#tipsnyuci ala Gue!

Hidup di kosan berarti lo harus belajar yang namanya mandiri. Mulai melakukan apa aja sendirian. Harus bisa melakukan pekerjaan yang dulu kalau di rumah selalu dikerjakan sama mama. Mencuci dan menyetrika misalnya. Terpaksa atau tidak, dua hal ini jadi pekerjaan wajib gue setiap minggu. Gue sudah mulai tidak menggunakan jasa laundry karena menurut gue, uang buat laundry akan lebih berharga kalau dipake buat makan aja. Jadi selama ini gue berusaha mencuci dan menyetrika semua pakaian gue sendiri.

Berdasarkan pengalaman hidup gue selama tinggal di Pondok Abadi ini, gue menemukan tips mencuci efektif! (Syarat dan ketentuan berlaku: lo harus ngekos di tempat yang isinya cowok semua, yang sedang rempi dempi sama skripsi sampai-sampai kehilangan rasa manusiawi, bapak kosan lo agak-agak kurang sensitif terhadap kehidupan orang tertindas, lahan jemuran kurang)

Berikut adalah tips mencuci dari gue:

  1. Pake deterjen yang nggak panas di tangan. Kalo panas, lo akan memutuskan untuk berhenti nyuci selamanya. Ex: Rinso. Daia emang sih panas di tangan, tapi wanginya lebih enak dari Rinso. Gue pake Daia dan panas ditangannya udah jadi biasa. Catatan: kalau lo pake Rinso, jangan sampe lo merendam pakaian lo lebih dari 6 jam atau baunya akan membunuh lo seketika lo berniat menyelesaikan cuciannya. Gue sih prefer pake Daia aja soalnya wanginya seger dan nggak bikin mual kayak Rinso. Oh iya, Daia busanya lebih banyak. #tipsnyuci
  2. Baju putih pengen lebih putih? Pake pemutih. Tapi pake Bayclin selama gue nyuci nggak berhasil. Jadi pada pilih pemutih yang kira-kira lebih bagusan dari Bayclin. Gue pernah pake Proclin, sekarang gue pake bayclin. Sama aja. Nggak ada perubahan di baju putih gue. Nggak ada perbedaan dua produk itu. Nggak putih sama sekali baju gue. Ujung-ujungnya fungsi pemutih malah cuma jadi disinfektan aja. Buat ngepel lantai doang. #tipsnyuci
  3. Jangan pake pewangi sekali bilas. Serius gue. Emang sih hemat air dan kayaknya pas banget buat yang males nyuci, tapi efeknya bikin gatel-gatel karena deterjen yang nempel kadang nggak bersih. Kalau mau wangi, gue punya akal-akalannya: ganti pewangi celup macem Molto dengan pewangi setrika kayak Kispray. Lebih wangi! Sumpah. Pewangi celup kadang-kadang satu sachet nggak cukup wangi. tapi kalo pake pewangi setrika, satu sachet, baunya kayak pake se-liter. #tipsnyuci
  4. Jangan jemur pakaian di kamar mandi. Kalo kosan lo ada penjaganya, mending jemur di bawah matahari biar nggak apek. kecuali kosan lo cowok semua dan nggak suka bantu-bantuin angkat jemuran kalau ujan, mending jemur di kamar mandi. Aman. #jelas #tipsnyuci
  5. Setelah baju kering, di setrika dong. Biar nggak kusut. Jangan pake Kispray buat semprot, baunya jadi aneh. Pake Molto aja. Pada intinya, pewangi Setrika dan pewanyi Celup dialihfungsikan. Pewangi celup pake buat setrika, pewangi setrika pake buat celup. #tipsnyuci

Nah, anak kosan yang rajin dan bukan pemalas. mari mencuci dan menyetrika! Weekend adalah hari mencuci! Selamat malam! #tipsnyuci

@ronzzykevin
http://kaoskakibau.tumblr.com 

Share:

6 komentar