(Sok Ngasih) Tutorial Buat Game SM SUPERSTAR

*
Gue bukan tipikal orang yang suka main game. Kalaupun main, paling itupun cuma bertahan beberapa hari doang. Biasanya juga main karena kebawa pengaruh sama temen-temen atau karena emang lagi tren aja.

Gue inget pas dulu gue belum punya hape Android, masih pake Blackberry--yang juga dibeli karena kebawa pergaulan padahal sama sekali nggak ada seru-serunya dan nggak terlalu guna-guna banget--gue pernah liat salah satu temen gue main Temple Run di dalam kelas pake Samsung Tab gitu. Duh, rasanya kok iri banget. Sementara Blackberry gue kayak yang, oke cuma bisa BBM dan Twitter.

Dengan niat pengen bisa main Temple Run, gue pun menabung dari hasil royalti buku dan juga sisa-sisa uang belanja dan beasiswa pas kuliah. Kemudian beli Samsung Galaxy W yang ternyata produk gagal dan lemotnya minta ampun. Kkk~ Tapi Alhamdulillah hape itu berguna selama dua tahun walaupun sekarang sudah dipretelin sama kakak gue.

Waktu Chanyeol nge-Instagram game 2048, gue otomatis penasaran. Terlebih lagi temen di kantor kalo lagi senggang geser-geser layar hape terus main-mainin angka. Gue kepo dan akhirnya tahu game itu dari Dito yang anaknya update banget kayak portal gosip. Pas gue donlot, gue pun keranjingan game itu.

Lagi-lagi karena Chanyeol, gue jadi penasaran sama SM Superstar (disebut juga Superstar SMTOWN, kalo artis SM nyingkatnya jadu SyuEsem kalo gak salah hahahah). Game yang katanya paling hits banget di antara fans artis SM. Gue tahu game ini dari Chanyeol tentu saja secara tidak langsung karena ini bocah kan update terus yah. Lalu Dito yang ngasih donlotannya ke gue--ya kan dia anaknya update banget kayak portal gosip pokoknya--kemudian pertama kali main itu pas sama-sama antre TLP bareng kak Icha. Gue main pake tab-nya dia.

Oke, karena gue rasa ini saatnya berubah jadi anak yang nggak suka main game ke anak yang paling nggak tahu apa itu game, gue pun memasang permainan itu ke handphone gue. Hasilnya? Bener-bener keranjingan.

Salahin Park Chanyeol.
*
Ini memang bukan game yang keliatannya seperti game yang biasa dimainkan oleh gamers pada umumnya. Bukan game tembak-tembakan, balap-balapan, atau game ingin cepat kaya yang bikin timeLINE penuh dengan notifikasi yang bahkan gue sendiri nggak ngerti. Tapi dalam taraf tertentu, game ini bisa bikin lo ketagihan sampai nggak bisa tidur.

Serius.......

Sekarang setiap hari harus banget ngebuka aplikasi ini karena peringkat kita bisa disusul sama yang lain di League yang sama dengan secepat kilat. Jadi harus dimainin terus biar nambah poin dan peringkatnya naik. Sekarang, gue bisa mengurangi waktu nge-tweet gue cuma karena sedang menggunakan ponsel untuk main game ini.

Lucunya, hampir semua temen-temen gue yang SM Biased main ginian. Tentu saja. Semuanya korban Park Chanyeol. Wajar kalau dia dibilang Happy Virus. Kerjaannya emang tukang sebarin virus sih. Walaupun nggak semuanya happy juga sih main game ini karena kadang bikin stres sendiri.

Sejak semua temen pada main game ini, sekarang kalo kalau ketemu pasti ada sesi saling cuekin satu sama lain karena sibuk sama hape sendiri dan mainin aplikasi biadab ini. Kalau sudah pada sadar dan kehabisan headphone baru deh ngomong. Sekalian coaching clinic bagaimana cara mengawinkan kartu dengan baik dan benar.

Jujur aja gue yang mainnya selalu pake telunjuk sempat ngerasa telunjuk tangan kiri gue kayak keseleo gitu. Keseringan mencet tombol biru kuning. Gara-gara aplikasi ini juga setiap kali dengerin lagu SM yang ada di game ini, selalu kebayang ada tombol biru dan kuning yang sedang berjalan mendekat dan minta dipencet.

Buat SM Stan game ini bisa jadi sangat menyenangkan karena pas main kan dengerin lagu-lagu yang kita suka juga. Tapi lama-lama beneran ini bikin kesel. Terlebih kalau udah bagian nyari-nyari kartu. AAAARRRGGGHHHH BAGIAN INI SIH YANG PALING BIKIN STRES.

Setres. Kartu-kartunya nggak bisa di-bluetooth. Setres.

***

SM Superstar ini (katanya) bukan game yang bisa diunduh dari Indonesia. Karena di Play Store sendiri game ini nggak kedeteksi sama sekali. Kabarnya game ini hanya bisa diunduh di Korea Selatan saja. Jahat ya? Iya SM tuh emang jahat. Liat aja Jessica digituin. #eh #nggak #ini #becanda

Tapi atas bantuan aplikasi dari Tiongkok yang bernama QooApp, kita bisa menikmati SM Superstar dengan sangat baik dan bijaksana. QooApp juga membantu kita untuk meng-update aplikasi SM Superstar setiap kali butuh di-update.

Aplikasi SM Superstar termasuk berat. Baik di memori internal hape, RAM dan juga kuota internet. Walaupun file installer-nya cuma berkisar 35 mb, tapi file 'sampah'-nya banyak banget. Tapi terbilang cukup lancar untuk hape dengan RAM 1GB - 1,5 GB.

Aplikasi ini lancar digunakan di Galaxy Mega 5,8 yang RAM-nya 1,5 GB dengan prosesor Dual Qore. Buat yang pake di hape yang RAM dan prosesornya di bawah itu gue nggak tahu deh, mungkin ada yang coba? Boleh di share di bagian komentar. Gue sendiri tidak mengalami masalah menggunakan ini di ASUS Zenfone 6 yang RAM-nya 2GB dan prosesornya Intel Atom.

Yang perlu diingat, ketika install pertama kali aplikasi ini akan butuh koneksi internet yang kenceng karena harus mendownload banyak macem sebelum bisa digunakan. Gue saranin pake Wi-Fi supaya hemat kuota aja sih. Karena waktu itu gue coba donlot pake internet XL-yang-katanya-Unlimited, tidak bisa bertahan lama dan muter-muter doang nggak kelar-kelar. Pas pertama mulai akan ada 3 kali proses download. Jadi bersabarlah di tempat yang ada Wi-Fi-ya sebelum bisa main.

Nah setelah udah bisa, silahkan deh bikin profil pake avatar artis SM favorit kalian. Pilih negara dan isi juga username yang mau kalian pake. Jangan lupa registrasi jadi regular member yang hanya tinggal isi email doang terus kelar.
*

Untuk update MY INFO, sentuh saja profil yang ada di pojok kiri atas. Untuk mendaftarkan email, scroll terus sampai ke bawah ketika tampilan seperti yang di atas sudah muncul.
*
Gue sendiri mendaftar dengan nama 'papapirang', negaranya kemaren Indonesia tapi gue ganti jadi Caribbean karena kesel setiap beli kartu nggak pernah dapet yang bagus (pas gue ganti ke Caribbean gue dapet Sulli yang 'A'--gak tahu sebesar apa pengaruh negara ini sama kartu yang didapatkan sebenarnya, abis itu gue ganti lagi dari Tunisia, Pakistan, sekarang gue lagi di Saudi Arabia), terus avatarnya gue pake Suho (Overdose).

Nah, basa-basinya cukup kan? Ini gue kasi link download-nya dari beberapa cloud supaya bisa jadi pilihan. Karena banyak yang bingung sama extract-extract, gue upload-nya per satuan aja jadi ikuti instruksi di bawah ini:

(jangan lupa di setting Android kalian, perbolehkan untuk meng-install aplikasi dari luar--di luar playstore)

1. Download dulu QooApp disini (4shared, dropbox, Google Drive). Lalu install.
2. Kemudian download SM SUPERSTAR disini (4shared, dropbox, Google Drive). Lalu install. Versi yang gue kasi disini masih 1.0.4 tapi sekarang sudah 1.0.6. Nggak masalah karena nanti akan update sendiri setelah kalian install dan membuka aplikasinya.

UPDATE: Download Versi 1.2.2 Lewat Link Ini

UPDATE: Download Versi 1.2.5 Lewat Link Ini (Sekarang sebenarnya udah versi 1.2.9 tapi gapapa install yang 1.2.5 nanti update LEWAT QOOAPP. Di link yang ini juga ada .apk QooApp versi terbaru. Oh iya ini link google drive)

Perlu diingat bahwa QooApp juga butuh di-update. Kayaknya aplikasi ini nggak bisa auto-update deh jadi jangan lupa di cek aja minimal lah dua minggu sekali siapa tahu butuh update. Sementara untuk SM Superstar sendiri akan ngasih notifikasi setiap kali ada update lagu baru dan semacamnya.

***

SM SUPERSTAR SEPENGALAMAN SAYA

CARA MAIN

Game ini sebenarnya simpel banget. Cuma tinggal nge-tap di setiap tombol biru yang muncul ketika mulai lagu. Sementara tombol kuning butuh di tap dan ditahan/digeser sesuai dengan jalur yang muncul. Kalo jalurnya lurus ya ditahan kalo zig-zag ya digeser sesuai zig-zag-nya.
*

*
PENGENALAN TAMPILAN ANTAR-MUKA
*
*
  • Profile Picture: bisa diubah sesuai mood. Kalo lagi ngefans Suho pake Suho, kalo lagi suka Tiffany boleh pake Tiffany. Tapi sayang nggak ada IU sama Jiyeon. Apalagi Hyorin gak ada di sini.
  • Username: bisa diubah-ubah juga kalau galau.
  • Logo artis: berubah sesuai dengan skor tertinggi yang kalian dapatkan selama main. Kalo pas main yang tertinggi TVXQ, jadi TVXQ. Gue sekarang (dan sampai sejauh ini) BoA karena gue dapet kartu BoA yang S.
  • Headphone: akan berkurang setiap kali main. Tapi bisa nambah otomatis lima menit sekali dapat 1 headphone. Maksimal 5 headphone free. Bisa nambah juga kalo disumbang sama orang lain yang naik level di League. Otomatis itu gak usah minta dan spamming LINE dsb.
  • Reward Point: modal buat beli kartu dan upgrade kartu. Didapatkan dari setiap selesai main satu lagu. Satu lagu bisa berharga sampai 700 reward poin. Kalo main CHALLENGE bisa sampe ribuan.
    *
*
  • Diamonds: ini bisa dipake buat beli kartu juga sebenernya. Tapi butuh banyak diamonds buat dapat kartu yang premium. Sementara untuk mendapatkan Diamonds secara gratis kita harus bisa nomor 1 atau paling nggak 5 besar di League setiap berakhirnya Weekly Ranking. Gue sendiri baru punya 22 Diamonds dan sejauh ini gak pernah dipakai karena belom cukup juga.
  • Shop: toko (yaelah) Disini lo bisa beli Diamonds, Kartu, Rhythm Point, Headphone sama Inventory (gunanya Inventory buat memperbanyak ruang penyimpanan kartu. Jadi kalo misalnya kartu lo kebanyakan dan nggak lo kawinkan atau lo jual, kartu baru nggak bisa kesimpen).

    Untuk urusan berbelanja sendiri gue selama ini cuma berbelanja Kartu saja. Karena yang bisa dibeli dengan Rhythm Point cuma ini. Yang lain gue cuekin. Kalo Inventory penuh biasanya gue jual kartunya untuk dapat sekitar 200 Rhythm Point tergantung kelas kartunya.
    *
 *
Kalau kalian punya banyak Reward Point, bisa beli langsung yang 30 Kartu. Tapi saran aja sih, lebih enak beli yang 5 Kartu sebanyak 6 kali sama dengan 30 kartu. Alasannya, di antara 30 kartu itu nggak semua kartu grade-nya bagus. Yang A atau B paling cuma dua sampai tiga dan sisanya C. Sementara kalo 5 Kartu yang A atau B bisa dua dalam satu bungkus. Jadi kalau beli enam kali, kemungkinan dapat kartu grade tinggi lebih besar.

Kayaknya.

Tapi kalo di awal kalian banyak kartu yang kosong dan buat ngisi kekosongan bolehlah sekali beli 30. Hehehehehehehe

LEVEL

Ada tiga level yang disediakan yaitu EASY, NORMAL dan HARD. Ketika baru mulai, masing-masing lagu akan diunduh secara otomatis dan ini makan waktu sekitar satu menit kalo lemot. Kalo lemot banget ya silahkan banting saja hape anda. Setiap mulai lagu baru, akan didonlot langsung. Tapi kalau misalnya kalian udah selesai level EASY (semua lagu dimainkan) ketika main NORMAL gak perlu donlot lagu lagi.

Gue tipikal yang suka tantangan jadi gue nggak main di EASY. Pas pertama kali main gue langsung NORMAL terus ke HARD. Tapi HARUS JUGA MAIN di EASY soalnya kan setiap kali kelar satu lagu yang ada MISSION-nya, kita dapet kartu. Nah sebosennya level EASY, kartunya dibutuhkan juga.

EASY itu mainnya kayak cuma ngikutin ketukan paling dasar dari lagu dan tombolnya jarang-jarang. NORMAL itu kombinasi dari beat lagu sama lirik lagu. HARD itu kombinasi beat lagu, lirik lagu sama diisengin SM. Apalagi lagu 'Lucifer' sama 'Airplane'-nya f(x). Dua lagu tersulit yang sampai saat ini HARD-nya gue baru bisa bintang 2 doang.
*
*
KARTU

Ada dua cara untuk mendapatkan kartu: mainin lagunya (baik di pertama kali main dan Challenge) dan beli di shop dengan menggunakan Reward Point.
*
*
Kalau misalnya nanti semua lagu sudah kalian mainkan, dan semua kartu sudah terbuka, bukan berarti permainan selesai. Kalian harus survive di League yang kalian tempati saat itu dan naik ke level berikutnya (Bronze I ke II ke III ke Silver I ke II ke III dst dst dst).

Nanti kalau sudah semua lagu termainkan dan kartu terbuka, setiap main 3-5 lagu (bebas) akan ada CHALLENGE. Disini kalian akan dapat 1 kartu baru (random, kelas C) dan Reward Point yang berkisar antara 2000 - 6000 (gue baru dapet 6000-an). Reward Point yang kalian dapatkan berbeda di setiap level (Easy, Normal, Hard).
*
*
Jenis kartunya ada beragam. Satu artis punya beberapa tipe kartu. EXO misalnya ada kartu 'OVERDOSE', 'MIRACLE' sama 'GROWL'. Kalo artis solo kayak BoA/Henry (dan TVXQ) punya kartu 'Vocal', 'Dance' sama 'Rhythm' yang juga masing-masing punya kategori sesuai album.

Kelas kartu ada yang C, B, A dan S. C itu yang paling hina, B warnanya merah dan lumayan, A itu yang oke warnanya Ungu, S yang dewa warnanya Emas.

Masing-masing kartu ada bintang dari bintang satu sampai bintang lima. Semakin banyak bintang di kartu maka semakin tinggi nilai dari kartu itu, semakin besar skor yang kalian dapatkan setiap kali main. S bintang lima tentu akan membuat anda jadi God of the Game.

Masing-masing kartu bisa dinaikin bintangnya dengan dikawinkan (dibagian CARD di TAMPILAN ANTARMUKA). Tapi tidak semua kartu selalu berhasil dikawinkan.
*
*
Enam kartu yang di atas adalah kartu yang sedang kalian gunakan. Pilih kartu dengan jumlah power tertinggi dan bintang terbanyak. Walaupun misalnya nggak GROWL semua atau OVERDOSE semua, untuk sementara supaya pas kalian main dapet RP banyak, EQUIP yang paling gede aja.

Cara EQUIP-nya, buka CARD (lihat tampilan antar muka) terus pilih kartu yang ada di deretan bawah, nanti muncul kayak gini:
*

*
Kalo tulisannya UNEQUIP berarti kartunya sudah terpasang. Kalo misalnya belom, nanti disitu tulisannya jadi EQUIP (halah). Terus itu di bagian bawah kan ada deretan kartu lain tuh, nah itu tuh fungsinya buat dikawinin atau dijual. Untuk mengawinkan kartu, tinggal pencet POWER UP nanti muncul tampilan kayak gini:
*
*
Deretan kartu di bawah nambah kan ya jadi banyak muka member. Nah itu bisa dikawinin sama yang di atas (yang paling besar). Caranya tinggal di klik aja salah satu dari banyak kartu yang ada itu. Nanti kalo udah di klik, masuk ke bagian MATERIAL CARD, nanti kartu yang akan kalian kawinkan dikasih tunjuk kemungkinan berhasilnya (lihat tulisan LOW di bawah kotak biru bertuliskan TRY).

Kalau LOW berarti kemungkinan berhasil-kawin kecil. Kalo sudah pasti berhasil tulisannya HIGH. Kalo masih samar-samar tulisannya NORMAL. Tapi kalo dalam contoh kasus ini, kalo yang gue mau kawinin A sama B atau C pasti akan gagal sih.

Oh iya, di kotak biru yang tulisannya TRY itu kan juga ada kotak yang nunjukkin berapa RP yang dibutuhkan untuk mengawinkan kedua kartu.
*
*
Untuk mengawinkan kartu dibutuhkan strategi juga. Semisal, tidak selalu Baekhyun C 'Growl' bintang 1 dikawinkan dengan Baekhyun C 'Growl' bintang 1 akan menghasilkan Baekhyun C 'Growl' bintang 2. Karena perkawinan sesama jenis ini bisa juga gagal.

Intinya, C bisa dikawinkan dengan C yang lain di grup yang sama (EXO sama EXO, gak bisa lo kawinin Baekhyun sama Taeyeon). Perkawinan juga bisa terjadi antar member, nggak harus kartu dengan gambar member yang sama. Atau juga antar album tidak selalu harus album yang sama.

Baekhyun C 'Growl' bintang 1 bisa dikawinkan dengan Baekhyun 'Overdose' bintang 1. Walaupun tidak selalu berhasil.

Suho C 'Miracle' bintang 1 bisa dikawinkan dengan Baekhyun 'Overdose' bintang 1. Walaupun juga tidak selalu berhasil.
*
*
Nggak ini bukan berarti Baekhyun MIRACLE sama Baekhyun OVERDOSE dikawinin jadi TIFFANY ya. Ini cuma ilustrasi kalo berhasil kawin tulisannya kayak gitu. Kalo gagal nanti tulisannya FAILED terus di kartunya ada garis-garis diagonal kelabu gitu.

Sepanjang hidup gue main ini, Tao 'Miracle' C adalah yang paling susah dikawinkan (SEMUA KARTU MIRACLE NGESELIN). Dia (DAN MEREKA) menolak dikawinkan dengan siapapun dengan grade bintang berapapun. Tao (MEREKA) pilih-pilih banget kan kesel.

Tapi untuk tahap awal, sebaiknya koleksi kartu dulu sebanyak-banyaknya sebelum mengawinkannya. Oh iya, ngawinin kartu juga butuh Reward Point. Kalo gagal, Reward Point kalian hilang sekaligus kartunya juga hilang. Reward Point yang hilang jumlahnya berbeda-beda juga. Tergantung grade kartu yang kalian kawinkan. Paling rendah 100 paling tinggi bisa 5000 untuk C bintang 5 yang mau di-upgrade.

***

SEDIKIT UPDATE:

1. Gue baru tahu beberapa hari belakangan caranya mengawinkan kartu beda grup. HAHAHAHAHA Oke jadi yang pertama buka dulu inventori kartu, terus klik di pojok kiri bawah (lihat gambar). Itu option buat penyortiran kartu. Berdasarkan HIGH GRADE, LOW GRADE, atau NEWEST. Nah di bagian atas ada GROUP (ON/OFF). Pilih OFF. Jadi nanti kartunya akan tersortir tidak berdasarkan grup.
*
*
Nah setelah itu kalian bisa deh kawinin kartu EXO dengan SNSD. Misal, Baekhyun dengan Taeyeon. Begitu. Kemungkinan berhasil? Sama aja dengan mengawinkan kartu sesama grup. Kemungkinan gagal juga sama aja. Tapi gue berhasil mengawinkan Sehun S dengan siapa sih antara Tiffany atau Zhoumi gitu yang C. Silahkan dicoba.

2. Ada yang lupa gue jelasin di atas dan ini gue juga baru banget ngerti. Yaitu akumulasi skor untuk naik peringkat. Skor akumulasi ini hanya diambil dari 5 lagu penyanyi yang berbeda. Jadi misalnya nih, gue sejauh ini TOP 5 nya adalah HENRY, TAETISEO, BOA, TVXQ dan TAEMIN.
*
*
Nah, skor HENRY gue kan 2,028,406. Kalo misalnya gue mau naik peringkat di LEAGUE, gue harus main lagu HENRY yang sama atau yang lain dan skornya harus melebihi yang itu. Begitu juga dengan artis yang lainnya.

Misal gue dapet kartu bagus di f(x)--anggaplah kartu gue S semua yah bintang 3--dan skor terendah gue di 5 besar itu TAEMIN dengan 1,519,706. Terus gue main f(x) yang AIRPLANE misalnya dan dapet skor 1,520,000, maka nanti TAEMIN akan diganti dengan f(x) dan akan diakumulasikan skor f(x) gue.

Kalo misalnya gue dapet skor f(x)-nya 1,9 juta, ya dia akan naik ke bawah HENRY dan yang terbawah akan turun. Begitu seterusnya. Makanya itu kenapa harus punya kartu bagus huhuhuh. Sejauh ini gue cuma bisa ngejer lima besar dari artis yang kartunya sedikit. Lima terbesar gue semua ada kartu S-nya. Kalo untuk bisa masukin SUJU di lima besar, minimal kartu S-nya harus 9 member lah itu kan nyiksa banget.

Strategi gue sih selama ini gue lihat dulu siapa aja yang ada di lima besar gue (klik di pojok kiri atas, avatar dan username kita). Abis itu gue akan ulang terus main lagu artis yang bersangkutan sampai bisa mengalahkan skor yang sudah ada. Kenapa ulang terus? Karena pada kenyataannya kartu terbaik yang gue punya adalah mereka yang ada di lima besar itu.

Percuma gue main SUJU tapi kartu SUJU gue jelek. Gak akan mengubah peringkat gue di LEAGUE. Nah kurang lebih kayak gitu.

***

UPDATE TERBARU!

KARTU BARU: R CARD (ROYAL CARD)

Per 16 Desember 2014, SM Superstar meresmikan kartu baru yaitu R. Kartu ini lebih tinggi derajatnya dari kartu S. Tapi sayangnya kartu R nggak bisa dibeli pake diamond dan mendapatkannya harus dengan mengawinkan 2 kartu S bintang 5.

Kartu R di dapatkan lewat event yang dibuka tanggal 16 Desember 2014, dan kalo nggak segera dibuka nanti nggak dapet (kalo kalian baca ini setelah tanggal 16 dan gak dapet, jadi tahu kan alasannya kenapa).

Berikut penjelasan SM soal kartu R:

1. Kartu R bisa didapatkan dengan meng-upgrade kartu S berbintang 5 (dengan kartu S berbintang 5 lainnya)
2. Proses upgrade tidak membutuhkan Reward Point. Tapi perlu diingat disini, ketika menambah bintang kartu S jadi bintang 5 itu kan mahal banget hahaha jadi sama juga bohong.
3. Kartu R tidak bisa dibeli lewat card packs.
4. Kartu R punya skor bonus yang fix (gue belum ngerti maksudnya yang ini, akan gue update setelah nanti gue ngerti).
5. Kalau ada dua kartu R dengan jumlah bintang yang sama, kartu-kartu itu punya skor bonus yang sama. Beda dengan kartu-kartu yang lain (C, B, A, S). (Yang ini juga gue nggak paham)
6. Bintang Kartu R bisa di POWER UP sampai lebih dari 5. Tadi gue main, ada yang kartu IRENE-nya di R udah bintang 24. Bangkek.
7. Bersamaan dengan pengumuman ini, SM Superstar juga sudah mengubah kemungkinan sukses perkawinan kartu-kartu C, B, A dan S. Jadi lebih besar kemungkinan berhasilnya kalau mengawinkan kartu-kartu tersebut sejak hari ini.
8. Gue belom tahu apakah kartu R ini bisa berhasil jika di POWER UP dengan kartu C, A, B. Tapi tadi gue coba dengan A bintang 3, gagal, meski probabilitasnya HIGH:
*


*
Perlu diingat kalau kemungkinan berhasil mengawinkan kartu itu sebenarnya LUCKY aja. Karena gue pernah beberapa kali berhasil mengawinkan S dengan C dan B dengan C. Coba aja terus. Kalo mau diibaratkan, dari 20 kartu C yang berhasil dikawinkan dengan S bisa cuma 2 doang, bisa juga 1 doang.

Tapi karena sekarang udah upgrade versi, dan SM menjanjikan probabilitas yang lebih besar, harusnya ke depannya nggak sesulit itu mengawinkan C dan S. Keep trying!

Hari ini gue buka dan gue dapet kartu R-nya Chen yang 'Overdose'. Berikut penampilannya:
*
*
Sekalian, bersamaan dengan upgrade hari ini tampilan SM SUPERSTAR juga berubah. Sekarang lagu-lagu bisa dikelompokan ke dalam grup masing-masing. Jadi kita bisa lebih mudah mencari lagu yang ingin kita mainkan, nggak cape skrol-skrol lagi.

Selain itu juga, ketika kita memilih option sort by group (ada di pojok kiri atas di bawah identitas kita), akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menunjukkan seberapa banyak lagu yang sudah berhasil kita mainkan dan dapat bintang berapa banyak.
*
*
Beberapa perubahan tampilan minor lainnya juga dilakukan untuk lebih menyempurnakan kualitas game ini. Silahkan UPDATE GAME-NYA LEWAT QOOAPPS dan instruksi donlot serta install sudah dijelaskan di atas.
*



***

Nah sejauh ini gue baru bisa nulis pengalaman gue sebegini dulu. Nanti kalo misalnya gue main terus ada yang baru gue update deh. Untuk informasi lengkap soal SM SUPERSTAR bisa kesini aja. Tapi nggak tahu deh itu bisa lo baca gak pake Hangul soalnya gue aja gak ngerti.

Kalo kalian sudah main dan ada tips dan trik silahkan tulis di komentar yah! Berbagi itu indah.

Oh iya, di game ini juga ada Tutorial berbahasa Inggris kok. Cukup jelas juga coba nanti dibaca dulu kalo yang ini nggak jelas atau sama sekali nggak membantu HAHAHAHAHAHAHAHAHAHHA

Selamat mengeritingkan jari jemari anda, yorobun!
*

Share:

192 komentar