EXO: 'Call Me Baby' Music Video Review

*
Ada perbedaan yang terpampang nyata (?) antara 'berpikir positif' dengan 'berharap'. Gue sendiri kadang-kadang juga susah membedakannya. Salah satu permasalahan terbesar dalam hidup gue selain cucian celana dalam enggak kering karena Jakarta selalu hujan belakangan ini adalah mindset yang selalu mengarah ke hal-hal negatif.

Gue jadi inget pas gue masih kerja di penerbit buku di awal tahun 2013 kemaren. Di sana gue dipertemukan dengan salah satu motivator yang keren banget yang selalu mengingatkan gue untuk berpikir positif dalam kondisi apapun. Dan yang paling penting dari semua itu adalah memandang positif diri sendiri.

Katanya, "Ketika kita sudah memandang diri kita sebagai sosok yang positif, maka akan mudah untuk kita memandang dunia secara positif juga,"

Kadang-kadang kan dunia enggak selalu memandang kita sebagai sosok yang positif. Walaupun sebenarnya kalimat pertama gue di paragraf ini adalah salah satu contoh yang negatif karena mengarah pada prasangka buruk terhadap bagaimana dunia memandang diri kita.

Bingung? Iya gue juga sama.

Tapi karena itulah kita harus senantiasa berpikir positif.

"Kita harus menghargai diri sendiri sebelum menghargai dunia dan orang lain," itu kurang lebih yang gue pelajari selama empat bulan bekerja di kantor lama. Selain bagaimana caranya bikin Invoice dan membubuhi stempel dengan baik dan benar di setiap suratnya.

Cara paling gampang menghargai diri sendiri dan memandang diri sendiri dengan positif adalah dengan tidak berjalan menunduk dan selalu melihat ke depan, tatapan tegas, dan membusungkan dada. Tapi nggak perlu juga membusungkan dada sampai mau ngalahin Julia Perez. Sebiasa mungkin aja. Dengan begitu, orang akan melihat kita sebagai sosok yang percaya diri.

Tentu saja akan ada banyak hal di dunia ini yang membuat kita harus kembali merasa seperti, "Da aku mah apa atuh cuma ketombe Zhang Yixing...". Tapi kalau lo sudah punya mindset yang positif tentang diri lo sendiri, maka semuanya akan lo lihat dari sudut pandang yang berbeda.

"Alhamdulillah masih jadi ketombe Zhang Yixing, daripada jadi pipisnya atau budak hawa nafsu setan."

Memang selalu mencoba untuk memenuhi pikiran dengan hal-hal positif dan melihat diri sendiri sebagai sosok yang positif memang tidak mudah. Apalagi melihat dunia yang lebih luas lagi. Cuma ya semuanya butuh proses dan pelan-pelan pasti bisa.

Maka dari itu, gue sekarang belajar untuk selalu berpikir positif. Kapanpun. Dimanapun. Kepada siapapun.

Termasuk terhadap bagaimana SM Entertainment akan memproduksi MV comeback EXO tahun ini. Gue berusaha untuk berpikir positif bahwa manajemen ini akan sedikit lebih niat untuk membuat MV EXO. Bukan sekedar menari-nari di dalam kotak Indomie. Paling tidak, setara dengan MV Red Velvet yang 'Ice Cream Cake'.
*
*
Gue berharap ada terobosan-terobosan yang mereka lakukan. Bukan hanya dari segi konsep tapi juga dari bagaimana kamera bergerak dari satu arah ke arah yang lain dan teknis-teknis yang lainnya. Persis seperti ketika mereka memberikan efek membakar hutan di teaser Chanyeol ataupun ketika mereka membuat efek yang terasa horor yang sedemikian rupa di teaser Sehun.

Tapi ketika MV-nya dirilis, ternyata gue sadar bahwa ada perbedaan antara 'berpikir positif' dan 'berharap'. Dan apa yang gue anggap 'pikiran positif' itu ternyata hanyalah 'harapan' belaka.

Karena ketika MV-nya keluar, gue merasa tersakiti.

Seharusnya kalau itu adalah 'berpikir positif' maka pasti gue akan, "Alhamdulillah, untung masih ada MV daripada yang ada cuma semut rang-rang berlari-larian dikejar tikus berkaki enambelas,"

Berpikir positif kan harus selalu diikuti dengan pikiran positif lainnya kalau hasil yang awal negatif. Sementara berharap akan selalu berujung dengan sakit hati dan penyesalan yang namanya aja udah negatif.

Gue sendiri sampai sekarang belum pernah merasakan kenikmatan dari sakit hati. Kalau memang ternyata sakit hati itu ada nikmatnya.

Ya. Gue merasa tersakiti lagi oleh SM.

Gue pun merasa telah gagal menjadi sosok yang positif cuma karena MV 'Call Me Baby' ini.

Saya merasa gagal.
*

*
Apa sih yang paling menyakitkan selain harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan? Apalagi buat gue dan kita-kita yang masih berusia 15 tahun ini. Semuanya harus berjalan sesuai dengan keinginan dan kemauan kita. Semuanya terasa salah kalau enggak sesuai dengan isi hati kita. IYA DUNIA INI SALAH AJA POKOKNYA DI MATA ANAK UMUR 15 TAHUN TUH!

"Bias gue ya bias gue, elo nggak boleh nyentuh bias gue!"

"Apa sih Tiffany bitch follow-follow Baekhyun! Cari perhatian banget gak lucu bitch!"

"BANGSAT GAUSAH NGOMONGIN TAEYEON SAMA BAEKHYUN, BAEKHYUN ITU CUMA PUNYA CHANYEOL!"

"SUHO LEWAT DI DEPAN IRENE DI M! COUNTDOWN PUJI ALAM SEMESTA!"

LO TAU TAI GAK. ANJING! RT "SUHO LEWAT DI DEPAN IRENE DI M! COUNTDOWN PUJI ALAM SEMESTA!"

Sesuatu yang diluar harapan emang menyakitkan. Maka dari itu hendaklah kita jangan menggantungkan harapan terlalu tinggi. Apalagi kepada manusia. Apalagi kalau manusia itu ada di perusahaan bernama SM Entertainment. Apalagi kalau harapannya berhubungan sama video musik.

Pengen ngumpat rasanya.

MV 'Call Me Baby' ini enggak ada sama sekali nyambung-nyambungnya sama teaser-teaser yang dirilis sebelumnya. Walaupun sudah tertebak. Ya....... Kalaupun ada nyambung-nyambungnya, itu paling cuma pamer mobil mewah doang. Dari segi cerita aja nggak nyambung sama sekali.

BAHKAN MV INI NGGAK ADA CERITANYA SAMA SEKALI.

EH.

ADA.

INI CERITANYA:

Tersebutlah sebuah bengkel mobil yang dibangun khusus untuk orang-orang yang punya mobil mahal di Korea Selatan. Hanya mereka yang punya mobil mewah dan punya KTKR (Kartu Tanda Kaya Raya) yang bisa menjadi member bengkel ini. Letak bengkelnya pun rahasia dan tersembunyi di antara gedung-gedung mewah yang ada di Gangnam. Masuk ke wilayah itu harus menggunakan password.

Pada suatu hari Selasa yang cerah, mendekatlah sebuah mobil merah yang dikemudian oleh seorang cowok. Cowok itu terlihat cool di luar dan tinggi sekali seperti Monumen Nasional di Indonesia. Cool di luar, tapi sebenarnya di dalam dia tak jauh berbeda dari Hello Kitty.

Cowok itu sendiri sebenarnya tidak begitu tahu apa yang dia lakukan di sana. "Ya pengen dateng aja," begitu katanya ketika orang rumah bertanya untuk apa dia ke bengkel sementara mobilnya tidak mengalami kerusakan sama sekali. Tapi sebenarnya dia sudah ada janji dengan beberapa orang temannya di sana.

Cowok itu keluar dari dalam mobil lalu berjalan--dalam gerakan slow motion yang sebenarnya tidak perlu--ke bagian depan mobil. Ia tidak melihat siapa-siapa di sana. Hanya bengkel kosong yang bahkan tidak ada pegawainya sama sekali. Teman-temannya sepertinya belum datang. Dia pun bete. Sambil menunggu dia memasang headphone merah keluaran Samsung dan memutar musik. Tanpa dia sadari bulu keteknya kemana-mana.

TIba-tiba saja muncul manusia-manusia random yang datang entah dari mana. Ia pun lalu menari dan bernyanyi bersama bersama dengan suara musik yang dia sendiri tidak tahu datang dari mana.

Tamat.

Versi lainnya dari kisah ini:

Tersebutlah sebuah bengkel mobil yang dibangun khusus untuk orang-orang yang punya mobil mahal di Korea Selatan. Hanya mereka yang punya mobil mewah dan punya KTKR (Kartu Tanda Kaya Raya) yang bisa menjadi member bengkel ini. Letak bengkelnya pun rahasia dan tersembunyi di antara gedung-gedung mewah yang ada di Gangnam. Masuk ke wilayah itu harus menggunakan password.

Pada suatu hari Selasa yang cerah, mendekatlah sebuah mobil putih yang dikemudian oleh seorang cowok. Cowok ini sebenarnya berusaha untuk terlihat songong dan cool. Memang dia terlihat songong dan cool ketika ada di dalam mobil mewah itu. Mana lagi tubuhnya dipenuhi dengan banyak aksesori perak yang pasti membuat pegal itu. Badass banget kelihatannya. Tapi semuanya buyar ketika dia keluar dari mobil sambil ngemut cupacup.

Cowok itu sendiri tidak punya tujuan datang ke tempat itu. Mungkin memang saking di rumah tidak ada kerjaan untuk dilakukan, dia pun keluar dan makan cupacup di bengkel mobil mahal. Walaupun sebenarnya dia memang sudah ada janji dengan beberapa orang temannya di sana.

Teman-temannya sepertinya belum datang. Tapi tidak seperti cowok bermobil merah di kisah sebelumnya yang langsung bete, dia agak lebih sabar. Mungkin ini efek ngemut cupacup. Sambil menunggu dia memasang headphone biru keluaran Samsung dan memutar musik.

TIba-tiba saja muncul manusia-manusia random yang datang entah dari mana. Ia pun lalu menari dan bernyanyi bersama bersama dengan suara musik yang dia sendiri tidak tahu datang dari mana.

Tamat.

Pengen rasanya mencaci maki SM karena MV ini. Tapi karena saya sedang berusaha untuk menjadi orang yang positif maka saya menahan niat saya itu. Saya tahan betul-betul untuk tidak berkomentar miring sedikitpun karena saya pikir itu tidak ada faedahnya untuk dunia.

TAPI AKHIRNYA SAYA TIDAK TAHAN. MAAFKAN SAYA. SAYA HANYALAH MANUSIA BIASA.
*
*
Gue menonton MV ini berkali-kali dan berulang-ulang kali. Lebih sering ketimbang gue menonton 'Overdose' yang sama sekali enggak gue review karena selain kesel itu MV biasa banget, mood-nya juga hilang karena lawsuit Kris.

Tujuan untuk menonton berulang-ulang tu sebenarnya berusaha untuk mendapatkan feel yang menggebu-gebu dan bisa membuat gue segera menulis review MV-nya. Gue berusaha nonton berkali-kali dengan fokus yang berubah-ubah. Mulai dari nonton biasa sampai nonton dengan fokus ke pojok kiri atas, pojok kiri bawah, pojok kanan atas, semuanya.

Tapi...

Ya... SM ternyata memang Selalu Menyebalkan.

Sampah Masyarakat kau KIM YOUNG MIN!!!!

KEMANA ITU VIDEO TEASER YANG BAGUS KEMANAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!
*

*
Nonton ini rasanya kayak mau nangis tapi nggak sanggup. Kayak pengen cakar-kacar tembok saking keselnya tapi takut kuku rusak. Pengen jorokin Tao ke rawa-rawa untuk keempat kalinya tanpa perasaan menyesal sedikitpun.

Sebel!

Apa sih hikmah dari membuat MV biasa aja ini? Apakah EXO bisa hidup dengan lebih layak kalau MV-nya bahkan-tidak-bisa-dibandingkan-dengan-MV-dari-manajemen-tetangga-(bukan-YG-atau-JYP)-yang-jauh-lebih-kecil-dari-manajemen-Lee-Soo-Man-ini? Maksudnya, uang buat bikin MV dibeliin makanan gitu buat EXO.

Apa iya?

Kalau memang iya, bagus deh. Setidaknya dari uang yang seharusnya bisa digunakan untuk bikin MV bagus itu, Baekhyun juga bisa nyetok eyeliner sampai kiamat. Soalnya nggak ada lagi yang lebih penting dari eyeliner buat dia. Mungkin kalau misalnya dia nggak pacaran sama Taeyeon, dia pacaran sama Maybelline.
*
*
Gue akan memulai review gue untuk MV 'Call Me Baby' ini dengan membaginya ke dalam empat poin penting:

1. Gagal Move On
2. BOOOOOORRRRRRIIIIIIIIIIIIIINNNNGGGGGGGGGGGGGGGGG but fun
3. Zhang Yixing
4. EXO/Bukan EXO?
'Gagal move on' di sini maksudnya bukan karena MV ini terlalu dramatis. Bagian mana sih yang dramatis? Bagian bulu ketek Tao keliatan? Nggak mungkin kan. Paling banter yang paling dramatis menurut gue adalah geyolan pinggul Xiumin. Atau yang lain yah gerakan Kai memegang bagian depan celananya dan menggerakkannya ke depan dan ke belakang.

'Gagal move on' yang gue maksud di sini adalah bahwa SM Entertainment masih "SETIA" dengan konsep lama yang digunakannya di dua MV EXO sebelumnya. Sebagian besar MV ini tentu saja akan membawa kita (oke gue) teringat dengan 'Overdose'.

Men, liat dong kunciran rambut Xiumin di 'Call Me Baby' forever mengenang Luhan banget di 'Overdose'.

Tapi sesungguhnya 'Overdose' kan mengulang konsep sukses dari 'Growl' yang katanya diambil dalam sekali take. Sampai-sampai adegan topi jatuh terus dipungut lagi itu nggak di-edit. Siapa nginjek kaki siapa juga bukan hal yang masalah untuk ditampilkan di video musik sebuah grup yang katanya punya fanbase terbesar secara global. Bahkan sampai ada mamang-mamang tukang lampu yang bocor juga dibiarin aja terpampang nyata.

Gue yakin kreativitas manajemen sebesar SM Entertainment tidak hanya sampai di sini. Tapi kenapa mereka harus menodai kekerenan teaser-teaser 'EXODUS' yang sudah dirilis sebelumnya dengan sebuah MV yang SEDERHANA ini?

INI SEBENARNYA MV APA RUMAH MAKAN PADANG?!?!?

Bahkan di Rumah Makan Padang pun ada beragam jenis lauk yang tersedia di meja. Tapi MV 'Call Me Baby' cuma punya satu konsep yang sama dan sudah digunakan sebelumnya. Kenapa sih?

Kenapa nggak ngulang konsep MV artis SM yang lain? Efek lampu-lampu di 'Red Light' kek. Ledakan di 'Don't Don' kek. Set sirkus animasi tiga dimensi di 'Marry U' kek. Bahkan lampu-lampu yang pindah ke kiri dan ke kanan di 'Bonamana' masih sangat gue hargai loh kerja kerasnya daripada tidak adanya efek lampu menyenangkan di 'Call Me Baby'.

Banyak sekali ide yang bisa diulang SM untuk MV-nya tapi kenapa harus 'Overdose' dan 'Growl' lagi?

(Tolong baca kalimat di atas dengan ekspresi terdramatis yang lo punya)

Ibarat kalau makan di Sederhana, udah dikasih sebanyak itu lauk di meja lo cuma makan nasi putih pake kuah ayam sayur doang terus pulang.

Iya! IYA! BAYAR DULU!
*
*
Tidak ada umpatan-umpatan kagum yang terlontar dari mulut gue ketika menoton MV ini. Dari segi teknis dan isi dari MV-nya. Beda halnya ketika gue menyaksikan 'EXO COMING SOON 2015' bulan Desember tahun lalu.

Yang gue heran, kenapa ketika tidak ada member yang tampil sama sekali di teaser itu, tapi teaser itu bisa lebih menarik untuk dibahas ketimbang MV ini?

Oke, lo bisa sebut gue terlalu banyak menuntut dan nggak punya hak juga buat menuntut. TAPI AYOOOLAAAAAHHHHH~~~~~~~ INI SM ENTERTAINMENT LOHHHHHH~~~~ UDAH TAHUN 2015 LOHHHHH~~~~~~ RED VELVET BAHKAN PUNYA MV YANG LEBIH MENARIK LOH~~~~~~~~

RED VELVET PUNYA KUCING RAKSASA! JONGHYUN PUNYA LABA-LABA RAKSASA!

MASA EXO CUMA MODAL HEADPHONE SAMSUNG~~~~~~~~~~~\o/~~~~~~~~~~~~~

Kalau disuruh milih nih, gue akan lebih memilih untuk tiba-tiba memunculkan kucing raksasa di MV ini secara random daripada memunculkan mobil mewah. Soalnya dari zaman Lee Soo Man keriputnya masih dua garis sampai sekarang udah capek mikir, kayaknya selalu ada mobil mewah di MV manajemen ini. Tapi kucing raksasa itu baru muncul sekali. Itu kemudian akan membuatnya istimewa.

Apa lagi yang gagal move on? Kotak indomie? Gudang kosong? Tangga? Oh ya selalu ada tangga di MV SM. Silakan liat 'Something', 'Sherlock', 'I Got A Boy'. Silakan tulis apapun yang kalian temukan yang berulang dari MV-MV sebelumnya di kolom komentar.

Poin 'gagal move on' ini kemudian akan membawa kita ke poin kedua: MEMBOSANKAN. Ya. Sangat membosankan. Membosankan sekali. Super bosan. Boring. Menyebalkan. AAAAARRRRGGGGGGGGHHHHHHHHH.

Kayak setiap gerakan kameranya udah ketebak banget gak sih. Abis ini pasti masuk ke ketek terus pindah ke shot yang lain. Abis ini akan ditampar dan pindah ke sana. Abis dari sana, pindah ke sini dan bergerak ke situ. Di tampar lagi pindah ke tembok putih. Begitu seterusnya sampai Hayati mati di rawa-rawa.

Tapi memang bukan berarti semua elemen di video ini membosankan. Kita bisa cuekin aja itu gerakan kamera dan segala hal teknis yang dilakukan staf produksi di belakang layar. Fokusnya kita alihkan ke para member yang kayaknya makin hari makin mengkilat. Terlebih di MV ini.

Mungkin nggak mau kalah dari mobil mahalnya.

Kolagen Babi Level 1 Trilyun.
*
*
Entah apakah karena memang itu efek lampu, make up yang superbagus dan tidak terlihat berlebihan, atau memang sebelum syuting ini masing-masing member dipasangin susuk dari berlian yang diambil secara khusus dari liang lahar Gunung Merapi. Semua member bener-bener terlihat berbeda dalam arti kata yang positif. Silakan masukkan kata-kata pujian apapun yang kalian inginkan maka gue akan aminkan.

Terlepas dari videonya secara teknis membosankan, tapi para member berhasil bersenang-senang di video ini. Mereka tertawa bahagia meski kenyataan pahitnya adalah ini video pertama mereka yang secara resmi dirilis setelah mereka kehilangan dua member.

Mereka bisa senyum-senyum sambil goyang pinggul walaupun masalah lawsuit belum selesai sama sekali. Mereka kelihatan sangat happy walaupun masalah pacaran salah satu member masih memanas di antara fans. Spesial untuk Baekhyun, dia di sini terlihat sangat kenyang akan cinta.

Lalu muncul sebuah harapan yang tulus dari dalam hati gue: semoga itu semua senyum tulus dan enggak fake.

BECAUSE I'M SO HAPPY TO SEE EVERYONE BAHAGIA IN THIS VIDEO!

Semua keliatan sangat menikmati proses syuting MV ini walaupun sangat melelahkan. Apalagi yang baru abis kehausan di hutan dan dikejer-kejer setan dalam kegelapan. Mereka benar-benar menyembunyikan semua rasa capek yang mungkin ada atau bahkan mungkin perasaan tertekan dan sedih dan sebagainya karena perubahan formasi itu.

Seneng.

Gue nonton MV ini senyum-senyum sendiri sampai di titik di mana gue akan ngakak setiap kali part refrain 'Call me baby~' terus Xiumin meletot. Serius deh, kalau dari awal lo fokus ke Xiumin sampe akhir MV, hidup lo nggak akan tenang sampai lo mengambil air wudhu di hari berikutnya.
*
*
Kenapa sih, dia nge-dance-nya berlebihan (dalam arti kata yang positif, sekali lagi, karena kita dituntut harus punya pikiran yang positif tentu saja)? Kalau lo perhatikan, gerakan pinggul Xiumin sama setiap anggota tubuhnya di sepanjang koreografi ini tuh paling beda dari yang lain.

Bahkan ketika lo ngeliat Kai yang udah keren sekalipun, lo akan tetap terkesima dengan bagaimana Xiumin bergerak. Gerakan dance dia tuh kayak elemen terkecil dari tubuhnya kayak daki, sisa-sisa hand and body lotion itu bergerak semua.

Ya gimana ya ngejelasinnya.... Kalau ibarat es, Xiumin di MV ini kayak Es Teler Kolang Kaling. Kalau ibarat binatang melata, dia lucu banget kayak Bekicot Mencret.

Gue nggak tahu apakah Bekicot termasuk binatang melata. Terlebih kalau lagi mencret.

Selain Xiumin, Chen juga jadi member yang harus diperhatikan di MV ini. Karena apa? Karena dance-nya jauh lebih bagus dari sebelumnya. Totalitas dia di MV ini benar-benar kelihatan. Sama seperti totalitas dia memperlihatkan kutangnya.

Di saat yang sama gue rada sedih sama perkembangan dance Chanyeol yang tidak sepesat Chen. Apakah ini karena efek dia terlalu lama tinggal sendiri dengan baju Goo Jun Pyo-nya itu di hutan Arizona? Apakah Chanyeol terlalu sibuk meratapi kepergian Kris sampai-sampai dia lupa kalau dia butuh untuk memperdala lagi kemampuan dance-nya demi penampilan yang lebih keren?

Hmmm....

Mungkin ini karena efek Chen banyak minum Yakult jadi bakteri baik El Casei Sirotablablablabla yang terkandung dalam Yakult itu membantu dia untuk bergerak lebih luwes. Ini juga pasti karena efek dia sekarang lebih memperdalam ilmu agama di Almaty sehingga atas izin Tuhan dia dance-nya jadi lebih bagus.
*
*
Bisa juga karena ini efek Chen enggak punya Instagram. Karena akhirnya alokasi waktu yang akan dia gunakan untuk selfie alay dengan pose tangan V di depan mata dengan sudut kemiringan 75 derajat dan sebelah mata tertutup itu bisa dia gunakan untuk latihan dance.

Sempat tidak percaya kalau yang gue lihat dance kayak kesurupan sampai pamer kutang di MV ini adalah Chen (gue nonton yang versi Mandarin duluan sebelum yang Korea). Sempat terpikir itu Baekhyun karena di otak gue yang paling belatung adalah dia. Eh ternyata selain dia ada lagi Bekicot Mencret. Dan pas dilihat-lihat lagi ternyata ada yang lebih mencret dan suka pamer kutang. Dialah Chen.

Selain Chen, ada lagi satu member yang paling bersinar di MV ini dan itu membawa kita ke poin ketiga: ZHANG YIXING.
*
*
Dari MV ke MV, era ke era, perubahan Zhang Yixing sangat jelas. Entah apakah dia operasi plastik, tanam benang di hidung, sulam alis, pake susuk dari dukun paling terkenal di Zimbabwe, atau pijat khusus ke salah satu cabang Mak Erot. Yang jelas di MV ini bisa gue katakan kalau dia adalah yang paling menarik perhatian.

Di 'MAMA', Yixing keliatan tua banget dengan gaya rambutnya waktu itu. Di 'Wolf' dia bahkan terlihat kayak orang sakit karena rambutnya yang berwarna oranye (atau warna apalah itu gue juga nggak yakin). Tapi pas 'Wolf' dia ada alibi sih. Kan katanya dia punya penyakit apalah yang berhubungan dengan darah. Pakabar penyakit itu sekarang.

Sementara di 'Overdose'.... hmmm... mungkin gue emang enggak terlalu memperhatikan Zhang Yixing ya, tapi gue inget banget dia superkeren waktu nge-dance solo di 'The Lost Planet'. Gue nge-fancam-in full dan itu bener-bener yang KYAAAAAA KYAAAAA KYAAAAA gitu. Sama satu momen ketika dia menangkupkan kedua tangan dan bilang "Terima kasih" ketika gue angkat fanboard foto dia sama Lee Soo Man.

Mungkin ada banyak sekali hal yang gue skip tentang Zhang Yixing. Sorry, kehidupan di luar fandom jauh lebih banyak daripada sekedar menyimak sedalam apa lesung pipi Lay sekarang.

Tapi ketika dia muncul di MV ini.... HANCUR SUDAH SEMUANYA. SIAPA ITU BYUN BAEKHYUN DAN KIM JUNMYEON TIADALAH LAGI KUKENAL. Pandangan tertuju pada Zhang Yixing seorang!

Selain juga pada geyolan bokong dan pinggul Xiumin.

Mukjizat itu nyata.

Tuhan memberkati Zhang Yixing dan semoga Tuhan mengabulkan keinginannya untuk berlibur ke rumah nenek Baekhyun.
*
*
Lagu 'Call Me Baby' ini sendiri sebenarnya kan sempat bocor, sebelum akhirnya dirilis secara digital sebelum perilisan albumnya. Nah, gue sempat denger tuh lagu yang bocor dan pas itu, gue malah berpikir ini kayak bukan EXO.

Entah kenapa gue berpikir sebenarnya lagu ini tuh buat Henry. Kalau nggak ya Super Junior. Beberapa kali di review teaser gue bahkan sempat menyebutkan lagu 'Swing'. 'Swing' muncul begitu saja ketika gue melihat cuplikan MV di 'EXO'luXion'. Mungkin otak gue sudah terpaku ke konsep 'Swing' makanya pas ini dirilis lagunya, gue malah berasa ini 'Swing' banget.

Sekali lagi, kayak bukan EXO...

Musiknya jauh banget dari lagu-lagu yang sudah dirilis di album yang sebelumnya. Nuansa dark-nya sama sekali enggak ada. Tapi ini lagunya boyband banget. Pop banget. Kayak semacem penghilang tekanan-tekanan dan derita hidup yang terjadi di era 'Overdose' kemaren.

Sedikitpun aura dark di 'Wolf' nggak ada. Sekarang kesannya lebih remaja kekinian. Happy. Seneng-seneng. Sebagaimana seharusnya remaja menikmati hidup. Mereka juga terlihat lebih santai dan nampaknya lebih profesional (SOTOOOYYYYYYYYYYYYY).

Dan ya, terlepas dari MV-nya yang biasa-biasa aja (OKE JELEK), lagu+koreografi+Zhang Yixing membuat 'Call Me Baby' jadi istimewa dan menyenangkan untuk disimak. Terlebih ada suara kambing di lagunya yang memberikan kesan berbeda.

*BABY* *BABY* MBEEEEEEEEK

Kambing Alaska bener-bener muncul.

Akhir kata, gue mempersembahkan momen-momen paling istimewa di MV 'Call Me Baby' baik versi Korea ataupun versi Mandarin:
*
Baekhyun bener-bener terlihat sangat happy di adegan ini. Sementara Suho berusaha untuk terlihat cool. Dan dua lagi tetap dengan muka jpeg.

Ketika hidup Sehun berada di fase ironis. Ada kalanya dia tampil dengan sendal jepit swallow tapi ada kalanya dia harus bertelanjang kaki. Terlebih jika mobil yang digunakan untuk properti syuting ini adalah milik sponsor.

Hitung mundur sampai akhirnya semua online shop akan menjual baju seperti yang Chen gunakan.
El Dorado muncul di pintu bengkel ini. Muncul juga di plat mobil yang ada di dekat mobil Tao di awal adegan versi Mandarin. Saya tidak mau berharap apa-apa. Apalagi berharap SM mau rilis MV El Dorado sebagai kelanjutan kisah teaser-teaser.
Tolong kasih tahu Chanyeol rambutnya bagus banget tapi kacamata itu membuat dia mirip Asep Irama. Dan tolong kasih tahu Kyungsoo untuk melepas legging hitam itu.
MAKA NIKMAT TUHAN YANG MANA LAGI YANG AKAN KAU DUSTAKAN
Tolong kasih tahu dia di mana rawa-rawa terdekat. Iya dia yang muncul tiba-tiba terus mukanya gede banget itu.
NO XIUMIN NO!!!!!!!!!!!!!!!
DAN TERNYATA SUHO MASIH ADA DI TITIK ITU. TITIK DI MANA WAJAHNYA TIDAK BISA DIKONTROL
CHANYEOL THIS IS NOT A GAME XIUMIN PLEASE STOP
Siapa sangka manusia terjebak di rawa-rawa bisa jadi motif yang menarik untuk disablon di baju.
Momen di mana lo akan sadar bahwa dance-nya Chanyeol kebanting banget sama yang lain.

Meanwhile Tao udah yang kayak:
*

*
CHEN ASTAGFIRULLAH INGAT AGAMA NAK.
once again Kim Jong Dae are you high?
Tapi nggak ada yang lebih high dari Kim Jong In sih....
*
*
Well.... semuanya sepertinya mengalami yang kalau cewek disebut nipple slip kalau cowok....
*
*
Penutup.
*
*
Satu lagi deh.
*

Share:

100 komentar

  1. kak aku sendiri ngrasa suho cocok sama irene.. hahah
    sejak irene ikut jadi model di ivy club sama exo, pas irene duduk disebelahnya suho, terus muka suho yg innosen2 nggak yakin gitu ihh inyu banget. tp yakin nggak sih irene line 90 suho 91... hahah aku bener nggak tuh nulisanya.

    ReplyDelete
  2. bhwakaakakaka kan bener kata gue chen jadi lenjeh banget mungkin udah lama g ngaji

    ReplyDelete
  3. Ulfah Rahma PutriApril 3, 2015 at 4:33 AM

    Demiapa gue baca ini menjelang subuh ketawa ngakak sampe diomelin kosan sebelah -_-

    ReplyDelete
  4. Gue seneng CMB out, tapi emang rada kecewa sama mv-nya sih. Setuju ama lo kak, mungkin karena kemaren MV-nya RV itu emang super banget kali ya kak, jadi pas liat exo. "kok di dalem kardus lagi". ieeewh.
    Padahal teasernya udah keren ya, mereka udah dipencar ke beberapa tempat. Kenapa coba ga sekalian pengambilan gambar untuk MV aja. Apa duit proyeknya abis, hanya untuk bikin teaser-teaser keren itu? (Bisa jadi karena beneran abis buat modal makan member sih).
    Pasti ada MV lain kan ya? masih ngarep banget deh, bakalan ada drama version atau apanya yang lebh bagus dari ini. :'')
    Btw, Lay jadi hot topic banget ya. Kenapaaa? Auranya tumpeh-tumpeh ya di MV ini? Ga ngerti lagi. Eh iya kak, itu momen spesialnya bikin pening di waktu subuh deh, random abis. hahahaha
    Thanks Reviewnya ! :D

    ReplyDelete
  5. Kak ron , pikiran aku dan kakak sama. Aku pas pertama ngeliat MV ini tuh kayak "yah... gini doang" padahal aku tuh orangnya gampang terpengaruh kalo temen-temen bilang kalau MV nya keren, tapi kali ini yang emang biasa banget .
    Dan gk tau kenapa pas ngeliat Lay di MV Call Me Baby tuh lebih WOW dibanding ngeliat Chanyeol padahal Chanyeol bias aku, walaupun Chanyeol lumayan keren juga pas lagi duduk di sofa itu. Oh iya pas aku ngeliat Xiumin di MV juga yang ketawa ngakak gak jelas sendiri gitu dan Chen juga keliatan Hyperaktive banget.

    ReplyDelete
  6. Kak, setuju semua sm kamu. Apalagi lay dia keren bingits kak 😊btw baca ini sambil ngakak

    ReplyDelete
  7. nah sama, diotak gue saat ngeliat mv nya "yailah, gini doang? boring" entah karna otak SM yg suda kelelahan memikirkan konsep pathcode atau SM terlalu pusing mikirin lawsuit KrisHan yg ga kelar kelar. Dan MV ini emng bener bener ga nyambung sm pathcode-_- bukannya cerita di pathcode itu mereka lg mencar? trus tiba tiba bisa kumpul dibengkel mobil gimana ceritanya-_-

    ReplyDelete
  8. pathcode kalo kata gue sih kayak pengenalan exo yang baru bukan sih. kalo sm itu pengen ngebersihin (duilah!) image ot12 dengan 'we are one' nya itu. tapi kan teaser album emang beda sama mv. pathcode itu teaser albumnya, albumnya gimana nanti freak kah misterius kah nah kalo call me baby-nya udah beda cerita

    ReplyDelete
  9. ron lu bikin cerita irene suho sesekali coba lol

    ReplyDelete
  10. AH! Sumpah! Ternyata pandangan kakak ke mas ZYX juga! Ah!!! ganteng banget sumpah! Rambutnya, lesung pipi, sampai jumpernya! AAAKKK!!!

    Belum baca keseluruhan reviewnya kakak sih... tapi kayaknya kakak nggak merhatiin bagian akhir ya? Di endingnya pas Baekhyun loncat kayak pocong (bajunya putih sih), itu dia kelihatan capek gitu... Kecian... Nggak tahu deh kalo emang udah dibahas...

    nitip jejak dulu, ntar meracau lagi. Nggak tau kenapa hobi ngoceh mulu akhir2 ini...

    Psst : PLIS jangan bunuh Tao di rawa2! Dia kece banget pas nongol bareng Lay! AAK~~

    ReplyDelete
  11. Bagi fancam solonya Yixing dong kak...muahahahah

    ReplyDelete
  12. BAEKYcot mencret? Perasaan bukan hewan melata deh kak, bekicot kan molusca? nggak punya lidah buat desisi, julur2 sok keren lagi.. :3

    Akan lebih keren kalo seandainya, ngedance2 geje itu cuman ada dibayangan Kai & Tao. Terus setelah adegan terakhir baekhyun loncat kayak pocong berambut itu, balik lagi ke Kai yang matiin headphone-nya, menegaskan kalau itu cuman khayalan biasa.

    Lalu, pas Kai berjalan menjauhi lamborghini birunya yg kece abis, deuh, meteor jatuh menghujam areal parkir yg masih nunggak gaji karyawan buat ngebangunnya itu.

    Kemudian... lagu El dorado ke puter. EXO berubah jadi bijuu, lalu muncul kaguya ootsukami yg akan menghancurkan dunia shinobi.

    Well, hanya ngarang...

    ReplyDelete
  13. Chen puhahahhahaha.... di tunggu mv el doradonya! ... CD basah tinggal setrika aja.

    ReplyDelete
  14. Annida Rahma SardiyantiApril 3, 2015 at 10:18 AM

    Hahaha sumpah... ngakak aku bacanya kak
    Maka bulu ketek toa..aduh... =))
    Wah..kita sama kak...aku aja waktu liat Mv CMB malah meratiin Yixing dri pada yg lainnya....
    Hmmm... ada lagi... Bekicot mencret? Sumpah...ngakak aku baca kak..

    ReplyDelete
  15. Aisyah MuktiasaniApril 3, 2015 at 10:23 AM

    Ini yg ditunggutunggu dari kemaren. Paling ngga bisa ambil segi lucu mv ini setelah baca review kak ron. Setelah kemaren kecewa berat waktu mv reales. Berasa paan nih. Yg rasanya flet banget. Setuju si kalo lay jd bersinar sampe ngga ngelirik baek demi ngliatin lay and sehun. Setuju banget juga sama point kak ron kalo di mv ini mereka keliatan bahagia banget dan keliatan mudamuda semua

    ReplyDelete
  16. -_- sebenernya kecewa juga sih ama ni mv gapapa deh

    ReplyDelete
  17. Kecewa bgt sama MV nya.. bner2 biasa BANGET.. kirain mau bikin semacam MAMA udah berharap bgt tapi yah...

    Pengen atuh ka Ron jangan sensi lagi sama Tao..

    ReplyDelete
  18. kecewa juga gak kecewa banget sih sebenernya. soalnya apa yang dibaca dari reviewannya kak ron emang bener. meskipun kaya cuman sekali take jadi (yang-jeleknya-keliatan-banget) tapi entahlah ini hiburan banget huahahaha. lay emang bersinar banget apalagi suara itu loh jadi kaya abis dengerin yang suara baddas gitu tbtb dateng lay dengan suara lembut gitu ADUH. trus pas dancenya tao entah emang kayanya tao itu kaya seneng banget gitu jadi kaya nafsu banget gitu wkwk. trus pas yang kata dancenya chanyeol jadi kaya kaku bgt gitu ya emang iya aku juga ngerasain gitu hngg. tapi bagi aku lah, ya gimana pun juga bias ya tetep bias, ya baekhyun mau kaya bitch gitu kesannya tetep aja dibilang ganteng huahahaha:))))

    ReplyDelete
  19. sumpah deh, aku ngakak baca tulisanmu, kak. hahahaha . dan terlebih karena aku ngebias xiumin, baru sadar kalau goyangan dia emang paling -___- . hahahaha.
    nggak tahu ya, apa karena aku emang nggak merhatiin teknis pembuatannya kayak kakak, atau aku emang nggak peduli sama itu, so aku tetap menikmati mv ini dengan terkagum-kagum *orang yang cepat puas* . hehe, tapi jujur ada satu bagian yang kurang kusuka di mv ini, yaitu bagian part solo d.o/lay yang member bikin segitiga di ruang polos "baby girl" . alasannya...karena itu terlalu biasa ? hahaha *abaikan*
    aku terhibur banget sama review kakak ni! sumpah! hahahaha. thank you~

    ReplyDelete
  20. Jangan terlalu kecewa dengan mv ini kak apalagi di bandingkan dengan pathcode hm jaulah tu
    Saya sepikiran dengan kak ai zhi lan
    itu seperti kai atau tao itu berhayal aja gitu dan saya pikir mereka belum ketemuaan apalagi ketemuaan di kotak indomi oh no no no menyebalkan jika di pikirkan.
    kakak percaya saja kalau nanti sm akan buat seperti jman wolf dan growl ada lanjutn cerita gitu lah, jangan kecewa dulu. Kita berdoa saja akan di buat mv saat mereka ketemuan dimana gitu untuk lanjutan pathcode-nya. Dan saya berharap itu el dorado atau tranformer soalnta saya suka dengar lagunya terutama el dorado

    ReplyDelete
  21. SM emng slalu bs bikin org terkejut:D, teaser d'eropa mv d'parkiran. . Just SM^^

    wkt prtma kali liat mv exo hal yg prtma gue pkirkn apa kambing uda jd member k'11 exo? Kok muncul suarax sih?? Wkwkwk (ini yg slalu bikin gue ktawa wkt dgr call me baby),
    Kedua kali gue liat mv exo hal brikut yg gue pikirkn xiumin kok lbh seksi dr kai sih dancex (dr awal sampe akhr gue ngelihat xiumin trs) lbh gmna gitu :D tp jd suka bgt sih

    ReplyDelete
  22. bahahaha sama kak, pas liat adegan tao bawa mobil sempet loncat loncat karena ngirain bakal rada mahalan dikit mv, tapi ketika lagu dimulai dan jeng jeng saya langsung spechles seketika dan teriak "kenapa kudu joget joget dlam kotak lagi". apa haus 8jib kayak abang suju baru bisa bikin video yg gak joget joget, sedih saya :"

    padahal entertain sebelah yang gak begitu gede bisa bikin mv keren kenapa sm gak bisaa????????????????

    ReplyDelete
  23. Gue akui emang ini MV boring bgt. Tpi gue suka fashion EXO lebih ke cowok yg tumbuh dari pada cowok dewasa. Jadi terlihat lebih fresh.

    Ok emang klo untul konsep MV nya kalah telak sama Red Velvet!!! sebel bgy awalnyaa... tpi senang jg ngeliat Lay Yixing my hubby my husband yg semakin tampan di sana... omg!! Gpp deh di teaser dia biasa aja konsepnya. Tapi di MV!! He so damn hot!!

    Entah apa yg telah sm perbuat dgn Yixing. Gue ngebayangin mungkin Lee soo man udah kasih mantra2 mujarab buat Lay. Mengingat Lay fans berat Lee soo man XDD


    Iya kan? Chen beda. HHA. Dari photo teasernya gue udah liat ada yg berbeda dri dia.

    Pokoknya member exo makin keren disini. Cuman konsep MV nya gak bgt lah untuk ukuran SM. Yah bang sekali lagi kita postif thinking aja lah XD jgn berharap lgi yah XD

    ReplyDelete
  24. Apa cuman gua yg ngerasa pas tpt mereka dance ada jendela gede sama tangga itu jd scene red light ya? Dan pas bagian ngrapp di scene putih itu ada di mv amber shake that brass juga? *_*
    Jujur gua juga excited-nya gegara yixing ama tao doang :'v mv nya biasa bae atuuhh :'v

    ReplyDelete
  25. kakak kalau download video nya yg pake sub indonesia atau engga ? aku kalau download video slalu yang ada artinya kak :D .. jdi aku tau apa yg mreka nyanyi'in >_< feel nya lbih dpet kak (mnurutku). soalnya pas ama expresi yg mereka tunjukin :D .. tpi klo arti'nya jlek aku download yg gk ada sub nya kak :D . hhehehe

    ReplyDelete
  26. kalo baca dari paragraf pertama sih alhamdulillah aku trmasuk org berpikir positif mungkin ya. .karenaa.. pas mv exo keluar tuh ah kaya senenf bgt menggebu gebu keren bgt emg sih konsepnya sama tapi yaaaa alhamdulillah kan dari pada still di era overdose bosen sakithati gegara krisluhan leave udh mending nikmatin aja.....keren bgt menurut aku!!!!!♡♡♡♡♡♡

    ReplyDelete
  27. download gmna pake sub?.-.

    ReplyDelete
  28. Inget banget pas MV released, gue lagi ribet2nya di kantor dan twitter sama BBM tiba2 banyak bgt notif. As always gue selalu dapet sesuatu at the least my expectation padahal malam2 sebelumnya udah nungguin gegara rumor2 kampret yg bilang bakal released jam 8, 9, 10, 11 and cycle continues kayak MEN BETEK! Tapi pas gak ditungguin malah dateng.

    Jujur (salah) gue emang cukup ngarep untuk MV ini. Bukan karena verified account pathcode yg semenjak itu account muncul sampe sekarang gue gak tau fungsi dan faedahnya buat kemajuan umat tuh apa. Gak bikin mikir malah seringnya bikin baper. Tapi lebih ke director nya yg katanya juga director ice cream cake yg menurut gue BAGUS, cukup bikin gue berharap mungkin SM punya ide gila untuk bisa menghubungkan teaser2 creepy ke lagu yg kekinian dengan goyangan dangdut koplo. Entah gimana caranya YA TAPI LO MIKIR DONG SEBAGAI DIRECTOR KAN UDAH DIBAYAR MAHAL #sotoy. At very least, overdose yg walaupun ujung2nya di box indomie juga toh ada pre-story nya walaupun gak nyambung2 amat sama MV. Untuk call me baby berharap bisa kali semenit dua menit ada sambungan itu teaser minimal sampe 10 orang ketemu terserah gimana caranya.

    TAPI APA??

    Gue gak langsung nonton MV nya malah baca tweets temen gue yg daritadi mention dan dia udah kaya mau throw a brick to Kim youngmin face dan ekspektasi gue langsung drop ke titik nol.

    COBA KAPAN ULANG TAHUN YOUNGMIN MAU GUE KASIH TAUK APA DEFINISI KORELASI.

    Balik lagi ke jaman teaser pink tape tapi MV nya rum pum pum pum.

    Sudahlah, mungkin duit SM hanya cukup untuk 10 teaser dan debut rookies sebentar lagi. Toh pasti akan tiba saatnya Kim youngmin hanya mampu menaruh exo di depan tembok berhias lampu goyang kanan dan kiri karena biggest portion modal mereka sudah untuk Taeyeong and friends.

    Bersyukur masih bisa sewa Ferrari. Bukan cuma meja sama mesin fotokopi.

    #nomention

    Tapi LAY GANTENG BANGET KAYA DUDE HERLINO SAYA PUSING!!

    ReplyDelete
  29. Njiiiiir. ngakak pas bagian Tao Touch My Badeeyyyy~~~~ itu.
    Iyasih, MV nya boring bangt. Pathcodenya aja ampe ada yg di Arizona lah, Lyon lah, apalah itu, eh MV nya amlah joget-joget di kotak Khong Guan -,- Apaan bgt???
    Well, postinganmu selalu membuat hasrat ingin kentut karna terlalu banyak tertawa (?)

    ReplyDelete
  30. ternyata gk cuma gue yang sadar kalo tu MV ama lagu ada suara "Mbeekk" kita samaan kak :3

    ReplyDelete
  31. trlepas dr MV yg mengecewakan, sumpah gue ngakak baca caption2 nya, thanks bang u made my day ._.b

    ReplyDelete
  32. Kak Ron, masih inget korelasinya Art FIlm sama MVnya F(x) era Pink Tape nggak kak?

    Aku belajar dari situ soalnya :""""""")

    ReplyDelete
  33. Sebelum nonton mv nya (berhubung pas rilis gue masih asik di meja kantor ya), jd yaudah gue donlot mp3nya aja, gue denger berkali2 sampe mabok dan gue kayak 'hellooww ini ekso yg gue kenal sejak teaser jongin nari2 ditengah jalan bukan sih??'.. 'kok kenapa gue jadi kayak denger bye bye bye nya Nsync ya?'.. 😰
    gue sebagai ekso fans yg sekarang jadi eksol ini bener2 harus nerima kalo imej mereka tuh dikit demi dikit minta dirubah banget. kayak mereka tuh lagi bilang ke gue ini loh kita berSEPULUH.. udah bukan OT12 lagi.. dan looo harus terima..
    Iyaa iyaa gue terima..
    Tapi denger sealbum without Luhan's voice tuh kayak makan sayur asem ga pake sambel dan ikan asin.. kurang aja gituu (lidah sunda LOL).. kalo suara Yifan sih sebodo amat gak ngaruh sm kuping gue. 😒
    Dan well.. terimakasiiihhhh Rooonn udah muji2 Yixing gue.. (GUE??) (Iyain aja)
    Subhanallah akhirnya.. emang bias gue sih ganteng lah biarpun kadang oon nya ga ketulungan..

    Untuk masalah mv cuma diparkiran atau gudang atau apaalah, udah nebak2 sih. Jd teaser sebagus apapun, gue gak mau expecting too high. Capek sm SM. Trauma dr jaman gue masih suka sm Suju. Udah sering di PHPin.
    Sedih juga pas liat mv ice cream cake sebagus itu, apa krn promote member baru?? ATAU APAAA?! Coba jelaskaan kenapa MV MV yg lain gak bisa sebagus ituu.!! *mulai gak nyante*...

    ReplyDelete
  34. gue juga setuju! kecewa banget sama MV nyaaaaaaaa.... nggak ada nyambung nyambung sama sekali ama PathCode -_- , tapi dance mantap banget and Yixing emang kece banget disini
    >_<

    ReplyDelete
  35. Oke, ternyata nggak cuma aku aja yang mikir disitu Lay ganteng+manis banget.
    Ketawa lepas baca riviewan kakak :D
    Iya, kecewa juga sih kenapa MV nya gitu doang, aku pikir SM mulai berubah sejak ngeluarin MV Ice Cream Cake... eh, ternyata masih tetep aja.
    Mungkin EXO kebanyakan member, jadi susah ngatur MV nya #gaknyambungbanget
    Aku kira bakal ada dramanya gitu, misalnya salah satu member jadi pemeran utama di MV itu, eh ternyata cuma joget-joget aja sambil pamer mobil :D tapi mobilnya bagus kok, bikin salah fokus
    Tapi ya gak apalah, yang penting udah dibuatin MV, dan Lay jadi ganteng.
    Aku suka deh lihat Xiuminnya, luwes banget :D
    Itu bulu ketek Tao ikut direview juga :D

    ReplyDelete
  36. baca reviewnya cuma bisa cekikikan aja , emang yg kelihatan beda cuma lay , kai terlalu too much aksesorisnya , rambutnya chanyeol keren. n g nyambung sama teasernya. Berdoa untuk SM semoga MVnya lebih bermodal dibanding VCR sama teaser , kasihan artisnya udah banting tulang MVnya g ada kemajuan

    ReplyDelete
  37. Raihanah ShafiyyahApril 5, 2015 at 8:20 PM

    Tuuuhhkkaaannn benerrrrr !!! Berarti bukan cuma gue doang yg fokus sama dance nya xiumin pas bagian itu.. hahahaha paling menarik perhatian bgt klo menurut gue, semua mata tertuju padanya, bahkan kai aja kebanting, tbh.
    Dan gue tiba2 bilang 'amin' pas bagian "semoga Tuhan mengabulkan keinginannya untuk pergi berlibur ke rumah nenek baekhyun" wkwkkwk...
    Gue no comment deh kalo soal chanyeol -____- dia bias gueeeee.. ga tega\?

    ReplyDelete
  38. gilak gue sebelumnya gak liat si Xiumin xD fokus gue ke si barongsai mulu anjir.
    eh iya si Lay di comeback kali ini banyak ngundang perhatian fans banget, bentar lagi fans nya bakal bejibun-jibun :v
    keren sih review lo kak, seenggaknya gue bisa mengambil sisi positif mv ini, daripada cuman, "oh... gini doang.. oh, yeah."

    hahaha

    ReplyDelete
  39. Terima kasih hehehe. Walaupun cuma GINI DOANG tapi ya paling enggak mereka sudah berusaha keras di tengah serangan Ilmu Hembusan Naga Membelah Bumi

    ReplyDelete
  40. Makasih! WHAHAHAHAHAW gak banyak yang berkomentar soal mukadimah-nya padahal bagian itu yang perlu berpikir keras. wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  41. Gue setuju soal rambut chanyeol yang keren XDDDD ADUH GUE BESOK MAU WARNA ITU AH. Sebenarnya tujuan VCR sama MV itu beda sih. Kalo VCR itu jadi agak mahal karena kita juga nontonnya kan bayar konser atau beli DVD kalaupun pada akhirnya ada fancam/apa tapi tetep awalnya harus bayar dulu. Sementara MV kan gratisan. Mungkin itu juga alasan kenapa SM tuh males bikin MV bagus karena menurut dia as long as itu EXO, orang pasti akan liat walaupun jelek juga.

    ReplyDelete
  42. BULU KETEK TAO GAK DI REVIEW CUMA DI SEBUT! AKU KAN GAK BILANG BULU KETEKNYA BERAPA PANJANG DAN AROMANYA SEBERAPA SEMRIWINGNYA. YA NGAPAIN JUGA DIBAHAS ORANG GATAU!

    #tibatibatelentangdiAspal

    ReplyDelete
  43. this is so boyband i love this song!! HAHAHAHA gue udah biasin Zhang Yixing dari dulu tapi baru sekarang nerasa dia keren banget!

    Ice Cream Cake bisa bagus karena banyak faktor sih. salah satunya emang karena nama RV harus naik dulu bagaimanapun caranya.

    ReplyDelete
  44. HAHAHAHAHA KOMENTAR LO PANJANG BANGET SEKALIAN AJA REVIEW DI BLOG SENDIRI FIT WKWKWKWKWKKW

    ReplyDelete
  45. thank you so much for leaving a comment :") Xiumin dari MAMA emang suka goyang pantat. Gak ngerti.

    ReplyDelete
  46. Sebenernya kalo dibilang sekali take gak bisa juga. Ada beberapa kali take yang pasti tapi dibuat seolah olah sekali take. hahahaha cuma ya itu kesan kardus-nya masih berasa.

    ReplyDelete
  47. AKU GAK SENSI SAMA TAO KENAPA SIH AKU TUH BIASA BIASA AJA

    ReplyDelete
  48. gamau di share ah :3

    ReplyDelete
  49. SIAP! KALO UDAH GUE BIKIN, BACA YAAAAA!

    ReplyDelete
  50. mobilnya rusak. makanya ke bengkel.

    ReplyDelete
  51. Thank you Rose! You never leave me since long time ago ya WAKWAKWKAKWAKWA :3

    ReplyDelete
  52. kak kok kzl yang ini lucu! ngakaak bangeeeet. out of the box banget kak review lo. Lo bisa mencintai exo dengan cara 180 derajat beda dari yang lain. gue salut sama lo kak! Saranghae <3

    ReplyDelete
  53. sumpah kak gara2 lo gue nonton mv ini jadi ngakak gak abis2. kira2 nanti pas exoluxion call me baby di main stage ato center stage ya? gue pengen banget nontonin call me baby secara deket hahaha pengen liat totalitas umin yang tiada taranya itu

    ReplyDelete
  54. Menurut ku, MV MAMA adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada EXO...
    skip semua pathcode, dan lihat MV Call me baby... ya Inilah EXO Sekarang setelah di tinggal pergi sang ayah dan sang kakak tercinta..... maka jadilah anak bandel yang suka main di bengkel pake barang2 mewah, sambil ngedance sakitnya tuh di disini (kak,yah)... peduli amat sama meteor, komet atau apalah itu yg bakal ngancurin bumi,,,, kan kita masih punya exo planet....

    hahahahah...... hancur sudah pengorbananku nunggu patcode 3 hari 3 malam....
    hahaha( ketawa sinis)

    ReplyDelete
  55. Kak,,, pas ngeliat mv ini udah ke-download di hp ituu bener2 penasaran rasanya... pas pertama kalinya liat mv call me baby yang chinesse😂itu kenapa itu tao itu kenapa????!! Bulu keteknya itu,,, sampe aku pause dibagian bulket tao, itu kok bisa panjang yaaa? Kok hitam warnanya? *mending dicat ajaa*.. ku kira boyband2 gitu halus2 tanpa bulu *pake veet*.. ternyataaaa,,, tapi lucu.. pasti susah buat panjangin bulu ketek (mungkin tao disuruh sm, biar dia punya sesuatu yang bisa dibanggakan selain mata2 kurang tidurnya itu..?)
    Trus rambut nya chanyeol kayak arthur masaaa,, lucu jadinyaaa.. Xiumin lucu aned kayak upin-ipin... Lay meningkat yeyeyey!!!
    Tapi kak,,, bias ku itu sehun sama suho kak. Dan mereka bagian di call me baby itu dikit sekali kak😣udah nongol di depan kamera nya dikit2 lagi... mereka juga kurang mencolok karena dandanannya yang 'normal-normal-gimana-gitu'.. sedih kak sedih! Sakit kak! Tapi aku mah apa atuh.. aku hanya aku (?)
    Kak,, kalau boleh mau dong kak review nya red velvet yang ice cream cake kak... aku penasaran kak sama kucing-lucu-aned nya.. kok ada yang kecil sama yang raksasa ya? Itu pembuatan mv nya dimana ya? Si Yeri kak,, dia kira2 warna rambutnya bakal apa ya?
    *aku-nanya-apaaa-ini-sebenarnyaa?*
    *Apa-deh-aku-yang-komen-nya-panjang?*
    Maaf loohh kak aku ngetiknya kepanjangan...

    Nge fans sama kak ron!! Review nyaaa ituuu greget banget kakkk

    ReplyDelete
  56. Setuju kak.. gue bakal baca berulang-ulang kalo suho-irene :D

    ReplyDelete
  57. Ron, gue rasa si creator nya udah keabisan ide buat bikin teaser, jadi ide buat MV nya tingal sisa sisa sampah pikiran yang akhirnya terciptalah MV paling standard yang konsepnya udah ada dari jaman bahela. nonton MV ini tuh kayak berasa haus gue ga ilang ilang. ga sesuai sama apa yang gue bayangin sebelumnya pas masih teaser.
    dari sisi lagu juga telinga gue susah banget nerima kalo itu lagu EXO. lama nyatunya. Bukan EXO banget rasanya.
    kira kira di gedung SM Ent ada kotak saran gak ya ? kalo ada gue mau deh kasih saran.

    Thanks Reviewnya. Good Joke. Saranghae !!

    ReplyDelete
  58. Pas pertama denger itu lagu gue sempet tereak dalem ati, "Ini kenapa ada suara kambing? Kenapa kagak pake suara gue?!"
    Oke, abaikan.

    ReplyDelete
  59. Makanya review in bigbang dong kak ron lebi modal yge. Sm makin boring aja hopeless sama tu agensi

    ReplyDelete
  60. setauku yeri dapet ungu

    ReplyDelete
  61. *cengo* entah karena MVnya yang 'ini serius namanya MV? bukan iklan bengkel atau shampoo kuda buat mobil?' atau reviewnya yang SUBHANALLAH-entahlah-kenapa-ketek-bekicot-mencret-juga-dibawa-bawa yang saking kreatipnya bikin gua pengin ke rawa-rawa buat selametin Tao
    si Kai juga rambutnya kenapah nak? udah macem anak kost di akhir bulan yang mengharapkan uang bulanan dari emaknya yang bekerja diladang untuk segera sampai karena udah sangat-sangat menipis dan bercita-cita untuk keramas karena udah 2 minggu puasa keramas hingga buat beli shampoo aja ngga sanggup. dan ketika yang bisa dia jumpai hanya sunl*ght bekas yang udah tinggal seucrit dan terkontaminasi kuah Ind*mie soto spesial. yaudah dipake aja. sumpah LEPEK abis.
    kecebong abis sm MV ini.
    udah gitu aja. trims. BYE.

    ReplyDelete
  62. masih tetep mv What Is Love lah dari mv mv EXO yang lain..
    kena aja gitu..
    Call Me Baby mah biasa bgt

    ReplyDelete
  63. efek hitam putih nya CMB ini ngingetin gue 'Mr. Mr.', mobil mewah juga ada di 'Mr. Mr.' 'Holler'.
    gue kenapa baru sadar kalo ternyata itu suara kambing-Alaska-. mbeeeek~ mirip banget. dan ternyata bukan cuma gue yang ngeliatnya Yixing makin jling-jling. jadi jiwa gue masih normal(?). kalo menurut gue juga, Sehun karismanya gak kalah mencuat-cuat ke seantero MV.
    yang jelas gue suuka sama masuk akal dan lucunya review ini bang. cuma, sisa-sisa luka nya kebawa dikit-dikit jadi ngakaknya gak maksimal.
    overall jangan berhenti nulis suka-suka lo yang kayak gini deh, itu permintaan gue. meski elu bukan jin, gue harap lu mewujudkannya sampai terpampang nyata. oKai Yo Man~

    ReplyDelete
  64. foto xiumin disawer baby akhirnya ngebawa gue kesini. awalnya bingung dan ngerasa "wow" pada baca tulisan lo diawal, tapi akhirnya pengen banting laptop apalagi pas tau lo anak umur 15 tahun XD
    TERNYATA INI REVIEW MV XD
    dan ga lo doang yang ngerasa sakit hati liat mv nya, gue juga !!! ngerasa sakit hati banget kan ketika lo udah berandai-andai mv nya bakal slaaayyyyyyy banget karena liat teaser mereka yang emang slaayyyyyyyyyy ..
    well walaupun ada yang bilang karena ini lebih ke dance point, sama kayak growl.
    Tapi tetep terhibur dengan xiumin yang charming banget disini <3
    gue suka tulisan lo yang menghibur sampe bikin pengen ngakak & nyembur, walaupun gue tahan karena ada dosen yang lagi cuap-cuap.

    PS : GUE SUKA MEME LO DAN ISTILAH YANG LO PAKE !! andai dosen di kampus gue punya jiwa buat bikin meme & istilah yang ga bikin gue ngantuk dikelas

    ReplyDelete
  65. saya juga merasa kecewa dengan mv nya. pdahal sdh berhrap bngt bsa sekeren-keren teasernya. tpi sayang seribu sayang hrapan kami tidaklah seindah lubang idung soo man. saya selaku bias tao sdkit mrsa kcewa, tpi gpp keren kok dan menghibur.

    semoga mukjizat itu nyata untuk blog ini, terlebih untuk mu Tao...
    I'am volunteer . . #salamkecup3jari

    ReplyDelete
  66. moment-momentnya bikin ngakak. sumpah setelah semua kegelapan karena MV yang biasa aja *eh jelek banget*
    dari teaser udah curiga jangan-jangan entar mvnya gitu doang. kejadian f(x) pink tape terulang banget. teaser subhanallah bagus eh MVnya bikin bekicot mencret.

    ReplyDelete
  67. bener bang, gue setuju bgt sama lu yang paling banyak berubah dan makin ganteng itu zhaaaang yixiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing >///< pasera era sebelumnya dia mah tua bgt, TUA!! KKKK

    ReplyDelete
  68. DAN LAGI LAGI GUE PASTI NGAKAK KALO BACA REVIEW MV LU

    ReplyDelete
  69. DAN BERUNTUNG SEKALI KAU PEMUJA SATAN KIM JONGIN, NAEK MOBIL SPORT LAMBORGHINI ASEM PUTIH ITU!! BANGKE PLEASE ELU BIKIN GUE ENVY SATAN!!!

    ReplyDelete
  70. MAAF KAK NGESPAM, INI SEMUA GARA GARA TAO, EH IYE ANE BUKAN EXO L

    ReplyDelete
  71. Gue lemes banget pas liat mv nya :v gila banting banget sama teasernya :v. Terus gue kepikiran. Modal buat mv nya abis buat adegan bakar bakar hutan. :'V

    ReplyDelete
  72. garandeng ya allah pira ge nu kieu meni di ributkeun dasar alay.

    ReplyDelete
  73. MVnya emang ngebetein (lagi) banget kak, di dalem kardus mulu. Kayaknya SM suka banget ya sama yang namanya recycle (?) Exodus... exodus... kok di dalam kardus ?

    ReplyDelete
  74. waktu ada yg upload foto bts shooting mvya dulu sebelum mv nya rilis, gue kira bakal ada adegan balapan sambil begal kayak di Furious 7 gt, ternyata.......... cuma para montir lagi nari2

    ReplyDelete
  75. yaaah meskipun kecewa sama mv ini tapi biarlah yang penting disitu Zhang Yixing makin ganteng, kaulah segalanya Zhang Yixing, lupa sudah aku pada Byun Baekhyun

    ReplyDelete
  76. Setelah 3 hari merem melek nungguin ni mv akhirnya keluar juga, yah walaupun tetep exo kardus toh gue tetep loncat-loncat dijalan liat si belatung~~

    ReplyDelete
  77. MV Call Me Baby emang ga sesuai banget sama teasernya yang keliling dunia tapi apalah gue tetep sempet pingsan (bohong) pas liat tuh mv.

    ReplyDelete
  78. setelah lama menunggu tetep aja di kardus,
    ngenes-_- tapi tetep aja replay mv-nya dan zhang yixing demi Tuhaaaaaan lesung
    pipitnya bikin lupa sama bias sendiri

    ReplyDelete
  79. Geyolan pinggul Xiumin emang sawerable banget, Kak. Gimana kalo besok ada EXO'luXion'
    in CIMAHI kamu nyawer Xiumin beneran? Jangan
    lupa nyawer Sinden Panggungnya juga. Hehe...

    ReplyDelete
  80. Geyolan pinggul Xiumin emang sawerable banget, Kak. Gimana kalo besok ada EXO'luXion'
    in CIMAHI kamu nyawer Xiumin beneran? Jangan
    lupa nyawer Sinden Panggungnya juga. Hehe.

    ReplyDelete
  81. Geyolan pinggul Xiumin emang sawerable banget, Kak. Gimana kalo besok ada EXO'luXion' in CIMAHI kamu nyawer Xiumin beneran? Jangan
    lupa nyawer Sinden Panggungnya juga. Hehe..

    ReplyDelete
  82. Review bikinan Kakak ini keren banget. Beneran menggambarkan isinya MV Call Me Baby. Apalagi bagian TOUCH MY BADEYY~ Sumpah! Bikin ngakak sampe gegulingan di lantai!

    ReplyDelete
  83. Holla~ Wew, teaser around the world, MV around the garage
    world. SM mah orangnya gitu~ Btw, semua ini hanyalah cobaan, jadi waspadalah! Happy Kartini’s Day!

    ReplyDelete
  84. Ga tau kenapa gue bakal selalu excited tiap kak ron buat review, apalagi giveaway. Dan dikeduanya pula gue mendapat kesenangan tersendiri dan kadang ngakak sendiri.

    ReplyDelete
  85. ampuuun, nungguin EXO COMEBACK dari 2014 lalu, baru rilis MV sekarang, what !!!!! sabarnya daku ini, padahal udah di pesen dont be disappointed, tapi apa sih, KCB (kecewa berat).
    Daebak teasernya doang, begitu call me baby muncul, what bajunya? What set nya ?(kayak gak punya dana) dan lagi Haaah dancenya?(ampe malu nonton dancenya)
    oke , audio bagus, suka part WHAT UP nya doang. TAPI hal dan lain sebagainya itu loh ahhhhhh mampir ke Format mp3 aja deh, Nontonnya MV sesekali aja.

    ReplyDelete
  86. Nungguin nih comeback dari 2014 lho...baru sekarang, sekarang ? Tega banget SM, 4 bulan dan cuma ini? Hah mengecewakan.
    teaser nya doang yang daebak, MV nya sungguh terlalu, What! bajunya? What ! Setnya (g punya dana) dan lagi dancenya ? (Malu nontonya ).
    Audio nya oke, part WHAT UP nya doang, yah kalo gini mampir format mp3 aja, videonya nonton sesekali aja.

    ReplyDelete
  87. kocak gileeeeeeeeeee lol

    ReplyDelete
  88. asli ngakak ane, keren blog nte :D

    ReplyDelete
  89. ViniaNaila LevinaApril 29, 2015 at 9:42 AM

    ngakak sumpah... gak boong

    ReplyDelete
  90. pertama kali nonton mvnya langsung diem, mikir.
    'ini apaan?'
    'apa urusannya sama teaser yang udah kayak trailer film horror?'
    'jadi mobil yang sempet dibilang buat syuting tvc itu mobil buat mv?'
    'kai kenapa kayak arafiq begitu?'
    'ah yaudah nonton aja'

    ReplyDelete
  91. Doh aku juga geregetan sendiri ama Chen. Ngga biasa aja Chen kaya gitu -_- pengen banget aku jambak rambut belah tengah nya itu. Dikira cakep apa kalo rambutnya dibelah tengah gitu, di curly curly pula. Ngga suka deh ih -_- Aku ngga fokus ke Xiumin sih ataupun Lay. Aku selalu fokus ke Kyungsoo tercinta.
    Mengenai suara kambing itu, seketika aku ngakak bacanya. Ternyata Kak Ron pun juga menyadarinya, haha.

    ReplyDelete
  92. wakakak gue sempet kaget nonton mv ini.


    *lihat suho*


    "wih siwon"


    "lho kok kamu pendekan won"


    "lah gue nonton MV apa ya kok ada siwonnya"


    "LAH ASU."


    nggak bohong di sini suho kayak reinkarnasi siwon jaman mr. simple

    ReplyDelete
  93. SUMPAH ngakak se ngtakak ngakaknya. kaliamat yang lo pake buat review asik banget nak, hhaa

    ReplyDelete
  94. Never lah kak, i'm your number one fan. halah.

    ReplyDelete
  95. hahaha GOKIL LO BANG!! tiap perkataan yang lo tulis itu SANGAT BERMAKNA sekaleee~~ AMPE TUMPEH2 GW BACANYA :3.
    Besok kalo exo nyari MEMBER BARU... LO WAJIB KUDU HARUS YE BANG BUAT IKUT AUDISINYA :V

    ReplyDelete
  96. hai kak ronzzy, salam kenal. ini adalah link rekomen dari temen saat sahur. dan sukses membuat saya ketawa2 sendirian di kamar.
    Dan juga ini adalah halaman kaoskakibau.com pertama yang saya baca.
    Saya pikir dulu ini adalah gudangnya fanfiction ternyata---
    saya seharusnya nemu nih web berbulan2 yg lalu.
    Terima kasih atas reviewnya yg gak biasa ini :)
    saya mau lanjut baca yg lainnya meskipun sudah sangat terlambat xD

    ReplyDelete
  97. HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.....
    ga brenti ngakak dari awal bca review-nya... sumpah deee..
    tapi aku mw nambahin.. menurut aku tuh.. chanyeol dsni tuh yg plg bersinar...

    ap lgi pasyg adegan pindah2 duduk brg chen.. keren bgt
    n yg pas dya nge rap di tengah sendirian..
    selanax bner2 mengalihkan pandangan hahahaha
    kyk ke higlight gra2 wna celanax..

    ReplyDelete
  98. nemu nih review ngakak badai chinnn,,,
    entah knp ane suka syekali sama mv cmb. ceye di sini cakevv binggo. pas part rapp apalagi,,bikin napas berhenti, idung mimisan, mati berdiri...jedierrrrrr

    ReplyDelete
  99. gak bisa berhenti ngakak baca review MV ini
    Setuju sih kalau konsepnya biasa banget dan khas SM banget
    Sampe pernah mikir SM itu kok monoton banget sih?
    Dan setuju juga perkara musiknya gak kedengeran EXO banget
    EXO kan cowok banget, di sini keliatan agak feminim gitu iyuuuhh~

    BTW kalau menurut saya sih yang paling bersinar ya D.O
    D.O laaaahh!! Liat aja bagian tengah dari celananya yang ketat waktu dia solo

    ReplyDelete