3 Alien Galau Tersesat Tak Tahu Arah [EXO 'Lightsaber' MV Review]


Suatu siang gue sedang berada di mood yang nggak terlalu fit buat kerja. Iya, walaupun pekerjaan ini adalah pekerjaan yang benar-benar menyenangkan dan sangat gue sukai sepenuh hati karena kerjaan apa lagi yang membolehkan lo spazzing dan digaji, tetep aja ada hari-hari di mana rasanya sangat berat dan menyebalkan. Namanya juga manusia. Gue pernah baca satu update-an status seseorang di LINE yang bilang kalo jadi sosok yang vibrant dan selalu happy itu nggak gampang.

Gue setuju. Bahkan untuk ukuran orang yang sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang dia inginkan, gue juga terkadang merasa bosan dan seringkali mengantuk. Nggak, ini bukan berarti tidak bersyukur atau gimana. Kadang-kadang memang badan nggak bisa diajak buat terus-terusan duduk. Dia kadang-kadang lebih memilih untuk tidur.

12 jam.

Minimal.

Ya dan gue biasanya melakukan itu di setiap akhir pekan.

Oke, lanjut ke cerita di awal, suatu siang gue sedang berada di mood yang tidak terlalu fit buat kerja. Baca timeline Twitter adalah salah satu hal yang wajib dilakukan kala boring. Dengan catatan lo sudah tidak mem-follow akun-akun yang tweet-nya nggak sesuai sama kaidah-kaidah hidup lo (supaya lebih tenang dan lebih nyaman). Makanya sekarang gue banyak nge-follow akun-akun yang menyenangkan. Kayak Aa Gym gitu. Adem di hati.

Tapi sayangnya siang itu Aa Gym nggak nge-tweet. Mungkin dia lagi nge-gym gue juga nggak paham karena gue bukan sasaeng-nya Aa Gym. Tapi perhatian gue tertuju pada satu tweet dari Soompi tersayang yang berisi kalau Star Wars akan mengeluarkan video kolaborasi bersama EXO.

Ok. Hold on for one second. WHAT EXACTLY IS THIS ALL ABOUT?!

Kenapa ujug-ujug EXO yang baru aja debut (atau akan debut deh kayaknya waktu itu) di Jepang ini bikin video kolaborasi sama Star Wars? Bagaimana kelanjutan sidang dan mediasi yang tidak ada ujungnya itu? Tiga member loh ini keluar dari EXO dan kenapa nggak ada kelanjutannya sampai sekarang? SM? Sampai kapan fans mau dicekoki kebohongan seperti ini? Kenapa nggak cepetan aja diungkap kalau sebenarnya Tao, Luhan dan Kris keluar karena memang kontrak mereka sudah habis, bukan karena hal-hal busuk yang muncul di media saat itu?



Kalem. Kalem.

Ketika membaca tweet itu otak gue langsung flashback ke beberapa waktu lalu ketika Chanyeol mengunggah sebuah video Instagram yang berisi Suho sedang memainkan lightsaber dengan sangat bahagia kayak anak umur lima tahun.

Bukan itu aja, tapi faktanya, Suho dan Baekhyun belum lama ini jalan-jalan ke Amerika dan mengunjungi studio Lucas Film yang adalah rumah produksi dari Star Wars sendiri.

Sebentar. SEBENTAR BELOM KELAR!

Faktanya, 5 Januari 2012 SM Entertainment si manajemen penggerus kedamaian umat manusia ini pernah merilis video teaser berjudul 'Lightsaber' yang juga ada hubungannya sama Star Wars untuk teaser pre-debut Kai dan EXO.



Entah sejak kapan gue nggak pernah lagi percaya sama yang namanya kebetulan. Apalagi EXO sama SM. Hey! Mereka aja bisa bikin konsep teaser comeback pake skandal lawsuit, masa yang gini-gini juga kebetulan?

Gue rasanya siang itu pengen ngumpat. Tapi ketika baca artikel Soompi itu gue jadi bersemangat lagi. What kind of collab? Video? MV? SONG? WOW! THIS GONNA BE SO EPIC!

Gue menaruh harapan setinggi-tingginya. Sekali lagi gue memurahkan diri gue untuk SM dan EXO. Setiap kali mereka janji mau rilis MV, gue selalu aja berusaha berpikir positif. Berusaha yakin kalau MV-nya akan bagus. Walaupun yang dikasi cuma dinding kosong belaka. Tapi kali ini beneran. Gue nggak bohong, gue bener-bener berharap MV-nya akan jadi epic karena beberapa alasan.

Pertama ini EXO. Boyband yang katanya sudah ngabisin banyak uang SM dan menyedot uang-uang dari seniornya di SM.

Kedua ini Star Wars. Franchise yang punya avid fans di seluruh dunia bahkan Indonesia sekalipun. Bahkan Suho pun menyukai franchise ini. Ketauan Suho gaulnya sama bapak-bapak.

Ketiga ini Disney dan Lucas Film yang digabungkan dengan sebuah manajemen yang katanya paling besar di Korea Selatan.

Tiga alasan ini sudah jelas bikin gue berharap banyak soal bagaimana kolaborasi mereka akan dihasilkan nanti. Apa hasilnya dan kalau video, akan sebagus apa videonya.

Dan ya beberapa hari setelah itu, di suatu malam, gue sedang goler-goleran di kasur hanya dengan pakaian minim yang kalau dilihat orang mungkin orang itu lebih memilih untuk masuk neraka ketimbang hidup dalam bayang-bayang gue yang sedang dalam posisi tidak menyenangkan saat itu, teaser video kolaborasi ini dirilis.

Dan judulnya 'Lightsaber'.


FAK. SM YOU B*TCH!

"ASTAGA ASTAGA ASTAGA!!! SM BENERAN MAU RILIS LAGU LIGHTSABER YANG SUDAH BUSUK DI HARDISK PERUSAHAAN DARI TAHUN 2012 ITU ASTAGA!"

Oke gue mencoba untuk menenangkan diri sementara mungkin karena gue mencak-mencak semenit yang lalu, ibu-ibu berambut keriting di lantai bawah kosan sudah sebal karena mendengar suara gedebag-gedebug dari atas.

Gue tonton video teasernya dan....

Intens...

Kemudian, "Seru juga kalo isinya ternyata bener-bener zonk terus cuma Suho main-mainin pedang." Lalu gue tertawa dengan bahagia. Sampai akhirnya gue tahu kalau ternyata Suho bahkan nggak ada sama sekali di MV-nya.

HAH APA? FAAAAAKKKKKKKKKK KENAPA BEGINI KAN SUHO YANG SUKA STAR WARS KENAPA JADI DIA YANG NGGAK ADA?!?!?!?!?!

Huff.

Kata orang bijak, "Jangan berharap cempedak akan berbuah nangka." Kalau kata Troye Sivan di lagu 'Fools' sih, "My hopes they're high, I must keep them small." Kalau kata gue, "FAK YOU SM PERUSAK HARAPAN FAK YOU!"

Oke kenapa postingan ini kebanyakan isinya ngumpat. Aigu. Astagfirullah. Mari kembali ke jalan yang benar.



Gue sebenarnya nggak terlalu suka tipe lagu yang kayak 'Lightsaber' ini. Pada dasarnya gue bukan orang yang terlalu menikmati tipe-tipe musik yang banyak suara nyamuk teler (baca: dubstep). Musik berisik yang gue suka cuma sebatas dangdut koplo. EDM ala-ala Zedd gue masih bisalah terima. Tapi kalo kayak 'Maxtep'-nya Younique Unit (baca review-nya di sini, nostalgia Luhan lagi kece-kecenya mang tonggos kesayangan) itu gue bener-bener udah yang angkat tangan. Apalagi kalo artis SM yang membawakannya, udah makin angkat tangan.

Gue nggak bisa suka sama satu musik walaupun itu dibawakan sama artis yang gue suka sekalipun. Makanya kalaupun gue suka EXO, gue nggak suka banget dengerin beberapa lagu mereka yang menurut gue emang nggak cocok dengan gayanya EXO. Salah satunya 'Playboy'

hahahahaha sorry but please don't judge me because of being honest.

Tapi 'Lightsaber' ini bisa gue masukkan dalam daftar pengecualian. Walaupun di kuping gue ada beberapa bagian yang terdengar seperti dubstep di lagu ini, tapi nggak bener-bener yang dubstep parah kayak 'Maxstep' itu (atau bahkan sebenarnya bukan dubstep sama sekali tapi guenya aja yang nggak punya referensi musik yang luas). Masih dalam tahap wajar which is menyenangkan dan aman. Tipikal lagu ini kayak 'El Dorado' tapi versi lebih modern.

Ngerasa nggak sih kalo lo dengerin 'El Dorado' itu kesannya kayak tradisional desir pasir di padang tandus segersang pemikiran hati banget? Kayak lagi jalan-jalan di gurun yang panas terus mendadak ngeliat piramid kemudian berteduh di bawah pohon kurma.

Dalam kepala gue selalu berulang-ulang adegan itu setiap kali gue dengerin 'El Dorado'. Bisa dibayangkan betapa dangdutnya hidup gue kan.

Kalau 'Lightsaber' ini musiknya lebih naik kelas dari sekedar jalan-jalan di gurun tandus. Tapi ini pure karena efek Star Wars-nya. Gue bukan pengikut Star Wars. Mungkin pernah di suatu masa gue sama abang gue berantem gegara hadiah Chicki Balls pas jaman-jaman mereka bagi-bagi kayak kartu film Star Wars yang bisa dimasukkan ke dalam kekeran terus kita bisa ngeker dan ngeliat adegan dalam filmnya.

Gue nggak yakin itu tahun berapa tapi ketika gue pikir-pikir sekarang gue sama sekali nggak pernah inget kalo gue ngikutin Star Wars. Mungkin sebelum (atau sesudah) filmnya tayang Desember nanti gue akan kejer nonton ulang semuanya. Kalo ada waktu.

Oke balik lagi ke lagu 'Lightsaber' ini, petualangan yang muncul di kepala gue tentu saja adalah berlari-larian (bukan di Namsan Tower) di Mars. Tapi terima kasih SM Entertainment atas MV-nya yang bener-bener nggak jelas dan menyebalkan. Alih-alih membayangkan Suho ada di Mars, gue malah terngiang-ngiang Sehun naik motor sambil diiringi oleh suara Ariel 'Noah' di iklan Yamaha.

Terima kasih teman Rei.



Gue sebelumnya nggak terlalu suka rap-nya Chanyeol, tapi di lagu ini gue mendengar ada perkembangan yang sangat berarti di cara dia nge-rap. Sampai di titik di mana gue kecewa, kenapa yang featuring di album-nya Taeyeon itu Verbal Jint. Padahal lirik rap di lagu 'I' itu nggak sesusah itu dan bahkan gue rasa Chanyeol bisa melakukannya dengan sempurna.

Walaupun secara aneh kenapa rap dia sekarang mengingatkan gue pada Taecyeon '2PM'.

Curigation nih jangan-jangan Chanyeol berguru sama gurunya Taecyeon juga.

Tapi agak kecewa karena ternyata lagu yang dirilis bukan lagu yang ada di teaser Kai waktu itu. Lagu itu lebih terasa dangdutnya dan kayaknya sih kalau dirilis versi full-nya akan jadi lagu kesukaan gue banget. Mungkin nanti lagu itu akan dirilis dengan judul yang berbeda? Atau....... yah, biarkanlah SM berkreasi.


MV-nya sama sekali nggak grande seperti kalimat 'collaboration project with Star Wars' ataupun label 'Disney' yang ada di ending videonya. Bahkan MV-nya jauh lebih pendek dari durasi lagunya sendiri. Bener-bener nggak habis pikir. Ketika sudah ada kerja sama dengan Star Wars dan Disney, kenapa dah, nggak sekalian bikin MV yang epic gitu. Jangan yang nanggung kayak gini.

Okelah, bisa dibilang MV ini memang lebih bagus dari 'Call Me Baby' atau apa sih comeback EXO yang masih ada Luhan... oh 'Growl'. Iya ini emang lebih bagus dari dua itu. Secara konsep tapinya. Karena kan seringan EXO tuh konsep MV-nya ya kalo nggak menari di depan dinding kosong, ya menari di depan dinding yang ada motifnya (dengan kamera yang ngikutin member). Cuma walaupun lebih bagus, tetep aja kurang epic.

Nggak ada cerita yang jelas yang mau disampaikan. Okelah kita tahu kalo ini kolaborasi sama Star Wars jadi ambil gampangnya aja, penonton tahu kalo model MV-nya ini adalah Jedi. Ditambah lagi masing-masing sudah megang lightsaber-nya sendiri.

Tapi abis itu, apa? Gitu doang?

Jongin berbaring di bak mandi dengan wajah yang tiba-tiba sudah tersayat sesuatu (yang gue curigai karena dia kejeduk pas nge-dance di lorong sepi sendirian terus luka-luka dramatis) terus dia bangkit dan kemudian menghilang di depan lift.

Lalu?

Siapa Jongin? Kenapa dia bisa ada di hotel? Kenapa dia tiba-tiba kepikiran buat berbaring di bak mandi padahal di hotel itu pasti kasurnya nyaman? Kalo emang dia mau mandi, kenapa dia pake baju? Kenapa kerannya nggak nyala? Kenapa mukanya kusut banget kayak cucian gue yang dua minggu belom disetrika?

Pertanyaan-pertanyaan ini nggak terjawab sama sekali. I mean, ini Star Wars gitu. Dari segi cerita aja udah epic harusnya. Ya masa video kolaborasi yang seharusnya bisa membuat orang jadi tertarik buat ngikutin Star Wars cuma sebatas Jongin tidur di bak mandi?

Kan nganu.

Dan yang aneh adalah ketika shot lorong kosong di awal terus tiba-tiba musik ke-play dan Jongin udah ada di situ dan nge-dance. WHAT THE HELL. GIMANA CARA LO BISA MUNCUL DI SITU?!


YA JANGAN LO SAMBUNG-SAMBUNGIN SAMA KEKUATAN TELEPORT LO DONG! INI KAN LAIN CERITA! INI BUKAN EXODUS INI STAR WARS!

(Berantem yang sia-sia)

Terus heran aja kenapa di lorong itu debunya tebel banget kayak abis kena musibah gunung meletus. Terus itu apa Jongin nggak sesek napas debu masuk ke mulut dan hidung pas dia nge-dance dan ngeberantakin debu-debu yang sudah rapi dengan sendirinya itu?


Terus lagi ada adegan cowok (sebut saja namanya Asoka) masuk ke toko kelontong yang sepi banget. Bawa lightsaber. Terus dia nerima telepon tiba-tiba marah-marah dan ngejatuhin makanan yang ada di rak. Abis itu dia buka kulkas terus minum air dari kulkas semerdekanya. Abis itu dia terduduk di depan kulkas tanpa alasan yang jelas dan melotot disinari lampu merah.

WHAT?

Siapa dia? Apakah benar dia Asoka? Itu toko kenapa bisa sepi? Sudah tutup terus dia bobol masuk? Makanya nggak ada orang yang marah-marah ke dia pas dia ngamuk-ngamuk? Itu toko punya dia? Kayaknya sih punya dia. Kalo nggak punya dia, Asoka-nim nggak mungkin semerdeka itu mau marah-marah di toko orang. Mungkin ternyata itu kamar kosannya dia, karena dari gayanya buka kulkas dan minum kayak udah terbiasa banget melakukan itu di kamar kosan. Kulkasnya udah lunas belom? Udah disetor belom cicilan bulan ini ke Dito? Kenapa lampunya juga warnanya merah sama kayak rambut dia? Kan makin curiga kalo emang itu kosannya.

TUNGGU.

ITU DIA LEMPAR iPHONE? DISAAT ADA BANYAK MANUSIA DI LUAR SANA YANG KELAPARAN DAN NGGAK BISA MAKAN?


Wah gak beres.

Pertanyaan-pertanyaan ini juga sama sekali nggak terjawab.

Tapi lucu sih. Kenapa ada orang tiba-tiba ngamuk gitu setelah nerima telepon. Yang lucunya lagi, kenapa Baekhyun sekarang harus badannya dibikin keker gitu =))) Meanwhile dia masih cabe dengan jaket bergambar Mickey Mouse.


Dan bukti paling otentik kalau dia masih cabe adalah emosi yang benar-benar tidak terkontrol, labil, seperti orang yang mengidap sindrom bipolar. Ini Asoka? Baekhyun? Apa Marshanda?



Oke keanehan nggak berhenti sampai di situ. Walaupun Sehun mungkin adalah orang yang paling "sehat" di antara tiga pemeran utama dalam MV ini, tapi tetep aja semuanya aneh. Ya enggak tahu sih ya, gimana pandangan kalian nih kan biasanya masing-masing orang punya pandangan yang beda-beda. Tapi kalo gue ngeliat ya emang aneh.

Kayak misalnya lokasi dunia antah-berantah mereka ini ternyata di Seoul. Terlihat dari tulisan Seoul Pub yang ada di depan ketika Sehun masuk ke ruangan pub itu. Kenapa gue kemudian yakin ini Seoul karena mungkin (MUNGKIN YA) cuma di Seoul yang di depan pub-nya ada iklan kosmetik (dan ada huruf hangul di atas petunjuk nomor gedung yang ada di depan pub).


Gak paham.

Kalo menurut gue sebenarnya ini MV belum selesai. Oke, saat gue nulis ini gue nggak tahu apakah emang EXO bakalan merilis MV lagi untuk Star Wars collaboration dalam waktu dekat sebelum perilisan film, karena kalo emang iya, berarti MV ini akan dilanjutkan.

Alasannya sih selain karena memang gue butuh penjelasan soal semua tanda tanya yang gue tulis di atas, juga karena di ending MV ini ada hal-hal yang merujuk pada episode selanjutnya.

Pertama, kita nggak tahu Kai abis dari hotel itu akan ke mana. Tapi tiba-tiba dia menghilang di depan lift di lantai 9 (kesel gak sih lo sama SM suka kode-kode jumlah member gini kan ngehek) sesaat setelah dia mengeluarkan lightsaber-nya.


Sebenarnya di dalam lift itu ada sosok musuh yang sudah menunggu. Sosok musuh ini (sekelebat) berjubah hitam.

Dia juga yang menghampiri Baekhyun di toko kelontong sesaat setelah dia ngeleseh di depan kulkas. Sosok berjubah hitam ini yang membuat suasana jadi semakin mencekam dengan efek lampu-lampu merah itu. Makanya Baekhyun buru-buru menggenggam lightsaber-nya dengan niat untuk melawan.

Sementara Sehun, sebelum MV ini diakhiri dengan tatapan melotot Kai, dia juga melakukan gesture sedang siap-siap untuk mengeluarkan pedang bercahaya itu entah dari mana. Padahal kan di awal dia udah ngasih pedang itu ke penjaga. Tapi kalo misalnya ini MV bakalan ada lanjutannya, plot twist-nya adalah, pedang yang dikasi ke penjaga itu palsu dan Sehun menyimpan pedang asli di dalam lengan jaketnya.

Ya. Gue nggak tahu apakah MV ini akan dilanjutkan atau tidak. Dan juga nggak tahu apakah MV ini sebenarnya terinspirasi dari salah satu episode Star Wars atau gimana. Terlepas dari itu, gue sih berharap (LAGI LAGI! AH BETE!) MV ini dilanjutkan. Mengingat lagu aslinya berdurasi 3 menit lebih, sementara video klipnya cuma dua menit lebih berapa puluh detik. Kan semacem nggak adil.

Dan semacem nggak seru juga kalo kolaborasi antara manajemen besar di Korea dengan rumah produksi dan perusahaan sebesar Disney cuma berakhir dengan cerita absurd tiga manusia tanpa tujuan hidup yang jelas.

Mending ngisi TTS sambil nonton 'Cinta Di Musim Cherry'.


Share:

5 komentar