YOUNIQUE UNIT: "MAXSTEP" MV Review Saya!

 "I'm reviewing, not bashing your oppars, girls...."
Ronzzy Kevin is back. Kkk~ setelah terakhir me-review Catch Me dan disibukkan dengan berbagai hal di dunia fana yang menyita banyak waktu (baca: UTS) akhirnya sekarang menyempatkan diri untuk membuat review lagi. Kali ini edisi khusus soalnya ini juga yang direview bukan boygrup bukan girlgrup seperti biasa tapi iklan mobil. Hehe secara teori sih emang ini iklan mobil, tapi ya kalo misalnya iklannya juga nggak ada menarik-menariknya ngapain repot-repot di review. Maksudnya, ada banyak iklan yang mungkin lucu atau mungkin menarik perhatian untuk di review kalau memang niat mereview iklan sejak lama gitu kan kayak misalnya iklan Sule yang niru alis Siwon yang bisa gerak-gerak itu atau yang lain. Lah kenapa jadi ngomongin Sule? Oke kembali ke topik, kali ini kita akan sama-sama membahas Music Video "MAXSTEP" dari SM Entertainment dan kembali lagi ke iklan, kali ini SM Entertainment nggak cuma pamer Everysing sama Genie tapi memang MV ini dibuat atas kerjasama SM dengan perusahaan mobil Hyundai asal Korea.
*
**
PYL & YOUNIQUE MEMBER
Menurut kabar yang beredar, seperti kita sama-sama tahu karena pasti kalian juga udah baca di allkpop atau di portal lain, dan gue cuma hanya akan mengutip dan mengulang kembali apa yang sudah kalian baca, bahwa ini adalah sebuah cara promosi yang dibilang unik menurut Hyundai. Kenapa unik? Jelas karena ini pertama kalinya Hyundai menggunakan strategi marketing dengan membuat sebuah album kolaborasi artis-artis SM untuk promosi mobil produksi mereka yaitu Hyundai seri i40 dan i30. Karena metode promosinya juga diklaim Hyundai sebagai metode promosi yang unik, albumnya sendiri diberi judul "PYL Unique Album".

PYL adalah singkatan dari Premium Younique Style yaitu tema produk mobil yang mereka keluarkan dan mereka promosikan (i40 dan i30). Gampangnya, dua mobil yang diproduksi dan disempurnakan teknologinya oleh Hyundai sehingga jadi mobil Tahan Banting (gue juga agak geli nyebutnya Mobil Tahan Banting karena pada kenyataan nggak akan ada yang iseng banting mobil) ini ditujukan untuk konsumen yang memiliki gaya hidup unik. Nah gaya hidup unik disini juga bisa berarti luas banget sih sebenarnya. Misalnya aja, gue suka banget tidur seharian di kasur kosan gue dan itu menjadikan gue sebagai orang yang unik, berarti gue pantes pake mobil ini. Atau contoh yang lain misalnya, Baekhyun yang suka banget paka eyeliner berlebihan dan itu membuatnya terlihat unik, berarti dia pantes pake mobil ini. Contoh lain lagi misalnya Kai suka banget buka-buka baju di atas panggung pas perform, walaupun itu lebih membuatnya terlihat porno dan cabul, tapi tetep aja unik, berarti dia boleh pake mobil ini. Nah jadi kesimpulannya semua orang boleh pake mobil ini asal mereka unik. Terserah mau unik dalam bentuk apa. Karena balik lagi deskripsi unik itu kan luas.

'Unique Album' sendiri ditujukan pada strategi marketingnya karena ini adalah kali pertama perusahaan mobil bekerja sama dengan perusahaan entertainment seperti SM dan membuat sebuah album untuk tujuan promosi mobil. Nah selain itu juga, kenapa disebut Unique Album menurut gue karena artis-artis SM yang berkolaborasi di album ini juga adalah mereka-mereka yang emang punya karakter. BoA misalnya, secara vokal suaranya itu unik banget kan, agak-agak cempreng dan khas ular mendesis (ngarang), kalo dia lagi pake falsetto kayak gak falsetto (ini tambah bikin bingung). Jessica apalagi, tau sendiri Jessica kan suaranya bahkan lebih cempreng dari BoA yang kalo misalnya nyanyi bisa menggetarkan Namsan Tower, tapi emang unik. Pas pertama kali denger The Boys yang bikin gue sakit kuping (dalam arti positif bermakna 'membuat terngiang- ngiang') adalah suara Jessica pas bagian "cause the girls bring the boys out, girls bring the boys out, girls bring the boys out, girls bring the boys out!!!!!" di menit ke 3 detik ke 20 yang semakin ke kanan semakin naik nadanya itu. Itulah yang membuat Jessica terdengar unik. Yang lain lagi jelas, YOUNIQUE UNIT yang sebenarnya yaitu Hyoyeon, Kai, Luhan, Taemin, Henry dan Eunhyuk.

Kenapa YOUNIQUE? Yah walaupun sebenarnya ini YOUNIQUE sama UNIQUE atau bahasa Indonesia-nya UNIK juga penyebutannya sama sih, mungkin SM mau bilang ke masyarakat kalo misalnya unit ini adalah unit yang lain daripada yang lain. Yang lain yang mana? Ya unit yang pernah dibuat SM lah, nggak mungkin ngebandingin sama perusahaan lain. Sebelumnya kan SM pernah membuat unit SM The Ballad yang isinya para lead vocal kemudian membentuk Teka Teki Soshi yang juga isinya para lead vokal, kali ini SM atas nama UNIK mau dan berani ambil resiko dengan membentuk sub grup yang mayoritas isinya bukan penyanyi utama. Hahahaha... Ya, kenyataannya adalah bahwa semua member di unit ini kebanyakan adalah lead dancer atau yang lebih akrab disebut mesin joget alias dancing machine. Setuju banget gue kalau misalnya mereka, unit ini, dibilang sebagai unit yang unik karena memang mereka nggak mainstream, dan emang unik (AIGOO APA BANGET BAHASANYA). Mesin Joget disatukan dalam sebuah MV dimana semuanya nggak hanya harus joget tapi juga harus menyanyi juga. Nah yang bikin unik lagi adalah kenyataan bahwa nggak semua dari mereka punya suara bagus layaknya para lead vocal :p Menurut pengamatan gue yang biasanya suka kena bashing ini, dari semua member unit YOUNIQUE UNIT ini, yang paling bisa nyanyi adalah Luhan dan Henry. Bukan berarti yang lain nggak bisa nyanyi, kalo mereka nggak bisa nyanyi berarti mereka bukan penyanyi dong, mereka bukan member boy/girl grup dong, kan yang namanya boygrup/girlgrup atau boyband/girlband harus banget bisa nyanyi. Kalo mereka nggak bisa nyanyi, berarti mereka cuma dancer dong (nyindir Kai sebenarnya). Nggak. Bukan begitu. Mereka bisa nyanyi, jelas, kalo gak ya nggak mungkin debut.

Taemin di album Sherlock banyak part nyanyi, bahkan sejak album Lucifer juga udah mulai banyak nyanyi dan sejak itu juga suaranya jadi lumayan stabil. Eunhyuk di album SPY juga mulai dapet part yang nggak cuma ngerap. Hyoyeon, hmmmm... lumayan satu dua kali nyanyi. Kalo Luhan kan emang lead vocal di EXO M, kalo Kai.... apa perlu gue jelaskan lagi? Dia sendiri udah ngaku lebih milih dance daripada nyanyi so yes. Jangan dibahas lagi :p Ya semuanya emang bisa nyanyi, tapi nggak semuanya menonjol di bagian vokal. Nah dua yang menonjol disini menurut gue ya Henry sama Luhan. Sejak pertama kali Super Junior M terbentuk, gue udah menaruh perhatian besar ke Henry. Bukan karena orang-orang menyebutnya sebagai mochi atau matanya yang kadang-kadang suka ngilang sendiri tanpa aba-aba, tapi lebih ke bakatnya dia dengan alat musik. Bikin merinding apalagi waktu dia cover Jason Mraz 'I'm Yours' di Strong Heart waktu itu dan dia pake biola sebagai gitar. Nangis banget lah. Nah kenyataan juga kalau Henry menguasai banyak sekali alat musik. Inilah yang kemudian membuat gue merasa Henry ini keren banget. Itulah yang membuat dia kemudian jadi unik kan :p But anyway, tetep aja ini adalah YOUNIQUE UNIT karena emang sebagian besar dari mereka adalah mesin joget itu tadi dan kayaknya orang-orang ini adalah member yang kalo manajemen mau masukin mereka ke sub grup baru, manajemen mesti mikir dua kali. Kkk~

Tapi komposisi member dengan para dancing machine ini emang udah oke sih menurut gue. Coba lo bayangin kalo misalnya unit yang dibuat SM isinya visual semua. Ya berabe. Antara orang bingung mau bikinin konsep MV kayak gimana. Mau dance, mereka dance nggak bagus-bagus amat. Mau nyanyi, ya suara juga biasa-biasa aja. Ya bisa sih kalo misalnya konsep MV-nya nanti Drama Version. Tapi ya mungkin buat produk yang berbeda kali ya, bukan mobil Hyundai ini. Iklan kosmetik bisa tuh drama-drama, iklan susu bayi mungkin? Hmmm... gue lagi ngebayangin Minho, Yoona, Sulli sama Siwon jadi sub grup....... kemudian hening. Kkk~ Emang masing-masing punya jatah dan rejeki masing-masing. Biarkan empat orang itu main drama sajalah dan biarkan para dancer ini joget terus sampai pinggang mereka patah. #eh Tapi yang aneh, Chen kan katanya Dancing Machine, kok dia gak ada? WAK WAK WAK


YOUNIQUE ALBUM TRACKLIST

Ada tiga track yang ada di album promosi mobil mewah ini dan masing-masing dinyanyikan oleh BoA, Jessica dan Younique Unit. Tiga-tiga lagunya punya karakter sendiri-sendiri. Tapi berhubung lagu yang dinyanyikan BoA ini K-Pop dangdut walaupun nggak koplo-koplo banget, gue suka yang itu. Judulnya LOOKIN' dan ini featuring The Quiett (bukan nama yang familiar di telinga gue tapi ternyata dia adalah salah satu master hip hop, rapper, pencipta lagu dan producer yang namanya udah besar sejak 2003. The Quiett ini satu orang namanya Shin Dong Gab). Track Lookin' ini lebih bisa bikin goyang karena musiknya asik, ringan, bisa dibilang racun. Tipe-tipe lagu The Shadow-nya BoA lah tapi ini lebih dangdut lagi. Dibuka dengan genjreng-genjreng gitar listrik, musiknya juga dipadukan dengan tepok ame-ame yang rame banget. Ya semacem lagu yang akan membuat lo bahagia ketika lo galau. Kalo di film India ini pasti kalo gak adegan lagi dugem, kalo gak adegan dance battle pake Sari. Beda sama track yang dinyanyikan oleh Jessica yang berjudul My Lifestyle. Lagu yang dinyanyikan oleh Jessica lebih ringan dan temponya lebih slow dari BoA tadi, ya jadi medium tempo-lah. Dan agak agak ngejazz-ngejazz gimana gitu. Nah kalo tadi BoA featuring The Quiett, masih dari manajemen yang sama juga, Jessica featuring sama Dok2. Track yang ketiga ya si MAXSTEP yang ada MV-nya itu.

Ketiga track di album ini karena ditujukan untuk iklan, liriknya juga dibuat sangat merepresentasikan image dan style produk yang di endorse. Lagunya BoA dan Jessica menggambarkan seseorang yang punya kebebasan dalam memilih jalan hidup dan juga cara hidupnya. Menggambarkan seseorang yang nggak mainstream, yang unik, yang punya gaya hidup berbeda dari yang lain. Orang yang suka melakukan apa aja suka-suka dia karena menurut dia itu style-nya dia. Freethinker. Tapi yang jelas, dua lagu ini isinya adalah menyombongkan diri. Gimana gue nggak bilang sombong, soalnya lagunya gitu sih, kalo bosen pengen nyetir mobilnya kemana-mana, pengen show this style to the world, go with full speed, driving till the end. Sombong banget kan? Di jaman bensin lagi mahel kayak gini, lo mau nyetir sampe akhir dunia itu mahal loh. Mending duitnya buat makan. Nyumbang buat panti asuhan. Atau paling nggak duit bensin-nya buat beli mobil baru.

Eh bentar.

Di Korea harga bensin semahal dan sekontroversial di Indonesia gak? Sampe mahasiswa nginep di gedung DPR/MPR buat demo subsidi dicabut gak?
*
MAXSTEP MUSIC VIDEO & REVIEW



*
Oke, track MAXSTEP atau yang gue artikan sebagai Changmin Belajar Jalan* ini hitsnya oke sih, dub step lagi seperti yang sedang trend dilakukan oleh kebanyakan grup rookie sekarang dan lumayan nagih untuk ukuran sebuah lagu yang ditujukan buat iklan mobil. Di beberapa bagian kadang-kadang juga mirip lagu-lagu yang udah ada. Kemaren ada yang mensyen gue katanya awal lagu ini mirip sama Two Moons. Setelah di denger-denger, iya juga mirip tapi versi lebih cepetnya. Gue bahkan mendengar ada bagian yang mirip sama Catch Me. Untuk liriknya masih sama kok, masih seputar orang nyetir dan sombong. 

Pembagian nyanyi bisa dibilang sih merata, Luhan-Henry-Taemin jadi lead vokal dan dapet lirik nyanyi yang lumayan mendominasi. Eunhyuk hmmmm.... kalo gue rasa sih masih tetep menjalankan peran sebagai pelengkap aja HAHAHA maksudnya di bagian nyanyi ya melengkapi. Bukan lead juga tapi kalo dibilang nggak nyanyi juga nggak. Nah gampangnya coba dengerin Sexy Free & Single atau SPY nah disitu kan dia lumayan banyak nyanyi, tapi nggak juga dibilang lead. Oh iya, bahasanya mungkin vokal kedua gitu ya. Hyoyeon juga dapet lumayan tuh di bagian reff teriak terus tangan keatas tangan keatas sampe pegel kali nggak pernah ada perintah nyuruh turunin tangan. Keatas aja terus sampe pegel kan. Walaupun suara Hyoyeon juga harus di kasi efek efek sihh yaaa hmmm... tetep, bagian dia selalu nggak pernah murni suara asli. Pas Mr. Taxi juga gitu, pas The Boys.... eh ada gak sih dia nyanyi di The Boys? Oh ada yang bagian abis Yuri ngangkang. Nah tapi itu lebih lumayan sih nggak terlalu berasa efek suaranya. Kalo disini berasa bangettttt.... Well, Kai jadi lebih dapet kesan rapper-nya disini dan kembali mencoba peruntungan berteriak-teriak seperti orang yang anu-nya kejepit retsleting. Sigh~~~~ Kai, coba kalo live performance juga teriak gue percaya deh, tapi di permulaan MV ini pas adegan dia teriak itu kayak fake banget serius :p Saran aja ya Kai, coba seriusin dulu itu teriakan jukgo tauco saos goreng jigong igon cah tempe aniya tanpa bantuan Chanyeol sebelum teriak yang lain-lain. Ah tapi mau comeback juga sih ya, berarti lagunya ganti udah bukan MAMA lagi.

Music Video? HAHAHAHAHA Mau berharap apa dari SM hah?! Awas aja alo sampe EXO comeback trus MV-nya cuma sekedar kayak History. DOH gue bantai abis-abisan kalo bisa. Kalo bisa. Yang aneh sih sebenernya ini proyek SM sama HYUNDAI atau proyek SM sendiri? Itu dia yang bingungin. Kalo misalnya emang ini proyek bareng Hyundai, kenapa nggak minta duit budget buat bikin MV yang lebih oke gitu yang lebih bisa dijual gitu dari segi kualitas visual bukan cuma menjual artisnya doang. Ya gue pas liat teasernya sih udah tau kalo bakalan biasa-biasa aja, ya apa sih yang mau diharepin dari MV buatan SM (selain MAMA)? Nggak heran kalo nggak ada MV dari SM yang masuk nominiasi MAMA 2012 di kategori Best MV. TAPI KOK MAMA GAK MASUK YA?! Dalam bayangan gue secara ini iklan mobil, dan secara katanya mobilnya tadi Tahan Banting, ya kenapa nggak sekalian dibikin total gitu loh ala-ala James Bond. Ada mobil melayang di udara, adegan tabrakan beruntun dramatis di jalan tol, kecelakaan mobil menakjubkan atau apapun yang bisa menjadi visual kalo ini mobil emang tahan banting. Atau paling nggak ada adegan dimana mobilnya dikasi liat dengan jelas kehebatannya kayak gimana trus dibuat sedramatis mungkin. Iya gue ngerti ini sebenarnya konsep marketing unik maksudnya ya cuma ngejual artis SM yang lagi naik daun, iya. Tapi sebagai penonton dan siapa tahu juga konsumen mobil itu, gue ngarep yang beda aja gitu dari sekedar konsep MV yang cuma dance di studio, kotak indomi, latar putih item, lampu neon nyala-nyala yang sekarang jadi hobi SM sejak Electric Shock. Mobil yang keliatan bahkan cuma adegan Taemin yang nyetir sambil bergaya mesum minta dibelay (perlu banget Taemin nonton ECO DRIVE-nya EXO tuh. Nggak boleh nyetir sambil begaya macem itu.... Eh harusnya juga poin itu ditambah sih di video kampanye ECO DRIVE-nya). Nah pertanyaan selanjutnya, apakah Hyundai tidak memberikan budget yang cukup untuk SM supaya bisa bikin MV spektakuler? Atau SM justru lebih memilih untuk membuat MV biasa-biasa aja dan menggunakan uang itu untuk keperluan lain? Kasi makan trainee yang nggak debut debut misalnya?

Well, tapi sebiasa apapun MV buatan SM, tetep bisa dibahas kok. Yuk mari....

Kali ini gue pengen bahas per member deh, jangan perdetik, biar beda aja sama yang sudah sudah... Nah kita mulai dari member yang paling oke dulu ya!

HYOYEON

*
Muncul pertama kali di menit 02:28, Hyoyeon berdiri di depan sebuah huruf Y raksasa yang terbuat dari kaca-kaca kristal. Y disini berarti YOUNIQUE walaupun gue sempat berpikir pas awal kenapa Y dan ada Hyoyeon mungkin Y disini bisa juga dimaksudkan sebagai nama panggilan sayang gue buat Hyoyeon yaitu YOYON (dengerin juga deh efek suara pas menit itu, ada suara kayak YOYON YOYON gitu). Y bisa juga Yusron sih. Nama gue biar eksis aja. Dari total MV berdurasi 3 menit 43 detik ini, Hyoyeon hanya tampil dengan total 55 detik saja dan beberapa kali tampil nggak sampai sedetik di menit 03:23, 03:29, 03:35. Agak sedih dan nggak adil buat seorang wanita member SNSD yang fans-nya banyak. Hmmm... Para pria itu dijual dan mungkin lebih laku. Hyoyeon bisa jadi kayak semacem klimaks dari MV ini sebenernya karena munculnya di akhir-akhir dan itupun harus dipanggil dulu dengan lirik "THIS IS SPECIALIST H.Y.!". Jadi Hyoyeon dipanggil dulu baru muncul. Semacem patronus. Semacem ujan.

Gue suka musiknya pas Hyoyeon mulai dance bareng sama yang lain dan beneran kayak menuju klimaks gitu, jadi semakin cepet temponya. Disitu juga waktu pertama kali Hyoyeon masuk ke lantai joget, ada efek kamera andelan SM yang nggak pernah berkembang dari jaman dulu. HAHAHAHA Bukannya nggak bagus, justru ini lama-lama jadi identitas MV-nya SM. Cuma ya bosen aja gitu. Only One kan udah pake begituan, ya ganti kek kalo nggak jangan muter dari bawah, dari atas sekali-sekali! #BATUK #NANTILODISURUHBIKINMVSENDIRIRONBISAGAKLO #KALOGAKBISAUDAHJANGANBELAGU
*
*
Gue tau kenapa Hyoyeon yang dipilih untuk unit grup ini bukan Victoria! :p Selain karena masalah popularitas SNSD yang mungkin bisa dibilang selangkah lebih di depan dibandingkan f(x), alasan paling unyu adalah karena disini ada Eunhyuk :3 #TEAMSUGEN #HYOHYUK~~~ Dancing Machine di SUJU yang lain siapa sih? Shindong? Nggak visual. Donghae? Ah masa Donghae lagi, dia kan udah sibuk drama, Eunhyuk kan gabut, jadi yaudah Eunhyuk aja. Nah pas banget kan jadinya Hyoyeon sama Eunhyuk. Kkk~ 

Nah gatau kenapa juga kalo di MV ini Hyoyeon nggak terlalu ribet di bagian detail asesoris kayak misalnya warna kuku atau misalnya anting dan sebagainya. Coba bandingin sama TTS, gila aja itu satu scene warna kuku Taeyeon bisa beda sama scene yang lain. Dan itupun di scene yang sama lima kuku jari tangan bisa beda-beda warna juga. Di sini Hyoyeon lebih simple, nggak menyemenye, satu warna aja cukup: item. Hehe Ya emang konsepnya juga bukan dandan-dandan sih ya, kalo Twinkle kan ceritanya tentang cewek-cewek dandan. Dan dari 55 detik itu, Hyoyeon ganti kostum kurang lebih 3 kali. Yang di background biru-item, background putih, sama background huruf Y. Warna kostum member secara keseluruhan sih ganti-ganti dan dominan antara item-gold-silver-red. Mungkin ini konsep warna mobilnya kali ya karena menurut hasil googling gue, masing-masing warna itu ada di mobil i30 dan i40.

Karena dia cewek sendiri, jadi ketika dia muncul, perhatian pasti langsung tertuju ke dia. Kalo gue sih gitu. Gimana sama yang kalian yang nonton? Apakah kalian emang cuma fokus ke satu orang aja atau justru merata? Dan gimana pas Hyoyeon muncul di menit 03:28 itu? Apakah yang anti SNSD dan fans Eunhyuk langsung close tab? HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH 

LUHAN

*
Sejak awal gue liat Luhan dance di teaser kedua EXO yang dia bareng Kai, Time Control, gue udah langsung bilang ini orang dance-nya keren bahkan di teaser itu, gerakan dia dibandingkan lebih terkesan smooth tapi tetep ada powernya. Nah ngeliat Luhan dance diluar lagu EXO kayak gini juga tentu saja WAH banget nih. Dibandingkan dengan member yang lain, gue lebih suka liat dance-nya Luhan di MV ini. Lebih ada kesan rapih-nya gitu loh. Vokal dia juga paling berasa disini, dan yang bikin gue jadi keracunan lagu ini sih karena bagian depan yang Luhan nyanyi AHA itu. Ada susuknya tuh pasti lirik itu. Bagian itu enak banget ditelinga padahal cuma AHA doang. Hahahahah Ini pasti sengaja banget SM milih Lu-Kai nih. Tau banget banyak yang ngeship mereka juga. 

Di MV ini Luhan pake celana geter yang semodel sama yang di History. Yang lain juga pake ya? Iya deng Kai juga pake. Tapi itu celana terlalu familiar gak sih kayak pernah dipake perform gitu sering banget. Apa mata gue yang salah nih. Agak gak suka sama rambutnya aja. Padahal itu pas di teaser Time Control bagus banget rambutnya masih polos gitu. Hahah Tapi kayaknya emang si cordi nya EXO suka banget ya ngeritingin rambut orang. Bete deh.

Gue suka banget sama sepatunya. Nggak tau ya kenapa mungkin karena gue jarang punya sepatu baru kali ya jadi kalo liat sepatu orang pasti gue komentarin bagus trus pengen punya. Hahaha jadi inget beberapa kali gue suka komentarin sepatu Abim dan bilang ke dia, "Kalo sepatu lo udah lo gak pake kasi gue aja. Bagus." HAHAHAHA makanya semalem juga pas foto-foto Ivy Club EXO K keluar, yang pertama kali diliat sepatunya. Sialan. Ini juga sepatu Luhan EXO banget sih pake ada logo EXO-nya segala. HAHAHAHA Tetep ya. Semua asesoris EXO itu kayaknya emang dibuat sama satu produsen yang khusus nempelin logo-logo mereka mau di baju, sepatu, kalung, dll dll.
*
*
Luhan ini emang mirip Sehun banget ya. Di beberapa shot pas background putih yang dia pake jaket emas itu dari jauh mirip banget sama Sehun. Kkk~ tapi itu pas celana emas-emas pas Luhan ngangkang jadinya kayak dia pake rok.
*
*
Sebenernya pengen komentarin dance-nya di bagian tersendiri tapi ini ada satu nemu Luhan yang gerakan dance-nya agak beda sendiri sama yang lain. Well, sebenernya yang lain juga ada banyak sihhh yang kasusnya kayak gini, Henry sama Taemin apalagi tuh kkk~ tapi ini Luhan dulu deh satu.
*
*
TAEMIN & KAI

Pas pertama kali tau Kai sama Taemin bakalan satu MV kayak gini, gue langsung mikir ini orang-orang awam pasti akan berpikiran "LOH ITU KOK ORANGNYA ADA DUA?! KOK KEMBAR?!" Itu maksudnya Kai sama tembok. Tapi kalau misalnya gue baru pertama kali liat Kai dan Taemin dan kemudian liat MV ini pasti gue juga akan terkecoh. Soalnya disini ada beberapa moment dimana mereka terlihat sangat mirip. Huhuhu... Kayak anak kembar. Padahal pas dulu mereka pertama kali bareng di photoshoot W itu, mereka nggak terlihat mirip. Well, tapi sebenarnya sih emang nggak mirip-mirip banget karena kata sebagian orang, Taemin itu Kai versi cantik dan Kai itu Taemin versi lebih gahar. Hihi.... Cuma ya di awal MV ini mereka emang terlihat mirip sih.
*
 *

*
*
Nah kalo di mepet-mepetin gini malah jadi nggak mirip sih kalo kata Gilang. Tapi kalo kata gue tetep mirip gatau kenapa. Mungkin karena sejak awal teaser My Lady itu udah langsung bilang Taemin mirip Kai kali ya jadi sampai sekarang tetep bilang mereka mirip. Nah kalo tadi Luhan pake sepatu yang ada EXO-nya, ini Kai juga pake baju yang ada logo EXO juga, tapi bukan yang tulisannya EXO, melainkan logo kekuatannya kak Xiumin.
*
*
Nah itu umur Taemin sebenernya berapa sih kok dia udah maen nyetir-nyetir mobil? Hahahaha harusnya yang paling tua dong yang nyetir, masa Taemin. Eh di Korea boleh punya SIM umur berapa ya? 20? 21? Taemin sekarang masuk 19 kan ya? Udah boleh nyetir belom tuh... kkk~ Anyway di menit 01:23 itu pas bagian Taemin nyanyi "eoje boda hangeoreum deo dagaseon dojeon" nggak tahu kenapa gue merasa mirip dengan part Changmin di Catch Me menit ke 03:05 pas lirik "Neomu neuryeo, ni mameul jeonghal ttaekkaji" dan nggak tau kenapa gue suka sama bagian itu di Maxstep ini dan juga di Catch Me. Kebetulan aja. Yang nyiptain lagu Maxstep ini Yoo Youngjin bukan sih? Soalnya kalo emang bener, berarti belakangan ini Yoo Youngjin lagi mabok dub step banget -_-" Semua lagunya jadi dibikin kayak gini. 
*
Beberapa kali Kai juga melakukan tindakan pamer badan di MV ini. Nah gue nangkep dua kali nih, apakah mungkin ada yang bisa melihat juga yang lain? :p Pertama di 01:10 dan kedua di 03:00. Sudah jadi bawaan lahir mungkin buat anak ini ya...
*
*
Yang jadi signature shot-nya Kai di MV ini tentu saja adegan dimana dia sedang duduk di tumpukkan emas batangan berbentuk batang kayu, dan berbentuk loudspeaker. Banyak yang bilang Kai disitu jadi mirip kayak mafia, ada yang bilang juga dia jadi juragan emas, ada yang bilang dia jadi bintang iklan magnum gold, ada lagi yang bilang dia jadi Nassar karena mendadak kaya sejak menikahi Muzdalifah, tapi buat gue, disitu Kai kayak orang kesepian banget. Disitu Kai kayak orang yang sudah terlalu kaya, terlalu banyak harta, tapi nggak punya tujuan dan arah hidup. Kalo perusahaan atau organisasi semacem nggak punya visi misi gitu. Makanya disitu dia selalu terlihat seperti jablay, trus teriak-teriak diawal :( Dia kesepian banget. Ini ibarat kata kalo misalnya orang sudah terlalu lama bermandikan harta benda, jadi lupa sedekah kayak gini. Sakit jiwa. Atau jangan jangan sebenarnya kenapa dia jadi berteriak-teriak seperti itu karena kerasukan arwah binatang yang jadi jubahnya itu. Ih kan gak boleh pake bulu binatang Kai :| Jahat. Dibajunya juga ada gambar kucing tuh. Jadi inget konsep flora-fauna di Electric Shock kalo banyak binatang gini ditubuhmu, Jongin.
*
*
Dari keseluruhan gerakan dance yang dilakukan Kai di MV ini, gue paling suka gerakan yang di detik 00:20. Gatau kenapa disini Kai keliatan dance-nya paling perfect diantara yang lain. Coba aja perhatiin ketika Kai ending pose-nya megang kepala dengan sempurna kayak orang yang wignya mau lepas, yang lain belom sampai megang kepala gerakannya udah berubah :p Beat musiknya di gerakan ini kan cepet banget, nah timingnya Kai menurut gue paling pas! Gak salah emang dia lebih milih jadi dancer ketimbang penyanyi. Dia jujur sama dirinya sendiri. Dia tahu kapasitasnya sebagai manusia dan sebagai artis sampai sebatas mana. Bagus. Pertahankan.
*
*
Style-nya SHINee emang selalu beda ya kalo diliat dan dibandingkan dengan boygrup lain di SM. Taemin misalnya, di sepatunya pas latar putih kayak diatas, ada sayapnya. Trus gue jadi inget dia kan pernah tuh pake baju yang sepotong pas press conference konser SHINee, nah pas di scene dance dengan background biru biru neon latar item itu, dia juga pake sarung tangan sailormoon gitu. Eh itu kalo diperhatiin sebenarnya sarung tangan sailormoon-nya Taemin sama sarung tangannya Eunhyuk semacem satu tapi di gunting dan dibuat jadi dua bagian terpisah. 
*
*
Entah apakah gue sudah amnesia atau apa tapi terakhir liat Kai pake stocking plus celana pendek itu pas What Is Love yang dia adegan Dance with Myself dan di MV ini dia pake stocking plus celana pendek lagi. Tapi kali ini stockingnya agak agak beda nih, stocking-nya lumutan di sisi kiri dan kanannya. Ada ijo-ijonya gitu kayak lumutan. Atau mungkin itu bulu kaki-nya Kai yang menyembul keluar dari pori-pori stockingnya? Hmmm.... Etapi suka banget sama part rap-nya Kai disini. Bagus!

HENRY

Sedih. Tadi udah gue puji-puji tapi ternyata di MV ini yang paling sering bikin kesalahan pas dance itu ya bang mochi ini. Dance-nya bagus, bagus kok nggak jelek, tapi banyak kesempatan kayaknya Henry kurang fokus atau apa gitu ya mungkin lagi laper atau butuh kasih sayang entahlah, sehingga timing-nya suka terlambat dan kadang-kadang bahkan gerakannya beda sama yang lain. Hihihi... Untuk sinkron gerakan masing-masing member emang susah sih yah. SJ aja masih sering kok gak sinkron. Tapi yang pasti tapi nggak ada salahnya dong kalo kita mengkoreksi kalo ada yang salah siapa tau bisa jadi bahan pertimbangan untuk jadi lebih baik ciyeee :p Coba liat dari awal yuk kesalahan-kesalahan gerakannya Henry~
*
Detik 00:09, ketika kaki yang lain menutup terlebih dahulu sebelum terbuka, kaki Henry sudah terbuka. Kalo diliat ke adegan berikutnya sih kayak sedang mengambil ancang-ancang untuk pindah posisi, tapi di adegan berikutnya sayang sekali kamera berpindah dan kesalahan ini jadi nggak terlalu keliatan. Dan ternyata perpindahan posisipun bukan dilakukan Henry sendiri melainkan semua member pindah. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Detik 00:11, perhatikan bagian tangan Henry. Sebenarnya gerakannya memang bener akan seperti itu, tapi nggak di detik itu tapi di detik berikutnya. Karena member lain di detik itu tangannya belum menyilang, tapi masih dalam posisi tangan kiri di depan dada dan tangan kanan lurus disamping, baru di detik berikutnya akan menyilang. Tapi Henry sudah menyilang duluan sebelum yang lain melakukannya. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Detik 00:17, secara gerakan harusnya itu kaki Henry menyilang seperti halnya member yang lain. Kai, Taemin dan Luhan melakukannya dengan baik. Eunhyuk lumayan bisa mengejar menyilangkan kaki di detik-detik terakhir. Tapi Henry gak sempet, akhirnya malah bentuk X doang lutut ketemu lutut dan karena nggak keburu buat menyilangkan kaki, akhirnya berlanjut ke gerakan berikutnya. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Detik 00:20, ketika tangan kanan yang lain bengkok, tangan Henry lurus sendiri. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Masih soal tangan, di 00:49 - 00:50 juga ketika tangan yang lain menyilang di depan sebelum telapak tangan terbuka dan diangkat keatas, tangan Henry justru nggak menyilang sama sekali dan bahkan ketika tangannya bergerak ke atas, telapak tangan Henry tidak terbuka tapi mengepal dan baru terbuka ketika sudah sampai atas sementara yang lain sejak menyilang telapak tangan sudah terbuka. Gerakan ini kembali terjadi di 02:14 dengan gerakan yang sama tapi posisi yang berbeda. Jadi bisa dibilang itu tadi Henry salah gerak dikit.
*
*
Sebenarnya nggak cuma Henry sih yang melakukan kesalahan di beberapa gerakan, tapi yang lain juga kok. Coba deh perhatiin kalo misalnya lagi nonton MV-nya. Pasti ada gerakan yang masing-masing member nggak sinkron satu sama lain :) Bukan sebuah masalah yang besar sih karena kalo misalnya nggak iseng di slow-mo kayak apa yang gue lakukan, hal ini jadi nggak keliatan karena cut to cut kamera satu ke kamera lainnya cepet banget jadi kesalahannya ketutupan sama pergantian shot xD Jadi mending jangan iseng deh daripada cari perkara. HAHAHAHA Tapi kalo mau liat, perhatiin Taemin juga deh. Banyak gerakan dia yang terlalu improvisasi kayaknya. Kai juga. Eunhyuk? Bisa jadi juga ada. Silahkan di cek kalo mau. 

Dari kesalahan gerakan, ada lagi nih hal-hal lain yang unik dari Henry di MV ini. Beberapa yang agak mengganggu pengelihatan gue adalah:
*
Di detik 00:19 - 00:20, baju Henry berubah jadi hitam dan kembali lagi ke putih. Seru aja ngeliatnya sementara yang lain nggak ganti baju ini kenapa sempet-sempetnya dia ganti baju gitu. Dan kenapa cuma Henry doang ya. Padahal kalo misalnya dengan editan cut-cut cepet kayak gitu lebih seru kalo semuanya ganti baju. Oh iya baju item yang dipake Henry ini juga muncul lagi sebentar di 01:47.
*
*
Gue nggak ngerti kenapa ya orang seneng banget pake kalung yang gede-gede banget macem tali jemuran di MV Mr. Simple atau di MAMA, trus disini orang-orang pada pake emas semua buat jadi kalung padahal kan cowok gak boleh pake kalung emas (yeee beda agama coy) ya gue prihatin aja sama lehernya pasti pegel banget deh itu selama syuting harus pake asesoris begituan walaupun gak asli emas sih ya karena kalo emas asli bisa bungkuk setelah syuting. HAHAHA nah itu ada kalanya Henry juga pegel dan bosen kali pake kalung begituan, makanya di detik 00:35 dia pake, di menit selanjutnya (01:22) kalungnya ilang. Terbukti pegel. Kalungnya akan muncul ketika solo shot Henry di depan Gorila dan akan hilang ketika dia bersama dengan Gorila yang lain (Eunhyuk? HAHAHA)
*
*
Anyway itu yang di menit 03:09 yang teriak beneran Henry? Atau Yoo Youngjin? Atau Changmin? Kan biasanya kalo ada adegan teriak-teriak pasti fans TVXQ yang itu pada bilang itu Changmin tuh pasti yang bantuin... Kayak di The Boys pas Taeyeon sama di MAMA pas Baekhyun sama Chen. Hihihihihi Semacem cuma Changmin yang bisa teriak setinggi monas ye... Apa apa kalo ada artis SM nyanyi yang teriak pasti itu Changmin. Yaudah iyain aja.

Ah satu poin lagi deh mau tanya soal baju yang dipake Henry pas di depan Gorila. Itu sebenernya dia lagi pake sarung apa gimana sih?

EUNHYUK

........

Bagian paling males kkkk~ Diantara semua member yang ada di MV ini, Eunhyuk yang paling gak gue suka nih wakwak tapi karena ada Hyo-Hyuk jadi oke, dimaafin, ketidaksukaannya dikesampingkan dulu dan karena dia kayaknya center of attention juga (buat fans Suju) jadi oke mari membahas Eunhyuk. Kalo misalnya ini gue dikata nge-bash ya maafin, soalnya emang suka sensian sama Eunhyuk. Pasti lo juga ada kan sensian sama member atau grup mana mana tapi bukan juga antifans, ya cuma sensi aja. Gue juga lagi nyari alesan kenapa gue gak suka sama Eunhyuk tapi gak nemu, ya ternyata nggak suka bisa juga tanpa alasan. Hihihi...

Rambut Eunhyuk di MV ini mengingatkan gue sama rambut Kai beberapa waktu yang lalu pas sempat heboh dia pake poni trus warna trus ternyata itu wig. Nah karena gue suka bereksperimen dengan rambut gue sendiri, gue sendiri suka sama warna-warna rambut Hyukjae yang berubah-ubah di MV ini sesuai dengan harmoni warna pakaiannya.

*
Mungkin cuma gue kali ya yang merasa baju Eunhyuk agak terlalu ribet rempong berlebihan pas dia pake kostum bulu-bulu itu. Jadi konsepnya sebenarnya ini petinju, apa gimana? Jaket kebesaran itu jadi mengingatkan gue sama Chris John. Awalnya itu yang dikalungin sama dia, sarung tangan tinju, gue pikir tas loh hahaha soalnya pas shot yang cuma sampe dada kan kepalan di sarung tangannya gak keliatan trus gue menyimpulkan itu tas dan jadi nyambung ke tas tukang parkir nya Krystal di Electric Shock waktu itu. Eh ternyata sarung tangan tinju. Kalo dipake turnamen langsung didiskualifikasi tuh. Mana ada sarung tinju kulit luarnya tajem tajem. Kalo mau bunuh orang sih boleh dipake. Dan Kenapa harus sarung tinju ya? Masih nggak ngerti jadi emang kalo konsepnya petinju, kenapa petinju harus pake asesoris berlebihan? Oh mungkin petinju pamer harta. Ya oke gue emang nggak ngerti fashion banget mungkin dan nggak bilang kalo bajunya jelek, tapi disitu Eunhyuk jadi terlihat kayak orang tua yang berusaha tampil dan terlihat seperti anak muda tapi fail. Sakit mata ngeliatnya ribet :p Itu baju Henry sama Eunhyuk yang pas di depan Gorila dari Kathleen Kye ya? :) Khas soalnya.

00:51 tuh keliatan lebih full shot ke Eunhyuk-nya dan coba aja perhatiin gimana baju itu membuat dia terlihat lebih gemuk dari biasanya dan tubuh bagian bawah kayak melebar banget kesannya jadi kayak gemuk banget bagian bawahnya. Bahkan selain kalung yang berat itu, sabuk yang dipake Eunhyuk juga kayaknya berat deh itu. Tulisannya LOVE tapi hurufnya dari emas-emas gitu juga. Tau gak angka-angka yang dijual di departemen store yang buat di tempel di depan rumah? Nah itu deh kayaknya yang dipake jadi tempelan sabuk. Kebayang pegel leher, pegel pinggang. Dan perhatiin juga di 02:19 entah itu sebenarnya Eunhyuk sedang bergaya cool atau gimana tapi gue ngeliatnya kayak dia lagi ribet sama asesorisnya :p

Seperti sebelum-sebelumnya, properti lama juga kembali digunakan disini. Kalung yang dipake Eunhyuk sama persis dengan kalung yang dipake Ryeowook di Sexy Free & Single :")
Reduce, Reuse, Recycle.

*
Udah gak ada poin lagu buat Eunhyuk. Entah mungkin ini karena review-nya kepanjangan ya jadi bosenin apa gimana tapi setelah nontonin lagi MV-nya ternyata emang nggak ada poin lagi buat Eunhyuk. Mungkin ini karena kondisi kejiwaan udah nggak stabil. Silahkan kalo misalnya ada yang aneh di Eunhyuk, tinggalkan komen :"

MV SET DESIGN & PROPERTY

Lumayan ada banyak perubahan set di MV ini dan memang kayaknya sekarang SM lagi suka banget pake LED dan efek neon-neon gitu ya. Ada background yang emang sengaja di desain menarik ada juga background yang cuma polos-polos biasa aja. Sejauh ini yang paling gue suka itu adalah set pertama, yang ada dua lingkaran di kiri dan kanan ini.
*
*
Memang gue suka bagian dimana nggak terlalu banyak mengekspos mobil di MV ini yang artinya kita nggak dipaksa buat menonton iklan. Tapi karena ini tujuannya buat iklan mobil, haruslah pada akhirnya menempatkan produknya disitu. Salah satunya ya adegan Taemin di mobil itu. Cuma gue suka set diatas karena unik. Itu dua bunderan waktu pertama kali liat langsung kebayang dua roda mobil. Jadi itu semacem mobil tampak samping gitu (walaupun jarak ban depan dan ban belakang terlalu jauh sih). Kalo misalnya mau mikir illuminati juga bisa. Itu bisa jadi mata satu banget kan bunderannya. Kkkkk~ Tapi kalo misalnya diperhatikan lebih lanjut, itu bisa jadi bukan mata satu ataupun bukan mobil tampak samping, melainkan itu mata kodok. Perhatiin aja garis yang menghubungkan antar mata, jadi kayak moncong kodok. Karena gue phobia kodok (berbentuk gambar ataupun kenyataan) gue nggak bisa ngasi gambar buat perbandingan. Maafin..................... Sedih. Set mata kodok ini juga bisa berubah warna. Pas solo shot Luhan, set ini berubah warna jadi Biru.
*
*
Dan ngomong-ngomong soal mata satu dan mata kodok, menurut lo itu bentuk ban mobilnya mirip gak sama yang di Sexy Free & Single? Mirip lah ya. Iya anggep aja mirip biar poin bagian ini bertambah satu. #Pusing
*
*
Mungkin kenapa MV ini akhirnya menggunakan teknologi LED selain memang terkesan futuristik, juga lebih efisien. Karena ketika bosan dengan efek LED yang satu bisa berubah warna ke efek yang lain. Waktu Hyoyeon muncul di MV dan dance bareng dengan yang lain, LED berubah warna dari Biru menjadi warna kombinasi ungu-pink. Sebelumnya belom pernah ya MV SM pake LED begini? Catch Me pake gak sih? Agak-agak lupa. Males nonton ulang. Semalem udah. Dan sepanjang hari ini ngulang Maxstep. Mata udah nggak bisa lagi membedakan mata Eunhyuk mana Gorila.
*
*
Dari tadi bahas Eunhyuk-Gorila, di permulaan MV gue agak bingung kenapa harus Gorila? Kenapa nggak binatang lain? Alasannya bisa banyak. Yang pertama mungkin karena Gorila ini adalah hewan besar yang bisa menjadi representasi kekuatan. Tadi kan sempat gue bahas juga soal mobil tahan banting, nah disini mungkin Gorila sebagai perwakilan makhluk yang bisa membanting mobil, perwakilan kekuatan. Bahwa Gorila-pun nggak bisa menghancurkan mobil ini. Alasan kedua, kalo misalnya pake belatung terlalu kecil jadi nggak keliatan. Belatung raksasa akan terlihat sangat aneh. Ketiga, karena ada Eunhyuk. Kita sama-sama tahu Eunhyuk itu kan....... Nah itulah. Karena kita sama sama tahu jadi tanpa gue tulis pasti kalian udah tau.
*
*
Bagian yang lain yang ada neon-neon juga itu pas Taemin, Henry sama Kai ada di kotak berbentuk segitiga (?) itu. Bukan sebuah konsep baru sih, karena di Sexy Free & Single juga kan ada adegan manusia di dalem kurungan, konsepnya sama cuma kurungannya aja yang beda. Yang waktu Kai di antara emas-emas itu sebenarnya lucu sih konsepnya dan memang karena banyak property disitu jadi menurut gue gak masalah kalo misalnya background-nya jadi polos. Secara keseluruhan set desain dan property nggak begitu WAH atau gimana tapi pas-pasan.

Kedepannya gue berharap banget sub-unit dari SMTOWN ini akan berlanjut, nggak cuma karena proyek iklan ini doang. Lumayan kan nambah-nambah kerjaan review MV kalo nanti mereka ngeluarin MV baru, lumayan nambah-nambahin hardisk juga kalo misalnya mereka ada live perform di Music Bank dan lain-lain. Lumayan juga buat Henry yang selama ini hanya mengandalkan SJ-M, lumayan juga buat Eunhyuk yang kalo SJ hiatus juga cuma mengandalkan SJ-M. Nah jadi menguntungkan banyak pihak kan.... :3 :3 :3

Gue merasa review kali ini agak lebih panjang dari biasanya dan pastinya akan ada lebih banyak typo dari biasanya. Curhat dikit, kemaren baru mulai nulis jam empat sore dan lanjut lagi jam tujuh malem, kepotong makan malem lanjut jam delapan atau setengah sembilanan. Nah semalem itu si Gilang dateng ke kosan dan gue nggak bisa ngapa-ngapain. Maksudnya bukan karena dia orangnya suka heboh, bukan, tapi lebih karena gue kalo nulis lebih suka sendiri dan nggak diganggu sama siapapun. Kalopun misalnya gue lagi ada di perpus, toh nggak ada orang yang kenal dan nggak ada orang yang berdiri di samping gue selama gue nulis -___-" Jadi semalem karena Gilang dateng jadi buyar semua konsentrasi dan pas dia pulang (SETENGAH SATU PAGI) gue udah ngantuk parah. Dan dia pulang dengan tertawa "Akhirnya gue bisa mengacaukan kerjaan ron." Shit banget. Hidup gak berkah lo Gil. Pergi lo ke Alaska.

Please... Please... kalo ada yang salah-salah kata dimaafin kalo ada yang kurang ditambahin kalau ada yang berlebihan kasi tau kalo ada yang nggak lucu ketawa aja biar seru kalo ada yang bosen close tab aja kalo ada yang nggak suka bash aja yang jelas kalo udah baca komen :")












*
*MAXSTEP - Changmin Belajar Jalan (MAX - Changmin TVXQ, Step - langkah, melangkah. Pernah denger istilah babystep di salah satu episode Glee yang gue artikan sebagai proses belajar sedikit demi sedikit gitu. Nah jadi yaudah MAXSTEP ya Changmin belajar melangkah, belajar berjalan. Yagitu aja simpel. Gak ada niatan buat becanda jadi kalo gak lucu iyain aja udah bair cepet kelar urusan)

Share:

94 komentar