Superstar SMTOWN Tips & Trik: Jual Kartu yang Numpuk


Belakangan ini gue lihat makin banyak orang yang main game Superstar baik itu SMTOWN atau Superstar versi manajemen yang lain. Posting-an gue bertahun-tahun yang lalu tentang SuperstarSMTOWN juga mendadak jadi tinggi banget traffic-nya beberapa bulan terakhir ini. SENENG! Karena makin banyak yang main game ini walaupun beda-beda manajemen. Seneng aja gitu karena dulu kayaknya game ini sangat underrated dan hanya dimainkan oleh segelintir orang aja. Apalagi dulu kan versinya cuma SMTOWN aja, jadi yang main juga pasti fans SM.

Nah sejak pertama kali gue main game ini sampe sekarang, udah ada banyak banget perubahan di dalam game-nya. Tampak muka-nya sekarang udah lebih bagus meski jadi lebih ribet. Yang paling menyebalkan buat gue sebagai pemain lama adalah kartu-kartu barunya kebanyakan. Pada akhirnya kesempatan untuk gue mendapatkan kartu-kartu lama tuh dikit banget. BAHKAN MEREKA JUAL CARD PACKAGE BUAT KARTU-KARTU YANG DIRILIS TAHUN SEKIAN SAMPAI SEKIAN. APA-APAAN TUH?! ENAK BANGET!

Tapi kondisi itu enak buat yang ngoleksi kartu-kartu baru. Karena kartu lama nggak dibikinin packaged. Kesel! Gue karena kartunya lama semua dan udah bagus-bagus semua, males banget ganti koleksi kartu baru. UPGRADE-NYA KELAMAAN! Soalnya dulu gue beli diamond pake duit beneran duit via kartu kredit dan itu kartu-kartu hasil upgrade bertahun-tahun. Makanya gue sayang banget dan gak mau ganti pake kartu baru. Meski kemudian struggle banget nemuin kartu-kartu lama buat kawinin kartu WKWKWKWKKW. Ya tapi yaudahlah.

Di tahun 2020 ini, SuperstarSMTOWN udah punya sederet fitur baru kayak:

Foto dari Reddit.
foto dari reddit.

1. Dalcom Coins: yang bisa dipakai untuk mengganti tipe kartu atau mengganti rate kartu. Enak banget, dulu ini nggak ada. Dulu nyari kartu yang EXO-K OVERDOSE semua tuh kayak… buset dah… sekarang kalo punya uang, tinggal beli Dalcom Coins dan modal kartu apa aja bisa diganti jadi kartu apa aja. Rate-nya kalo punyanya cuma C bisa langsung ganti ke S. YA MEMANG UANG BISA MEMBELI SEGALANYA. BRENGSEK! GAK SUKA JADI ORANG NGGAK PUNYA UANG!
Foto dari reddit.


2. Bonus Harian: yang setiap hari lo akan dapet bonus beda-beda kayak Rhythm Points, Diamonds, Kartu. Atau kalau ada yang ulang tahun dapet semuanya sekalian. Kalau dulu fitur ini ada, mungkin gue login tiap hari dari Januari sampai Desember, gue udah jadi top skor dunia kali. Gak deng. Yang pasti dulu kalo mau dapet bonus harus jadi top skor di minggu itu. Jadi harus main terus, dapet kartu baru, upgrade, etc etc.

3. Arena: yang jadi tempat bertarung mereka yang sudah bergelar Master. Ini juga menarik sih jadi bikin ekosistem game-nya makin luas. Jadi orang-orang ambisius bisa berantem di sini. Seru juga kalo dibikin film atau web-series.

4. BANYAK BANGET COIN LAIN DAN TIKET: YANG GUE GAK TAHU FUNGSINYA APA KARENA BELUM PERNAH DAPET KESEMPATAN BUAT PAKAI. Kayak Arena coin itu hanya bisa dipakai di Arena Master, sama kayak Microphone.

5. My Lobby: kayak…. Sumpah ini ter-enggak penting karena cuma preferensi pribadi aja yang nggak ada hubungannya sama game. Intinya ini lo bisa customized Lobby di awal main game (tempat menu kartu, league, etc). dengan artis favorit lo. Masalahnya, kalau mau ganti Background juga harus beli. Nggak bisa donlot dari Gallery. Buat apa buang-buang diamond mending gue pake beli kartu SINCE KARTU LAMA UDAH SUSAH DAPETNYA WOY @DALCOMSOFT


6. Lock kartu: kartu yang ada di Inventory bisa di-lock untuk menghindari lo secara tidak sengaja menggunakannya buat upgrade kartu atau naikin rate. INI GUE SERING KEJADIAN TERUS PAS NYARI KARTU YANG SAMA SUSAH BANGET ANJIR.

7. Sell: NAH INI YANG MAU GUE BAHAS LEBIH LANJUT.

 

Menjual kartu di Superstar SMTOWN


Sekarang di bagian Inventory SuperstarSMTOWN ada pilihan “Sell”. Sederhananya ini lo bisa MENJUAL kartu yang lo punya. Tapi menjualnya bukan berarti lo jual ke orang lain atau pemain lain gitu. Tapi ditukar dengan Rhythm Point (RP). Dulu fitur ini nggak disebut Sell sih. Ikonnya soalnya tong sampah. Sekarang diganti supaya nggak terkesan ngebuang muka Sehun ke tong sampah kali ya. Jadi lebih kayak ngejual gitu. Gak ya? Oke mian.

Dulu gue pernah ngomong ke temen gue “Enak kali ya kalo kita bisa barter kartu lewat Bluetooth gitu!” tapi ini adalah fitur yang nggak mungkin ada karena kalo beneran ada, itu store mereka nggak akan laku karena pemain akan memanfaatkan fitur ini karena pasti barter kartu kan jadi gratis.

Nah dengan adanya pilihan “Sell” di Inventroy ini menurut gue sangat membantu. Ini beberapa alasan kenapa lo harus menjual kartu di SuperstarSMTOWN:

1. Biar Inventory nggak penuh


Secara default, game SuperstarSMTOWN ini punya kapasitas maksimal kartu di Inventory pas awal lo mulai main. Jumlahnya gue nggak bisa pastiin berapa tapi kurang lebih sejumlah kartu artis-artis yang ada di game ini. Dulu pas awal mungkin nggak terlalu banyak sekarang kan banyak banget. EXO aja punya macem-macem jenis Deck. BELUM LAGI NCT ANJIR BANYAK BANGET. Jadi pokoknya pas awal lo main, itu adalah batas maksimal dari kartu yang bisa lo simpan di Inventory.

Lalu semakin lo main, lo dapat kartu baru dari setiap lagu yang lo mainkan untuk pertama kali. Lalu belum lagi bonus yang lo dapat setiap hari atau mungkin bonus yang lo dapat dari Maintenance misalnya. Kartu-kartu yang lo dapat itu akan mengisi Inventory dan pada akhirnya bisa penuh.

Apa yang terjadi kalau Inventory kartu SuperstarSMTOWN lo penuh?

Lo nggak bisa menyimpan kartu baru dan kartu lo akan disimpan sementara di MESSAGE.

Nah, dengan menjual kartu-kartu yang nggak lo pakai atau kartu-kartu yang ngendep, lo bisa mengosongkan Inventory itu buat kartu-kartu baru.

Tapi lo juga bisa kok memperluas Inventory dengan beli Box pake diamond. Ini gue sarankan segera lo lakukan di awal-awal lo punya diamond banyak. Jadi ke depannya lo enak mainnya.

2. Buat nambah Rhythm Point


Kalau yang ini sebenarnya udah jelas. Ketika lo ngejual kartu, lo akan dapat Rhythm Point. Masing-masing kartu dengan grade berbeda dihargai dengan berbeda pula. Misalnya Grade R bisa lo jual dengan harga 2000-an RP. Harga ini sudah ditentukan sama game-nya jadi lo nggak bisa bargain atau nawar. Kenapa penting buat nambah RP? Karena RP yang lo dapatkan dari main satu lagu nggak akan banyak. Dan lo butuh RP juga buat upgrade kartu. Jadi menjual kartu-kartu yang ngendep dan nggak kepake bisa membantu buat nambah modal untuk upgrade kartu yang sedang lo pakai.

3. Supaya lo nggak ribet karena kebanyakan kartu


Banyak kartu di Inventory memang kesannya kayak WOW IYA BANYAK YA padahal kalau nggak guna juga kan buat apa. Dan kebanyakan kartu selain bikin Inventory penuh, juga bikin ribet saat lo menentukan mau mengoleksi kartu yang mana. Ini mungkin cuma gue doang kali ya? WKWKKWKWKWKW

Di awal main, lo memang gue sarankan untuk mulai mutusin lo mau pake tema kartu yang mana. Jadi lo bisa fokus nih ke depannya mau ngumpulin kartu yang mana aja, dan kartu yang mana yang bisa dijual atau dipake buat modal upgrade.

Kayak gue misalnya di EXO-K, kartu yang gue pake adalah December. Jadi ke depannya gue akan ngumpulin terus kartu December (YANG MANA SUSAH SEKARANG PADAHAL SEHUN GUE BELUM R) dan kartu yang lain gue discard aja karena nggak penting. Discard maksudnya ya either gue jual atau gue pakai buat modal ngawinin kartu.

Nah dengan fokus ke satu tema, gue jadi enak tuh ngeliatnya di Inventory. Nggak ribet. Nggak kebanyakan.

Tapi ini mungkin nggak bisa berlaku ke semua orang ya karena kayaknya ini cuma gue doang yang rada lebay.

Buat pemain baru, kumpulin aja dulu kartu sebisanya. Nanti lo liat polanya kayak gimana. Semisal ketika lo udah dapet kartu EXO-K ternyata ada nih satu tema langsung dapet 4 member misalnya dan grade-nya bagus semua, yaudah pake aja. Nggak harus langsung lo mutusin di awal juga kok. Lo lihat aja dulu sepanjang lo main, lo dapatnya apa dan banyakan tema yang mana.

Kayak kemaren misalnya, buat kartu gue yang EXO (OT8). Gue udah mutusin buat ngoleksi kartu THE WAR (dari 8 kartu, gue udah dapet 6). Trus gue beberapa kali beli packaged kartu dapetnya BAD DREAM banyak banget kayak hampir 5 member.

Nah di situ gue mikir, gue harus ganti nggak nih ke BAD DREAM?

Bisa ada kemungkinan itu sepanjang perjalanan lo main. Kalau gue saranin sih ya koleksi kartu baru aja GAUSAH KARTU LAMA KAYAK GUE SUSAH DAPETNYA WOY @DALCOMSOFT!!!!!!

Nah, terus pertanyaan selanjutnya, lo harus jual kartu yang mana? Terus RP-nya buat apa?


1. JUAL KARTU YANG KEMBAR LEBIH DARI 2 DI GRADE A - R


Kalau lo punya 3 kartu kembar, semisal EXO-K December SUHO gitu ada 3, nggak usah dipelihara guys gak ada gunanya. Mending lo jual. Apalagi kalau kartunya di grade A, S, dan R. Dengan catatan sebagai berikut:

- Kalau ada kartu A kembar 3 dan kartu itu sedang lo pakai sebagai kartu utama (yang lo pasang di deck), jual 1 aja. Yang 1 kan lo pake, yang 1 lagi buat cadangan kalau ada kesempatan buat upgrade. Karena A bintang 5 dikawinin sama A bintang 5 bisa jadi S bintang 1. Ini juga berlaku buat kartu S.

- Kalau ada kartu A kembar 3 tapi tiga-tiganya lo nggak pake di deck (bukan kartu utama) mending dijual aja semuanya. Ini juga berlaku buat S dan R. Karena gue sudah nentuin nih, tema yang mau gue pake yang mana, jadi kadang kartu S dan R tuh numpuk di deck dan gak tahu buat apa. Jadi mending dijual aja.

- JANGAN PAKAI KARTU S BUAT UPGRADE KARTU R!!!!!! Dulu gue sering banget kayak gini dengan asumsi bahwa upgrade bintang R dengan S itu pasti berhasil. BOHONG! DALCOMSOFT YOU LIAR! NGGAK GITU! Mending kartu S-nya lo jual aja buat RP.

2. JUAL KARTU GRADE A – R YANG NGGAK ADA TEMENNYA


Kalau sekarang lo sedang pake (dan sudah punya 5 kartu) EXO-K December dan lo punya satu kartu EXO-K GROWL di rate tinggi, mending yang Growl lo jual aja. Karena nunggu buat dapet Growl yang lain akan lebih lama. Akan makan waktu lebih lama buat melengkapi dari nol lagi. Mending lo main dengan yang sudah lengkap dan tinggal lo percantik aja.

Nggak ada salahnya juga sih lo mau ngoleksi dari awal lagi. Ya itu terserah lo aja. Tapi dengan catatan lo udah punya Inventory yang cukup luas buat naruh semua kartu-kartu yang nggak terpakai.

3. JUAL KARTU GRADE A – R BUAT BELI KARTU GRADE C


Ketika lo mau naikin bintang satu kartu, gunakan kartu C. Ini adalah grade terendah tapi dia bisa nambahin bintang semua grade kartu. Memang sih chance-nya nggak besar, tapi BISA. JANGAN IMPULSIF BENERAN DEH. SEKALI LAGI. JANGAN PERCAYA KALAU KARTU S SELALU BISA NAIKIN BINTANG KARTU R. BOHONG! KARTU C JUGA BISA KOK! DAN NGGAK AKAN SEMENYESAL PAKE KARTU S KALAU GAGAL DI KARTU C.

Makanya, lo jual kartu yang gak kepake itu buat beli Card Pack yang 30 ribu RP itu. Isinya random dari C sampai S. Kebanyakan memang C. Nah pakelah tuh kartu C yang lo dapet buat upgrade bintang.

SEKALI LAGI JANGAN PAKE KARTU S BUAT UPGRADE BINTANG KARTU R. MENDING LO JUAL AJA!

JANGAN PAKE KARTU A ATAU B JUGA KALAU NGGAK KEPEPET BANGET.

KARTU R BISA DI UPGRADE ATAU DITAMBAH BINTANGNYA DENGAN KARTU C.

Nah. Kan jadi kayak marah-marah.

Udah yah. Sekian tips dan trik hari ini.

Anyong! 
 
 

Share:

0 komentar