Mengeluh, Mengerti, Munafik

 Keluh keluh keluh...

Sebagai manusia, wajarlah ya kalau setiap hari diwarnai dengan mengeluh dan mengeluh. Menurut gue pribadi sih, sangat manusiawi sekali kalau disaat lo lagi butek banget, lagi rempi dempi sama berbagai urusan yang datang dan membabi buta kemudian lo ngeluh dan marah-marah. Keadaan genting juga bisa banget bikin kita gampang ngeluh. Bentar-bentar, ngomel ke sini, bentar-bentar ngomel ke sana.
Gue punya pengalaman soal keluhan yang kayaknya nggak pernah bisa kelar... Masalah ini sama salah satu dosen yang nggak pernah pun ngajar gue, tapi entah kenapa dosen ini bikin gue pengen nyekek diri gue sendiri, terus gue gantung diri di pohon cabe.

Beberapa hari yang lalu, gue syuting sebuah acara buat Commvision. Seharusnya memang syutingnya pake satu kamera digital, tapi temen gue pengen banyak angle dalam satu waktu, akhirnya kita pakailah dua kamera. Yang satu pake memory card, yang satu pake Mini DV. Singkat cerita, proses syuting selesai dan sekarang udah mau masuk proses editing. Data di memory card udah aman dong, tinggal di potong-potong doang. Nah yang bermasalah itu adalah data yang ada di Mini DV. Gue bisa sih, meng-capture sendiri Mini DV itu dengan peralatan yang gue punya, tapi kondisinya saat itu adalah laptop gue lagi rusak dan nggak ada media buat meng-capture itu Mini DV. Akhirnya, dengan mengambil resiko gondok to the max, gue sama temen gue selaku produser mengambil jalan setan minta tolong lah sama Dosen. Berhubung ini tugas deadline banget, jadi emang nggak ada pilihan lain.
Anjroooot... Penolakan berkali-kali. Banyak alesan. Sibuk ini sibuk itu. Oke, kita maklumin karena memang gue tahu dia orangnya suka sibuk sendiri dan suka ribet sendiri. Entah apa kehidupannya udah ribet atau gimana, tapi yah, oke. Gue memposisikan diri gue sebagai orang yang minta bantuan jadi, fine...

Besoknya gue ngomong sama dosen gue yang super baik hati rajin menabung suka menjahit dan naik kereta. Kata dosen gue ini, dia udah ngomong sama si dosen yang kemaren dan katanya bisa capture sendiri. Pokoknya nggak akan dipersulit. Okelah, dengan senang hati gue datenglah lagi ke lab AV dan minta capture. Tapi kata mas-mas yang nungguin lab, si dosen belum dateng. Hari ini gue deadline dan nggak bisa banget kalau harus nunggu ini orang. Akhirnya gue memutuskan untuk pulang. Eh, baru sampai halte sekitar lima puluh meter dari lab AV, mas-mas yang jagain lab nelpon dan suruh balik soalnya si dosen udah dateng. Oke gue balik. Dan setelah gue sampai di sana, gue pikir gue bakalan dikasi dong kesempatan buat capture, ternyata malah muter-muter...

"Jadi gini ya, gue lagi sibuk, kenapa lo nggak capture sendiri aja? Gue udah bilang sama mbak Mimi kalau gue sibuk. Lo capture sendiri aja deh, gue akan pinjemin kabel firewirenya. Lo bisa kan capture sendiri? Sini gue pinjemin aja semuanya... lalalalalalalalalalalaaaaaa..."

Si dosen mulai ceramah.

Sigh...

HALO DUNIA!!!!

Tujuan gue dateng ke lab AV ini dan minta tolong capture adalah: KARENA GUE NGGAK BISA CAPTURE SENDIRI. Gue nggak punya alat! Laptop lagi rusak! Karena laptop rusak itulah, kenapa gue minta bantuan! Lo mau pinjemin kabel doang? Gue punya kabel! Handycam gue punya! Nah laptop ini yang nggak ada... Kenapa sih harus muter-muter? Bukannya udah gue jelasin dari awal?! Emosiiiiiiiiiiiiiiiii... Oke, gue tahu semua alat-alat disitu mahal yak. Tapi kalo nggak dipake? Mati aja lo. Makan aja tuh semua fasilitas kampus sesuka hati lo. Kenyang-kenyang deh lo...
Akhirnya gue bete dan pulang dengan bete.

Terus, gue mengeluh. Mengeluh. Mengeluh...

Yah... Bahkan dalam keadaan seseorang yang sedang genting sekalipun, kita nggak bisa memaksa orang untuk mengerti keadaan kita...

Gue setuju sama hal itu.

Oke, terlepas dari si dosen sedang mengalami kisruh rumah tangga, anaknya pagi ini nyebelin, ketua jurusan ngomelin dia, lalalala lililili, oke, gue sebagai orang yang pengertian mencoba untuk mengerti hal itu.

Trus? Cuma gue yang ngertiin? Dia nggak coba ngerti posisi gue yang dikejar deadline dan susahnya minta tolong sama dia?

Kenapa deh semua orang selalu minta dingertiin dan nggak pernah mau mencoba untuk mengerti orang lain? Bete -____-

Gue nggak munafik kalau sebenarnya gue kesel banget sama orang itu. Gue sih bisa aja bilang, "Oh, oke mungkin dia lagi rempong sama tugasnya kali makanya marah-marah..." Tapi NO! Nggak... justru itu buat gue munafik banget. Manusiawi aja deh sekarang, kalau orang nggak mau bantu, ya udah gue marah, kesel, ngeluh. CAPEK MEN! Lo  bayangin aja sejak pertama gue ketemu sama tuh dosen, kesannya JELEEEEEEEK banget. Mukanya yang kayak coverboy itu jadi lebih mirip patung pancoran!

Nah kalau sekarang gue ngeluh, rasanya wajar, manusiawi dan yang jelas tidak munafik.

Kalau ada quote yang bilang, "Jangan cepat mengeluh, manusia itu harus positive thinking."

Oke gue setuju, tapi dalam konteks apa? Kalau menurut gue, daripada gue harus munafik, sok sok mengerti kondisi orang tapi di dalam hati keki kesel ngomel tralalala, mendingan gue ngeluh deh.

Moral of the story: Nggak semua orang bisa lo harapkan untuk mengerti kondisi, posisi dan keadaan lo meskipun di saat genting sekalipun karena genting buat lo belum tentu genting buat mereka. Jangan terlalu jauh mengerti kondisi orang sebelum kondisi buruk diri lo sendiri bisa lo selesaikan.

@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com

Share:

0 komentar