Tutorial dan Cara Main Game Superstar SMTOWN

*
(Judul artikel ini diubah pada 25 Juni 2020 - Posting-an aslinya dibuat sebelum game ini bisa diakses di PlayStore dan AppStore. Sekarang Superstar SMTOWN sudah bisa diunduh legal di Android dan iOS)

Gue bukan tipikal orang yang suka main game. Kalaupun main, paling itupun cuma bertahan beberapa hari doang. Biasanya juga main karena kebawa pengaruh sama temen-temen atau karena emang lagi tren aja.

Gue inget pas dulu gue belum punya hape Android, masih pake Blackberry--yang juga dibeli karena kebawa pergaulan padahal sama sekali nggak ada seru-serunya dan nggak terlalu guna-guna banget--gue pernah liat salah satu temen gue main Temple Run di dalam kelas pake Samsung Tab gitu. Duh, rasanya kok iri banget. Sementara Blackberry gue kayak yang, oke cuma bisa BBM dan Twitter.

Dengan niat pengen bisa main Temple Run, gue pun menabung dari hasil royalti buku dan juga sisa-sisa uang belanja dan beasiswa pas kuliah. Kemudian beli Samsung Galaxy W yang ternyata produk gagal dan lemotnya minta ampun. Kkk~ Tapi Alhamdulillah hape itu berguna selama dua tahun walaupun sekarang sudah dipretelin sama kakak gue.

Waktu Chanyeol nge-Instagram game 2048, gue otomatis penasaran. Terlebih lagi temen di kantor kalo lagi senggang geser-geser layar hape terus main-mainin angka. Gue kepo dan akhirnya tahu game itu dari Dito yang anaknya update banget kayak portal gosip. Pas gue donlot, gue pun keranjingan game itu.

Lagi-lagi karena Chanyeol, gue jadi penasaran sama SM Superstar (disebut juga Superstar SMTOWN, kalo artis SM nyingkatnya jadu SyuEsem kalo gak salah hahahah). Game yang katanya paling hits banget di antara fans artis SM. Gue tahu game ini dari Chanyeol tentu saja secara tidak langsung karena ini bocah kan update terus yah. Lalu Dito yang ngasih donlotannya ke gue--ya kan dia anaknya update banget kayak portal gosip pokoknya--kemudian pertama kali main itu pas sama-sama antre TLP bareng kak Icha. Gue main pake tab-nya dia.

Oke, karena gue rasa ini saatnya berubah jadi anak yang nggak suka main game ke anak yang paling nggak tahu apa itu game, gue pun memasang permainan itu ke handphone gue. Hasilnya? Bener-bener keranjingan.

Salahin Park Chanyeol.
*
Ini memang bukan game yang keliatannya seperti game yang biasa dimainkan oleh gamers pada umumnya. Bukan game tembak-tembakan, balap-balapan, atau game ingin cepat kaya yang bikin timeLINE penuh dengan notifikasi yang bahkan gue sendiri nggak ngerti. Tapi dalam taraf tertentu, game ini bisa bikin lo ketagihan sampai nggak bisa tidur.

Serius.......

Sekarang setiap hari harus banget ngebuka aplikasi ini karena peringkat kita bisa disusul sama yang lain di League yang sama dengan secepat kilat. Jadi harus dimainin terus biar nambah poin dan peringkatnya naik. Sekarang, gue bisa mengurangi waktu nge-tweet gue cuma karena sedang menggunakan ponsel untuk main game ini.

Lucunya, hampir semua temen-temen gue yang SM Biased main ginian. Tentu saja. Semuanya korban Park Chanyeol. Wajar kalau dia dibilang Happy Virus. Kerjaannya emang tukang sebarin virus sih. Walaupun nggak semuanya happy juga sih main game ini karena kadang bikin stres sendiri.

Sejak semua temen pada main game ini, sekarang kalo kalau ketemu pasti ada sesi saling cuekin satu sama lain karena sibuk sama hape sendiri dan mainin aplikasi biadab ini. Kalau sudah pada sadar dan kehabisan headphone baru deh ngomong. Sekalian coaching clinic bagaimana cara mengawinkan kartu dengan baik dan benar.

Jujur aja gue yang mainnya selalu pake telunjuk sempat ngerasa telunjuk tangan kiri gue kayak keseleo gitu. Keseringan mencet tombol biru kuning. Gara-gara aplikasi ini juga setiap kali dengerin lagu SM yang ada di game ini, selalu kebayang ada tombol biru dan kuning yang sedang berjalan mendekat dan minta dipencet.

Buat SM Stan game ini bisa jadi sangat menyenangkan karena pas main kan dengerin lagu-lagu yang kita suka juga. Tapi lama-lama beneran ini bikin kesel. Terlebih kalau udah bagian nyari-nyari kartu. AAAARRRGGGHHHH BAGIAN INI SIH YANG PALING BIKIN STRES.

Setres. Kartu-kartunya nggak bisa di-bluetooth. Setres.

***

SM Superstar ini (katanya) bukan game yang bisa diunduh dari Indonesia. Karena di Play Store sendiri game ini nggak kedeteksi sama sekali. Kabarnya game ini hanya bisa diunduh di Korea Selatan saja. Jahat ya? Iya SM tuh emang jahat. Liat aja Jessica digituin. #eh #nggak #ini #becanda

Tapi atas bantuan aplikasi dari Tiongkok yang bernama QooApp, kita bisa menikmati SM Superstar dengan sangat baik dan bijaksana. QooApp juga membantu kita untuk meng-update aplikasi SM Superstar setiap kali butuh di-update.

Aplikasi SM Superstar termasuk berat. Baik di memori internal hape, RAM dan juga kuota internet. Walaupun file installer-nya cuma berkisar 35 mb, tapi file 'sampah'-nya banyak banget. Tapi terbilang cukup lancar untuk hape dengan RAM 1GB - 1,5 GB.

Aplikasi ini lancar digunakan di Galaxy Mega 5,8 yang RAM-nya 1,5 GB dengan prosesor Dual Qore. Buat yang pake di hape yang RAM dan prosesornya di bawah itu gue nggak tahu deh, mungkin ada yang coba? Boleh di share di bagian komentar. Gue sendiri tidak mengalami masalah menggunakan ini di ASUS Zenfone 6 yang RAM-nya 2GB dan prosesornya Intel Atom.

Yang perlu diingat, ketika install pertama kali aplikasi ini akan butuh koneksi internet yang kenceng karena harus mendownload banyak macem sebelum bisa digunakan. Gue saranin pake Wi-Fi supaya hemat kuota aja sih. Karena waktu itu gue coba donlot pake internet XL-yang-katanya-Unlimited, tidak bisa bertahan lama dan muter-muter doang nggak kelar-kelar. Pas pertama mulai akan ada 3 kali proses download. Jadi bersabarlah di tempat yang ada Wi-Fi-ya sebelum bisa main.

Nah setelah udah bisa, silahkan deh bikin profil pake avatar artis SM favorit kalian. Pilih negara dan isi juga username yang mau kalian pake. Jangan lupa registrasi jadi regular member yang hanya tinggal isi email doang terus kelar.
*

Untuk update MY INFO, sentuh saja profil yang ada di pojok kiri atas. Untuk mendaftarkan email, scroll terus sampai ke bawah ketika tampilan seperti yang di atas sudah muncul.
*
Gue sendiri mendaftar dengan nama 'papapirang', negaranya kemaren Indonesia tapi gue ganti jadi Caribbean karena kesel setiap beli kartu nggak pernah dapet yang bagus (pas gue ganti ke Caribbean gue dapet Sulli yang 'A'--gak tahu sebesar apa pengaruh negara ini sama kartu yang didapatkan sebenarnya, abis itu gue ganti lagi dari Tunisia, Pakistan, sekarang gue lagi di Saudi Arabia), terus avatarnya gue pake Suho (Overdose).

Nah, basa-basinya cukup kan? Ini gue kasi link download-nya dari beberapa cloud supaya bisa jadi pilihan. Karena banyak yang bingung sama extract-extract, gue upload-nya per satuan aja jadi ikuti instruksi di bawah ini:

(jangan lupa di setting Android kalian, perbolehkan untuk meng-install aplikasi dari luar--di luar playstore)

1. Download dulu QooApp disini (4shared, dropbox, Google Drive). Lalu install.
2. Kemudian download SM SUPERSTAR disini (4shared, dropbox, Google Drive). Lalu install. Versi yang gue kasi disini masih 1.0.4 tapi sekarang sudah 1.0.6. Nggak masalah karena nanti akan update sendiri setelah kalian install dan membuka aplikasinya.

UPDATE: Download Versi 1.2.2 Lewat Link Ini

UPDATE: Download Versi 1.2.5 Lewat Link Ini (Sekarang sebenarnya udah versi 1.2.9 tapi gapapa install yang 1.2.5 nanti update LEWAT QOOAPP. Di link yang ini juga ada .apk QooApp versi terbaru. Oh iya ini link google drive)

Perlu diingat bahwa QooApp juga butuh di-update. Kayaknya aplikasi ini nggak bisa auto-update deh jadi jangan lupa di cek aja minimal lah dua minggu sekali siapa tahu butuh update. Sementara untuk SM Superstar sendiri akan ngasih notifikasi setiap kali ada update lagu baru dan semacamnya.

***

SM SUPERSTAR SEPENGALAMAN SAYA

CARA MAIN

Game ini sebenarnya simpel banget. Cuma tinggal nge-tap di setiap tombol biru yang muncul ketika mulai lagu. Sementara tombol kuning butuh di tap dan ditahan/digeser sesuai dengan jalur yang muncul. Kalo jalurnya lurus ya ditahan kalo zig-zag ya digeser sesuai zig-zag-nya.
*

*
PENGENALAN TAMPILAN ANTAR-MUKA
*
*
  • Profile Picture: bisa diubah sesuai mood. Kalo lagi ngefans Suho pake Suho, kalo lagi suka Tiffany boleh pake Tiffany. Tapi sayang nggak ada IU sama Jiyeon. Apalagi Hyorin gak ada di sini.
  • Username: bisa diubah-ubah juga kalau galau.
  • Logo artis: berubah sesuai dengan skor tertinggi yang kalian dapatkan selama main. Kalo pas main yang tertinggi TVXQ, jadi TVXQ. Gue sekarang (dan sampai sejauh ini) BoA karena gue dapet kartu BoA yang S.
  • Headphone: akan berkurang setiap kali main. Tapi bisa nambah otomatis lima menit sekali dapat 1 headphone. Maksimal 5 headphone free. Bisa nambah juga kalo disumbang sama orang lain yang naik level di League. Otomatis itu gak usah minta dan spamming LINE dsb.
  • Reward Point: modal buat beli kartu dan upgrade kartu. Didapatkan dari setiap selesai main satu lagu. Satu lagu bisa berharga sampai 700 reward poin. Kalo main CHALLENGE bisa sampe ribuan.
    *
*
  • Diamonds: ini bisa dipake buat beli kartu juga sebenernya. Tapi butuh banyak diamonds buat dapat kartu yang premium. Sementara untuk mendapatkan Diamonds secara gratis kita harus bisa nomor 1 atau paling nggak 5 besar di League setiap berakhirnya Weekly Ranking. Gue sendiri baru punya 22 Diamonds dan sejauh ini gak pernah dipakai karena belom cukup juga.
  • Shop: toko (yaelah) Disini lo bisa beli Diamonds, Kartu, Rhythm Point, Headphone sama Inventory (gunanya Inventory buat memperbanyak ruang penyimpanan kartu. Jadi kalo misalnya kartu lo kebanyakan dan nggak lo kawinkan atau lo jual, kartu baru nggak bisa kesimpen).

    Untuk urusan berbelanja sendiri gue selama ini cuma berbelanja Kartu saja. Karena yang bisa dibeli dengan Rhythm Point cuma ini. Yang lain gue cuekin. Kalo Inventory penuh biasanya gue jual kartunya untuk dapat sekitar 200 Rhythm Point tergantung kelas kartunya.
    *
 *
Kalau kalian punya banyak Reward Point, bisa beli langsung yang 30 Kartu. Tapi saran aja sih, lebih enak beli yang 5 Kartu sebanyak 6 kali sama dengan 30 kartu. Alasannya, di antara 30 kartu itu nggak semua kartu grade-nya bagus. Yang A atau B paling cuma dua sampai tiga dan sisanya C. Sementara kalo 5 Kartu yang A atau B bisa dua dalam satu bungkus. Jadi kalau beli enam kali, kemungkinan dapat kartu grade tinggi lebih besar.

Kayaknya.

Tapi kalo di awal kalian banyak kartu yang kosong dan buat ngisi kekosongan bolehlah sekali beli 30. Hehehehehehehe

LEVEL

Ada tiga level yang disediakan yaitu EASY, NORMAL dan HARD. Ketika baru mulai, masing-masing lagu akan diunduh secara otomatis dan ini makan waktu sekitar satu menit kalo lemot. Kalo lemot banget ya silahkan banting saja hape anda. Setiap mulai lagu baru, akan didonlot langsung. Tapi kalau misalnya kalian udah selesai level EASY (semua lagu dimainkan) ketika main NORMAL gak perlu donlot lagu lagi.

Gue tipikal yang suka tantangan jadi gue nggak main di EASY. Pas pertama kali main gue langsung NORMAL terus ke HARD. Tapi HARUS JUGA MAIN di EASY soalnya kan setiap kali kelar satu lagu yang ada MISSION-nya, kita dapet kartu. Nah sebosennya level EASY, kartunya dibutuhkan juga.

EASY itu mainnya kayak cuma ngikutin ketukan paling dasar dari lagu dan tombolnya jarang-jarang. NORMAL itu kombinasi dari beat lagu sama lirik lagu. HARD itu kombinasi beat lagu, lirik lagu sama diisengin SM. Apalagi lagu 'Lucifer' sama 'Airplane'-nya f(x). Dua lagu tersulit yang sampai saat ini HARD-nya gue baru bisa bintang 2 doang.
*
*
KARTU

Ada dua cara untuk mendapatkan kartu: mainin lagunya (baik di pertama kali main dan Challenge) dan beli di shop dengan menggunakan Reward Point.
*
*
Kalau misalnya nanti semua lagu sudah kalian mainkan, dan semua kartu sudah terbuka, bukan berarti permainan selesai. Kalian harus survive di League yang kalian tempati saat itu dan naik ke level berikutnya (Bronze I ke II ke III ke Silver I ke II ke III dst dst dst).

Nanti kalau sudah semua lagu termainkan dan kartu terbuka, setiap main 3-5 lagu (bebas) akan ada CHALLENGE. Disini kalian akan dapat 1 kartu baru (random, kelas C) dan Reward Point yang berkisar antara 2000 - 6000 (gue baru dapet 6000-an). Reward Point yang kalian dapatkan berbeda di setiap level (Easy, Normal, Hard).
*
*
Jenis kartunya ada beragam. Satu artis punya beberapa tipe kartu. EXO misalnya ada kartu 'OVERDOSE', 'MIRACLE' sama 'GROWL'. Kalo artis solo kayak BoA/Henry (dan TVXQ) punya kartu 'Vocal', 'Dance' sama 'Rhythm' yang juga masing-masing punya kategori sesuai album.

Kelas kartu ada yang C, B, A dan S. C itu yang paling hina, B warnanya merah dan lumayan, A itu yang oke warnanya Ungu, S yang dewa warnanya Emas.

Masing-masing kartu ada bintang dari bintang satu sampai bintang lima. Semakin banyak bintang di kartu maka semakin tinggi nilai dari kartu itu, semakin besar skor yang kalian dapatkan setiap kali main. S bintang lima tentu akan membuat anda jadi God of the Game.

Masing-masing kartu bisa dinaikin bintangnya dengan dikawinkan (dibagian CARD di TAMPILAN ANTARMUKA). Tapi tidak semua kartu selalu berhasil dikawinkan.
*
*
Enam kartu yang di atas adalah kartu yang sedang kalian gunakan. Pilih kartu dengan jumlah power tertinggi dan bintang terbanyak. Walaupun misalnya nggak GROWL semua atau OVERDOSE semua, untuk sementara supaya pas kalian main dapet RP banyak, EQUIP yang paling gede aja.

Cara EQUIP-nya, buka CARD (lihat tampilan antar muka) terus pilih kartu yang ada di deretan bawah, nanti muncul kayak gini:
*

*
Kalo tulisannya UNEQUIP berarti kartunya sudah terpasang. Kalo misalnya belom, nanti disitu tulisannya jadi EQUIP (halah). Terus itu di bagian bawah kan ada deretan kartu lain tuh, nah itu tuh fungsinya buat dikawinin atau dijual. Untuk mengawinkan kartu, tinggal pencet POWER UP nanti muncul tampilan kayak gini:
*
*
Deretan kartu di bawah nambah kan ya jadi banyak muka member. Nah itu bisa dikawinin sama yang di atas (yang paling besar). Caranya tinggal di klik aja salah satu dari banyak kartu yang ada itu. Nanti kalo udah di klik, masuk ke bagian MATERIAL CARD, nanti kartu yang akan kalian kawinkan dikasih tunjuk kemungkinan berhasilnya (lihat tulisan LOW di bawah kotak biru bertuliskan TRY).

Kalau LOW berarti kemungkinan berhasil-kawin kecil. Kalo sudah pasti berhasil tulisannya HIGH. Kalo masih samar-samar tulisannya NORMAL. Tapi kalo dalam contoh kasus ini, kalo yang gue mau kawinin A sama B atau C pasti akan gagal sih.

Oh iya, di kotak biru yang tulisannya TRY itu kan juga ada kotak yang nunjukkin berapa RP yang dibutuhkan untuk mengawinkan kedua kartu.
*
*
Untuk mengawinkan kartu dibutuhkan strategi juga. Semisal, tidak selalu Baekhyun C 'Growl' bintang 1 dikawinkan dengan Baekhyun C 'Growl' bintang 1 akan menghasilkan Baekhyun C 'Growl' bintang 2. Karena perkawinan sesama jenis ini bisa juga gagal.

Intinya, C bisa dikawinkan dengan C yang lain di grup yang sama (EXO sama EXO, gak bisa lo kawinin Baekhyun sama Taeyeon). Perkawinan juga bisa terjadi antar member, nggak harus kartu dengan gambar member yang sama. Atau juga antar album tidak selalu harus album yang sama.

Baekhyun C 'Growl' bintang 1 bisa dikawinkan dengan Baekhyun 'Overdose' bintang 1. Walaupun tidak selalu berhasil.

Suho C 'Miracle' bintang 1 bisa dikawinkan dengan Baekhyun 'Overdose' bintang 1. Walaupun juga tidak selalu berhasil.
*
*
Nggak ini bukan berarti Baekhyun MIRACLE sama Baekhyun OVERDOSE dikawinin jadi TIFFANY ya. Ini cuma ilustrasi kalo berhasil kawin tulisannya kayak gitu. Kalo gagal nanti tulisannya FAILED terus di kartunya ada garis-garis diagonal kelabu gitu.

Sepanjang hidup gue main ini, Tao 'Miracle' C adalah yang paling susah dikawinkan (SEMUA KARTU MIRACLE NGESELIN). Dia (DAN MEREKA) menolak dikawinkan dengan siapapun dengan grade bintang berapapun. Tao (MEREKA) pilih-pilih banget kan kesel.

Tapi untuk tahap awal, sebaiknya koleksi kartu dulu sebanyak-banyaknya sebelum mengawinkannya. Oh iya, ngawinin kartu juga butuh Reward Point. Kalo gagal, Reward Point kalian hilang sekaligus kartunya juga hilang. Reward Point yang hilang jumlahnya berbeda-beda juga. Tergantung grade kartu yang kalian kawinkan. Paling rendah 100 paling tinggi bisa 5000 untuk C bintang 5 yang mau di-upgrade.

***

SEDIKIT UPDATE:

1. Gue baru tahu beberapa hari belakangan caranya mengawinkan kartu beda grup. HAHAHAHAHA Oke jadi yang pertama buka dulu inventori kartu, terus klik di pojok kiri bawah (lihat gambar). Itu option buat penyortiran kartu. Berdasarkan HIGH GRADE, LOW GRADE, atau NEWEST. Nah di bagian atas ada GROUP (ON/OFF). Pilih OFF. Jadi nanti kartunya akan tersortir tidak berdasarkan grup.
*
*
Nah setelah itu kalian bisa deh kawinin kartu EXO dengan SNSD. Misal, Baekhyun dengan Taeyeon. Begitu. Kemungkinan berhasil? Sama aja dengan mengawinkan kartu sesama grup. Kemungkinan gagal juga sama aja. Tapi gue berhasil mengawinkan Sehun S dengan siapa sih antara Tiffany atau Zhoumi gitu yang C. Silahkan dicoba.

2. Ada yang lupa gue jelasin di atas dan ini gue juga baru banget ngerti. Yaitu akumulasi skor untuk naik peringkat. Skor akumulasi ini hanya diambil dari 5 lagu penyanyi yang berbeda. Jadi misalnya nih, gue sejauh ini TOP 5 nya adalah HENRY, TAETISEO, BOA, TVXQ dan TAEMIN.
*
*
Nah, skor HENRY gue kan 2,028,406. Kalo misalnya gue mau naik peringkat di LEAGUE, gue harus main lagu HENRY yang sama atau yang lain dan skornya harus melebihi yang itu. Begitu juga dengan artis yang lainnya.

Misal gue dapet kartu bagus di f(x)--anggaplah kartu gue S semua yah bintang 3--dan skor terendah gue di 5 besar itu TAEMIN dengan 1,519,706. Terus gue main f(x) yang AIRPLANE misalnya dan dapet skor 1,520,000, maka nanti TAEMIN akan diganti dengan f(x) dan akan diakumulasikan skor f(x) gue.

Kalo misalnya gue dapet skor f(x)-nya 1,9 juta, ya dia akan naik ke bawah HENRY dan yang terbawah akan turun. Begitu seterusnya. Makanya itu kenapa harus punya kartu bagus huhuhuh. Sejauh ini gue cuma bisa ngejer lima besar dari artis yang kartunya sedikit. Lima terbesar gue semua ada kartu S-nya. Kalo untuk bisa masukin SUJU di lima besar, minimal kartu S-nya harus 9 member lah itu kan nyiksa banget.

Strategi gue sih selama ini gue lihat dulu siapa aja yang ada di lima besar gue (klik di pojok kiri atas, avatar dan username kita). Abis itu gue akan ulang terus main lagu artis yang bersangkutan sampai bisa mengalahkan skor yang sudah ada. Kenapa ulang terus? Karena pada kenyataannya kartu terbaik yang gue punya adalah mereka yang ada di lima besar itu.

Percuma gue main SUJU tapi kartu SUJU gue jelek. Gak akan mengubah peringkat gue di LEAGUE. Nah kurang lebih kayak gitu.

***

UPDATE TERBARU!

KARTU BARU: R CARD (ROYAL CARD)

Per 16 Desember 2014, SM Superstar meresmikan kartu baru yaitu R. Kartu ini lebih tinggi derajatnya dari kartu S. Tapi sayangnya kartu R nggak bisa dibeli pake diamond dan mendapatkannya harus dengan mengawinkan 2 kartu S bintang 5.

Kartu R di dapatkan lewat event yang dibuka tanggal 16 Desember 2014, dan kalo nggak segera dibuka nanti nggak dapet (kalo kalian baca ini setelah tanggal 16 dan gak dapet, jadi tahu kan alasannya kenapa).

Berikut penjelasan SM soal kartu R:

1. Kartu R bisa didapatkan dengan meng-upgrade kartu S berbintang 5 (dengan kartu S berbintang 5 lainnya)
2. Proses upgrade tidak membutuhkan Reward Point. Tapi perlu diingat disini, ketika menambah bintang kartu S jadi bintang 5 itu kan mahal banget hahaha jadi sama juga bohong.
3. Kartu R tidak bisa dibeli lewat card packs.
4. Kartu R punya skor bonus yang fix (gue belum ngerti maksudnya yang ini, akan gue update setelah nanti gue ngerti).
5. Kalau ada dua kartu R dengan jumlah bintang yang sama, kartu-kartu itu punya skor bonus yang sama. Beda dengan kartu-kartu yang lain (C, B, A, S). (Yang ini juga gue nggak paham)
6. Bintang Kartu R bisa di POWER UP sampai lebih dari 5. Tadi gue main, ada yang kartu IRENE-nya di R udah bintang 24. Bangkek.
7. Bersamaan dengan pengumuman ini, SM Superstar juga sudah mengubah kemungkinan sukses perkawinan kartu-kartu C, B, A dan S. Jadi lebih besar kemungkinan berhasilnya kalau mengawinkan kartu-kartu tersebut sejak hari ini.
8. Gue belom tahu apakah kartu R ini bisa berhasil jika di POWER UP dengan kartu C, A, B. Tapi tadi gue coba dengan A bintang 3, gagal, meski probabilitasnya HIGH:
*


*
Perlu diingat kalau kemungkinan berhasil mengawinkan kartu itu sebenarnya LUCKY aja. Karena gue pernah beberapa kali berhasil mengawinkan S dengan C dan B dengan C. Coba aja terus. Kalo mau diibaratkan, dari 20 kartu C yang berhasil dikawinkan dengan S bisa cuma 2 doang, bisa juga 1 doang.

Tapi karena sekarang udah upgrade versi, dan SM menjanjikan probabilitas yang lebih besar, harusnya ke depannya nggak sesulit itu mengawinkan C dan S. Keep trying!

Hari ini gue buka dan gue dapet kartu R-nya Chen yang 'Overdose'. Berikut penampilannya:
*
*
Sekalian, bersamaan dengan upgrade hari ini tampilan SM SUPERSTAR juga berubah. Sekarang lagu-lagu bisa dikelompokan ke dalam grup masing-masing. Jadi kita bisa lebih mudah mencari lagu yang ingin kita mainkan, nggak cape skrol-skrol lagi.

Selain itu juga, ketika kita memilih option sort by group (ada di pojok kiri atas di bawah identitas kita), akan muncul tampilan seperti di bawah ini yang menunjukkan seberapa banyak lagu yang sudah berhasil kita mainkan dan dapat bintang berapa banyak.
*
*
Beberapa perubahan tampilan minor lainnya juga dilakukan untuk lebih menyempurnakan kualitas game ini. Silahkan UPDATE GAME-NYA LEWAT QOOAPPS dan instruksi donlot serta install sudah dijelaskan di atas.
*



***

Nah sejauh ini gue baru bisa nulis pengalaman gue sebegini dulu. Nanti kalo misalnya gue main terus ada yang baru gue update deh. Untuk informasi lengkap soal SM SUPERSTAR bisa kesini aja. Tapi nggak tahu deh itu bisa lo baca gak pake Hangul soalnya gue aja gak ngerti.

Kalo kalian sudah main dan ada tips dan trik silahkan tulis di komentar yah! Berbagi itu indah.

Oh iya, di game ini juga ada Tutorial berbahasa Inggris kok. Cukup jelas juga coba nanti dibaca dulu kalo yang ini nggak jelas atau sama sekali nggak membantu HAHAHAHAHAHAHAHAHAHHA

Selamat mengeritingkan jari jemari anda, yorobun!
*

Share:

192 komentar

  1. Bang maennya harus ada koneksi internet ya? Kalo kagak ada koneksi kagak bisa maen? Jawab please :D

    BalasHapus
  2. cara update QooApp gmn? d apk2 ps ga muncul ._. thx

    BalasHapus
  3. Sebelumnya makasih yaa kak Ron udah ngeshare soal SMSuperstar. Aku udah sering cari org yg ngeupdate soal game ini, tapi gaada. Eh dan aku menemukannya di kaoskakibau!!!! Yehet!
    Aku mau berbagi tips menurut aku boleh kan, kak Ron?
    Fyi, aku pengguna android dgn RAM hanya 512 Mb. Kata kak Ron kan yg lancar maen game ini paling RAMnya 1-1.5 Gb. Tapi alhamdulillah, walaupun RAM aku kecil, tapi maen game ini lamcar kaya gaada gangguan (walaupun boros batere-_-), soalnya ada app yg bisa ngebersihin memori sm RAM supaya cachenya dibersihin rutin.
    Buat fans SM yg belum sempet download game ini dan pngn download dgn kecepatan wajar, aku saranin pake kartu 3 yang kuotanya 3-8Gb. Soalnya, aku download pake 3 yg 3Gb dan lancar. Ya bener apa kata Kan Ron, kalo mau lebih hemat ya pake WiFi, tapi yg dikota2 kecil kaya Sukabumi (kota asal aku), susah nyari Wi Fi yang ga lemoooot-_-
    Terus, buat yg pngn dapet peringkat 3 besar di league biar bisa naik level kan harus dapet nilai akumulasi yg tinggi dari 5 lagu berbeda, kan?
    Nah, aku mau kasih tips yg ini.
    Misalkan:
    Di 5 lagu dgn nilai tertinggi punya kalian itu Genie, One Dream, Catch Me, Opera, dan Overdose (EXO K). Nah, kalian pngn supaya nilai kalian itu lebih dari yg udah kalian dapet. Caranya?
    Kalian harus dapet nilai yg tertinggi dari 5 lagu tadi (dgn catatan 5 lagu yg bisa ada di high score kalian itu harus berbeda artisnya dan gabisa 1 artis 2 lagu.)
    Aku kasih contoh:
    Nilai Overdose (EXO K) di high score kalian itu 600.780. Supaya bisa naik lagi nilainya, kalian harus dapet nilai dari lagu Overdose (EXO K)/lagu lain dari EXO K itu minimal 600.781.
    Makasih kak Ron udah ngizinin aku berkomentar disini hehe. GBU, papapirang.

    BalasHapus
  4. Kak aku donlot nya dari playstore lo. Ga pk qooapp.
    Jd apdet nya uda otomatis..

    tp kak lbh bagus kalo lengkap tema nya smua ga sih. Bisa level 3 ntar grup nya. Dan langsung pake ultra rave..

    BalasHapus
  5. cara upgrade card gimana ?

    BalasHapus
  6. Ka, kok boa yang peace b hard susah banget? Cara maininnya gimanaa?

    BalasHapus
  7. Tau aplikasi cheatnya ga ka?

    BalasHapus
  8. Kok kalo nge upgrade sering banget gagalnya. Cara biar succsed tuh gimana sih ?

    BalasHapus
  9. Jadi fungsinya kartu tuh apa? Trs kalo main emg ga 1 lagu full?

    BalasHapus
  10. Fatyani Ayu Larasati18 Oktober 2014 pukul 09.17

    Ko headphone aku gabisa nambah ya

    BalasHapus
  11. SM Superstar cuma bisa dimainin di os android 4.1+ ya kak? :((

    BalasHapus
  12. yap~ waktunya di coba

    BalasHapus
  13. Bang itu event terbaru artinya apa ya

    BalasHapus
  14. Bang punyaku udh di Dl eh kok gak bisa masuk. Ada tulisan maintelence nyaaaa huaaaa pengennnn punya ku kok ga bisaaaa

    BalasHapus
  15. Nidya Dwi Septiana9 November 2014 pukul 03.01

    Bisa kok Ron kartu beda grup dikawinin. Di yg ujung kiri bawah itu yang tulisan high grade tinggal di-off-in aja group nya. Gua ngawanin Baekhyun sama Taeyeon failed hahaa, tapi success ngawainin Boa sama Taemin. Pertanda apakah? :p

    BalasHapus
  16. duh gimana ya hahaha itu sih sebenarnya untung2an, gue juga gak punya stratego khusus untuk bisa menyukseskan perkawinan itu.

    BalasHapus
  17. iyak. thanks ya! udah aku update di postingannya!

    BalasHapus
  18. harusnya kalo maintenance bisa ditunggu beberapa saat lagi bisa dipake kok gak ada masalah.

    BalasHapus
  19. iya cuma androind 4.1++ bisa di iOS dengan mengganti region ke South Korea dulu baru donlot di appstore.

    BalasHapus
  20. headphone nambah 5 menit sekali kalo headphone kamu jumlahnya dibawah 5.

    BalasHapus
  21. emang nggak full. eh harus gue jawab gak ya lo kan sering mensyen di twitter hahahahahaha

    BalasHapus
  22. dipencet aja.

    BalasHapus
  23. di atas sudah dijelasin

    BalasHapus
  24. Jawabnya telat qaqaq. Skrg gue dah ngerti hahaha

    BalasHapus
  25. Kak kartu lu keren amat. Banyak bgt yg S :/ envy gw.. caranya gmn sih?

    BalasHapus
  26. Ulasannya bagus banget. Jadi tau itu kartu musti diapain. Kirain cuma buat collect2 doang. Heheh ^.^

    FYI, gw pake RAM 500MB masih tetep jalan kok. Kekeke~ Tapi musti agak sabar, soalnya pakai Wifi sekenceng apapun ada kalanya 1 detik 2 detik ngehang pas lagi main.Bikin ngurang-ngurang poin aja -.- Heol~~

    BalasHapus
  27. Ih ka aku udah download cara upgradenya gimana? ã… ã… 

    BalasHapus
  28. Nadhifa Nurul Arsyarayni22 November 2014 pukul 12.21

    Kak caranya ngerestart password gmn kak ? Gue lupa QAQ

    BalasHapus
  29. Lah kok hp gw gak bisa ya, gimana nih bantuin dong

    BalasHapus
  30. Kok gk bisa main ya ? Game nya minta Update di appstore, tpi di appstore nya gk bisa diblg dinegaraanda tidak diizinkan . nah gmna ? Gk bisa main dong -_-

    BalasHapus
  31. sama nih, aku juga gabisa..gmn yaa admin yang baik hati? :3

    BalasHapus
  32. Cara upgrade kartu gimana sih??? Ko gua ga biaaa

    BalasHapus
  33. cara dapet kartu S gmn sih

    BalasHapus
  34. download APK lgi buat update

    BalasHapus
  35. Gimana caranya dapet S card?? Bisa dr beli kartu nggak? Kaloiya beli yg 5 10 apa 30?? Aku udah lama main ini udah sering beli kartu g pernah dapet S card

    BalasHapus
  36. ♥ Danina ☮ April ♥5 Desember 2014 pukul 23.51

    Aku udh download trus kayak diminta update dulu ,tapi udh di update tetep ga Bisa ,gimana ya ,Bantu dong ,Thx

    BalasHapus
  37. Download dari twitter aja bisa khusus android. Tapi harus download Qooapp dulu baru download gamenya. Dia nyediain khusus mediafire jadi gampang gak harus dari appstore ^^ kalau gak salah twittwernya @superstarsm_sss
    Maaf ya numpang lewat dan baca :D

    BalasHapus
  38. kak aku mau tanya. kmrn kan aku ngawinin kartunya Krystal sampe C bintang 4. nah terus disuruh updgrade kartunya. pas aku klik upgrade, disana nggak ada pilihan kartu. pdhl kartuku yg belom tak equip banyak banget. caranya gimana ya? ._. makasih kak

    BalasHapus
  39. kak mau tanya..
    aku kan udah download app nya laa kok pas aku bka trus dsruh plih bhasa aku klik deeh plhan bhsanya laa kok ktanya server gk bsa dlnjutin yaa
    itu gmn ya kak??

    BalasHapus
  40. koneksi kamu gak bagus

    BalasHapus
  41. itu harus kamu upgrade sama kartu krystal juga dengan jumlah bintang yang sama (bintang 5 harusnya bukan bintang 4). Gak akan bisa diupgarde sama kartu lain.

    BalasHapus
  42. update-nya via qooapps. buka qooapps dulu, cari aplikasi SM Superstar-nya. Update lewat situ. Kalo gak lewat situ gabisa.

    BalasHapus
  43. kalo beli pake yang Reward Point, jarang dapet S Card bahkan bisa dibilang gapernah. Beli pake diamond bisa dapet max 2 S Card. Login dan daftarkan email bisa dapet 1 S Card.

    BalasHapus
  44. baca balasan saya di komentar sebelumnya.

    BalasHapus
  45. update-nya via qooapps. buka qooapps dulu, cari aplikasi SM Superstar-nya. Update lewat situ. Kalo gak lewat playstore emang gabisa.

    BalasHapus
  46. sudah dijawab yaaa

    BalasHapus
  47. sudah dijawab di atas thanks thanks

    BalasHapus
  48. pastikan hape kamu android dan android-nya 4.1 ke atas.

    BalasHapus
  49. aku gatau. lol harusnya pas kamu daftarkan email itu, ada email yang dikirimkan ke email kamu. coba kamu cek.

    BalasHapus
  50. via qooapp. semua update aplikasi ini via qooapp. sudah cukup jelas sih sebenarnya dijelaskan di atas kalo baca dengan teliti.

    BalasHapus
  51. Kak sekedar share sih. Selama ini aku gapernah download qooapps buat main. Aku pake samsung grand2 kan kalo download tinggal cari link mediafire installernya di twitter trs download biasa main dehh.

    BalasHapus
  52. ronzzy bisa bantu bukain lagu lagu yang di hard ga 😭 barter deh sama gift atau pulsa atau apa kek 😂😂 masa ini mentok sampe lagu mr simple doang

    BalasHapus
  53. game ini mirip get rich tpi masih lebih susah ini
    penjelasannya kyak belajar matematika-___-"

    doain gue kak bisa download qooApp gue pengen bangen main ini game TT_TT

    BalasHapus
  54. kak tdi gue asal ngecek aja di playstore itu juga gue cek di laptop bukan di hp
    pas gue cari ehh ada kak entah ini asli atau palsu-_-
    gue bingung kak, menurut lu kak ini beneran?

    BalasHapus
  55. Kak, tapi kok aku tinggal gamenya 2 jam, headphone cuma dapet 2 ya? Itupun keknya diksih org ato gmn gtu..

    BalasHapus
  56. bagus dong jadi gak repot lol

    BalasHapus
  57. buakakaka bukannya gak mau, tapi lagi gak sempat ngapa2in.

    BalasHapus
  58. nggak akan bisa di search lewat playstore. sumpah deh.

    BalasHapus
  59. gamungkin....... INI GAK MUNGKIN!

    BalasHapus
  60. Seriusan deh kak GAK BISA TIDUR nyampe pagi --' :3

    BalasHapus
  61. Aku bantu mainin. Katalk: parkyjw94

    BalasHapus
  62. Kak, mksd ny skor kartu R fix itu, jd misal kakak pnya kartu R chen overdose bintang 1, sama luhan overdose bintang 1, nah klo kakak liat detail kartu ny kan ad skor sama health kan, itu angka ny akan sama tiap kartu. Beda sama C, B, A, sama S. Klo kartu S kan beda2 kak misal BoA S bintang 5 sama Leeteuk S bintang 5 itu bkln beda angka ny yg di detail itu

    BalasHapus
  63. Klo di komp bs disearch, tp ga bs didonlot haha krna pas mw donlot dsrh login dan taraa aplikasi ini tdk tersedia di negara anda

    BalasHapus
  64. Kak asli sampe skrg gue ga ngerti ngawinin kartu gimana?-.- kayak d getrich ato bukan sih?

    BalasHapus
  65. mungkin klo dgn link bisa?
    bisa gak sih kak? bisa gakk?

    BalasHapus
  66. Kak aku tanya yah, updatenya kan via qooapp ya terus kan qooapp nya bahasa mandarin gitu aku nggak ngerti mau mencet yang mana._.

    BalasHapus
  67. Buka qooapp, cari ikon superstar smtown, pencet aj ntr kan ad bnyk keterangan ny tuh. Di plng bawah kiri ad tulisan update. Bahasa inggris kok button ny

    BalasHapus
  68. Pencet aj kartu ny, ntr di detail kan ad power up, trs plh aj krtu yg lain (yg ga ke equip). Pencet kartu yg dbwh itu, ntr jd material catd, klik aj try. Tp klo probabilitas ny low ya jgn dicoba haha

    BalasHapus
  69. Kaaaaaaa kan maen nih, terus berenti di holler nya tts yg normal(karna aku nda bisa), itu brrt kan aku blm buka mission kan? Itu gabisa maen yg di blakangnya yah u,u?

    BalasHapus
  70. Kalo boleboleh bagi dong linknya yang ver 1.2.2
    Makasih

    BalasHapus
  71. Mau tnya cara registernya gmna ya.. ? Aku kok gk bisa cma ada login sma start tapi nulis nickname berulang kali -_-' Tolong bantu please ^^ GOMAWO

    BalasHapus
  72. Kalo mau upgrade kartu S yang udah bintang 5 jadi kartu B gimana yah??

    BalasHapus
  73. Mau tnya cara registernya gmna ya.. ? Aku kok gk bisa cma ada login sma start tapi nulis nickname berulang kali -_-' Tolong bantu please ^^ GOMAWO

    BalasHapus
  74. Halloo mau tanya gue uda sukses download masuk ke app bisa tapi setiap mau main malah tiba tiba keluar dari aplikasi sendiri
    uda gue coba berulang kali hasilnya ttep sama yg salah apanya ya?

    BalasHapus
  75. Bro, ini klo memory internal cuma 2gb bisa ga?

    BalasHapus
  76. Upgrade pke kartu C bintang 5 jg. Dgn artis yg sama. Jd klo yoona C bintang 5 hrs sama yoona C bintang 5 jg

    BalasHapus
  77. Halo. Maaf br bales. Jd pertama, cek memory hp kmu msh ckup ap ga. Krna size game ini ckup gede. Yg kedua, pastiin koneksi internet ga lemot. Soal ny game ny butuh koneksi internet cpt

    BalasHapus
  78. kak kl lupa password account nyaa gmn yh? cara reset ulangg gtu
    help . help ..

    BalasHapus
  79. Ga bs. Msti diroot hp ny

    BalasHapus
  80. Itu brrti memory hp kmu gamuat say. Tmn ku jg bgtu. Klo ga internet ny krg kenceng speed ny

    BalasHapus
  81. Gege kok ga bisa download qoo app nya di dropbox 😫😫😫😫

    BalasHapus
  82. bantu dong, gue pake ipod touch mau download ini tp gabisa kebaca di dropbox gue ada yg bs bantu caranya?

    BalasHapus
  83. kalo gabisa, coba donlot yang kompatibel sama ipod touch-nya di google. qooapp for iOS gitu. aku gak pake iOS jadi agak gak ngerti ehehehehehehe

    BalasHapus
  84. beberapa orang ada yang dapet email dari dalcom soft-nya ketika registrasi. tapi aku nggak dapet. coba kamu cek email yang kamu pake pas daftar mungkin ada backup password-nya disitu. aku pernah cek tapi gak ada di aku dan untungnya sih aku gapernah gagal login.

    BalasHapus
  85. hmmm... harusnya sih nggak masalah karena ini kan file installer-nya kecil banget yak cuma 34 mb cuma file bawaannya yang mungkin agak ganggu. kalo internal 2gb kemungkinan akan bikin lemot ketika kamu menjalankan aplikasi yang lainnya.

    BalasHapus
  86. aplikasinya butuh di update. kamu update dari qooapp seperti penjelasan di atas dulu ya.

    BalasHapus
  87. register apa nih maksudnya? Email? Kalo main sih setelah tulis nickname bakalan jalan mulus. kalo email, ya emailnya harus aktif dan available.

    BalasHapus
  88. kalo stuck di satu lagu yang masih digembok, lagu seterusnya gak bakalan bisa dimainin.

    BalasHapus
  89. Fa-Arsilis Allafta♡28 Desember 2014 pukul 23.07

    bang tau cara upgrade kartu gak? gue kartunya banyak yang udah bintang 5 lah mau di upgrade gak ngerti cara. trus bang lo kok kartunya banyak yang B ma S sih. iriii gue :(

    BalasHapus
  90. Fa-Arsilis Allafta♡28 Desember 2014 pukul 23.09

    bantu jawab ya temenku pake iOS jadi appstorenya di ganti pake appstore korea. gak usah donlod qooapp lgsg cari di appstore aja. iOS harus diatas 7 ya :)

    BalasHapus
  91. Haii bantu jawab ya..
    S card bisa didapatkan dengan beli card pack 5,10,30 tapi yg bayarnya pakai diamond.. klo beli yg bayarnya pake RP (rhythm point) gak akan pernah dapet S card.. hehe xD

    BalasHapus
  92. bantu jawab yaa :)
    Klo mau upgrade kartu, misal dari C bintang 5 jadi B, harus dikawinkan dengan artis yg sama.. Misal Tiffany C bintang 5 dikawinkan dng Tiffany C bintang 5 juga (gak bisa klo Tiffany kawin sama Taeyeon wlpn sama2 bintang 5).. kawinnya bisa dengan tipe yg beda (misal MrMr sama IGAB, gak harus sesama MrMr)

    *semoga membantu :)

    BalasHapus
  93. Maap mungkin nih pertanyaan gk begitu penting .. tpi menurut aku ini penting .-. .. gamenya kagak bisa d log out ya kak? Jdi kn rencananya ak pengen pnya 2 akun (maruk) :D mohon di jawab ya kakak :D

    BalasHapus
  94. caranya punya nickname atu cara punya akun nya gmna? soalnya ak ga akan bsa mainin itu game klu ak g pnya akunnya....
    hehehe.... jawab ya ka. thx 😃

    BalasHapus
  95. Fa-Arsilis Allafta♡2 Januari 2015 pukul 18.59

    iya aku kayaknya udah baca commentmu di comment orang lain. thankss yaaa:)) aku udah nyoba ngupgrade kok^^

    BalasHapus
  96. Kak, sya udh donlot berkali kali dan hasilnya gk bisa ke buka gamenya .. Itu kenapa ya ?
    Mohon bantuannya:"3

    BalasHapus
  97. oke sipp, sama2 ;)

    BalasHapus
  98. Kak sya udh berhasil donlot tpi waktu di buka selalu gk bisa, itu kenpa ya ? :"3
    Mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  99. Fa-Arsilis Allafta♡3 Januari 2015 pukul 10.57

    maaf nih aku mau tanya lagi. klo misal Mr mr yoona C dikawinkan dengan the boys yoona C nanti jdinya Mr mr B atau The boys B?

    BalasHapus
  100. Aku jg nih bg. Kluar tulisan maintenance nya. Tp udh ditggu2 drtd juga ngga bsa kebuka. Biasanya bisa bg. Gmn ini? :(

    BalasHapus
  101. Bisa beli diamond pakai kartu debit indonesia ngga sih?? Visa card ?? Karena aku ngga bisa katanya malah nomornya salah.. padahal jelas2 bener

    BalasHapus
  102. Mau bantu jawab yaa. Tergantung kartu yg lagi di-equip saat ininya apa. Misalnya yg lagi di-equip yoona yg mr mr, dikawinin sama the boys. Jadinya sesuai sama yg lagi di-equip, yakni yoona mr mr B, gitu.

    BalasHapus
  103. Permisi :)
    Numpang tanya ..
    Sya udh download ini game berkali kali tapi waktu di buka aplikasinya selalu gk bisa/nutup sendiri .. Ini kenpa ya ?
    Tolong bantuannya :) makasih
    Maaf ya udh ganggu :)

    BalasHapus
  104. Kak bantuin sya ..
    Sya udh download ini game berkali kali tpi waktu mau di buka ini game selalu gk mau/ nutup sendiri .. Itu kenapa ya kak ?
    Mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  105. buka "My Info" (klik profil yg ada di bagian pojok kiri atas), ntar lihat bagian paling bawah ada pilihan registrasi, tinggal masukkan email yg aktif dan password aja :) selamat mencoba :)

    BalasHapus
  106. klo ngeklik "equip" atau "upgrade" nya di kartu the boys jadinya ya the boys :)

    BalasHapus
  107. nggak bisa di logout, hehe.. bisanya switch account.. klo mau punya 2 akun, install lagi di hp/tablet yg berbeda, ntar registrasi disitu, klo udh berhasil yg di hp/tablet ke 2 itu aplikasinya di uninstall lagi (klo gk mau dipake disitu). Di hp pertama ntar bisa switch account login pake akun ke 2 :) selamat mencoba :)

    BalasHapus
  108. sudah di upgrade ke versi terbaru blm? :)

    BalasHapus
  109. Itu mainnya di android/ios? Gue pake android, lancar2 aja kok. Mungkin file-nya corrupt, coba download ulang aja. Maap ya kalo ga membantu, ga ngerti juga gue soalnya :3

    BalasHapus
  110. Ohh gitu yah kak .. yahh gk bisa di log out :( ... okedeh klo gitu makasih yah kak ^^

    BalasHapus
  111. Kak ak udah download tpi gak bisa main,,
    Klo ak isi emai sma pass nya kembli k stu mulu

    BalasHapus
  112. Di pojok kiri atas cuma ada tulisan SM,my info nya ga ada

    BalasHapus
  113. maksud saya klik bagian yg pojok kiri atas, yg bagian warna pink itu, yg ada gambar pp / logo nya.. hehe..
    (contohnya: kalau punya kak ron bagian yang ada tulisannya "papapirang" itu, nah itu diklik)
    ntar klo udh diklik masuk ke halaman "my info", cari paling bawah ada tombol registrasi / regular member

    BalasHapus
  114. nggak bisa klo di playstore, khusus yg di korea saja yg bisa lewat playstore.
    cara upgradenya lewat aplikasi qooapp :)

    BalasHapus
  115. itu pencet yg "touch to start", gak bisa klo langsung login karena belum registrasi :)
    masuk dulu ke game nya, trus nanti masuk bagian my info (bagian pink yg di pojok kiri atas), nanti ada menu registrasi disitu :)
    selamat mencoba..

    BalasHapus
  116. Sdah ak cba kak,, tpi balik mulu minta nickname mulu

    BalasHapus
  117. Iya kak , sya udh coba aplikasi qooapp
    Caranya upgradenya gmna ?

    BalasHapus
  118. http://www.mediafire.com/download/hsswa5n0nv1jne2/Superstar+SMTOWN+ver.1.2.2+by+kpoplover727.apk



    besok kalo ada new version lagi ya tinggal search di twitter keyword "SM Superstar new version" nanti pasti ada kok ;)

    BalasHapus
  119. Kak udh saya upgrade tetep gk bisa :'3
    Gmna ini ?

    BalasHapus
  120. Lyla AggAraa DeViil17 Januari 2015 pukul 21.13

    Cara upgrade kartu gmn siii???

    BalasHapus
  121. Muhammad Rizqi Illahi24 Januari 2015 pukul 19.04

    Kak cara biar bisa update gmn ?

    BalasHapus
  122. Kak.. mau tnya crany upgrade kartu dari Grade B bintang 5 ke grade A gmna ya kak?? Mohon bantuanny.. trims ^^

    BalasHapus
  123. di upgrade sama B bintang 5 kartu yang sama. Misal kamu punya Suho B bintang 5 Growl, jadi kamu harus punya kartu Suho B bintang lima (bisa tipe apa aja growl, overdose dll) untuk ngubah itu Growl B bintang 5 jadi Growl A bintang 1.


    sebaliknya, kalo misalnya kamu mau ngubah jadi A overdose, berarti overdose-nya yang kamu kawinin sama growl tadi.


    Agak bingung ya. intinya harus ada 2 kartu Suho bintang 5 B untuk dijadikan A. Jangan lupa juga reward point kamu harus cukup.

    BalasHapus
  124. sudah dijelaskan cukup detail kok di atas. baca komen2nya juga deh.

    BalasHapus
  125. kemungkinan pas kamu coba itu lagi maintenance atau error. harusnya sekarang udah bisa ya? Udah lumayan jarang error sekarang.

    BalasHapus
  126. bisa. tapi pake credit card nanti nyambungnya ke google cash gitu.

    BalasHapus
  127. via qooapp. sudah dijelaskan di atas.

    BalasHapus
  128. kamu buka qooapp, search aja SMTOWN Superstar. kalo itu versi terbaru, akan ada centang di bagian bawa icon-nya. kalo butuh di upgrade, ada logo kayak tanda panah muter2 recycle gitu,

    BalasHapus
  129. Oke kak makasi buat info and sarannya.. ^^ heheh.. jdi paham deh knpa tiap kali mau upgrade g bsa..

    BalasHapus
  130. kak, mau nanya?? Saya kok waktu mau download lagu buat unlock lagu itu, kenapa gagal terus yaa?? Kira2 kenapa dan saya harus gimana?? Soalnya kalo lagu itu nggak di download tidak bisa lanjut ke lagu berikutnya..

    BalasHapus
  131. kak, mau nanya?? Saya kok waktu mau download lagu buat unlock lagu itu, kenapa gagal terus yaa?? Kira2 kenapa dan saya harus gimana?? Soalnya kalo lagu itu nggak di download tidak bisa lanjut ke lagu berikutnya..

    BalasHapus
  132. kak,ini bisa dipake buat di appstore ga?

    BalasHapus
  133. Ini cara nambahin scorenya gimana sih?
    main 2 hari gila gak bisa nambah2... ngeselin banget niih game satu 😭

    BalasHapus
  134. Kak tanya. Dpetin diamond nya gi mana?

    BalasHapus
  135. Kalo punya aku uda 1.2.3 tapa pas masuk susah betul apa itu harus di update dulu kah ? Tell me please

    BalasHapus
  136. Mirip kayak lets get rich yaa... pake karu gitu... masih bingung sih.. tapi penjelasannya sangat mwmbanru bagi pemula kayak aku. Kl skrg game itu masih rame gak peminatnya??

    BalasHapus
  137. Itu klo main, emang lagunya setengah aja ya ? Atau jangan2 cmn aku yg setengah -.- di gk bisa dapat kartu s or r . Kok bisa sih caranya dpet kartu S or R ? Bagi jawaban ya

    BalasHapus
  138. kak~~ yuhuu ini aku yang dulu semacam katanya mau janjian di global audition 2014 tpi gak ketemu._. kita/? wkwk. ini aku di profilekan cardnya boa b nah di card aku ada s dan a gitu. cara ganti si kartu boa b ini jadi s atau a gimana??

    BalasHapus
  139. Gimana kalau buat grup di FB, biar semuanya bisa saling membantu atau cuma sekedar sharing :)

    BalasHapus
  140. Pengen kawin kawin kartu tapi gue binguung :v
    walaupun diatas tulisannya udh jelas.
    terus qooapp itu harus diperbarui juga?

    BalasHapus
  141. Gila 2 jutaan :'v kak cara cepet dapet kartu s kek gimana :v

    BalasHapus
  142. Gimana kalo earphone nya habis?
    ga bisa main?
    terus cara dapetin earphone gimanaa?

    balesss

    BalasHapus
  143. https://www.facebook.com/groups/784957154958296

    Silahkan buat teman teman yang ingin bergabung

    BalasHapus
  144. https://www.facebook.com/groups/784957154958296

    Silahkan bergabung buat rekan-rekan Superstar SMTOWN Indonesia

    BalasHapus
  145. bisa ko, aku aja punya 2 akun(?) hehe

    BalasHapus
  146. kak! aduduh upgrade cardnya gimana? aku mau upgrade card dari C ke B atau yang lainnya. aku udah klik upgrade tapi gabisa :( itu harusnya gimana...

    BalasHapus
  147. There is a problem parsing the package. Kok ada tulisan giti ya kalo setiap mau download Superstar SMnya? Kenapa itu?

    BalasHapus
  148. Bang ane kok headphone nya ngk bertambah", itu knp ya bang?

    BalasHapus
  149. Di hp smartfren g bs ya

    BalasHapus
  150. kalo android-nya 4 ke atas bisa.

    BalasHapus
  151. headphone bertambah 5 menit sekali per 1 headphone.

    BalasHapus
  152. enaknya, kamu extract ke komputer dulu nanti hasil extract-nya baru dibawa ke hape. itu kamu extract dari hapi langsung atau gimana?

    BalasHapus
  153. itu aku udah jelasin di atas bukannya.

    BalasHapus
  154. lima menit sekali headphone nambah 1. (oke ini telat banget sih gue balesnya)

    BalasHapus
  155. Maksudnya? Andromax c2 g bs?

    BalasHapus
  156. andromax-nya jelly bean gak android-nya? kalo iya, berarti bisa.

    BalasHapus
  157. Kak buat samsung galaxy grand prime bisa ga sih ?? Ram 1GB ??
    Terus Qoo App nya kok ga mau kedownload ya ?? Ada tulisan 'security' gitu dari hp aku 😕

    BalasHapus
  158. kak, kok headphone di aku ga bertambah ya? padahal kan katanya bakal nambah 5 menit sekali kan?
    terus kakak dapet diamondnya beli atau gimana?

    BalasHapus
  159. minseok's granny18 Juli 2015 pukul 11.07

    kalo upgrade gak mungkin kan ratenya 100%. Kalo rating up atau power up masih bisa gagal

    BalasHapus
  160. Kak update yg 1.2.2 kok g bsa sih? Tlong ksh link yg baru kak

    BalasHapus
  161. prime bisa. kamu harus matiin option 'install from trusted source' dulu baru deh. (ini gue telat banget ya jawabnya)

    BalasHapus
  162. kak mw donlot kok gk bisa ya? di google playstore, tulisannya aplikasi ini tidak kompatible dengan perangkat anda. padahal android 4... sama ram 2gb. kok gk bisa ya? pliss dijawab. aku bingung....

    BalasHapus
  163. bisa nggak, ngirim card, rythm point, headphone ke temen gitu. .-. Kalo card masa harus beli dulu baru bisa digift, nggak bisa gitu card yang udah ada di gift. aduh, bingung pasti bacanya .-.

    BalasHapus
  164. Kak aplikasinya gk bs dibuka ya?pas mau open itu tulisannya pleass restart the applocation

    BalasHapus
  165. setelah install, ada baiknya langsung upgrade/update via qooapp sebelum dibuka :)

    BalasHapus
  166. im sorry baru bales tapi kalo kamu baca tulisan di atas pastinya pertanyaan ini sudah terjawab.

    BalasHapus
  167. update via qooapp ajaahhh

    BalasHapus
  168. Niya Elfishy Rahmania28 Agustus 2015 pukul 13.16

    Bagaimana caranya buat main di hidden stage.... udah 2 kali gw main disitu tapi hanya bisa setengahnya saja...... kesel

    BalasHapus
  169. kak bisa diperbarui yabg link ver 1.2.2 gak?

    BalasHapus
  170. Kak, kalo inventory itu harus beli ya? Pake diamond? Kalo kartunya penuh terus mau beli inventory tapi gak ada diamond nya gimana kak? Sarannya dong... ini kartunya dah penuh tapi gak ada diamond buat beli inventory:"

    BalasHapus
  171. gabisa~ ngeselinnya lagi kalo versi yang baru ini ngirimin card harus pake diamond > <

    BalasHapus
  172. Rahayu Kartika Wardani S21 Oktober 2015 pukul 11.53

    Kak punyaku kok bagian lagunya kyuhyun kalo pas loading main, loading nya berhenti dan gak jalan sama sekali ya?

    BalasHapus
  173. Kak kan aku abis dwnload ulang ssm nih tp udah pake versinya yg baru tp begitu diplay kok sering suka terhenti tiba2 y kak pdhal gak ada di logout-in sm skl gamenya

    BalasHapus
  174. SayaBUKANJongDaeAPALAGIChen2 November 2015 pukul 23.38

    memory internal kamu full ga?? biasanya aplikasi suka terhenti tiba-tiba jika memory full

    BalasHapus
  175. SayaBUKANJongDaeAPALAGIChen2 November 2015 pukul 23.40

    biasanya loading terhenti karena koneksi internet ga stabil atau bahkan putus sama sekali... soalnya game ini butuh koneksi internet yang stabil..


    selain itu, udah update versi terbaru belom^^

    BalasHapus
  176. SayaBUKANJongDaeAPALAGIChen2 November 2015 pukul 23.41

    LoL... ga bisa.... emang udah gitu aturan main dari Dalcom sama SM

    BalasHapus
  177. ini gua pengen donlot di laptop bisa kaga?

    BalasHapus
  178. ERRRRR ini game android? jadi buat android? kalo laptop lo android berarti bisa.

    BalasHapus
  179. kartunya kamu kawinin sama kartu lain buat upgrade atau kamu HAPUS nanti kamu dapet RP.

    BalasHapus
  180. sebenarnya gak masalah kamu install yang jadul karena akan otomatis ke upload. tapi aku udah update kok itu link yang terbaru ya!

    BalasHapus
  181. gue aja baru dapet sekali XD

    BalasHapus
  182. Mau nanya, kok headphone ku ga nambah2 ya pdhl udh ditungguin stengah jam/? :(

    BalasHapus
  183. Pernah beli diamond gak? Pake debit card bisa kan? Aku udah pernah nyoba beberapa kali tp tetep aja gabisa

    BalasHapus
  184. kak skrg game ini bener2 gabisa dibuka apaya? kayanya udh ketauan kalo pemain indonesia huhu. stlh update terbaru, abis update tuh gagal mulu pas dwnload datanyaa

    BalasHapus
  185. kak what happen kalo data bawaannya yg di pengaturan aplikasi aku hpus? soalnya makin lama makin gede habis memorinya :(( lagu2nya bakal ketutup lagikah atau akun aku balik ke bronze 1? :') makasi

    BalasHapus
  186. Kak buat di iphone gimana??? T.T

    BalasHapus
  187. register dulu akun kamu jadi posisi kamu di league dan kartu2 kamu tetep ada jangan lupa. kalo kamu clear cache, yang terjadi adalah lagu2 yang udah ke download akan hilang tapi yang udah kamu mainin nggak akan hilang kok. hehehe

    BalasHapus
  188. maafkan aku gak pake iphone. tapi bisa di donlot di apple store harusnya dengan mengubah location iphone kamu jadi Korea Selatan.

    BalasHapus
  189. Aku udah download QooApp sama SSM nya. Pas buka SSM katanya harus download via PlayStore. Tp kan update di playstore ga bisa. Gmn caranya update? Binguuuung

    BalasHapus