Saya si 'Fans Jalang'

*
Untuk beberapa orang di dunia Kpop ini, bias dan fandom adalah sebuah hal yang sangat serius. Saking seriusnya, nggak jarang mereka bahkan bisa adu bacot sama temen sendiri soal ‘cara mereka memandang idolanya’.

Seserius itu sampai-sampai mungkin ada yang berantem karena “Gue nggak suka banget deh sama si X karena dia kayaknya kok centil banget deket-deket sama Y. Kayak ngarep banget buat dijodohin gitu,” sementara yang diajak ngomong kayak “Lah, menurut gue malah mereka cocok.”

Kemudian mereka nggak pernah ngomong lagi setelah itu.

Entah kapan persisnya beberapa orang di dunia Kpop ini mulai memandang serius masalah fandom. Sampai-sampai isu ini jadi sangat sensitif. Kalau dulu ada era di mana Super Junior mungkin jadi satu-satunya topik sensitif di dunia fana ini, sekarang bisa jadi semuanya sensitif. Serba gampang baper kalau terjadi perbedaan pendapat.

Gue sendiri sebenarnya cukup mengerti bagaimana rasanya jadi fans yang kayak gitu. Gimana ya nyebutnya? Overprotektif? Bisalah kita sebut kayak gitu. Soalnya, dulu gue juga kayak gitu banget.

Waktu zaman-zaman gue lagi gandrung banget sama Harry Potter, gue sama temen sekelas gue pas SMA—dia fans Kurt Cobain—pernah yang sampe berantem parah cuma karena dia ngatain Harry Potter itu kayak semacem cerita nggak penting.

"Ih apaan sih Harry Potter puter-puter tongkat terus jadi. Kayak mustahil banget!"

YAELAH NYET NAMANYA JUGA KISAH FANTASI. YA GIMANA SIH.

Pengen gue bales dengan, "Daripada idola lo, bunuh diri kayak nggak mendidik sama sekali buat siapapun yang ada di dunia ini,"

Tapi nggak berani. Takut gue dijorokin ke rawa-rawa.

Karena masalah ini, kita sampe nggak ngomong sama sekali selama beberapa bulan. Sampai kita berdua sadar bahwa betapa bodohnya kita mengorbankan apa yang disebut hubungan silaturahmi cuma karena tersinggung soal hal yang bahkan nggak bikin kita jadi ranking 1 saat itu. Nggak bikin kita lulus UN dan masuk universitas ternama.

Ketika gue mulai suka Kpop, gue sering mendapat kayak semacem komentar “apa sih Kpop” dari orang-orang di sekitar gue. Mati-matian saat itu gue membela idola-idola gue ini (baca: Super Junior). Bahkan ada di barisan terdepan waktu SM*SH dibilang plagiat Super Junior (padahal bagian mananya deh yang di plagiat kayak nggak ada mirip-miripnya sama sekali).

Kalau diingat-ingat sekarang sih malu. Karena pada kenyataannya ngebelain Super Junior saat itu nggak bikin gue kaya raya juga. Nggak menjamin gue dapat kerjaan juga. Nggak bikin IP gue jadi tinggi juga.

Saking seriusnya masalah fandom ini sampai-sampai ada juga orang yang mempermasalahkan si A karena dia menganut aliran multi-fandom (darah-lumpur). Sementara dia, sebut saja B, adalah darah-murni, orang suci yang hanya mengidolakan satu grup saja. Atau mungkin satu member dalam satu grup saja.

Ketika beberapa waktu lalu gue bacot soal Tao keluar dari EXO di Twitter, ada banyak sekali komentar pedes dari para fans Tao ke gue. Sebenernya nggak pedes sih karena mereka nggak nyebut “Cabe!” atau “Sambel ijo!” atau “CABE BARBADOS!” dan semacemnya. Mungkin lebih ke arah yang seksual.

Salah satu mereka menulis:

“Ya, bencong! Lo enak multi-fandom. Lo nggak akan ngerti bagaimana rasanya punya satu idola doang!” (mungkin emang nggak persis kayak gini, tapi silakan kalo mau kepo search aja username gue. Kayaknya Top Search-nya bakalan itu deh isinya wakakakaka tapi ngapain juga gitu lo kepo kayak gue ini anak Jokowi)

Saat itu gue merasa.... Wow. Orang ini kayaknya sudah hidup 100 tahun di dunia dan dia yang paling mengerti segala sesuatu soal ngefans dan seluk-beluk fandom. Mention ini sampai di kepala gue dengan penafsiran yang beragam.

1) Kalau Tao keluar dari EXO berarti mereka udah nggak punya bias lagi di dunia Kpop ini karena mereka cuma ngefans Tao seorang

2) Berarti selama ini mereka cuma ngefans Tao doang, nggak ngefans EXO

Ada benernya mungkin gue emang nggak tahu bagaimana rasanya punya satu idola doang. Mungkin juga itu yang bikin gue nggak relate sama permasalahan mereka yang darah-murni ini.

Tapi... kalau gue boleh berpendapat—BOLEH DONG YA GUE BERPENDAPAT—ketika lo dihadapkan dengan dua pilihan yaitu (1) Bahagia dan (2) Sakit Hati, ya kenapa lo harus milih sakit hati? Apalagi sakit hati untuk urusan yang bahkan nggak ada sangkut pautnya sama kehidupan lo di masa depan.

Biar gue utarakan maksudnya.

Pilihan (1) Bahagia; multi-fandom. Atau janganlah menyebutnya multi-fandom (karena fandom berarti sudah sangat serius dan mencakup ranah kepercayaan dan keyakinan lo sebagai fans fanatik sejati nggak ada obat nggak ada yang bisa ngalahin). Mungkin orang yang punya banyak bias kayak gue ini lebih tepat disebut ‘Fans Jalang’.

Kenapa kemudian ‘Fans Jalang’ masuk ke dalam kategori Bahagia? Karena biasanya, orang-orang yang memilih suka kepada banyak idola nggak akan terlalu baper kalau salah satu idola mereka dilanda masalah kayak skandal dan semacamnya. Apalagi lawsuit. Mungkin ada waktunya baper. Down. Dan semacamnya. Tapi abis itu, yaudah. Kan masih ada bahan spazzing yang lain.

Kasarnya kayak, “Kalau Kris keluar dari EXO, yaudah gue masih punya Luhan.”

Dan ketika Luhan juga keluar EXO, “Oh yaudah, kan masih ada Tao,”

Dan ketika Tao juga dikabarkan keluar EXO, “BANGSAT! GRUP KUDA MELATA INI KENAPA LAGI SIH?!?!! Yaudah deh gue ngefans sama Lee Soo Man aja,”

'Fans Jalang' akan selalu punya cadangan. Selalu punya ban serep. Ban serep dan cadangan yang akan selalu bisa di-spazzing-in. Memang kesannya tidak setia sama sekali. Lah namanya juga ‘Fans Jalang’. Bisa suka sama siapa aja. Pindah-pindah ke mana aja. Bebas. Nggak ada yang baper. Semua bahagia. Karena nggak ada yang diseriusin.

Namanya juga dunia hiburan. Ya tujuannya untuk hiburan. Kalau pada akhirnya dunia hiburan yang cuma lo pantau dari depan layar laptop ini jauh lebih serius daripada kehidupan lo di dunia nyata, itu berarti ada dua kemungkinan: lo adalah Lee Soo Man (yang mana sehari-hari lo sibuk mikirin bagaimana caranya supaya boyband sama girlband gue jadi nomor satu di dunia), atau lo belom siuman dari pingsan karena nonton oppa lagi pamer perutnya yang kotak-kotak di fancam konser.

Sementara Pilihan (2) Sakit Hati ini berarti kesetiaan. Orang-orang yang ada di kategori ini berarti orang-orang darah-murni yang kuat sekali mental dan batinnya. Mereka hanya mengidolakan satu grup (atau member dalam grup) saja dan menahan godaan setan untuk tidak melihat atau sekedar melirik grup lain. Saking setianya, kalau ada masalah yang terjadi sama idola mereka, berarti mereka juga akan ikut tenggelam dalam masalah itu. Terlibat dalam semua problematikanya dan semuanya.

Dari jauh.

Dari balik keyboard.

Dari belakang layar ponsel.

Kenapa lalu mereka yang darah-murni ini rentan sakit hati? Mungkin karena sudah ada kedekatan emosional antara dia dan idolanya. Karena sudah diseriusin banget. Karena sudah merasa memiliki banget. Sedekat itu sampai-sampai siapapun yang menghina idola mereka, maka mereka juga akan tersinggung sampai yang ke relung hati yang terdalam.

"Menghina idola gue berarti menghina gue. Orang yang ngemusuhin idola gue berarti musuh gue!"

Udah kayak geng Cinta di AADC.

Ya tapi bukan berarti mereka yang multi-fandom juga nggak punya kedekatan emosional dengan idola mereka. Bahkan beberapa multi-fandom yang gue kenal bahkan sampai yang rela menghabiskan banyak uang untuk idola mereka yang banyak itu. Dan mereka nggak baper-baper banget atau mudah tersinggung dan semacamnya.

Mungkin ada, multi-fandom yang kadang-kadang ngerasa tersentil. Tapi yaudah, dalam kadar yang pas-pasan. Tidak meledak-ledak. Dan semacamnya. Karena selama ini gue menemukan orang-orang multi-fandom itu ya santai aja. Kalo kalian mungkin punya pengalaman yang beda.

Tapi kalau kembali ke tweet salah satu fans Tao ke gue waktu itu:

“Ya, bencong! Lo enak multi-fandom. Lo nggak akan ngerti bagaimana rasanya punya satu idola doang!”

Apakah ini berarti mereka emang nggak punya ban serep? Nggak ada cadangan idola? BENER-BENER SATU BANGET NIH!? HANA BAKKE OPSO?! NEO BAKKE MOLLA?!

Lalu gue bingung.

Bukankah seharusnya kalau Tao keluar dari EXO dia akan tetap ada di dunia ini dan nggak kemana-mana kan? Masih bisa diidolakan kan anaknya? Dia masih Huang Zi Tao kan?

Lalu? Kenapa kalimat “Lo nggak akan ngerti bagaimana rasanya punya satu idola doang!” rasanya seperti kalau Tao sudah nggak di EXO berarti dia sudah tidak akan lagi eksis sebagai selebriti ya?

(kemudian terbang naik Nada dan bertapa di Gunung Merbabu dan berpikir keras)

Jadi ‘Fans Jalang’ atau ‘Fans Setia’ itu pilihan. Tapi kalau pilihannya antara

‘Bahagia, karena gue nggak terlalu mikirin hal-hal yang terjadi di dalam fandom dan yaudah cuma sekedar ngefans aja. Toh nggak dapet uang juga dari ngefans sama mereka atau spazzing soal mereka’

atau

‘Nggak, gue harus setia sama orang ini. Apapun yang terjadi gue akan tetep sama dia! Gue akan bantai semua orang yang menghalangi jalan gue! GUE SELAMANYA BUAT DIA! WALAUPUN GUE NGGAK DIGAJI GAK APA-APA GUE AKAN TETAP ADA DI SAMPING DIA! DIA ADALAH SATU-SATUNYA CINTA DALAM HIDUPKU OPPPAAAAA SARANGHAE HUAA HUAAAA’

Ya gue sih mending multi-fandom tapi bahagia. Daripada stick to one fandom tapi kok kayaknya terbebani sama masalah yang bukan masalah gue dan hal seharusnya jadi hiburan...

Well, semua ini tergantung konteksnya juga sih. Karena ada kok, orang yang stick to one fandom tapi nggak terlalu menunjukkan kesensian mereka di media sosial.

(Ditunjukkan tapi lewat akun lain yang digembok)

(Oh oke sama aja)
Dan beberapa hari yang lalu, Michelle mengunggah foto ini ke Path:
*
*
Jadi, lo yang mana nih gengs?
*

Share:

35 komentar

  1. sukirman saya !!
    sukijan!
    supriman!
    yak!

    ReplyDelete
  2. kak ron, kenapa gambar awalnya henri??
    #penasaran ajah ha ha ha

    ReplyDelete
  3. Ka itu yang tentang Kris, Luhan, Tao bias gue semua. Bner sih pas Kris and Luhan keluar gue mikir "yaudah gpp masih ada Tao" ekh ternyata dia malah mau lawsuit kesel gak sih loh ka

    ReplyDelete
  4. Yg multifandom daeah lumpur, yg suka 1 fandom darah murni, yg ngga suka semuanya darah apa donk?

    ReplyDelete
  5. Indah Kartika Azka SefiMay 11, 2015 at 11:22 PM

    Gue fan kak multifandom heheh , bodo amat dah ya orang mau bilang apa ke ekso ekso ini yang penting gue liat mereka udah seneng bisa nonton konser nya hamdallah banget toh jadi entertainer kan pekerjaan mereka kalo ngga dari 'menghibur' mereka bisa dapat uang darimana? Sebagai entertainer mereka juga punya kehidupan sendiri begitu juga dengan penggemar :)

    ReplyDelete
  6. Nikki Listianing RMay 12, 2015 at 8:45 AM

    muggle XD

    ReplyDelete
  7. Nikki Listianing RMay 12, 2015 at 8:51 AM

    Kalo q pernah ngerasain dua-duanya, darah murni sama campuran. Awalnya yah, darah murni, tapi kemudian negara api menyerang, hhehe... tapi setuju, lebih damai jadi campuran. Dan q tetep setia sama yg pertama kok, yg ngenalin sama dunia per-kpopan. Yg pertama tetep tersimpan di hati yg terdalam... *iyuuuhapabanget, hhahaha...

    ReplyDelete
  8. the best comment ever XD

    ReplyDelete
  9. Sumpah bang, gue dulu juga sama kayak elu. Pernah jadi fans darah-murni dengan segala delusi akutnya, tapi sekarang gue udah jadi 'fans jalang'.lol. Cuma kalo masalah delusi kadang masih nempel. KAAAA-DANG. Gak sering, bahkan hampir gak pernah. Bahkan sekarang gue udah 'masa bodo' sama tetek-bengek sepele yang jadi bubur anget buat para darah murni. Sebatas tau aja, analisa sendiri, dan jadiin bahan obrolan buat orang-orang yang cukup legowo buat nerima pendapat gue

    ReplyDelete
  10. Njir, ada ONE OK ROCK nyasar!! :v Tomoya kaga nyante dah

    ReplyDelete
  11. gua termasuk yang darah lumpur yah hahahahah, gua gak terpaku sama satu fandom dan satu bias gitu loh, pas bias gua lawsuit ya gua emang menyayangkan lah yah kenapa dia mesti keluar dari grup nya, tapi ya karena bias gua toh masih hidup dimuka bumi meski gak barengan grup nya lagi ya gua biasa ajah lah,masih ada bias-bias gua yang lain yang masih bertahan sama grupnya. Menurut gua multifandom itu sah sah aja lah yah, toh gak ada yang larang kan kita buat suka sama oppa yang lain-lainnya gak mesti satu ajah, toh orang pacaran ajah bisa selingkuh ini cuma ngebias masa gak boleh selingkuh hehehehehe.

    ReplyDelete
  12. sebenernya fan tao yg ngebash lo itu kesel gegara lo ngehina tao bukan gegara lo multifandom. makanya kalo mikir ya yg deket2 aja gausah kejauhan. jadi ga nyambung kan

    ReplyDelete
  13. Rifqa Aqilah ZeniaMay 12, 2015 at 4:17 PM

    Bener kak, enakan jdi darah lumpur..
    Awalnya aku cuma sone, tpi mikir juga snsd kan udah tua *sorry, mereka pasti bakalan nikah dn kita ngga tau grup nya bertahan lama atau ngga apalagi kontrak snsd dgn sm cuma sampe 2017. Makanya aku udah nyiapin ban serep.... Red Velvet. Krna udah ada cadangan skrg hidup aku lebih tenang, gk perlu repot" mikirin kontrak bias. Pas jessica keluar jga gk nyesek amat

    ReplyDelete
  14. Aku darah lumpur~ Aku fans jalang, Oppaaa~~ lihatlah aku fans jalangmu ini *apadah
    Mmm..mungkin aku nyebutnya multibias kali yah, soalnya kalo menurutku multifandom itu mereka update keseluruhan grup, semua membernya gitu. tapi kalo multibias kan ngikutin orang itu doang. Sejauh ini sih aku multifandom dan multibias, haha. Tentang berantem cuma gara-gara adu bacot itu aku hampir ngalamin sama temenku. Dia Blackjack, nah aku sebagai SMStan pasti ngebelain SNSD. Nah sempet rebutan siapa yang lebih bagus, kece, antara 2Ne1 dan SNSD itu kita hampir aja marahin. Aku aja yang ngalah, daripada marahan tapi tiap hari ketemu di kelas, eneg juga kan kalo gitu.
    Ya, aku merasakan pas Luhan OUT, sempet galau sih tapi ultimate bias di EXO kan Kyungsoo ya jadi abis itu ya ke Kyungsoo lagi. Pas Kyungsoo dirumorin pacaran itu aku sebel banget, terus aku lari ke Yesung. Kalo bosen ama dua-duanya lari ke VIXX, haha.

    ReplyDelete
  15. Mksih udh bahas ini, akhirnya gue sadar, aku termasuk "FANS JALANG" jg, Hahahahahahaha, gak cuma 1 ato 2 boyband, gue mah buanyak. Di Kpop ada banyak artis dengan segudang talenta yg menghibur, jd jgn di sia-sia-in guys....

    ReplyDelete
  16. Fhasya Sekar AzzahraMay 13, 2015 at 10:26 AM

    Darah lumpur! Fans jalang yay! \ :v /

    ReplyDelete
  17. Aku pernah jadi darah-murni, terlalu heboh banget dan sok tahu tentang idola yang aku suka padahal cuma karena baca fakta di internet. Tapi lama-lama jadi darah-campuran. Lama-lama mikir "ngapain juga ngehebohin dia? sok kenal juga... emang dia tahu aku? dia kenal aku?". Sejak itu bersikap netral jadinya, ngefans yg sewajarnya walaupun kadang jg masih heboh :D

    ReplyDelete
  18. Run Hyn LockhansaMay 15, 2015 at 7:07 PM

    Darah gue mah merah, swer deh beneran !!!

    #slacked -,,- :-D

    ReplyDelete
  19. Grace Nevyta FerdiantoMay 16, 2015 at 12:09 PM

    duh gue fans jalang juga nih tbh WAKAKAK. suka heran sama fans" fanatik darah murni yang suka tersakiti, kesenggol dikit kaya yang rapuh banget gitu, padahal oppa gak bikin dia jadi hidup mapan kok-_- gue punya temen exo-l darah murni, waktu lawsuit" dia selalu nangis kejer.......gue yang juga exo-l (darah lumpur sih waks) aja santai, masih bisa ketawa"......tbh punya temen fans darah lumpur tuh kalo diajak ngomong lebih asik loh :3 jadi fans jalang juga lebih bahagia, punya serep, ga ngebosenin:))

    ReplyDelete
  20. Perdana komen /harus dibahas/
    Haha.. apa banget ini kategorisasi fansnya lah xD suka banget tp sama perumpamaannya.
    Si aku sih dulu nganut aliran darah murni, tapi setelah lawsuit datang tahun 2009 *cough* bubar jadi dua *cough* akhirnya nyari baru buat pengalihan jadilah punya dua fandom tp fandom pertama ga pernah ditinggalin *sebenernya yg nganut asas ini pengen dibilang setia tp ga bisa setia tp emang setia* ya begitulah emang hati pens.
    Cuman skrg udah beneran jd fans jalang setelah ngecek folder koreaan yg bertambah banyak list idolnyaa ampe suka ikut seneng ngt klo yg lain kambek. Ngikut aja gituuu.. jalang banget kan ya dan malahan fandom pertama kadang kegeser HAHAA.
    Tapi harusnya itu kategori fans jalang hrs dibagidua jd fans multibias ato emg multi fandom. Sekian.

    ReplyDelete
  21. kkkkkk :D gw termasuk darah murni(?) sih, karna yg gw tau cuma EXO dan exo planet dg segudang masalah di dalamnya... tapi pas kris out gw kayak yg sedih banget gitu, trus luhan out loh kok bisa sih, trus tao,gw mulai sebel. di saat fansnya nangis darah(?) bilang gws dan menghujat SM abis2an lah dianya liburan ke LA gimana ceritanya itu....???? pake hapus EXO dari weibo, IG and tanda tangan pula...gw mulai bilang ke yg lain "ya udah lah iklasin aja" lah gw dimarahin. kkkkk :D ya udah lah biarin aja. gw sih emang selama 3 th jadi EXO-L gak punya bias, sehari setelah perayaan ultah ke 3 exo baru gw ngumumin bias gw Lay.
    tp toh yang namanya idol kan untuk hiburan, kalau bikin galau tiap hari itu lain lagi.
    jadi intinya mau lo darah murni atau darsh campuran "just enjoy the show" :D

    ReplyDelete
  22. Aisyah MuktiasaniMay 17, 2015 at 6:11 PM

    fans , i think 😊 kalo aku si lebih ke "fans jalang" tapi ngga jalang juga kali ya kak cari bahasanya.hehe

    ReplyDelete
  23. Baang saya setuju banget! Sejak dulu saya jadi fans jalang! *laah ini namanya nggak ada yang kecean dikit napa*. Awal2 pas ngetren bbf noh suka SS501. pas tau shinee ngebias minho gegara senyumnya kece doang. Abis itu berlanjut trus ke b.a.p, boyfriend, exo, bts, winner, bahkan sampek sekarang ikon sm monsta x juga *udah pernah denger bang?* hehe. Bahkan kemaren, bulan lalu noh, baru aja ngebias kangin gegara liat ISAC 2015. ngebias kangin taun 2015 itu berasa miara dinosaurus pas supermen lairan *ngomong apa bodo*. Kalo cocok ya ngebias kalo kagak ya nggak usah diliat drpd ngebash sm ngehina. Yaa kan niatnya ngebias itu kan ngehibur diri yak. Janganlah dibuat sulit. Sekali2 juga perlu menistakan bias sendiri toh merekanya juga nggak mati *boro2 mati tau aja nggak. Semoga ya fanatik2 iti cepet diberikan hidayah aamiin *abaikan

    ReplyDelete
  24. Berarti gua darah lumpur sip cocok sama hermione hahahaha

    ReplyDelete
  25. kak aku juga fans jalang sih. tapi....suka suzy, suzynya kemudian dating. suka jonghyun cnblue, kemudian dia wgm alay-cheesy-tapi lovable gitu. ngefans eric nam, kemudian ada kabar yg dia sama CHLOE MORETZ gossssh wth , dan suka chanyeol, dan dia lead di exond yg astinya ada love line nya ;" kenapa gua yg jalang tapi gua yg kratak mulu :"

    ReplyDelete
  26. kak gue juga fans jalang darah lumpur tapi idup gue nyantai kak ga sesakit hati darah suci kalo ada masalah, yaa hidup emang pilihan ya kak

    ReplyDelete
  27. gw tipe darah murni. cm bisa punya 1 bias n klo ganti bias yg lama dilupain, wkwkwk...kpop tuh bner2 jd pelampiasan gw setelah seharian ngerjain kerjaan yg ga ada abis2nya di kantor. prinsip gw ngefans sama seseorang tuh harus bkin gw HAPPY makanya gw paling males ikut drama di fandom (skandal ato fanwar ato apapun yg bkin pusing).gw rasa mau jd fans tipe apapun semua pilihan n ga ada org yg berhak nge-judge cz ini kan hidup kita, ngapain org lain ngurusin...

    ReplyDelete
  28. Meh, gue nggak ngerti sih kenapa harus obses ke satu orang doang dan bawa-bawa perasaan sama kehidupan pribadi mereka.

    ReplyDelete
  29. Gue tipe fans SAKAHAYANG. bukan tipe darah murni, darah suci, apalagi darah muda. Lebih bebas. Dikatain ngga setia juga bodo amat.

    ReplyDelete
  30. Gue orang yang setia sama satu fandom sih tapi gak fanatik amat.
    Dibilang setia itu gue juga ngikutin grup lain selain fandom gue. Kasarannya gini, gue dulunya shawol selama 5-6 tahun ngebias ke Minho tapi gue masih ngikutin Suju, 2PM, 2AM dll. Dan pas Minho ada masalah (gak ada masalah sama sekali malah) gue juga gak ngebela dia mati-matian atau ngebacot orang yg ngejelekin Minho.

    Nah sekarang gue pindah ke EXO dan ngebias Kyungsoo tapi gue masih care ke SHINee, jadi gue apa dong? Jalang juga?

    ReplyDelete
  31. Shella Viveronica RapaniSeptember 3, 2015 at 11:03 PM

    Suka banget sama postingannya kak ron yg ini :)
    berusaha jadi fan yg "bijaksana", ya meskipun berat, hihi ^^

    ReplyDelete
  32. bhaksssss,,gua pens Jalang juga nihh,,darah lumpur,,udah dri dlo juga pas jaman dbsk,trus ke suju,,nah trus ke junior2 nya suju,,trus ngepens ama agensi sebelah,,alamakkkk bahagia lahh idup gua

    ReplyDelete
  33. Gue jg fans jalang (ekhem)... Walaupun ngga seratus persen sih. Kayak kasus KrTaHan aja, gue masi punya Chen kok, liat Chen 'belagu', masih ada Xiumin kok, liat Xiumin ciuman, masih ada Suho kok. Hahaha emang bangsat aja inilama2 bikin panas. Itu berlaku untuk artis SM (exept Taeyong XD) Btw kak Ron, pas Sr15b debut review mereka dong?

    ReplyDelete
  34. Setuju banget! Gue sih lebih milih fans jalang yang hidupnya bahagia karena ngapain juga terlalu setia sama satu idola? Ngapain terlalu mikirin masalah mereka? Apalagi sampe ganggu kehidupan nyata, HAHA. As always postingan lo menyadarkan gue kak :D

    ReplyDelete
  35. jadi fans manakah gue kakaaa???

    HIDUP 'FANS JALANG' lah kalo begitu mah.
    hidup multi fandom..

    gue setuju banget sama pembahansan lo ini kak. walaupun gue udah telat banget bacanya.
    buat gue, sebenernya mau fans jalang atau darah murni oke aja siih. pilihan kok.

    cuma buat gue yaa, yang secara juga matanya rada ganjen gak bisa liat yang bening dikit, gue lebih nyaman dengan status gue sebagai multi fandom.
    yeah karena gue sendiri juga nggak bisa tahan sama wajah baru atau wajah tampan yang bertebaran itu.
    gue Shawol, udah 4 taon gue ikutin SHINee dan memilih mereka sebagai fandom gue. tapi belakangan gue juga tertarik sama EXO, BTS dan sekarang lagi gila sama Infinite. tapi kalo ada apa-apa sama SHINee kayak macem Jjong pacaran sama Shikyung waktu itu ya biasa aja laaah. idup juga idup mereka. dan mereka juga punya pilihan buat hidupnya. kalo kita mau baperin lah apa kita bakalan sama mereka?? kenal aja kaga merekanya sama kita.

    ReplyDelete