'Make Your Move' aka 'Cobu 3D' Movie Review Saya!

Waktu denger BoA bakalan main film dance ala 'Step Up' yang diproduksi Amerika, wah, seru banget nih kayaknya. Secara kita selama ini selalu melihat BoA menggeliat di atas panggung nyanyi. Sekalinya main drama, itupun pernah cuma cameo di 'Athena' (sebelum akhirnya main drama episode pendek 'Waiting for Love').

Gue pernah bikin berita soal film 'Cobu 3D' yang akhirnya ganti judul jadi 'Make Your Move' sekitar Juni atau Juli gitu. Heboh juga karena Kris 'EXO' jadi salah satu pengisi OST-nya. Tapi ketimbang OST-nya, gue sih tetep penasaran sama filmnya.

Ya iyalah...

Suatu hari, gue sudah bersumpah kalau 2014 ini akan sering-sering buka HOME Twitter. Karena sebelumnya gue jarang banget buka-buka HOME. Terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala bikin gue pusing.

Dalam satu jam ngeliat timeline aja bisa ngeliat 30x Tweet berita dari portal, 30x tweet curhat orang, 30x Tweet spazzing orang. Entah apa gue yang terlalu masukin itu ke kepala makanya pusing atau emang otak gue sudah rusak.

Tapi beruntung, karena niat 2014 gue itu, gue jadi keinget ada film 'Make Your Move' padahal sempat lupa. Terima kasih sekali untuk saudara saya sekaligus idola saya di dunia cover dance (HAHAHAHA) yang sempat ngetweet soal "Mau nonton filmnya BoA," dan akhirnya gue pun menemukan link download-nya dari sang pakar cinta.

Karena lagi dikantor, yasudah gue manfaatkan saja waktu bekerja untuk mengklik tombol download. Menunggu sekitar setengah jam untuk menyelesaikan proses download dan malamnya langsung nonton.
*
Bagaimana menjelaskannya ya.....

Ceritanya sebenernya simpel aja. Kalau dipikir-pikir film ini emang kayak FTV banget. Bukan sebuah film bioskop yang 'WAH' atau 'JEDAS!' atau yang bikin 'ANJRIT INI KEREN BANGET'. Bukan tipe film yang kayak gitu.

Sayang sekali gue nggak ngikutin 'Step Up' jadi gue nggak bisa ngebandingin ceritanya kayak gimana. Tapi gue sempat ngikutin berita-berita soal 'Step Up 3D' walaupun nggak pernah nonton dan katanya itu bagus.

Bayangan gue sebelum nonton 'Make Your Move' adalah oh mungkin bakalan sekeren apa yang gue denger soal 'Step Up 3D'. Tapi ternyata ceritanya biasa aja ya versi lain dari 'Romeo & Juliet'. Dan by the way, sutradaranya juga yang nulis naskah buat 'Step Up'.

BoA di sini berperan sebagai Aya, seorang anak Korea yang besar di Jepang dan tinggal di Amerika. Seru ya. Jadi bisa banyak bahasa gitu. Dan kenyataannya di sini BoA ngomong dalam tiga bahasa hahaha Korea, Jepang, Inggris. Empat sih. Sama bahasa tubuh. Nah si Aya ini punya kakak cowok, namanya Kaz (Will Yun Lee) yang punya bisnis kelab malam sama temennya, Nick (Wesley Jonathan).

Yang namanya bisnis, tentu nggak selalu berjalan lancar. Namanya juga hidup kan. Kadang di atas kadang di bawah. Nick dan Kaz pada akhirnya berkonflik soal ide dan konsep kelab yang akan mereka dirikan sampai akhirnya mereka musuhan terus bikin kelab masing-masing.

Nick ini ternyata punya adik seorang dancer jalanan yang sempat masuk penjara namanya Donny (Derek Hough). Someday Donny butuh banget pegangan hidup karena dia nggak mungkin menggantungkan diri luntang-lantung joget di jalan dan mengharap belas kasih dari orang. Akhirnya Donny nyamperin kakaknya buat istilahnya minta kerjaan lah gitu.

Tapi sayangnya si kakaknya ini nggak terlalu menganggap bakat dance si Donny. Padahal di awal kita sudah disuguhkan dengan kemampuan tap dance-nya dia dan gue sempat salah kaprah ini sebenarnya gue lagi nonton 'Make Your Move' atau nonton 'Happy Feet'.

Karena Nick dan Kaz (kakaknya Aya) musuhan, otomatis Nick juga benci banget sama Aya. Aya sendiri punya sebuah grup yang dikasi nama Cobu. Grup ini semacem kolaborasi dari penampilan dance dan juga main alat musik pukul gitu. Jadi ngedance sekaligus mukul-mukul bedug.
*

*
Sayang sekali Aya nggak punya tempat latihan dan harus secara ilegal menggunakan lokasi milik Nick buat latihan yang akhirnya berujung konflik. Karena konflik ini, semua alat musik yang digunakan Cobu buat latihan disita deh sama si Nick.

Nah pertemuan Aya dan Donny terjadi malam hari di kelab punya Nick. Jadi kan si Aya niatnya mau ngacauin tempat itu dengan tiba-tiba tampil menari. Eh ternyata malah bikin heboh orang-orang karena penampilan dia. Termasuk si Donny ini merasa terpanggil buat nge-dance bareng.
*
*
Iya kayak FTV banget deh pokoknya.

Mereka akhirnya kenalan, jatuh cinta, dan tukeran nomor hape.
*
*
Bisa tebak kan bagaimana kelanjutan ceritanya? Hubungan keduanya nggak direstui sama kakak masing-masing, kelab Nick dan Kaz saling tusuk satu sama lain, konflik antara Nick dan Donny karena Aya, konflik Aya dan Kaz karena Donny.

Tapi seperti halnya film-film Amerika lainnya, iya, film ini juga berakhir dengan bahagia.

Waktu nonton akting 'BoA' di drama 'Athena' walaupun cuma dua episode, gue nggak terlalu menangkap adanya kecanggungan disitu. Mungkin karena drama Korea, ngomongnya pake Bahasa Korea, dan BoA berperan sebagai BoA, bukan sebagai orang lain. Jadi terasa sangat natural.

Sementara di 'Make Your Move' ini, entah kenapa gue ngerasa BoA aktingnya jadi kaku. Jadi agak aneh. Apa mungkin karena dia harus ngomong pake Bahasa Inggris? Jujur aja sih buat gue setiap dialog yang diucapkan BoA jadi terdengar sangat awkward. Dia memang jago Bahasa Inggris, iyalah, lama di Amrik gitu, tapi justru karena lama di Amrik kenapa malah kesannya kaku ya?

Selain itu, ekspresinya setiap kali berdialog juga masih keliatan.... gue lagi nyari kata lain kaku tapi gue nggak nemu jadi yaudah gue pake lagi... setiap kali berdialog, BoA masih flat mukanya (nah itu nemu). 

Terkesan datar.

Pernah nggak sih kalian kalo nonton drama orang yang kalian suka banget nih, yang kalian ngefans banget, dan pas nonton setiap kali ada adegan kalian malah deg-degan. Bukan karena adegannya NC 1 juta, tapi deg-degan justru karena "Aduh ini next scene-nya bakalan lebih baik nggak ya aktingnya atau sama aja?" jadi yang khawatir gitu. Takut kalo-kalo aktingnya malah jelek?

Nggak pernah ya?

Gue selalu ngerasa gitu kalo nonton drama atau film yang pemeran utamanya orang yang gue suka. Selalu ada perasaan kayak malu sendiri kalo mereka aktingnya terasa kurang nendang. Sebut aja waktu nonton 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck', gue kan ngefans banget nih sama Pevita Pearce, tapi pas disitu..... cantik sih..... tapi..... setiap dialog terasa akward dan kaku. Jadi malu sendiri.

Padahal orang-orang biasa aja ya.

Cuma, karena disini BoA berperan sebagai dancer, lo bisa sangat menikmati setiap gerakan menarinya dia. SERIUS YANG BENER-BENER AKAN SANGAT MENIKMATI SETIAP DANCE-NYA DIA. Walaupun aktingnya mungkin nggak terlalu bagus, tapi ketika dia dance bareng sama Derek, itu serius deh terkampret Januari 2014 banget pokoknya.
*

*
Mereka berdua nggak butuh banyak-banyak dialog tapi cukup nge-dance bareng dan itu udah menjelaskan banyak hal kalau dua-duanya jatuh cinta. Nggak heran kalau misalnya BoA ini bener-bener dibilang Queen di SM karena emang ya dia sebagus itu kalo nge-dance.

Gimana sih kalo lo tiba-tiba nemu belatung terus geliat-geliat. Nggak bertulang. Ya itu kayak gitu BoA. Jadi kayak belatung tanpa tulang. Dance-nya sebagus itu.

Chemistry BoA sama Derek juga lumayan oke menurut gue. Adegan paling favorit? Of course, ketika keduanya tidur bersama. Dan adegan itu diawali dengan menari bersama mulai dari berbaju lengkap sampai satu persatu baju mereka dicopot.

Tapi jangan membayangkan BoA tiba-tiba bakalan topless atau semacamnya. Nggak lah. Yang topless cuma si cowoknya doang. Tapi di adegan itu dua-duanya menari dengan sangat baik dan menceritakan perasaan satu sama lain lewat gerakan mereka. Lovely!
*

*
'Make Your Move' ini dirilis dalam versi 3D by the way. Jadi.... hahahaha gue agak ngakak aja pas ada adegan konfeti jatuh dari langit. Tipikal banget MV-nya SM Entertainment. Nggak cuma konfeti kertas doang, tapi tiba-tiba juga ada kelopak bunga mawar jatuh dari langit.

Iya persis sama kayak MV 3D-nya 'Tell Me Your Wish' sama 'Hurricane Venus'. Kayak nggak ada efek 3D lain gitu yang bisa dikasi di film? Kenapa SM selalu begini deh...
*


*
Yang lebih awkward lagi sih sebenernya ketika tiba-tiba di tengah-tengah cerita ada Yunho nge-dance di atas panggung sebagai bintang tamu. Jadi kayak pas nonton 'To The Beautiful You' terus EXO-K perform di acara perayaan sekolah 'Genie High School'. Walaupun Yunho dance-nya sangat keren, tapi adegan itu jadi bikin naik alis sebelah lengkap dengan baksound suara jangkrik.

Yang lain lagi? Masih ada lagu 'Trap'-nya Henry yang versi Inggris tiba-tiba keputer di kelab malam. Ya gimana dong. Lagu galau.... buat dugem.... Walaupun pada kenyataannya banyak juga lagu dangdut galau dibuat koplo, tapi 'Trap' ini membuatnya terkesan..... ya jadi kayak koplo juga....

Ya tapi sekali lagi ini SM. Pasti bakalan ada aja artis-artisnya yang terlibat dalam produksi filmnya. Nggak masalah sih. Sekalian bikin heboh juga kan nggak ada salahnya.

Walaupun gue pas nonton film ini nggak ngantuk sama sekali secara anehnya. Tapi 'Make Your Move' menurut gue nggak terlalu bagus sih. Tapi buat yang suka banget sama BoA (kayak gue) tentu saja nggak ada salahnya menonton dan bisa dibilang wajib karena ini debut layar lebarnya dia di Hollywood.

Hanya saja, ini bukan tipe film yang bikin lo keinget terus sampe nggak bisa tidur sampe yang dialognya kebayang-bayang. 'Make Your Move' ini layaknya film yang secara nggak sengaja lo tonton ketika lo nyalain TV terus, "Wah ada BoA! Nonton ah!"

Ya yang kayak gitu.

Dan~~~~

Waktu liat opening creditnya, terus liat logo SM... feel so proud. Deg-degan di awal. Bahkan gue bukan siapa-siapanya SM. HAHAHAHAHA #BIASED
*
*
Buat yang penasaran sama filmnya, silahkan download, atau nonton dulu trailernya deh. Soalnya gue penasaran karena trailernya bagus juga dulunya....
*
*
Buat yang pengen dengerin OST yang ada Kris sama Jessica, silahkan ini YouTube-nya ada.
*

*

Ini performance Yunho di salah satu adegan di film ini juga ada di YouTube hahahha
*

*

Share:

8 komentar