NU'EST: 'Hello' Music Video Review Saya!

Ada banyak yang comeback di awal tahun ini termasuk salah satu rookie favorit gue: NU'EST! Ah ya, mungkin gue nggak terlalu banyak rumpiin soal mereka sih ya tapi dibandingkan dengan rookie-rookie yang lain, NU'EST sudah mencuri perhatian gue sejak awal debut mereka.

Beberapa mungkin bertanya-tanya kenapa gue nggak mencoba untuk mereview BAP atau BTOB (dan kayaknya ini sudah beberapa kali gue tulis dan gue sebut-sebut di beberapa review sebelumnya) dan alasannya tetap sama: belom ada satupun dari kedua grup berawalan B itu yang lagunya nempel di kepala dan melekat di hati. Xixixi.

Sebenarnya sih kalo mau mencoba bisa sih, tapi karena udah gak diniatin dari awal jadi males mencoba dan terabaikan gitu loh. Sama halnya dengan misalnya nih gue nggak suka sama satu produk yoghurt karena pas kita minum rasanya nggak enak (sebut saja Yakult--eh Yakult kan bukan Yoghurt ya? ERRR) trus pada akhirnya kita nggak mau minum produk lain yang ada yoghurtnya padahal belom tentu rasanya sama. Bingung? Iya gue juga bingung kenapa gue jadi bahas Yoghurt.
*
Setelah merilis mini album pertama di pertengahan tahun 2012 lalu dengan title track ACTION, di awal 2013 ini NU'EST kembali dengan mini album kedua mereka yang diberi judul 'HELLO'/''여보세요''. NU'EST kembali dengan konsep lagu yang tidak lagi dubstep dan dance-dance dengan musik kaset kerukut--dalam bahasa Sasak kerukut adalah sebuah kondisi seperti benang kusut yang di bejek bejek udah gak jelas lagi mana ujung mana pangkal. Kaset kerukut berarti kaset yang pitanya sudah tak berbentuk--kenapa gue bilang begitu? Yah kita sama sama tahu dubstep kayak gimana kan. Kita udah mendengarkan Maxstep lebih dari cukup dan ditambah lagi beberapa lagu Super Junior M di album Break Down yang begitu juga.

Secara pribadi, gue bukan penikmat dubstep karena buat gue lagu-lagu seperti itu tidak bisa didengarkan setiap hari, sesekali boleh, di angkot misalnya. Kalau di dengarkan setiap hari dapat menyebabkan kerusakan pada organ telinga anda. Nah, waktu gue denger lagu HELLO ini di teaser pertama yang di rilis Pledis, gue jadi excited. Akhirnya NU'EST comeback dengan ballad song dan tidak mengandalkan musik berisik. Gue menikmati semua lagu ballad dan medium-beat yang ada di mini album sebelumnya (Not Over You is my favorite sampai sekarang) dan gue akan memasukkan lagi satu lagi berjudul HELLO ini ke dalam playlist gue. Lagunya recommended banget!
*
Kalau pas debut, Pledis memilih komposer dari luar untuk menggarap lagu Face, untuk Hello sendiri, mereka kembali ke akar, kembali ke musisi dan komposer lokal. Lirik lagu Hello ditulis oleh Son Joo Young dan musiknya di compose oleh Son Joo Young sendiri ditemani beberapa nama seperti: Hyun Jae Wook, Kim Tae Hun, Lee Sang Hun. Jangan khawatir kalau kalian tidak mengenal nama-nama ini karena gue sendiri juga tidak mengenal satupun dari mereka. Tapi yang bisa gue bilang adalah, lagu mereka ini bagus dan sangat menyenangkan untuk di dengarkan. Walaupun di beberapa melodi gue seperti mendengarkan Disturbance-nya BoA, tapi yah, pada kenyataannya gue juga suka lagu BoA yang itu jadi gak masalah juga. Hihhiii.

Ada lima lagu di mini album 'HELLO' ini yang gue rekomendasikan ke kalian untuk di dengarkan semuanya. Beautiful Solo misalnya, temponya agak cepat dan nuansa lagunya kayak band-band gitu karena elemen drum-nya sangat kuat di lagu ini trus juga ada efek-efek gitar listrik gitu yang semakin mendukung nuana band-nya. Kalo dengerin lagu ini kayak lagi dengerin lagunya B1A4 yang OK (karena cuma itu yang gue tau), trus kayak dengerin K.R.Y yang Fly. Sedikit info tentang komposer lagu ini salah satunya adalah Seo YoungBae yang juga pernah bekerja sama dengan NU'EST di lagu Action. Lagu terkenal lain sebut saja Heaven-nya Ailee.

Lagu up-beat yang lain adalah 'HELLO HELLO'. Beda loh yang ini sama yang 'HELLO'-nya cuma satu. ㅋㅋㅋ (kalo 'HELLO' kan sebenarnya translate dari bahasa Korea '여보세요' yang digunakan ketika kita mengucapkan 'hai' ketika berbicara di telepon). 'HELLO HELLO' ini juga nggak jauh beda sama Beautiful Solo masih ada nuansa band-band juga. Honestly gue belom bisa membedakan mana suara siapa mana suara siapa, gue baru bisa membedakan suara JR, Aron dan Baekho doang. Dan karena Baekho adalah main vocal-nya, jadi suara dia kentara banget di lagu ini. Dan bagus! Suara dia itu khas soalnya. Khas lagi kalo ada bagian teriak, suka nanggung. Tapi bagus. Komposer lagu ini adalah Lee Yoojin dan yang nulis liriknya adalah HanJoon. Oh, info aja, Lee Yoojin ini pernah menjadi komposer lagu Hello Venus yang First Love.

Lagu ketiga yang jadi favorit gue selain title track mereka adalah '너네누나소개시켜줘' (Introduce Me To Your Noona). Lagu ini termasuk unik dan lucu. Diawali dengan percakapan antara (entahlah gue sih curiganya) Baekho dengan seorang temennya (atau bukan temannya tapi seseorang yang dia panggil chingu oh mungkin ini kpoppers kemaren sore baru bisa bahasa chingu chingu-an gitu). Si Baekho ini naksir sama seorang waitress yang adalah kakak perempuan dari si chingu. Gue suka deh percakapan awal di lagu ini lucu soalnya hihihihi. Apalagi pas bagian 'geureom naega joha haedo doelkka?' (Then Can I Like Her?) HAHAHAHA Ada kesan polos banget disitu loh yang berasaaaaa banget dan gue baru sadar ya kalo semua anak anak NU'EST ini adalah 95-line jadi semakin berasa lucu banget ada adik adik mau naksir mbak mbak gitu. AH LAGU INI BAGUS DEH! Komposer untuk lagu ini NUSOUL dan POPTIME tapi di sumber lain mengatakan Jiyoung and Bumjoo. Mungkin orang yang sama.

Lagu berikutnya adalah 조금만 (A Little Bit More). Genre-nya ballad dan ini lebih slow daripada 'HELLO'. Sebenernya sih lagunya standar kayak lagu-lagu ballad-nya Suju gitu, easy listening juga. Asik. Lagunya paling beda sama yang lain karena disini nggak diselipin lirik rap sama sekali. Menurut gue lebih baik sih karena puyeng juga kali ya kalo di setiap lagu ada lirik rap rap gitu kan. Jadi nuansa galaunya hilang.

Overall, susunan lagunya juga seimbang. Track 1 ada 'HELLO' yang slow, kemudian di susul dua lagu high-beat 'HELLO HELLO' dan Introduce Me To Your Noona, kemudian slow lagi lagu A Little Bit More dan ditutup Beautiful Solo. Komposisinya pas. Jadi pas dengerinnya nggak galau galau mulu, trus nggak upbeat-upbeat terus terusan. Paslah gitu ya. ;) Gue suka semua lagu di album ini. Gue suka NU'EST tanpa dubstep berlebihan. Gue suka konsep album ini secara keseluruhan!

Move on ke review MV~ hmmm... Lagi-lagi gue harus berhadapan dengan MV Drama xD Suka suka! MV-nya lumayan oke walaupun sebenernya nggak ada teknik pengambiloan gambar yang begitu WOW sih, artinya ya standar-standar aja. Tapi gue suka sama jalan cerita yang ada di MV-nya.

Waktu ngeliat teaser pertama, langsung kepikiran 'OH! THREESOME! SI ARON, NAM BORA SAMA JR THREESOME!' tapi pas liat teaser kedua, 'ANJIR INI KENAPA JADI FOURSOME HEH APA APAAN NIH CEWEK?!' Eh ternyata pas udah liat MV-nya 'KAMPRET-GENTAYANGAN TERNYATA MALAH JADI SIXSOME ORANG DIMANA MANA SIXPACK INI SIXSOME PUSING GAK LO?!'

Tarik napas. Hembuskan.

Lagu Hello ini kan menceritakan tentang seorang cowok (yang pada kenyataannya sih sebenernya 5 orang cowok, hmmm 4 orang cowok deh, yang satu terlalu cantik soalnya jadi masih ragu-ragu) yang sedang menelpon pacarnya, trus nanya-nanya gitu 'Kamu udah makan belom beb? Kamu dimana sekarang? Lagi ngapain? Aku khawatir nih beb....'. Nah trus ya si cowok ini kan pengen ketemu sama ceweknya, eh terus pas dia lagi menuju tempat si cewek, dia mergokin si ceweknya lagi selingkuh gitu sama cowok lain. Nah ya kurang lebih kayak gitu.

Di MV ini sendiri, sebenarnya ada 2 jalan cerita yang berbeda. Yang pertama Minhyun, JR dan Nam Bora. Yang kedua Ren, Baekho, Aron dan Nam Bora. Gampangnya yang pertama itu Threesome, yang kedua itu Foursome. Jangan bingung sama pemeran utama cewek yang sama disini karena awalnya gue juga bingung. Kalau misalnya itu cewek yang sama, berarti seharusnya cewek itu SIXSOME kan seperti yang gue tulis sebelumnya. Tapi.... gue rasa kisah cinta seperti itu jadi tidak realistis. Makanya dibuat jadi 2 jalan cerita yang berbeda.

SIJAKHAE BOLKKAAAAAA~

#1 Review ini gue buka dengan adegan Aron yang sedang memegang tangan seorang cewek (dancernya) dan bertanya padanya 'Tell me baby where you at?' menurut gue ini agak aneh. Ya jelas-jelas kan ceweknya ada disitu gitu di depannya, kenapa harus bertanya-tanya lagi kan? Hmmmm.... Mungkin karena dingin dibawah salju kali ya jadi otaknya membeku.
*
*
#2 Ren ternyata bisa teleport loh nggak cuma Kai doang! Hahahaha... Coba itu liat detik 00:34 ke 00:35, awalnya Ren jalan dari sebelah Kanan (kita/kamera) trus tiba-tiba detik selanjutnya dia udah di Kiri (kita/kamera).
*
*
#3 Kalau misalnya gue orang awam, atau misalnya nih ini MV ditayangin tiba-tiba di TV trus gue baru pulang dari entah mana dan baru nyalain TV dan yang muncul pertama kali adalah adegan gambar dibawah ini, gue akan bertanya-tanya. Bisa jadi pertanyaan gue ada 2. Yang pertama, KENAPA ITU BISA CEWEK SAMA CEWEK?! Yang kedua, ITU MEREKA PACARAN APA NYABUT UBAN SEBANYAK ITU?! Hmmm...
*
*
#4 Oke masih adegan Ren dengan Nam Bora di ruang tamu. Gue mengerti bagaimana perasaan si cewek tapi gue juga ngerti bagaimana perasaan Ren. Ren kan biduan yang bekerja dari panggung ke panggung, sesempatnya dia ngapelin pacarnya eh dia malah tidur kecapekan. Trus pacarnya juga jadi ikut ngantuk. Trus akhirnya pergi (mungkin ke dapur niat bikin kopi buat obat ngantuk). Eh sekembalinya dia.... mereka berantem!

Pelajaran pertama: Nam Bora, please cari cowok yang tidak lebih cantik dari kamu. Aku tahu kenapa akhirnya kamu memutuskan untuk selingkuh. Pasti kamu malu di katain sama orang 'Kok cowoknya lebih cantik sih dari ceweknya?' trus kamu pasti kesel sama bisik bisik tetangga yang kini mulai terdengar selalu di telinga dan menusuk di hatimu ya kan? Yaudah sih ngaku aja gapapa kok.

Pelajaran kedua: Biasakan untuk mengunci ponsel dengan password ketika anda meletakkan ponsel itu dimanapun anda meninggalkannya. Even when you sedang with your boyfriend. Maksud gue, ponsel itu kan private banget ya. Jadi dijagalah privasi anda karena pembajak ada di mana-mana. Mungkin tadi itu Ren niatnya mau ngebajak twitter si cewek eh malah akhirnya kebuka foto foto yang lain (gue juga pusing kok bisa kebuka galeri foto, masa Ren sebego itu gak bisa bedain mana icon twitter mana icon galeri foto).

Pelajaran ketiga: REN PLEASE JANGAN SUKA KEPO SAMA ISI HAPE ORANG! Contoh tidak baik ya teman teman. Walaupun dia pacar kamu, tapi dia kan punya privasi juga. Nah akhirnya kamu sendiri kan sakit hati gegara itu! Rasain kamu! Makanya jangan suka kepo berlebihan! (Tiba tiba marah marah ke Ren) Tapi beneran loh ini kenyataan, semakin dalam kita kepo sama orang semakin sakit hati kita dan sulit menerima kenyataan.

Kemudian mereka berantem.......................
*
 *
Pertanyaan gue:

A. Kenapa ceweknya malah ngamuk-ngamuk gak jelas? Yang salah disini siapa? CEWEKNYA KAN?! Kenapa harus dia yang ngerusak ngerusak kerasukan jin ifrit begitu? Kalo dia salah harusnya dia minta maaf, atau paling nggak pergi dari tempat itu tanpa melakukan tindakan makar. Ini cewek emang gue gak ngerti lagi deh.

B. Oke, sebut saja misalnya ya cewek itu marah-marah karena Ren kepo-in hapenya. Tapi ya tetep aja, masa cuma gara-gara Ren niat ngebajak twitternya terus gak bisa ngebedain mana icon twitter mana icon galeri sampai akhirnya gak sengaja liat foto ceweknya sama cowok lain dia marahnya sampe sebegitunya? Agak berlebihan gak sih. Coba lo bayangin adegan ini:

Bora: 'Yang, aku pergi dulu bentar ke dapur bikin kopi aku ngantuk nih.'
*
Ren: 'Oke bebeb... aku juga ya gulanya dua sendok aja'
*
(Bora berjalan ke dapur. Karena Ren tidak ada kerjaan dia pengen ngerjain ceweknya, Ren memang cowok iseng, liat aja dandanannya kayak gitu iseng banget dia nyamar jadi cewek. Ren berniat ngebajak twitter ceweknya. Pas dia liat hape ceweknya. JDGER! ZOOM IN ZOOM OUT)
*
Bora: (kembali dari dapur) 'Yang.... YANG KENAPA KAMU BUKA BUKA HAPE AKU?! KENAPA YANG!'
(Bora banting vas bunga)
YANG KAMU KAN TAU AKU GAK SUKA KALO KAMU BUKA BUKA HAPE AKU SEMBARANGAN!
(Bora banting lampu)
YANG KAMU UDAH KELEWATAN YANG SUDAH CUKUP KAMU GINIIN AKU YANG!
(Bora pukul pukul Ren pake bantal sampe isi bantal keluar semua)
YANG POKOKNYA AKU GAK TERIMA KAMU GINIIN!'
Pusing gak lo kalo nemu cewek beginian?
*
**
#5 Coba liat adegan 01:40, disitu setelah JR kissing scene sama ceweknya, Aron kan mergokin tuh dari jauh. Perhatiin saljunya. Di tempat Aron berdiri badai membahana sekali tapi ditempat JR saljunya malah gak se-membahana itu.
*
Oke mungkin kita bisa bilang JR sedang berada di tempat yang ada atapnya, tapi... coba perhatiin lagi adegan kissing-nya (HAHAHA GAK ENAK YA LIATIN ORANG CIUMAN GINI ANJROT) itu sorban di pundak JR udah banyak salju kan? Dan ada juga salju jatoh dan berterbangan kan? Kalo misalnya dia sedang dibawah atap, gak mungkin deh sebanyak itu saljunya.
*
SOOO kesimpulannya. Adegan ini aneh. Masa badai saljunya cuma di tempat Aron doang.... (OKE BIAR LEBIH DRAMATIS SIH RON SEBENERNYA) (EH TAPI GAK BISA GITU DONG TETEP AJA SALAH!) (MALAH BERANTEM SAMA DIRI SENDIRI)
*
*
#6 Masih inget sama jam pasir yang suka pindah pindah di MV Disturbance? Nah disini juga ada benda yang suka pindah pindah. Bukan itu bukan Ren, Ren itu bukan benda dia itu orang, iya dia bukan manekin apalagi patung pancoran bukan. Tapi yang suka pindah pindah itu adalah telepon umumnya. Gilak bahkan telepon umum udah punya kemampuan teleport. Kai berbahagia sekali ilmunya sudah bisa diamalkan oleh............. telepon umum.
*
*
Masih soal telepon. Di menit 01:30 kan telepon itu ada di set yang ada lampu lampu jalannya tuh. NAH kenapa pas long shot malah teleponnya jadi nggak ada?
*
*
Masih soal telepon lagi HAHAHA. Teleponnya ajaib. udah pindah pindah, punya healing power pula.
*
*
#7 Percaya gak kalo gue bilang yang ada di dalem mobil pas adegan ini bukan Minhyun?
*
*
Sebenarnya ini gue agak sok kepedean aja sih tapi coba perhatikan adegan ketika Baekho di depan mobil belagak jadi Hulk dibawah ini, di dalem mobil ada Minhyun kan ya. Trus perhatikan bagian depan rambut dan bentuk wajahnya:
*
*
Kemudian perhatikan gambar yang ini:
*
*
Kepala orang yang di dalem mobil di gambar yang diatas ini beda kan sama yang Baekho begaya Hulk? BEDA KAN?! IYA BILANG AJA BEDA.
*
*
Nah, liat aja poninya trus rambutnya sama mukanya bentuknya juga beda walaupun itu agak burem sih emang. Dan kalau mau lebih sok tahu lagi, kalo misalnya lo perhatiin, di samping supir di gambar yang bukan Minhyun itu nggak ada cewek sama sekali loh :3

#8 Waktu adegan Minhyun di tampar di bawah badai salju, perhatikan kerah pakaian yang dia gunakan. Sebelum ditampar/ketika ditampar, kerahnya terlihat dalam posisi yang seharusnya. Tapi setelah ditampar, kerahnya berubah posisi jadi seperti tertiup angin dan terbalik. Mungkin efek angin dari tamparan tangan Bora.
*
*
#9 Ah, yang paling keliatan sih bagian yang ini ya guys hehehe
*
*
#10 Adegan yang bikin pusing sebenarnya sih adegan terakhir yang ini sih jujur aja:
*
*
Kok bisa si Minhyun gak sadar itu ada JR dibelakangnya? Se-obvious itukah orang kalo mau selingkuh? Gak bisa banget lo berbalik dan kemudian nonjok itu cowok yang nyium cewek lo? #EA Paling nggak kan begitu nih pendapat orang ketika pertama kali melihat adegan ini. Tapi sebenarnya sih bisa dibilang kalau pada akhirnya mereka ini mengikhlaskan kisah cinta segi banyak ini. Mereka rela berbagi satu sama lain gitu. Jadi yaudah biarin aja.

Sama halnya dengan adegan ini:
*
*
Walaupun nggak suka, tapi pada akhirnya kisah cinta ini tetap berlanjut. Buktinya si cewek masih megang tangan Ren padahal tadi dia udah marah marah. Nah cuma yang gue bingung, kenapa itu harus di bak mandi sih? Kenapa gak sofa? Kalopun misalnya itu emang pengen beneran pake bak mandi, kenapa harus disitu kenapa gak di kamar mandi aja? Kenapa ceweknya harus pake gaun dan Baekho-nya harus berpakaian lengkap juga? #LOH #JADIAPAMAULO Adegan ini nyakitin sih trus ntar berlanjut ke lagunya Sherina yang Pergilah Kau. HAHAHAHAHA Tapi ya kayaknya emang endingnya mereka jadi menjalani hubungan segi banyak itu dengan suka cita.

***

Oke. Sekian. Gue nggak tahu kenapa kalo giliran MV buatan SM aja gue bisa banyaaaaak banget poin yang dibahas tapi kenapa kalo bukan SM jadi sedikit? HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH Tapi MV ini emang main aman sih emang. Jadi mungkin karena itu jadi trivia yang gue bisa beberkan juga jadi sedikit (ngeles).

Senang NU'EST bisa comeback dengan lagu-lagu yang kayak gini :)

Have a nice weekend!


Baca Juga Review NU'EST yang lain: FACE | ACTION

Thanks to: kromanized.com, veepinku.blogspot.com, allkpop.com

Share:

27 komentar