Agus pas ngebuka pintu pake paku bengkok tadi juga keren banget nih... Gue sempat foto dia dan dia nggak sadar. Hahaha... Gayanya udah kayak Indro Warkop pas ngebuka kamar Michiko di salah satu film Warkop DKI pas mereka jadi detektif. Gue nggak inget judulnya tapi gue inget nama kantor detektifnya: Depan Bisa Belakang Bisa. Oke ngelantur. Sori...


Entah kenapa gue nggak ada perasaan menyesal ataupun takut kali ini dengan ke BEGO an gue yang kelewatan. Nggak tahu kenapa kok rasanya santai aja gitu, kayak nggak terjadi apa-apa. Iya sih gue tahu kalau ketinggalan kunci itu bakalan ribet. Awalnya gue malah mikir kalau gue akan nginep di kosan salah satu temen, tapi ternyata toh gue bisa masuk kamar juga. Hikmahnya? Bahwa semua, apapun itu, pasti akan ada jalan keluarnya dan jalan keluar itu sangat mudah dicari kalau kita lagi tenang dan nggak grasa-grusu. Gue mau berterima kasih banget buka Dika yang sudah menyelamatkan gue. Sori yee bro kalau selama ini gue jarang ngomong sama lo walaupun kita sering makan bertiga sama Dedy. Hahaha... Maafkan daku juga kalau cuma butuh ini gue baru heboh SMS lo. Hehe... Kan definisi teman adalah seseorang yang kalau lo butuh akan lo SMS tapi kalau nggak akan dilupakan. Jadi maafin yee... piss Dik!

Kunci yang dikirim itu nggak bisa sampai di hari yang sama. Alasannya pasti karena weekend. Gue heran deh sama paket paket pengiriman ini. Kalau seandainya barang itu urgent banget, masa iya sih nggak bisa diusahakan? Nggak berkomitmen banget menurut gue. Sori sori ya, ini sekali lagi pandangan orang awan yang bego.

Karena semua sudah sip buat ditinggal, gue bisa tenang sekarang. Cuma tinggal lemari aja yang bermasalah. Semoga Senin besok kunci yang lama bisa sampe tepat waktu nggak ngaret kayak waktu itu aja.

SELAMAT DATANG KEMBALI DI KAMAR D5 XDDDD

Oh iya, gue sedang menghemat nih, mau nabung serius buat nonton Super Show. Entah akan ada atau tidak, yang jelas gue ngarep bakalan ada. Gue akan giat menabung dan bertekad untuk menghemat. Nggak akan ada makan di kampus yang sangat mahal itu. Tapi... pas gue lagi nulis ini gue laper banget T___T gimana dong? Kayaknya kalau di Depok bawaannya laper terus. Padahal di rumah gue cuma makan satu kali sehari yang notabene nya adalah gratisan. Ya ampun... lalu apa yang bisa gue tabung?

Gue niat nyari kerja nih. Kerja apa aja gue mau deh, yang jelas kerja halal. Gue mau jadi waiter magang di weekend atau tukang cuci mobil juga nggak apa-apa. Yang jelas gue bisa dapet penghasilan sendiri. Besok gue niat buat beresin printer biar gampang print CV dan sebagainya. Printer gue udah rusak sejak semester kemaren. Stres banget rasanya...

Ada banyak target di semester ini selain kuliah dan ikutan lomba yaitu nyelesein cerpen dan novel yang sudah menunggu untuk disentuh dan dijamah. Semoga akan bisa selesai tepat waktu karena kasian kalau mereka harus mendekam di folder draft mulu.

Besok kuliah... nggak kerasa akan ketemu lagi sama anak-anak IKP. Sampai jumpa besok deh!

Share:

0 komentar