Halo, Red Velvet!

*
(superlong post again)


2014 ini kayaknya SM nggak mau berenti bikin kaki fans melemas. Bayangin aja, dari tanggal 1 Januari sampai ini udah abis Lebaran, dunia persilatan masih aja heboh seakan nggak ada istirahatnya. Hati dan pikiran fans udah lebam-lebam, luka-luka, sobek-sobek. Tapi, nggak ada pun yang mau berhenti dari dunia penuh kebahagiaan namun mematikan ini.

Ya, emang sih ini berlaku buat yang SM Biased doang. Buat orang yang emang suka sama semua artis SM, nggak peduli mau fandomnya apa juga. Gue, biarpun menyatakan diri sebagai EXOLOVE tapi secara umum emang udah SM Biased. Jadi mau gimanapun, kabar seputar anak-anak SM akan mempengaruhi hidup gue sedikit atau banyak. Jadi ya gitu lelahnya dobel.

Kalau dibilang multifandom sebenarnya gue nggak. Gue tetep stick to EXO (dan Super Junior kalo inget). Tapi kalau suka, ya suka sama semuanya. Suka bukan berarti masuk ke fandom. Ya gitu pokoknya.

Belum lagi satu masalah 15 Mei kelar, muncul lagi masalah baru di bulan Juli. Belum lagi masalah yang katanya pacaran sembunyi-sembunyi tapi malah nge-date dengan begonya di open car. Tauklah.... Entah apakah masalah di bulan Mei dan Juli ada kelanjutannya atau enggak, tapi semuanya seakan tertutupi oleh empat potong kue bernama Red Velvet, Taemin dan Henry. Tapi disini kita cuma akan membahas Red Velvet saja.

Debut Red Velvet memang awalnya rada-rada tidak dimulai dengan sebuah start yang nendang. Di tengah masa promosi f(x), manajemen langsung ngumumin debut girlband baru. Nggak lama setelah pengumuman girlband baru (dan anehnya jelang hari debut si girlband baru), SM ngumumin hiatusnya Sulli.

Ya gimana orang-orang nggak pada mikir, "Halo? Ini apakah semuanya berhubungan?"

Nggak bisa dibilang nggak berhubungan. Mereka datang dari manajemen yang sama. Kalau satu artis bikin nama manajemen jadi agak miring, artis lain mau nggak mau harus mau untuk balikin jadi lurus. Bukan nge-judge siapa-siapa, tapi ini cuma contoh.

Tapi mungkin banyak (gak kali ini lo doang Ron) yang mikir, kenapa harus Red Velvet?
 *
*
Apa yang gue tulis di bawah ini hanyalah sekedar sotoy semata. Ini hanya sebatas pemikiran dangkal aja yang tidak berlandaskan apa-apa (halah).

Entah kenapa gue mikir kalau Red Velvet ini semacem grup pelarian. Nggak tahu kenapa ya. Hahaha... maafin banget bukan gue nggak suka, tapi serius, dari pengumuman mau debut girlband sampai akhirnya debut, Red Velvet agak kurang gigit keseruan ketika menanti debutnya.

Bandingin sama EXO yang kita harus ketar-ketir nungguin teaser dulu dari Desember 2011 sampai akhirnya debut di April 2012. Tapi ini? Cuma sekedar foto sama teaser video yang dipotong dari MV doang. MV-nya sih lumayan terlihat lebih 'rame' dari 'Overdose' atau 'Bonamana'. Agak jauh juga dari MV SM yang biasa. Cuma, ya itu, dari foto ke MV kayak terlalu epetttt. Gak berasa.

Walaupun... walaupun beberapa membernya sudah diperkenalkan lewat SM ROOKIES. Debut mereka juga membawa dampak yang besar tentu saja buat image SM ROOKIES karena ternyata SM memang niat ngedebutin mereka, nggak dianggurin dulu sampai artis seniornya udah lelah cari uang atau tidak laku (maaf maaf kata).

Debut Red Velvet jadi sebuah harapan buat anak-anak SM ROOKIES. Mereka pasti debut, kapannya itu nggak tahu. Tapi setelah Red Velvet, grup cowok pasti akan debut juga tahun depan paling cepet. Enggak akan jauh beda sama pas SHINee ke f(x) yang jaraknya cuma setahun.

(Sotoy)

Lanjut ke soal debut Red Velvet yang terkesan melempem dan pelarian....

Red Velvet sendiri kan sebenarnya sudah kebentuk satu setengah tahun yang lalu dengan formasi empat orang member seperti sekarang. Satu setengah tahun bukanlah waktu yang singkat untuk persiapan debut. Terlebih itu belum ditambah masa trainee masing-masing member. Bisa dibilang, semuanya sudah matang dan kalo debut nggak malu-maluin.

Kenapa akhirnya gue menyebut grup ini sebagai grup pelarian? Soalnya berasa banget SM butuh sesuatu buat nutupin semua masalah-masalah yang cukup pelik selama beberapa bulan terakhir. Itu yang pertama.

Sebenarnya senjata paling ampuh mereka tuh Super Junior sama SNSD. Tapi kalau mau nunggu Super Junior sih kayaknya kelamaan. Mau nunggu TTS juga sama aja lama. Sementara kondisinya mereka nggak mau pemberitaan di media soal masalah-masalah mereka terus yang dibahas. Mereka butuh sesuatu buat nutupin itu dan akhirnya debutlah Red Velvet.
*
*

Yang kedua, budget investasi yang nggak terlalu mahal untuk lagu. Super Junior, TTS dan Taemin nggak mungkin comeback/debut solo hanya dengan single. Makanya butuh waktu lama untuk mempersiapkan album (mini, paling minimal) buat mereka. Lagipula, mereka bukan level lagi untuk hanya ngerilis single yang isinya hanya satu dua lagu. Itulah yang membuat proses comeback mereka jadi lebih lama. Sementara kondisinya, SM tetap butuh pengalihan isu.

Jika kita membandingkan dengan Red Velvet yang masih baru, punya single aja udah syukur. Mungkin mereka mikir, yang penting debut gak usah muluk-muluk. Nah, karena sudah lama terbentuk, proses produksi mereka pun akan makan waktu yang relatif lebih cepat karena mereka cuma perlu satu single plus MV.

Oh iya, FYI, untuk lagu 'Happiness', Red Velvet sudah latihan 6 bulan sebelum debut.

Lalu, SM punya SMROOKIES yang memang adalah 'senjata' SM ketika mereka kepepet kayak gini. Mereka butuh sesuatu buat bikin orang-orang sejenak lupa sama Kris sama Sulli, "Ya udah, itu Red Velvet didebutin aja,"

Hasilnya? Jeng-jeng... sebagai orang yang kerjaannya mantengin AllKPop dan berbagai portal berita seharian, gue cukup yakin bahwa setelah Red Velvet debut sudah tidak lagi pemberitaan miring soal Sulli ataupun pemberitaan soal Kris. Nggak pas kayak awal-awal isu itu berkembang. Kalaupun ada, ya paling masalah film baru karena kebetulan memang mereka lagi punya proyek film kan.

Di satu sisi sebenarnya kasian juga sih sama Red Velvet. Takut aja kalau debut mereka yang udah dadakan dan kesannya ala ala kayak begini nanti berakhir kayak f(x) juga.

Duh, ketok meja tiga kali, ketok jidat tiga kali. Amit-amit. Tapi toh, kalaupun akan berakhir seperti f(x), lima tahun itu sebenarnya bukan waktu yang singkat juga buat berkarier. Mau nggak mau kan memang regenerasi itu harus terjadi. Tapi ya promo dari manajemen juga penting. Makanya berdoa aja Red Velvet bakalan terus dapet sponsor kayak EXO yang bajunya semua dari sponsor hahahahahha
*

*
Yang ketiga, kenapa SM kesannya kayak dikejer target gini sebenarnya gue mikirnya ada hubungannya sama YG Entertainment. Pertama masalah Park Bom, yang membuat YG berada dalam kondisi gonjang-ganjing (yang mungkin enggak secara keseluruhan, tapi adalah sedikit getaran).

Kalau baca-baca berita, kesannya YG emang kayak lagi berusaha menutupi kenyataan banget kalo Park Bom bersalah. Itu kata media sih. Gue emang anaknya gampang kemakan media, sama kayak nenek-nenek pedaleman desa yang kebanyakan nonton sinetron. Belakangan bahkan gue pengen bikin video kayak Marshanda saking gue gampang banget dipengaruhi media.

YG juga punya sebuah senjata ampuh tahun ini yaitu WINNER yang udah resmi debut album baru sekaligus fandom (iya berdekatan juga dengan peresmian fandom EXOLOVE--kerasa kan persaingannya?). Menurut gue, SM (selalu) nggak mungkin mau kalah dari YG. Demikian juga dengan YG.

Debut Red Velvet yang terburu-buru itu dan dipilihnya Agustus juga lalu peresmian EXOLOVE yang juga Agustus (ditambah juga dengan Taemin jangan lupa) adalah senjata yang dirasa SM mungkin setara dengan debut WINNER. Sebelum YG punya grup baru, SM sudah duluan mencuri start dengan mendebutkan Red Velvet.

Emang sih, beda genre. Jelas. Beda jenis kelamin, jelas. Beda konsep juga jelas. Tapi SM bisa keliatan disini mau main 'fair'. Anak baru harus dilawan juga dengan anak baru. Walaupun sebenarnya disini mereka nggak keliatan 'melawan' karena Red Velvet debut duluan. Jadi karena WINNER debut belakangan, seolah-olah WINNER-lah yang jadi counter-attack dari debut Red Velvet. Pinter. Sekaligus licik.

Well, ini sebenarnya cuma sekedar ngayal aja. Belom tentu bener. Jadi gak usah dipercaya. Gue bukan tipikal netizen Korea Selatan yang nyinyir kok. Gue hanya ngarang bebas. (emotikon ngeluarin lidah).

*
Walaupun gue bilang teasernya enggak terlalu nendang, tapi gue suka sama konsep teaser foto Red Velvet. Gue suka sama warna rambutnya. GUE SUKA SAMA IRENE! Sejak SM ROOKIES memang gue sudah menaruh hati sama Irene. Nggak tahu kenapa gue suka banget sama nama Airin (Irene kalo di hangul jadi Airin). Gue pernah bikin cerpen yang nama ceweknya Airin (cowoknya Mario).

Karena namanya Red Velvet, Irene yang rambutnya merah pun jadi teaser foto pertama yang dirilis. Duh, Tiffany... Tiffany.... Dari awal memang sudah jelas kalo Irene ini mirip Tiffany dan di teaser ini makin jelas lagi kemiripannya.
*
*
Gue langsung kebayang sama rambut Krystal di 'Nu ABO' ketika ngeliat Irene di foto ini. Terus gue baru yang "OOOOOOH INI MAKSUDNYA GABUNGAN DARI f(x) dan SNSD? RAMBUTNYA MIRIP KRYSTAL TERUS MUKANYA MIRIP TIFFANY?" walaupun sebenarnya nggak gitu juga kali ya maksud SM.

Konsep teaser fotonya ini sebenarnya Thumbelina kayaknya ya. Peri-peri bunga dengan rambut warna-warni tapi mereka nggak punya sayap. Iya Thumbelina juga sebenarnya nggak punya sayap sih. Tapi kalo Irene Thumbelina, terus kucing yang nemplok di bunga yang ada di kepalanya itu segede apa. Kuman?
*
*
Teaser Seulgi keluar dan "OH ASTAGA BENERAN TAEYEON," udah fix banget. Dari awal Seulgi dikenalkan ke publik oleh Kyuhyun juga ini anak sudah di cap sebagai Taeyeon 2.0. Sedih, kenapa dia harus diperkenalkan dengan mencomot nama Taeyeon. Kesannya kayak nebeng popularitas! IH SEULGI KAMU NEBENG POPULARITAS SAMA TAEYEON! SAMA KYUHYUN JUGA! SUMPAHIN JODOH SAMA KYUHYUN!

Ada Lay di teaser foto Seulgi ini. Menarik sekali. Kenapa nggak sekalian disebut gabungan dari f(x), SNSD dan EXO?
*
*
Teaser foto Wendy jelas-jelas ketebelan bedak. Sampai mukanya jadi putih kayak mayat gitu dan bikin dia jadi susah dibedain sama Seulgi ataupun Irene. Sampai disini, semua orang langsung ngecap Red Velvet sebagai grup kembar tiga karena mukanya sama semua. Untuk yang satu ini gue nggak ragu. Emang mukanya semua mirip. Semua Mirip Entertainment.

Ada Luhan juga di teaser Wendy dan tetep kecewa kenapa nggak ada nama EXO dibawa-bawa di debut Red Velvet.
*
*
Ketika Joy diperkenalkan, Alhamdulillah enggak kembar empat. Setidaknya ada satu member yang mukanya nggak keliatan mirip. Joy menurut gue image-nya kayak Sulli banget. Persis kayak Lami gitu aura-aura ceria maknae bahagia gitu. Dan ya, memang mirip sama Kim Yoo Jung sih mukanya rada-rada.

Irene, Seulgi dan Wendy masing-masing ada paling tidak satu mamalia di fotonya. Mungkin karena mereka sudah dewasa ya ketimbang Joy jadi sudah bisa menyusui. Sementara Joy ditemani dengan sekumpulan unggas. Dia patut berhati-hati dari flu burung. Jangan sampai baru berapa bulan promosi nanti masuk rumah sakit karena flu burung. Kan gak asik Joy.

Irene, Seulgi sama Wendy sih aman soalnya selama ini nggak ada flu kucing, flu rusa sama flu kuda apalagi flu unicorn.

Teaser foto favorit gue jelas yang ini! hahahaha
*
*
Muka Irene sama Seulgi udah kayak pinang dibelah kampak. Seulgi idungnya agak lebih besar dikit sih. Terus kalo ngeliat Wendy malah makin bingung. Wendy juga mirip banget sama Irene tapi kalo diperhatiin disaat yang sama mirip juga sama Seulgi.

Sementara Joy ekspresinya yang I don't care what my eonni-deul-eun doing gitu. Yang lain ekspresinya kaget bengong dia malah santai aja. Padahal secara teknis yang harusnya kaget itu dia krena dia bakalan digigit laba-laba sementara yang lain cuma dihinggapi kupu-kupu.

SM jelas sangat menyadari fakta bahwa anak-anak ini mukanya sama semua. Makanya warna rambutnya dibedain supaya orang yang awam sama muka Korea langsung bisa ngebedain. Joy sih jelas mukanya yang paling beda di antara yang tiga. Irene sama Seulgi keseringan mandi bareng tuh makanya mirip. Kzl bgtz.
*

*
Nah, beralih ke MV debut mereka. Hmmm... Kali video musik mereka bisa dibilang cukup menarik. Mungkin karena memang sebelumnya, manajemen tercinta ini nggak pernah bikin tipe MV yang template kayak gitu. Walaupun sebenarnya nggak wah-wah dan budget besar banget, videonya menyenangkan lah. Cukup menarik untuk grup yang debutnya mendadak.

Konsep MV-nya sebenarnya sederhana. Warna-warna yang dipakai juga mencolok karena lagu ini kan tentang 'how to be happy'. Jadi nggak mungkin gelap karena gelap cenderung identik dengan ketidakbahagiaan kalau di warna.

Awalnya gue pikir itu Kebun Binatang Ragunan bikin iklan, soalnya masang burung Beo gitu di depannya (kasian lagi burung Beo-nya hidungnya udah keropos :( nanti bentar lagi dia jadi Voldemort idungnya abis). Tapi untung sih ya pake burung Beo. Kalo misalnya burung hantu nanti dikira Limbad yang debut jadi girlband.
*
*
Sayangnya ini burung Beo kurang meyakinkan kalau dia adalah burung liar di pedalaman hutan. SM sekali lagi miss di detail. Kalau mereka mau bikin scene hutan yang real, harusnya itu cincin di kaki burung Beo-nya dilepas dulu. Mana ada burung Beo liar di hutan pake cincin.
*
*
Karena Red Velvet diambil dari SM ROOKIES, maka MV mereka juga adalah tempat yang tepat untuk memperkenalkan secara sekilas member SM ROOKIES yang lain. Setelah shot burung Beo bercincin itu ada beberapa member SM ROOKIES cewek yang tampil. Salah satunya (katanya yang pake baju kuning) itu Lami. Nah yang lain, enggak tahu deh siapa. Di Video terbaru SM ROOKIES juga ada kan tuh anak baru keliatan. Mungkin mereka salah satunya.

Cara membedakan mereka bukan member Red Velvet sudah jelas dari rambut mereka. Tapi itu yang gelantungan berbulu bukan SM ROOKIES ya itu monyet beneran.
*
*
Belakangan SM kalo bikin MV jadi jarang ada shot yang bisa dicari-cari kesalahannya (diluar gerakan dance maksudnya). Setelah 'Last Romeo', tumben loh ini gue bisa nemu lagi ada yang aneh-aneh di MV. Hahahaha

Agak enggak penting sebenernya, tapi, waktu Joy membuka pintu, di sebelah kanan ada semacam rak kecil di dinding yang di atasnya ada bingkai foto:
*
*
Terus Wendy masuk dari pintu entah mana enggak tahu mungkin sejak tadi dia ada di kamar mandi bisa jadi. Terus Joy tiba-tiba udah ganti baju dan rak yang di atasnya tadi ada bingkai foto itu pun hilang.
*
*
Kenapa hilang? Jelas. Karena sebelum Wendy masuk, bingkai foto itu nempel di tembok bagian lain dari ruangan itu dan ada Irene bergerak-gerak di dalamnya.
*
*
Lalu Seulgi masuk lagi ke dalam ruangan itu dengan membuka pintu padahal dari tadi dia udah ada di dalem kenapa juga dia harus bolak balik keluar dan masuk lagi. Pas dia masuk, bingkai foto itu balik lagi ada di atas rak yang di awal tadi.
*
*
Anyway, sebenarnya itu ruangan di dalam rumah apa gimana sih? Kalo di dalam rumah, kenapa ada banyak taneman kayak pohon pisang segala. Dapat matahari dari mana itu pohon pisang? Sejak kapan pohon pisang bisa ditanem di pot dan ditaroh di dalam rumah? Apa mereka nggak tahu kalo pohon pisang itu sarang pocong sama kuntilanak?

Tsk.
*
*
Biasanya SM akan memanfaatkan ini untuk menampilkan mata satu ala ala illuminati gitu. Tapi tumben sekarang nggak ya? Sudah move on? Atau Lee Soo Man sudah turun jabatan? Nggak lagi jadi ketua Illuminati cabang Gangnam?
*
*
SM mungkin masih terinspirasi dari suasana musim panas di hutan-hutan belantara daerah tropis yang didominasi dengan tanaman Lidah Mertua. Entahlah nonton MV ini berasa mau The Sims yang terdampar di pulau-pulau itu.

Selain lidah mertua, ada jeruk, ada rusa, ada kucing, ada flamingo, ada berbagai jenis bunga-bunga, ada buah naga juga. Wah rame deh berasa lagi di belantara beneran. Ada nuansa musik-musik pantai gitu kayak misalnya lagi di Hawaii. Cuma ya sayangnya, kenapa ini empat orang harus pake baju Cheerleader di tengah hutan. Padahal kalo misalnya pake beha batok kelapa terus rok dari tanaman liar kan lebih berasa nuansa Amazon-nya.

Dari Hawai ke Amazon. Jauh ya.
*
*
Maskot SMTOWN yang baru ini juga jadi salah satu gimmick di video Red Velvet. Menjadi simbol penyambutan Red Velvet ke keluarga baru SMTOWN. Maskotnya tahun ini banyak yang berubah ya. Ini agak lebih simpel dari sebelumnya kan banyak karakter tuh. Yang ini cuma bola plastik yang bisa berubah bentuk jadi gummy bear Yupi. Mungkin SM terlalu banyak masalah makanya males bikin maskot baru yang lebih wow. Kalo pake maskot lama basi.
*
*
Itu lukisan yang di dorong sama si maskot yang jadi background foto teaser-nya Red Velvet bagus deh. Ngeliat itu entah kenapa gue jadi keinget sama MV 'Dream Girl'-nya SHINee. Kan banyak juga tuh nuansa floral disitu. Duh.. itu MV paling menarik sepanjang masa.
*
Lanjut, coba perhatiin juga lemari laci yang ada di gambar di atas, trus balik lagi ke gambar Seulgi yang ini:
*
*
Ada dinding di samping lemari laci itu yang seolah bilang kalo iya ini rumah emang sampai situ doang batasnya. Tapi di adegan di bawah ini, seolah-olah rumahnya jadi luas banget dan itu dinding tiba-tiba menghilang. Saking luasnya sampai bisa dipakai main sepedaan di dalam rumah. Tsk.
*
*
Baju dalemnya Irene keliatan :Q Apa itu beha :Q
*
*
Oiya ini juga salah satu yang mungkin ditiru Red Velvet dari SNSD yaitu angka-angka yang ada di baju mereka. Oke secara teknis urutannya sebenarnya H.O.T dulu baru SNSD baru terus EXO (maaf gue gak pernah liat SJ, SHINee sama f(x) pake baju angka-angka di teaser foto ataupun MV mereka, koreksi gue kalo gue salah).

Irene 43, Seulgi 20, Wendy 77, Joy 31. Gue penasaran, sebenarnya darimana sih SM menentukan angka-angka ini? Sampai sekarang gue gatau loh bahkan angka-angka buat EXO juga gue nggak tahu darimana asalnya. Hahahaha Duh rada enggak penting juga sih.Yang gue tahu cuma Xiumin angkanya 99 karena dia paling tua jadi angkanya yang paling tinggi. Itu aja. Inipun juga gue ngasal.
*

43+77+20+31 = 171 | 1+7+1 = 9 <<< Nah tuh pengganti SNSD kali mereka #kompor

Eh tapi bagus ya baju yang ini. Beneran terlihat seperti Red Velvet dengan krim. Seru sekali. Untung namanya bukan Kue Tetek ya. Warnanya ijo terus tengah-tengahnya menonjol kecokelatan kan agak-agak gimana gitu.
*
*
Semua pasti setuju kalo Seulgi di gambar di atas itu mirip banget sama Taeyeon. Apalagi pas Taeyeon di 'The Boys' yang rambutnya juga dikeriting. Sebenarnya ada juga momen dimana Irene terlihat mirip Taeyeon (walaupun sebenarnya gue tetep mikir dia mirip Tiffany).
*

Udah lama sekali gue nggak melihat televisi jadul kayak gini terlebih mereknya LOEWE. Ahahaha dulu pas kecil gue pernah kayaknya punya temen atau liat TV yang mereknya LOEWE. Aneh juga kenapa SM malah promosi TV jadul asal Jerman, bukannya malah membanggakan TV buatan Korea kayak lagunya HALO itu hahahahahaa. Eh tapi, TV jadul kok bisa keluar warna sih. Kayaknya TV yang begitu modelnya harusya kan hitam putih. Kkkk~
*
*
Coba jelasin bagaimana caranya ada penyu bisa ada di puncak pohon.........
*
*
Ini juga salah satu shot favorit gue. Itu sebenarnya badannya beneran mereka nggak sih? Kenapa yang paling kanan jadi Seulgi sementara bajunya itu Wendy yang di bagian ini?
*
*
Tapi kalo liat dari bentuk paha-nya sih, yang paling kanan itu paha-nya Wendy. Nah yang lain enggak paham deh. Mungkin urutannya dari kiri ke kanan itu bener tapi pas Seulgi sama Wendy ketuker. Iya ngapain juga dipikirin yak. Heran.
*
*
Nah, terlepas dari semua kontroversinya, gue suka video klipnya. Lucu, menggemaskan, sesuai sama image mereka. Enggak terlalu berlebihan dan enggak terlalu kampungan juga MV-nya. At least enggak kayak 'Overdose' atau 'Bonamana' lah ya.

Serius gue jadi gak suka MV 'Overdose' soalnya pas udah setengah jalan nge-review si Kris gugat SM terus bikin gue gak bisa nyelesein review-nya. Males. Hahahahahaha

***

Gue pertama kali denger lagu 'Happiness' memang sedikit bingung. Tapi kemudian menyadari kalau ada nuansa f(x) dan juga SNSD 'I Got A Boy' di lagu ini (pas bagian-bagian rap-nya itu). Untuk yang SNSD mungkin wajar karena penciptanya sama. Untuk f(x) mungkin karena selama ini artis SM yang berani total permak gaya rambut itu mungkin f(x) kali ya. Dan apa yang paling menonjol dari Red Velvet kalau bukan dada dan rambut mereka.

Yang gue suka dari lagu 'Happiness' (walaupun ketika perkenalan grup dan live performance anak-anak ini kedengerannya bilang 'Hey Penis') karena lagunya bikin semangat dan beneran bikin happy. Lirik lagunya ditulis sama Yoo Young Jin dan bukanlah lagu cinta. Tapi lagu yang menumbuhkan pikiran-pikiran positif.

Persis seperti ketika EXO debut waktu itu lagunya juga kan ada kritik sosialnya. Kalo Red Velvet lebih ke yang 'Let me tell you how to be happy' gitu. Ngebaca translate-an liriknya sambil dengerin lagunya pas pertama kali langsung bikin gue senyum-senyum sendiri. Suka banget sama liriknya!

ego ega wigo wagol ego ega wigo wagol waaayang wayang wayaaang wayang

[begitu lirik awal lagu ini sebelum masuk ke]

Sometimes, you gotta be bold!
Just rock the world! Boo-yah
Lalala lalala lalalala (Happiness/Hey Penis)
Lalala lalala lalalala

[Kenapa bagian ini Seulgi yang ngomong sih bukan Wendy? Secara praktik kan Wendy lebih jago Inggris bukannya karena dia besar di Kanada?]
(Are you happy? Uh)
Worries Go Up
Feeling down, Change up
Trying to cheer up, Wind up
Great things will happen all at once, straight up

Every day, I’m more style up
Focusing on things that will make my feelings go up
Want me to share my secret to happiness?
In the morning, I wake up
And I tell my mom I love her

(Ah, my sweet daughter)

[SUMPAH PAS BAGIAN INI JOY SAMA IRENE NYA KYAAAAAAAAAA]

The happy feelings that follow me are so cute that I’m happy
(She’s talking)
Money and power
I feel bad for the adults who only chase after that
They are truly unhappy

[agak enggak realistis sih sebenarnya tapi anggap aja ini sudut pandang anak-anak yang belum tau rasanya kerja di kantor demi bayar kosan dan sekedar makan (juga karokean dan nonton bioskop) dan merantau]

The world is filled with happy things and great things
That it’s been a while since we stopped caring about money and power
I’m a little different
I just do what I want to do
If you just worry and become an adult
You’ll have regrets

Yesterday, today and tomorrow
My journal is filled with adventures to find happiness
I’m a little different
I believe in the power of optimism

[Udah sampai sini langsung manggut-manggut dan membenarkan semua liriknya. Jadi manusia memang nggak boleh terlalu negatif dan harus tetap berusaha untuk memunculkan pikiran positif. Tapi iya itu yang susah, ahahahahaha, tapi bisa sih dicoba dan dibiasakan]
Lalala lalala lalalala (Happiness/Hey Penis)
Lalala lalala lalalala (I want it)
Lalala lalala lalalala (Let’s dream)
Lalala lalala lalalala
(Uh, are you happy? Uh)
I met my friend on my way to school
I’m happy that she ran over to me and linked her arm in mine with a smile
The groups of boys who are always joking around
I’m happy that they pay attention when I pass them
She may nag but my mom says she loves me the most in this world
Hey hey, take out those adults who only fight on TV

[Bagian ini juga yang bikin ngerasa mirip I Got A Boy, bagian nyanyi seperti ngegosip dan bercerita. Oh iya I Got A Boy juga Yoo Young Jin yang nulis liriknya kalo gak salah inget]
I like it more and more
I’m happy that I’m me
What makes me even happier
Is that you’re next to me

[AAAAAAAAAAAAAAAAAKYAAAAAAAA jadi kalo sendiri gak happy gitu ya. Kalo jomblo? #makankaca #makanbeling]

(Uh, What you wanna be?)

Money and power
I feel bad for the adults who only chase after that
They are truly unhappy
The world is filled with happy things and great things
That it’s been a while since we stopped caring about money and power
I’m a little different
I just do what I want to do
If you just worry and become an adult
You’ll have regrets

Yesterday, today and tomorrow
My journal is filled with adventures to find happiness
I’m a little different
I believe in the power of optimism
Lalala lalala lalalala (Happiness/Hey Penis)
Lalala lalala lalalala (I want it)
Lalala lalala lalalala (Let’s dream)
Lalala lalala lalalala
(Uh, are you happy? Uh)
Shine on me, Let it shine on me
In my embrace, Let it Shine
Shine on me, Let it shine on me
In my arms, Let it Shine
Lalala lalala lalalala (Happiness)
Lalala lalala lalalala (I want it)
Lalala lalala lalalala (Let’s dream)
Lalala lalala lalalala (Happiness)

(translation by pop!gasa)

Gue suka lagunya, gue suka MV-nya, gue suka Irene. Overall, debut mereka walaupun sedikit kayak biskuit melempem (atau kayak tekstur kue Red Velvet yang juga melempem?) di bagian teaser, tapi memang menyenangkan seperti lagunya.

Ya kita tunggu saja nanti bagaimana eksekusi mereka setelah ini. Apakah mereka akan semakin mirip f(x) atau semakin mirip SNSD? Atau justru memang mereka akhirnya punya sebuah image baru yang memang RED VELVET banget? Kan semua grup bisa aja berubah seiring waktu berlalu. Tapi gue harap mereka bisa lebih seksi sih karena SM jarang mau jual konsep seksi.

Oh ya, tidak boleh lupa kalau EXO dan f(x) bolehlah sedikit banyak berterimakasih karena debut Red Velvet. Karena mereka juga kan masalah-masalah yang sebelumnya agak serius jadi dicuekin sementara. Berdoa aja Taemin, TTS dan Super Junior bisa membantu menutupi masalah itu selamanya.

Ya itu kan arti keluarga, saling membantu. Menutupi aib bersama.
*

Share:

25 komentar