EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta, Harus Beli Tiket yang Mana?

EXO mengumumkan konser tunggalnya EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta. Tiket dan seatplan konser ini sudah dirilis oleh Dyandra Global. 
Sedikit panduan nih buat kamu yang mau datang ke konser EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta, terutama buat yang kali pertama nonton konser. Mungkin posting-an ini bisa membantu kalian buat menentukan harus berdiri di section mana, atau duduk di section mana.
Akhirnya yang ditunggu-tunggu sejak lama: EXO KONSER LAGI DI JAKARTA!

Rasanya kayak udah ratusan purnama banget ya. Tapi akhirnya dengan usaha keras dari berbagai pihak terutama Dyandra Global (Mbak Ebby!!!!!! WE LOVE YOU!!!!) EXO pun kembali ke Jakarta dengan EXO Planet 5. Bayangin dong, kita udah nggak disamperin sejak EXO Planet 3! Makanya nggak heran selama periode 2017 – 2019 ini jumlah penggemar mereka pun makin banyak. Di satu sisi seneng sih, tapi di sisi lain khawatir juga. Takut kalau nggak dapet tiket pas nge-war EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta ini.

Hihihihi....

Hari ini (26 September 2019), Dyandra Global secara resmi merilis seatplan dan juga harga tiket konser EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta:

Banyak yang komentar tiketnya mahal. Tapi memang mahal. Sekarang harga tiket konser Kpop kan memang mahal-mahal. Apalagi ini EXO gitu. Cuma gue pengin share pengalaman aja pas di Singapura kemaren, visualnya tuh keren banget. Bayangin aja gue baru pertama kali nonton konser dengan parade lampur laser se-massive itu dan ditambah dengan kinetic light yang canggih dan kayaknya belum pernah ada di konser Kpop yang gue tonton sebelumnya. Jadi gue rasa kalau mahal, wajar. Lagipula, waktu gue nonton TVXQ! kemaren, sound-nya luar biasa bagus guys. Nggak nyesel deh lo pokoknya! Gue rasa Dyandra Global dan SM Entertainment lewat Dream Maker itu udah punya standar sendiri soal segala aspek di konser ini. So, you won’t regret it.

Mahal memang, tapi gue yakin akan setimpal dengan apa yang kalian akan dapatkan.

Terdengar seperti menjilat? Ya bodo amat.

Pemandangan gue pas di EXplOration in Singapore dari Tribun paling atas.

Nah pertanyaannya adalah di konser EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta ini harus beli tiket kelas yang mana?

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya balik lagi ke tujuan lo nonton konser ini. Ada yang nonton buat ngejer satu member tertentu. Yang kayak gini biasanya akan milih berdiri di section yang member favoritnya sering samperin berdasarkan fancam dari konser-konser sebelumnya. Gue adalah salah satunya dulu.

Tapi ada juga yang nonton konser ya buat nonton semuanya. Bodo amat gue berdiri di mana aja disamperin sama siapa aja yang penting gue nonton konser dan gue menikmatinya. Buat tipe penonton yang kedua ini biasanya akan lebih fleksibel untuk memilih section dan nggak akan keberatan untuk duduk sekalipun.

Pertanyaan selanjutnya: di konser EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta ini mending duduk apa berdiri nih?

Kalau lo tanya gue, gue anaknya Festival banget. Hampir semua konser EXO yang gue tonton dari section Festival. Tapi yang tahun 2018 kemaren, EXO’rdium di Singapura, gue nyesel banget beli Festival. Kenapa? Karena makin ke sini fans EXO nggak cuma makin banyak, tapi juga makin ambisius. Terutama mereka yang datang bergerombol buat motret. Sorry to say, tapi gue menemukan itu di lokasi dan mereka semua nyebelin. Jumlah fans yang semakin banyak ini rupanya membuat lokasi Festival kadang nggak kondusif. Nggak heran kalau Chanyeol sering mengingatkan mereka untuk nggak dorong-dorongan karena memang serame itu dan separah itu. Di EXplOration Singapura kemaren sempat juga nih dorong-dorongan sampai disuruh mundur juga sama Chanyeol.

Dulu gue juga selalu ngincer tempat paling depan, pagar kalau perlu. Kenapa? Bukan cuma karena biar deket panggung tapi juga biar nggak ikut berdesakan di tengah. Tapi konsekuensinya apa? Dada lo bisa memar-memar karena kebentur pager dan kedorong dari belakang.

Pemandangan gue pas di EXplOration in Singapore dari Tribun paling atas
Itu cuma secuil cerita dari kelas Festival. Yang lain lagi yang harus lo hadapi adalah handphone-handphone orang yang selalu terangkat dan menghalangi pandangan lo. Ini nggak bisa dihindari sih. Sekarang kan budayanya memang ngerekam dan share di media sosial. Semua orang melakukan itu. Gue? Iya. Gue nggak mau munafik. Tapi yang bisa gue pastiin sekali lagi adalah nggak ada orang yang terganggu di belakang gue, nggak ada yang terganggu dengan ponsel gue. Gue akan memastikan itu sebelum mulai ngerekam dan angkat ponsel. Tapi masalahnya gini, ketika pandangan lo terganggu dengan handphone di depan mata lo, kadang-kadang lo angkat handphone itu juga demi melihat lebih jelas apa yang nggak bisa lo lihat langsung. Ribet kan? Ya gitu deh di Festival.

Belum lagi sebenarnya bidang pandang lo terbatas. Di kelas Festival lo cuma bisa melihat sedikit dari semua yang terjadi di panggung. Lo akan lebih fokus sama apa yang ada di depan lo dan cuek sama apa yang jauh dari lo. Sehingga banyak momen yang terlewat, tapi bisa jadi ada banyak momen juga yang lo dapat dari member.

Kalau lo di Festival tengah (dalam seatplan konser ini Festival X) semua hal yang gue tulis di atas bisa terjadi. Di sini biasanya paling padat! Tapi kalau lo dapat tempat strategis di depan pagar tengah banget (pemandangan lo bisa jadi terhalang mesin peledak konfeti atau speaker dan monitor), lo bisa menyaksikan penampilan mereka secara semi-maksimal. Semua performance akan bisa lo nikmati. Di paling belakang pun demikian.

Kalau lo di Festival pinggir (E atau O), pandangan lo juga sama-sama terbatas dan pasti akan fokus ke member aja. Bodo amat sama pemandangan lain. Di sini tetap lo akan berkutat dengan handphone orang juga dan juga pasti akan berdesakan. Tergantung tempat lo berdiri. Sekali lagi akan ada banyak momen terlewat kecuali lo jeli dan lo mengambil tempat di belakang jadi lo bisa lari ke kanan dan ke kiri mengejar momen. Enjoy! Biasanya di section ini nggak serame tengah/X.

Di manapun lo berdiri, E, X, atau O, kalau beruntung dapat depat pagar, bisa deket sama panggung dan deket sama mereka. Kalau beruntung bisa kebawa arus kegeser-kegeser dan akhirnya mepet pagar padahal tadi lo sama sekali nggak di situ. Itu juga bisa terjadi. Yang paling enak di Festival sebenarnya karena lo bisa bersenang-senang di belakang kerumunan (biarin aja mereka berebut, bodo amat, sementara lo ada di belakang), menikmati konser sambil joget sendiri atau ramai-ramai.

Jadi, kelebihan nonton konser EXO Festival:
1. Kalau beruntung bisa deket pagar
2. Bisa joget-joget sepuasnya di belakang kalau ada space kosong
3. Bisa lari-lari ngejer siapapun kalau ada space kosong
4. Berasa ngonser banget deh!
5. Bisa interaksi kalau beruntung, bisa dapet bola lemparan kalo beruntung

Kekurangan nonton konser EXO Festival:
1. Zaman sekarang semua orang ngerekam, bye aja pemandangan lo akan dipenuhi dengan layar handphone
2. Desek-desekan, kalau lo nggak terlalu kuat buat mempertahankan posisi, mending hindari deh. Gue di Singapura tahun lalu 30 menit pertama gak tahu EXO ngapain aja karena gue sibuk desek-desekan. Sebel banget gue!
3. Belum lagi kalau ada yang bawa fanboard besar, yang diangkat tinggi-tinggi, atau yang pake bando. LOL
4. Banyak fansite, beuh, nyebelin tingkat na'udzubillahimindzalik. AMIT AMIT.
5. Kalau nggak hati-hati bisa memar-memar.

Nah, waktu kemaren gue nonton EXO Planet #5 EXplOration in Singapore, gue pertama kali tuh nonton konser EXO yang duduk. Awalnya gue skeptis, pasti nggak enak deh. Ternyata gue salah. Tapi perlu diingat ya ini kan gue nontonnya di stadium dengan kursi yang makin ke atas makin tinggi, jadi nggak akan kehalang kepala orang. Gue duduk di pojok paling atas. Asli nempel sama atep deh pokoknya. TAPI GUYS OMG PEMANDANGANNYA INDAH SEKALI DI SINI! Semua foto yang ada di atas itu dari Tribune paling atas. Gue merasa itu pengalaman nonton konser EXO yang paling menakjubkan!

1. Gue nggak capek karena gue duduk
2. Gue nggak desek-desekan
3. Gue bisa melihat semua efek lampu yang disajikan dan bener-bener produksi konser secara 100% terasa dari atas

Memang sih:

1. Gue nggak bisa lihat muka member dengan jelas
2. Gue nggak akan bisa berinteraksi dengan mereka
3. Gue nggak akan dapat lemparan bola atau apapun dari mereka

Tapi secara experience konser dapet banget. PUAS BANGET!

Jadi, kalau gue boleh memberi saran;


Buat yang baru pertama nonton konser: mending duduk. Gue merekomendasikan Tribune E di EXO Planet #5 EXplOration in Jakarta. Kenapa? Kalian mungkin nggak bisa loncat-loncat atau joget, tapi kalian akan menikmati konser ini secara maksimal. Mulai dari penampilan EXO-nya sampai ke produksinya. Di sini akan berasa banget kalau konser ini diproduksi dengan sangat serius dan menakjubkan. Trust me, you won’t regret it.

Tapi kalau kalian baru pertama nonton konser dan tetap mau festival: take the risk, with your own risk, silakan pilih Festival X. Pengalaman setiap orang kan pasti beda-beda. Dan I would like you to experienced everything I said earlier by yourself. Kasih testimoni ke gue abis itu ya!

Lalu buat kalian yang bingung mau beli di kelas yang mana, pertimbangkan segala hal yang sudah gue tuliskan di atas.

Festival is good but also not good.

Duduk is great but also far from stage.

Yang pasti ini tiket-tiket yang sebaiknya kalian utamakan untuk beli (kalau budget cukup):

Festival E – X – O

Tribune E

Sisanya kalo keabisan aja baru deh dibeli.


Nah, semoga membantu! Oh iya mungkin untuk lebih jelasnya bisa dengerin Podcast KEKOREAAN episode EXO Planet #5 EXplOration in Singapore karena gue juga banyak cerita di situ soal pengalaman nonton gue kemaren. Buat yang masih mau tanya-tanya, komentar aja di bawah atau mention gue di Twitter.

Good luck!


Share:

0 komentar