Semester 7 [PART 2]: RONning Man!

Kuliah belakangan ini jadi semakin menarik. Karena apa? Banyak hal. Tapi yang paling penting dari semua faktornya adalah karena ada semangat dan kemauan dari dalam lubuk hati yang terdalam. Satu tugas dari mata kuliah Distribusi Program TV via Web/Mobile ini misalnya. Untuk membuat sebuah konsep yang bagus aja perlu dilakukan beberapa riset dan bahkan kemaren sempat bikin Focus Group Discussion dengan beberapa temen-temen yang emang suka K-Pop. Beruntung, gue punya beberapa temen baik yang mau dimintain tolong buat dateng ke Detos hari Jumat sore kemaren dan ditanya-tanya soal K-Pop. Beruntung banget... Thanks berat buat Twitter dan Blogger, karena tanpa dua media itu gue nggak akan kenal sama beberapa temen SMA yang dateng ke Detos kemarin! Kya kya kyaaa~~ Hahaha Peluk penuh kasih sayang buat Seszi, Icha dan Zaka atas bantuannya :) Thanks juga buat Mely, Gilang, Afif dan Dean yang juga mau dateng. Dan anyway, Jumat kemaren memang bisa dikatakan adalah hari tersibuk dalam beberapa dua mnggu pertama di Depok ini. Setelah FGD di Detos itu, masih ada kerjaan yang harus diselesaikan bareng sama si geng Twinkies Pervert: Preparing for RONNING MAN! :3
*
*
Berawal dari semester lalu, ketika gue sama Afif masih kerja di cafe, Afif sempat membicarakan soal mempersatukan anak-anak Hangugo Dongari angkatan ke-4 dan ke-5 karena menurut Afif (yang gue aminkan) satu sama lain nggak saling kenal dan satu sama lain jarang kumpul. Menurut Afif sebagai ketua harusnya gue lebih berperan dalam hal mempersatukan mereka. Yah, gue sempat sedih juga karena sebagai ketua gue adalah orang yang bingung harus ngapain dan paling clue-less diantara semuanya. Gue nggak punya bakat pemimpin dalam organisasi sepanjang umur gue. Gue bahkan baru ikut satu organisasi ya komunitas ini. Tapi karena motivasi dari Afif itulah gue akhirnya berpikir bahwa memang gue harus melakukan ini. Dan salah satu cara yang paling ampuh menurut Afif saat itu adalah dengan membuat sebuah permainan yang melibatkan orang banyak. Lalu permainan apa yang sedang digandrungi oleh masyarakat pecinta Korea belakangan ini? Jelas jawabannya cuma satu: RUNNING MAN!

Karena waktu itu sudah deket masa-masa liburan, gue menjanjikan untuk mengadakan Running Man segera setelah semester baru dimulai. Dengan alasan bahwa anak-anak masih bisa ikutan karena belom sibuk dan buat pemanasan sebelum kelas bahasa Korea di semester baru dimulai. Alhamdulillah dapet respon positif dari temen-temen anggota dan mereka bener-bener pengen ikutan. Dan saat itulah pas liburan datang, gue sibuk memikirkan jenis pemainan apa yang bisa dimainkan untuk orang banyak dan seru dan nggak basi dan menyenangkan dan nggak membuat orang nyesel buat dateng. Dengan referensi beberapa permainan di RM yang asli, gue mencoba mengadaptasi konsep tersebut ke permainan-permainan sederhana yang juga biasa dilakukan saat 17 Agustus. 

Membuat permainan untuk acara seperti ini sebenarnya nggak susah-susah amat. Karena kata orang imajinasi itu nggak terbatas. Tapi yang bikin susah adalah ketika permainan itu harus tetap pada koridor-koridor permainan-yang-dapat-dilakukan bukan permainan yang terdengar seru tapi tidak mungkin dilakukan. Nah inilah yang menjadi tugas berat gue dan tim PD yaitu si geng Twinkies Pervert--Gilang Dean Afif--yaitu memikirkan bagaimana permainan sederhana yang gue buat ini jadi masuk akal, jadi nggak bikin orang nyesel buat ikutan dan nggak terkesan biasa-biasa aja. Kalo kata Hermione, "Simple but powerful!" gitu. Nah jadilah malam itu kita ngebahas masalah permainan apa aja yang harus dilakukan oleh para peserta yang ternyata lebih banyak dari dugaan kami itu.

Selain masalah permainan, karena kita adalah anak UI, maka lokasi permainan juga haruslah disekitar UI. Masalah yang paling parah sih diliatin orang atau misalnya tempat yang kita pengen pake ternyata sudah dipake orang. Tapi untunglah semuanya jadi nggak masalah walaupun lokasi permainan yang seharusnya kita pake udah dipake orang hari itu tapi masih ada tempat lain. UI kan nggak seluas kosan gue jadi masih terselamatkan lah..... Nah untuk lokasi sendiri, empat-lima hari sebelum acara, para tim sudah melakukan survey lokasi terlebih dahulu supaya lebih meyakinkan gitu kan. Afif bahkan menyarankan kami untuk mencoba dulu semua permainan yang sudah dibuat supaya bisa diperhitungkan kira-kira berapa detik atau berapa menit waktu yang dihabiskan satu tim untuk satu permainan. Tapi menurut gue justru malah jadi repot di PD nya HAHAHA males coy... mending jadi kejutan aja.
*


*
Nah ketika masalah permainan dan masalah lokasi udah fix, masalah lainnya adalah bagaimana cara mengumpulkan anak-anak yang susah banget dihubungi dan susah banget bisa meluangkan waktu untuk bisa kumpul bareng. Awalnya kami sebagai Tim pesimis akan jumlah peserta, tapi Alhamdulillah tetep banyak yang ikut. 20 orang pemain itu udah Alhamdulillah banget loh yaaaa mengingat anak Dongari jumlahnya lebih dari 45 tapi entah mereka mungkin tinggal di Alaska atau belahan dunia lain nggak tau deh. Tapi dengan jumlah peserta yang 20 orang itu, sudah membuat kami sebagai Tim lega dan juga deg-degan. Apakah nanti permainannya akan berjalan dengan baik atau gimana atau gimana atau gimana. Gue pribadi sih sudah memulai untuk memandang apapun dengan positif, walaupun hasilnya nanti nggak memuaskan, yaudah gak apa apa yang penting positif aja. Tapi untungnya hasilnya jadi memuaskan banget! HAHAHA....

Dan di hari Jumat itu juga, hari dimana gue ada FGD dan sorenya harus rapat terakhir dengan semua peserta yang akan ikut (baju yang harus mereka bawa, pembagian tim, properti dan lain lain) dan juga rapat terakhir dengan para Tim untuk masalah eksekusi, para Tim memutuskan sebuah nama untuk permainan kita ini: RONNING MAN. Ide gila. Jelas itu diambil dari judul aslinya yaitu RUNNING MAN. Tapi since yang jadi ketua PD nya adalah gue (RON) jadi kata RUN diganti jadi RON. Kenapa gak sekalian aja lagu SNSD lo ganti juga jadi RON DEVIL RON gitu? Tapi gapapa. Numpang eksis sedikit gak apa-apa. Dan ide lain yang muncul adalah mengganti logo Running Man yang asli dengan Ronning Man. Hasilnya jadi begini kurang lebih:
*
*
I'm so excited with this game actually walaupun gue nggak yakin apakah ketika eksekusi semuanya akan baik baik saja. Beberapa kali kami mengganti ide permainan supaya bisa mirip seperti konsep RM yang asli. Termasuk menambahkan permainan robek robekan name-tag dan kumpul mengumpulkan clue. Wah, so lucky bekerja dengan orang-orang yang kreatif dan suka nonton Running Man juga. Dan jadilah permainan terakhir kami seperti halnya di RM yaitu sobek-sobek nametag. Hihihi... Walaupun name-tag yang kami buat nggak seperti name tag yang dipake di Running Man (karena waktu yang nggak cukup buat prepare) tapi nggak mengurangi serunya permainan ini kok. Name tag kami jadi kertas biasa anyway dan di tempel di baju pake peniti. 

Hari H datang dan geng Twinkies baru tidur jam 4 subuh sementara kami sudah harus berkumpul di boulevard UI jam 6 pagi karena harus mempersiapkan semua yang belom kelar. Salah satunya adalah name-tag. Jadi ya gitu deh, kita semua pada ngemper di boulevard jam segitu buat ngerjain semuanya supaya nggak berakhir dengan nista nantinya.
*
*
Dan ketika semuanya selesai, tinggal memanggil para peserta yang sejak jam 8 berkumpul di Perpustakaan Pusat UI dan datang ke boulevard. Nah, inilah permainan yang harus diselesaikan oleh para peserta yang jumlahnya 20 orang dan dibagi kedalam 5 tim itu (merah putih hitam biru abu-abu):
  1. POS 1. Di pos ini, peserta diharuskan untuk mencari semua nametag mereka yang sudah kami sebar di sekitar boulevard. Nametag nya bisa ada di atas pohon, di bawah batu, di semak-semak, di dekat sampah-sampah, di atas motor orang, di tanah, dimana aja. Yang jelas mereka harus bisa menemukan nametag dengan nama mereka sendiri dan semua tim harus lengkap. Beberapa tim bisa sih menemukan nametag mereka dengan sangat mudah tapi beberapa yang lain kesusahan sampe-sampe ketika tim yang lain udah pergi dari lokasi itu mereka masih susah nyari nametagnya. Nah nggak cuma itu, permainan pertama setelah menemukan nametag mereka juga mengharuskan mereka mencari 3 buah benda bewarna sama dengan warna tim mereka. 3 benda ini kemudian difoto bersama dengan paling tidak 1 member tim. Nah yang bikin agak rempong sedikit adalah bahwa 3 orang dari tim harus masuk ke dalam sebuah sarung dan mencari sambil berjalan di dalam sarung.
    *
    *
  2. POS 2. Di pos ini sebenarnya simpel aja. Peserta diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan. Tapi nggak cuma menjawab. 1 orang peserta bertugas memberikan pertanyaan. 1 orang bertugas mencatat jawaban. 2 orang lainnya bertugas sebagai messenger. Jadi dua orang peserta ini harus mendengarkan pertanyaan yang diberikan oleh 1 teman mereka yang ada di sisi A dan jawabannya harus dilaporkan ke teman mereka yang ada di sisi B yang jauhnya kira-kira 100 meter dari sisi A. Masih terdengar mudah? Nah yang bikin males itu adalah 2 orang messenger ini diharuskan berjalan dengan menggunakan SATU buah celana yang harus digunakan oleh 2 orang. Seru gak? Nggak? Seru kok menurut gue :p
  3. POS 3. Terinspirasi dari permainan 17 Agustus waktu kecil, di pos ini peserta diharuskan memasukkan 6 buah jarum kedalam seutas benang sepanjang 2 meter dalam waktu 30 detik. Ada 2 peserta yang memasukkan jarum dan 2 peserta yang memegang benang. Yang memasukkan jarum harus bertukar tempat satu sama lain setiap kali berhasil memasukkan jarum untuk memasukkan jarum lainnya.
    *
    *
  4. POS 4. Awalnya permainan ini akan menggunakan kertas gambar seperti di RM, tapi karena akan ribet banyak properti jadi diganti dengan bahasa tubuh. Yes, simpelnya permainan ini tebak peribahasa Indonesia dengan bahasa tubuh.
    *
    *
  5. POS 5. Di pos ini 3 orang peserta akan di selotip tangannya dan ditutup matanya lalu berjalan bersama untuk mencari 1 orang teman satu tim mereka yang disebar di seluruh wilayah permainan. Peserta yang tidak ditutup matanya ini akan menyanyikan sebuah lagu dalam bahasa Korea. Tugas 3 peserta yang ditutup matanya adalah mengenali suara teman satu tim-nya dan mencari sumber suara.
  6. POS 6. Bertempat di tempat yang sama dengan POS 5, PD memberikan waktu 20 menit untuk mencari clue-clue yang telah kami sebar di sekitar lokasi. Oh iya, setiap kali lolos di masing-masing pos, peserta mendapatkan 1 clue. Dan di pos 6 inilah clue lainnya disebar. Setelah 20 menit lewat, maka peserta diperbolehkan merobek nametag lawan karena di dalam nametag itu juga ada clue terpenting yaitu lokasi clue utama dari permainan ini.
Sayangnya di permainan ke-2 gue nggak dilokasi karena harus ngurusin lokasi 3. Hahaha... ya gitu deh. Karena TIM PD nya cuma ada 6 orang, jadi harus bagi bagi tugas gitu. Gue megang di lokasi 1, lanjut ke 3 trus ke 5. Jadi pas di lokasi 2 gue skip gak liat adegannya padahal pengen liat :( Dan kenapa di permainan ke 5 dan 6 nggak ada fotonya di gue? Soalnya gue belom minta sama Dean. Itu yang pertama alasannya. Yang kedua, nggak sempat ambil foto pake hape sendiri soalnya keasikan ngeliatin mereka main. Keasikan ngerjain mereka. HAHAHAHA... Apalagi pas permainan terakhir yang sobek-sobek nametag. Beuh... Rame seru gila ngakak capek banget deh ngeliatnya. Bahkan gue yang cuma nontonin trus ngomporin aja capek. Gimana mereka yang lari-larian?! KKKKK~~ 

Permainannya jadi semakin seru karena masing-masing tim punya strategi sendiri untuk memenangkan permainan. Ada yang ber-aliansi satu sama lain, ada yang pede aja jalan sendiri, ada yang berkhianat dan lain-lain. Pokoknya mirip RM deh jadinya. Bahkan kita sudah menemukan yang mana Kwangsoo yang mana Ji Suk Jin yang ana Jihyo yang mana Haha. Dan HAHAHAHAHAHAHAHAH gue adalah Haha nya katanya. Aigooo~~~ Permainan ini gak di foto soalnya lebih seru di video-in! Gila beneran gue nonton ulang videonya langsung yang ngakak banget gitu trus jadi ngos ngosan sendiri deh pokoknya :3 Later di aplotin deh videonya deh. Panjang soalnya jari harus di bagi per part gitu.

Permainan akhirnya dimenangkan oleh Tim Merah! Hatchimmm~ FYI aja tim merah ini adalah tim yang paling terakhir menemukan nametagnya kkk~ Tapi jadi tim yang paling kuat dan nggak satupun dari member tim nya yang OUT dengan kondisi nametag sobek. Wow... Keren keren. Akhirnya mereka dapet hadiah deh :3
*
*
Nah kalo di RM yang asli kan yang kalah semua dapet hukuman, tapi kalo di RONNING MAN ini hahahaha yang dapet hukuman adalah mereka yang OUT pertama dan kedua. Hukumannya awalnya sih mau pake hotpants, tapi karena mereka sudah nggak malu pake hotpants lagi, jadi hukumannya adalah JADI NINJA dan akan diarak ke dalem Perpustakaan UI dan diharuskan berfoto dengan satu orang asing :) Ini dia yang dihukum!
*
*
Foto yang bareng sama orang asingnya nanti deh di aplot belakangan yaaa belom minta sama Dean soalnya nih aku cuma video-in kemaren. Hihihii.. Sebenarnya bisa di capture sih tapi ya males aja. LOH. DOR. PLETAK :p

Seneng banget akhirnya misi di awal semester ini sudah terlaksana. Walaupun nggak begitu sempurna dan memang nggak ada yang sempurna di dunia ini, tapi gue seneng karena anak-anak bisa kumpul. Mungkin gue emang bukan leader yang pantes dan bukan leader yang baik. Tapi yah... dengan sedikit usaha seperti ini walaupun nggak menjadikan gue leader yang baik juga sih, tapi gue seneng kalo semuanya bisa hepi hepi bareng :D :D :D So much fun deh pokoknya !!! 
Jadi begitulah, hari itu walaupun lelah tapi dapet senyum dan ketawa jadi lelahnya gak berasa. Beginilah rasanya tersenyum puas karena hasil pekerjaan sendiri ya? Hehehe... Harus ada lagi nih lain waktu dan harus lebih banyak lagi yang ikut bantuin PD nya. Gila aja tepar beneran deh hahahaha

Ini baru PART 2 dari kisah di awal semester 7. Kita lihat ada berapa PART lagi yang akan ditulis semester ini.... UYE UYE UYE!!! :)

Pesan terakhir: Kalo ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi kalo ada Krystal bawa keranjang boleh dibawa ke KUA :"

BYE NOW~~~!






PS: KUA -- Kantor Urusan Aigoo. Adalah sebuah instansi imajinatif yang menjadi tempat untuk kalian 'menikahi' semua hal yang membuat kalian mengatakan/mengeluarkan ekspresi Aigoo. Bingung? Let me explain. KUA kan sejatinya adalah Kantor Urusan Agama. Biasanya kalo mau mengurus pernikahan kan ke KUA dulu gitu kan. Nah beberapa waktu yang lalu gue sempat sering banget ngetweet, "AYO KE KUA!" kalo lagi spazzing Krystal atau IU gitu. Pengennya ajak mereka nikah. Tapi karena nggak mungkin jadi yaaaa gitu deh. Nah seringkali, kalo misalnya ngeliat sesuatu yang WAH kan kita suka yang kayak, "Aigooo... lucu banget siiihhh..." gitu kan. Nah, Kantor Urusan Aigoo ini adalah tempat untuk kalian menikahi semua yang membuat kalian berkata, "Aigoo...!" ketika melihat sesuatu yang lucu ataupun cantik ganteng atau apapun itu. Contoh, "Aigooo lucu banget sih gigi kamu! Ayok ke KUA!" atau "Aigoo... kok itu tas nya bagus sih. Ayok ke KUA!" gitu... Masih bingung? Yaudah gapapa kok. Gue aja bingung sama tulisan dan penjelasan gue sendiri. Yuk bye for real now.

PS LAGI : Kalo mau bikin games sobek sobekan nametag, jangan pake peniti. BAJU PESERTA YANG SOBEK BENERAN HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA



Share:

7 komentar