EXO: 'Overdose' Video Teaser Review Saya! #EXOVERDOSE

*
Oh ya, yang dinanti-nantikan akhirnya datang juga. Sudah lama menanti? Nggak juga. Sebenarnya kali ini comeback EXO cukup cepet progress-nya. Nggak sampe yang PHP-PHP banget lah kalo soal perilisan. Kalo soal bagus atau nggak-nya bisa jadi hahaha
*
Oke, jadi Kamis, 10/4/2014 gue emang sempat nge-tweet kalau besok (Jumat, 11/4/2014) akan ada teaser yang dirilis. Sebenarnya itu gue sih asal aja, nggak tahu apa-apa juga dan emang sekedar nge-tweet. Ya lo tahulah gue kan suka bacot. Eh tapi beneran dirilis Jumat.
*

*
Walaupun gue prediksi bakalan dirilis jam 8 pagi karena biasanya foto kan rilisnya jam 8 pagi, tapi ternyata katanya 'Afternoon'. Dan 'Afternoon' yang dimaksud SM biasanya sore-sore jelang maghrib. Belajar dari 'Wolf', hampir semua teaser video dirilis sore-sore jelang maghrib.

Berasa nungguin adzan. Padahal yang ditunggu sekte setan. Okelah nggak apa-apa. Asalkan nggak lupa ibadah aja.

Kamis kemaren video dance practice dan lagu 'Overdose' juga sempat bocor. Buat yang belom liat, silahkan download disini (maap saya apus saya takut dipenjarakan SM). Thank you for the hacker, leaker, siapapun yang ngebocorin dance practice dan lagu itu *uhuk* *padahal SM sendiri* *uhuk*. GUE JADI SUKA BANGET LAGUNYA!

Beda banget feel-nya sama ketika 'Wolf' bocor tahun lalu. Inget kan, versi demo 'Wolf' sudah bocor sejak Februari dan itu beneran KRIK KRIK BANGET lagunya terkesan kayak yang nggak niat banget gitu. Terlebih ada bagian yang teriaknya nanggung. Hahaha

Mungkin karena emang 'Wolf' yang bocor demo-nya dulu, kita jadi udah tahu lagunya dan males nungguinnya. Walaupun sih tetep ditungguin dan tetep disukain juga pada akhirnya. Tapi kali ini, feel bocornya bedaaaa banget.

EXO emang nggak pernah identik dengan satu genre lagu KPop. 'MAMA' bisa dibilang lagu yang paling KPop dari semua lagu EXO. Itupun sebenarnya nggak pure KPop karena 'MAMA' juga gabungan dari beberapa genre juga. Gak original lah gitu KPop-nya.

Tapi, ada feel SM Performance yang emang khas banget. Yang terdengar grand dan mewah. Dubstep dan hip hop-nya ketutup sama aura orkestra dari lagu itu yang kental banget dari awal.
*
*
Nah, balik lagi ke kalimat awal, EXO nggak pernah identik dengan satu genre KPop, kali ini lagunya juga nggak KPop sama sekali (menurut gue). Lagu 'Overdose' ini punya feel yang sangat Barat. Waktu pertama denger gue langsung kebayang 'Coke Bottle' sih sebenarnya. Mungkin karena emang belakangan lagi suka lagu itu.

Lagu ini gabungan dari RnB dan hip hop, dan tentu saja SM menyelipkan dubstep yang gue nggak tahu ya kenapa sih SM obsessed banget sama jenis musik itu. Tapi, beruntung, dubstep yang diselipkan di 'Overdose' melebur sama musik lainnya, nggak ujug-ujug nempel di tengah-tengah lagu kayak 'Swing' paling tidak.

Gimana ya gue mendeskripsikan lagunya.... ada sisi gelapnya, ada sisi romantisnya, ada sisi swag-nya juga. Sedikit kurang hook sih kalo menurut gue, nggak kayak 'Wolf' yang banyak bagian di lagunya yang akan bikin kita mudah menebak kalo itu lagu EXO. Bagian 'Ahwoo' itu misalnya.

Maksudnya, ketika mendengarkan lagu ini di awal mungkin kita sedikit akan meraba-raba. Sebenarnya ini EXO bukan? Sebenarnya ini KPop bukan? Kurang ada bagian-bagian yang langsung menempel gitu loh. Oke ini sebenarnya cuma pengulangan dari postingan sebelumnya. Tapi lumayan penting juga.

Misal, anggap aja kita lagi ngedengerin 'Wolf'. Buat gue, lagu itu jadi menarik karena beberapa bagian ini: 'Jogiwa', 'Opsojwo', 'Hey, hwak muro', 'Geurae ulf naega ulf', 'Ahwoo', 'A saranghaeyo', 'nan neukdae go neon minyeo', 'neomu areumdawo areumdawo areumdawo'. Lumayan banyak.

Untuk 'Growl' ambil yang paling keliatan aja 'eureurong'. Sementara untuk 'MAMA' tentu saja bagian 'dioles dioles air di termos air di termos' itu. Yang kemudian disambut dengan musik ala orkestra yang keren banget yang ketika dengerin lagu ini jadi merinding. Entah karena lagunya emang keren atau karena aura pemujaan setannya berasa.

Otentik. Menarik. Bikin tertarik juga pada akhirnya.

Itulah yang gue rasakan dari lagu-lagu lama EXO sampai saat ini.
*
*
'Overdose' ini gimana yaaaa.... Lebih ringan dari 'Wolf' sih sebenarnya. Lagu ini punya daya tarik tersendiri yang menurut gue jadi pas buat EXO. Karena semakin kesini memang EXO harus semakin dewasa dalam bermusik.

HALAH. BAHASANYA.

Gue sebenarnya tipe orang yang lebih suka kalo satu grup, stay di satu genre. Misalnya KARA. Yang bikin gue suka sama KARA adalah musik lagu title track-nya yang selalu konsisten di setiap comeback. Nggak pernah yang tiba-tiba jeblok gitu musiknya. Ada ciri khas KARA yang selalu nempel di title track mereka, dan itu gue suka.

Tapi untuk kasus EXO (dan artis SM pada umumnya setelah era TVXQ masih dengan formasi lengkap), semakin banyak dan beragam genre yang ditampilkan. Mungkin karena memang SM kan banyak bekerja sama dengan komposer internasional yang pada akhirnya, ada banyak genre baru yang mereka dapatkan dari situ diluar genre original SMP mereka.

Ini yang membuat gue jadi sedikit putus asa, berharap EXO akan tetep dengan konsep SMP-nya di awal, tapi nggak bisa. Huuhuhuhuhuuuuu gue selamanya akan suka 'MAMA' karena EXO nggak akan tampil dengan lagu itu dalam waktu dekat. Mungkin tiga atau empat tahun lagi bisa jadi hahahahah kalo belom bubar.

Kalo dikasi nilai:
MAMA: 9,8 untuk orisinalitas. Tadinya mau ngasi 10 tapi nggak ada yang sempurna di dunia ini karena kesempurnaan hanya milik Allah.

Wolf: 8,9 untuk lirik yang racun.

Growl: 8,7 untuk gaya baru, kurang hook di liriknya, original.

Overdose: 8,79 untuk gaya baru, kurang hook di liriknya, tapi musiknya lumayan fresh untuk ukuran EXO, walaupun 'Growl' lebih terkesan original tapi ini UGHHHH gue gak bisa mendeskripsikannya cuma THE UNDERDOGS DID A VERY GREAT JOB WITH THIS SONG.

Huh. Kesel. Bisanya cuma memuji.
*

*
Lagu ini dimulai dengan suara tepokan tangan yang sebenarnya lebih terdengar seperti suara tongkat dipukul ke atas lempengan bambu dan mengingatkan gue sama bakso malang yang sering lewat di depan rumah.

Sampai detik ke 21 itu RnB ya? Terus 21 keatas mulai di belakang ada suara NGUUIIING NGEEEOOTTT NGUIIIINGGG NGEEEOOOOOTTTTT NGUIIINGGGGG kayak suara nyamuk abis minum bir oplosan. Itu hip hop dubstep-nya?

00:33 pas bagian tek-tek-tek-tek-tektek itu semacem ya semua lagu hip hop rata-rata ada bagian kretek-kretek. Coba dengerin 'Girls Girls Girls' juga kan ada bagian itu kretek-kretek juga. Tapi yang bikin gatel adalah liriknya:

Oh she wants me~ oh she’s got me, oh she hurts me

tapi Baekhyun nyanyinya jadi:

Oh she waaaaaazzzs me~ oh she scar me, oh she hurs me

Tapi gue paling suka sih bagian yang di atas itu. Lanjut ke bagian reff, liriknya jadi lebih intens dan iya menjelaskan keseluruhan lagunya:

Someone call the doctor, hold me and tell me
Love is a sickness, an addiction, overdose
It’s harder to control as time goes by
I’m falling deeper into her
Oh too much, it’s you, your love, this is overdose
Too much, it’s you, your love, this is overdose

Prediksi gue soal lagu bermuatan sosial ternyata salah. Lagi-lagi mereka menyanyikan soal cinta ya. Nggak cuma cinta sih ya, disini udah berlebihan cinta sampe overdosis. Iya sih kebanyakan makan 'cheese' dan minum 'wine' di 'Wolf', mabok kan lo, overdosis kan.

Hahaha tapi ya dari 'Wolf' ke 'Overdose' lirik pertamanya selalu ada adegan makan/minum. Mulai dari makan keju, minum wine sampai 'I’m drunk with ecstasy' di 'Overdose'.

Dan penggambaran wanita-nya selalu dengan makanan/minuman. Semacem, "Heeeyy kamu cewek ya heeyy sini aku makan kamu kayak keju mau gak jadi salah satu lapisan sandwich aku sini aku makan heyyyyy,"

Kalo jaman-jaman 'Mr. Simple' mungkin EXO akan diserang dengan tuduhan 'MENGAJAK ORANG MENGGUNAKAN NARKOBA' atau 'EXO MEMBERI INFLUENCE BURUK KARENA MENGAJAK ORANG JADI KANIBAL'. Dan gue akan jadi orang pertama yang tertawa mendengar pernyataan itu.

Tapi perumpamaan mereka menggunakan judul 'Overdose' dan membicarakan soal cinta yang sampai membuat orang 'Overdosis' di lagu ini sih sangat gue puji banget. Karena pada kenyataannya, lirik ini dekat dengan fans.

Siapa di antara kalian yang betah nggak baca timeline sehari aja dan nyari update-an soal EXO?

Ada?

Nggak ada?

Selamat, kalian bagian dari lagu ini. Kalian sudah overdosis karena EXO. Bentar lagi EXO rilis repackaged judulnya 'Sakaw' dan kalian akan jadi bagian dari lagu itu juga. Soalnya dilirik rap-nya udah mengarah ke sakaw nih. Jadi siap-siap aja.

I taste you and drink you
My heart trembles, I keep drinking you in but it’s not enough yet
This thirst sends shivers even to my fingertips, hold onto that moment
Don’t stop going, it’s so good, can’t stop
Hey doctor, it won’t go like this
You and I will become one with the uncontrollable attraction
Without this feeling, it’s like I am dead
The reason I live is because of my addiction to the sweetness that is you
*
Gue favorit banget semua part berbahasa Inggris yang dinyanyikan Kyungsoo. DAN GUE JUGA SENENG BANGET KARENA SUHO DAPET BANYAK PART DI LAGU INI! Ya part nyanyi, ya part dance.

Bener kata Mbak Dea, temen kantor gue, kalo EXO promosi dengan hanya K dan M, member-member yang selama ini hanya berdiri di belakang bayang-bayang Baekhyun, D.O, Chen dan Luhan bakalan lebih menonjol.

Suho banyak nyanyi dan disini baru berasa kalo dia salah satu vokalis-nya EXO. Suaranya emang khas sih krenyes-kentang-renyah, tapi jadi bagus. Entahlah apakah itu efek dari audio processing atau nggak, tapi seharusnya iya hahaha Coba lihat nanti kalo live performance, sebagus itu nggak suaranya.

Anyway, walaupun nggak bagus, tapi gue seneng Suho seolah-olah membuktikan hasil training-nya dia selama 7 tahun. Setidaknya bisa jadi tokoh utama di adegan dance awal lagu ini aja udah keren banget menurut gue. Akan sangat menantikan live performance-nya dengan Suho ada dimana-mana. YAY!

Bagian yang paling gue suka dari lagu 'Overdose' adalah (selain part Suho) part rap-nya Chanyeol+Sehun+Kai (yang entah kenapa terdengar seperti rap di lagu VIXX, lo dengerin awal lagu ini juga kayak intro 'Voodoo Doll'--nggak ini cuma gue kayaknya). Oke, jangan salah paham, bukan bagian lirik rap-nya, tapi gue suka background musiknya.

NAH! ITU YANG MEMBUAT LAGU 'OVERDOSE' INI JADI SEDIKIT LEBIH UNGGUL DARI 'GROWL'. Di belakang lirik rap itu, ada instrumen yang terdengar seperti biola biola gitu yang mengingatkan gue pada 'MAMA'.

AAAAARRRGGGGHHHHHHHHHHH penempatannya juga pas. Gue gak terlalu suka bagian-bagian rap di lagu EXO, tapi dengan adanya suara instrumen itu, jadi MELEDAK! BAGUS BANGET!

Bagaimana dengan teaser videonya?



*
Kalo mau dibandingkan dengan teaser video 'Wolf' mungkin yang ini satu tangga di bawah yah, soalnya 'Wolf' kan ada bagian yang bikin penasaran: drama-nya. Terlebih di teaser itu ada adegan Kai nyium Sohee. BANGKE YANG BAHKAN SAMPE SEKARANG GAK DIRILIS. BETEK. (masih)

Teaser 'Overdose' walaupun satu tangga di bawah 'Wolf', tapi nggak kalah keren. Untuk ukuran teaser loh ya, bukan MV. Karena biasanya teasernya bagus, MV-nya biasa aja. Selama ini nggak ada cerita MV-nya bagus tapi teasernya biasa aja. LOL

Yang namanya MV bagus pasti teaser juga akan bagus (karena kan teaser hanya potongan MV). Tapi kalo teaser bagus, belom tentu MV bagus. *Uhuk* *Mr. Simple* *Uhuk*.

Cuma, positifnya, gue nggak butuh adegan Kai nyium Sohee untuk membuat gue penasaran dengan MV-nya. Karena teaser ini dimulai dengan sebuah adegan yang sudah bikin penasaran banget!
*
*
Ekspresi gue langsung yang 'OH! OH! OH!' Lalu langsung inget sama logo baru-nya EXO yang bikin pusing itu dan, 'AAAHH!!!'

Hahahaha

Adegan awal teaser (yang juga sepertinya akan jadi adegan awal MV) menampilkan Kai dan Luhan (dua orang yang teaser fotonya pertama dirilis) berdiri di depan sebuah tembok supertinggi yang adalah sebuah maze/labirin.

Maze/labirin kan bisa dibilang hal yang bikin bingung, bikin pusing, bikin stres. Apalagi kalau sudah terjebak di dalamnya. Penggambaran ini pas dengan judul lagunya 'Overdose' dimana kondisinya adalah seseorang yang sudah cinta mati sama orang dan nggak bisa hidup tanpa orang itu. Dia jadi stres dan pusing sendiri. Terjebak dalam cinta (yang sebenarnya belum tentu berbalas) (BUAKAKAKKA) (MAMPOS)

Terjebak dalam cinta itu dan susah keluar. Sama seperti terjebak dalam maze/labirin. Yak kurang lebih begitu penggambarannya.

Makanya ada shot dimana para member yang ada di dalem labirin kan pada kebingungan. How to get out from this place? Gimana bisa move on dari cinta keparat menyebalkan ini?
*
*
Di satu scene ada Tao dan Sehun yang seolah melihat bayangannya di dinding yang terlihat seperti kaca atau justru air dengan penuh logo EXO. Kemudian di satu adegan ada Suho dan Xiumin yang memukul dinding kaca--yang gue rasa sih dua adegan itu ada hubungannya.

Kemudian ada lagi D.O yang menemukan sebuah kotak hitam yang sepertinya akan sangat berguna untuk menjadi jalan keluar bagi semuanya dari labirin itu.

Yang gue heran, kenapa orang-orang yang tersesat di labirin ini bajunya pada bagus-bagus banget sih.

Yang gue heran lagi, kenapa lo susah-susah buat keluar dari labirin sementara lo punya kekuatan super.

Bye.













Oh too much, it’s you, your love, this is overdose~ Too much, it’s you, your love, this is overdose~ @/kamu #EA

English translation lyrics from: http://www.kpoplyrics.net/exo-overdose-lyrics-english-romanized.html

Share:

49 komentar