YOUNIQUE UNIT: "MAXSTEP" MV Review Saya!

 "I'm reviewing, not bashing your oppars, girls...."
Ronzzy Kevin is back. Kkk~ setelah terakhir me-review Catch Me dan disibukkan dengan berbagai hal di dunia fana yang menyita banyak waktu (baca: UTS) akhirnya sekarang menyempatkan diri untuk membuat review lagi. Kali ini edisi khusus soalnya ini juga yang direview bukan boygrup bukan girlgrup seperti biasa tapi iklan mobil. Hehe secara teori sih emang ini iklan mobil, tapi ya kalo misalnya iklannya juga nggak ada menarik-menariknya ngapain repot-repot di review. Maksudnya, ada banyak iklan yang mungkin lucu atau mungkin menarik perhatian untuk di review kalau memang niat mereview iklan sejak lama gitu kan kayak misalnya iklan Sule yang niru alis Siwon yang bisa gerak-gerak itu atau yang lain. Lah kenapa jadi ngomongin Sule? Oke kembali ke topik, kali ini kita akan sama-sama membahas Music Video "MAXSTEP" dari SM Entertainment dan kembali lagi ke iklan, kali ini SM Entertainment nggak cuma pamer Everysing sama Genie tapi memang MV ini dibuat atas kerjasama SM dengan perusahaan mobil Hyundai asal Korea.
*
**
PYL & YOUNIQUE MEMBER
Menurut kabar yang beredar, seperti kita sama-sama tahu karena pasti kalian juga udah baca di allkpop atau di portal lain, dan gue cuma hanya akan mengutip dan mengulang kembali apa yang sudah kalian baca, bahwa ini adalah sebuah cara promosi yang dibilang unik menurut Hyundai. Kenapa unik? Jelas karena ini pertama kalinya Hyundai menggunakan strategi marketing dengan membuat sebuah album kolaborasi artis-artis SM untuk promosi mobil produksi mereka yaitu Hyundai seri i40 dan i30. Karena metode promosinya juga diklaim Hyundai sebagai metode promosi yang unik, albumnya sendiri diberi judul "PYL Unique Album".

PYL adalah singkatan dari Premium Younique Style yaitu tema produk mobil yang mereka keluarkan dan mereka promosikan (i40 dan i30). Gampangnya, dua mobil yang diproduksi dan disempurnakan teknologinya oleh Hyundai sehingga jadi mobil Tahan Banting (gue juga agak geli nyebutnya Mobil Tahan Banting karena pada kenyataan nggak akan ada yang iseng banting mobil) ini ditujukan untuk konsumen yang memiliki gaya hidup unik. Nah gaya hidup unik disini juga bisa berarti luas banget sih sebenarnya. Misalnya aja, gue suka banget tidur seharian di kasur kosan gue dan itu menjadikan gue sebagai orang yang unik, berarti gue pantes pake mobil ini. Atau contoh yang lain misalnya, Baekhyun yang suka banget paka eyeliner berlebihan dan itu membuatnya terlihat unik, berarti dia pantes pake mobil ini. Contoh lain lagi misalnya Kai suka banget buka-buka baju di atas panggung pas perform, walaupun itu lebih membuatnya terlihat porno dan cabul, tapi tetep aja unik, berarti dia boleh pake mobil ini. Nah jadi kesimpulannya semua orang boleh pake mobil ini asal mereka unik. Terserah mau unik dalam bentuk apa. Karena balik lagi deskripsi unik itu kan luas.

'Unique Album' sendiri ditujukan pada strategi marketingnya karena ini adalah kali pertama perusahaan mobil bekerja sama dengan perusahaan entertainment seperti SM dan membuat sebuah album untuk tujuan promosi mobil. Nah selain itu juga, kenapa disebut Unique Album menurut gue karena artis-artis SM yang berkolaborasi di album ini juga adalah mereka-mereka yang emang punya karakter. BoA misalnya, secara vokal suaranya itu unik banget kan, agak-agak cempreng dan khas ular mendesis (ngarang), kalo dia lagi pake falsetto kayak gak falsetto (ini tambah bikin bingung). Jessica apalagi, tau sendiri Jessica kan suaranya bahkan lebih cempreng dari BoA yang kalo misalnya nyanyi bisa menggetarkan Namsan Tower, tapi emang unik. Pas pertama kali denger The Boys yang bikin gue sakit kuping (dalam arti positif bermakna 'membuat terngiang- ngiang') adalah suara Jessica pas bagian "cause the girls bring the boys out, girls bring the boys out, girls bring the boys out, girls bring the boys out!!!!!" di menit ke 3 detik ke 20 yang semakin ke kanan semakin naik nadanya itu. Itulah yang membuat Jessica terdengar unik. Yang lain lagi jelas, YOUNIQUE UNIT yang sebenarnya yaitu Hyoyeon, Kai, Luhan, Taemin, Henry dan Eunhyuk.

Kenapa YOUNIQUE? Yah walaupun sebenarnya ini YOUNIQUE sama UNIQUE atau bahasa Indonesia-nya UNIK juga penyebutannya sama sih, mungkin SM mau bilang ke masyarakat kalo misalnya unit ini adalah unit yang lain daripada yang lain. Yang lain yang mana? Ya unit yang pernah dibuat SM lah, nggak mungkin ngebandingin sama perusahaan lain. Sebelumnya kan SM pernah membuat unit SM The Ballad yang isinya para lead vocal kemudian membentuk Teka Teki Soshi yang juga isinya para lead vokal, kali ini SM atas nama UNIK mau dan berani ambil resiko dengan membentuk sub grup yang mayoritas isinya bukan penyanyi utama. Hahahaha... Ya, kenyataannya adalah bahwa semua member di unit ini kebanyakan adalah lead dancer atau yang lebih akrab disebut mesin joget alias dancing machine. Setuju banget gue kalau misalnya mereka, unit ini, dibilang sebagai unit yang unik karena memang mereka nggak mainstream, dan emang unik (AIGOO APA BANGET BAHASANYA). Mesin Joget disatukan dalam sebuah MV dimana semuanya nggak hanya harus joget tapi juga harus menyanyi juga. Nah yang bikin unik lagi adalah kenyataan bahwa nggak semua dari mereka punya suara bagus layaknya para lead vocal :p Menurut pengamatan gue yang biasanya suka kena bashing ini, dari semua member unit YOUNIQUE UNIT ini, yang paling bisa nyanyi adalah Luhan dan Henry. Bukan berarti yang lain nggak bisa nyanyi, kalo mereka nggak bisa nyanyi berarti mereka bukan penyanyi dong, mereka bukan member boy/girl grup dong, kan yang namanya boygrup/girlgrup atau boyband/girlband harus banget bisa nyanyi. Kalo mereka nggak bisa nyanyi, berarti mereka cuma dancer dong (nyindir Kai sebenarnya). Nggak. Bukan begitu. Mereka bisa nyanyi, jelas, kalo gak ya nggak mungkin debut.

Taemin di album Sherlock banyak part nyanyi, bahkan sejak album Lucifer juga udah mulai banyak nyanyi dan sejak itu juga suaranya jadi lumayan stabil. Eunhyuk di album SPY juga mulai dapet part yang nggak cuma ngerap. Hyoyeon, hmmmm... lumayan satu dua kali nyanyi. Kalo Luhan kan emang lead vocal di EXO M, kalo Kai.... apa perlu gue jelaskan lagi? Dia sendiri udah ngaku lebih milih dance daripada nyanyi so yes. Jangan dibahas lagi :p Ya semuanya emang bisa nyanyi, tapi nggak semuanya menonjol di bagian vokal. Nah dua yang menonjol disini menurut gue ya Henry sama Luhan. Sejak pertama kali Super Junior M terbentuk, gue udah menaruh perhatian besar ke Henry. Bukan karena orang-orang menyebutnya sebagai mochi atau matanya yang kadang-kadang suka ngilang sendiri tanpa aba-aba, tapi lebih ke bakatnya dia dengan alat musik. Bikin merinding apalagi waktu dia cover Jason Mraz 'I'm Yours' di Strong Heart waktu itu dan dia pake biola sebagai gitar. Nangis banget lah. Nah kenyataan juga kalau Henry menguasai banyak sekali alat musik. Inilah yang kemudian membuat gue merasa Henry ini keren banget. Itulah yang membuat dia kemudian jadi unik kan :p But anyway, tetep aja ini adalah YOUNIQUE UNIT karena emang sebagian besar dari mereka adalah mesin joget itu tadi dan kayaknya orang-orang ini adalah member yang kalo manajemen mau masukin mereka ke sub grup baru, manajemen mesti mikir dua kali. Kkk~

Tapi komposisi member dengan para dancing machine ini emang udah oke sih menurut gue. Coba lo bayangin kalo misalnya unit yang dibuat SM isinya visual semua. Ya berabe. Antara orang bingung mau bikinin konsep MV kayak gimana. Mau dance, mereka dance nggak bagus-bagus amat. Mau nyanyi, ya suara juga biasa-biasa aja. Ya bisa sih kalo misalnya konsep MV-nya nanti Drama Version. Tapi ya mungkin buat produk yang berbeda kali ya, bukan mobil Hyundai ini. Iklan kosmetik bisa tuh drama-drama, iklan susu bayi mungkin? Hmmm... gue lagi ngebayangin Minho, Yoona, Sulli sama Siwon jadi sub grup....... kemudian hening. Kkk~ Emang masing-masing punya jatah dan rejeki masing-masing. Biarkan empat orang itu main drama sajalah dan biarkan para dancer ini joget terus sampai pinggang mereka patah. #eh Tapi yang aneh, Chen kan katanya Dancing Machine, kok dia gak ada? WAK WAK WAK


YOUNIQUE ALBUM TRACKLIST

Ada tiga track yang ada di album promosi mobil mewah ini dan masing-masing dinyanyikan oleh BoA, Jessica dan Younique Unit. Tiga-tiga lagunya punya karakter sendiri-sendiri. Tapi berhubung lagu yang dinyanyikan BoA ini K-Pop dangdut walaupun nggak koplo-koplo banget, gue suka yang itu. Judulnya LOOKIN' dan ini featuring The Quiett (bukan nama yang familiar di telinga gue tapi ternyata dia adalah salah satu master hip hop, rapper, pencipta lagu dan producer yang namanya udah besar sejak 2003. The Quiett ini satu orang namanya Shin Dong Gab). Track Lookin' ini lebih bisa bikin goyang karena musiknya asik, ringan, bisa dibilang racun. Tipe-tipe lagu The Shadow-nya BoA lah tapi ini lebih dangdut lagi. Dibuka dengan genjreng-genjreng gitar listrik, musiknya juga dipadukan dengan tepok ame-ame yang rame banget. Ya semacem lagu yang akan membuat lo bahagia ketika lo galau. Kalo di film India ini pasti kalo gak adegan lagi dugem, kalo gak adegan dance battle pake Sari. Beda sama track yang dinyanyikan oleh Jessica yang berjudul My Lifestyle. Lagu yang dinyanyikan oleh Jessica lebih ringan dan temponya lebih slow dari BoA tadi, ya jadi medium tempo-lah. Dan agak agak ngejazz-ngejazz gimana gitu. Nah kalo tadi BoA featuring The Quiett, masih dari manajemen yang sama juga, Jessica featuring sama Dok2. Track yang ketiga ya si MAXSTEP yang ada MV-nya itu.

Ketiga track di album ini karena ditujukan untuk iklan, liriknya juga dibuat sangat merepresentasikan image dan style produk yang di endorse. Lagunya BoA dan Jessica menggambarkan seseorang yang punya kebebasan dalam memilih jalan hidup dan juga cara hidupnya. Menggambarkan seseorang yang nggak mainstream, yang unik, yang punya gaya hidup berbeda dari yang lain. Orang yang suka melakukan apa aja suka-suka dia karena menurut dia itu style-nya dia. Freethinker. Tapi yang jelas, dua lagu ini isinya adalah menyombongkan diri. Gimana gue nggak bilang sombong, soalnya lagunya gitu sih, kalo bosen pengen nyetir mobilnya kemana-mana, pengen show this style to the world, go with full speed, driving till the end. Sombong banget kan? Di jaman bensin lagi mahel kayak gini, lo mau nyetir sampe akhir dunia itu mahal loh. Mending duitnya buat makan. Nyumbang buat panti asuhan. Atau paling nggak duit bensin-nya buat beli mobil baru.

Eh bentar.

Di Korea harga bensin semahal dan sekontroversial di Indonesia gak? Sampe mahasiswa nginep di gedung DPR/MPR buat demo subsidi dicabut gak?
*
MAXSTEP MUSIC VIDEO & REVIEW



*
Oke, track MAXSTEP atau yang gue artikan sebagai Changmin Belajar Jalan* ini hitsnya oke sih, dub step lagi seperti yang sedang trend dilakukan oleh kebanyakan grup rookie sekarang dan lumayan nagih untuk ukuran sebuah lagu yang ditujukan buat iklan mobil. Di beberapa bagian kadang-kadang juga mirip lagu-lagu yang udah ada. Kemaren ada yang mensyen gue katanya awal lagu ini mirip sama Two Moons. Setelah di denger-denger, iya juga mirip tapi versi lebih cepetnya. Gue bahkan mendengar ada bagian yang mirip sama Catch Me. Untuk liriknya masih sama kok, masih seputar orang nyetir dan sombong. 

Pembagian nyanyi bisa dibilang sih merata, Luhan-Henry-Taemin jadi lead vokal dan dapet lirik nyanyi yang lumayan mendominasi. Eunhyuk hmmmm.... kalo gue rasa sih masih tetep menjalankan peran sebagai pelengkap aja HAHAHA maksudnya di bagian nyanyi ya melengkapi. Bukan lead juga tapi kalo dibilang nggak nyanyi juga nggak. Nah gampangnya coba dengerin Sexy Free & Single atau SPY nah disitu kan dia lumayan banyak nyanyi, tapi nggak juga dibilang lead. Oh iya, bahasanya mungkin vokal kedua gitu ya. Hyoyeon juga dapet lumayan tuh di bagian reff teriak terus tangan keatas tangan keatas sampe pegel kali nggak pernah ada perintah nyuruh turunin tangan. Keatas aja terus sampe pegel kan. Walaupun suara Hyoyeon juga harus di kasi efek efek sihh yaaa hmmm... tetep, bagian dia selalu nggak pernah murni suara asli. Pas Mr. Taxi juga gitu, pas The Boys.... eh ada gak sih dia nyanyi di The Boys? Oh ada yang bagian abis Yuri ngangkang. Nah tapi itu lebih lumayan sih nggak terlalu berasa efek suaranya. Kalo disini berasa bangettttt.... Well, Kai jadi lebih dapet kesan rapper-nya disini dan kembali mencoba peruntungan berteriak-teriak seperti orang yang anu-nya kejepit retsleting. Sigh~~~~ Kai, coba kalo live performance juga teriak gue percaya deh, tapi di permulaan MV ini pas adegan dia teriak itu kayak fake banget serius :p Saran aja ya Kai, coba seriusin dulu itu teriakan jukgo tauco saos goreng jigong igon cah tempe aniya tanpa bantuan Chanyeol sebelum teriak yang lain-lain. Ah tapi mau comeback juga sih ya, berarti lagunya ganti udah bukan MAMA lagi.

Music Video? HAHAHAHAHA Mau berharap apa dari SM hah?! Awas aja alo sampe EXO comeback trus MV-nya cuma sekedar kayak History. DOH gue bantai abis-abisan kalo bisa. Kalo bisa. Yang aneh sih sebenernya ini proyek SM sama HYUNDAI atau proyek SM sendiri? Itu dia yang bingungin. Kalo misalnya emang ini proyek bareng Hyundai, kenapa nggak minta duit budget buat bikin MV yang lebih oke gitu yang lebih bisa dijual gitu dari segi kualitas visual bukan cuma menjual artisnya doang. Ya gue pas liat teasernya sih udah tau kalo bakalan biasa-biasa aja, ya apa sih yang mau diharepin dari MV buatan SM (selain MAMA)? Nggak heran kalo nggak ada MV dari SM yang masuk nominiasi MAMA 2012 di kategori Best MV. TAPI KOK MAMA GAK MASUK YA?! Dalam bayangan gue secara ini iklan mobil, dan secara katanya mobilnya tadi Tahan Banting, ya kenapa nggak sekalian dibikin total gitu loh ala-ala James Bond. Ada mobil melayang di udara, adegan tabrakan beruntun dramatis di jalan tol, kecelakaan mobil menakjubkan atau apapun yang bisa menjadi visual kalo ini mobil emang tahan banting. Atau paling nggak ada adegan dimana mobilnya dikasi liat dengan jelas kehebatannya kayak gimana trus dibuat sedramatis mungkin. Iya gue ngerti ini sebenarnya konsep marketing unik maksudnya ya cuma ngejual artis SM yang lagi naik daun, iya. Tapi sebagai penonton dan siapa tahu juga konsumen mobil itu, gue ngarep yang beda aja gitu dari sekedar konsep MV yang cuma dance di studio, kotak indomi, latar putih item, lampu neon nyala-nyala yang sekarang jadi hobi SM sejak Electric Shock. Mobil yang keliatan bahkan cuma adegan Taemin yang nyetir sambil bergaya mesum minta dibelay (perlu banget Taemin nonton ECO DRIVE-nya EXO tuh. Nggak boleh nyetir sambil begaya macem itu.... Eh harusnya juga poin itu ditambah sih di video kampanye ECO DRIVE-nya). Nah pertanyaan selanjutnya, apakah Hyundai tidak memberikan budget yang cukup untuk SM supaya bisa bikin MV spektakuler? Atau SM justru lebih memilih untuk membuat MV biasa-biasa aja dan menggunakan uang itu untuk keperluan lain? Kasi makan trainee yang nggak debut debut misalnya?

Well, tapi sebiasa apapun MV buatan SM, tetep bisa dibahas kok. Yuk mari....

Kali ini gue pengen bahas per member deh, jangan perdetik, biar beda aja sama yang sudah sudah... Nah kita mulai dari member yang paling oke dulu ya!

HYOYEON

*
Muncul pertama kali di menit 02:28, Hyoyeon berdiri di depan sebuah huruf Y raksasa yang terbuat dari kaca-kaca kristal. Y disini berarti YOUNIQUE walaupun gue sempat berpikir pas awal kenapa Y dan ada Hyoyeon mungkin Y disini bisa juga dimaksudkan sebagai nama panggilan sayang gue buat Hyoyeon yaitu YOYON (dengerin juga deh efek suara pas menit itu, ada suara kayak YOYON YOYON gitu). Y bisa juga Yusron sih. Nama gue biar eksis aja. Dari total MV berdurasi 3 menit 43 detik ini, Hyoyeon hanya tampil dengan total 55 detik saja dan beberapa kali tampil nggak sampai sedetik di menit 03:23, 03:29, 03:35. Agak sedih dan nggak adil buat seorang wanita member SNSD yang fans-nya banyak. Hmmm... Para pria itu dijual dan mungkin lebih laku. Hyoyeon bisa jadi kayak semacem klimaks dari MV ini sebenernya karena munculnya di akhir-akhir dan itupun harus dipanggil dulu dengan lirik "THIS IS SPECIALIST H.Y.!". Jadi Hyoyeon dipanggil dulu baru muncul. Semacem patronus. Semacem ujan.

Gue suka musiknya pas Hyoyeon mulai dance bareng sama yang lain dan beneran kayak menuju klimaks gitu, jadi semakin cepet temponya. Disitu juga waktu pertama kali Hyoyeon masuk ke lantai joget, ada efek kamera andelan SM yang nggak pernah berkembang dari jaman dulu. HAHAHAHA Bukannya nggak bagus, justru ini lama-lama jadi identitas MV-nya SM. Cuma ya bosen aja gitu. Only One kan udah pake begituan, ya ganti kek kalo nggak jangan muter dari bawah, dari atas sekali-sekali! #BATUK #NANTILODISURUHBIKINMVSENDIRIRONBISAGAKLO #KALOGAKBISAUDAHJANGANBELAGU
*
*
Gue tau kenapa Hyoyeon yang dipilih untuk unit grup ini bukan Victoria! :p Selain karena masalah popularitas SNSD yang mungkin bisa dibilang selangkah lebih di depan dibandingkan f(x), alasan paling unyu adalah karena disini ada Eunhyuk :3 #TEAMSUGEN #HYOHYUK~~~ Dancing Machine di SUJU yang lain siapa sih? Shindong? Nggak visual. Donghae? Ah masa Donghae lagi, dia kan udah sibuk drama, Eunhyuk kan gabut, jadi yaudah Eunhyuk aja. Nah pas banget kan jadinya Hyoyeon sama Eunhyuk. Kkk~ 

Nah gatau kenapa juga kalo di MV ini Hyoyeon nggak terlalu ribet di bagian detail asesoris kayak misalnya warna kuku atau misalnya anting dan sebagainya. Coba bandingin sama TTS, gila aja itu satu scene warna kuku Taeyeon bisa beda sama scene yang lain. Dan itupun di scene yang sama lima kuku jari tangan bisa beda-beda warna juga. Di sini Hyoyeon lebih simple, nggak menyemenye, satu warna aja cukup: item. Hehe Ya emang konsepnya juga bukan dandan-dandan sih ya, kalo Twinkle kan ceritanya tentang cewek-cewek dandan. Dan dari 55 detik itu, Hyoyeon ganti kostum kurang lebih 3 kali. Yang di background biru-item, background putih, sama background huruf Y. Warna kostum member secara keseluruhan sih ganti-ganti dan dominan antara item-gold-silver-red. Mungkin ini konsep warna mobilnya kali ya karena menurut hasil googling gue, masing-masing warna itu ada di mobil i30 dan i40.

Karena dia cewek sendiri, jadi ketika dia muncul, perhatian pasti langsung tertuju ke dia. Kalo gue sih gitu. Gimana sama yang kalian yang nonton? Apakah kalian emang cuma fokus ke satu orang aja atau justru merata? Dan gimana pas Hyoyeon muncul di menit 03:28 itu? Apakah yang anti SNSD dan fans Eunhyuk langsung close tab? HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH 

LUHAN

*
Sejak awal gue liat Luhan dance di teaser kedua EXO yang dia bareng Kai, Time Control, gue udah langsung bilang ini orang dance-nya keren bahkan di teaser itu, gerakan dia dibandingkan lebih terkesan smooth tapi tetep ada powernya. Nah ngeliat Luhan dance diluar lagu EXO kayak gini juga tentu saja WAH banget nih. Dibandingkan dengan member yang lain, gue lebih suka liat dance-nya Luhan di MV ini. Lebih ada kesan rapih-nya gitu loh. Vokal dia juga paling berasa disini, dan yang bikin gue jadi keracunan lagu ini sih karena bagian depan yang Luhan nyanyi AHA itu. Ada susuknya tuh pasti lirik itu. Bagian itu enak banget ditelinga padahal cuma AHA doang. Hahahahah Ini pasti sengaja banget SM milih Lu-Kai nih. Tau banget banyak yang ngeship mereka juga. 

Di MV ini Luhan pake celana geter yang semodel sama yang di History. Yang lain juga pake ya? Iya deng Kai juga pake. Tapi itu celana terlalu familiar gak sih kayak pernah dipake perform gitu sering banget. Apa mata gue yang salah nih. Agak gak suka sama rambutnya aja. Padahal itu pas di teaser Time Control bagus banget rambutnya masih polos gitu. Hahah Tapi kayaknya emang si cordi nya EXO suka banget ya ngeritingin rambut orang. Bete deh.

Gue suka banget sama sepatunya. Nggak tau ya kenapa mungkin karena gue jarang punya sepatu baru kali ya jadi kalo liat sepatu orang pasti gue komentarin bagus trus pengen punya. Hahaha jadi inget beberapa kali gue suka komentarin sepatu Abim dan bilang ke dia, "Kalo sepatu lo udah lo gak pake kasi gue aja. Bagus." HAHAHAHA makanya semalem juga pas foto-foto Ivy Club EXO K keluar, yang pertama kali diliat sepatunya. Sialan. Ini juga sepatu Luhan EXO banget sih pake ada logo EXO-nya segala. HAHAHAHA Tetep ya. Semua asesoris EXO itu kayaknya emang dibuat sama satu produsen yang khusus nempelin logo-logo mereka mau di baju, sepatu, kalung, dll dll.
*
*
Luhan ini emang mirip Sehun banget ya. Di beberapa shot pas background putih yang dia pake jaket emas itu dari jauh mirip banget sama Sehun. Kkk~ tapi itu pas celana emas-emas pas Luhan ngangkang jadinya kayak dia pake rok.
*
*
Sebenernya pengen komentarin dance-nya di bagian tersendiri tapi ini ada satu nemu Luhan yang gerakan dance-nya agak beda sendiri sama yang lain. Well, sebenernya yang lain juga ada banyak sihhh yang kasusnya kayak gini, Henry sama Taemin apalagi tuh kkk~ tapi ini Luhan dulu deh satu.
*
*
TAEMIN & KAI

Pas pertama kali tau Kai sama Taemin bakalan satu MV kayak gini, gue langsung mikir ini orang-orang awam pasti akan berpikiran "LOH ITU KOK ORANGNYA ADA DUA?! KOK KEMBAR?!" Itu maksudnya Kai sama tembok. Tapi kalau misalnya gue baru pertama kali liat Kai dan Taemin dan kemudian liat MV ini pasti gue juga akan terkecoh. Soalnya disini ada beberapa moment dimana mereka terlihat sangat mirip. Huhuhu... Kayak anak kembar. Padahal pas dulu mereka pertama kali bareng di photoshoot W itu, mereka nggak terlihat mirip. Well, tapi sebenarnya sih emang nggak mirip-mirip banget karena kata sebagian orang, Taemin itu Kai versi cantik dan Kai itu Taemin versi lebih gahar. Hihi.... Cuma ya di awal MV ini mereka emang terlihat mirip sih.
*
 *

*
*
Nah kalo di mepet-mepetin gini malah jadi nggak mirip sih kalo kata Gilang. Tapi kalo kata gue tetep mirip gatau kenapa. Mungkin karena sejak awal teaser My Lady itu udah langsung bilang Taemin mirip Kai kali ya jadi sampai sekarang tetep bilang mereka mirip. Nah kalo tadi Luhan pake sepatu yang ada EXO-nya, ini Kai juga pake baju yang ada logo EXO juga, tapi bukan yang tulisannya EXO, melainkan logo kekuatannya kak Xiumin.
*
*
Nah itu umur Taemin sebenernya berapa sih kok dia udah maen nyetir-nyetir mobil? Hahahaha harusnya yang paling tua dong yang nyetir, masa Taemin. Eh di Korea boleh punya SIM umur berapa ya? 20? 21? Taemin sekarang masuk 19 kan ya? Udah boleh nyetir belom tuh... kkk~ Anyway di menit 01:23 itu pas bagian Taemin nyanyi "eoje boda hangeoreum deo dagaseon dojeon" nggak tahu kenapa gue merasa mirip dengan part Changmin di Catch Me menit ke 03:05 pas lirik "Neomu neuryeo, ni mameul jeonghal ttaekkaji" dan nggak tau kenapa gue suka sama bagian itu di Maxstep ini dan juga di Catch Me. Kebetulan aja. Yang nyiptain lagu Maxstep ini Yoo Youngjin bukan sih? Soalnya kalo emang bener, berarti belakangan ini Yoo Youngjin lagi mabok dub step banget -_-" Semua lagunya jadi dibikin kayak gini. 
*
Beberapa kali Kai juga melakukan tindakan pamer badan di MV ini. Nah gue nangkep dua kali nih, apakah mungkin ada yang bisa melihat juga yang lain? :p Pertama di 01:10 dan kedua di 03:00. Sudah jadi bawaan lahir mungkin buat anak ini ya...
*
*
Yang jadi signature shot-nya Kai di MV ini tentu saja adegan dimana dia sedang duduk di tumpukkan emas batangan berbentuk batang kayu, dan berbentuk loudspeaker. Banyak yang bilang Kai disitu jadi mirip kayak mafia, ada yang bilang juga dia jadi juragan emas, ada yang bilang dia jadi bintang iklan magnum gold, ada lagi yang bilang dia jadi Nassar karena mendadak kaya sejak menikahi Muzdalifah, tapi buat gue, disitu Kai kayak orang kesepian banget. Disitu Kai kayak orang yang sudah terlalu kaya, terlalu banyak harta, tapi nggak punya tujuan dan arah hidup. Kalo perusahaan atau organisasi semacem nggak punya visi misi gitu. Makanya disitu dia selalu terlihat seperti jablay, trus teriak-teriak diawal :( Dia kesepian banget. Ini ibarat kata kalo misalnya orang sudah terlalu lama bermandikan harta benda, jadi lupa sedekah kayak gini. Sakit jiwa. Atau jangan jangan sebenarnya kenapa dia jadi berteriak-teriak seperti itu karena kerasukan arwah binatang yang jadi jubahnya itu. Ih kan gak boleh pake bulu binatang Kai :| Jahat. Dibajunya juga ada gambar kucing tuh. Jadi inget konsep flora-fauna di Electric Shock kalo banyak binatang gini ditubuhmu, Jongin.
*
*
Dari keseluruhan gerakan dance yang dilakukan Kai di MV ini, gue paling suka gerakan yang di detik 00:20. Gatau kenapa disini Kai keliatan dance-nya paling perfect diantara yang lain. Coba aja perhatiin ketika Kai ending pose-nya megang kepala dengan sempurna kayak orang yang wignya mau lepas, yang lain belom sampai megang kepala gerakannya udah berubah :p Beat musiknya di gerakan ini kan cepet banget, nah timingnya Kai menurut gue paling pas! Gak salah emang dia lebih milih jadi dancer ketimbang penyanyi. Dia jujur sama dirinya sendiri. Dia tahu kapasitasnya sebagai manusia dan sebagai artis sampai sebatas mana. Bagus. Pertahankan.
*
*
Style-nya SHINee emang selalu beda ya kalo diliat dan dibandingkan dengan boygrup lain di SM. Taemin misalnya, di sepatunya pas latar putih kayak diatas, ada sayapnya. Trus gue jadi inget dia kan pernah tuh pake baju yang sepotong pas press conference konser SHINee, nah pas di scene dance dengan background biru biru neon latar item itu, dia juga pake sarung tangan sailormoon gitu. Eh itu kalo diperhatiin sebenarnya sarung tangan sailormoon-nya Taemin sama sarung tangannya Eunhyuk semacem satu tapi di gunting dan dibuat jadi dua bagian terpisah. 
*
*
Entah apakah gue sudah amnesia atau apa tapi terakhir liat Kai pake stocking plus celana pendek itu pas What Is Love yang dia adegan Dance with Myself dan di MV ini dia pake stocking plus celana pendek lagi. Tapi kali ini stockingnya agak agak beda nih, stocking-nya lumutan di sisi kiri dan kanannya. Ada ijo-ijonya gitu kayak lumutan. Atau mungkin itu bulu kaki-nya Kai yang menyembul keluar dari pori-pori stockingnya? Hmmm.... Etapi suka banget sama part rap-nya Kai disini. Bagus!

HENRY

Sedih. Tadi udah gue puji-puji tapi ternyata di MV ini yang paling sering bikin kesalahan pas dance itu ya bang mochi ini. Dance-nya bagus, bagus kok nggak jelek, tapi banyak kesempatan kayaknya Henry kurang fokus atau apa gitu ya mungkin lagi laper atau butuh kasih sayang entahlah, sehingga timing-nya suka terlambat dan kadang-kadang bahkan gerakannya beda sama yang lain. Hihihi... Untuk sinkron gerakan masing-masing member emang susah sih yah. SJ aja masih sering kok gak sinkron. Tapi yang pasti tapi nggak ada salahnya dong kalo kita mengkoreksi kalo ada yang salah siapa tau bisa jadi bahan pertimbangan untuk jadi lebih baik ciyeee :p Coba liat dari awal yuk kesalahan-kesalahan gerakannya Henry~
*
Detik 00:09, ketika kaki yang lain menutup terlebih dahulu sebelum terbuka, kaki Henry sudah terbuka. Kalo diliat ke adegan berikutnya sih kayak sedang mengambil ancang-ancang untuk pindah posisi, tapi di adegan berikutnya sayang sekali kamera berpindah dan kesalahan ini jadi nggak terlalu keliatan. Dan ternyata perpindahan posisipun bukan dilakukan Henry sendiri melainkan semua member pindah. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Detik 00:11, perhatikan bagian tangan Henry. Sebenarnya gerakannya memang bener akan seperti itu, tapi nggak di detik itu tapi di detik berikutnya. Karena member lain di detik itu tangannya belum menyilang, tapi masih dalam posisi tangan kiri di depan dada dan tangan kanan lurus disamping, baru di detik berikutnya akan menyilang. Tapi Henry sudah menyilang duluan sebelum yang lain melakukannya. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Detik 00:17, secara gerakan harusnya itu kaki Henry menyilang seperti halnya member yang lain. Kai, Taemin dan Luhan melakukannya dengan baik. Eunhyuk lumayan bisa mengejar menyilangkan kaki di detik-detik terakhir. Tapi Henry gak sempet, akhirnya malah bentuk X doang lutut ketemu lutut dan karena nggak keburu buat menyilangkan kaki, akhirnya berlanjut ke gerakan berikutnya. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Detik 00:20, ketika tangan kanan yang lain bengkok, tangan Henry lurus sendiri. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Masih soal tangan, di 00:49 - 00:50 juga ketika tangan yang lain menyilang di depan sebelum telapak tangan terbuka dan diangkat keatas, tangan Henry justru nggak menyilang sama sekali dan bahkan ketika tangannya bergerak ke atas, telapak tangan Henry tidak terbuka tapi mengepal dan baru terbuka ketika sudah sampai atas sementara yang lain sejak menyilang telapak tangan sudah terbuka. Gerakan ini kembali terjadi di 02:14 dengan gerakan yang sama tapi posisi yang berbeda. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Sebenarnya nggak cuma Henry sih yang melakukan kesalahan di beberapa gerakan, tapi yang lain juga kok. Coba deh perhatiin kalo misalnya lagi nonton MV-nya. Pasti ada gerakan yang masing-masing member nggak sinkron satu sama lain :) Bukan sebuah masalah yang besar sih karena kalo misalnya nggak iseng di slow-mo kayak apa yang gue lakukan, hal ini jadi nggak keliatan karena cut to cut kamera satu ke kamera lainnya cepet banget jadi kesalahannya ketutupan sama pergantian shot xD Jadi mending jangan iseng deh daripada cari perkara. HAHAHAHA Tapi kalo mau liat, perhatiin Taemin juga deh. Banyak gerakan dia yang terlalu improvisasi kayaknya. Kai juga. Eunhyuk? Bisa jadi juga ada. Silahkan di cek kalo mau. 

Dari kesalahan gerakan, ada lagi nih hal-hal lain yang unik dari Henry di MV ini. Beberapa yang agak mengganggu pengelihatan gue adalah:
*
Di detik 00:19 - 00:20, baju Henry berubah jadi hitam dan kembali lagi ke putih. Seru aja ngeliatnya sementara yang lain nggak ganti baju ini kenapa sempet-sempetnya dia ganti baju gitu. Dan kenapa cuma Henry doang ya. Padahal kalo misalnya dengan editan cut-cut cepet kayak gitu lebih seru kalo semuanya ganti baju. Oh iya baju item yang dipake Henry ini juga muncul lagi sebentar di 01:47.
*
*
Gue nggak ngerti kenapa ya orang seneng banget pake kalung yang gede-gede banget macem tali jemuran di MV Mr. Simple atau di MAMA, trus disini orang-orang pada pake emas semua buat jadi kalung padahal kan cowok gak boleh pake kalung emas (yeee beda agama coy) ya gue prihatin aja sama lehernya pasti pegel banget deh itu selama syuting harus pake asesoris begituan walaupun gak asli emas sih ya karena kalo emas asli bisa bungkuk setelah syuting. HAHAHA nah itu ada kalanya Henry juga pegel dan bosen kali pake kalung begituan, makanya di detik 00:35 dia pake, di menit selanjutnya (01:22) kalungnya ilang. Terbukti pegel. Kalungnya akan muncul ketika solo shot Henry di depan Gorila dan akan hilang ketika dia bersama dengan Gorila yang lain (Eunhyuk? HAHAHA)
*
*
Anyway itu yang di menit 03:09 yang teriak beneran Henry? Atau Yoo Youngjin? Atau Changmin? Kan biasanya kalo ada adegan teriak-teriak pasti fans TVXQ yang itu pada bilang itu Changmin tuh pasti yang bantuin... Kayak di The Boys pas Taeyeon sama di MAMA pas Baekhyun sama Chen. Hihihihihi Semacem cuma Changmin yang bisa teriak setinggi monas ye... Apa apa kalo ada artis SM nyanyi yang teriak pasti itu Changmin. Yaudah iyain aja.

Ah satu poin lagi deh mau tanya soal baju yang dipake Henry pas di depan Gorila. Itu sebenernya dia lagi pake sarung apa gimana sih?

EUNHYUK

........

Bagian paling males kkkk~ Diantara semua member yang ada di MV ini, Eunhyuk yang paling gak gue suka nih wakwak tapi karena ada Hyo-Hyuk jadi oke, dimaafin, ketidaksukaannya dikesampingkan dulu dan karena dia kayaknya center of attention juga (buat fans Suju) jadi oke mari membahas Eunhyuk. Kalo misalnya ini gue dikata nge-bash ya maafin, soalnya emang suka sensian sama Eunhyuk. Pasti lo juga ada kan sensian sama member atau grup mana mana tapi bukan juga antifans, ya cuma sensi aja. Gue juga lagi nyari alesan kenapa gue gak suka sama Eunhyuk tapi gak nemu, ya ternyata nggak suka bisa juga tanpa alasan. Hihihi...

Rambut Eunhyuk di MV ini mengingatkan gue sama rambut Kai beberapa waktu yang lalu pas sempat heboh dia pake poni trus warna trus ternyata itu wig. Nah karena gue suka bereksperimen dengan rambut gue sendiri, gue sendiri suka sama warna-warna rambut Hyukjae yang berubah-ubah di MV ini sesuai dengan harmoni warna pakaiannya.

*
Mungkin cuma gue kali ya yang merasa baju Eunhyuk agak terlalu ribet rempong berlebihan pas dia pake kostum bulu-bulu itu. Jadi konsepnya sebenarnya ini petinju, apa gimana? Jaket kebesaran itu jadi mengingatkan gue sama Chris John. Awalnya itu yang dikalungin sama dia, sarung tangan tinju, gue pikir tas loh hahaha soalnya pas shot yang cuma sampe dada kan kepalan di sarung tangannya gak keliatan trus gue menyimpulkan itu tas dan jadi nyambung ke tas tukang parkir nya Krystal di Electric Shock waktu itu. Eh ternyata sarung tangan tinju. Kalo dipake turnamen langsung didiskualifikasi tuh. Mana ada sarung tinju kulit luarnya tajem tajem. Kalo mau bunuh orang sih boleh dipake. Dan Kenapa harus sarung tinju ya? Masih nggak ngerti jadi emang kalo konsepnya petinju, kenapa petinju harus pake asesoris berlebihan? Oh mungkin petinju pamer harta. Ya oke gue emang nggak ngerti fashion banget mungkin dan nggak bilang kalo bajunya jelek, tapi disitu Eunhyuk jadi terlihat kayak orang tua yang berusaha tampil dan terlihat seperti anak muda tapi fail. Sakit mata ngeliatnya ribet :p Itu baju Henry sama Eunhyuk yang pas di depan Gorila dari Kathleen Kye ya? :) Khas soalnya.

00:51 tuh keliatan lebih full shot ke Eunhyuk-nya dan coba aja perhatiin gimana baju itu membuat dia terlihat lebih gemuk dari biasanya dan tubuh bagian bawah kayak melebar banget kesannya jadi kayak gemuk banget bagian bawahnya. Bahkan selain kalung yang berat itu, sabuk yang dipake Eunhyuk juga kayaknya berat deh itu. Tulisannya LOVE tapi hurufnya dari emas-emas gitu juga. Tau gak angka-angka yang dijual di departemen store yang buat di tempel di depan rumah? Nah itu deh kayaknya yang dipake jadi tempelan sabuk. Kebayang pegel leher, pegel pinggang. Dan perhatiin juga di 02:19 entah itu sebenarnya Eunhyuk sedang bergaya cool atau gimana tapi gue ngeliatnya kayak dia lagi ribet sama asesorisnya :p

Seperti sebelum-sebelumnya, properti lama juga kembali digunakan disini. Kalung yang dipake Eunhyuk sama persis dengan kalung yang dipake Ryeowook di Sexy Free & Single :")
Reduce, Reuse, Recycle.

*
Udah gak ada poin lagu buat Eunhyuk. Entah mungkin ini karena review-nya kepanjangan ya jadi bosenin apa gimana tapi setelah nontonin lagi MV-nya ternyata emang nggak ada poin lagi buat Eunhyuk. Mungkin ini karena kondisi kejiwaan udah nggak stabil. Silahkan kalo misalnya ada yang aneh di Eunhyuk, tinggalkan komen :"

MV SET DESIGN & PROPERTY

Lumayan ada banyak perubahan set di MV ini dan memang kayaknya sekarang SM lagi suka banget pake LED dan efek neon-neon gitu ya. Ada background yang emang sengaja di desain menarik ada juga background yang cuma polos-polos biasa aja. Sejauh ini yang paling gue suka itu adalah set pertama, yang ada dua lingkaran di kiri dan kanan ini.
*
*
Memang gue suka bagian dimana nggak terlalu banyak mengekspos mobil di MV ini yang artinya kita nggak dipaksa buat menonton iklan. Tapi karena ini tujuannya buat iklan mobil, haruslah pada akhirnya menempatkan produknya disitu. Salah satunya ya adegan Taemin di mobil itu. Cuma gue suka set diatas karena unik. Itu dua bunderan waktu pertama kali liat langsung kebayang dua roda mobil. Jadi itu semacem mobil tampak samping gitu (walaupun jarak ban depan dan ban belakang terlalu jauh sih). Kalo misalnya mau mikir illuminati juga bisa. Itu bisa jadi mata satu banget kan bunderannya. Kkkkk~ Tapi kalo misalnya diperhatikan lebih lanjut, itu bisa jadi bukan mata satu ataupun bukan mobil tampak samping, melainkan itu mata kodok. Perhatiin aja garis yang menghubungkan antar mata, jadi kayak moncong kodok. Karena gue phobia kodok (berbentuk gambar ataupun kenyataan) gue nggak bisa ngasi gambar buat perbandingan. Maafin..................... Sedih. Set mata kodok ini juga bisa berubah warna. Pas solo shot Luhan, set ini berubah warna jadi Biru.
*
*
Dan ngomong-ngomong soal mata satu dan mata kodok, menurut lo itu bentuk ban mobilnya mirip gak sama yang di Sexy Free & Single? Mirip lah ya. Iya anggep aja mirip biar poin bagian ini bertambah satu. #Pusing
*
*
Mungkin kenapa MV ini akhirnya menggunakan teknologi LED selain memang terkesan futuristik, juga lebih efisien. Karena ketika bosan dengan efek LED yang satu bisa berubah warna ke efek yang lain. Waktu Hyoyeon muncul di MV dan dance bareng dengan yang lain, LED berubah warna dari Biru menjadi warna kombinasi ungu-pink. Sebelumnya belom pernah ya MV SM pake LED begini? Catch Me pake gak sih? Agak-agak lupa. Males nonton ulang. Semalem udah. Dan sepanjang hari ini ngulang Maxstep. Mata udah nggak bisa lagi membedakan mata Eunhyuk mana Gorila.
*
*
Dari tadi bahas Eunhyuk-Gorila, di permulaan MV gue agak bingung kenapa harus Gorila? Kenapa nggak binatang lain? Alasannya bisa banyak. Yang pertama mungkin karena Gorila ini adalah hewan besar yang bisa menjadi representasi kekuatan. Tadi kan sempat gue bahas juga soal mobil tahan banting, nah disini mungkin Gorila sebagai perwakilan makhluk yang bisa membanting mobil, perwakilan kekuatan. Bahwa Gorila-pun nggak bisa menghancurkan mobil ini. Alasan kedua, kalo misalnya pake belatung terlalu kecil jadi nggak keliatan. Belatung raksasa akan terlihat sangat aneh. Ketiga, karena ada Eunhyuk. Kita sama-sama tahu Eunhyuk itu kan....... Nah itulah. Karena kita sama sama tahu jadi tanpa gue tulis pasti kalian udah tau.
*
*
Bagian yang lain yang ada neon-neon juga itu pas Taemin, Henry sama Kai ada di kotak berbentuk segitiga (?) itu. Bukan sebuah konsep baru sih, karena di Sexy Free & Single juga kan ada adegan manusia di dalem kurungan, konsepnya sama cuma kurungannya aja yang beda. Yang waktu Kai di antara emas-emas itu sebenarnya lucu sih konsepnya dan memang karena banyak property disitu jadi menurut gue gak masalah kalo misalnya background-nya jadi polos. Secara keseluruhan set desain dan property nggak begitu WAH atau gimana tapi pas-pasan.

Kedepannya gue berharap banget sub-unit dari SMTOWN ini akan berlanjut, nggak cuma karena proyek iklan ini doang. Lumayan kan nambah-nambah kerjaan review MV kalo nanti mereka ngeluarin MV baru, lumayan nambah-nambahin hardisk juga kalo misalnya mereka ada live perform di Music Bank dan lain-lain. Lumayan juga buat Henry yang selama ini hanya mengandalkan SJ-M, lumayan juga buat Eunhyuk yang kalo SJ hiatus juga cuma mengandalkan SJ-M. Nah jadi menguntungkan banyak pihak kan.... :3 :3 :3

Gue merasa review kali ini agak lebih panjang dari biasanya dan pastinya akan ada lebih banyak typo dari biasanya. Curhat dikit, kemaren baru mulai nulis jam empat sore dan lanjut lagi jam tujuh malem, kepotong makan malem lanjut jam delapan atau setengah sembilanan. Nah semalem itu si Gilang dateng ke kosan dan gue nggak bisa ngapa-ngapain. Maksudnya bukan karena dia orangnya suka heboh, bukan, tapi lebih karena gue kalo nulis lebih suka sendiri dan nggak diganggu sama siapapun. Kalopun misalnya gue lagi ada di perpus, toh nggak ada orang yang kenal dan nggak ada orang yang berdiri di samping gue selama gue nulis -___-" Jadi semalem karena Gilang dateng jadi buyar semua konsentrasi dan pas dia pulang (SETENGAH SATU PAGI) gue udah ngantuk parah. Dan dia pulang dengan tertawa "Akhirnya gue bisa mengacaukan kerjaan ron." Shit banget. Hidup gak berkah lo Gil. Pergi lo ke Alaska.

Please... Please... kalo ada yang salah-salah kata dimaafin kalo ada yang kurang ditambahin kalau ada yang berlebihan kasi tau kalo ada yang nggak lucu ketawa aja biar seru kalo ada yang bosen close tab aja kalo ada yang nggak suka bash aja yang jelas kalo udah baca komen :")












*
*MAXSTEP - Changmin Belajar Jalan (MAX - Changmin TVXQ, Step - langkah, melangkah. Pernah denger istilah babystep di salah satu episode Glee yang gue artikan sebagai proses belajar sedikit demi sedikit gitu. Nah jadi yaudah MAXSTEP ya Changmin belajar melangkah, belajar berjalan. Yagitu aja simpel. Gak ada niatan buat becanda jadi kalo gak lucu iyain aja udah bair cepet kelar urusan)

Share:

94 komentar

  1. wah ini generasi selanjutnya di boyband korea ...
    sukses dah buat maxstep...
    smoga mengejar super junior ...
    terus berkarya ...
    terimakasih ...
    http://updatesuju.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. " semoga mengejar suuper junior"

      apaan tuh maksudnya? =_="
      ko gua bingung yaa ?
      hahahahha jelas2 ada member SuJunya, ada 2 lagi walau yang satu member sub grup duank ._.

      Delete
  2. WOAAAAA HAHAHAHAHAHHAHAHA *komen

    ReplyDelete
  3. kak suho jjang!!! hahahahaha... sama kak gue juga suka banget pas part luhan.. n gue akuin klo luhan mirip diki smash di mv ini tp sedikit ya.. SEDIKIT!! rambutnya doang si..sumpah ini yah baca review elu kak.. kadang ngakak.. kadang alis berkerut.. kadang kadang jga ngelamun gara2 gak ngerti kak suho itu bahas mv apa bahas tambang emas apa bahas kebun binatang pake ada gorila kodok belatung de el el... ato....guenya aja yang bego gtu... ga kesampean ilmu tata bahasanya kak suho (ribet ini gue ngmong apa) hahahah oke lupain aja...over all kak suho emang paling jago kyknya ngeripiyu hahhah.. dari prtama baca ripiu nya mama dan jadi saylen rider trs gue akhrnya jengjengjeng... (pakebacksoundgitu) muncul...wkwkwkwkkwk... ah emang kak suho jjang!!!uda ampe kehabisan kata2 banget..
    pokoknya we are one deh!!!

    Baekhyun Noonna (@saftisari) :p

    ReplyDelete
  4. akhirnya keluar juga reviewnya..
    udah gw tungguin kak ron..
    besok besok review mv-nya snsd yg jepang dong kak

    ReplyDelete
  5. ngakak pas baca "jukgo tauco saos goreng jigong igon cah tempe aniya" wkwkwkwkwk XD
    tapi, dsini gk ada bicara tntng "RAP HYOYEON YANG TERLALU CEPAT" ya? hehehe

    review yang bagus.. :)
    10 jempol buat abang.. ditambah jempol kaki jadinya 20. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan jempol gw cuma empat, 2 di tangan , 2 di kaki

      Delete
    2. DAEBAK,.. jari kamu jempol semua yah? liat dong!!! hahaha

      Delete
  6. hy kak,.. ak kmbli lagiy ha ha hay,.... mski d bbrpa MV ak gg cmmnt soalnya yg mau d bhs udh ad yg bhas (uadhadaygcommntmksdnya^^) he he he
    oy kak mau ngoreksi aj dech kt2 k2k yg in "Tapi yang aneh, Chen kan katanya Dancing Machine, kok dia gak ada? WAK WAK WAK" Chen bukan dancing mechine d Exo-M tapi sie Main Dancing it sie Lay he he he,....^^ (katanyasihtapimemangiyalooh><)

    seperti biasa re-view ka2k jempol abisss daahhh,... tapi agak bkin nangis sie Kai di gitu2in ^__^ bener kata ka2k dy sering buka2 baju mau niru siwon kali,... huaa kaaaiii udh laahh be your self saja (ha ha hay)

    part Favq it Taemin sm Kai soalnya sm2 Biased(ggpentingkalee^^) part Lu-Kai ugha okeeyyy,.... secara ugha luhan cwok keduaq stlah Crist d Exo M (kayaknya ugha gg penting abaikan) ha ha hay,....

    commnt trbnyakq bru skrang nh gg ap2 skali2 ajh2 betul gg kak Hae???
    kwkwkw,... okeh intinya nh dr cmmntq "gua suka re-view2x ka2k,..keep fighting melolotin Mv yah kak"^^ ,... ha ha hay,...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, yang dimaksud kak ron dengan 'Chen itu Dancing Machine' bukan dalam arti sebenernya.. FYI, Chen itu kan suka ngetroll banget,nah dia sering mengakui dirinya sebagai Dancing Machine :) coba aja liat2 di interview atau fanboard replynya :D

      p.s : fans EXO harusnya tau ini :D #ups #batuksamakai

      @ekyology

      Delete
    2. chen emg bukan 'dancing machine' di exo kok.
      tapi dianya sendiri yang suka ngaku2 gtu, makanya chen disebut2 dancing machine cuma buat jadi bahan candaan aja ama exotics~

      Delete
  7. Kai : porno dan cabul. Teriak kaya little boynya kejepit resleting. Jablay ga punya misi. Yassalam Om...niat bener lu nistain si item. Kasian masi kecil Om... =="

    biarkan para dancer ini joget terus sampai pinggang mereka patah. <-- Aduh jangan Om. Kasian Luhan udah kurus kecil masih harus encok juga.

    Mungkin Hyundai menyerahkan sepenuhnya MV pada SM kali Om... kan strategi Hyundai cuma "pokoknya promosiin pake idol", nah selanjutnya ya diserahkan sama SM dan tugas SM adalah mikirin sekaligus eksekusi "gimana caranya promosiin tuh mobil pake idol gue" dan... yasudahlah akhirnya MVnya ya ala SM lagi.

    Ehehe...kalo gue sih dari awal fokus Om. Ke LUHAN. Niat mau kepoin Taemin/Hyukjae, begitu Luhan di depan ato center yasudah pandangan tanpa sadar ke dia lagi sampe sempet "Eh gue kan mau kepo Taemin kenapa yang gue pantengin Luhan?". Jadi...gapernah tuh merhatiin Hyoyeon selain dapet kesan "WUOOOOO... Hyoyeon emang powernya cowok". :3

    Setuju. Luhan rambutnya jelek. Semoga dia gak pake rambut itu di full album nanti. Sudah cukup Kkamjong sama Beef jadi korban, plis jangan Luhan juga! Kris boleh lah rambutnya ancur tapi Luhan jangan! *diamukfansnyaKris* And anyway...gue baru sadar lambang EXO yang lu omongin di twitter. Gue kira yang lu maksud kurungan besinya Taemin ^^

    Taemin 20 Om... umur Korea umur Korea~~~ udah legal harusnya, walopun kalo masalah SIM gatau juga...di Korea ada acara nembak SIM kaya di sini gak yah?

    Kalo masalah kesalahan dance...ya gue sih mikirnya karena power dan kcepatan gerak orang beda-beda ya Om, kalopun gue liat emang ada beberapa gerakan yang ga barengan sih menurut gue karena 6 orang itu tekniknya beda-beda jadi ada yang lebih nyaman kaki dulu yang gerak, ada yang lebih cepet gerakan tangannya ada yang kepalanya ngadep kiri ada yang lebih ke kanan dsb etc... <--ngomong apasih gue Ya intinya gue entah kenapa selalu bisa toleransi kegaksinkronan itu selama masih enak dilihat... Anyway thanks for mention those "mistakes"...

    Great review as usual... xiexie!! Ngomong-ngomong itu Henry lucu banget sih pas habis A~~HA~~~ kaya orang ngasih sinyal SOS gitu tapi mukanya datar. Awawawawawawaaaa~~~~!!!!!!!! :3

    @niara2112

    (ini gue tadi udah coba komen tapi entah masuk entah gagal...maap ya Om kalo ternyata masuk dobel ^^a)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn asal printal aja y ni hati sakit tau gak msa hanya Eunhyuk aja yg di hina hanya gara2 baju kegede an
      eh lgy pula jangan sama2kan taemin sama kai engga mirip
      klo kai sama taemin itu kya perbandingan 1:1000000000000000000000000000000000000000000000000
      lain kali klo mau nge bash ingat2 umur dan mikir dulu ni orang ada apa kagak prestasinya,dan bakatnya jangan asal aja loe
      NP : Jewels INA

      Delete
  8. panjaaang beneerr... tumben gak berpart2..

    pertama kali liat emang mata gue sih tertuju sama dandanan Hyuk yg ehem lebay bgt,, paling colourful,, padahal yg lain cm pake casual doang.. ya biasalah yg tua minta dan pengen banget diperhatiin.
    tp setelah itu lgsung mata nyari2 mas Lulu,, dan mata gue langsung =.= kenapa rambutnya harus kriting2 indomi basi?! yaudahlah yg penting cakep..
    kesel juga liat si Kai yg scene juragan emas istri muzdalifah,, mukanya angkuh bgt..
    dan tambah kesel mbak Hyeo baru nongol di akhir2.. kenapa coba kenapaaaa?? padahal suara dia udah ada dari awal kan yaaa... kenapa ga diikutin dr awal? iyasih emang bakal bikin envy buat para fangirl,, secara dia cewe sendiri,ngedance dikelilingin cowo yg kece badaii... eaaa.. *mulai ngaco..
    akhirnya si mochi diikutin juga di project SM yg lain,, :') gue bener2 terharu..

    salam we are ONE!!

    @yozzroses

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoss.. kok "ISTRI MUZDALIFAH SIH?"
      emang tante muz itu COWO dan Kai-nya CEWE?! *pingsan* *dapatCPRdariSuho*
      wkwkwkw xD

      @ekyology

      Delete
    2. ahahhaa.. abis si Kai gak jelas cewe apa cowo.. *ngeles,padahal typo*
      loh tumben Suho? bukan ChenChen..

      Delete
  9. mo nambahin ~

    taemin udh trbukti bgus loh suara'y. dia udh ikutan Immortal Song dan udh prnah menang jg. *belain taemin, biased* XD

    mnurut gw, sebenar'y mv maxstep ini kurang bgus dr konsepnya.
    krna pas background brwarna putih, baju para member pun brwarna putih. Bgitu jg di saat background brwarna dominan biru-item, baju yg di pake member pun dominan biru item. Jadi mata gw kyak makin nambah minus gara2 mv ini, krna gw brusaha sejeli mgkin ngeliat gerakan dance mreka.
    Dan inti'y, dance mreka kurang terlihat karena warna background dan baju mreka X(

    Dan kurangnya lagi, ga ada dance version atau dance practice dr lagu ini #penontonkecewa

    ini pertama kalinya gw comment di blog ini, pdhl gw udh ikutin jejak blog ini sejak teaser2 EXO kluar X)
    salam kenal aja deh bang Ron, apa deh, Kak Suho, Ustad Bacon, apa lg? apa ada lg? XD
    Dan sbnernya gw udh follow twitter bang Ron, tp gw ga brani minta follow, pasti ga di follow, kan bang Ron udh sederajat kyak baekhyun. #ngumpetdiketekkai

    ReplyDelete
  10. mulai mikir kalo Hyeo diadain dari awal (meskipun part put ur hands up nya udah ada di awal) kok kesannya kaya Hyeo itu artis utama dan yang lain cuma backdancer aja. menurut gue sih timingnya pas aja setelah monyet ngomong "this is specialist H.Y" dan gooossshhh, dia bisa ngerap secepat itu ternyata! salut! sayang talent gitu paling dikit dapet attention (sama SM) kalo udah digabung di SNSD. mungkin ini juga salah satu cara SM buat bantu promosiin dia sih. tenggelem banget soalnya kalo di Soshi. dan pertanyaan yg paling banyak muncul adalah:
    1. kenapa TVXQ/F(x) ga 'diikutin' disini?
    2. kenapa harus Luhan padahal main dancer nya exo-m itu Lay?

    menurut gue sih karena maxstep hampir barengan sama Catch Me-nya TVXQ jadi agak kasian aja gitu harus belajar hulk dance+masih di-kepo-in sama dance ini juga. segampang2nya dance disini kan tetep aja belajar juga (buat ukuran para dancing machine, jujur gue berharap dance yang jauh lebih ribet, jauh lebih ngena, jauh lebih 'memorable' dan jauh lebih epik dibanding yang ini dan berharap aja sih SM spending more money buat nyewa koreografer luar kaya Shinee-Sherlock/TVXQ-Catch Me/sekalian deh BoA-Only One. bukannya merendahkan mas Gregory Hwang sih, tapi emang koreo 3 lagu yang gue sebut barusan itu epic dan memorable aja. jangan setengah2 gitu, SDM-nya udah bagus, lagunya ear catching, tapi eksekusi nya ga 'nampol'). dan kalo soal F(x), nooffense sih tapi MENURUT GUE gaada powerful dancer di F(x). Vic itu lebih ke dance2 yang naikin kaki ke kepala dll. Luna juga kayanya kebanting kalo digabung sama cowo-cowo ini. emang Hyeo udah yang paling pas aja, toh dia training juga digabung sama cowo. sekalian bikin Hyuk seneng, kasian berasa tua sendiri nanti. entah kenapa sepanjang lagu, dia mukanya minta digampar aja, bosen-bosen sengak gitu! males ya bang, dance sama anak kecil?

    dan kenapa harus Luhan? ya kan biar match ama Kai yang ditampilin visualnya exo? #eh?
    galain gabukan sih menurut gue gara2 Lay bahasa korea-nya masih medok logat chinese sekaliii. dan emang mereka butuh powerful vocal disini. Lay kan suaranya lembut :)
    lagian dia injury, jangan ditambah2 latian lah. mereka overseas trip aja udah cape apalagi ditambah belajar dance untuk ini.

    (kepo nih, SNSD promosiin chocolate love, per member dikasi hp itu. dan biasanya brand ambassador emg dapet produk yang dia promosiin kan? berarti HyukLuHyeoHenTaeKaiJesBoa promosiin mobil, mereka dikasi mobil gitu?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentaran ya, kak. yang no2 itu, Lay itu emg main dancer, tapi Luhan lead dancernya. Jadi maklum lah :D

      Delete
    2. iya. luhan emg lead dance, tp Lay yg main dance

      P.S : Main itu pangkatnya lebih tinggi daripada lead, kayak Kai, kan dia Main dance, trus sehun yg lead dance, kalau EXO M Lay yg main dance sedangkan luhan cuma lead dance aja.....

      Delete
  11. Taemin uda bisa nyanyi dooong kak, uda ikut immortal song juga dan emang suaranya sekarang bagus kok :)

    ReplyDelete
  12. KAK ROOOOONNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!! BOLEH GAK GUE JADI FANGIRL LU AJA?? BARU KALI INI GUE BACA REVIEW TENTANG LAKI GUE, SI MOCHI!!! #capsketindihgorila

    dan rasa2nya bener kak, itu kayaknya scene gorila, laki gue (RE : HENRY) bener pake sarung deh. Ampun gue juga ga ngerti itu SM ngasih kostum gimana konsepnya.

    satu lagi deh kak Ron, mau nambahin.. Di scene yang putih yang kata lo scene mata kodok, cuma laki gue yang dikasih jeans belel sedangkan yang laen dikasih pake celana bling2 n bersih =="

    Duh gue gak tau mau komen apalagi kak Ron, pokonya ini review paling gue demen dah soalnya ada Henry nya n dibahas cukup banyak sama lo, kak.. Trus laki gue juga kata lu dibilang lead vocal??? SENENG BANGET GUE. *koprol 50x sambil nangis terharu*

    Udah ah, daripada gue ditendang gara2 keseringan ngaku Henry ntu laki gue, gue kabur dulu.. Keep review-ing ya, Kak Ron!! :D

    @xianzpurple

    ReplyDelete
  13. "Vokal dia juga paling berasa disini, dan yang bikin gue jadi keracunan lagu ini sih karena bagian depan yang Luhan nyanyi AHA itu. Ada susuknya tuh pasti lirik itu. Bagian itu enak banget ditelinga padahal cuma AHA doang."
    --> setuju kak Suho... saya jga suka bgt bagian itu.... padahal Luhan cman ngucapin/nyanyi'in (atau apalah sebutannya) 'AHA' doang, tapi udh bsa ngehipnotis aja... Trus juga saya paling suka dengerin suara Luhan disini + pelototin dancenya dia... Bias saya sih... #jgerr

    "Anyway itu yang di menit 03:09 yang teriak beneran Henry? Atau Yoo Youngjin? Atau Changmin? Kan biasanya kalo ada adegan teriak-teriak pasti fans TVXQ yang itu pada bilang itu Changmin tuh pasti yang bantuin... Kayak di The Boys pas Taeyeon sama di MAMA pas Baekhyun sama Chen. Hihihihihi Semacem cuma Changmin yang bisa teriak setinggi monas ye... Apa apa kalo ada artis SM nyanyi yang teriak pasti itu Changmin. Yaudah iyain aja."
    --> eh, iyakah? Changmin yg teriak di MAMA? ada yg kyk bgtu jga yah? masa' sih? kyk Baekhyun n Chen ga bisa teriak2 gtu aja... Kan bisa diliat dari livenya tuh, Baekhyun ama Chen teriak kok.. masa' pas di MV dibantuin ama yg bukan anggota dari grup itu sendiri? --"

    Oia, seperti biasanya Kak Suho, review-mu keren n mengocok(?) perut... ada2 aja bagian yg bkin ngakak...

    Okelah. Segitu aja deh.
    We are ONE!! Saranghaja!!

    ReplyDelete
  14. kak suhoooo, aku mampir ke komen setelah sekian lama ga muncul :D *tebar bunga* *senyum setan sama Kyu*

    cuma mau ngasi tau seperti biasaaa, typo typo typo xD
    banyak yang kata depan ga pake spasi (bingungbilangnya) kaya 'disebelah' 'dibawah' gitu..
    trus ini sih satu yg gue inget tadi,.. 'Mata udah nggak bisa lagi membedakan mata Eunhyuk mana Gorila'
    itu maksudnya MANA EUNHYUK MANA GORILA kali ya?
    kekeke, apa lagi ya? udah deh gitu aja, udah malam .. *dadah dadah*

    @ekyology

    ReplyDelete
  15. Apa ini blog yang tempatnya menjelek2n personil SUJU terutama Eunhyuk? Memurut saya anda sudah terlalu menjelek2an Oppaku.. Apa anda ingin menyulut kemarahan ELF atau Jewels???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mihihihihihihihihihihihihihihihih ihihihihihihih

      Delete
    2. Iya cint~~ masalah buat lo? :3 *PLAK* *digeplak kak Suho*

      Anyway bagian mananya sih yang ngejelekin Hyukjae oppa di review ini pengen tau deh :) *peace* Aku juga suka Suju tapi kok gak ngerasa tersinggung ato dijelek-jelekin ya?

      @niara2112

      Delete
    3. aissshh =="

      lo baru sekali yaa mampir di blog ini ???
      sabar bang ron

      bang ron emang begitu neng bahasanya, dia bukan antis ko
      gue ini ELF looh tapi ga marah kok denger itu ,karena itu emang cara dia berpendapat ,,, lagian bukan rahasia kan klo Hyuk emang punya julukan monyet ?? itu kan cuman julukan dia karena dia suka pisang dan emang lincah banged ... lu klo ngaku ELF harusnya PAHAM . jangan mudah emosi begini ,, malu-maluin nama ELF Indo ajh lo !!

      santai ajah broo ,..semua postingan disini ga ada maksud untuk menghina semua member terkait ..

      bang ron aka yang punya blogg ini kan SM biased ,, sama kea gue *tapi gue lebih menonjol ke SuJu *ga nanya*

      jangan asal bash ya neng ,,

      Delete
  16. belum aku baca semua, yg penting q numpang komen disini....


    ROOOOOOOOOONNNNNNNN..... ente DAEBAK. XD
    keep reviewing yaaaaa...

    :)

    dan aku suka bgt pas luhan bilang AHAAAAAAAA menariknya lagunya tuh disitu hahahaha meski suara hyo cempreng pas hands up in the air, tp dia KEREN

    kai pas teriak mirip orang mo ngelahirin kembar 10 XD tapi keren lah, dia nemuin national treasure XD

    ReplyDelete
  17. kak review flower power nya SNSD dong .___. *ceritanya request*

    ReplyDelete
  18. Setauku Luhan bukan lead dancer atopun lead vocalnya EXO-M.
    Lead vocal dah jelas si Chen...
    Kalo lead dancer bukannya si Xiumin ya...???
    Taemin...,kenapa ga semangat ngedance'mu jelek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gue tau sih kalo~~

      main (=lead?) vocal : Luhan-Chen
      main (=lead?) dancer : Luhan-Lay
      rapper : Kris-Tao
      face : Luhan (:-p)

      Xiumin emang dance sama nyanyinya sama-sama bagus (banget), tapi mungkin masih ketutupan sama member lain makanya gatau deh dia masuk dancer apa vocal... tiap sumber beda-beda sih.

      @niara2112

      Delete
  19. nambahin~
    itu sepatunya luhan yg ada logo exonya tuh dipake kai juga di scene juragan emas. BUHAHAHAHA SM oh SM. trus di detik 00:59 - 01:00 mirip sma dance nya MAMA hahahaha. yaudah itu aja wassalam

    ReplyDelete
  20. Di menit 0:56 Kai kea ngelirik buat nyamain barisan haha kirain gue lo bakalan nulis ini bang lol entah kelewat atau apa gt ya :p

    Henry emang banuak salahnya haha tp karna dia lucu jd gapapa hahaha/iniapa

    Review terus ye ka makin keren ajanih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener tuh Kai nglirik yang lain

      Delete
  21. hahaha, akhirnya reviewnya keluar lagi.. ^^ *mikir kak suho bakal bikin review flower power ga ya?*

    Soal Taemin yang nonton ECO Drivenya EXO, harusnya dia tahu karena sebelum EXO-K yang nyanyiin itu, SHINee nyanyi lagu itu lebih dulu (April 2012 kalo ga salah).

    Tapi sumpah ngakak banget liat soal Eunhyuk yang di detik 02:19 itu, kayaknya emang Eunhyuk lagi ribet sama aksesoris dia deh.. :D

    Dan bener, maunya sih MAXSTEP ga cuma stop buat iklanin mobil doang, maunya sih ada album juga.. :D *keren kan liat 3 grup digabung (4 kalo SJ-M diitung diluar SJ)*

    Lanjut lagi Kak Suho.. kutunggu review-reviewmu yang lain.. :D

    ReplyDelete
  22. sebenernya sih sedih jg bca review ini, secara kyaknya k2k sensi bnget sama eunhyuk( ato emang lagi sensi sama SJ)
    terserahlah, yg jelas q ska bnget denger ini, lgunya lngsung ngena di hati, langsung nancep di otak, brapa kali dengerpun msih pngen denger lagi
    kekeke
    n makasi reviewnya seengaknya bisa nydar ternyata masi ada lambng exo yg slalu dipake, padahl q sendiri ngak nyadar
    top margotot deh buat k2k^^

    ReplyDelete
  23. hahahahaha... entah kenapa aku selalu ketawa setelah baca review MV punya kakak? semoga aku tidak gila

    MV sangat bagus di bagian dance baru berikutnya lagunya dan music, konsep MV memang SM banget, biasa aja, no comment ^_^
    begitu lihat MV ini aku langsung terpaku karena dancenya, mungkin karena dihuni dance machine jadinya bagus, kalau jelek mah pecat aja mereka dari grup masing2 :D
    aku selalu terpaku sama taemin di sini dan gak perhatiin kai jadinya, luhan sama henry so hot karena jarang lihat mereka, eunhyuk? entahlah, no comment sejak awal tapi ada pertanyaan kenapa harus dia, di sini dia anggota tertua dan kenapa member DBSK gak ada yang masuk?? :D
    oh ya, baju bulu-bulu hitam yang hyoyeon pake itu apa baju panggung ya?? rasanya aku pernah lihat dia pake baju itu sebelumnya..
    MV ini membuat aku melihat lucifer, MAMA, Mr. Simple, sama The Boys secara bersamaan. adegan taemin naik mobil itu keinget Jonghyun naik mobil di lucifer,.. gerakan tangan di bagian reff ngingetin di MAMA, dan background putih itu punya Mr. Simple dimodifikasi kali ya :D

    aku belum lihat secara rinci dan perhatiin satu-satu apalagi sampe liat diperlambat MV ini,. masih gak sempet jadi aku percaya2 aja sama kakak :D
    oh ya, pas kakak bilang background awal itu mirip mata kodok, aku udah deg-deg'an, takutnya kakak kasih gambar kodok sebagai perbandingannya kalau sampai ada aku langsung close tab saat itu juga :D karena sebenarnya aku juga phobia kodok dalam bentuk nyata, kartun, gambar, ataupun yang lain. :D

    sekian ya kakak, semangat!!! :D

    ReplyDelete
  24. makin cinta sama SM Ent nyyahahahahhahahhaaa xD
    makasih SM udah ngajak my mochi :*

    ReplyDelete
  25. gua jadi lebih banyak tau tentang SM dari blog ini ,
    tanks banged om ron ...

    tapi jujur emang kadang kata2 lu keterlaluan banged ,, suka ada kata2 yang ga pantes n berbau porno dan terdengar melecehkan ,, makanya ga heran orang yang baru sekali mampir kesini nyangka lu antis =="

    jadi satu pesen gue om .. *ciee sok bener dah gua *

    lu kan anak UI bang ,, UI COOY UNIVERSITAS INDONESIA .. #CAPS BIAR JELAS
    ya semua juga tau laah predikat dan integritas kampus itu ,, seharusnya lu bisa jaga sedikitt tutur bahasa lu disini bang ,*lah bawa2 kampus ?? #biarin terserah gue hahaha xD

    okelah bisa buat lucu2an ,, tapi kalo sampe melecehkan juga kan ga bagus bang =="

    over all c keren bang ,.. lanjutt dagh .... xD

    sorry ya bang , bukannya mau menggurui ,tapi kadang kesian juga sama member yang lu hina hahahhahaa xD terus lu sensi sama Hyuk mungkin sama kaya gua sedikit sensi sama Siwon , padahal gua ELF boo ._. hahahaaa

    tosss laaahh

    ReplyDelete
  26. assalamuallaikum

    salam kenal bang

    ini udah kesekian kali gue koment ,sesekali balas donk -_- *eeh pengen banged yaa :3
    bang , gua tau lu bukan antis ..tau banged ,, mana ada c antis rela ngantri sampe begadang2 buat nonton SS4
    mana ada antis rela jauh2 dari depok ke jakarta cuman buat nonton SS3 yang cuman 3D
    mana ada antis yang mau nonton SMtown yang artisnya bejibun *aakh ketauan deeh gue suka ngubek2 archive blog lu xD

    oke bang gua percaya lu bukan antis

    tapi tolonglahh bang alusin dikit bahasa lu -_-

    makanya ga heran yang baru pertama kali mampir kesini nyangka lu itu antis , haha sabar ya :3

    SuJu : "om- om galau jodoh" gua masih maklum itu karena emang cuman shindong sama Yesung duang yang punya pacar *pacar Shindong namanya Jung Nari , udah pacaran dari 2006. pacarnya yesung yaa guee hahaha xD
    Siwon : "jablay" yaa lucu laah karena emang dia demen banged buka2an pamer dada
    Kai : "barongsai" gua ga ngerti maksudnya tapi gua ngakak bacanya haha :3

    n pas lu bilang lu rada sendian sama Hyuk , gua juga maklum karena gua juga suka rada sensi sama Siwon -_- #padahal gua ELF hahaha xD

    lu bandingin Hyuk sama monyet juga wajar ajah ,, karena emang dia dikenal sebagai monkey layaknya donghae yang dikenal ikan -_-
    uri hyukjae kan emang doyan pisang dan lincah bnged ,, 11 12 laah hahaha xD

    tapi kali ini tentang Kai : porno dan cabul. Teriak kaya little boynya kejepit resleting. Jablay ga punya misi

    ya Allah bang ,, istigfar -_- lu muslim kan bang ?? anak UI lagi ,, harusnya bisa ngeluarin bahasa yang lebih beradab

    kan masih banyak bang kata2 yang bisa lu pake supaya tetep lucu :3

    itu sumpah walau gua bukan fans Kai , tapi gua nyesek ajh baca nya

    kesian bang ,,hahahaa

    oke bang sorry ga ada maksud menggurui satu sama lain bang .. malah gua anggap lu guru karena gua banyak tau tentang SM dari blog lu ini :3 #tankiuuh qaqa

    tapi ya tu laah kembali lagi ke bahasa lu , jangan terlalu SARA bang bahasanya -___-

    eett dagh ..

    twitter : @pratiwi_holic

    fb : akatsuki_gals@yahoo.com

    #penyakit promo , ketularan SM hahahah :3

    ReplyDelete
  27. WOOOOOOHHHHHHAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!! tumben cuma dibuat satu part..
    ngakak juga sih liat disini Kai gak kebagian part nyanyi (ato mungkin kebagian rapp doank dikit :p )

    trus itu yang dibuat satu frame kenapa cuma si mochi sama unyuk doank??
    kai ama luhan kan juga sama2 EXO, buatkanlah satu frame bareng (ngarep) #abaikan

    ini gerakan dance-nya keknya di adaptasi dari gerakan2 yang udah ada ye om??

    @ingar1403

    ReplyDelete
  28. kalo menurutku kenapa hyeoyon ga dari awal munculnya kak, soalnya kalo hyeoyon muncul dari awal, nanti yang diliat cuma dia dong, perhatian terpusat ke dia,
    judulnya jadi "hyeoyon and her five hot backdancers", kekeke~

    @qorinnee

    ReplyDelete
  29. nice review. keep up...

    http://mrsk-po.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. bagian Luhan pas bilang AHA "Ada susuknya tuh pasti lirik itu."(berasa Luhan cowok macam apa)
    pegel sekaligus ngakak baca bagian ini "jukgo tauco saos goreng jigong igon cah tempe aniya" makanya gue skip, itu aja gue komen copy paste...
    selalu sih reviewnya lucu meski banyak pro kontra

    ReplyDelete
  31. yoo taemin kai emang susah bgt dibedain,apalagi aku liatnya pake hape yg layarnya cuma 3 inci *penting banget dibahas*.
    kalo kata om ron "Taemin itu Kai versi cantik dan Kai itu Taemin versi lebih gahar" tapi di mv ini taemin mencoba ganteng sih ya..trus kenapa kai ga coba jadi cantik.sekalikali bikin perubahan gitu.sekalian style baru buat comeback.trus kenapa aku jadi protes.gak penting kan.yasudah.hahaha.
    keep writing ya om.keep voting exo juga ^.^

    ReplyDelete
  32. asslammualaikum,,
    aslinya gue uda sering baca review kak suho, tpi baru sekarang ngoment *plakk.
    jujur, gue suka banget sama review kakak, reviewnya kakak ntu detail dan anehnya selalu nemu ja part yang ganjil.kereenn kak!! ^^b
    kl review yg maxstep si, seperti biasa bikin gue ngakak..Kai yg porno & cabul, trus teriaknya kayak kejepit *anunya*, gue emang setuju apalgi yg duduk di magnum gold berasa kyk mafia yg jablay *dezingg*. Emang si bhasa kaka terlalu berani dan svulgar, tapi iitu ciri khasnya kaka yg bikin gue kangen buat baca reviwe kaka *eaaeaa*
    pkoknya mah terus kerjarya dengan ciri khas kaka yg aneh bin ajaib :D

    ReplyDelete
  33. finally, aku ksh komeng eh komen jg di sini, (tepuk tangan), setelah selalu jd silent reader. thanks bgt dh buat authornya, selalu ksh review dgn bhs yg bnr2 menghibur ( baca NGAKAK). THANK YOU

    ReplyDelete
  34. selalu ngakak klo bc review-an km Ron, thanks yua

    ReplyDelete
  35. .AHA... *ala Luhan* akhirnya ada jg yg direview,, gk tau npa yaa,, tiap kali OL yg dbuka pertama tu blog nie,, kaos kaki yg gw juga gk tau kpan harumnya *plak* semua riview ttng k-pop uda gw baca smua (tp bru kali nie komen) dan smuanya enak+menarik tuk dibaca. di ksh apaan sih bang Ron?? garam? umami? masako? royko? (nie blog tw mkanan sih) oh gw tau pake susuk yaa.. *ditendang*

    .ngakak bnget pas baca mybarongsai, dibilang jadi Nassar karena mendadak kaya sejak menikahi Muzdalifah. kkkk~

    .review trus bang (bang bang mangnya tkang bakso)..

    ReplyDelete
  36. Cukup kecewa sih gak ada salah satu dari TVXQ, Yunho kan juga lead dancer *Cassie detected* :p
    weeh, sadis banget kata2nya ngatain Kai gitu, wkwk sensi ya? walaupun gw juga agak gimana sama Kai gara2 dia lebih diutamakan sama SM di MAMA dibanding Chanyeol yang ud jejeritan gitu, tapi tetep aja, your words are just too much. hahaha
    dan soal teriakan Henry di MV ini, gw pikir gak ada sangkut paut sama Changmin yah, tapi menurut orang-orang ada suara Changmin disana, karena Henry gak mungkin sekuat itu suaranya. entahlah yaah, kalo bener itu suara Changmin, seneng juga dia ada partisipasi disana. XD
    gw juga bingung kenapa Kai udah teriak aja di bagian depan-depan MV.
    Jujur aja, rambut Hyuk yang di bagian poni di kasi warna merah ato abu-abu itu bener2 ganggu mata, gak cocok -___-

    dan gw sukaaaaaa banget bagian Hyo! Akhirnya dia dapet bagian lebih (di SNSD dia lebih kayak anak bawang T^T)
    Rap-nya keren dan cepet banget, 4 thumbs up deh, pas dia muncul tuh kaya serasa Diva diantara cowok-cowok ganteng. suka banget! :D

    ReplyDelete
  37. akhirnya review Maxstep keluar juga ~
    walaupun bang Mochi sering sedikit *?* salah gerakan, gue ttp lopelope pada bang Mochi XD

    awalnya jg gue kecewa soalnya part Hyoyeon sedikit :(
    kenapa Hyoyeon ga muncul jg dr awal? :/
    kenapa? kenapa? KENAPA~~? #abaikan

    nahh... pas bang Mochi teriak, gue percaya ga percaya kalau itu suara bang Mochi :/
    #abaikansoalteriakan yang penting face bang Mochi pas teriak, UNYU TO THE MAXXXXX ~~~~~~~~~ <3 <3 <3

    ReplyDelete
  38. setuju sama si om,mv nya kurang iklan bgt. sekalian aja dibikin kaya mv infinite the chaser. nanti yg ada didalem mobil itu kai, jadi guling2an sambil pasang ekspresi2 mesum(?) gitu malah lebih seru.atau dibikin kaya teaser comback nya C-Clown. tapi kai jgn di mobil itu deh kasihan dibanting-banting.hahaha

    ReplyDelete
  39. This review makes my day better kkk~
    Males ngetik komen panjang-panjang karena kebanyakan yang mau diketik~
    Kak Suho Fighting buat review yang lain (>o<)/

    ReplyDelete
  40. selalu bikin ngakak banget deh kaoskakibau ini!
    fans berat deh sama kak ron ;)

    ReplyDelete
  41. lucu banget,sempet ngakak bacanya...

    ReplyDelete
  42. .kak ron, yakin kk bukan pelawak??

    .suer nie kocak badai kak,, mybarongsai dibilang jadi Nassar karena mendadak kaya sejak menikahi Muzdalifah. kkkk~~

    .paling suka bagian Luhan oppa yg kece dibahas.. ^^ AHA~~nya Luhan oppa membekas badai tertancap disanubari yg paling dalam #puitis. meracuni otak saia, dikit dikit AHA dikit dikit AHA. pokonnya Luhan oppa yg paling kece disini.. *laripelukLuhanoppa* ...


    .ditunggu reveiew'' yg laennya ya kak.. ^^

    ReplyDelete
  43. kak suooooo seperti biasa deh review an lu itu selalu jedaaaaar wkwk
    gue setuju sama poin poin lu meskipun ada beberapa poin yg gue kurang setuju sih sebenernya heheu :3
    harapan gue juga semoga youniique unit ini bisa berlanjut di sela-sela kegiatan masing-masing grup yah. biasanya kan SM bikin sub grup beginian cuma sementara doang. yang paling gue miris lagi itu jino kemanain ya sekarang? gue berharap bgt jino didebutin jd solo aja atau sm debutin grup ballad semacem 2am gitu baaah *terusinikenapajadingomonginjino* muhaha
    okelah ditunggu review lainnya ya kakaa bhaha
    salam olahraga!

    ReplyDelete
  44. aduch ktawa bcanya wlpun gk ampe tuntas :)
    untung aja taemin gk t'lalu d cerca d sni hehe tp seru ko' mg knyataan gt,,
    yg lucu bgt wktu byangin klo "member2 virtual" d buat sub unit, iya jg ya mg mreka bs nyanyi n ngedance ;p

    ReplyDelete
  45. Udah baca kak. Nih komennya. HA HA HA.
    Yang saya penasaran cuma satu: gorila gede itu beli di mana pengen dong.

    ReplyDelete
  46. Lo umur brapa sih ron..?? lama2 gw ngefannya sama elo ni..:p
    tiap baca pasti ngakak dah :D DAEBAK!!!

    ReplyDelete
  47. membully itu tanda cinta. Oke kak, lanjutkan terhadap Kai.

    ReplyDelete
  48. masa ya kak, kalo ga salah gerakan dance yg di detik 00:49-00:50 itu juga ada di teaser 12 kai sama lay. terus agak kecewa gitu SM ga masukin Lay di PYL Younique Unit #curhat. itu yang kayak gorila masa menurutku itu mobil hyundai yang dipromosikan tapi jadi robot gitu, kayak transformers. gatau sih, sotil aja. btw, aku juga suka sensi sama kai padahal aku fans EXO hahahah -.- setuju banget sama teriakannya kai. wkwk. dan plis banget itu pas kai teriak tampang jablay banget. sampe sekarang, setiap aku baca review-nya kak ron, pasti ngakak terus. fighting!

    ReplyDelete
  49. masa ya kak menurutku di detik 00:49-00:50 kalo ga salah itu gerakan dance nya sama kayak yang di teaser 12 kai sama lay. agak kecewa gitu ya SM ga masukin Lay di PYL Younique Unit ini #curhat. terus gorilanya menurutku itu mobil hyundai yg mau dipromosikan tapi jadi robot, kayak transformers. gatau sih, sotil aja. setuju banget sama teriakannya kai. plis banget itu pas part kai teriak, mukanya tampang jablay banget. dan setiap aku baca review-nya kak ron, pasti ngakak terus. fighting!

    ReplyDelete
  50. Kak Ron ini teliti bener ya ._.a
    sampe Kai waktu buka bajunya aja keliatan -___-
    keren kak :D

    ReplyDelete
  51. sekedar koreksi dikit hehe....
    itu sepatunya kai yg di part emas-emas itu sama kayak sepatunya luhan ya?
    cuma yg kai warnanya emas.....
    aehhh kasian abang kkamjong..... jgn terlalu gituin dia dong... =,=
    ehehe tapi ( '-')b d('-' ) deh buat bang ron....
    #NdhaaExoticINA

    ReplyDelete
  52. Mihihihi... Selalu ketawa sendiri kalo baca reviewnya. Selalu teliti deh yaaa... Sebenernya bisa lebih teliti lagi kalo videonya di export ke images per frame. Tapi ya gitu, pegel liatnya karena bisa jadi ribuan frames. Heheh

    ReplyDelete
  53. Wah, kepancing pengen ngomen nih.*banget*
    Ni lagu tuh sama kayak yang di tampilin @ gayo daejun bukan? Pas trio mesin joget -taemin,kai,eunhyuk- perform bareng itu loh.... sama bukan sih?
    Kayaknya sih iya. *maksa*
    Brati ini lagu udah teaser duluan dong 7bulan yg lalu? ckckck, sejauh itu om ya suman -_-' bisaaa aja. pantes pas nyari judul lagu itu ga nemu2, wong munculnya baru kemaren.

    back to mv...
    oh iya mas chanchan, pas bagian semua KAMUnique unit melingker itu kan ada teriakan hey.... hey hey! itu malah lebih ke dbxk yg keep u head down, iya g? hehe dan banyak teriakan yg niruin yg punya lagu ini *MAX*apadeh*
    ---- disini s salut banget sama temin yg dapet banyak job *selain dance* suaranya bagus... <3 *bisa nyetir juga*ciyus?*----
    terus...
    ini dancenya campuran exo-suju*banget, tapi tiap member bb, meskipun di satuin, keluwesan, power dan gayanya tetep beda n khas, *keliatan bgt ciri khas bb mereka*kecuali yoyon*kan diamah gg bkn bb*apadeh*
    emang beneran KAMUnique unit ini gado-gado tambah kerupuk.*ennak :p*
    terus...
    iya banget pas bagian spesialis doktor joget h.y. banyak backsound yoyoyoyoyoyon nya. agak geli juga dengernya, pengen ketawa, abis lucu, wajahnya pada serius tapi beksonnya yoyoyoyon coba... XD
    terus...
    Ada lagi yg lucu, pas abang moci teriak @ menit 03:08 mukanya mirip kayak bayi nangis bangun tidur, beneran deh unyu2 gimanaa gituh.
    well...
    udahan dulu ah, kayaknya ni komen banyak lumayan. tengs elot ya buat mas chanchan udah mau muat ni komen. gomen. hatur nuhun kang suhe *eh suho :)

    #ayoberkreasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini yang ditampilin di SBS Gayo Daejun 2011, sebelum EXO debut. ada chen, kai sm tao. baru rilis tahun 2012 berarti mereka bikin project ini udah lama yah ._.

      Delete
  54. Njir!!! Ngakak!!!

    ReplyDelete
  55. PARAH.ABIS.LUCUNYA! Udah TITIK..

    ReplyDelete
  56. bias saya dibully -_- *pooreunhyuk
    but, fighting buat Henry gege^^
    HAHAHAHA

    ReplyDelete
  57. siiiippp :)
    jadi lebih tau tentang Younique nihhhh :)
    maju terusss!!! jaya2 .
    kaloo menurutku, younique unit ituu personilnya SUPER2 dari pada yang lebih SUPER , bisa di bilang Gabungan dari beberapa SUPER !!!!
    thank's
    KHORIDHAA, malang

    ReplyDelete
  58. Henry T__T
    emang kayaknya taemin udh kelihatan kalau dia itu punya bakat nyanyi selain dance

    Kai..... no comment dehhh .____.

    ReplyDelete
  59. Annyeong~ gue telat banget baca nih review -_-

    Okeh, sebenernya gue adalah penikmat (?) review lo, bang. Pengen komen, tapi males ._.v

    umh, soal Chen lead dance, gue gak tau. Hakhakhak.

    Terus, Taemin...um...dia bagus kok kalo kata gue suara dia. Suara Taemin itu bisa lembut, bisa garang (?) juga.

    Eh, gue ngakak baca Taemin versi cantiknya kai. Doh -_-

    Kai, jaga aurat naaaakk #sokmenggurui #pletak

    Eunhyuk gue gak tau yaaa.....

    Hyoyeon? Dia cepet banget ngerapnya! Gue suka Hyoyeon disini. Well, hyoyeon emang 'ketutup' sama member snsd lainnya. Waks.

    Henry? Gue gak tau banyak soal dia sih. Hehehe '-'

    okey, itu doang. Keep writing! Gue suka semua review lu, bang. Tapi, mungkin review lu harus ada tandanya. Maksudnya, tanda boleh dibaca 13 tahun keatas. Gitu ._.

    ReplyDelete
  60. Eh sumpah nih review.
    Aneh mampus.

    Gue suka.
    Disangka orang gila gue sama mami gue, ngadep laptop sambil ngakak gak jelas.

    Lanjutin aje ye.
    Gue Follow deh blog ini.

    Kece badai...
    ahahaha

    ReplyDelete
  61. udah lama gk buka nih blog :)
    gilak reviewannya kerennn !!

    kece dahh xD smpe gk bisa coment apa2 ._.

    *lahIniapa .__.v
    *abaikan

    ReplyDelete
  62. DAEBAK DAEBAK DAEBAK!! debby aja gk kuat ngeliat semalema..bisa sih bisa cuman ngeliat keseluruhan haha atauga ngeliatin KAI/LUHANNYA <3 daebak

    ReplyDelete
  63. iiih review ny kereeen..
    tp sorry gue gak punya recehan..

    ReplyDelete
  64. review ny kaya taee si jajaaaaang cikakakakak

    ReplyDelete
  65. -telat baca- kata temen gue om, bagian kai yang duduk di emas malah kayak tukang becak._.

    ReplyDelete
  66. Ada apa dengan eunhyuk qaqaaa :'( *eunhyuk biased wkwk*
    lanjutt reviewnyaa :)

    ReplyDelete
  67. Bang anak mana sih? Kok bahasanya kayak gitu, halusun dikit dong, gue ni sbg fans nya taemin gk terima tuh lo bilang taemin mesum, ini baru gue tapi kalo byk fans ny yg tau lo bilang idolanya mesuk bisa berabe masalahnya bang!! Lain kali kalo mau ngomong mikir dulu yee

    ReplyDelete
  68. HEU JELAS NGEJELEKIN TAEMIN DAN MEMBER SUJU, ORANG BLOGGER KUCRUT INI SUKA SAMA EXO DOANG. BUKA MATA LO BAGUSAN SUJU KEMANA2, EXO ITU GAYA DOANG TUKANG LIPSYNC

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak Suju ga pernah lipsync aja. banyak kali artis SM yg pernah lipsync fufufufu~

      Delete
  69. bener juga sih, kadang kita gak suka sesuatu karna hal yang gak jelas, aku juga gak suka Yoona sama Siwon, padahal ngakunya ElfSone... dan aku gatau alesannya..

    ReplyDelete
  70. baru baca sekarang --" iy yg gk hbis pikir knpa kai pake teriak...

    ReplyDelete
  71. bentar bentar, aku kaya uda pernah liat kostm hyo eonni pas backgroundnya huruf Y persis ky the boys deh (?) ato jangan jangan mata gue yang error ._.v

    ReplyDelete
  72. Gue sih udah lama ya baca ni blog, tapi mau comment tuh, gak tau knapa jari gue ada aja alibinya , jd bru sekarang deh. Pokoknya intinya ngakak and daebak bgt. Kok ada org kayak dirimu bang, sedetail itu. Tp kok gak ada dance practicenya yaa
    Soalnya gue suka mempelajari dancenya gtu *pentingnyadiceritainapaya?* *ntahlah*
    Gue pecinta dance gtu, makanya gue suka taemin :)
    Gue Shawol and dr dulu bias gue ya taemin, jd apapun yg trjadi nih mv mata gue tetap trtuju padanya
    Bnyk yg bilang suara taemin biasa aja, kalo gue sih udah nyadar dari dulu suaranya itu bagus, terbukti kan di MV ini, dia smpe suara tinggi pun ada, dance nya pun masih tetep bagus,
    Weehh jadi muji2 taemin nih, buat member lain juga keren kok.
    Buat abang son tercinta #eaaa
    Sipppp banget dah, LANJUTKAN!
    HoO°ºo0Oo0º°h ya, di sini ngapain sih pake tersinggung2, setiap orang kan berpendapat, lagian bang Son bukan antis, jd maklumin aja, kata2 dia itu gue rasa gak dari hati, paling cuma untuk meramaikan aja
    Perjaya deh, aku yakin kita semua ini FANS nya SM.E pasti sadar dong semua kmampuan mreka hebat bukan abal2, kan tau sendiri gmna dan seberapa lama trainingnya, jadi, slow aja. Anggap aja ni blog buat pengetahuan kita
    *sory sok banget bahasa gue*
    Tapi emang bener kan ? Kan ? Kan? #cari aman

    ReplyDelete
  73. Selow aja kak..
    Saya elf juga sering nge bash SJ
    *cumaAllohygtaucaranyakubashSJ
    wkwkwk

    ReplyDelete
  74. SAYA SETUJU AHA-NYA LUHAN ADA SUSUKNYA. SEKIAN. :)

    ReplyDelete