5 Tempat Wisata Bernuansa Alam yang Populer di Kota Jakarta

Guys, di balik ingar bingar Kota Jakarta, lo tahu nggak sih ternyata masih ada tempat wisata alam di sini? Nah, ini beberapa rekomendasi terbaik buat lo.
Kota Tua Jakarta (foto: ronzstagram)

Kata siapa, di Kota Jakarta hanya ada mal dan gedung tinggi? Berarti lo belum menelusuri Jakarta lebih jauh lagi, padahal lo akan menemukan deretan tempat wisata bernuansa alam. Meskipun ada di tengah perkotaan, panoramanya tetap hijau dan diselimuti hawa sejuk, lho!

Buat lo yang berencana liburan ke Kota Jakarta (atau lo lagi di Jakarta dan belum pernah ke mana-mana nih di sekitaran kota selain Monas), berikut ini rekomendasi tempat wisatanya.

1. Kampung Main Cipulir

Foto: bisnisrumahan2012
Lo pengin berlibur bareng keluarga? Kampung Main Cipulir adalah pilihan wisata Jakarta yang pas untuk santai dan main-main. Suasana Kampung Main Cipulir hijau dan asri karena dikelilingi pepohonan, rumput, serta perairan.

Kampung Main Cipulir menyediakan berbagai wahana permainan juga buat anak-anak dan dewasa. Semisal, flying fox, trampolin, paint ball, ATV, dan permainan lumpur. Lo juga bisa ngajak anak-anak (ponakan misalnya) main tangkap ikan dan berkuda. Selain itu, ada kolam renang dengan segala fasilitasnya, seperti seluncuran dan ember tumpah.

2. Hutan Kota Srengseng

Foto: jurnalbumi

Aroma hutan dan hijaunya dedaunan bisa lo dapatkan dan nikmati dengan berkunjung ke Hutan Kota Srengseng. Lokasinya di Jakarta Barat, tepat di area perkotaan. Makanya itu, Hutan Kota Srengseng disebut paru-paru kota.

Trus, apa yang menarik dari Hutan Srengseng? Pertama, hutan ini punya 4.000 pohon dari 60 varietas. Semua pohon berdaun lebat dan rindang jadi cocok buat santai-santai bareng keluarga.

Selain itu, Hutan Kota Srengseng menawarkan kawasan bermain anak, danau yang menyegarkan, dan juga trek jogging. Di sini juga ada pujasera sederhana sebagai tempat menyantap kuliner khas Kota Jakarta. Soal fasilitas umum, Hutan Srengseng dilengkapi tempat parkir, musala, dan toilet.

3. Wisata Alam Angke Kapuk

Foto: backpackerjakarta

Dekat dengan lautan, Jakarta punya kawasan hutan mangrove yang cukup luas. Salah satunya dijadikan tempat wisata, yaitu Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Luasan taman ini mencapai hampir 100 hektare.

Konsep wisatanya juga terbilang unik; Taman Wisata Alam Angke Kapuk menyuguhkan panorama hutan bakau dan pantai dari jembatan gantung. Selain itu ada juga pondok kemah yang berderet di sisi jembatan kayu. Lo juga bisa foto-foto di spot payung aneka warna.

Jelajahi juga perairan di sekitar mangrove dengan perahu. Biaya sewa satu perahu hanya Rp 350 sampai Rp 450 ribu dengan kapasitas 6 hingga 8 orang. Patungan biar murah gais!

4. Cibubur Garden Dairy

Foto: jejakpiknik

Cibubur Garden Dairy merupakan kawasan agrowisata yang terletak di sekitar Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Area wisata Jakarta ini punya peternakan sapi perah, kebun, taman, dan beberapa saung di atas kolam ikan arwana.

Karena termasuk lokasi wisata edukatif, Cibubur Garden Dairy sering dikunjungi rombongan anak sekolah dan mahasiswa. Objek rekreasi terpadu ini menyediakan fasilitas program pengenal dunia peternakan sapi, proses pemerahan susu, serta entrepreneurship. Gak cuma itu, pengunjung juga bisa mencicipi yoghurt dan susu segar di stan yang tersedia.

5. Taman Suropati

Foto: backpackerjakarta

Liburan akhir pekan lo akan lengkap dengan mengunjungi Taman Suropati di kawasan perumahan elite Menteng. Taman ini punya desain yang unik, rapi dan hijau. Lantainya sudah dilapisi paving block sehingga nyaman buat berpijak.

Gak cuma punya penorama yang menyegarkan, Taman Suropati juga menawarkan keindahan karya seni patung. Pembuat patung berasal dari negara anggota PBB di Asia Tenggara. Selain itu, bisa juga lo mencicipi aneka kuliner khas Jakarta.

Nah, itu beberapa tempat wisata di Kota Jakarta yang bisa lo kunjungi di akhir pekan ini. Di samping kawasan itu, Jakarta juga masih menyimpan objek rekreasi menarik lainnya. Cek deh daftarnya di situs pemesanan tiket online, seperti Traveloka.

Share:

0 komentar