Oh... Jadi Begini SM Global Audition....? [PART 1]

*
Karena ini adalah pertama kalinya SM Entertainment menggelar Global Audition di Jakarta, banyak orang pasti bertanya-tanya. Kayak apa sih audisinya? Yang dicari yang kayak gimana sih? Yang cantik aja? Yang ganteng aja? Yang mukanya oriental aja? Yang pribumi dilirik gak? Kayak gimana sih audisinya?

Gue adalah salah satu orang yang dikepalanya penuh dengan pertanyaan semacam itu. Rasa penasaran gue begitu sangat membuncah kayak orang kalo lagi kebelet buang air besar pas lagi diare. Gue sempat kepo beberapa blog orang dari luar negeri dan baca-baca sampai akhirnya gue sendiri bikin postingan soal pertanyaan-pertanyaan awam soal Global Audition.

Cuma ya, kalo cuma baca doang pasti rasanya beda sama mengalaminya langsung. Untuk itulah gue akhirnya mengirim formulir dan berdoa supaya bisa jadi salah satu peserta audisi. Eh ternyata dapet (walaupun in the end gak guna!) dan yah, begitulah sampai akhirnya datang hari audisi pertama yaitu tanggal 21 Februari 2014.
*
Audisi gue sendiri sebenarnya 22 Februari. Tapi 21 itu gue harus dateng ke TKP buat liputan. Ya sekaligus mengobati rasa penasaran gue yang pake banget, kayak gimana sih audisinya? Gue pun berangkat nggak pagi-pagi banget tapi justru malah agak siangan. Gue sampai di Hotel Manhattan sekitar jam 10:45-an lah.

"Kok kayak nggak ada apa-apa ya?" pikir gue waktu sampai di depan hotel. Gue pikir audisi ini bakalan yang heboh banget kayak audisi Indonesian Idol gitu. Pake umbul-umbul atau paling nggak banner kek apa. Biar ada dikit kesan audisi-nya. Biar heboh gitu.

Ya tapi mungkin karena konsepnya emang private audition kali ya (PRET!). Jadi bener-bener tertutup. Well, paling nggak, tidak ada keributan lah. Soalnya kalo ada banner atau standee gitu kan pasti orang-orang (termasuk gue pastinya) rempong ngalay foto bareng standee.

Karena emang itu hari Jumat dan mepet banget sama solat Jumat, gue jadi harus buru-buru. Berita pertama gue selesaikan di busway dan berita kedua tentu saja setelah gue sampai di lokasi. Biasanya laporan dulu dikit kondisi lingkungan kayak gimana.

Tips kalo masuk hotel mewah sebagai orang awam adalah CUEKIN SATPAMNYA DAN BERLAKU KASUAL. Soalnya waktu itu di Hotel Mulia, yang pas SMTOWN, gue bener-bener keliatan sebagai anak kampung banget. Cengok dan akhirnya ke-gap satpam dan gak boleh masuk. Walaupun akhirnya bisa masuk juga sih. (TERUS TERIAKIN BAEKHYUNAAAAAAAAAAA DIA TAKUT).

Hari itu gue yang bener-bener kayak minum Felix Felicis (kecuali bagian efek lucky-nya). Jalan aja nggak pake peduli siapa-siapa. Di setiap hotel, kalo ada acara pasti akan ada tulisan petunjuk sebuah event, kalo nggak di deket resepsionis, di samping lift deh. Ya gue pun terbantu dengan itu dan langsung meluncur ke lantai 5.

Awalnya gue pikir di lantai 5 tempat dilakukannya semua kegiatan audisi. Tapi ternyata nggak. Lantai 5 adalah ruang tunggu para peserta audisi. Pas gue dateng waktu itu, antrian registrasi udah mengular. Gue sendiri ragu apakah gue akan langsung nembak staf buat tanya-tanya atau sok-sok ikut audisi aja ya?
*
*
Staf-nya sih pasti nggak bakalan mau ditanya-tanya sama orang random macem gue soalnya mereka kan lagi sibuk. Akhirnya yaudah, gue yang sebenarnya nggak ada jadwal audisi hari itu (takut bakalan ketahuan sih sebenarnya), ikut aja antri ambil formulir registrasi.

Awalnya gue pikir bakalan dicek yang bener-bener. Bakalan ketat banget peraturannya. Bakalan yang PAKE HURUF BESAR TERUS BOLD kayak yang di email. Soal apa? Ya soal apakah lo udah dapet email konfirmasi audisi atau belom.

Tapi buktinya apa? NGGAK DITANYA SAMA SEKALI.

Lah kan gue bingung. Lantas untuk apa selama ini gue heboh dapet email audisi kalo misalnya itu nggak digunakan saat registrasi? Maksud gue.... kalau sistem registrasinya seperti itu ya, lo antri, terus dikasi form, terus lo masuk ke ruang tunggu, ya siapa aja boleh masuk. Perkara lo dapet email audisi di hari dan jam itu atau nggak kan?

Bener-bener siapa aja. Contoh nyata? GUE.

Gue seharusnya audisi tanggal 22 Februari jam 5 sore, tapi gue ikut aja antri sama semua yang audisi hari itu jam 11 siang. Nggak dipermasalahkan tuh. Diperbolehkan aja masuk. Yaudah akhirnya gue masuk ke ruang tunggu.
*
*
Ruang tunggunya ya semacem ruang seminar ala hotel gitu lah. Diputerin lah MV-MV artis SM sama video perkenalan perusahaan SM sama produk-produk mereka. Anehnya, yang dateng hari itu nggak banyak yang heboh pas ngeliat MV EXO. Kenapa ya? Apa pada tegang semua? Biasanya di gathering.............

Di sekeliling dinding ruangan juga ditempeli poster official artis SM-nya. Tapi tempat audisinya nggak disitu. Karena disitu cuma tempat nunggu, ngisi formulir dan nanti akan digiring lagi ke ruang audisi.

Gue megang formulirnya tapi gue nggak mau isi karena niatan gue emang nggak dateng audisi hari itu. Gue sama sekali nggak ada persiapan. Tapi yang gue sesalkan adalah kenapa nggak seketat itu peraturannya? Padahal lo tau sendiri kan di email dan website ditulis, "HANYA YANG DAPAT EMAIL JADWAL YANG BISA IKUT AUDISI LAPANGAN". Tapi apa artinya lo dapet email audisi lapangan cuma nggak ditanyain di lapangan apakah lo dapet atau nggak?

Ya berarti kalo ada yang nekat nggak pernah daftar berkas, dateng dan ikut audisi, bisa aja dong? JELAS. Orang nggak dicek sama sekali. Sekarang, kalo lo pengen ikut audisi dan lo baca tulisan gue ini, lo dateng deh besok atau Senin. Kali-kali aja lo beruntung.

Awalnya gue pikir, kita yang udah dapet email konfirmasi itu bakalan di print datanya kemudian di hari H kita audisi berdasarkan berkas itu. Tapi kenyataannya nggak kayak gitu. Semua berasa ulang lagi dari 0. Berasa kayak nggak ada apa-apa. Kayak yang perjuangan ngirim form itu semacem sampah aja gitu.

Jadi ya emang bener-bener yang lo kalopun nggak ngirim berkas sama sekali, mereka nggak akan tahu.

Kesel gak?

Iyalah kesel. Buat apa coba heboh-heboh dari awal masalah pengiriman berkas kalo pada akhirnya juga nggak berguna.

Yang kedua, jam audisinya juga ternyata nggak fix dan bebas. Kesel gak? Ini udah pertanyaan yang keberapa? Hahaha Kalo gue iya kesel. Kenapa? Soalnya di emailnya, SM-nya nyolot banget. JANGAN TELAT. KALO TELAT NOMOR AUDISI LO DIAMBIL ORANG. Taunya? Yang telat biasa-biasa aja tuh.
*
*
Hari itu Ajie (@AjieKurnia), member Anonymous (BIAS GUE AAAAAAAK---ehem), audisi kan. Nah, dia itu dapet jadwal audisi kalo gue nggak salah ya, jam 2 siang. Oke, dia udah yang buru-buru banget nih dateng dari kantor ijin demi ikut audisi. Sempat nelpon gue juga kan suaranya agak panik soalnya emang takut telat.

"Udah lo santai aja nggak usah buru-buru. Soalnya kayaknya jamnya fleksibel," gue bilang ke dia.

Gue ngomong gitu beralasan. Soalnya, setelah solat Jumat gue wawancara beberapa orang yang udah audisi. Pertama, salah satu di antara mereka bilang kalo seharusnya mereka audisi jam 3, tapi malah dapet yang sekitar jam 12 dan boleh ikut audisi.

Kedua, ini lebih parah, seharusnya di email dan berkas pendaftaran mereka ikut audisi MC, tapi ketika di ruang audisi mereka malah nyanyi. Kenapa parah? Coba lo baca lagi website-nya: CUMA BOLEH PILIH SATU JALUR AUDISI DI SATU PERIODE.

Ya emang sih dia ikut cuma satu, nyanyi, tapi ujung-ujungnya kan SM-nya jadi nggak konsisten. Karena di pendaftaran dia milihnya MC kok bisa audisi nyanyi gitu.... Bukan mempermasalahkan kreativitas pesertanya. Tapi mempermasalahkan kenapa nggak istikomah SM-nya.

Ketiga, audisinya cepet banget! Menurut keterangan si orang-orang ini, satu orang nyanyi bisa cuma tiga puluh detik doang. Terus ada juga yang nggak sampai selesai nyanyinya, abis itu di cut, disuruh ganti ke peserta berikutnya.

"Yang dance juga gitu giliran, tapi cuma sebentar banget. Nggak sampe 30 detik," begitu katanya.

Karena beberapa keterangan itu gue langsung menyimpulkan: oke audisi ini aneh. Tapi kalo nggak aneh..... ya bukan SM ya. Yang direkrut aja yang lagi belanja di Mall. Yang lagi ke taman bermain. Yang lagi buang sampah.....

Walaupun gue bilang ke Ajie nggak usah buru-buru datengnya soalnya kayaknya waktunya fleksibel. Nah dia tuh harusnya audisi jam 2 nih di jadwal tapi dia datengnya agak telat sekitar jam 2:10 dan masih boleh. Yaudah, gue akhirnya nemenin dia buat ke lantai lima untuk ambil formulir.

Sampai di lantai lima, "Yang audisi siapa?" tanya si mbak-mbak registrasi.

"Oh ini temen saya," kata gue kan nunjuk Ajie.

"Temennya nunggu di bawah aja ya," katanya lagi. Maksudnya gue disuruh ke bawah.

Oh yaudah, gue langsung tinggalin si Ajie setelah dia masuk ke ruang tunggu. Turunlah gue kan naik lift dari lantai 5 ke lantai dasar lagi. Tapi sesaat itu gue mikir... Kenapa gue harus turun sih kenapa tadi gue nggak bohong aja pura-puranya gue mau audisi?

Akhirnya gue naik lagi. Dengan cuek gue samperin itu si mbak-mbak yang tadi.

"Saya kan audisi nanti sore jam 5," oke gue bohong harusnya besok. "Kalo saya mau ambil formulir sekarang boleh nggak?"

"Oh iya gak apa-apa," dia ngasi gue formulir dengan santai.

WHAT?! JADI SEBEBAS ITUKAH?!

Makin kesel kan? Hahahaha tau gitu ya gue sekalian aja sama Ajie gitu tadi audisi yak. Kalo tahu gitu gue prepare aja dari kemaren buat audisi hari pertama yak. Kan bete.

Akhirnya gue masuk lagi ke ruang tunggu (untuk kedua kalinya hari itu dengan dua formulir yang berbeda). Yaudah gue samperin Ajie yang lagi ngisi formulir kan.

Kenapa gue jadi yang deg-degan ya. Padahal bukan gue yang audisi. Tapi pasti orangnya juga deg-degan banget. Soalnya kalo gue nggak salah inget ya, dari awal masuk hotel kita udah ngomong dengan nada tinggi kayak nyolot padahal nggak. Itu efek deg-degan.

Tapi yaudah, gue sih mikirnya karena dia emang basic-nya dancer ya jadi nggak terlalu masalah-lah buat dia. Udah rajin perform juga. Itu udah salah satu kelebihan yang gue nggak punya. Jam terbang kita beda gitu. Jadi gue kalo deg-degan wajar banget.

Jadi ya gitu, prosesnya setelah isi form, kumpulin, terus dikasi nomor urut kan. Hari pertama itu nomor urutnya gabungan angka sama huruf. Jadi ada yang A-Berapaa B-Berapaa C-Berapaa gitu. Abis itu pada digiring lah ke ruangan audisi. Satu sesi 20 orang, tapi yang berbaris buat audisi 10 dulu, baru nanti 10 lagi.

"Katanya audisinya sepuluh-sepuluh terus sempit-sempitan gitu Jie. Dikasi batas garis gaboleh lewat garis kalo nge-dance," kata gue pas nganterin dia naik lift sebelum ngisi formulir.

Informasi itu gue dapatkan dari pas gue wawancara orang tadi sebelum dia dateng.

"Jurinya ada satu, bukan artis SM, terus nanti kamu nge-dance ke kamera, gitu aja," kata gue juga.

Gue nungguin sampe dia pergi dari ruang tunggu dan naik ke lantai 10 buat audisi. Abis itu gue nyelonong lagi keluar dari ruang tunggu dengan kasual dan menghindar dari mbak-mbak registrasi itu. Semoga dia lupa wajah gue dan besok gue nggak dicurigain.

Dan sebebas itu pun keluar masuk ruangan itu loh yang katanya cuma buat peserta audisi. Gue separo bersyukur karena gue bisa ikut ngintilin si Ajie dan tahu banyak soal proses audisinya, bersyukur juga bisa bikin banyak berita, tapi di saat yang sama gue kesel.

Kemana SM yang kalo konser aja ketat banget pengamanannya kayak celana jins-nya Baekhyun pas jaman MAMA. Bener-bener yang beda banget gitu auranya. Makanya gue jadi yaudah cuek aja. Leluasa aja mondar-mandir sibuk sendiri.

Karena gue belom audisi dan gue masih penasaran sama audisinya, akhirnya gue nungguin Ajie turun dari lokasi audisi. Pengen denger ceritanya dia juga kayak gimana sih. Apakah bener kata orang-orang yang tadi?

"Iya kak itu beneran dempet-dempetan terus jurinya nggak ngeliatin kita sama sekali sampe akhir audisi. Cuma liat tiga detik doang di awal terus nunduk aja nulis, terus pake speaker portable gitu puter musiknya. Trus yaudah gitu kayak males-malesan," katanya.

Okelah. Gue nggak bisa membayangkan gue besok bakalan kayak gimana.

Pertama gue belom punya konsep. Udah punya tapi masih ragu. Kedua gue juga lagi agak sakit jadi males ngapa-ngapain gitu buat prepare. Tapi balik lagi ke niat awal ya, cuma karena pengen tahu proses audisinya, yaudah nggak usah dipikirin deh.

Lalu............... esoknya..................


Share:

34 komentar

  1. the first comment : kayaknya nambah2in gawean --"

    ReplyDelete
  2. terus pengumuman lolos atau enggaknya langsung diumumin? apa gimana kak??

    ReplyDelete
  3. Kak... Nanggung banget ini!!!! Esoknya apa kak!!!!!!

    ReplyDelete
  4. Akhirnya yg ditunggu dateng juga. Tengss banget ka reviewnya, tapi pas tau kayak gini jadi gimana gitu._. Mungkin selain skill , poin lebihnya wajah wajah sejenis Daesung lebih dipertimbangkan ketimbang wjah melayu hha .next ditunggu part part selanjutnya lagi ka, xoxo

    ReplyDelete
  5. mungkin SM kayak gitu buat nguji niy orang niat ga audisinya.

    kan soalnya rata2 kalo udah tau agak ehem bebas gitu kadang suka nyepelein, nah kali itu SM pengen liat profesional ga gitu, di segala sikon, apakah tetep niat atau udah ogah2an kkk

    #positifthink

    :P

    ReplyDelete
  6. Diliat tiga detik : jangan2 nyanyi bagus tapi wajah kaya sule. Pikir2 lagi jurinya -_-

    ReplyDelete
  7. Biasalah SM. Ini pendapatku sendiri SM Global Audition in sebenarnya sih niatnya cuman buat ngelebarin sayapnya SM doang (buat naikin popularitas gitu) dr awal SM sih ga gitu2 amet mau nyari trainee baru yah kalo misal yg dpt kayak Henry Amber Kris gitu saya gak tau yah. Karna itu peraturannya pada gini gini nih, lari jauh dr expectation. Tp yah liat ajalah gimana kdepannya nanti, apa bener bakalan ada trainee dr indonesia kita liat aj.

    ReplyDelete
  8. SM kok semacam bikin kesel orang gini ya-_- kaya gak niat banget ngadain audisi.. kaka aja yg 2x ambil form gak dicurigain sama si mbak2nya ckckck coba aja SMTOWN concert kaya audisi ini haha banyak yg dateng pastixD btw, goodluck kaakk!! lolos pasti lolos! kaka kan gudang keajaiban (?) /APA

    ReplyDelete
  9. Kalau tntng kirim email c aku mikir nya karna SM mau memperhitungkan jumlah peserta yang dateng , mka na yg dr awal 1hri bsa nambah 3hri lg , kan di lihat dr bnyknya yg kirim email ..kalau jam kyk na juga supaya kita gk ngantri panjang" kyk lg nntn konser or gk semua peserta dtng pagi"an , n ngantri lama" ..

    ReplyDelete
  10. mungkin jurinya udah pengalaman banget ka, jadi walau hanya 3 detik dia bisa liat ni orang pantas atau nggak jadi trainee,,, katanya kan juri nya bisa liat talent kita bahkan tanpa kita ngelakuin apa2 #katanyasih #sotoy juri atau cenayang? yaudahlah... Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada direkam, mungkin nanti mereka liat di rekamanny

      Delete
    2. tapi nih ya, klo yg kya chingu bilang mereka bakal liat rekaman, ko berasa kya buang2 wktu aja gitu, scra yg audisi kan banyak, mereka pasti bakal ribet klo nanti harus liat one by one lagi video audisinya. Lagian klo gitu caranya sih mending audisi online aja kaya Day 4. Jdi tinggal liatin videonya, dan gk perlu cape2 ngadain audisi lapangan segala

      Delete
  11. Asem nih, malah bersambung.....macem sinetron aje :v

    ReplyDelete
  12. jadi bayangin ni kak, kalau aja al ghazali ikut audisi pasti langsung lolos jadi trainee .. :D wkkwkk

    ReplyDelete
  13. Tbh i already have had a feeling like, "Ni audisi kayaknya gak bakal se 'wow' yg kalian bayangkan"
    Dan sebenernya, dari awal aja, dari waktu tau SM mau nyelenggarain audisi di indo, gue rada kaget dan ehm....meragukkan hal itu. Entahlah, dri awal uda punya feeling gak enak aja.

    Dan entah drmn ini datengnya, gue trus2an punya feeling 'gue males ikutan' (altho some of my friends always asked like, 'lo gak ikut?' 'Ih kok gak ikut?' 'Eh? Gue kira lo bakal ikut?' etc), padahal pengen sumpah. Ampe uda bayangin gue mau nampilin apa kalo ikutan. Tapi yah, rasa ogah, gak yakin, ragu, dll itu selalu ada. Bukan gak yakin & ragu sama diri gue, tapi gak yakin & ragu sama audisinya, hahaha :v

    Trus gue sependapat sama si anon who commented at February 22, 2014 at 10:37 PM. Pokoknya isi komen dia = isi pikiran gue (banget).

    Hahaha, gue kebanyakan su udzon ya, ye? Hehe maap ye, bang :P
    Tapi yah, whatever it is, semangat, deh buat audisinya. Semoga aja pas hari elo audisi lebih 'bener' ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi. Wow ga nyangka banget pikiran kita bisa sama. Yah gitu, inikan feeling saya doang sih sebenernya. Karna, ya liat sendirikan selalunya si SM tu bikin audisinya di Korea,China,Japan,USA and Thai (yg dimana ada kantor officialnya) kan kalo di INA tu kayak random banget ya. Tp ga tau jugakan apa sih jln pikirannya si SM, yah liat aj kedepannya gimana.

      Delete
  14. pernah dengar cerita yuri snsd gak bang? dia kan dulu cuman nemenin temennya audisi, eh dianya malah iseng-iseng nyoba dan akhirnya lolos tapi sayangnya temennya gak lolos :))

    ReplyDelete
  15. kak, beneran sbebas gitu, berarti kalo kita dapet hari jumat dateng hari sabtu gapa gitu??

    ReplyDelete
  16. kaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak ceritanya harus dilanjut pokonya harrrussss!

    ReplyDelete
  17. Love your blog, love the way you wrote it. Keep it up, sincerely your newbie fans 'maybe' from Malaysia :)

    ReplyDelete
  18. Kak kok aku sangsi yah ga cuman yang chinese aja yang diambil, tapi kalo menurut mereka bagus banget ya diambil. Abisnya kemarin pas nunggu giliran audisi di luar hotel, ada gitu staffnya 2 orang cowok. Yang satu kurus, yang satu gendut kacamataan kayak berebut gitu mau kenalan atau minta PIN BB dari mbak mbak peserta. Iya aku liat sendiri. Menurutku mbaknya muka pribumi gitu, semacam Sherina atau Dian Sastro yang punya cantik khas Indonesia. Badannya bagus sih, bak model cuman ga terlalu tinggi. Kulitnya sawo matang tapi dua staff itu kayak ngebet banget mau kenalan. Who knows ya? Entah dua staff itu mau modus apa dia bakal kepilih

    ReplyDelete
  19. annyeong, salam kenal kak^^
    aku mulai buka web akka smnjak ada audisi global SM di Indonesia aja. hehe abis baca ceritanya lucu sih kekeke...

    dari yg apa kaka ceritain itu emang bener bngt ka.. bukan hanya di indo aja deh yg kek gitu. udh ngirim form lewat email, smpe sana ngisi lagi. soalnya temen aku yang di LA, dia ikut thun kemaren jug sama kek gitu. sempet bte juga sih, tapi karna aku jga pengen nyobain audisi rasa Sm, yaudhlah aku ikutan hehe. sumpah jurinya itu cuek bgt.. mungkin mnurut aku yang bener2 menarik buat dia bkal dia pantengin terus bahkan mungkin lebih lama nyanyinya si itu peserta. sisanya ? yaudh dicuekin deh.haha karna emang niat dari awal cuma pengen ngeliat staff sm+ ngerasain rasa audsi SM, yah jadi santai aja. bhkn persiapan jg ngga ada. eh taunya, diruangan berasa kayak 10 detik doang haha.. SM emang aneh

    ReplyDelete
  20. Bener ..Audisi Dance itu kan 10 orang, di kasih Garis. kita ngedance itu di rekam, bnr SM akan mlihat dance kita lwt Video rekaman, seperti taemin saat Audis, pada saat lolos dan Trainee, kita akan dance individu. soal masalah milih MC jadi nyanyi, SM memang sengaja Menguji Talenta kita semua, kita cocok di bagian mana, Dance kah, Nyanyi kah, MC, kah. dan soal jam flexible. itu agar kita bisa antri lebih dulu dan gk nunggu lama2. soalnnya yang audisi kan banyak. Soal pengamanan gk ketat, karna AUDISI di indonesia lebih dari 20.000 orang, kan susah pihak panitia neliti kita semua. SM memang dari awal Audisi udah gtu sejak Super Junior - EXO. tetapi SM gk milih Tampan atau enggak. SM memilih dari Talenta dan PD nggk nnya kita.

    Maaf agak SOTOY tpi dari video2 SM audisi memaang gitu.

    ReplyDelete
  21. maaf, tapi temenku wktu itu setelah nyanyi yg jangka waktunya pendek disuruh nyanyi lg. trs dia disuruh nunggu, trs di tes dan di interview lg sama crewnya sampai sore. kalau begitu artinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vebrina : .. Actually this is not just for vebrina , but i'll mention it to all of u guys .Yang seperti itu namanya disaring lagi , itu belum tentu lolos kok hehhe ada yang bahkan besoknya dsuruh datang lagi dan lagi hehehe kebetulan aku juga kesaring kemarin dari jam 11 sampai jam 4 sore baru pulang hehehe disana nnti kita disuru bernyanyi lagi , dance ,dan foto tampak depan tampak samping close up dll nah nnti disana kita dipertemukan sama org2 yg kesaring dari ruangan lain... Aku kebetulan chinese dan aku disana chinese sendiri loh SM itu ga liat tampang... Buktinya nih ya disana tuh ad orang ambon/papua gitu suaranya gilaaaaaaaa bagus banget merinding dengernya hehehe dia juga kesaring... nah temen2 disana pribumi kok hehehe ada juga cewe korea 2 orang hehehe...Denger2 yang lolos juga cewe pribumi hehehe yang dinilai sm itu adalah talenta dan kepintaran kalian pastinya , so , dripada kita menduga yang tidak2 lebih baik kita berusaha dan mencoba lagi lagi dan lagi.. perbanyak dan perkaya kemampuan bahasa sepertinya bisa memikat hati judge nya hehehee dan diimbangi dengan talenta juga hehehe.. So this is our time to practice yaaaa hehehe.. Inget nih study case ya , u know dong regina indonesian idol.. sampai 7x ia mencoba the finalnya apacoba? She did it ! dia menang... kita harus bisa contoh juga dong.. jangan menyerah yaa.. soal waktu dll kenapa ga dicatet? ya 20.000 peserta dan sm pasti berfikir ga semuanya serius audisi , pasti banyak yg cuma dtg berharap liat artis korea disana ya ga? hehehee trus itu juga brti sm kasih kepercayaan ke indo kalo kita jujur.. makanya mereka smpet kecewa kan sama kita kita garagara banyak yg nyelundup katanya.. hayooo kita harus perbaiki nih hehehe.. kalo masalah ambil mc trus disuru nynyi berarti sm mengharapkan bahwa kalian pasti memiliki talenta dibidang lain yang jauuuuh lebih baik... dia cuma mau mencocokan aja kok sama talent kita yang terpedam *wuih hehehe .. Kalo audisi cepet .. ya kita pikir dong yg audisi 20.000 kalo indonesian idol kan semua dri indo tempat dll semua ada kalo ini kan? mereka hrus balik lgi ke korea ,report lg ke atasannya trus audisiin yg di negara lain lagi prepare lagi.. kalo kaya gini mau sampe kapan kelarnya booo?? wkwk kalo indonesian idol kan di indo doang.. SM global boo mndunia hahaha ibaratnya seperti itu.. Ada juga loh kmrn sempet chinese cakep suara lumayan bagus ditahan juri , disuru dance gamau alesan gabisa kan dilihat tuh ada niat ato ga ? kalo meski gabisa iyain aja dance aja biar seenggaknya mereka lihat kemauan dan perjuangan kita .. hehehe Fighting chinguuuu!! oiya sampe lupa.. kalo konser dll kalo ga ketat kesian penyanyinya...kan mereka hrus bayar jd harus ketat ... kalo audisi kan ga perlu ada bayar dll hhehehe intinya gitu hehehe... apapun yang kita lakukan , positive thinkng aja karna kalo neg-thinkg mulu nnti apa apa jadi salah terus pastinya..

      Delete
  22. kamu umur brp? kamu milih bagian apa waktu audisi? karena kamu sudah termasuk yg disaring jd gue pengen nanya.... ya gue akuilah waktu audisi sy bener2 kgk apal sama lagu yg gue bawain dan kgk tau deh liat kamera apa kgk karena saking lupa lirik. waktu itu gue ikutan itu juga iseng2 pen tau keadaan tp gue skrg mlh nyesel ama perbuatan gue yg sekedar iseng2 itu. gue mlh pengen nunjukin apa yg gue bisa.. jd yg pengen gue tanya lagi, sebaiknya saat audisi kita harus gmn.. pas gue itu gue yg pertama di 10 org dan gue gugup entah knp pdhl awalnya gue nggak nganggep audisi ini scr serius. gue selesai nyanyi blm mereka stop sih/? gue kagak tau mereka nggak ngestop apa karena ngeliat muka gue yg liat lantai apa gmn

    ReplyDelete
  23. ada yang pake krudung gak?

    ReplyDelete
  24. Halo saya haura... Saya ini bukan wanita yang punya paras cantik dan bersuara emas. Saya hanya bisa menyanyi saja.... Bagaimana ya prosedurnya ? Umumnya berapa menit nyanyinya ?

    ReplyDelete
  25. aku ambil nyanyi chingu..mungkin mereka tertarik dengan suara chingu atau menemukan sesuatu ketika chingu bernyanyi. jurinya sama gua baik kok chingu aku baru baca blog mu lagi nih hehee..tapi aku ga degdegan sih chingu karna audisinya kan ga harus full song dengan ditonton banyak org dan ga dengan soundsystem yg bikin ragu itu bagus ato ga , berhubung audisinya gapake soundsys aku ga degdegan chingu karna udah biasa fighting

    ReplyDelete
  26. Lolos gelombang 1 masuk gelombang 2 , kalau disuruh datang sampai besok dan besoknya brti lolos gelombng 3

    ReplyDelete
  27. blog gua yg mana? perasaan gua nggak nyantumin blog gua/? ahh ini mah blognya ka ronzzykevin, gua cuma komenter haha. oh jd kuncinya nggak gugup ya? ok dah. Wah kayaknya suara lo bagus nih sampe masuk babak selanjutnya.

    ReplyDelete