It's f(x) Again, 'RED LIGHT'! [PART 1: Mukadimah]

SM ngumumin comeback f(x) disaat yang tepat. Dikala dahaga sedang benar-benar parah karena EXO lagi jarang tampil di TV karena memang lagi sibuk konser. Beberapa member mungkin memang eksis, tapi yang lainnya jadi jarang keliatan. Dan disaat dahaga karena memang lagi puasa.

Ada yang superbeda dari comeback f(x) di tahun ini. Mereka kembali dengan konsep dan image yang benar-benar baru dan entah bagaimana nggak terlihat seperti f(x). Baguskah? Atau justru malah jadi nggak bagus?
*
*
Selama gue kenal f(x) sejak tahun 2010-an (ini tahun dimana gue baru tenggelam lebih dalam dalam kenistaan dunia bernama Korean Pop), gue sudah terbiasa dengan image yang ceria dan menyala-nyala. Warna-warna mencolok mata dan bikin buta sementara selalu ditampilkan. Ya nggak cuma dari baju aja, tapi juga warna rambut, sampai ke set MV. f(x) sudah sangat identik dengan image girlgroup ngejreng.

Tapi teaser foto Krystal yang mengawali comeback mereka dengan 'RED LIGHT' tahun ini justru terlihat tidak seperti biasanya. Kali f(x) nggak tampil ngejreng tapi ya tone warna mereka agak lebih diturunkan, bahkan cenderung gelap. Nggak cuma gelap sih gue rasa hahahaha (gak jelas). Teaser Krystal pertama yang gue liat itu punya sedikit nuansa horor. Gimana ya nyebutnya. Emo? Emo sih gak horor ya malah galau. Gothic. Hmmm... Ya... ada nuansa kuntilanak berambut pirang yang dandan dengan terburu-buru sampai akhirnya sebelah matanya lupa dikasi celak.

Tunggu. Mungkin itu bukan celak. Mungkin itu sebenarnya dia kena tonjok. Bonyok.
*
*
Foto-foto teaser comeback f(x) kali ini jauh lebih menarik daripada teaser foto yang sebelum-sebelumnya. Kenapa jadi menarik? Soalnya mereka mau ganti image sama konsep. Dari f(x) yang anak-anak muda ngejreng jadi f(x) yang anak-anak muda agak terjerumus ke lembah hitam.

Baju-bajunya kebanyakan bernuansa gelap dan foto-fotonya juga dibuat agak lebih misterius dari biasanya. Nah salah satu point seru dari foto-foto itu adalah celak mata yang sebelah pake sebelah nggak itu.
*
*
Dari dandanan seperti itu f(x) seperti mengisyaratkan sebuah perbedaan yang jelas dan nyata. Sebelah mata yang pake celak adalah konsep mereka yang sekarang. Lebih strong, lebih dark, lebih terjerumus dan jauh lebih terlihat tajam gitu bagaikan lidah Baekhyun saat ngejekin Tao. Sementara sebelah matanya lagi yang polos adalah image mereka sebelum-sebelumnya.

Dari kostum yang mereka pakai di teaser image juga lebih provokatif. Nggak cuma sekedar menunjukan bahwa mereka seorang wanita dengan gaun dan topi raksasa yang menutupi sebelah matanya dan berfoto bagai noni noni Belanda di pinggir hutan. Ataupun Putri dari negeri dongeng yang bertemu dengan pedo bear di tengah hutan. Kali ini mereka tampil lebih dewasa.

Oh iya. f(x) memilih untuk menampilkan perubahan image mereka dengan menampilkan konsep yang lebih gelap. Dengan cara itu mereka menunjukkan bahwa mereka tumbuh sebagai sebuah grup yang sudah dewasa. Mereka memilih untuk tampil dengan dandanan yang tajam gitu ketimbang harus menunjukkan kalau mereka sudah dewasa dengan buka-bukaan di MV misalnya, atau pegang-pegang pantat dengan dada menyembul dibalik baju ketat.

Oke, mungkin sih ada dada menyembul tapi setidaknya di MV nggak terlalu diekspos. Di photobook mungkin ada. Ya, sesuai dengan judul lagu mereka di track kedua 'SUSU' ya harus sedikit lah ngeliatin susu. Boleh. Tapi poin dari perubahan image-nya tetap bukan disitu.
*
*
Memang, di antara foto-foto teaser yang ingin menunjukkan kalau mereka lebih dewasa itu, ada yang masih menampilkan sisi anak-anak mereka. Menjadi dewasa tentu bukan berarti semuanya harus kemudian jadi rated R. Orang dewasa juga punya sisi anak-anak kan. Seksi? Sudah pasti semakin dewasa itu akan poin penting. Bolehlah sedikit pamer pantat.
*
It's ok, Soojung-ah, you're still cute.
Beberapa orang yang sudah terbiasa dengan konsep warna-warni f(x) mungkin bisa jadi tidak akan terbiasa dengan konsep yang ini. Tentu beberapa orang lebih memilih untuk melihat Krystal dan Sulli tetap polos dan Amber tetap tomboy. Tapi beberapa yang lain tentu akan bosan karena kesannya selama ini f(x) hanya begitu-begitu aja.

Kalau gue pribadi sebenarnya lebih ke yang yaudahlah-ya-yang-penting-lo-comeback-dan-gue-ada-bahan-spazzing. Untuk f(x), gue terima-terima aja mereka mau digimanain juga sama SM. Sudah (katanya) dianaktirikan, gausahlah kita terlalu menuntut gitu kan. Yang penting comeback.

Tapi, meski demikian gue juga sangat suka dengan gaya f(x) yang sekarang. Walaupun lebih gelap dan menguntilanakkan diri, mereka terlihat lebih fresh. Tentu. Karena selama beberapa tahun terakhir kan selalu warna warni cerah ceria, kemudian beralih jadi gelap emo gothic pake celak gitu tentu jadi lebih fresh. Beda. Ada yang baru. Nggak bikin bosen.

Gue sangat suka melihat penampilan Luna dengan rambut pendeknya. Terlihat lebih cantik dan lebih eksotis. Dan entah kenapa terlihat makin cocok sama Kim Junmyeon. Luna adalah member paling favorit gue di f(x) walaupun cinta sejati gue tetap ke Krystal (muntah). Sekarang, Luna jadi lebih kurusan dan body-nya jadi lebih mungil dan dede-dede gemes bitchy gitu. Kasian sebenarnya. Dia terlalu bekerja keras sampai akhirnya harus kayak gitu. Diet kan gak mudah. Tapi Alhamdulillah, saya suka Luna apa adanya. Apalagi kalo nanti pacaran sama Kim Junmyeon. Saya makin suka.
*
*
Gue suka liat Amber dengan rambut panjang sebelahnya walaupun cuma di teaser doang. Selama ini Amber terlalu dibuat laki-laki banget walaupun memang dia suka sih kayak gitu, tapi ketika dia pake rambut panjang sebelah dan pake sleeveless, gue teringat bahwa dia hanyalah gadis biasa juga. Dan dia terlihat cantik. Suka banget!
*
*
Walaupun ada satu foto dimana Amber terlihat sangat terkejut dengan dirinya sendiri....
*
*
Beberapa foto-foto Sulli ada yang tetap menampilkan sisi lugu dan polosnya dia. Di satu foto bahkan, image dia jadi kayak seksi tapi polos. Jadi kayak anak SD yang dipaksa pake bikini. Seksi, tapi malu-malu. Bitchy tapi pasrah.

Gak heran kalo kamu diculik om-om *cough* *Choiza* *cough*, Sull. Terlalu lucu.
*
*
Sementara untuk Victoria sendiri karena dia memang yang paling tua, image seksi dan dewasa justru sangat tepat dan pas buat dia. Wig bob yang dipake Vic bener-bener mengeluarkan aura seksinya ke batas yang nggak terkira. Tapi juga nggak berlebihan. Jadi tak terkira tapi tahu batasan. Apalah.

Tudung yang dijadiken hiasan kepala itu juga bagaikan tabir yang minta disingkap banget. Yang pas udah dibuka di dalamnya ada aura seksi yang luar biasa. AW AW AW.

Ini gue lagi ngelantur apa sih. Tapi yang jelas, Victoria jelas nampak lebih dewasa (dan memang seharusnya dia dibuat berkarakter dewasa). Walaupun terlalu banyak mata satu di fotonya dan itu menurut gue boring banget. Sekali-sekali kenapa nggak dibikin mata tiga atau empat gitu jadi biar beda.
*
*
Gue tahu itu illuminati related tapi yaudah sih hari gini kalo masih bahas illuminati kayak yang bikin capek diri sendiri. Kita sama-sama tahu Lee Soo Man itu ketua Illuminati cabang Gangnam. Yaudah. Suka-suka dia aja mau diapain si anak-anaknya. Asalkan elo yang liat gak ikutan dan tetap berpegang teguh pada keimanan lo, itu sudah cukup.

Karena ini dunia hiburan maka hiburlah diri lo sendiri. Karena dunia udah cukup menyebalkan, jangan bikin orang lain sebal juga dengan illuminati-illuminati ini. Isu basi yang biarpun lo gak srek, akan tetap lo lihat. Bahkan di kepala idola lo sendiri.
*
*
Atau bahkan, di diri lo sendiri.
*
*
Pendapat gue pribadi, perubahan konsep dan image yang dilakukan f(x) untuk terlihat lebih mature kali ini nggak nanggung. Bisa dibilang total karena teaser-teaser fotonya berbanding lurus dengan teaser MV dan juga MV-nya sendiri.

Awalnya gue takut kecewa karena teaser fotonya sudah bagus tapi biasanya di MV akan jadi biasa aja. Liat aja yang terakhir 'Overdose' ataupun misalnya yang paling jelas dan menyebalkan itu adalah 'Mr. Simple'. Itu teaser foto sama teaser video yang paling PHP sepanjang sejarah. Dari konsep sirkus (teaser foto) ke Illuminati (teaser video) ke kotak indomi (MV). Sia-sia aja hidup heboh sebelumnya ternyata MV-nya begitu-begitu aja.

Kali ini SM Entertainment bolehlah dikasi nilai 4,5 (dari 5) untuk perubahan konsep f(x). Untuk niat baik mereka kembali melambungkan nama f(x) yang belakangan memang agak-agak tenggelam. Untuk kesungguhan mereka mengembalikan f(x) ke atas panggung dengan sebuah album full lagi alih-alih mini album. Terima kasih banyak telah memperhatikan f(x) lebih kali ini. Semoga berkelanjutan.

Abis ini f(x) konser deh......~~~~~~~~~\o/~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~



Share:

16 komentar

  1. aaakk ,, kakak aku sukak sama penjabaran review teaser mereka kali ini..wahwahwah, semoga luna jadian ye sama si suho. HAHAG *salamkunti

    *Baddast Anna*

    BalasHapus
  2. Daebak!!!btw ron nonton exo menggeliat manja d indo gak?

    BalasHapus
  3. kak , foto lo diakhir gila ganteng banget . Victoria mata 4 kece juga tuh , saraninlah ke SM bilang udah bosen gitu liat mata satu terus . Konsep f(x) kali ini emang kerasa dan keliatan banget Illuminatinya , tapi Red Light justru jadi the best visual era banget buat f(x) . Konsep dewasa mereka keliatan banget dan i like that sampe tumpeh-tumpeh -_- . Biasanya kan kerjaan SM tuh , teaser sama MV suka beda gitu ya , tapi Red Light ini nggak dan kali ini SM nggak bikin MV dikotak lagi syukurlah . The best f(x)'s comeback !

    BalasHapus
  4. this is it! gosh ini yg gue tunggu2 akhirnya di review juga, dari teaser mungkin ga banyak yg bisa dibahas tapi gue yakin di MV banyak sesuatu yg lo temukan, berharap bgt reviewan MV dari ron xD plus arti dari lagu red light itu apasih ampe detik ini gue suka nih lagu tapi ga ngeh maksudnya apa, catterpilar atau apalah hoho gue yakin review berikutnya bakalan epik!!
    buat keseluruhan setuju deh sama kamu *comot chunkybar* udh jenuh sama mata satu, jadi gamesti heboh segimana yaudahlah yah

    BalasHapus
  5. Nice seperti biasa kak ron :)

    Ini sebenernya jujur kak ron, sebagai seorang SMstan gak suka sama image baru f(x) yang sekarang. Dark sama seksi gitu. Gak terbiasa sih, dulu kan image nya full color sama imut gtu, yaa termasuk tertutup girlband nya dulu kak. Untuk terkenal kan gak harus buka-bukaan / seksi gtu kak :( mudah2an comeback selanjutnya full color lagi ya kak :(
    Ya sudahlah kak yang penting udah comeback kak :) Kalo f(x) nya nyaman2 aja ya kita juga nyaman kak.

    ditunggu review mv nya kak :""")

    BalasHapus
  6. Hah, gue sebel, ngapa dari tadi kaga bisa komen mulu sih?!! Oke gw suka banget sama istilah "menguntilanakkan diri" #ngek. akhirnya f(x) comeback juga, setelah sekian lama/? menunggu. aku pernah merasa ngga adil buat f(x). dibandingin sama exo, itu beda banget. exo dalam waktu 3 tahun udah punya 2 album kan, sekarang malah udah world tour segala. lah f(x)? :/ Tapi seperti yang abang/? bilang, kita harus tetep berterima kasih sama SM. Terima kasih SM.

    BalasHapus
  7. Nice :)
    suka sama kata-kata ini "Dari konsep sirkus (teaser foto) ke Illuminati (teaser video) ke kotak indomi (MV)" :'v

    BalasHapus
  8. Luna dan Joonmyeon? Hahaha XD


    Ditunggu selanjutnya ya kak ^_^

    BalasHapus
  9. Kak disini bahasa kakak udah agak baku ya. biasanya kan kakak ngomongnya ceplas-ceplos suka-suka. Tapi disini agak resmi aja gitu. Tapi makin kesini postingan kakak juga makin mature kak. Sampe poto Amber yang diedit sampe gitu hihi lucu aja. Kayaknya ini review mesti dicantumin PG 15 kak kayak di MV-MV
    Haha
    Btw, aku juga lebih suka sama konsep f(x) yang kali ini. Niat banget gitu. Diem2 ngeluarin teaser, seminggu udah rilis. itu berasa gak di PHP itu aja. Tapi yang bikin aku nyesel sih si Sulli. Katanya dia visual ya, tapi ngapain dia sembunyi mulu di balik bahu Krystal yang katanya Lead Vocal. Oke, Krystal emang cantik. Tapi apa artinya visual kalo dia cuma nyungsep di balik gelar aja. Dan ya emang aku suka Sulli, tapi disini sayang banget. Dia udah makin cantik, udah agak gak polos. Sayangnya di comeback yang ini image Sulli jadi lesu, di MV, live, nyanyi letih banget kek patah semangat.
    Overall aku suka sih lagunya. Yang jelas kambek yang ini mantep banget. Dan maaf aku udah bikin drabble di komen ini ngak :v
    Ditunggu sambungannya

    BalasHapus
  10. biasku krystal sm luna dan di teaser kali ini aku jg suka banget sm luna soalnya keliatan banget kalo dia udah smakin langsing, ga ada lg paha berototnya^_^ kalo krystal mah diapain aja tetap cantik,dan aku suka banget sm rambut blondenya,mukanya jg makin kesini makin kaya jessica bukan yoona lg^_^

    BalasHapus
  11. Tetep ah, sehun-sulli dihati.. oh, joonmyun-luna oke juga.. boleh ditambah kaistal, pingin vicxiu kayanya lucu juga..

    BalasHapus
  12. kalo aku sendiri sih ga suka image fx di sini ._. aku sukanya fx jadi anak yg ceria, baju mencolok dan lainnya~ tapi itu aku sih, tiap orang boleh beda pendapat

    BalasHapus
  13. suka ngeliat lagu dan dance nya fx yang baru ini. tapi mv nya duh -_-""

    BalasHapus
  14. jadi kepengen tetanggaan sama couple suho-luna, mesti mereka jadi tetangga yg baik bgt. tiap hari bagi2 kue ke tetangga.
    setuju bgt soal amber n konsep teaser yg akhirnya g php. Amber akhirnya keliatan cewek , aplg di MV nya juga g tlalu tomboy.

    BalasHapus