Semester 7 [PART 9]: A Place Called LOTTERIA

Apa yang lo cari kalo lo mampir ke sebuah restoran cepat saji? 

MAKANAN LAH RON MASA TOILET. 

Ya ini pertanyaan bodoh sih sebenarnya. Tapi maksud gue, pertimbangan lo lebih milih restoran cepat saji itu apa sih? Gue misalnya. Kalo gue mau makan ayam, gue pasti akan datang ke KFC karena di KFC walaupun ayamnya nggak lebih gede dari kepalan tangan gue, gue akan kesana karena ayamnya enak. Kalo gue mau makan burger, gue akan ke McD karena Big Mac-nya besar dan dagingnya empuk banget, atau mungkin ke Burger King. Sama hal kalo misalnya gue pengen beli Sundae pasti langsung ke McD karena sampai sekarang Sundae McD tak tergantikan.

Nah, apakah kalian pernah denger restoran cepat saji bernama LOTTERIA?
*

Suatu hari gue, Deasy, Dewi dan Nadya sedang mengerjakan tugas semester akhir kami di mata kuliah Produksi Musik dan Hiburan di Margo City, Depok. Jadi untuk tugas ini kami membuat sebuah acara semacem candid camera. Beberapa adegan awal sudah kami buat dan semuanya berlokasi di UI sementara untuk adegan ketiga ini, kami ingin membuat sesuatu yang lebih real karena yang di UI semuanya scripted. Nah akhirnya kita kepikiran untuk syuting di Margo City. Disitulah awalnya bagaimana gue menemukan sebuah tempat makan cepat saji bernama  LOTTERIA ini.

Jujur, gue dari kampung dan gue nggak pernah tahu kalo Lotte punya satu tempat makan namanya Lotteria hahaha jadi pas pertama kali liat gue langsung yang terpana gitu. Nah akhirnya waktu itu, gue coba buat mampir. Karena gue nggak niat makan dan gue sangat suka sekali sama es krim (gue selalu mencoba makan es krim di hampir semua restoran fast food yang gue datangi), akhirnya ya gue cuma beli es krim doang. Hari itu kayaknya masih baru dibuka gitu jadi tempatnya belom rame. Hanya saja sayangnya pelayanan hari pertama kedatangan gue kesana agak nggak enak dan cenderung ngebetein.

Gue pesen satu es krim yang di Lotteria namanya Tornado. Harganya Rp 6000 belum PPN kalo udah PPN jadi Rp 6600. Tornado ini semacem McFlurry gitu kalo di McD. Tornado ini pun ada banyak rasa, ada Green Tea, Kacang Cincang, Kopi, Cookies, sama Cokelat. Nah waktu itu gue coba yang Green Tea dan ternyata enak. Cuma bagian yang nggak enaknya adalah ketika gue bayar dengan uang Rp 10.000, kembalian gue hanya Rp 3000 saja.

"Maaf nih ya mas, 400 lagi nggak ada. Gapapa ya?"

Waduh waduh... Padahal sebenarnya alasan gue beli es krim ini karena harganya murah. Kalo nggak ada kembalian gini kan artinya harganya jadi nambah. Tapi karena itu pertama kalinya gue kesana dan gue pikir karena oh ini kan baru buka jadi mungkin belum prepare uang kembalian. Jadi yaudah gue maafin aja. Walaupun di dalam hati gue agak kesel juga. Dan. Yah. Kadang. Memang. Kita. Gak. Bisa. Berbuat. Apapun. Dan. Hanya. Pasrah.

Nah, next day, ketika hari H kami syuting (ceritanya itu tadi kita masih survey lokasi gitu) kami memutuskan untuk makan lagi di sana. Kali ini bener-bener makan karena kayaknya Chicken Gangjong yang jadi menu andalan di Lotteria ini enak. Hari ini kami berempat plus Gilang makan disana dan kebetulan kami pesen banyak tapi pesennya misah-misah gitu. Kejadian yang sama terulang lagi. Gue nggak dapet kembalian berapa ratus, Dewi nggak dapet kembalian berapa ratus, begitu juga Gilang nggak dapet kembalian berapa ratus. Lah kalo misalnya itu diakumulasi kayaknya bisa jadi duit utuh deh dua ribu apa seribu lima ratus gitu. 

Nyebelin kan? Maksud gue gini loh, bukannya kita orang yang peritungan banget sama duit seratus dua ratus. Tapi kalo misalnya dalam sekali kunjungan kami pesen tiga kali dan tiga kali juga uang kembalian kami yang hanya tiga ratus atau empat ratus itu tidak dikembalikan, kan kami juga yang dirugikan. Bisa kali mbak-mbaknya inget muka kita atau minta struk kita buat mengakumulasi uang kembalian....kalo niat sih. AH BETE.

Selain masalah uang kembalian, beberapa hal yang nggak gue sukain dari tempat ini adalah pelayanannya kasir-nya yang kurang senyum. Gue tahu rasanya bagaimana jadi pelayan di sebuah tempat makan (gue pernah soalnya jadi pelayan juga), gue tahu bagaimana bebannya. Tapi ya walaupun gue tahu, bukan berarti gue harus memaklumi kan.... gue juga pengen dong disambut dengan senyuman kan... Gak cuma kerutan di dahi. Tapi yasudah ini dimaafkan sajalah gapapa. Masalah lain lagi... HAHAHAHA jadi gue pernah beberapa kali ke sana dan pengen makan es krim, eh tapi selalu di jam-jam malem kayak misalnya jam 8:30-an malem, es krim-nya nggak bisa dipesen. Belum beku apa belum siap apa gimana gitu :( Kecewa banget pokoknya.

Dan yang paling mengecewakan lagi sih sebenarnya konsep kartu member dan diskon yang didapatkan oleh pelanggan yang punya member card. Gue ada cerita lucu nih.

Jadi gue kan orangnya suka banget sama yang murah murah, apalagi yang gratisan gitu kan. Jadi waktu malem dimana kami pesen banyak makanan itu (dan banyak uang kembalian yang tidak dikembalikan juga) gue minta kartu member ke kasir tempat gue bayar. Dikasihlah sama dia kartu membernya. Nah gue seneng dong! Kesannya kayak eksklusif gitu kan padahal dibagiin gratisan. Nah jadi beginilah penampilan kartu member LOTTERIA itu:
*
*
Seperti biasanya di belakang kartunya ada tulisan kan fungsi kartunya, nah berikut adalah fungsi kartu member Lotteria:
  1. Kartu ini digunakan sebagai kartu member LOTTERIA dan ANGEL IN US COFFEE
  2. Kartu ini bukan kartu kredit atau sejenisnya dan tidak dapat dipindahtangankan
  3. Dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk makanan
  4. Tidak ada penggantian kartu jika kartu ini hilang
  5. Kartu ini bisa digunakan di setiap store LOTTERIA dan ANGEL IN US COFFEE
  6. Kartu ini hanya berlaku di INDONESIA saja
  7. Masa berlaku kartu ini adalah sampai bulan Desember 2013
Nah, lumayan lah fungsinya ada banyak. Tapi yang gue bingung poin nomor dua yang tidak boleh dipindahtangankan itu agak lucu. Kenapa? Karena kartu ini disebar secara gratis dan tidak ada pendaftaran nama ketika kartu ini dibagian. Bagaimana bisa kasir tahu kalau kartu ini dipindahtangankan atau tidak? Oke mungkin ada tanda hitam sebagai pengenal dan ada nomor registrasi. Tapi kan tetep aja kalo cuma nomor komputer mana tahu siapa yang belanja pake kartu ini apakah dia orang yang pertama menerima kartu ini atau kartu ini sudah dipindah tangankan.

And anyway, gue sih mau sekedar saran aja. Kalo misalnya dalam bulan bulan pertama opening mereka ini kemungkinan mereka akan tetap seperti ini jadi sebaiknya bawalah uang pas. Bayarlah dengan uang pas. Maksud gue, kenapa kita harus membuat mereka jadi lebih untung sementara kita sebagai pelanggan kehilangan hak? Gak mau kan dijajah sama mereka terus. Saran kedua, gak apa-apa ambil aja kartu member-nya kalo mereka nggak nawarin MINTA AJA soalnya gue juga waktu itu nodong minta sama mbak-mbaknya. Kalo mereka nggak senyum TEGUR AJA "MBAK MUKA LO SEPET BANGET KAYAK BAEKHYUN LAGI BETE." soalnya gue nggak suka aja dilayani dengan wajah seperti itu. Trus kalo misalnya lo antri lama banget, ya gue nggak bisa kasi saran selain sabar soalnya karyawannya emang cuma sedikit kayaknya trus agak lelet gitu :( 

TAPI YA TAPI SEKALI LAGI TAPI, gue punya banyak sekali hal kenapa kalian harus datang dan makan disini selain segala kritik gue diatas:
  1. Makanannya enak. Dibandingkan dengan Ayam KFC, ayam di Lotteria lebih enak karena ada bumbu cair-nya yang lezat banget dan khas. Trus Ayamnya BESAR BESAR WOHOOO!!!! Semoga ini bukan karena mereka baru buka loh ya. Soalnya waktu itu Dewi pernah pesen ayam bumbu pedes manis bagian dada dan SUBHANALLAH BESAR BANGET ! Serius gue. Nah tips buat yang pesen ayam dan nggak mau rugi pesenlah bagian DADA.
  2. Es krimnya enak. Gue belom coba sih es krim yang lain selain Tornado karena ada Sundae juga (cokelat sama stroberi) tapi Tornado ini enak. Gue rekomen yang green tea sama kacang cincang. Yang kopi udah nyoba tapi rasanya agak aneh. Cuma es krim kopi-nya nggak bikin mules kayak es krim kopi di McD yang waktu itu sempat ada McFlurry Cappucino apa apa gitu gue lupa.
  3. Tempatnya FULL WIFI dan ada 2 Unit Komputer yang bisa digunakan buat internetan. KFC juga ada sih yang di Margonda. Tapi Wifi KFC suka ngehe' banget. Mungkin karena banyak yang make kali ya. Nggak tahu juga. Tapi WIFI Lotteria gue coba kemaren oke banget. Kode WIFI-nya kalo gue gak salah inget: lotteria0122. Pastiin tanya dulu sama mas-mas atau mbak-mbaknya siapa tahu ganti.
    *
    *
  4. Banyak COLOKAN! Penting banget kan buat kita-kita yang tidak bisa hidup tanpa hape dan pengen pacaran sama laptop! Di setiap kursi yang deket dinding pasti ada colokan :)
  5. Tempatnya kecil tapi lumayan nyaman buat gathering atau semacamnya. Kemaren gue sama Nadya sama Gilang aja dangdutan berjam-jam seru banget disitu.
    *
    *
  6. Ada TV LCD besar yang (SELALU) muter video konser SNSD yang Japan Tour BluRay. HAHAHA Mungkin mereka nggak punya DVD yang lain kali ya.... Cuma enak disini buat fans K-Pop kesannya kayak dimanjain gitu.
  7. Merk sambel botol sama saos tomat botol yang mereka pake enak! Beda sama KFC ataupun McD! Trus Mustard sama Mayonaise nya juga enak :9
Nah selain es krim Tornado, gue juga mau rekomen kalian pesen Chicken Gangjong :) Jadi Chicken Gangjong ini kayak ayam goreng juga tapi pake bumbu pedes manis gitu dan enak. Bumbunya dari gula merah jadi kayak bumbu rujak gitu. Nah di dalam bucket ayamnya, ada potongan potongan ubi manis. Rasanya jadi unik! Chicken Gangjong ini ada yang satuan, ada juga yang set sama nasi, salad dan minum. Kalo yang satuan, small harganya Rp 22.000 belom pajak isinya kalo gak salah 5 potong ayam segede chicken wing bungkusan macem Fiesta gitu, yang large Rp 37.000 belom pajak (yang large gue agak agak lupa sih tapi kayaknya segitu) dan belom pesen karena mahal jadi gatau ada berapa ayam hahaha. Yang set harganya Rp 29.000 belom pajak.

Ada banyak menu lain sih yang bisa kalian coba kayak misalnya burger ayam ada yang Rp 9000 belom pajak, ada juga burger udang ada juga burger keju. Trus ada kopi juga disini harganya mulai Rp 9000. Kalo cemilan, kalian bisa pilih deh ada kentang goreng biasa, kentang goreng bumbu (chili, cheese, onion) harganya yang kentang bumbu ini Rp 15.000 belom pajak, cheese stick Rp 10.000 belom pajak, sama ada kayak chicken rib set gitu.

Lokasi LOTTERIA ada di MARGO CITY lantai 2, kalo misalnya dari lift lo keluar lift ke-kiri. Kalo misalnya naik eskalator yang depan Pizza Hut, lo lurus aja sampe mentok ke pager deket Celebrity Fitness. Nah jangan lupa disini juga kalo foto-foto hasil foto lo jadi bagus bagus. Hahahahah trus jangan sedia uang sedikit, soalnya makanannya candu banget T_____T

Selamat mencoba!


PS: Ini tidak dibayar sama Lotteria. Kalopun gue mau dibayar, gue seneng seneng aja.



Share:

13 komentar