그래 Wolf? 내가 Wolf?

Hampir seminggu kebelakang kayaknya pertanyaan yang sama selalu muncul sejak teaser WOLF yang pertama dirilis, "Hari ini ada update teaser lagi gak?" atau "Hari ini ada apa-apa gak nih?". Setiap kali ngebahas EXO di skype sama beberapa orang yang namanya tidak boleh disebutkan karena takut menuai kontroversi, pasti dua kalimat itu yang paling pertama keluar dari salah satu diantara kita. Ya, EXO memang sebegitu membuat penasarannya. Sebegitu menyiksanya. Sebegitu menguras hati dan pikiran. Gue jadi inget waktu teaser pertama keluar, seperti biasa, di kantor, nggak bisa ngapa-ngapain lagi selain duduk, diam depan laptop sesekali berteriak, sesekali jatuh dari kursi, dan seringkali menggelinjang vertikal. Dari sejak teaser pertama keluar sampai hari Sabtu, Alhamdulillah sih nggak ada apa-apa. ANYWAAAAY Sabtu last week gue baru pindah kosan dari Depok ke daerah Warung Buncit, Jakarta Selatan. Agak sedih meninggalkan Depok setelah hidup disana kurang lebih 4 tahun tapi demi kehidupan yang layak bagi kemanusiaan gue harus pindah juga. Walaupun kosan yang sekarang tidak sebesar kosan yang sebelum-sebelumnya, tapi bersyukur aja nemu yang murah. Intinya, tiga hari sejak teaser pertama keluar, Alhamdulillah nggak ada apa-apa, means gue bisa bebas jalan-jalan ke Bandung hari Minggu-nya buat nonton S4.

Sejak Senin, pertanyaan awal kembali muncul. Mana nih kok nggak ada apa-apa lagi udah tanggal segini? Mana Kamis udah mau comeback stage lagi kan. Gue sama Kak Korban di Skype pas hari Senin udah yang kayak orang nggak waras.
"Kak Suho siap-siap aja nih hari ini pasti ada sesuatu!"

"Iya Kak Korban, pasti nih ada sesuatu!"

"Rumornya sih jam 3KST kak kita tunggu aja pasti ada sesuatu!"

(Waktu menunjukkan pukul 3KST)

"MANA NIH KOK NGGAK ADA APA-APA?!"

"Iya kok nggak ada apa apa ya, kak Korban?"

"Apa jam 5 WIB ya?"

"Iya mungkin jam 5 WIB kali ya."

(Waktu menunjukkan pukul 5WIB)

"MANA NIH KOK NGGAK ADA APA-APA?"

(SM TIDAK PERNAH MEMBUAT HIDUP SIAPAPUN TENANG)

(DAN BESOKNYA WOLF DANCE PRACTICE BOCOR)
*
*
----------

Waktu pertama kali melihat video dance practice, itu adalah kali pertama juga mendengarkan lagu WOLF secara full. Tentunya versi setelah di rekam ulang (bukan versi leaked) dan tentunya setelah Medley Highlight yang dirilis SM di hari Senin. Awalnya persis seperti ketika yang bocor gue dengarkan. "INI LAGU APA SIH?!" walaupun sudah tahu Will Simms sama Nermin Harambasic yang nulis tapi tetep aja "INI LAGU APA SIH?!" tapi setelah di dengarkan lagi dan lagi. Ada sesuatu yang coba untuk dijual EXO dari lagu ini. Sesuatu yang beda dari MAMA. Apakah itu? Kita bahas nanti aja. Biar penasaran. Wakakakak

Nah, untuk video dance practice-nya sendiri, agak susah mendapatkannya nggak lama setelah bocor langsung di block SM videonya. Kak Korban sendiri sudah re-upload tapi di block juga. Entah mengapa gue merasa gagal sebagai fans SM. Selama ini gue bikin review sana sini bacot sana sini tapi nggak pernah di block SM. Kak Korban keren banget gak sih. Videonya aja di block SM sementara gue cuma berhasil di block TopKpopTv (dibahas terus ya :") Berkesan sekali sepertinya di hati Kak Suho :"))

Tapi toh gue berhasil nonton juga. Dan. Koreografinya......................................................

Mau dibilang keren, iya keren. Lucu iya lucu. Aneh iya juga aneh. Semacem lo kalo misalnya pertama kali makan Indomie Goreng Cabe Ijo. Awalnya "IH KOK MI INI BAU DAON SIRIH SIH!" tapi setelah nyobain, "Biarin deh bau daon sirih asal bukan makan sabun sirih."

Adegan dance dibuka dengan semua member berkerumun menjadi satu-kesatuan di tengah-tengah membentuk sebuah formasi unik. Formasin ini juga sebenarnya agak-agak rancu. Apakah itu pohon pinus? Apakah itu rumput-rumput liar? Apakah itu kaktus? Semuanya bisa. Semuanya masuk akal. Pohon pinus kan biasanya ada di pegunungan-pegunungan tinggi dan kalau misalnya sering nonton Twilight (aduh tontonan gue kok ya Bella Birahi) nah tuh seringkan keliatan pohon pinus gitu dan dihutan itu biasanya serigala suka keliaran. Berkaitan dengan pohon, di awal MV MAMA juga kan dikasi tahu kalo EXO adalah guardian of the Tree of Life. Nah mungkin Tree of Life disini bentuknya pohon pinus. Walaupun aslinya pohon beringin. Cuma kalo pohon beringin kesannya EXO bukan wolf tapi genderuwo. Nah kenapa rumput liar soalnya rumput liar juga pasti banyak kalo di hutan-hutan. Tempat serigala ngumpet kalo mau berburu ayam kate'. Kaktus sih gak ada di hutan tapi sering di gurun pasir gitu. Gue pernah nonton film dari novel Stephen King, setting-nya di gurun dan banyak serigala-serigala.
*
*
*
*
Formasi ini bertahan sekitar kurang lebih 40 detik dan gue yakin itu cukup membuat lelah dan pegel. Ya gimana nggak, posisi badan mereka nggak lurus tapi harus condong ke belakang dan disaat yang bersamaan mereka harus saling tahan dengan member yang di depan mereka. Hihihi Luhan sama Baekhyun-lah itu paling lelah sementara yang lain kayaknya lurus-lurus aja.

Nah, adegan setelah pohon kaktus dan apapunlah itu diatas, formasi berubah lagi (diikuti dengan banyaknya adegan lompat-lompat yang membuat gue bingung sebenarnya ini Wolf atau kodok bangkong). Ternyata nggak semua full perform ber-12 tapi tetap di bagi menjadi dua grup. Bedanya, kalo sebelumnya mereka perform K dulu baru M atau M dulu baru K, sekarang nggak berdasarkan K atau M. Kloter pertama terdiri dari Baekhyun, Kris, Chanyeol, Luhan, Sehun dan Kai.
*
 *
Sementara itu kloter kedua adalah sisanya: Suho, Chen, Lay, Xiumin, Tao, dan D.O.
*
*
Pembagian formasi yang tidak berdasarkan K dan M ini gue nilai lebih sebagai pemberitahuan soal EXO yang lebih membaur (?) Maksudnya, karena promo kali ini ber-12, diusahakan nggak dibedakan K dan M. Makanya member K & M ada di masing-masing kloter gitu loh. Bias-bias jadi tersebar ya HAHAHA tapi tetep Baekhyun sama selingkuhan-selingkuhannya di kloter yang sama. Nah yang unik dari performance WOLF ini salah satunya sih ada unsur teatrikal-nya gitu. Nggak cuma kayak di MAMA yang pas pergantian grup K & M mereka masuknya biasa aja, dance-dance biasa. Nah kalo disini lebih dramatis. Lebih liar. Lebih binatang.

Gue suka banget sama dance-nya Kai disini. Keren banget gitu. Di semua bagian yang ada dianya, keliatan yang paling menonjol dance-nya emang Kai (abis itu Luhan sih kalo yang lain semacem rata) nah tapi yang jadi bagian favorit gue adalah waktu Kai muter 360 derajat ini:
*
*
Balerinawan-nya keliatan :") Kai barongsai semakin membahana sekali menjadi balerinawan :") Tapi nggak tahu deh itu kan pas dance yang itu, lirik nyanyinya super cepet ya, WAKAKAKKA bisakah World's Best Singer bernyanyi sambil muter-muter kayak gitu? Jawabannya tentu saja tidak (bisa) tahu. Kita tunggu saja sore ini.

Selain Kai, gue lagi suka banget nih sama dance-nya Kris. Well, sejak dance practice History sih gue ngeliat dia walaupun terlihat tidak niat hidup tapi masih niat dance. Sedikit curhat soal Kris, nggak tahu kenapa pas awal awal debut, di pikiran gue, dia tuh semacem bule Kanada gaul yang terjebak diantara barisan cowok Korea cantik gitu loh trus dia yang semacem ogah-ogahan "Ngapain sih gue disini please deh lo cowok-cowok boyband." Tapi di WOLF ini entah sejak kapan, gue ngeliat doski kayaknya berubah gitu. Ada sedikit harapan hidup :") Ah... mau ngebias Kris.

Karena ini temanya WOLF jadi adegan dance-nya banyak yang kebinatang-binatangan. Salah satunya tadi kan udah loncat kayak kodok bangkong, trus yang lain ada gerakan berjalan dengan empat kaki:
*
*
Keluar dari gua persembunyian (ini antara binatang atau si buta dari goa hantu)
*
*
Yang gerakan ini sih sebenarnya mungkin pengen merepresentasikan serigala kalo abis mandi trus kibas-kibas bulunya gitu. Tapi malah jadi kayak gerakan Asereje Tremor. Coba lihat Suho. Ciyan banget mukanya kayak belom makan seumur hidup. Tapi kayaknya gerakan ini yang jadi signature dance mereka ya? Dan satu lagi yang menirukan kuping serigala itu.
*
*
*
Gerakan menggali tanah buat pup. Hmmm... Walaupun sebenarnya yang gali tanah buat pup setahu gue sih cuma kucing. Serigala kan sebangsa anjing dan anjing tuh suka nggak tahu adat emang pup di mana-mana. Tapi mungkin karena ini EXO dan mereka adalah idol, jadi mereka kalo pup harus sopan. Gali tanah dulu. Nutupin aib.
*
 *
Pernah bertanya kenapa Chen gak ikutan gali-gali tanah? Selain karena emang diantara 12 yang lain cuma dia yang belom membuncah hasrat ingin pup-nya, mungkin karena kaki dia tidak sekuat yang lain (untuk gali tanah?) bukan, maksudnya buat dance. WAKAKAKKA Danseeeng Maseeeen.
*
Gerakan yang ini sih sebenarnya mungkin pengen nunjukkin taring serigala dengan kedua tangan di katup-katupkan berulang-ulang. Tapi kok kesannya malah kayak niru Tukul Arwana gitu? :((( Gagal sebagai serigala.
*
 *
Ada yang perhatiin gak sih setiap bagian "AAAUUUUU" itu sebenarnya mereka lagi menirukan gesture serigala kalo lagi melolong? Biasanya kan serigala kalo melolong kepalanya ke atas trus dadanya agak membusung kan.... Tapi emang nggak terlalu keliatan di bagian-bagian akhir. Cuma kalo misalnya Kai yang dance (ADUH GUE NGEFANS SAMA KAI NIH SEKARANG) keliatan. Coba deh cek:
*
*
Kalo misalnya perhatiin juga, setiap kali mereka dance dan maju atau setiap kali part masing-masing member buat nyanyi, mereka pasti angkat tangan satu ke udara, ya kan? Gue sebenarnya nggak ngerti ini maksudnya apa AHAHAHA dan apa hubungannya sama WOLF karena jelas serigala nggak bisa jalan dengan tiga kaki kecuali kalo dia kena kutuk trus buntung. Tapi kalo misalnya itu mau dicari artinya sih bisa beberapa:

1) tanda memimpin (dalam hal ini yang sedang maju untuk bernyanyi adalah pimpinannya),
2) tanda penghambaan juga bisa sih maksudnya simbol menyerah gitu loh. Tapi biasanya pake dua tangan kan ya. Kenapa satu tangan, ya karena berdiri pake tiga kaki aja susah buat seekor serigala gimana berdiri dengan dua kaki?
3) hanya sekedar gerakan untuk membiasakan diri kalau suatu hari mereka harus bernyanyi tanpa wireless tapi harus pegang mikrofon. HAHAHAHAHA Tapi gatau juga sih kalo di MV-nya sama berarti emang ada maksud-maksud tertentu. Atau mungkin cuma sekedar pengen pamer ketek doang. (Iya ini buat nunjukkin siapa yang nyanyi iya)

Gerakan lain yang nggak tahu kenapa jadi salah satu favorit gue adalah ketika Xiumin, Lay dan Tao nepok-nepok lalat tse-tse di udara ini :") Bagian ini juga yang paling gue suka dari lagunya. Bagus aja gitu racun aja.
*
*
Ada lagi formasi serigala membelah belantara hutan:
*
*
Tetep ya gerakan ini ada :") Kalo di MAMA kan bagian yang ini sambil berlutut.
*

Ending-nya Luhan dan Sehun keluar dari goa setelah hibernasi. It's always HunHan HAHAHAHA Bye SM. Bye.
*
*
Ending pose-nya yang paling enak sih emang Baekhyun dama Chanyeol. Udah capek joget joget, langsung tiduran.
*
 *
----------

Perjalanan menunggu teaser kedua hari Selasa diwarnai dengan kebocoran album WOLF di weibo yang kemudian di-upload ulang oleh oknum yang tidak bisa saya sebutkan namanya karena sejujurnya saya juga gatau ke tumblr (tentu ini kejadian setelah practice video bocor). HEBOH DONG! YA IYALAH HEH KOK BISA BOCOR SIH?! Gue menenangkan diri sebentar. Wait, ini bukan pertama kalinya kebocoran ini terjadi. Kok bisa bocor sih? SM nggak mengenal teknologi bernama Aquaproof? Tukang ledeng di dunia ini semuanya pada pensiun? #SalahFokus

NGGAK NGGAK. Maksud gue, ini sudah kasus yang keberapa kali? Ke-3? BUSET. Gue jadi inget waktu jaman WOLF sama 365 bocor sekitar Februari-Maret lalu dan alasan yang paling masuk akal yang bisa diterima akal tidak sehat gue adalah bahwa Staff SM yang meng-handle EXO kehilangan USB-nya. LAH INI TRUS KALO BOCOR LAGI MENURUT LO HILANG LAGI USB-NYA? Lo pasti akan mikir, "Staff macam apa kehilangan USB kok ya rutin? Dan kok PAS EXO COMEBACK baru USB-nya hilang?" Besok-besok jangan cuma kasi kado ke EXO tapi kasi kado juga ke staff yang handle lagu EXO. Kadonya USB yang ada rantai atau berbentuk borgol. Jadi bisa melekat terus di badan. Gak akan hilang gak akan ada lagu bocor.

Ngerasa ada yang aneh. Gue kemudian mencoba menenangkan diri sejenak. Di twitter sudah pada memulai drama seri "Respect the Artist and Producers!" sementara gue diem aja sebentar sebelum akhirnya gatel juga.

Kalo dipikir-pikir, setahun penantian akan EXO dan tiba-tiba WOLF yang versi demo keluar tanpa aba-aba dan tanpa berita yang jelas masalah comeback sebenarnya adalah teaser pertama untuk kita. Sebuah bukti bahwa EXO sudah melakukan rekaman untuk persiapan comeback dan mereka akan comeback. Tapi waktunya kapan hanya Tuhan yang tahu. Sama hal-nya dengan 365 yang bocor. Gue sih mikirnya, "Oh another teaser. Ok." Walaupun di dalam hati masih yang kayak "ADUH APA SIH KOK PADA BOCORIN SIH KAN GAK SURPRISE!" ada juga perasaan yang kayak "RESPECT DONG BLA BLA BLA" tapi.................................. lah kok aneh. Kok kayaknya yang heboh minta respect cuma kita. Kok SM gak heboh sih.

Persis seperti itulah yang gue rasakan ketika satu album WOLF semuanya leaked kemaren. Ya. Gue langsung download semuanya. Mungkin lo pikir gue nggak respect, tapi sebenarnya nggak juga. Gue respek se respek respeknya sama kerjaan orang lain. Tapi alasan utama gue mendownload kemaren sih sebenarnya lebih kepada: 1) rasa penasaran yang tak terbendung, 2) otak gue menolak untuk tidak melakukan apa-apa (sama halnya dengan kalo misalnya gue serigala trus di depan gue ada daging sapi segar menggelinjang, bodoh rasanya kalo nggak di lahap secara bijaksana). Nah, alasan ketiga gue sih sebenarnya lebih ke faktor SM-nya: gue curiga, semua kebocoran itu memang sudah di rencanakan oleh SM dan sudah disengaja. Makanya nggak ada apa-apa dari mereka. Nggak ada tindakan pelaporan dan lain-lain dari mereka. Terakhir sih Ryan Jhun yang heboh di twitter mau lapor FBI. Tapi selama SM diem aja..... yasudah. (dan apakah dia follow-up lagi masalah pelaporan ke FBI hari ini? Nggak kan? Gertak sambel. Sambel terasi. Bau.)

Entah kenapa semuanya terlalu aneh sih. Karena nggak ada tindakan lanjutan dari SM mengenai kebocoran ini, gue malah nyangka ini memang strategi marketing SM. Soalnya di kasus-kasus kebocoran yang sebelumnya gue tahu, pihak yang dirugikan lapor ke pihak berwajib. Menurut gue pribadi, gak tahu sih ya ini bener atau nggak, SM tuh ngerti banget behavior netizen kayak gimana. Dikasi umpan sedikit, hebohnya bisa berhari-hari. Ketika WOLF bocor, yang paling pertama heboh kan netizen, jelas, emang ada jalur lain buat ngebocorin selain internet? Masa iya ngebocorin pake JNE (agak ribet juga ya harus di JNE dulu dari Korea ke seluruh dunia. Semacem nggak penting). Semakin netizen heboh, semakin dunia gempar. Semakin sadarlah orang akan keberadaan EXO. Semakin penasaranlah orang sama grup ini. Nah, perkara satu album yang bocor itu, kalo emang itu salah staff yang kehilangan USB gue berani bilang lo mending istirahat dulu setahun biar otak lo bener. Seceroboh itukah menyimpan USB berisi harta benda yang katanya harus di respek? :p

Pada akhirnya semua saling menyalahkan. Fans saling menyerang. Yang teguh pendirian untuk tidak download merasa berbangga hati karena respek sementara yang lemah akan segala hal yang membuat penasaran dan akhirnya mendownload juga merasa berbangga dan berbahagia karena bisa mendengarkan lagunya terlebih dahulu (WAHAHAHAHAH CABAL EAH YANG TEGUH PENDIRIAN TUHAN AKAN MEMBALASNYA DAN OPPA JUGA--TAPI OPPA BOHONG). Ketika rasa penasaran lo bisa lo puaskan, lo adalah orang yang paling bahagia di dunia :") Begitulah juga hari itu. Pertama kalinya gue dengerin My Lady full track itu gue merinding sejadi-jadinya. Pertama kali dengerin Baby Don't Cry pertama kali kemaren itu kaki gue gemeter sampai nggak konsen kerjaan gue tinggalin semua. Hari itu gue cuekin aja twitter yang heboh. Terlena dengan suara Baekhyun dan Kyungsoo.

Sebenarnya saling menyalahkan disini nggak berguna sih karena yang salah tuh emang si uploader. Downloader mah penikmat aja. Kalo di Geng XOXO posisinya sama kayak Baekhyun, Chen, Chanyeol sebagai penggembira. Jadi jangan merasa bersalah kalo misalnya udah download. Terlanjur basah kan yaudah mandi sekalian. Kalo masalah respek gak respek, selama lo masih beli CD asli setelah lo download lo masih menunjukkan respek lo kok. Perkara lo download sebelum official release sama setelah official release sebenarnya nggak ada bedanya. Sama-sama mencuri, cuma beda timing doang. Lo nyurinya pagi, yang lain nyurinya malem. Dan gue yakin, yang baca postingan ini dalam hidupnya pasti paling minimal pernah mendownload 1 album secara gratis di ihoneyjoo, k2nblog, 4shared, mediafire sebelum akhirnya sadar untuk membeli legal, kan? Kita semua separah itu kok guys. Kita semua setidak suci itu. Jadi jangan saling menyalahkan.

EH TEASER MV UDAH KELUAR, HARI INI MV KELUAR? HAHAHAHA Jadi review teaser-nya sekalian sama MV kalo gitu :3





Share:

48 komentar

  1. Mantap! Paragraf terakhir like banget :D

    BalasHapus
  2. ngakak om ngakak...
    jadi inget bahasa baru abas poop = pop mie. tauk deh dapet bahasa dari mana.
    tuhkan pinda2 bias lagi. sadar gak sih lo kalo yang udah sering lo nista2in itu yang bakalan jadi bias lo? kekek kena kutukan juga kan lo? :P
    setelah baca mensyen followers lo yang tnya fact gelap exo, gw jadi ikut2an cari dan JLEEPP iyah gw liat separah itu, tapi gw jadi suka bgt ma kris dan kasian ma jongin.. hahah ah udahlah...
    well, next post ditunggu bgt :) WHY SO SERIOUS? PLEASE KAPAN OM KAPAN? :O


    BYE....

    BalasHapus
  3. bagi link dance practisenya kak ronnn *telat* gegara jual mahal jadi penasaran gini hahaha XD

    eh btw pernah juga liat dance practise bb lain yg pake angkat tangan gitu (?) dan ga ngerti artinya apaan...

    semoga mvnya ga ngaret ya kak hahaha sm kan kebiasaan itu suka ngaret..

    BalasHapus
  4. Kakak,,,, aku juga udah donlot yang BCD, My Lady, Peterpan, dan LOTB, u.u nagih sama Peterpan (no Ariel please) part yg nagih itu di namja, tinkerbell, cinderella, neverland, peterpan aaaa.... ga sabar CDnya nympe di Indo.

    Kak ur review is always awesome and maximal, awooo!~ wo ai ni^^

    Takut liat full MV kak, tbh takut liat Luhan kisseuan sama serigala betina a.k.a So Hee T_T

    *Istri Lu Han

    BalasHapus
  5. ngakak ah pas liat kai jadi balerina disitu >,<
    oya kak suho review in teaser yang kedua dong yang ada kai nyium yoon sohee itu ._.

    BalasHapus
  6. bener2 ga sabar buat nunggu perform,dance practice,track list,mv,variety show,pokoknya semuanya...setelah setahun lamanya kau kembali padaku my 12 sons......*emaknya srigala* auuuuuuuuu aduh panaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssssssssssssssssssssssssssssssssssss #tssah xDDD

    salam geng XOXO

    BalasHapus
  7. Sebelum'y Thank you buat review'y
    Salam kenal...aku Ike
    aku manggil'y Ronzzyy aja yah,..biar kesane akrab,.and maybe kita seumuran,.kalo pun beda paling 1-2 tahunan ^^

    Yups sbg fans'y EXO setuju sih kalo masalah full song yang bocor ( pa lagi ) 1 album mungkin itu salah satu strategi marketing SM untuk mengenalkan EXO ke dunia luar & ke planet" lain yg ada di muka bumi ini selain bumi

    heran aja sama fans EXO yang bilang jangan download yg leaked,.mending beli yg asli..beli Album asli'y tu pasti,.tp pas udah di rilis,.nah ini kan belum rilis,.pasti'y banyak EXO Fans yg penasaran sama lagu"y..pa lagi Baby Dont Cry,Black Pearl & My Lady yang udah kita denger teaser'y sejak jaman baheula hehehe
    ujung"y mereka pasti download juga versi leaked'y...aku sendiri jujur udah tau soal iru dari weibo sejak hari selasa (28 Mei),.tp nahan buat ga download karena udah ikutan PO d salah satu OlShop dan kemarin,.seorang temen d weibo (orang Indo sih) ngirim lewat email full album'y..surpraise pasti,.gatel pengen download :D
    langsung tanpa babibu & pikir ini itu,.langsung deh aku download semua...OMG bener" keren Two Thumbs buat XOXO

    Jadi jangan sok muna deh,.d TL nulis respect ke EXO,.tp dibelakang udah download yg leaked..so ga usah malu ngakuin itu,.aku dah ngaku aku download yg leaked,.dan jatuh cinta sama karya'y bang Rhyan Jun - Peter Pan.

    soal video dance practice yg bocor itu,.cuman bisa bilang makasih banget buat Ronzzy yg udah kasih review'y,..sebenar'y aku nyari" ini dah dari hari senin,.tp ga ketemu,.mungkin krn udah di blocked kali yah ma SMEnt..dan kebetulan nemu disini,.jadi tahu gerakan" dance WOLF...dan HunHan ku nempel terus yeeeee ^^

    wah ga sabar nih nunggu nanti sore,.mo streaming MNet Cout Down EXO Comeback Stage.

    rasa'y udah sreg deh ngungkapin uneg" soal ygv leaked song itu hehehe,..pesan buat SMEnt,.lain kali kalo nerima staff yang ga pikun&ceroboh,..masa USB yang isi'y data penting bisa ilang berulang-ulang,..dan ilang'y itu lho...pas banget timing'y sama Comeback EXO..xixixixi

    Makasih udah mo baca koment ga perlu ini hehehe
    *Bow

    BalasHapus
  8. SM memang sengaja bkin skandal bwt comebacknya EXO
    Di MV-nya juga...

    Waktu itu Kris bcra lgsung sma media yg hadir pas starcall bwt M!Coundown Ina...

    Dia blg hal ini jg mrugikan beberapa member,,,

    Yah~ berdoa aja mdah2an gak akan apa2..

    #SiPut

    BalasHapus
  9. Perut udah sakit. Makin sakit gara2 baca postingan kak Ron. XD
    kemarin ada yang upload rap-nya Chanyeol di Baby Don't Cry. Sempet penasaran yang upload ini dapet darimana. Dan saya baru tahu dari kak Ron kalo ternyata satu album BOCOR??? BOCOR??? Tau gitu kemarin aku donlod kaaaak~ *nangis kejer* *banting2 semarpret*

    BalasHapus
  10. egak kakak, yang kalau ngakat tangan tuh, mau nujukin kekameramenya kalau sekarang itu bagian dia yang nyanyi. Pernah lihat dance pratice nya infinite jga gitu kok, setiap part dia nyanyi pasti angkat tangan :D

    BalasHapus
  11. ngakak mreka disamain kyk kaktus xD

    Tp bnr lo ron.. gw ga marah2 sama yg download, tp agak kecewa sm yg upload. *gw ga download lagu leaked, sumpah.

    Gw jg pernah download ilegal, jujur. Tp gw jg ada niatan buat beli albumnya, jd gpp kan? Yah, waktu bocor waktu itu cm ngarep org stop ngomongin itu. Krn 1. gw jg kepo, tp nahan hasrat diri buat nyari dan download
    2. agak ngilangin suprise stlh berabad-abad nunggu
    3. gw pkr toh 2 hari lg comeback, sbr sdkt lg ga apa2..

    Tp bg yg udah dngr, yaudah.. Ga bs blg apa2 lg jg kan, udah kejadian. Yah, mudah2an album ini lbh sukses dah.. :D

    BalasHapus
  12. Wuuuaaaa, setuju banget sama reviewnya kakak, :D dari video dancee practicenya juga.. Cihhyee skg udh bisa nerima Kai .. #apaan, ditunggu review slanjutnya ya kak ^^

    BalasHapus
  13. jujur gw juga ngakak lihat dance'a tapi apa mau di kata SM kan banyak ide gila buat EXO....hahahaha :D

    BalasHapus
  14. siip.. gak beli album asli itu baru namanya respek.
    ya, cuma yang kita utangin buat beli album ori aja ya maki-maki kita "resek"

    saya sih gak liat dance practicenya ato album fullnya. gak penasaran juga soalnya. *lho?
    saya orangnya sabar kok. hahaha

    BalasHapus
  15. kok begitu ya jadinya. bocor terus. wkwkwkwkwkwk. nggak suka sama tariannya. nggak tau kenapa. aneh gitu. kayak wolf beneran. si kai kalo mau jadi balerinawan juga bagus. mirip banget. wkwkwkw.

    BalasHapus
  16. hahaha, dunia udah gonjang ganjing gara2 EXO ya kak, wkwkwk...
    ditunggu review MVnya kak....

    BalasHapus
  17. kak adegan angkat tangan itu nunjukin kalo itu part nyanyinya dia, semua boyband/girlband jg gitu kok gak cuma exo :)

    BalasHapus
  18. harusnya gue ga disini kak. harusnya gue lagi belajar fisika sekarang karena besok ukk, tapi yah... exo sukses bikin konsen gue pecah. ah gue kira review teaser keduanya disini juga, taunya digabung sama MV toh? okelah selamat menunggu, sori gue komen ga penting, cuma mau ninggalin jejak aja~ /bow bareng kris/

    BalasHapus
  19. Iya kak dan sampai jam 2 lebih SM masih PHP.

    BalasHapus
  20. tapi emang ya kak, menurut gue juga udah diatur dari sananya. jadi sebagai penikmat, ya biarin aja hehehe. thanks for your review :)

    BalasHapus
  21. "Kita semua tidak sesuci itu" kata2 kak ron Ya Allah kebayang terus...
    Yaa kalo duit ada mah dari dulu udah beli album kak, kak ron sih enak udah kerja dapet duit tiap bulan sedangkan aku,andalannya cuma duit jajan dari orangtua T_T

    o ia soal tangan diangkat satu keatas...kalo menurutku sih biar jelas siapa yang lagi nyanyi..dance nya kan pecah pecah gitu kak *semogabener*
    dan gerakan kibas2 bulu itu..jujur kurang enak diliat *ditabok exotics*

    seperti biasa posting kak ron bikin sakit perut.Jadi gitu aja comment nya..

    wassalam

    BalasHapus
  22. Kak Suhuoo Baekhoo >o<
    Saya tunggu review teaser & MV-nya, ya..

    BalasHapus
  23. gak lihat practice"a gpp lah...tapi terobati streaming dan MV'a walau blm full....and now wait versi dramanya.....

    ayeeee akhirnya comeback....

    BalasHapus
  24. kak suhooo nice posting ditunggu review MV wolf nya

    BalasHapus
  25. baca pertamanya sih ngakak, tapi baca bagian ahirnya langsung diem. aku emang ngak pernah beli CD asli, coz kantong anak sekolah ya begini.

    review MV nya ditunggu :)

    BalasHapus
  26. THEY WERE ALIENS, NOW THEY ARE CACTUS >>> cuma elo ron yang imajinasinya gituuuu..
    tapi ko mirip ? hahhaha

    BalasHapus
  27. lo, emang fanboy cerdas, yg gak cuman sekedar fans tapi ngegali (?) layaknya serigala yang kelaparan.. Okee, gw tunggu review MVnya

    BalasHapus
  28. .[angkat tangan mereka], biasanya video practicenya bakal dikirim ke studio yg bakal mereka broadcast kak, makanya mereka pake nama + angkat tangan pas mreka nyanyi, biar pas recordingnya cameramennya udah tau mana yg harus di shoot.. . gitu kak :)

    BalasHapus
  29. Mungkin gini kali Kak, SM itu diem aja di kandangnya gak kasih warning apa-apa (cuma produser EXO aja yang berkoar) karena pihak SM sendiri takut kalo misalnya untuk masalah seserius ini dilaporin ke pihak berwajib bakal kayak apa coba komentar publik. Mereka pasti mengkritik SM itu teledor, careless, careless dan shoot anonymous gitu, Kak. Ya anggepannya jadi jelek nama SM dan sebagai gantinya SM cuma bisa nyuruh Ryan Jhun itu tadi, seperti, "Eh lu. Aduh tolong deh lu gertakin yang nge-upload/download album yang bocor. Bilang aja lu mau lapor ke FBI atau apa kek. Jebal plis banget."
    Ya, menurut gw mungkin gitu sih Kak :">
    Atau emang bener kali ya kalo dari sananya udah diatur 'skenario kebocoran' ini masa sih precious treasure bisa sampe bocor dan mereka diem aja. Hmm, bisa jadi begitu mengingat SM penuh tipu daya :-?

    BalasHapus
  30. kekeke~ gue langsung download video dance practice nya gak lama setelah diberitain bocor :p beruntung bisa liat itu video sebelum di block :3

    soal tangan diangkat pas di video itu, cuma nunjukin itu lagi partnya siapa. nggak ada arti lain sih menurut gue. kalo yang pernah liat video dance practicenya MAMA pasti juga nemuin hal yang sama. tiap member yg lagi kejatah partnya pasti angkat satu tangannya.

    gue setuju banget sama Kak Suho~
    meskipun udah donlot, gue juga tetep beli albumnya kok~

    ditunggu Kak reviewnya~

    BalasHapus
  31. ron, percaya ato g, anakku ikutan ngakak bagian gali tanah buat pup hahahahahaha

    BalasHapus
  32. Ada satu fanbase EXO di Indonesia yang nyebelin banget, dia nge-upload link-nya wolf versi demo sama dance practice wolf, dia jg nge-upload capture-an dance practice wolf. Terus kan beberapa hari kemudian heboh tuh org-org soal respek ga respek, dia malah nge tweet sebenernya dia gasuka nge-share leaked song dll itu, tapi dia harus tetep update makanya dia share. Yg kaya gitu ga banget, munafik, kaya "apa sih..."
    Mending kaya Kak Suho, gw setuju banget sama Kak Suho. Bukan karena ga respek, tp gw seorang maniak exo, hardcore fan, jadi kerjaan sehari-hari gw emang nge-browsing segala hal tentang EXO termasuk nge-download video dan lagu EXO. Gw tetep beli album ori-nya juga, jadi sama aja kan sebenernya.

    BalasHapus
  33. Aduh kak... emosi gue campur aduk baca postingan ini..
    awalnya ketawa cekikikan ga jelas gitu, ngeliat baek-luhan kaya maen tarik-tarikan gitu ==" tari tepok lalat tse tse whatsoever lah namanya itu hahah dan gue juga ngefavoritin part dance yang itu juga kak!! XD
    tapi kemudian hening....
    "Kita semua tidak sesuci itu" << kata-kata lo dalem banget kak, sumpah. sedalem jurang grand canyon #salahfokus
    iya kak, gue kira itu rumor album leakednya tersebar bo'ongan, eh pas gue nyari black pearl, ketemu masa ;___; gue seneng sekaligus sedih -_-
    seneng gegara gue bisa dengerin full versionnya ( yg ya Allah, keren banget ;__;) tapi juga sedih.. kok bisa-bisanya bocor dan SM ngga berbuat apa-apa. hff ;_____;
    kak suho, gue berharap lo bikin giveaway hadiahnya album xoxo, amin amin amin XD

    BalasHapus
  34. Gue mah sebagai orang yang sering download secara ilegal, mending diem aja ga usah ikut-ikutan sok-sokan bahas respek dan respek itu. Yah, nikmati aja apa yang udah di dapet sekarang kekeke :D

    BalasHapus
  35. Gue jadi tergoyah download sebelum rilis kan?-_-

    BalasHapus
  36. just wanna tell you kak, yang soal mereka angkat tangan pas bagiannya nyanyi itu kayanya emang semacam 'aturan' deh di practice, mungkin biar orang tau, karna kan waktu itu mereka cuma ngedance, ga pake nyanyi. gue liat dance practicenya grup lain, sampe yang non-SM juga pada angkat tangan kok di partnya mereka nyanyi..

    btw, lo bilang antara yang donlot sebelum ataupun setelah official release harus respek, jangan saling nyalahin atau ngatain, tapi kok gue berasanya kalimat lo yang dicapslock dalam kurung itu ngeledek banget ya? sebagai yang 'menunggu sampai official release untuk mendonlot secara ilegal tapi tetap beli albumnya, gue tersinggung :(
    ga pernah nyangka, bakal tiba juga hari gue tersinggung dengan postingan lo kak

    BalasHapus
  37. Huahaha! Asli gue ngakak! Salut sama deh sama kakak! Bahasanya itu loh, bikin gue sadar kalo download gratis itu nggak baik TT~TT gue nyesel :'( hiks
    Dan gue sampe ketawa-ketawa sendiri pas baca, padahal didepan ada kakak gue lagi main ipad o_o

    BalasHapus
  38. Om itu mending banget baru di blok beberapa kali sama SM~ gue udah 6 kali di blok WM,yang paling parah pas gue nge upload MV B1A4 What's Happening yang HD satu jam kemudia video gue gak bisa di buka -_- kalo di blok paling disuruh ngehapus music backnya doang,lah ini gue di suruh ngeapus MV nya -_-

    #curhat
    Btw postingannya keren,panjang dan detail banget om besok besok review MV nya b1a4 yang what's happening yah :) makasih

    BalasHapus
  39. apink juga dance practice mymy pake angkat tangan lo dpt
    part nyanyinya

    BalasHapus
  40. MANA NIH BANGGGGG REVIEW MV NYAAAA....UDAH DARI KAPAN TAUUUUU KAGAK KLUAR2 REVIEWNYA...UDAH SEMINGGU NI BANG.... DITUNGGUUU... LOVE KRIS.... :*

    BalasHapus
  41. KAAAAK kosan lo deket sekolah gua #salahfokus

    BalasHapus
  42. kerennnnn
    udah itru ajah

    BalasHapus
  43. Pas dance practice itu angkat2 tgan kemungkinan bsar buat lat. buat comeback, jd pas itu ada kyk tim dr mcd,muback,dll, nandain siapa yg nyanyi part itu jd kamera lbh fokus ke dia...

    BalasHapus
  44. Ada beberapa kutipan yang gue suka dari postingan ini :
    1) Ya, EXO memang sebegitu membuat penasarannya. Sebegitu menyiksanya. Sebegitu menguras hati dan pikiran.

    2) SM TIDAK PERNAH MEMBUAT HIDUP SIAPAPUN TENANG

    SETUJU BANGET KAK! SETUJU!!!

    Selama gue jadi fans nya EXO, hidup itu engga setenang dulu! Tega bener dah! Sumveh, deuh!

    "Tapi di WOLF ini entah sejak kapan, gue ngeliat doski kayaknya berubah gitu. Ada sedikit harapan hidup :") " Ya ampun kaka, tapi ya emang sih Kris yang dulu bukanlah yang sekarang *tiba-tiba ada Tegar aje -_-

    Ahaha, tentang respek-respekan, gue sih respek banget kok! Gue mah engga download gratisan yeh sorry ga lepel. Yah, paling cuma modal bluetooth aja udah jadi hahaha! *plakk

    Tapi akhirnya emang gue beli albumnya juga. Berarti yah, memang seperti itu XD

    BalasHapus
  45. Mereka ngangkat tangan itu ngasih tanda kalo itu bagian mereka nyanyi.. Udah liat Dance Practice nya Growl? http://www.dailymotion.com/video/x12d2t8_exo-growl-dance-practice_music mereka juga nunjuk tangan..

    BalasHapus
  46. Di versi cina baekhyun + sehun + d.o + suho yg kasihan tuh hrs pegangan. Yang paling ribet tuh ada 4 orang setiap pidio. Perhatikan EXO's SHOWTIME Eps. 9

    BalasHapus
  47. Gw belom pernah beli album aslinya, dan gw gak donlot di 4shared bla bla bla malahan di mp3skull sm mp3juices #FansGaRespek tapi itu juga 1 tahun setelah albumnya keluar T^T #FansKudet

    BalasHapus